+-

Video Silat


Tayangan Pencak Silat di TV Perancis
Copy tayang Pendekar eps 28, GOLOK SELIWA #1
Silat Tradisional di Pencak Silat Word Championshi
Cingkrik Rawabelong Depok di FIB UI
Acara Kramasan PS Bandrong Karang Tunggal - Anak #
Margaluyu Pusat - Performance perguruan di acara u
Pukulan Patikaman Silat Kuntau Pahampangan Kandang
Tarung Bebas PZH
Beksi dalam Film Darah Muda

Shoutbox

20/10/2014 15:28 kunderemp: Ya.. om Taufan.. Tanggal 11 lalu saya masih di tengah hutan di Bakan.
04/10/2014 09:20 Taufan: Selamat hari raya Idul Adha 1435 H...
04/10/2014 08:12 Taufan: Kopdar Sahabat Silat 11 Oktober 2014... datang ya :-)
02/10/2014 20:30 Taufan: Temu kangen di FB :p
13/08/2014 03:06 Ekka_Xakra: Salam kenal para sahabat silat semua.
12/08/2014 17:56 Dwi_NGJ: Salam kenal para ksatria. Mohon ijin bergabung... :)
12/07/2014 16:49 one: Pada kemane nih buka puasanya ye?
View Shout History

Recent Topics

PELURUSAN SEJARAH:PITUNG TERNYATA BUKAN ORANG ASLI RAWA BELONG by didit4ditia
27/11/2014 09:25

aliran silat seIndonesia by si wiwid
25/11/2014 22:13

Hoby Miara Jin by si wiwid
25/11/2014 22:11

BONGKOT, Maen Pukulan Betawi Timur by si wiwid
25/11/2014 22:06

[BUKUTAMU] by si wiwid
25/11/2014 21:36

Sejarah Xinyi Liuhe Quan Bag 2 by ifung
23/10/2014 18:28

(Ask) Timbangan di Jakarta by Fanani
20/10/2014 22:41

Serial Xinyi Liuhe Quan I by ifung
16/10/2014 20:02

Selayang Pandang Lu Style Xinyi Liuhe Quan by ifung
16/10/2014 20:00

One Day Workshop Seni Maen Pukulan Sabeni Tenabang by luri
16/10/2014 09:29

silat timbangan by ifung
14/10/2014 15:51

maenpo Cikalong by aki sija
07/10/2014 05:13

Parkour by Taufan
02/10/2014 21:28

SILAT BERDO'A SELAMAT by Taufan
02/10/2014 21:17

contack person guru silat suaeb yg di padepokan pencaksilat TMII by rohadi
17/08/2014 05:58

SilatIndonesia.Com

Author Topic: Tips Panjang Umur, awet muda, sehat sejahtera  (Read 10596 times)

Bayu Umbara

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 195
  • -Receive: 121
  • Posts: 1.214
  • Reputation: 197
  • Datuk Bagindo Rajo
    • http://silekminangpandekacupak.blogspot.com/
  • Perguruan: Sasaran Silek Harimau Cupak
Berikut ini adalah tips – tips agar panjang umur, awet muda, sehat sejahtera :
1.Perhatikan Simptom-simptom bahaya, Pengobatan yang dilakukan dengan cepat akan memberi hasil yang terbaik,   segeralah periksakan diri anda jika anda merasakan ada yang aneh pada diri anda
2.Perangi radikal bebas, Dengan mengkonsumsi antioksidan yang paling ampuh yaitu vitamin E dan vitamin C. Vitamin E dapat merusak radikal bebas yg terjadi pada molekul-molekul yang mengandung lemak.
3.Berhenti merokok dan minum alkohol, mengurangi pemakaian obat penenang dan tidur terlentang.
4.Jangan abaikan perut, Jika mengalami pola buang air besar yang beda dari biasanya, pendarahan dari anus, berat badan turun dan sakit perut segera periksakan ke dokter.
5.Turunkan kadar kolesterol, Salah satu penyebab penyakit jantung adalah kadar kolesterol tinggi, oleh karena itu kurangi konsumsi lemak-lemak jenuh, pertahankan berat badan sehat dan olahraga teratur.
6.Coba Akupunktur, Terapi ini dapat mengatasi sakit punggung, resah dan stress, tekanan darah tinggi dan gangguan perut.
7.Minum banyak air putih, Minum banyak air putih daripada air berwarna akan membuat anda merasa sehat. Minimalnya 8 -10 sehari.
8.Berteman, Kita semua bisa mendapatkan khasiat kesehatan dari persahabatan
9.Menikah, Pernikahan dalam hubungan yang sehat dapat membuat sehat di sejumlah bidang
10.Kendalikan intake kopi, Studi baru menunjukan, peminum kopi beresiko lebih kecil mengembangkan diabetes tipe 2
11.Perbanyak makan ikan berminyak, Ikan berminyak seperti salmon, tuna dan mackerel dapat mengurangi resiko penyakit jantung. Asam lemak di dalam ikan membantu mengatur aktivitas elektrik di dalam sel-sel jantung.
12.Kurangi konsumsi daging merah, Mengkonsumsi daging merah dalam jumlah besar dapat mengembangkan kanker tertentu
13.Kendalikan kemarahan, Orang yang mempunyai tingkat marah tinggi berkemungkinan menderita serangan jantung atau kematian mendadak akibat gangguan jantung.

