+-

Video Silat


Diskusi Bulanan - Clurit Are Sekak dan Silat Pukul
Silat Betawi Langkah Troktok - Sibelatok Kids
ulin ruyung - peupeuhan Adung Rais
Macan Belang Jitu - Performance perguruan di acara
Ujungan Macan Ngawahan - Malioboro Pencak Festival
Buya R.M. Mayo Mahmud Marzuqi
Silat Golok Seliwa2
pendekar - silat ki ontong 1
Silat Tradisional di Pencak Silat Word Championshi

Shoutbox

13/08/2014 03:06 Ekka_Xakra: Salam kenal para sahabat silat semua.
12/08/2014 17:56 Dwi_NGJ: Salam kenal para ksatria. Mohon ijin bergabung... :)
12/07/2014 16:49 one: Pada kemane nih buka puasanya ye?
27/06/2014 17:45 moeljadi moechtar: mohon maaf lahir dan batin menjelang Puasa buat sodare2 silat sekalian...
23/05/2014 19:43 Jenggot Perak: assalamu'alaikum para pesilat dan pendekar..
salam kenal
02/05/2014 13:32 kunderemp: Horeeee... muncul lagi.
20/03/2014 21:24 akoekoko: tes, tes, satu dua...
View Shout History

Recent Topics

SILAT BERDO'A SELAMAT by devil
14/09/2014 07:34

Parkour by gumuruh
03/09/2014 14:02

Hoby Miara Jin by gumuruh
03/09/2014 14:01

[BUKUTAMU] by dr_hadinata
20/08/2014 11:41

contack person guru silat suaeb yg di padepokan pencaksilat TMII by rohadi
17/08/2014 05:58

Silat Betawi di Bentera Budaya by luri
12/08/2014 11:01

maenpo Cikalong by aki sija
26/07/2014 06:55

PABUCI (PANCERBUMI CIKALONG/PASAR BARU CIANJUR) by aki sija
26/07/2014 06:36

[GUESTBOOK] by wongbener
23/07/2014 10:03

Pesilat Indonesia Siap Bantu Rakyat Gaza by wongbener
23/07/2014 09:40

My Days with Golok Betawi "Seliwa" by akoekoko
16/07/2014 16:24

RM. Sunardi Suryodiprojo "Den Mas Nardi/Romo Nardi" (03 Apr 1914 - 05 Jun 1985) by halilintar
14/07/2014 00:20

Sejarah perguruan Reti Ati by halilintar
14/07/2014 00:08

Minangkabau Silek Tuo Summer Camp 2014 by luri
07/07/2014 09:13

THS-THM by halilintar
04/07/2014 16:11

SilatIndonesia.Com

Author Topic: Tips Meningkatkan Stamina  (Read 22514 times)

Bayu Umbara

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 195
  • -Receive: 121
  • Posts: 1.214
  • Reputation: 197
  • Datuk Bagindo Rajo
    • http://silekminangpandekacupak.blogspot.com/
  • Perguruan: Sasaran Silek Harimau Cupak
Tips Meningkatkan Stamina
« on: 01/12/2010 12:28 »
Bila anda merasa cepat lelah, berarti stamina anda menurun. Tapi, jangan terburu-buru mengkonsumsi minuman penambah tenaga dan stamina yang banyak dijual di pasaran. Ada cara yang lebih alami dan sehat untuk mengatasinya.
Stamina, dalam kacamata kesehatan menjadi sangat penting karena perannya dalam upaya peningkatan kondisi badan yang sehat, karena relatif lebih cost-effective dan membawa dampak yang lebih besar lagi untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.
Sedangkan secara definitif, stamina bisa berarti kemampuan tubuh seseorang untuk melakukan tugas pekerjaannya sehari-hari tanpa menimbulkan kelelahan yang berarti dan masih mempunyai cadangan tenaga untuk menikmati waktu senggang serta untuk keperluan mendadak.
Lebih jauh lagi, stamina adalah Physical Fitness. Physic artinya kondisi fisik dan fitness artinya kecocokan, keserasian serta kemampuan tubuh kita untuk beradaptasi, menjaga keseimbangan proses faali dan biokimiawi tubuh dalam keadaan stres berat termasuk kerja fisik.
Pada hakekatnya, salah satu sifat dari stamina adalah dinamis atau fungsional. Artinya, kemampuan untuk melakukan pekerjaan fisik yang berat. Karena itu, untuk mewujudkan tugas tersebut, diperlukan stamina yang selalu prima. Atau minimal tetap sehat walau tenaga sedikit berkurang karena kelelahan.
Karena itu, meningkatkan stamina dengan cara minum suplemen sangat tidak dianjurkan. Sebab, organ-organ dalam tubuh yang telah bekerja secara simultan belum tentu bisa cairan suplemen tersebut. Bahkan, dalam beberapa kasus, ternyata ditemukan pasien-pasien yang menderita gagal ginjal, akibat sebelumnya sering mengkonsumsi minuman penambah tenaga tersebut. Minuman sejenis itu malah membuat kerja ginjal menjadi lebih berat.
Di bawah ini ada beberapa tips untuk menjaga dan meningkatkan stamina:
1. Olahraga, olahraga, olahraga
Menurut James Rippe, ahli jantung sekaligus direktur Rippe Lifestyle Institute di Shrewsbury, Massachusetts, AS, olahraga terutama jenis aerobik adalah obat terbaik mengatasi kelelahan dan menambah energi. Olahraga aerobik seperti bersepeda, berenang dan lari akan memperkuat jantung sehingga lebih banyak lagi pasokan oksigen yang sampai ke seluruh tubuh. Lebih banyak oksigen yang sampai ke panas lagi organ dalam dapat bekerja, sehingga meningkatkan efisiensi produksi energi.
2. Minum lebih banyak
Kurang cairan adalah penyebab kelelahan. Jika tubuh kekurangan cairan, darah mengental. Akibatnya aliran darah jadi lambat dan butuh waktu lebih bagi sel tubuh untuk mendapatkan oksigen.
3. Makan sedikit, tetapi sering
Makanlah dengan porsi kecil bergizi seimbang, tetapi sering. Makan porsi besar kaya karbihidrat menyebabkan gula darah membumbung. Ini membuat lebih banyak insulin yang dikeluarkan tubuh. Kondisi ini akan menyebabkan terlalu banyak gula darah dikirim ke sel otot untuk disimpan. Inilah biang keladi kelelahan.
4. Konsumsi suplemen vitamin, mineral dan asam lemak omega 3
Dr. Roberta Lee, Direktur Continuum Center for Health and Healing di Beth Israel Medical Center, New York AS, menyarankan asupan multivitamin dan mineral untuk pasien yang kelelahan. Mengapa? Vitamin antioksidan membantu tubuh menetralkan kerusakan dalam sel karena serangan radikal bebas. Mineral mendukung kinerja hati dan ginjal dalam melakukan kerja detoksifikasi tubuh. Asam lemak omega 3 membantu kerja setiap sel tubuh agar berjalan mulus.
5. Ubah rutinitas
Bila kegiatan sehari-hari sudah dapat ditebak, ubah kebiasaan itu. Ini dapat menyebabkan kebosanan, biang keladi penguras energi. Coba dengarkan jenis musik baru, tempuh rute baru ke kantor, atau ngobrol dengan orang baru.
6. Beri prioritas
Buat daftar hal paling penting dalam hidup, apa yang ingin Anda lakukan. Melakukan hal yang tak diinginkan, kata Tony Schwartz, pengarang buku The Power of full Engagement, akan menghabiskan energi.
7. Istirahat sejenak
Manusia sudah diprogram oleh yang Maha Kuasa untuk bergerak antara menghabiskan dan meregenerasi energi. Siklus ini, kata Schwartz, berlangsung selama 90-120 menit, selama waktu kelelahan. Istirahatlaaah beberapa menit untuk memulihkan energi.

