+-

Video Silat


Peragaan Jurus dan Gerak Cingkrik Goning #2 - tang
perform di acara Khaul 3 Guru Besar Beksi
PENDEKAR : Tangkap harimau Cikak kalima, Bengkulu
ICE 2009 performance silat sibunder (bang nung)
Demo Silat Golok Seliwa
persinas asad
Silat fight by Margaluyu Pusat pupils
Silat Si Bunder - Silat dr Betawi
Demo Pisau - Silat Seliwa

Shoutbox

02/07/2019 18:01 Putra Petir: Akhirnya masuk jua... wkwkwk
13/12/2016 10:49 Taufan: Yuk ke Festival Kampung Silat Jampang 17-18 Desember 2016!!!
20/09/2016 16:45 Dolly Maylissa: kangen diskusi disini
11/02/2016 15:58 Taufan: Alhamdulillah SS sudah ON lagi ;-)
07/01/2016 10:00 luri: wa 'alaikumussalam
04/01/2016 20:21 May Lee: Assalamu 'alaikum
30/03/2015 14:06 initial_d: Sepi amat ya bang, pada kemane nih penghuninya....
View Shout History

Recent Topics

Minta Do`a dan bimbingan para suhu dan sesepuh silat :D. SANDEKALA by zvprakozo
10/04/2019 18:34

PPS Betako Merpati Putih by acepilot
18/10/2018 17:03

On our book: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
13/03/2017 14:37

Siaran Radio ttg. Musik Pencak Silat di Stasiun "BR-Klassik / Musik der Welt" by Ilmu Padi
12/01/2017 16:19

Tentang buku kami: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
17/10/2016 20:27

Hoby Miara Jin by anaknaga
19/09/2016 04:50

TALKSHOW SILAT - Silat Untuk Kehidupan by luri
22/06/2016 08:11

Thi Khi I Beng by aki sija
17/08/2015 06:19

[BUKUTAMU] by devil
09/06/2015 21:51

Daftar Aliran dan Perguruan di Indonesia by devil
01/06/2015 14:01

SILAT BERDO'A SELAMAT by devil
01/06/2015 13:59

Persilatan Jurus Lima (Sabandar) by Marsudi Eko
14/05/2015 19:36

Kebugaran Merpati Putih by mpcrb
22/04/2015 16:16

PAWAI JAMBORE PENCAK 2015 by luri
20/04/2015 16:20

ALM. Kong Nur ( BEKSI Kampung Sawah) by initial_d
30/03/2015 14:02

SilatIndonesia.Com

Author Topic: Misteri Otak Tengah (midbrain)  (Read 21212 times)

parewa

  • Administrator
  • Calon Pendekar
  • *****
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 6
  • Posts: 601
  • Reputation: 50
Misteri Otak Tengah (midbrain)
« on: 16/04/2010 11:54 »
Sahabat Silat,

Beberapa hari yg lalu saya membaca sebuah brosur tentang pengaktifan otak tengah yang katanya sangat luarbiasa dimana setelah diaktivasi, anak2 dapat membaca dg mata tertutup dan juga naik sepeda tanpa menabrak rintangan di depannya selain daripada efek2 positif lainnya. Aktivasi otak tengah ini hanya bisa untuk anak2 berusia 5-15 tahun saja.

Di kalangan persilatan, Merpati Putih juga mengembangkan teknik getaran dengan hasil seperti ini juga. Pertanyaannya, apakah teknik getaran MP juga mengaktifkan otak tengah ini sehingga kemampuan2 fenomenal bisa didapatkan...? Dan apakah juga sebetulnya kemampuan2 para pesilat yg kadang diluar akal sehat, sebenarnya hanya merupakan aktivasi bagian2 tertentu di otak kita...?

FYI, metode aktivasi otak tengah ini telah menjadi suatu bisnis yg menggiurkan.

Berikut ini sedikit artikel tentang otak tengah, diambil dari http://otaktengah.com.