14. Perbanyak mengkomsumsi bawang putih,kalau bisa yang masih mentah, dalam bawang putih banyak sekali terdapat kandungan zat – zat yang bermanfaat untuk menangkal radikal bebas.
15. Berkebun, Olahraga fisik teratur dapat mengurangi resiko penyakit jantung, kematian dini, srtoke, depresi, kanker kolon, diabetes dan tekanan darah tinggi
Tapi masalah kematian dini itu sebenernya terserah pada kuasa Tuhan. Beberapa hal-hal diatas sekedar buat pengetahuan, kalau ada tambahan saya akan lebih senang.

Bayu Umbara

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 195
  • -Receive: 121
  • Posts: 1.214
  • Reputation: 197
  • Datuk Bagindo Rajo
    • http://silekminangpandekacupak.blogspot.com/
  • Perguruan: Sasaran Silek Harimau Cupak
Re: Tips Panjang Umur, awet muda, sehat sejahtera
« Reply #1 on: 01/12/2010 12:33 »
Berbahagialah bila wajah Anda dinilai lebih muda dari usia sebenarnya. Selain terlihat lebih segar, orang yang bertampang lebih muda konon juga panjang umur.
Hal tersebut dibuktikan lewat penelitian yang dilakukan oleh para ahli dari University of Southern Denmark yang melakukan analisis foto dan data dari 1.826 orang yang bersaudara kembar berusia 70 tahun atau lebih. Para responden juga diminta melakukan tes fisik dan kognitif.
Pengamatan foto para responden dilakukan oleh 20 perawat orang usia lanjut berusia 25-46 tahun, 10 orang guru berusia 22-37, dan 11 perempuan usia 70-78 tahun. Para penilai ini diminta menilai usia berdasarkan foto-foto para subyek. Mereka tidak diberitahu bila subyek itu adalah kembar.
Tujuh tahun setelah penelitian ini, para peneliti melakukan pengumpulan data mengenai jumlah para responden yang sudah meninggal dan masih hidup. Yang menarik, responden yang saat penelitian dinilai berusia lebih muda dari usia sebenarnya ternyata memiliki usia yang lebih panjang dibanding saudara kembarnya.
Para peneliti menyimpulkan bahwa wajah yang awet muda berkaitan dengan panjang pendeknya telomer atau kromosom yang ada dalam DNA. Makin pendek telomer, makin cepat penuaan terjadi. Telomer yang pendek di antaranya dapat terjadi karena hidup yang penuh stres atau gaya hidup yang buruk.

Bayu Umbara

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 195
  • -Receive: 121
  • Posts: 1.214
  • Reputation: 197
  • Datuk Bagindo Rajo
    • http://silekminangpandekacupak.blogspot.com/
  • Perguruan: Sasaran Silek Harimau Cupak
Re: Tips Panjang Umur, awet muda, sehat sejahtera
« Reply #2 on: 01/12/2010 12:41 »
Anda tahu rahasia dari hidup yang lebih sehat dan panjang umur? Jelas-jelas itu bukan botox. Ada satu cara yang lebih mudah dan murah daripada itu, yaitu berpuasa!