Bayu Umbara

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 195
  • -Receive: 121
  • Posts: 1.214
  • Reputation: 197
  • Datuk Bagindo Rajo
    • http://silekminangpandekacupak.blogspot.com/
  • Perguruan: Sasaran Silek Harimau Cupak
Re: Tips Meningkatkan Stamina
« Reply #1 on: 01/12/2010 12:29 »
Makanan yang tinggi protein dan mengandung nutrisi tertentu dapat membantu Anda berkonsentrasi untuk waktu yang cukup lama. Makan pada saat yang tepat juga dapat membantu Anda tetap produktif.

Dikutip  dari Ehow dan Divavillage, berikut nutrisi yang dapat meningkatkan konsentrasi, dan anda dapat melakukan pilihan-pilihan sendiri dalam bentuk cemilan yang dijual di pasaran agar tetap focus dan konsentrasi sepanjang hari

1. Roti gandum
Produk gandum utuh seperti sereal, kerupuk gandum atau roti gandum merupakan sumber utama karbohidrat yang sehat dan juga dapat meningkatkan konsentrasi di pagi dan siang hari. Orang yang makan sarapan sehat seperti gandum utuh dapat berkonsentrasi, waspada dan juga memiliki kemampuan untuk memecahkan masalah dengan lebih baik.

2. Ubi jalar
Makanan lain yang kaya karbohidrat dan antioksidan adalah ubi jalar. Ubi jalar mengandung dosis karbohidrat yang sehat tanpa menyebabkan lonjakan gula. Aliran energi ini dapat membantu Anda tetap fokus selama berjam-jam dan juga akan menjaga kadar energi.

3. Bayam
Kaya akan antioksidan, mineral dan zat besi, menjadikan bayam salah satu sayuran yang ampuh untuk meningkatkan konsentrasi. Anda bisa makan bayam di hampir setiap jam makan, misalnya mencampur bayam ke dalam omelet atau sandwich di pagi hari dan menjadikannya sayur bening pada waktu makan siang atau malam hari.

4. Telur
Sarapan telur akan membuat Anda mengawali hari dengan baik. Kandungan kolin dan nutrisi lain yang terkandung di dalam telur dapat meningkatkan fungsi otak. Makan telur secara teratur juga dapat melindungi otak dari penyakit degeneratif.

5. Ikan tuna dan salmon
Lemak ikan merupakan sumber asam lemak omega-3 dan memainkan peran penting dalam fungsi kognitif. Makan makanan tinggi omega-3 akan membuat Anda tetap fokus dan melindungi otak melawan penyakit degeneratif seperti Alzheimer.

6. Kacang merah
Vitamin B thiamin pada kacang merah dapat mengurangi gejala depresi, gangguan suasana hati dan juga mempertahankan fungsi kognitif yang prima. Tambahkan kacang merah sebagai salad di sore hari untuk memuat nutrisi dan serat di sore yang produktif. Anda juga dapat menikmati kacang merah untuk makan malam untuk meningkatkan kerja otak di keesokan harinya.

Bayu Umbara

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 195
  • -Receive: 121
  • Posts: 1.214
  • Reputation: 197
  • Datuk Bagindo Rajo
    • http://silekminangpandekacupak.blogspot.com/
  • Perguruan: Sasaran Silek Harimau Cupak
Re: Tips Meningkatkan Stamina
« Reply #2 on: 01/12/2010 13:11 »
Pisang dikenal sebagai salah satu makanan super bagi para atlet dan pakar kesehatan. Kandungan tiga gula alami, sukrosa, fruktosa dan glukosa serta serat memberi energi untuk pembakaran energi selama 90 menit nonstop.