_________________________________________________

Aktivasi otak tengah adalah  suatu penemuan fenomenal dalam pendidikan anak. Teori penggunaan otak tengah sebenarnya telah banyak dilakukan pada banyak negara negara di Asia terutama Jepang. Jepang telah lama melakukan praktek aktivasi otak tengah pada anak-anak.Seorang anak yang telah diaktivasi otak tengah akan memiliki kemampuan lebih dibandingkan dengan anak yang otak tengahnya belum di aktivasi.

Kegiatan dengan mata tertutup adalah suatu kegiatan yang paling nyata dapat dilihat. Seorang anak yang telah diaktivasi otak tengahnya (Mid Brain Activated) dapat mempunyai kemampuan luar biasa. Kemampuan ini bahkan sering kali dipertontonkan secara menakjubkan dalam program hiburan sulap. Setelah melihat kemampuan anak yang telah diaktivasi, sebagian besar acara pertandingan sulap di The Master menjadi kurang menarik. Karena hal ini dapat dilakukan sendiri oleh anak-anak polos yang hanya mengikuti training aktivasi otak tengah selama 2 hari. Kemampuan dasar yang dapat dilakukan adalah ‘melihat’ kartu dengan mata ditutup (blind fold). Christofle (9 thn) misalnya, setelah mengikuti training aktivasi otak tengah, dapat mengurutkan seluruh kartu remi sesuai dengan angka, warna dan bentuk gambar kartu dengan mata tertutup. Ia dapat mempergunakan indra raba untuk melihat pola dan warna lengkap dengan angka hanya dengan penglihatan kulit (Skin Vision).

Kemampuan lain yang dapat dilakukan oleh anak-anak ini adalah berjalan dengan mata ditutup, tanpa menabrak. Dilakukan percobaan pada seorang anak yang berjalan dengan mata ditutup kain. Seseorang sengaja menghalangi jalan didepannya. Dia serta merta dapat menghindari rintangan tersebut tanpa menyentuhnya. Seorang anak bahkan dapat mengenali ayahnya diantara kerumunan orang-tua lainnya, tanpa menyentuh dan mendengar suaranya.

Pada tingkatan yang lebih lanjut seorang anak diharapkan dapat ‘melihat’ benda dibalik tembok atau didalam kotak. Ia bahkan dapat menghitung uang yang terdapat dalam dompet seeorang di hadapannya tanpa orang tersebut mengeluarkan dompetnya. Jika seorang anak rajin melatih fungsi otak tengahnya bahkan dia dapat mengharapkan membaca dokumen yang terletak dalam posisi tertutup.

Kemampuan prediksi (memperkirakan apa yang akan terjadi beberapa saat kemudian) adalah kemampuan yang lebih tinggi yang dapat di miliki oleh seorang anak. Seorang anak yang telah mendapat aktivasi otak tengah dapat ‘menduga’ kartu apa yang akan muncul pada saat orang tersebut masih mengocok kartunya. Begitu selesai mengocok, dan memilih sebuah kartu, orang tersebut mengambil sebuah kartu yang ternyata tepat seperti ‘dugaan’ sang anak tersebut.

Aktivasi otak tengah bukanlah suatu hal yang magis atau berbau supranatural. Aktivasi otak tengah dilakukan dengan secara ilmiah. Aktivasi otak tengah ini  banyak mempergunakan gelombang otak Alpha. Gelombang otak Alpha di buktikan secara ilmiah adalah gelombang otak yang muncul dominan pada saat kita dalam keadaan relax dan paling kreatif. Gelombang otak ini biasanya dominan pada saat kita bangun tidur, atau dalam keadaan relax di toilet, atau bahkan sedang berendam air panas di bathtub. Tidak heran mengapa Archimedes menemukan hukum Achimedes pada saat dia mandi.

Otak tengah yang teraktivasi memancarkan gelombang otak yang mirip seperti radar. Hal ini membuat pemiliknya mampu melihat benda dalam keadaan mata tertutup. Pada dasarnya, gelombang tersebut terletak di bawah hidung. Hanya mampu mendeteksi benda yang terletak sedikit di bawah hidung.

