+-

Video Silat


Final Pencak Silat Sea Games XXVI Kategori ganda P
Tiga Berantai Putra Betawi
Cingkrik, sebagian teknik jatuhan
Pamacanan - Performance Silat di acara ultah forum
Silat Golok Seliwa2
Krida Yudha Sinalika - Pendekar Cikrak Bawono
Pencak Malioboro Festival - ujungan macan ngawahan
Tarung Bebas Genggong
Ngudi Waluyo Cup Maret 2010

Shoutbox

13/12/2016 10:49 Taufan: Yuk ke Festival Kampung Silat Jampang 17-18 Desember 2016!!!
20/09/2016 16:45 Dolly Maylissa: kangen diskusi disini
11/02/2016 15:58 Taufan: Alhamdulillah SS sudah ON lagi ;-)
07/01/2016 10:00 luri: wa 'alaikumussalam
04/01/2016 20:21 May Lee: Assalamu 'alaikum
30/03/2015 14:06 initial_d: Sepi amat ya bang, pada kemane nih penghuninya....
20/10/2014 15:28 kunderemp: Ya.. om Taufan.. Tanggal 11 lalu saya masih di tengah hutan di Bakan.
View Shout History

Recent Topics

Minta Do`a dan bimbingan para suhu dan sesepuh silat :D. SANDEKALA by zvprakozo
10/04/2019 18:34

PPS Betako Merpati Putih by acepilot
18/10/2018 17:03

On our book: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
13/03/2017 14:37

Siaran Radio ttg. Musik Pencak Silat di Stasiun "BR-Klassik / Musik der Welt" by Ilmu Padi
12/01/2017 16:19

Tentang buku kami: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
17/10/2016 20:27

Hoby Miara Jin by anaknaga
19/09/2016 04:50

TALKSHOW SILAT - Silat Untuk Kehidupan by luri
22/06/2016 08:11

Thi Khi I Beng by aki sija
17/08/2015 06:19

[BUKUTAMU] by devil
09/06/2015 21:51

Daftar Aliran dan Perguruan di Indonesia by devil
01/06/2015 14:01

SILAT BERDO'A SELAMAT by devil
01/06/2015 13:59

Persilatan Jurus Lima (Sabandar) by Marsudi Eko
14/05/2015 19:36

Kebugaran Merpati Putih by mpcrb
22/04/2015 16:16

PAWAI JAMBORE PENCAK 2015 by luri
20/04/2015 16:20

ALM. Kong Nur ( BEKSI Kampung Sawah) by initial_d
30/03/2015 14:02

SilatIndonesia.Com

Author Topic: Kejuaraan Dunia Pencak Silat ke-14, Jakarta, 12-17 Desember 2010  (Read 21422 times)

Bayu Umbara

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 195
  • -Receive: 121
  • Posts: 1.214
  • Reputation: 197
  • Datuk Bagindo Rajo
    • http://silekminangpandekacupak.blogspot.com/
  • Perguruan: Sasaran Silek Harimau Cupak
Kalau membaca informasi om luri dari awal,perasaan saya ga liat informasi tentang penampilan silek minang
atau memang ga ada luri, :'(
terima kasih
semoga sukses dari awal sampai akhir Kejuaraan Dunia Pencak Silat ke-14, Dan Indonesia adalah juara umumnya,amiin

mountsatria08

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 2
  • -Receive: 1
  • Posts: 22
  • Reputation: 5
  • Sahabat Silat
besok tgl 17 pencak silat tradisional yang rencana tampil dari paguron mana aja?
Makasi Sebelumnya yaa..  [[peace2]]
Saya fansnya semua yang tradisional nih..   [top]
(hehe, ini Lagi sibuk siapin kamera buat besok, yg kemaren2 ga sempet rekam sih..)
yang ane tau, tgl 17 ini :
-1. Pengasinan-paseban
-2. - lupa -
terima kasih infonya bang hummdee6.. ;D 
iya tadi siang itu keren-keren banget, semuanya, mulai dari cingkrik rawa belong, ajirasa, paseban, sabeni, pabuci.. semua keren..!!  [top]
(Kecuali beladiri yang dari India tuhh.. sayang banget kok atraksinya dibarengin sama pencak silat tradisional Kita.. :'(  )
Awali Segala Sesuatu Dari Hati.. ^_^