Tapi, ‘penyumbang’ energi bukanlah satu-satunya manfaat buah pisang. Jenis buah tropis ini membantu mengatasi dan mencegah beberapa macam penyakit dan gangguan kesehatan. Sehingga diperlukan untuk menambah diet harian.

1. Anemia

Pisang tinggi zat besi yang merangsang produksi hemoglobin dalam darah dan membantu mengatasi anemia.

2. Tekanan Darah Tinggi

Buah tropis memiliki kandungan kalium yang tinggi tetapi rendah garam, sehingga sempurna untuk mencegah dan mengurangi tekanan darah tinggi. Badan Obat dan Makanan US (FDA) mengizinkan produsen buah ini mengklaim pisang menurunkan risiko tekanan darah dan stroke.

3. Meningkatkan konsentrasi

Kemampuan belajar siswa yang makan pisang saat sarapan dan makan siang terpacu karena kandungan kalsium tinggi dalam pisang. Kalsium berfungsi membantu meningkatkan konsetrasi dan kewaspadaan.

4. Sembelit

Tinggi kadar serat yang membantu menormalkan pencernaan dan membantu mengatasi sembelit tanpa obat-obatan laksatif.

5. Depresi

Para penderita depresi merasa lebih baik setelah makan pisang. Sebab, pisang mengandung tryptophan, sejenis protein yang diubah menjadi serotonin dalam tubuh untuk memberi rasa relaks, memperbaiki mood dan membuat bahagia.

6. Obat Mabuk

Cara termudah untuk mengobati rasa sakit dan mual akibat mabuk adalah dengan milkshake pisang dicampur madu. Pisang menenangkan perut dan madu meningkatkan kembali gula darah.

7. Penyakit Jantung

Pisang memiliki efek antasid, sehingga bila merasa hati seperti terbakar, makan pisang akan meringankan rasa sakit. Makan pisang secara teratur dapat mengurangi risiko stroke sebesar 40 persen.

8. Morning Sickness ( Mual pada wanita hamil )

Mengemil pisang di antara waktu makan besar membantu menjaga kadar gula dan mencegah mual-mual pada wanita hamil.

9. Gigitan Nyamuk

Sebelum menggunakan krim anti-gigitan serangga, coba olesi bagian yang terkena gigitan nyamuk dengan bagian dalam pisang kulit pisang. Ini akan mengurangi pembengkakan dan iritasi.

10. Saraf

Buah pisang tinggi kadar vitamin B yang membantu menenangkan sistem saraf dan mengurangi stres dengan kandungan potasiumnya.

11. PMS ( Nyeri haid )

Vitamin B6 dalam pisang mengontrol tingkat glukosa darah, yang dapat mempengaruhi suasana hati Anda menjelang menstruasi.

12. Merokok

Pisang juga dapat membantu orang yang mencoba berhenti merokok. Tingkat vitamin C, A, B6, dan B12 yang dikandungnya, bersama dengan kalium dan magnesium, membantu tubuh cepat sembuh dari efek racun nikotin.

13. Pengendali Suhu Tubuh

Pisang berfungsi sebagai makanan ‘pendingin’ yang memperbaiki kondisi fisik dan emosional ibu. Pisang dapat menurunkan suhu dalam kandungan dan membantu bayi lahir dengan suhu tubuh tidak tinggi.

14. Maag dan Luka Usus

Pisang mencegah maag dan luka akibat gangguan pencernaan karena tekturnya yang lembut. Pisang satu-satunya makanan yang membantu mengatasi ulkus over-kronis dan menetralisir iritasi pada bagian dalam perut.

15. Obat Kutil

Pisang adalah obat alami untuk menghilangkan kutil. Letakkan kulit bagian dalam pisang pada kutil dan plester.