Hal ini menarik untuk diperhatikan, karena berpuasa selama ini lebih dilihat sebagai suatu ritual keagamaan, tetapi penelitian ilmiah juga memberikan jaminan keuntungan dari puasa. Mengurangi tubuh Anda dari asupan makanan akan bisa membantu tubuh.

Dr. Ray Walford, peneliti terkenal dari UCLA mengatakan,"Mengurangi makan sejauh ini adalah satu-satunya metode yang kami ketahui secara konstan memperlambat proses penuaan."

Suatu ungkapan kuno dari Yunani mengatakan, "Daripada menggunakan obat-obatan, berpuasalah". Dalam ajaran agama Kristen, Yesus mengatakan untuk berpuasa selama 40 hari dalam suatu meditasi. Sedang pada umat muslim di seluruh dunia selalu berpuasa selama 30 hari setiap tahunnya selama bulan suci Ramadhan.

Kita selalu dinasehati ketika sakit, yang terbaik haruslah tetap makan agar bisa menjaga tenaga kita. Sebenarnya, kenyataannya bukan itu. Jika seorang yang sakit benar-benar berpuasa, tenaga yang lebih banyak akan tersedia untuk membantu untuk memerangi penyakit karena tubuh dibebastugaskan dari tugas mencerna makanan.

Energi yang dibutuhkan untuk mencernakan makanan sangatlah besar. Selalu ada nasehat agar tidak berenang setelah makan atau kalau tidak dituruti kita akan kram di dalam air. Contoh lain yaitu dalam festival seperti Thanksgiving ketika orang-orang makan seperti tidak ada hari esok. Setelah makan sebanyak itu, akan terasa bertenaga atau lelah? Contoh yang mudah yaitu ketika makan besar sebelum tidur, ketika bangun akan terasa sangat lelah. Alasannya semua di sini sangat mudah, mencerna makanan membutuhkan energi yang sangat besar.

Ketika Anda berpuasa, semua energi yang ada akan difokuskan untuk mengeliminasi racun yang ada dalam badan. Sayangnya hanya binatang dan bayi yang tetap punya insting alami ini ketika sakit dan menolak untuk makan.

Penelitian pada keuntungan berpuasa

Dr. Ray Walford, peneliti terkenal dari UCLA mengatakan,"Mengurangi makan sejauh ini adalah satu-satunya metode yang kami ketahui secara konstan memperlambat proses penuaan dan memperpanjang jangka waktu maksimum hidup dari hewan berdarah panas. Penelitian ini tidak diragukan lagi juga dapat dipakai untuk manusia karena berlaku untuk setiap spesies yang selama ini diteliti."

Penelitian itu juga menyimpulkan kalau membatasi masuknya makanan dalam tubuh akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan memperlambat kemunduran fisiologis tubuh.

Berpuasa pada intinya adalah suatu metode untuk memberi suatu hari libur pada sistem pencernaan sehingga proses pemulihan dapat dijalankan.

Ahli kesehatan menyarankan berpuasa sehari dalam satu bulan, bahkan untuk orang yang sehat. Bagi kaum muslim dianjurkan untuk berpuasa dua kali dalam seminggu sebagai tambahan dari puasa wajib selama 30 hari dalam setiap tahunnya.

Penelitian demi penelitian telah menunjukkan cara terpasti untuk memperpanjang umur adalah dengan mengurangi jumlah makanan yang dimakan.

Sebagai contoh sebuah penelitian di Universitas Cornell oleh Dr. Clive McCay. Dia memakai tikus sebagai objek penelitian. Dengan mengurangi separuh jumlah makanannya, telah berhasil menduakalikan masa hidupnya. Penelitian lain di Universitas Texas yang melibatkan 3 grup tikus, juga menghasilkan catatan menarik. Grup pertama, makan sebanyak yang mereka mau. Grup kedua, jatah makannya dikurangi sampai lebih dari separuh. Grup ketiga, bisa makan semaunya tetapi asupan proteinnya dikurangi sampai separuh. Hasil menakjubkan diperoleh. Setelah lebih dari 2 tahun, hanya 13% dari tikus pada grup pertama yang masih hidup. Pada grup kedua di mana jumlah makanan yang masuk dikurangi setengahnya, 97%-nya masih hidup. Di grup ketiga, hanya separuhnya yang masih tersisa.