Belajar sampai benar..
Berlatih sampai akhir..

mpcrb

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 20
  • -Receive: 91
  • Posts: 759
  • Reputation: 266
  • Sahabat Silat
    • My profile on Kompas cetak (you have to be Kompas member)
    • Email
  • Perguruan: Merpati Putih
Pada kejuaraan dunia pencak silat yang sekarang, kentara sekali IPSI "gemes" sama silat tradisional sehingga porsi silat tradisional tidak dimasukkan di dalam sela-sela acara. Pun seandainya dimasukkan, timingnya ngga bener sehingga akhirnya yang dipertunjukkan banyak yang by pass alias dibikin cepet. Harusnya 10-15 menit, malah jadi 4-5 menit. Akhirnya tidak maksimal. Malah peragaan beladiri India tampil utuh disana. Kesel sih liatnya, tapi ya mau gimana lagi.

Akhirnya yang terjadi adalah ... ngumpul di tempat latihan seperti biasa dan ngerjain bule-bule :) Saya share yang lucu-lucu aja ya. :)

Aktor intelektualnya ini adalah pendekar dari Balerante ... hahahaha... Paling demen dia ngerjain bule-bule. Bule Rusia, bule Perancis, bule Korea, dll. Hehehehe. Entah sudah berapa bule jadi korban si pendekar ini. :)

Saya juga yang tadinya ngga ikutan, malah ditarik masuk dan akhirnya ikut-ikutan "ngerjain" bule.

Kisah diawali dengan menyaksikan dua bule Rusia yang sedang berlatih kelenturan otot, berlatih menendang, berlatih memukul, dsb. Si pendekar Balerante ini yang tadinya lagi ngobrol sama saya tiba-tiba nyelonong ke bule sambil sok kenal sok dekat. Pas udah kenalan singkat, eh tiba-tiba nyeletuk "lock me!". Haiyaaa... setelah kenalan langsung minta di kunci. Gile bener nih orang. :) Saya cuman cengar-cengir aja di kejauhan. Tiba-tiba disuruh masuk dan diminta praktekkan beberapa teknik kunci-buka kunci untuk ditunjukkan ke si bule. Dari mulai pergelangan, siku, leher, hingga "telor burung" juga kena sama si pendekar Balerante ini. Hahahaha... :)

Saya kebagian untuk kunci-buka kunci pada pergelangan, dan leher, plus ditambah teknik bantingan. Nih pendekar tiba-tiba nyerocos aja kayak mercon ga puguh suruh si bule nyoba terus. Akhirnya sukses dah tuh bule kita banting-banting. Hahahaha :)

Setelah kurang lebih setengah jam, muncul kong nizam sama Ghufron cs. Wah, alamat tambah runyam nih bule, ketemu ama Cingkrik. Hahaha, dan bener aja. Si ngkong ini malah langsung majuin si ghufron buat jadi sampel si bule. Hehehehe. Si bule disuruh ngunci si ghufron, tapi kaga bisa-bisa. Ampe mpet keliatannya tuh bule. Penasaran abis. Ama anak yang sekolah aja blom lulus, kaga bisa-bisa ngunci. :) Tambah bingung aja. Dikasih tunjuk jurus 1 dari Cingkrik plus aplikasinya yang buanyak, malah tambah bingung. Jurusnya khan cuman begini aja, tapi kok bisa banyak seperti ini aplikasinya? Akhirnya belajar dah 1 jurus. Saya, kang ajat, ama kong nizam sih ketawa-ketawa cekikikan aja liat muka si bule. Ngerjain ala Cingkrik terakhir diakhiri dengan adu dorong (gantian). Tuh bule biar badan kekar dan berotot, tapi ga bisa dorong si anak item kemaren sore ntu. Sampe bingung mukanya. Hahaha :)

