+-

Video Silat


Jambore Pencak Silat, Setia Hati performance - sen
Tarung Bebas PZH
Jambore Pencak Silat, al azhar performance
jurus tunggal perguruan silat sawung galing
Apakah Pencak Silat termasuk salah satu Budaya Ind
Press Release : FP2STI dan Dompet Dhuafa menyebark
Pendekar Trans 7 : Gajah Putih #3
Pukulan Patikaman Silat Kuntau YOGYAKARTA
Cingkrik Petamburan

Shoutbox

20/10/2014 15:28 kunderemp: Ya.. om Taufan.. Tanggal 11 lalu saya masih di tengah hutan di Bakan.
04/10/2014 09:20 Taufan: Selamat hari raya Idul Adha 1435 H...
04/10/2014 08:12 Taufan: Kopdar Sahabat Silat 11 Oktober 2014... datang ya :-)
02/10/2014 20:30 Taufan: Temu kangen di FB :p
13/08/2014 03:06 Ekka_Xakra: Salam kenal para sahabat silat semua.
12/08/2014 17:56 Dwi_NGJ: Salam kenal para ksatria. Mohon ijin bergabung... :)
12/07/2014 16:49 one: Pada kemane nih buka puasanya ye?
View Shout History

Recent Topics

Sejarah Xinyi Liuhe Quan Bag 2 by ifung
Today at 18:28

aliran silat seIndonesia by Zebud
Today at 17:09

(Ask) Timbangan di Jakarta by Fanani
20/10/2014 22:41

Serial Xinyi Liuhe Quan I by ifung
16/10/2014 20:02

Selayang Pandang Lu Style Xinyi Liuhe Quan by ifung
16/10/2014 20:00

One Day Workshop Seni Maen Pukulan Sabeni Tenabang by luri
16/10/2014 09:29

silat timbangan by ifung
14/10/2014 15:51

maenpo Cikalong by aki sija
07/10/2014 05:13

Parkour by Taufan
02/10/2014 21:28

SILAT BERDO'A SELAMAT by Taufan
02/10/2014 21:17

[BUKUTAMU] by Taufan
02/10/2014 21:01

Hoby Miara Jin by gumuruh
03/09/2014 14:01

contack person guru silat suaeb yg di padepokan pencaksilat TMII by rohadi
17/08/2014 05:58

Silat Betawi di Bentera Budaya by luri
12/08/2014 11:01

PABUCI (PANCERBUMI CIKALONG/PASAR BARU CIANJUR) by aki sija
26/07/2014 06:36

SilatIndonesia.Com

Author Topic: Tips Panjang Umur, awet muda, sehat sejahtera  (Read 10069 times)

Bayu Umbara

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 195
  • -Receive: 121
  • Posts: 1.214
  • Reputation: 197
  • Datuk Bagindo Rajo
    • http://silekminangpandekacupak.blogspot.com/
  • Perguruan: Sasaran Silek Harimau Cupak
Berikut ini adalah tips – tips agar panjang umur, awet muda, sehat sejahtera :
1.Perhatikan Simptom-simptom bahaya, Pengobatan yang dilakukan dengan cepat akan memberi hasil yang terbaik,   segeralah periksakan diri anda jika anda merasakan ada yang aneh pada diri anda
2.Perangi radikal bebas, Dengan mengkonsumsi antioksidan yang paling ampuh yaitu vitamin E dan vitamin C. Vitamin E dapat merusak radikal bebas yg terjadi pada molekul-molekul yang mengandung lemak.
3.Berhenti merokok dan minum alkohol, mengurangi pemakaian obat penenang dan tidur terlentang.
4.Jangan abaikan perut, Jika mengalami pola buang air besar yang beda dari biasanya, pendarahan dari anus, berat badan turun dan sakit perut segera periksakan ke dokter.
5.Turunkan kadar kolesterol, Salah satu penyebab penyakit jantung adalah kadar kolesterol tinggi, oleh karena itu kurangi konsumsi lemak-lemak jenuh, pertahankan berat badan sehat dan olahraga teratur.
6.Coba Akupunktur, Terapi ini dapat mengatasi sakit punggung, resah dan stress, tekanan darah tinggi dan gangguan perut.
7.Minum banyak air putih, Minum banyak air putih daripada air berwarna akan membuat anda merasa sehat. Minimalnya 8 -10 sehari.
8.Berteman, Kita semua bisa mendapatkan khasiat kesehatan dari persahabatan
9.Menikah, Pernikahan dalam hubungan yang sehat dapat membuat sehat di sejumlah bidang
10.Kendalikan intake kopi, Studi baru menunjukan, peminum kopi beresiko lebih kecil mengembangkan diabetes tipe 2
11.Perbanyak makan ikan berminyak, Ikan berminyak seperti salmon, tuna dan mackerel dapat mengurangi resiko penyakit jantung. Asam lemak di dalam ikan membantu mengatur aktivitas elektrik di dalam sel-sel jantung.
12.Kurangi konsumsi daging merah, Mengkonsumsi daging merah dalam jumlah besar dapat mengembangkan kanker tertentu
13.Kendalikan kemarahan, Orang yang mempunyai tingkat marah tinggi berkemungkinan menderita serangan jantung atau kematian mendadak akibat gangguan jantung.