Pesan di sini cukup sederhana, "Makanlah lebih sedikit, maka Anda akan hidup lebih lama." Jagalah perut Anda maka dia akan menjaga Anda. Jadi jangan ragu lagi untuk berpuasa!

Bayu Umbara

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 195
  • -Receive: 121
  • Posts: 1.214
  • Reputation: 197
  • Datuk Bagindo Rajo
    • http://silekminangpandekacupak.blogspot.com/
  • Perguruan: Sasaran Silek Harimau Cupak
Re: Tips Panjang Umur, awet muda, sehat sejahtera
« Reply #3 on: 01/12/2010 12:46 »
Ternyata ada banyak jalan menuju panjang umur. Tak hanya soal mengkonsumsi makanan dan minuman bergizi, Anda juga harus memperhatikan persahabatan yang telah dibina selama ini. Loh?

Dikutip detikhot dari Ehow, Jumat (20/6/2008) ada 13 cara menuju panjang umur. Di antaranya adalah masalah persahabatan yang harus diseleksi.

1. Minum lebih banyak air. Terbukti bahwa meminum lebih banyak air mineral akan membuat tubuh tidak dehidrasi. Juga dengan menambahkan lebih banyak air ke dalam tubuh, kulit akan terlihat lebih sehat dan muda.

2. Konsumsi lebih banyak buah beri. Buah beri seperti strawberries, blueberries, cranberries dan raspberries juga baik untuk antioksidan. Buah beri bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ini bisa membantu menghambat stroke, penuaan dan kanker serta mempertajam ingatan.

3. Turunkan kadar gula dan karbohidrat dalam makanan dan minuman Anda. Jika Anda berhasil dapatkan tambahan usia satu tahun! Cara ini juga bisa mengurangi risiko sakit mental seperti depresi dan kekhawatiran berlebih.

4. Usahakan untuk tidur siang berkualitas. Siapa bilang tidur siang hanya untuk anak kecil, orang menjadi sibuk dan lupa untuk menyeimbangkan kesegaran tubuhnya di siang hari. Lebih baik Anda mencuri waktu untuk tidur di jam istirahat. Tak perlu lama-lama, cukup 20 hingga 30 menit saja. Ini bisa membantu menyegarkan tubuh dan mengatasi stres.

5. Jangan lupa merapikan rumah. Menyapu, mencuci piring atau sekedar merapikan ruang keluarga Anda ternyata berpengaruh besar terhadap kesehatan. Bersihkan rumah selama 30 menit akan membakar 150 kalori dan menurunkan tekanan darah. Masalah tekanan darah ini juga bisa memperpanjang hidup Anda. Dan untuk pria, ini adalah cara yang baik untuk membuat hubungan rumah tangga dengan istri makin mesra.

6. Berpikir positif. Orang yang kerap berpikiran negatif biasanya mudah terserang penyakit jantung, stroke dan lainnya. Kadang ada pentingnya Anda tak terlalu membebankan semua masalah di pundak sendiri dan bagaimana caranya Anda bisa berbagi dengan orang lain.

7. Belajar tertawa. Tertawa bisa membantu Anda merasa lebih baik dalam menjalani hidup.

8. Dilarang menelepon sambil menyetir. Terbukti, berbicara dengan ponsel sambil menyetir sering menyebabkan kecelakaan kendaraan bermotor. Jadi mengapa terus mempertahankan aktivitas yang sekiranya bisa membunuh Anda. Dengan menghilangkan hal tersebut, artinya Anda lagi-lagi menambah usia Anda.

9. Berakhir pekan romantis. Coba habiskan akhir pekan Anda untuk berlibur. Ini bisa menyegarkan otak dan tubuh. Berbag waktu romantis bersama seserang yang Anda sayangi adalah hadiah paling berharga.

10. Imbangi buah dan sayur dengan daging. Kebiasaan macam ini bisa membantu kesehatan tubuh. Makan buah dan sayuran, segera usia Anda bertambah.