Terakhir, ditutup dengan perbedaan gerakan yang diisi dengan olah nafas dan tidak. Kalo ini kong nizam nyuruh saya yang gantian jadi tersangka. :) Dimulai dari cek pukulan terbaik dari si bule yang mengarah ke ulu hati (ngga dikenain, cuman ngrasain aja). Kita cuman gantian mukul aja (ngga kena). Cuman ngeliat efek dari pukulan yang "diisi" dan tidak diisi. Yang berdasarkan otot murni, dan yang berbasis olah nafas. Akhirnya tambah bengong dan ngga bisa berkata apa-apa itu bule. Si bule ngelunjak, minta diajarin juga. Hahaha. Sebagai kenang-kenangan, kasih daah satu bentuk olah nafas untuk menguatkan tenaga pukulan. Kong nizam dari jauh manggut-manggut aja "kasih dikit aja, biar penasaran, biar tau silat itu ga seperti yang mereka bayangkan". Huehehe...

Bule Rusia, yang instruktur beladiri di negaranya, dibuat ngga bisa ngomong banyak hingga akhirnya dibuat terpana dan terpesona sambil berkata setelah selesai dikerjain, "Hey, this is very different. We don't know about this?". Saya bantu jawab, "Yes sir, this is silat. What you see inside is just a sport. But silat is not just a sport, it's a trully martial arts. Kill or be killed". Hahahaha, dan muka si bule bengong sambil kita tinggal ngeloyor.

Yang paling kasian itu bule Korea pas hari terakhir kejuaraan. Sampe hampir nangis tuh bule "dikerjain" sama silat tradisional. Dari tiap ujung, si bule korea yang sudah belajar aliran banting-bantingan lebih dari 8 taon, dibuat mati kutu ketemu sama Cikalong, Ajirasa, Balerante, Cingkrik, dsb. Kayaknya nih kang ajat pelampiasan sama para bule-bule. Hahahaha. BUle korea ini coba ngunci pake teknik yang dia pelajari, dan kemudian dari tiap ujung kuncian dia dibuka dengan cara yang berbeda. :) Bahkan pipinya ditabokin kanan-kiri pak pak pak (pelan, tapi memalukan bagi yang sudah berlatih lebih dari 8 tahun). Ketemu pertama di ujung sama Cikalong, ditekak-tekuk tuh bule. Trus ketemu di tengah sama Ajirasa, disuruh mukul perut sekeras-kerasnya, dan dipentalin pukulannya sampe bingung bule dan nanya "is this magic?". Hehehe, kemudian di tengah ketemu ama Cingkrik dan Balerante dan yang lainnya. Dan habislah dia disitu sampe mukanya merah dan mau nangis. :) Kasian juga dipikir-pikir. Pelampiasan pendekar balerante kah? Hahahaha

Btw, ini pertama kali saya ngerjain bule. :)

salam.

Belajar memahami hidup dalam kehidupan...

luri

  • Administrator
  • Pendekar Muda
  • *****
  • Thank You
  • -Given: 138
  • -Receive: 39
  • Posts: 710
  • Reputation: 215
  • Perguruan: -
@bayu umbara,
info dari yang ngabsenin disana,
semestinya rabu tampil silek harimau.
tp 'silek harimau' tidak konfirm hadir.

yang tadi siang tampil:
- cingkrik rawabelong
- ajirasa
- paseban / pengasinan
- cikalong pabuci

spt yg disampaikan @mpcrb, waktunya kali ini sangat mepet.
karena waktunya ternyata diempet empet..
akhirnya ada yg tampil paralel dan dipangkas penampilannya
:(

yg silat India, mungkin pingin ikut perform kali..
ya ga pa lahh... selama nampilin silat
hihihiiii...