14. Perbanyak mengkomsumsi bawang putih,kalau bisa yang masih mentah, dalam bawang putih banyak sekali terdapat kandungan zat – zat yang bermanfaat untuk menangkal radikal bebas.
15. Berkebun, Olahraga fisik teratur dapat mengurangi resiko penyakit jantung, kematian dini, srtoke, depresi, kanker kolon, diabetes dan tekanan darah tinggi
Tapi masalah kematian dini itu sebenernya terserah pada kuasa Tuhan. Beberapa hal-hal diatas sekedar buat pengetahuan, kalau ada tambahan saya akan lebih senang.

Bayu Umbara

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 195
  • -Receive: 121
  • Posts: 1.214
  • Reputation: 197
  • Datuk Bagindo Rajo
    • http://silekminangpandekacupak.blogspot.com/
  • Perguruan: Sasaran Silek Harimau Cupak
Re: Tips Panjang Umur, awet muda, sehat sejahtera
« Reply #1 on: 01/12/2010 12:33 »
Berbahagialah bila wajah Anda dinilai lebih muda dari usia sebenarnya. Selain terlihat lebih segar, orang yang bertampang lebih muda konon juga panjang umur.
Hal tersebut dibuktikan lewat penelitian yang dilakukan oleh para ahli dari University of Southern Denmark yang melakukan analisis foto dan data dari 1.826 orang yang bersaudara kembar berusia 70 tahun atau lebih. Para responden juga diminta melakukan tes fisik dan kognitif.
Pengamatan foto para responden dilakukan oleh 20 perawat orang usia lanjut berusia 25-46 tahun, 10 orang guru berusia 22-37, dan 11 perempuan usia 70-78 tahun. Para penilai ini diminta menilai usia berdasarkan foto-foto para subyek. Mereka tidak diberitahu bila subyek itu adalah kembar.
Tujuh tahun setelah penelitian ini, para peneliti melakukan pengumpulan data mengenai jumlah para responden yang sudah meninggal dan masih hidup. Yang menarik, responden yang saat penelitian dinilai berusia lebih muda dari usia sebenarnya ternyata memiliki usia yang lebih panjang dibanding saudara kembarnya.
Para peneliti menyimpulkan bahwa wajah yang awet muda berkaitan dengan panjang pendeknya telomer atau kromosom yang ada dalam DNA. Makin pendek telomer, makin cepat penuaan terjadi. Telomer yang pendek di antaranya dapat terjadi karena hidup yang penuh stres atau gaya hidup yang buruk.

Bayu Umbara

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 195
  • -Receive: 121
  • Posts: 1.214
  • Reputation: 197
  • Datuk Bagindo Rajo
    • http://silekminangpandekacupak.blogspot.com/
  • Perguruan: Sasaran Silek Harimau Cupak
Re: Tips Panjang Umur, awet muda, sehat sejahtera
« Reply #2 on: 01/12/2010 12:41 »
Anda tahu rahasia dari hidup yang lebih sehat dan panjang umur? Jelas-jelas itu bukan botox. Ada satu cara yang lebih mudah dan murah daripada itu, yaitu berpuasa!

Hal ini menarik untuk diperhatikan, karena berpuasa selama ini lebih dilihat sebagai suatu ritual keagamaan, tetapi penelitian ilmiah juga memberikan jaminan keuntungan dari puasa. Mengurangi tubuh Anda dari asupan makanan akan bisa membantu tubuh.

Dr. Ray Walford, peneliti terkenal dari UCLA mengatakan,"Mengurangi makan sejauh ini adalah satu-satunya metode yang kami ketahui secara konstan memperlambat proses penuaan."

Suatu ungkapan kuno dari Yunani mengatakan, "Daripada menggunakan obat-obatan, berpuasalah". Dalam ajaran agama Kristen, Yesus mengatakan untuk berpuasa selama 40 hari dalam suatu meditasi. Sedang pada umat muslim di seluruh dunia selalu berpuasa selama 30 hari setiap tahunnya selama bulan suci Ramadhan.