11. Gerakan tubuh Anda. Jangan terlalu memanjakan tubuh. Sedikit olahraga tak ada salahnya. Misalnya jogging atau biasakan jalan menuju tempat parkir bisa berpengaruh besar. Setelah makan malam, gerakan tubuh dengan berjalan. Lakukan secara ruti

Bayu Umbara

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 195
  • -Receive: 121
  • Posts: 1.214
  • Reputation: 197
  • Datuk Bagindo Rajo
    • http://silekminangpandekacupak.blogspot.com/
  • Perguruan: Sasaran Silek Harimau Cupak
Re: Tips Panjang Umur, awet muda, sehat sejahtera
« Reply #4 on: 01/12/2010 13:18 »
22 KHASIAT BAWANG PUTIH

1. Menghambat kemerosotan otak dan sistem kekebalan

2. Membantu menghambat proses penuaan. Menghambat pertumbuhan sel kanker.

3. Dengan mengkonsumsi bawang putih, resiko terkena kanker dapat dikurangi.

4. Bawang putih yang dikonsumsi secara rutin dalam jangka waktu tertentu dapat membantu menurunkan kadar kolesterol.

5. Zat anti-kolesterol dalam bawang putih yang bernama ajoene menolong mencegah penggumpalan darah.

6. Bawang putih dapat membantu meredakan stress, kecemasan, dan depresi.

7. Dengan efek yang lebih lembut. Bawang putih mengandung vitamin A.

8. Bawang putih mengandung vitamin B.

9. Bawang putih mengandung vitamin C.

10. Bawang putih mengandung  kalsium.

11. Bawang putih mengandung potasium

12. Bawang putih mengandung  antioksidan. Bawang putih mengandung karoten dan selenium

13.  Mengonsumsi 2-3 siung bawang putih sehari, akan menghindarkan dari kemungkinan berpenyakit jantung.

14.  Menyembuhkan tekanan darah tinggi

15.  Meringankan tukak lambung

16.  Menurunkan kolesterol dalam darah

17.  Meningkatkan insulin darah bagi penderita diabetes.

18.  Melumpuhkan radikal bebas yang mengganggu sistem kekebalan tubuh

19.  Bermanfaat sebagai penawar racun (detoxifier) yang melindungi tubuh dari berbagai macam penyakit.

20.  Membantu menambahkan nafsu makan apabila dimakan mentah

21.  Menjaga stamina tubuh

22.  Mengandung khasiat antimikroba, antitrombotik, hipolipidemik, antiarthritis, hipoglikemik, dan juga memiliki antivitas sebagai antitumor.

 

Namun seberapapun khasiatnya sebuah obat, jika tidak dimbangi dengan pola hidup sehat semua itu sia-sia

Bayu Umbara

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 195
  • -Receive: 121
  • Posts: 1.214
  • Reputation: 197
  • Datuk Bagindo Rajo
    • http://silekminangpandekacupak.blogspot.com/
  • Perguruan: Sasaran Silek Harimau Cupak
Re: Tips Panjang Umur, awet muda, sehat sejahtera
« Reply #5 on: 01/12/2010 13:23 »
20 Khasiat Madu Plus Kayu Manis (I)

Rahasia khasiat madu hingga kini masih menjadi misteri. Bukan hanya orang Timur, masyarakat Barat pun memanfaatkannya untuk penyembuhan. Mau coba resep mereka?

Campuran madu dan kayu manis dipercaya bisa mengobati berbagai penyakit. Madu memang dihasilkan oleh hampir semua negara di dunia. Ayurverdic (penyembuh dengan metode ayurveda) dan pengobatan Yunani telah menggunakan madu sebagai obat selama berabad-abad.

Para ilmuwan saat ini juga mengakui madu sebagai obat yang sangat efektif untuk semua jenis penyakit, meskipun mereka masih menyimpan tanda tanya tentang apa yang sesungguhnya menjadi kekuatan utama madu.

Yang jelas, madu dapat digunakan sebagai obat tanpa menimbulkan efek samping. Menurut para ilmuwan moderen, meskipun rasanya manis, madu aman untuk penderita diabetes bila diberikan dalam dosis yang tepat.

Berikut ini daftar sejumlah penyakit yang dapat diatasi dengan madu dan kayu manis. Menurut Weekly World News semua itu telah diteliti oleh ilmuwan Barat.