Latihan yang teratur dapat membuat sang anak menjadi lebih kuat dan mampu melihat benda yang terletak lebih tinggi lagi. Bahkan ada beberapa anak yang dapat medeteksi sampai 360 derajat. Hal itu berarti mereka dapat mendeteksi benda yang terletak di belakang, atas dan semua arah.

Training aktivasi otak tengah telah mulai dilakukan di Indonesia. Saat ini belum banyak orang yang mengetahui keberadaan dari training  ini. Training biasanya dilakukan selama 2 hari. Pada saat itu juga biasanya dilakukan training untuk para orang tua. Seperti juga bidang keahlian lainnya, orang tua berperan besar untuk dapat membantu anak mengembangkan potensi otak tengah mereka. Seorang anak dengan otak tengah yang kuat, diharapkan dapat mengembangkan otak kanan dan otak kiri secara lebih maksimal sehingga mereka dapat masuk kategori jenius. Bukan hanya dalam otak kiri (IQ, intelektual) , atau otak kanan (emosional, EQ) tetapi juga dalam ‘Loving Inteligence’. Mereka adalah individu yang seimbang dan mengasihi orang lain seperti sang pencipta mengasihi dia. Sayangnya training aktivasi otak tengah ini hanya dapat dilakukan untuk anak umur 5 – 15 tahun saja.

Irwansyah

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 5
  • -Receive: 2
  • Posts: 276
  • Reputation: 5
    • Email
Re: Misteri Otak Tengah (midbrain)
« Reply #1 on: 16/04/2010 12:06 »
Saya pernah menanyakan hal serupa di http://sahabatsilat.com/forum/index.php/topic,1500.0.html

Dan saya pribadi, waktu kecil dulu bisa dibilang selalu tepat kalau masang di tukang agar-agar atau di tukang stiker jadi bisa dapet bebek dan stiker-stiker besar. Jadi, buat saya, bisa dibilang kemampuan nebak itu benar adanya.

Selain itu, orang-orang yang berlatih meditasi, rumornya bahkan bisa mengetahui perbuatan orang lain di waktu lampau. Malah, sudah bisa dipastikan ada yang bisa meditasi tanpa makan dan minum selama berhari-hari atau berminggu-minggu.

Mungkin bisa disimpulkan bahwa, bila otak kita diberdayakan dengan baik maka kita akan memiliki kemampuan tambahan yang tidak dimiliki orang dengan stelan biasa.

samber gledek

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 4
  • Posts: 462
  • Reputation: 35
    • Email
Re: Misteri Otak Tengah (midbrain)
« Reply #2 on: 16/04/2010 13:42 »
Uda Parewa,

beberapa waktu yang lalu saya bahkan sempat datang diseminar Mid Brain. Dan saya lihat sendiri anak2 yang sudah teraktivasi bisa melakukan hal2 seperti membaca dengan mata tertutup, melihat benda di balik dinding dan lain lain. Sayangnya hanya untuk orang anak umur 5-15 tahun. Untuk orang dewasa mereka masih melakukan penelitian . Mungkin bisa tapi membutuhkan waktu yang lama. Menurut pakarnya orang dewasa sulit diaktivasi karena sudah banyak persepsi dari luar sehingga lama kelamaan fungsi otak tengah menjadi tidak berfungsi ( tidur ).

Salah satu metoda latihan yang cukup berhasil diterapkan adalah metoda merpati putih untuk pelatihan orang buta. apakah karena orang buta sehingga dia lebih mudah untuk meningkatkan fungsi darai indra2 lain? Siapa tahu ada masukan lain dari teman2.