Bayu Umbara

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 195
  • -Receive: 121
  • Posts: 1.214
  • Reputation: 197
  • Datuk Bagindo Rajo
    • http://silekminangpandekacupak.blogspot.com/
  • Perguruan: Sasaran Silek Harimau Cupak
Re: Tips Meningkatkan Stamina
« Reply #3 on: 01/12/2010 13:13 »
Pisang merupakan buah yang sarat gizi, hampir tidak mengandung lemak dan mudah dicerna. Karbohidrat didalam pisang sekitar 23-35%, lemak 0.2% dan seperti bahan nabati lainnya, pisang bebas kolesterol. Sebanyak 100 gram pisang akan memberikan kalori sebesar 120 kalori. Buah ini juga kaya kalium dan mengandung magnesium, selenium, besi dan vitamin-vitamin serta bebas natrium. Pisang kaya dengan vitamin B-6 yang dibutuhkan untuk kesehatan mental seseorang. Kekurangan vitamin B-6 ini dapat menyebabkan seseorang mudah lelah dan marah serta susah tidur. Mengkonsumsi satu setengah buah pisang setiap hari akan mencukupi kebutuhan tubuh terhadap vitamin B-6 ini. Menyantap makanan kaya kalium dan vitamin B6, khususnya pisang segar (bukan pisang rebus atau pisang goreng) juga dapat mengurangi rasa nyeri, ngilu dan sakit pada persendian. Mengkonsumsi pisang 3-4 kali sehari bahkan dipercaya dapat membantu mengurangi gejala radang sendi (arthritis). Pisang merupakan makanan kaya kalium. Satu buah pisang berukuran sedang mengandung 467 mg kalium, yang memberikan 13% kebutuhan kalium harian. Data penelitian menunjukkan bahwa pengambilan kalium oleh tubuh berhubungan dengan efek penurunan tekanan darah. Pada tahun 2001, FDA (Food and Drug Administration; semacam Badan POM di USA), menyetujui bahwa makanan yang merupakan sumber kalium dan rendah natrium barangkali dapat mengurangi resiko terjadinya peningkatan tekanan darah dan stroke. Sebagai sumber kalium, pisang dapat membantu mengurangi resiko peningkatan tekanan darah. Didalam New England Journal of Medicine bahkan disebutkan, bahwa mengkonsumsi satu buah pisang sehari dapat menurunkan resiko stroke sampai 40%. Jika anda merasa lesu di antara waktu makan, ambil saja pisang. Gula buah yang terkandung didalamnya (yang tergolong karbohidrat sederhana), akan mudah dicerna dan masuk ke aliran darah sehingga menghasilkan energi instant. Selain itu, dengan pasokan kalium dari pisang, jaringan otot akan bertenaga kembali selama beberapa saat sebelum tubuh mendapatkan pasokan energi darurat dari makanan utama. Karena hal ini pula, tidak heran jika para atlet terutama atlet tennis seringkali mengkonsumsi pisang sebelum dan pada saat bertanding untuk pengusir lelah dan pemberi tenaga. Didalam The Food Pharmacy oleh Jean Carper, pisang bahkan disebut sebagai makanan mujarab bagi penderita penyakit mag. Barangkali sifat spasmolitik pisang, yang menurunkan kerja lambung dan mengurangi sekresi enzim serta asam lambung, turut berperan dalam menghasilkan khasiat ini. Kandungan pektin yang tinggi didalam pisang juga dapat melindungi selaput lendir lambung terhadap pengaruh asam lambung dan enzim (pepsin). Pisang juga kaya serat makanan atau karbohidrat kompleks. Konsumsi serat makanan akan membantu memperlancar buang air besar dan sangat baik untuk mencegah kanker usus besar.

Bayu Umbara

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 195
  • -Receive: 121
  • Posts: 1.214
  • Reputation: 197
  • Datuk Bagindo Rajo
    • http://silekminangpandekacupak.blogspot.com/
  • Perguruan: Sasaran Silek Harimau Cupak
Re: Tips Meningkatkan Stamina
« Reply #4 on: 01/12/2010 14:57 »
Sarapan adalah modal untuk beraktivitas sepanjang hari. Karena itu, agar tubuh tetap berenergi sebaiknya jangan lewatkan jadwal makan satu ini.

Perlu Anda tahu, makanan yang dikonsumsi saat sarapan haruslah berkualitas. Karbohidrat, protein dan serat sebaiknya selalu ada dalam sarapan. Berikut ini, makanan disarankan dikonsumsi saat sarapan untuk meningkatkan metabolisme tubuh, seperti dikutip dari Methods Of Healing.

Anda bisa minum segelas susu jika hanya memiliki waktu terbatas di pagi hari sebelum berangkat kerja. Minuman ini berkhasiat untuk menambah energi di pagi hari.

Atau, agar kandungan gizi dalam susu makin ‘berbobot’, Anda bisa menambahkan 1-2 sendok makan oatmeal. Atau, diblender bersama buah-buahan, seperti blueberry, stroberi atau pisang. Minuman ini siap untuk meningkatkan metabolisme Anda sepanjang hari.

Ingat, sarapan tidak harus terdiri dari makanan berat. Yang benar adalah dengan memberikan tubuh asupan makanan sehat. Misalnya, makanan kaya protein seperti telur, susu, daging tanpa lemak dan bahkan selai kacang, dapat mengawali hari Anda dengan baik. Tambahkan beberapa buah segar, serat dan kacang-kacangan atau biji-bijian dalam menu sarapan Anda. Dengan semua itu, daya tahan tubuh akan kuat selama beraktivitas seharian.

Jika sedang terburu-buru, Anda juga bisa membuat kombinasi sendiri untuk sarapan. Misalnya, pisang. Iris pisang dan dicampur dengan yogurt rendah lemak, tambahkan sereal berserat tinggi yang berbahan gandum, dan beberapa buah segar, seperti stroberi. Makanan yang disiapkan superkilat ini merupakan kombinasi yang baik untuk meningkatkan metabolisme tubuh.

Bayu Umbara

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 195
  • -Receive: 121
  • Posts: 1.214
  • Reputation: 197
  • Datuk Bagindo Rajo
    • http://silekminangpandekacupak.blogspot.com/
  • Perguruan: Sasaran Silek Harimau Cupak
Re: Tips Meningkatkan Stamina
« Reply #5 on: 03/01/2011 23:02 »
Ramuan untuk menambah stamina tubuh:
Ramuan ini jika diminum rutin setiap hari sanggup meningkatkan kekebalan tubuh, membuat badan terasa segar dan tetap fit sehat serta bergairah dalam bekerja. Tak hanya itu, ramuan ini sanggup meringankan sakit pinggang dan panas dalam. Bisa dibuat dalam jumlah yang agak banyak, kemudian simpan dalam lemari pendingin. Tinggal menambahkan madu serta kuning telur sesaat sebelum diminum.
1. Ramuan 1:
Siapkan 100 gr kunyit, cuci bersih lalu parut atau blender dengan 50 ml air matang. Kemudian saring dan tambahkan 2 btr kuning telur ayam kampung dan 1 sdm madu asli. Aduk rata segera minum.
2. Ramuan 2:
¼ kg daun selada, 2 btr bawang putih, 2 bh wortel cuci bersih, 2 bh toma masak, 2 tangkai seledri, 100 ml air masak. Blender jadi satu semua bahan, kemudian saring dan segera minum. Usahakan rutin diminum sehari sekali.