Bayu Umbara

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 195
  • -Receive: 121
  • Posts: 1.214
  • Reputation: 197
  • Datuk Bagindo Rajo
    • http://silekminangpandekacupak.blogspot.com/
  • Perguruan: Sasaran Silek Harimau Cupak
Sayang ya silek minang asli ga jadi dilihat dunia :'( :'( :'(
ya sudahlah...
hatur nuhun kang
salam

Qsecofr

  • support
  • Anggota Tetap
  • *
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 2
  • Posts: 165
  • Reputation: 3


Kejuraan kelas dunia ini memang kurang dari segi publikasi, hingga masyarakat umumpun tidak tahu kemarin itu ada kejuraan silat tingkat dunia, memang ada beberapa TV yang meliputnya cuma tetap di nilai masing kurang. padahal pak Probowo kan merupakan salah satu orang terkaya di Indonesia dan bernafsu pula menjadi ketua Persilat.


anolles

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 4
  • Posts: 248
  • Reputation: 9
    • Email
Salam kenal buat semuanya yang kemaren sore ketemu di padepokan....

punten sharing nya ga maksimal coz bahu kiri lagi cendra n sangat linu banget rasanya....

kisah sedih kidung sundayana

Bayu Umbara

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 195
  • -Receive: 121
  • Posts: 1.214
  • Reputation: 197
  • Datuk Bagindo Rajo
    • http://silekminangpandekacupak.blogspot.com/
  • Perguruan: Sasaran Silek Harimau Cupak
Betul sekali bang Qsecofr (namanya susah amat bang hehe..salam kenal)
Seharusnya event ini di dukung dan di publish habis oleh pemerintah, sayang perhatian pemerintah terhadap silat masih setengah hati,
padahal kita adalah negara persilatan terbesar diseluruh dunia, jangankan untuk mengangkasakan silat sebagai ikon beladiri nasional Indonesia kepada dunia internasional, untuk kalangan domestik indonesia saja belum menyentuh kepada seluruh lapisan masyarakat indonesia,
mungkin hari ini masih kurang pas kita menggantungkan nasib persilatan indonesia kepada pemerintah sebagai penguasa negeri ini dengan cinta separuh hati terhadap budaya asli ibu pertiwi,sayang seribu kali sayang,
sedih hati kita sebagai putera bangsa yang sangat menginginkan dunia silat tidak hanya dilirik sebelah mata oleh penguasa yang memegang kendali negeri ini,
agar rasa cinta terhadap seni dan budaya silat produk asli dalam negeri ini bisa mengakar kesegenap hati dan jiwa putera-puteri ibu pertiwi,mudah2an cinta ini tidak bertepuk sebelah tangan.
mohon maaf
salam hormat
The Adventure Wind

luri

  • Administrator
  • Pendekar Muda
  • *****
  • Thank You
  • -Given: 138
  • -Receive: 39
  • Posts: 710
  • Reputation: 215
  • Perguruan: -

@anolles
lama ga absen... welcome..
:D

@all
senenggg bangett......
kalo ngeliat adik2 beginian...
thx buat omWWD yg ngambil videonya


Kiatu - macan belang jitu


Beksi Hasbullah



Troktok



jempol dah..

kalo ngeliat adek2 yg beginian..
ga peduli didukung pemerintah ato tidak...
ga peduli institusi apa yang ada disana..
kalo mau jalan.. yuk jalan aja ke depan...
yg dibelakang bisa dilihat pake spion ajah


Dolly Maylissa

  • Moderator
  • Calon Pendekar
  • **
  • Thank You
  • -Given: 9
  • -Receive: 12
  • Posts: 519
  • Reputation: 49
  • silat itu ya salaman bukan gebuk2an,,,
    • d01ly's blog
    • Email
kemaren kayanya rame nih sayang aku gak dateng...

tapi sukses deh buat semua,,,semoga berlanjut kearah yang lebih baik,,heheheh [top]
baru belajar nulis

anolles

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 4
  • Posts: 248
  • Reputation: 9
    • Email
@iuri : xixixiii... iya nih baru bersentuhan lagi ma teknologi..... dipaksain OL juga kemaren susah klo lgi di hutan....
wah bagai mana keluarga forum sehat semua kah??.....

dah lama juga absen ga ngikutin perkembangan di forum...  :D :D
kisah sedih kidung sundayana

luri

  • Administrator
  • Pendekar Muda
  • *****
  • Thank You
  • -Given: 138
  • -Receive: 39
  • Posts: 710
  • Reputation: 215
  • Perguruan: -

hummdee6

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 3
  • -Receive: 23
  • Posts: 365
  • Reputation: 33
    • Email
Akhirnya yang terjadi adalah ... ngumpul di tempat latihan seperti biasa dan ngerjain bule-bule :) Saya share yang lucu-lucu aja ya. :)
ini moment yang ane nyesel gak hadir.