Dilanjut kang

Irwansyah

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 5
  • -Receive: 2
  • Posts: 276
  • Reputation: 5
    • Email
Re: Misteri Otak Tengah (midbrain)
« Reply #3 on: 16/04/2010 13:44 »
@Sambergledek, kalau si anak sudah di atas 15 tahun (sudah aktif mid brainnya) apakah kemampuannya bakal hilang?

thanks

Suprapto

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 26
  • -Receive: 86
  • Posts: 418
  • Reputation: 137
  • Sahabat Silat
    • Email
  • Perguruan: Merpati Putih
Re: Misteri Otak Tengah (midbrain)
« Reply #4 on: 16/04/2010 19:23 »
Di MP, meditasi u semacam ini mula2 hanya u tingkat lanjut.
Tenaga yg tersimpan dari hasil pengolahan nafas, diolah menjadi tenaga getaran(istilah di MP). Gampangnya, generator yg sdh terbentuk 100 watt dilokasi tertentu, dilatih u bisa disalurkan ke telapak tangan sebesar itu pula(tenaga halus dgn meditasi nafas halus). Aplikasi selanjutnya u gerak naluri, deteksi cedera dan penyaluran energi penyembuh. Disamping tentu saja u pukulan2 pamungkas, perlindungan tubuh, dll.
Perkembangan minat para senior agak bergeser. Dari aplikasi pukulan pamungkas ( bhayu seto cs), menjadi lebih berminat u aplikasi tolong sesama (pengembangan penyembuhan, perbaikan sel, mendeteksi letak survivor dll).
 Ketika ditantang, apakah aplikasi u tarung didalam gelap bisa diterapkan u menolong tunanetra dgn meningkatkan OM (orientasi dan mobilitas), timbul masalah, tidak mungkin rata2 tunanetra dilatih berat sampai tingkat lanjut.
Ternyata ketika cuma dilatih nafas dasar kmd dilanjut dgn meditasi getaran, mereka bisa. Meski sebatas normalisasi gerak ( kalau jalan tegak, tidak miring2), bisa menghindari halang rintang. Yg terpenting, bisa mendeteksi tulang retak tanpa nyentuh sehingga tdk makin parah kalau terlanjut terus dipijat.
Ujicoba selanjutnya diterapkan pada anak2 smp-sma. Faktanya, pada acara tradisi tahunan, pertunjukan getaran (terbatas pada kecepatan melewati halang rintang),  skor terbaik malah dipegang anak2.
Pengembangan keilmuan selanjutnya adalah meditasi u penyegaran otak, yg berefek meningkatkan kecerdasan. Beberapa sampel memang tidak kesulitan mencapai S2 diusia muda. Penelitian selanjutnya dgn sampel dgn jumlah n  yg memenuii standar penelitian ilmiah, dgn waktu sekian tahun. Program latihan dan penelitian sdh disiapkan kalau2 MP dapat kesempatan ikut ekskul pencaksilat di DKI. Sampelnya lebih dari cukup dan penelitian bisa berkelanjutan.

 Deteksi warna u anak2 dipertimbangkan u dikurangi.
 (Bayangkan anak2 saling tebak warna celdam ibu gurunya. Kemudian untuk menetapkan pemenang, mereka nanya. Hehehe).

Tidak ada teori macam2, termasuk apa itu otak tengah. Itu tugas para ahli.

(Sekedar uraian dari petugas Ofisial. Kalau ngomong soal keilmuan: bodo ngaku pinter. Hihihihaha).

samber gledek

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 4
  • Posts: 462
  • Reputation: 35
    • Email
Re: Misteri Otak Tengah (midbrain)
« Reply #5 on: 19/04/2010 07:03 »
kang Irwansyah, sepengatahuan saya kalau sudah diaktivasi otak tengahnya tidak akan hilang. Memang saran dari mereka anak2 tersebut harus berlatih tiap hari minimal 15 menit.

@suprapto terima kasih untuk keterangannya. Siapa tahu bisa lebih detai gitu. Kenapa tuna netra lebih gampang belajar dibanding orang normal?

Salam

Suprapto

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 26
  • -Receive: 86
  • Posts: 418
  • Reputation: 137
  • Sahabat Silat
    • Email
  • Perguruan: Merpati Putih
Re: Misteri Otak Tengah (midbrain)
« Reply #6 on: 19/04/2010 16:35 »
@ samber geledek.