anakbawang

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 11
  • Reputation: 0
  • Sahabat Silat
    • Email
  • Perguruan: mp
Re: Tips Meningkatkan Stamina
« Reply #6 on: 04/01/2011 09:17 »
 kunyit + madu emang bagus..bikin awak segeerr n bikin BB abis latihan...[top] [top] [top]...

anakbawang

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 11
  • Reputation: 0
  • Sahabat Silat
    • Email
  • Perguruan: mp
Re: Tips Meningkatkan Stamina
« Reply #7 on: 04/01/2011 09:18 »
maksud ane ngilangin BB bukan bikin BB... [[peace2]]

mpcrb

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 20
  • -Receive: 90
  • Posts: 758
  • Reputation: 264
  • Sahabat Silat
    • My profile on Kompas cetak (you have to be Kompas member)
    • Email
  • Perguruan: Merpati Putih
Re: Tips Meningkatkan Stamina
« Reply #8 on: 04/01/2011 10:07 »
Ngilangin BB mah gampang, pake jeruk nipis sama tawas aja. Gosokin deh ... dijamin ilang.

Salam.

PS: Btw kalo ngilangin BB (blackberry) itu mah cepet :) ambil aja, kantongin. hehehe becanda :)
Belajar memahami hidup dalam kehidupan...

Bayu Umbara

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 195
  • -Receive: 121
  • Posts: 1.214
  • Reputation: 197
  • Datuk Bagindo Rajo
    • http://silekminangpandekacupak.blogspot.com/
  • Perguruan: Sasaran Silek Harimau Cupak
Re: Tips Meningkatkan Stamina
« Reply #9 on: 04/01/2011 15:00 »
Tips Menjaga Kesehatan Maksimal

Sepuluh tips sehat berikut telah terbukti membantu banyak orang menjalani hidup lebih sehat, penuh energi dan vitalitas.

Pertama, meningkatkan daya tahan tubuh. Berbeda dengan anggapan banyak orang, penyebab sakit bukanlah virus, bakteri, atau kuman, tetapi karena menurunnya daya tahan tubuh sehingga rentan terhadap serangan virus, bakteri, atau kuman. Selalu optimis, berprasangka baik (husnudzon), dan bersikap positif dalam situasi yang bagaimanapun negatifnya dapat meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit.

Kedua, bernapas efektif. Bernapas efektif tiga kali sehari (pagi, siang, sore) masing-masing sepuluh kali dengan perbandingan tarik napas (inhale): tahan napas (hold): hembuskan napas (exhale) = 1 : 4 : 2. Kalau menarik napas melalui hidung selama 5 detik, maka menahan napas selama 20 detik, dan menghembuskan napas melalui mulut selama 10 detik.

Bernapas efektif mengoptimalkan pemberian oksigen ke seluruh sel tubuh dan menggerakkan aliran getah bening. Setiap sel tubuh kita dikelilingi cairan getah bening. Volume cairan getah bening empat kali volume darah. Darah membawa oksigen dan makanan ke pembuluh darah kapiler, di tempat ini terbaur ke dalam cairan getah bening. Setelah sel menyerap oksigen dan sari makanan, ia akan melepaskan buangan kembali ke dalam cairan getah bening. Sel-sel yang mati, protein darah, dan bahan racun lain harus dikeluarkan dari sistem getah bening.

Jadi kalau aliran darah seperti sistem irigasi, maka aliran getah bening seperti sistem drainase. Sama dengan sistem lain, jika ada aliran tidak lancar akan mengganggu keseluruhan sistem. Jika sistem aliran getah bening dihentikan beberapa jam, kita akan mati karena terjebaknya bahan beracun di sekitar sel-sel tubuh. Masalahnya aliran darah memiliki jantung untuk sirkulasi, sedangkan sistem getah bening tidak punya pompa. Satu-satunya cara getah bening mengalir adalah dengan pernapasan dalam dan gerakan otot diafragma antara dada dan perut kita. Itu sebabnya bernapas dalam dan olahraga sangat vital bagi kesehatan.

Ketiga, sikap tegak tinggi. Sikap tegak tinggi adalah sikap tubuh dengan mengangkat tulang rusuk dan tulang punggung setinggi-tingginya dan membusungkan dada. Bersikap tegak tinggi ketika duduk, berdiri, dan berjalan telah membantu banyak orang menjadi lebih sehat, bugar, bergairah, optimis, dan penuh percaya diri.

Keempat, olahraga 4-6 kali per minggu. Jangan bermimpi dapat sehat tanpa olahraga yang memadai. Program olahraga yang baik adalah program yang membuat kita bernapas dalam dan membangun tubuh kita dalam tiga bidang yaitu, daya tahan, kelenturan, dan kekuatan. Daya tahan diperoleh dari latihan aerobik seperti jalan, renang, dan senam. Latihan aerobik membakar lemak, memompa darah, mengalirkan oksigen, dan merangsang aliran getah bening ke seluruh tubuh.

Kita dianggap bugar jika mampu meningkatkan denyut jantung menjadi sedikitnya seratus denyutan per menit dan mempertahankannya pada tingkat itu minimal selama 30 menit. Kecepatan denyut jantung maksimum yang umum diterima adalah 220 dikurangi usia. Saat olahraga, kita harus berusaha menaikkan kecepatan denyut jantung sedikitnya 60 persen dari denyut maksimum. Kelenturan diperoleh melalui peregangan otot. Sedang kekuatan diperoleh melalui push-up, sit-up, dan latihan beban.