Kita selalu dinasehati ketika sakit, yang terbaik haruslah tetap makan agar bisa menjaga tenaga kita. Sebenarnya, kenyataannya bukan itu. Jika seorang yang sakit benar-benar berpuasa, tenaga yang lebih banyak akan tersedia untuk membantu untuk memerangi penyakit karena tubuh dibebastugaskan dari tugas mencerna makanan.

Energi yang dibutuhkan untuk mencernakan makanan sangatlah besar. Selalu ada nasehat agar tidak berenang setelah makan atau kalau tidak dituruti kita akan kram di dalam air. Contoh lain yaitu dalam festival seperti Thanksgiving ketika orang-orang makan seperti tidak ada hari esok. Setelah makan sebanyak itu, akan terasa bertenaga atau lelah? Contoh yang mudah yaitu ketika makan besar sebelum tidur, ketika bangun akan terasa sangat lelah. Alasannya semua di sini sangat mudah, mencerna makanan membutuhkan energi yang sangat besar.

Ketika Anda berpuasa, semua energi yang ada akan difokuskan untuk mengeliminasi racun yang ada dalam badan. Sayangnya hanya binatang dan bayi yang tetap punya insting alami ini ketika sakit dan menolak untuk makan.

Penelitian pada keuntungan berpuasa

Dr. Ray Walford, peneliti terkenal dari UCLA mengatakan,"Mengurangi makan sejauh ini adalah satu-satunya metode yang kami ketahui secara konstan memperlambat proses penuaan dan memperpanjang jangka waktu maksimum hidup dari hewan berdarah panas. Penelitian ini tidak diragukan lagi juga dapat dipakai untuk manusia karena berlaku untuk setiap spesies yang selama ini diteliti."

Penelitian itu juga menyimpulkan kalau membatasi masuknya makanan dalam tubuh akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan memperlambat kemunduran fisiologis tubuh.

Berpuasa pada intinya adalah suatu metode untuk memberi suatu hari libur pada sistem pencernaan sehingga proses pemulihan dapat dijalankan.

Ahli kesehatan menyarankan berpuasa sehari dalam satu bulan, bahkan untuk orang yang sehat. Bagi kaum muslim dianjurkan untuk berpuasa dua kali dalam seminggu sebagai tambahan dari puasa wajib selama 30 hari dalam setiap tahunnya.

Penelitian demi penelitian telah menunjukkan cara terpasti untuk memperpanjang umur adalah dengan mengurangi jumlah makanan yang dimakan.

Sebagai contoh sebuah penelitian di Universitas Cornell oleh Dr. Clive McCay. Dia memakai tikus sebagai objek penelitian. Dengan mengurangi separuh jumlah makanannya, telah berhasil menduakalikan masa hidupnya. Penelitian lain di Universitas Texas yang melibatkan 3 grup tikus, juga menghasilkan catatan menarik. Grup pertama, makan sebanyak yang mereka mau. Grup kedua, jatah makannya dikurangi sampai lebih dari separuh. Grup ketiga, bisa makan semaunya tetapi asupan proteinnya dikurangi sampai separuh. Hasil menakjubkan diperoleh. Setelah lebih dari 2 tahun, hanya 13% dari tikus pada grup pertama yang masih hidup. Pada grup kedua di mana jumlah makanan yang masuk dikurangi setengahnya, 97%-nya masih hidup. Di grup ketiga, hanya separuhnya yang masih tersisa.

Pesan di sini cukup sederhana, "Makanlah lebih sedikit, maka Anda akan hidup lebih lama." Jagalah perut Anda maka dia akan menjaga Anda. Jadi jangan ragu lagi untuk berpuasa!

Bayu Umbara

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 195
  • -Receive: 121
  • Posts: 1.214
  • Reputation: 197
  • Datuk Bagindo Rajo
    • http://silekminangpandekacupak.blogspot.com/
  • Perguruan: Sasaran Silek Harimau Cupak
Re: Tips Panjang Umur, awet muda, sehat sejahtera
« Reply #3 on: 01/12/2010 12:46 »
Ternyata ada banyak jalan menuju panjang umur. Tak hanya soal mengkonsumsi makanan dan minuman bergizi, Anda juga harus memperhatikan persahabatan yang telah dibina selama ini. Loh?

Dikutip detikhot dari Ehow, Jumat (20/6/2008) ada 13 cara menuju panjang umur. Di antaranya adalah masalah persahabatan yang harus diseleksi.

1. Minum lebih banyak air. Terbukti bahwa meminum lebih banyak air mineral akan membuat tubuh tidak dehidrasi. Juga dengan menambahkan lebih banyak air ke dalam tubuh, kulit akan terlihat lebih sehat dan muda.