Pengalaman di San Francisco Blind Center, dalam beberapa jam pelatih kami ngajari seorang tunanetra, penjaga stand peralatan tunanetra&low vision, dia bisa, kemampuan OM meningkat tajam.
Dalam keseharian, kepekaannya sdh diarahkan ke telapak tangan dan muka/tubuh bagian depan. Diberi petunjuk mengolah kepekaan, jauh lebih mudah.
Kemudian juga, setiap kemajuan yg diperoleh, langsung diterapkan/applied. Seolah berlatih terus.
Nglatih bentuk senam pengolahan, senam pembinaan dan bentuk/sikap meditasi agak beda. Satu persatu peserta menggerayangi kaki,tangan, tubuh dan kepala sang pelatih, untuk bisa menirukan. Hehehehe.

Biasa, orang silat suka usil.
Beberapa pelatih mengikutkan putra putrinya ikut pelatihan midbrain yg baru ngetop ini, yang taripnya 3 jutaan per anak. Metodenya beda. Kalau metode MP bisa u anak2 hingga dewasa, tunanetra atau normal. Kecepatan u bisa, bervariasi.

Kalau penelitian ilmiah pelatihan midbrain methoda MP sdh dilakukan tanpa rekomendasi negatip, tentunya methode MP akan DIABDIKAN, kepada anak2 dari semua lapisan masyarakat, tanpa berurusan masalah paten methoda lain, yg dijalankan secara bisnis. 

Antara

  • Moderator
  • Pendekar Madya
  • **
  • Thank You
  • -Given: 28
  • -Receive: 29
  • Posts: 1.168
  • Reputation: 110
  • Malu bertanya tinggal pake GPS...
Re: Misteri Otak Tengah (midbrain)
« Reply #7 on: 19/04/2010 17:11 »
Amin... semoga niat baiknya mendapat kemuliaan setimpal...

Perlu cari kolat MP terdekat nih....  8)
Fairy tales don't tell children that dragons are real...
Children always know that dragons are real...
Fairy tales only tell that dragons can be slain...

Suprapto

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 26
  • -Receive: 86
  • Posts: 418
  • Reputation: 137
  • Sahabat Silat
    • Email
  • Perguruan: Merpati Putih
Re: Misteri Otak Tengah (midbrain)
« Reply #8 on: 19/04/2010 22:05 »
Pada diskusi lesehan para senior&pelatih di acara tradisi MP di Parangkusumo awal th ini, berkembang pemikiran tentang RAMBU PENGAMAN yg harus diciptakan. Terutama dari para senior yg masih keberatan, kemampuan ini diterapkan pada anak2 yg BELUM MATANG (kecuali tentang latihan/meditasi yg bisa meningkatkan tingkat kecerdasan).

Kita sama2 tahu, bahwa anak2/remaja sangat berbakat dilatih deteksi. Penjelasan ilmiah sdh diberikan para ilmiawan midbrain.

Para senior tahu, pengembangan keilmuan ini bisa diarahkan kemana saja. Bahkan cukup pengalaman dilapangan tentang beberapa aplikasinya. Cukup bagi mereka untuk punya alasan, sebagai data awal atau hipotesa awal, bahwa perlu penelitian lebih lanjut tentang DAMPAK psikologis, keamanan dan sosial, pada anak2/remaja

Beberapa thn lalu, MP pernah melakukan ujicoba di satu Mapolda terbesar di negri ini. Diantara ratusan mbl yg diparkir, dipilih beberapa mbl, yg didalamnya sengaja diletakkan narkoba.
Setengah berlari, para remaja ini langsung menuju titik sasaran. Tapi apalacur?
Mereka juga menemukan mbl2 lain yg berisi narkoba dlm jumlah lbh besar (langsung di police line). Tanpa bisa dicegah mereka menunjuk orang2 yg mengantongi narkoba, menunjuk almari di kamar ganti yg terdapat narkoba dlm jumlah besar. Tergopoh2 para petingginya tegagap menjelaskan membeladiri.
Barang bukti atau safe house ?. Hehehe..