Kelima, minum air putih minimal 8 gelas ( 2-3 liter ) per hari. Minumlah air hangat terutama sebelum makan bukan pada saat atau setelah makan. Minuman selain air putih seperti minuman ringan ( soft drink ), teh atau kopi tidak diperhitungkan. Tanda kekurangan air adalah kulit wajah, tubuh, dan rambut tampak kusam tidak bercahaya, air kencing sedikit dan berwarna kuning tua. Bagaimana caranya agar kita dapat minum 2-3 liter per hari ? Mudah saja, siapkan 5 botol plastik Aqua ukuran 600 ml diisi air putih letakkan di dekat kita baik di rumah, di kantor, atau di kendaraan. Haus atau tidak haus ketika kita melihat botol-botol tersebut minumlah sedikit. Targetkan agar kelima botol tersebut airnya habis kita minum dari pagi sampai sebelum tidur malam hari.

Keenam, makan lebih banyak makanan kaya air. Tujuh puluh persen tubuh kita terdiri dari air. Kalau makanan dibagi menjadi makanan kaya air ( buah dan sayur ) dan makanan padat ( karbohidrat dan protein ), maka sesuai dengan komposisi tubuh seharusnya 70 % makanan kita terdiri dari makanan kaya air. Kebanyakan orang mengkonsumsi kurang dari 30 % makanan kaya air. Untuk itu kita perlu makan buah dan sayur minimal 5 kali setiap hari dengan 5 macam warna yang berbeda karena warna buah dan sayur mencerminkan kandungan nutrisi, vitamin, dan mineral yang terdapat di dalam buah dan sayur tersebut.

Ketujuh, makan buah ketika perut kosong, bukan untuk cuci mulut. Satu-satunya makanan yang dapat digunakan otak adalah glukosa dan sumber energi yang paling mudah dibakar melalui metabolisme tubuh adalah glukosa. Buah banyak mengandung fruktosa yang gampang diubah menjadi glukosa dan umumnya kaya air. Buah juga mengandung bioflavinoid yang menjaga keenceran darah sehingga tidak menyumbat pembuluh darah. Buah juga memperkuat pembuluh kapiler. Ini berarti buah membersihkan dan memberi energi pada saat yang sama. Buah dimakan ketika perut kosong. Buah didesain untuk melewati lambung beberapa menit langsung ke usus halus, tempat kandungan nutrisinya diserap. Kalau ada makanan padat dalam lambung, buah akan terjebak dan meragi. Ini yang menyebabkan perut kembung dan terasa tidak enak. Itulah sebabnya Rasulullah SAW menganjurkan agar kita berbuka puasa dengan minum dan makan buah ( korma ) sebelum makanan padat karbohidrat atau protein.

Kedelapan, kombinasikan makanan secara efektif. Buah dimakan ketika perut kosong, sayur dapat dimakan bersama karbohidrat atau protein. Karbohidrat sebaiknya tidak dimakan bersama protein. Mengapa ? Setiap makanan dicerna secara berbeda. Karbohidrat dicrna dalam suasana basa dengan bantuan enzim ptyalin yang terdapat di dalam mulut, sementara protein dicerna dalam suasana asam dengan bantuan enzim hydrochloric acid & pepsin yang terdapat di dalam lambung. Penggabungan kedua jenis makanan dengan porsi sama besar akan membutuhkan waktu dan energi pencernaan lebih banyak. Setiap kali makan tentukan fokus kita ingin makan apa. Kalau sedang fokus pada karbohidrat, maka porsi makan lebih banyak karbohidrat dan sayur dengan sedikit protein. Sebaliknya ketika fokus pada protein, porsi makan lebih banyak protein dan sayur dengan sedikit karbohidrat.

Kesembilan, kurangi lemak jenuh. Bahaya terlalu banyak mengkonsumsi lemak jenuh mencakup terganggunya peredaran darah, sistem pembuangan, kemacetan dan racun dalam tubuh. Contoh lemak jenuh adalah lemak susu, mentega, keju, dan daging merah. Sebaliknya lemak tak jenuh memiliki 5 manfaat ; membangun membran sel, membantu produksi hormon, meningkatkan metabolisme, melindungi tubuh dengan menetralisir asam dan menyediakan pelumas sehingga sel dapat bebas bergerak. Lemak tak jenuh terdiri dari mono-unsaturated fat ( omega-9 ), poly-unsaturated fat ( omega-6 dan omega-3 ). Omega dengan angka makin kecil makin baik. Contoh lemak tak jenuh adalah lemak yang terkandung dalam ikan laut dalam, alpukat, minyak rami ( flax-seed oil )
dan minyak zaitun ( olive oil ).

Kesepuluh, Agar sel-sel tubuh kita menjadi sehat, pH darah harus dijaga sedikit basa ( 7,365 ). Sebagai ukuran keasaman dan kebasaan, pH memiliki skala 1-14, dimana 1 bersifat asam murni, 7 bersifat netral dan 14 basa murni. Bila pH darah terlalu asam membuat sel-sel tubuh kita menjadi tempat kondusif bagi virus, bakteri dan jamur sehingga rentan terhadap penyakit. Kurangi konsumsi gula, cuka, nikotin, alkohol, kafein, daging merah, dan obat-obatan yang akan membuat sel-sel tubuh kita menjadi asam.

Tiadalah balasan kebaikan melainkan kebaikan juga

( QS Ar Rahman 55:60 )

Amal paling utama setelah beriman kepada Allah adalah cinta kasih terhadap sesama manusia.