Aktor intelektualnya ini adalah pendekar dari Balerante ... hahahaha... Paling demen dia ngerjain bule-bule. Bule Rusia, bule Perancis, bule Korea, dll. Hehehehe. Entah sudah berapa bule jadi korban si pendekar ini. :)
tersangka sudah diketahui dan mengaku di hari sabtu..tp hanya cerita yang korea...:D.
nanti kl ketemu lagi, mo harus di interogasi secara intensif nih untuk menceritakan secara keseluruhan.

Setelah kurang lebih setengah jam, muncul kong nizam sama Ghufron cs.

Hwoooo ... the rusuh team..
btw,namanya Ghuffar, Mas..bukan ghuffron.

Hahahaha, dan muka si bule bengong sambil kita tinggal ngeloyor.
.....
Btw, ini pertama kali saya ngerjain bule. :)

salam.
waduh, mas..
dosa tuh ngerjain orang.. apalagi gak ajak2 saya ...
pasti puas rasanya kalo ngeliat wajah bengong mereka.
saya aja puas ngeliat pesilat AS, dijewer pak Azis..:D

Bayu Umbara

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 195
  • -Receive: 121
  • Posts: 1.214
  • Reputation: 197
  • Datuk Bagindo Rajo
    • http://silekminangpandekacupak.blogspot.com/
  • Perguruan: Sasaran Silek Harimau Cupak
Thanks berat buat mas luri videonya lengkap banget, GRP buat mas luri
salam

mpcrb

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 20
  • -Receive: 91
  • Posts: 759
  • Reputation: 266
  • Sahabat Silat
    • My profile on Kompas cetak (you have to be Kompas member)
    • Email
  • Perguruan: Merpati Putih
@kang hummdee6, thanks atas koreksi nama yang salah. :)

Saya juga tidak tahu ada acara iseng begituan. Tapi menarik juga. Bahkan malam hari setelah penutupan (kebetulan saya ikut sampai selesai), diajak discuss kembali oleh bule Rusia (sekarang dia bawa temennya yang waktu itu ngga sempet dateng) dan minta dipraktekkan yang kemarin malam. Akhirnya ya diskusi sampe larut malam. Sayang aki sija udah pulang dijemput, padahal tadi mau ngajak aki sija. :(

Dari yang saya amati, memang diluar sana (kebanyakan) melihat silat sebagai aspek praktis. Mereka mencomot sana-sini dari gerakan silat yang mereka temui atau pelajari untuk kemudian kebanyakan dijadikan aspek beladiri praktis untuk diajarkan di negara mereka. Memang secara holistik tidak melekat makna 'silat' secara lengkap. Hal ini tidak bisa disalahkan karena memang demikianlah (kebanyakan) cara pandang mereka terhadap silat.

Hal-hal menarik yang saya temui oleh bule Rusia tsb:
- Mereka tidak menyangka pada silat ada kunci-buka kunci
- Mereka tidak menyangka pada silat ada "kembangan-isi", mereka hanya melihat apa yang mereka lihat tapi bukan yang tersirat.
- Mereka tidak menyangka pada silat ada teknik untuk memperkuat daya pukulan/serangan meski latihan tanpa punching pad (sansak).
- Mereka tidak menyangka pada silat diajarkan juga titik-titik mematikan pada tubuh

Bingung saya, apa bener bule-bule menganggap silat sedemikian "kecil"-nya? :o

Saya tau ini tidak bisa dijadikan patokan, tetapi 5 orang dari Rusia ini berpendapat demikian. So weird..

Ada yang pernah ngajarin silat ke bule-bule atau bergaul ama bule? Barangkali bisa kasih pencerahan.

Salam.
Belajar memahami hidup dalam kehidupan...

 

Powered by EzPortal