Dicoba ikut ops penggerebegan, pasti bisa menunjuk tempat2 menyimpan.
Aplikasi positip, tapi dampak/resiko keamanan jiwa,sangat besar.
Para senior/pelatih tahu, bisa dikembangkan u mendeteksi psw udara yg akan/baru mendarat, apakah ada penumpang yg bawa narkoba.

Permainan remaja bisa nebak kartu, bisa diaplikasikan ngobrak abrik bandar bacarat/main judl.
Bisa juga curang "membaca" kunci soal yg dibawa joki diluar.
Bisa main utak utik, sehingga temannya merasa di colek organ vitalnya, meski tdk ada yg nyentuh.

Masih berderet contoh, aplikasi yg hrs dijaga.

Jadi, semua pelatihan midbrain, harus mengandung PENGAMANAN yg BUILT IN dalam program pelatihannya.

 Pengamanannya hrs universal, berlaku u penganut agama apapun.

Pengamanan bisa berupa : pengerahan tenaga deteksi hrs memenuhi mekanisme yg diawali dgn NAWAITU/niat ingsun yg baik.
Begitu ada "guilty feeling", kemampuan itu hrs otomatis terblokir.

Kalau tidak ada pengamanan, penyalah gunaan bisa kemana mana, apalagi pada yg blm menyadari resiko dosa.

Barangkali teman dan temin ada menemukan tulisan2 yg membahas dampak dan cara antisipasinya.
 
Silahkan dibabar.....

Antara

  • Moderator
  • Pendekar Madya
  • **
  • Thank You
  • -Given: 28
  • -Receive: 29
  • Posts: 1.168
  • Reputation: 110
  • Malu bertanya tinggal pake GPS...
Re: Misteri Otak Tengah (midbrain)
« Reply #9 on: 19/04/2010 22:30 »
Mas Suprapto,

Kemampuan semacam itu bisa diturunkan dengan diberi semacam antivirus juga ya? Semacam safety-auto-switch begitu?

Saya pikir itu tergantung free will dari praktisinya?

yaaaa.... padahal sudah berpikir yang bukan-bukan nih ::)
Fairy tales don't tell children that dragons are real...
Children always know that dragons are real...
Fairy tales only tell that dragons can be slain...

Irwansyah

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 5
  • -Receive: 2
  • Posts: 276
  • Reputation: 5
    • Email
Re: Misteri Otak Tengah (midbrain)
« Reply #10 on: 19/04/2010 23:21 »
Saya pribadi agak ragu kemampuan/kelebihan yang didapatkan dari mengaktifkan otak tengah ini atau apalah akan membuat seorang anak menjadi lebih cerdas? Apakah ada bukti pendukungnya? Atau malah jangan-jangan nanti si anak jadi kurang berkembang kemampuan otak kiri atau kanannya karena jarang dipake?

Suprapto

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 26
  • -Receive: 86
  • Posts: 418
  • Reputation: 137
  • Sahabat Silat
    • Email
  • Perguruan: Merpati Putih
Re: Misteri Otak Tengah (midbrain)
« Reply #11 on: 19/04/2010 23:41 »
@ mas antara.
Tuntutan pengamanan sdh melekat di program MP.
Secara tentu akan maksimal dgn pengertian dan pengawasan orang tua bila anaknya punya/diaktivasi midbrain.
Di MP, kemampuan digosok melalui senam dan meditasi dgn hati dan niat bersih. Terbukti, kemampuan baca kartu 100%, hanya berhasil 50% kalau diajak/dimanfaatkan pejudi, nggak menang, nggak kalah. 
Kemampuan deteksi anak2 dilatih secukupnya saja u pembuktian hasil latihan, selanjutnya lebih ke pembersih/penyegaran sel otak.
Hanya saja, pembuktian hasilnya cuma bisa diukur dgn test IQ oleh ahlinya.