( HR Thabrani )

sumber : Jen Z.A. Hans

Bayu Umbara

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 195
  • -Receive: 121
  • Posts: 1.214
  • Reputation: 197
  • Datuk Bagindo Rajo
    • http://silekminangpandekacupak.blogspot.com/
  • Perguruan: Sasaran Silek Harimau Cupak
Re: Tips Meningkatkan Stamina
« Reply #10 on: 04/01/2011 15:45 »
Rahasia Pola Makan Nabi Muhammad Selalu Sehat Semasa Hidupnya

Mengapa Rosulullah Selalu Sehat Selama Hidupnya?wihans.web.id : Selama ini kita mengenal dua bentuk pengobatan. Pengobatan sebelum terjangkit penyakit / pencegahan ( At thib Al wiqo`i), dan pengobatan setelah terjangkit penyakit (at thib al `ilaji). Nah, dengan mencontoh pola makan Rasulullah, kita sebenarnya sedang menjalani terapi pencegahan penyakit dengan makanan. (attadawi bil ghidza`). Ini tentu jauh lebih baik daripada kita harus “berhubungan” dengan obat-obat kimia.

Dalam setiap aktifitas dan pola hidupnya, Rasulullah memang sudah disiapkan untuk menjadi contoh teladan bagi semua manusia., termasuk dalam hal pola makan. Memang sih, hanya urusan makanan. Tetapi kalau dengan pola makan tersebut, Rasulullah kemudian memiliki tubuh yang sehat, kuat, dan sanggup mengalahkan para pegulat, tampaknya kita harus mikir lagi untuk mengatakan hanya. Ini bukan perkara remeh. Sebab salah satu faktor penting penunjang fisik prima Rasulullah adalah kecerdasan beliau dalam memilih menu makanan dan mengatur pola konsumsinya.

Hal pertama yang menjadi menu keseharian Rasulullah adalah udara segar di subuh hari. Sudah umum di ketahui bahwa udara pagi kaya dengan oksigen dan belum terkotori oleh zat-zat lain. Ini ternyata sangat besar pengaruhnya terhadap vitalitas seseorang dalam aktifitasnya selama sehari penuh. Maka tidak usah heran ketika kita tidak bangun di subuh hari, kita menjadi terasa begitu malas untuk beraktifitas. Selanjutnya rasulullah menggunakan siwak untuk menjaga kesehatan mulut dan giginya.

Lepas dari subuh, Rasulullah membuka menu sarapannya dengan segelas air yang dicampur dengan sesendok madu asli. Khasiatnya luar biasa. Dalam Al qur`an, kata “syifa” / kesembuhan, yang dihasilkan oleh madu, diungkapkan dengan isim nakiroh, yang berarti umum, menyeluruh. Di tinjau dari ilmu kesehatan, madu befungsi membersihkan lambung, mengaktifkan usus-usus, menyembuhkan sembelit, wasir dan peradangan. Dalam istilah orang arab, madu dikenal dengan “al hafidz al amin”, karena bisa menyembuhkan luka bakar.

Masuk waktu dluha, Rasulullah selalu makan tujuh butir kurma ajwa`/matang. Sabda beliau, barang siapa yang makan tujuh butir korma, maka akan terlindungi dari racun. Dan ini terbukti ketika seorang wanita yahudi menaruh racun dalam makanan Rasulullah dalam sebuah percobaan pembunuhan di perang khaibar, racun yang tertelan oleh beliau kemudian bisa dinetralisir oleh zat-zat yang terkandung dalam kurma. Bisyir ibnu al Barra`, salah seorang sahabat yang ikut makan racun tersebut, akhirnya meninggal. Tetapi Rasulullah selamat. Apa rahasianya? Tujuh butir kurma!

Dalam sebuah penelitian di Mesir, penyakit kanker ternyata tidak menyebar ke daerah-daerah yang penduduknya banyak mengkonsumsi kurma. Belakangan terbukti bahwa kurma memiliki zat-zat yang bisa mematikan sel-sel kanker. Maka tidak perlu heran kalau Allah menyuruh Maryam ra, untuk makan kurma disaat kehamilannya. Sebab memang itu bagus untuk kesehatan janin.

Dahulu, Rasulullah selalu berbuka puasa dengan segelas susu dan korma, kemudian sholat maghrib. Kedua jenis makanan itu kaya dengan glukosa, sehingga langsung menggantikan zat-zat gula yang kering setelah seharian berpuasa. Glukosa itu suadah cukup mengenyangkan, sehingga setelah sholat maghrib, tidak akan berlebihan apabila bermaksud untuk makan lagi.

Menjelang sore hari, menu Rasulullah selanjutnya adalah cuka dan minyak zaitun. Tentu saja bukan cuma cuka dan minyak zaitunnya saja, tetapi di konsumsi dengan makanan pokok, seperti roti misalnya. Manfaatnya banyak sekali, diantaranya mencegah lemah tulang dan kepikunan di hari tua, melancarkan sembelit, menghancurkan kolesterol dan memperlancar pencernaan. Ia juga berfungsi untuk menncegah kanker dan menjaga suhu tubuh di musim dingin.

Ada kisah menarik sehubungan dengan buah tin dan zaitun, yang Allah bersumpah dengan keduanya. Dalam alquran, kata “at tin” hanya ada satu kali, sedangkan kata “az zaytun” di ulang sampai tujuh kali. Seorang ahli kemudian melakukan penelitian, yang kesimpulannya, jika zat-zat yang terkandung dalam tin dan zaitun berkumpul dalam tubuh manusia dengan perbandingan 1:7, maka akan menghasilkan ”ahsni taqwim”, atau tubuh yang sempurna, sebagaimana tercantum dalam surat at tin. Subhanallah! Syaikh Ahmad Yasin adalah salah seorang yang rutin mengkonsumsi jenis makanan ini, sehingga wajarlah beliau tetap sehat, kuat dan begitu menggentarkan para yahudi, meskipun lumpuh sejak kecil. Kalau saja beliau tidak lumpuh, barangkali sudah habis para yahudi Israel itu.