1.    Arthritis (radang sendi). Ambil 1 bagian madu dan 2 bagian air suam-suam kuku. Tambahkan 1 sendok teh kecil bubuk kayu manis. Campur madu, air suam kuku dan bubuk kayu manis. Pijat ke bagian yang sakit secara perlahan. Rasa sakit akan berkurang dalam waktu 1 atau 2 menit. Atau penderita arthritis dapat minum 1 cangkir air panas dengan 2 sendok madu dan 1 sendok teh kecil bubuk kayu manis setiap hari, pagi dan malam. Bila diminum teratur, ramuan ini dapat mengobati penyakit arthritis kronis. Penelitian terakhir Copenhagen University menggunakan campuran 1 sendok makan madu dan _ sendok teh bubuk kayu manis yang diberikan kepada pasien sebelum sarapan. Hasilnya dalam seminggu 73 dari 200 pasien yang diobati sembuh total.  Kebanyakan pasien yang tidak dapat berjalan atau bergerak karena arthritis dapat berjalan tanpa rasa sakit.

2.    Kerontokan Rambut.  Orang yang mengalami kerontokan rambut atau kebotakan dapat memakai campuran minyak zaitun panas, 1 sendok makan madu dan 1 sendok teh bubuk kayu manis  sebelum mandi. Oleskan di kepala dan diamkan selama kira-kira 15 menit setelah itu baru dibasuh. Penelitian juga membuktikan, ramuan yang didiamkan di kepala selama 5 menit  pun tetap efektif.

3.    Infeksi Kandung Kemih. Campurkan 2 sendok makan bubuk kayu manis dan 1 sendok teh madu ke dalam segelas air suam-suam kuku. Setelah itu diminum. Ramuan ini membunuh kuman-kuman di dalam kandung kemih.

4.    Sakit Gigi.    Buat campuran 1 sendok teh bubuk kayu manis dan 5 sendok teh madu. Oleskan ramuan tersebut pada gigi yang sakit. Pemakaian ramuan ini dapat dilakukan 3 kali sehari setiap hari sampai gigi berhenti sakit.

5.    Kolesterol.  Kadar kolesterol darah dapat diturunkan dengan 2 sendok makan madu dan 3 sendok teh bubuk kayu manis yang dicampur dalam 16 ons air teh. Ramuan itu dapat mengurangi kadar kolesterol dalam darah sampai 10% dalam 2 jam. Madu murni yang diminum sehari-hari meringankan gangguan kolesterol.


6.    Pilek.  Pilek ringan dan berat dapat disembuhkan dengan 1 sendok makan madu suam-suam kuku dan _ sendok teh bubuk kayu manis setiap hari selama 3 hari. Ramuan ini dapat menyembuhkan hampir semua batuk dan pilek kronis serta membersihkan sinus.

7.    Mandul.  Pengobatan Yunani dan ayurveda telah menggunakan madu selama bertahun-tahun untuk memperkuat semen para pria. Dua sendok makan madu yang diminum secara teratur sebelum tidur, akan berefek menyuburkan. Wanita Jepang, Cina dan Asia Timur yang sulit hamil dan ingin memperkuat rahim, lazim mengkonsumsi bubuk kayu manis sejak  berabad-abad lalu. Wanita yang sulit hamil sebaiknya sesering mungkin mengoleskan madu dan sesendok teh bubuk kayu manis pada gusinya. Kayu manis akan bercampur dengan air ludah dan memasuki tubuh. Ada pasangan suami isteri dari Maryland tidak memiliki keturunan selama 14 tahun dan nyaris putus asa. Ketika mengetahui khasiat kayu manis dan madu, mereka mulai mengkonsumsi ramuan tersebut. Sang isteri mulai mengandung dan melahirkan anak kembar.

8.    Sakit Perut.  Madu yang dicampur bubuk kayu manis dapat mengobati sakit perut. Juga dapat membersihkan perut, serta menyembuhkan bisul sampai akar-akarnya.

9.    Kembung.  Penelitian yang dilakukan di India dan Jepang menyatakan bahwa madu yang diminum  bersama kayu manis dapat mengurangi gas dalam perut.

10.    Penyakit Jantung.  Oleskan mandu dan bubuk kayu manis pada roti pada waktu sarapan setiap hari. Madu dan kayu manis mengurangi kolesterol dalam pembuluh arteri, dan mengurangi risiko serangan jantung. Orang yang sudah terkena serangan jantung bila mengkonsumsi madu dan kayu manis setiap hari dapat terhindar dari serangan jantung kedua. Konsumsi madu dan kayu manis secara teratus dapat memperlancar pernafasan dan memperkuat detak jantung. Rumah jompo di Amerika dan Kanada,