Saya hanya ngomong pahitnya dulu, tanpa memuji atau mendiskreditkan methoda apapun. Tetap orangtua harus bijak, mengawasi anak yg punya "daya linuwih".
Kalau penekanan program, bisa membantu anak lebih cerdas dan kuat berpikir, tentunya itulah yg sepatutnya dikembangkan.
Kemampuan deteksi bom, narkoba, radioaktip, lokasi survivor  korban bencana/tersesat, lokasi jatuhnya pesawat dsb, biar dipertajam oleh orang dewasa saja, meski mungkin lebih lelet. 

Suprapto

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 26
  • -Receive: 86
  • Posts: 418
  • Reputation: 137
  • Sahabat Silat
    • Email
  • Perguruan: Merpati Putih
Re: Misteri Otak Tengah (midbrain)
« Reply #12 on: 20/04/2010 00:08 »
@ bung Irwansyah

Sangat setuju harus ada penelitian ilmiah terlebih dahulu mengenai dampak latihan terhadap peningkatan tingkat kecerdasan.
Klaim sementara aktivasi midbrain kan hanya menyeimbangkan fungsi otak.
Benar bahwa pada praktek deteksi, malah mengistirahatkan pikiran, berpindah ke kepekaan bagian lain.

Tapi dalam proses latihan, ada proses nafas pembersih, yg menyapu semua bagian otak. Kemudian diikuti penyaluran energi penyegar/penguat ke semua sel isi kepala (u peningkatan kecerdasan).
Kecuali u deteksi, yg diikuti penyaluran energi deteksi.

Jadi memang beda.

Suprapto

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 26
  • -Receive: 86
  • Posts: 418
  • Reputation: 137
  • Sahabat Silat
    • Email
  • Perguruan: Merpati Putih
Re: Misteri Otak Tengah (midbrain)
« Reply #13 on: 20/04/2010 00:45 »
Untuk latihan peningkatan tingkat kecerdasan, MP baru punya bukti2 awal di beberapa tempat/cabang.

Anak2 yg tdk punya sejarah genetika cerdas, maaf, anak2 dari tingkat tamtama/bintara, selama mengikuti pelatihan (latihan pencaksilat ditambah prgrm latihan penyegaran sel otak), menunjukkan peningkatan prestasi nilai yg signifikan. Rata2 msk kelompok top rangking.
Meski pelatih/orang tua yakin, tetap blm bisa di klaim sbg hasil latihan.
 Secara ilmiah, masih prematur, hanya ada indikasi kuat yg harus dieksaminasi lebih lanjut pada penelitian dgn semua persyaratan sesuai standar/prosedur penelitian ilmiah.

samber gledek

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 4
  • Posts: 462
  • Reputation: 35
    • Email
Re: Misteri Otak Tengah (midbrain)
« Reply #14 on: 20/04/2010 07:33 »
Mas Suprapto tak sambit GRP untuk anda.. Mas Suprapto posisi dimana?

Mas Irwansyah. Memang betul apa yang dikatakan mas Suprapto bahwa fungsi mid brain adalah untuk penghubung dan penyeimbang otak kanan dan otak kiri. Saya sempat diskusi dengan penyelenggara pelatihan mid brain bahwa anak yang sudah diaktifkan secara emosional biasanya lebih stabil. Walaupun mungkin belum ada data penelitian secara ilmiah tentang keseimbangan emosional anak2 yang teraktivasi.

Mas Suprapto saya sempat tanya dengan penyelenggara mid brain apakah tidak ada pelatihan untuk orang dewasa? Menurut mereka sekarang masih dalam penelitian. Saya juga sempat mengatakan bahwa metoda merpati putih bisa juga dilakukan untuk orang dewasa. Dan mereka juga sudah mengetahui tentang hal tersebut.

Salah satu kelebihan dari metoda mid brain ini hanya dibutuhkan 2 hari pengaktifan untuk mengembangkan otak tengah. Siapa tahu MP sudah mengembangkan metoda2 baru sehingga pelatihan peningkatan kemampuan anak bisa juga dipercepat.

Dilanjut akang2

 

Powered by EzPortal