Bayu Umbara

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 195
  • -Receive: 121
  • Posts: 1.214
  • Reputation: 197
  • Datuk Bagindo Rajo
    • http://silekminangpandekacupak.blogspot.com/
  • Perguruan: Sasaran Silek Harimau Cupak
Re: Tips Meningkatkan Stamina
« Reply #11 on: 04/01/2011 15:46 »
Di malam hari, menu utama Rasulullah adalah sayur-sayuran. Beberapa riwayat mengatakan, belaiau selalu mengkonsumsi sana al makki dan sanut. Anda kenal nama tersebut? Di mesir, kata Dr. Musthofa, keduanya mirip dengan sabbath dan ba`dunis. Masih tidak kenal juga? Dr. Musthofa kemudian menjelaskan, secara umum sayur-sayuran memiliki kandungan zat dan fungsi yang sama, yaitu memperkuat daya tahan tubuh dan melindunginya dari serangan penyakit. Jadi, asalkan namanya sayuran, sepanjang itu halal, Insya Allah bergizi tinggi. Maka, para penggemar kangkung dan bayam tidak usah panik. Para pedagang tauge juga tidak perlu pindah haluan. OK?

Disamping menu wajib di atas, ada beberapa jenis makanan yang disukai Rasulullah tetapi beliau tidak rutin mengkonsumsinya. Diantaranya tsarid, yaitu campuran antara roti dan daging dengan kuah air masak. Jadi ya kira-kira seperti bubur ayam begitulah. Kemudian beliau juga senang makan buah yaqthin atau labu manis, yang terbukti bisa mencegah penyakit gula. Kemudian beliau juga senang makan anggur dan hilbah.

Sekarang masuk pada tata cara mengkonsumsinya. Ini tidak kalah pentingnya dengan pemilihan menu. Sebab setinggi apapun gizinya, kalau pola konsumsinya tidak teratur, akan buruk juga akibatnya. Yang paling penting adalah menghindari isrof, atau berlebihan. Kata Rasulullah, “cukuplah bagi manusia itu beberapa suap makanan, kalaupun harus makan, maka sepertiga untuk makanannya, sepertiga untuk air minumnya dan sepertiga lagi untuk nafasnya” (al hadis). Ketika seseorang terlalu banyak makanannya, maka lambungnya akan penuh dan pernafasannya tidak bagus, sehingga zat-zat yang terkandung dalam makanan tersebut menjadi tidak berfungsi dengan baik. Imbasnya, kondisi fisik menjadi tidak prima, dan aktifitaspun tidak akan maksimal. Dr. Musthofa menekankan bahwa assyab`u ,yang berarti kenyang itu bukan al imtila` , atau memenuhi. Tetapi kenyang adalah tercukupinya tubuh oleh zat-zat yang dibutuhkannya, sesuai dengan proporsi dan ukurannya. Jadi ini penting; jangan kekenyangan!

Kemudian Rasulullah juga melarang untuk idkhol at thoam alatthoam, alias makan lagi sesudah kenyang. Suatu hari, di masa setelah wafatnya rasulullah, para sahabat mengunjungi Aisyah ra. Waktu itu daulah islamiyah sudah sedemikian luas dan makmur. Lalu, sambil menunggu Aisyah ra, para sahabat, yang sudah menjadi orang-orang kaya, saling bercerita tentang menu makanan mereka yang meningkat dan bermacam-macam. Aisyah ra, yang mendengar hal itu tiba-tiba menangis. “apa yang membuatmu menangis, wahai bunda?” tanya para sahabat. Aisyah ra lalu menjawab, “dahulu Rasulullah tidak pernah mengenyangkan perutnya dengan dua jenis makanan. Ketika sudah kenyang dengan roti, beliau tidak akan makan kurma, dan ketika sudah kenyang dengan kurma, beliau tidak akan makan roti”. Dan penelitian membuktikan bahwa berkumpulnya berjenis-jenis makanan dalam perut telah melahirkan bermacam-macam penyakit. Maka sebaiknya jangan gampang tergoda untuk makan lagi, kalau sudah yakin bahwa anda sudah kenyang.

Yang selanjutnya , rasulullah tidak makan dua jenis makanan panas atau dua jenis makanan yang dingin secara bersamaan. Beliau juga tidak makan ikan dan daging dalam satu waktu dan juga tidak langsung tidur setelah makan malam, karena tidak baik bagi jantung. Beliau juga meminimalisir dalam mengkonsumsi daging, sebab terlalu banyak daging akan berakibat buruk pada persendian dan ginjal. Pesan Umar ra ” Jangan kau jadikan perutmu sebagai kuburan bagi hewan-hewan ternak!”. Ayam, kambing, lembu, kerbau semuanya masuk.

Jadi begitu, saudara-saudara. Ini barangkali baru sedikit. Masih banyak pola hidup sehat ala Rasulullah yang bisa kita pelajari. Kali ini, Dr. Musthofa memang khusus membahas menu makan dan cara mengkonsumsinya. Dari sini kita bisa tahu bahwa ternyata Rasulullah sangat memperhatikan masalah gizi dan menu makanan. Dan di tengah mengaburnya semangat untuk mengikuti sunnah rasul, ini bisa menjadi spirit untuk memulai menghidupkannya kembali. Apalagi menu-menu tersebut terbukti bisa dipertanggungjawabkan secara kesehatan. Nah, masih kurang ilmiah?

 

Powered by EzPortal