2. Konsumsi lebih banyak buah beri. Buah beri seperti strawberries, blueberries, cranberries dan raspberries juga baik untuk antioksidan. Buah beri bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ini bisa membantu menghambat stroke, penuaan dan kanker serta mempertajam ingatan.

3. Turunkan kadar gula dan karbohidrat dalam makanan dan minuman Anda. Jika Anda berhasil dapatkan tambahan usia satu tahun! Cara ini juga bisa mengurangi risiko sakit mental seperti depresi dan kekhawatiran berlebih.

4. Usahakan untuk tidur siang berkualitas. Siapa bilang tidur siang hanya untuk anak kecil, orang menjadi sibuk dan lupa untuk menyeimbangkan kesegaran tubuhnya di siang hari. Lebih baik Anda mencuri waktu untuk tidur di jam istirahat. Tak perlu lama-lama, cukup 20 hingga 30 menit saja. Ini bisa membantu menyegarkan tubuh dan mengatasi stres.

5. Jangan lupa merapikan rumah. Menyapu, mencuci piring atau sekedar merapikan ruang keluarga Anda ternyata berpengaruh besar terhadap kesehatan. Bersihkan rumah selama 30 menit akan membakar 150 kalori dan menurunkan tekanan darah. Masalah tekanan darah ini juga bisa memperpanjang hidup Anda. Dan untuk pria, ini adalah cara yang baik untuk membuat hubungan rumah tangga dengan istri makin mesra.

6. Berpikir positif. Orang yang kerap berpikiran negatif biasanya mudah terserang penyakit jantung, stroke dan lainnya. Kadang ada pentingnya Anda tak terlalu membebankan semua masalah di pundak sendiri dan bagaimana caranya Anda bisa berbagi dengan orang lain.

7. Belajar tertawa. Tertawa bisa membantu Anda merasa lebih baik dalam menjalani hidup.

8. Dilarang menelepon sambil menyetir. Terbukti, berbicara dengan ponsel sambil menyetir sering menyebabkan kecelakaan kendaraan bermotor. Jadi mengapa terus mempertahankan aktivitas yang sekiranya bisa membunuh Anda. Dengan menghilangkan hal tersebut, artinya Anda lagi-lagi menambah usia Anda.

9. Berakhir pekan romantis. Coba habiskan akhir pekan Anda untuk berlibur. Ini bisa menyegarkan otak dan tubuh. Berbag waktu romantis bersama seserang yang Anda sayangi adalah hadiah paling berharga.

10. Imbangi buah dan sayur dengan daging. Kebiasaan macam ini bisa membantu kesehatan tubuh. Makan buah dan sayuran, segera usia Anda bertambah.

11. Gerakan tubuh Anda. Jangan terlalu memanjakan tubuh. Sedikit olahraga tak ada salahnya. Misalnya jogging atau biasakan jalan menuju tempat parkir bisa berpengaruh besar. Setelah makan malam, gerakan tubuh dengan berjalan. Lakukan secara ruti

Bayu Umbara

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 195
  • -Receive: 121
  • Posts: 1.214
  • Reputation: 197
  • Datuk Bagindo Rajo
    • http://silekminangpandekacupak.blogspot.com/
  • Perguruan: Sasaran Silek Harimau Cupak
Re: Tips Panjang Umur, awet muda, sehat sejahtera
« Reply #4 on: 01/12/2010 13:18 »
22 KHASIAT BAWANG PUTIH

1. Menghambat kemerosotan otak dan sistem kekebalan

2. Membantu menghambat proses penuaan. Menghambat pertumbuhan sel kanker.

3. Dengan mengkonsumsi bawang putih, resiko terkena kanker dapat dikurangi.

4. Bawang putih yang dikonsumsi secara rutin dalam jangka waktu tertentu dapat membantu menurunkan kadar kolesterol.

5. Zat anti-kolesterol dalam bawang putih yang bernama ajoene menolong mencegah penggumpalan darah.

6. Bawang putih dapat membantu meredakan stress, kecemasan, dan depresi.

7. Dengan efek yang lebih lembut. Bawang putih mengandung vitamin A.

8. Bawang putih mengandung vitamin B.

9. Bawang putih mengandung vitamin C.

10. Bawang putih mengandung  kalsium.

11. Bawang putih mengandung potasium

12. Bawang putih mengandung  antioksidan. Bawang putih mengandung karoten dan selenium

13.  Mengonsumsi 2-3 siung bawang putih sehari, akan menghindarkan dari kemungkinan berpenyakit jantung.

14.  Menyembuhkan tekanan darah tinggi

15.  Meringankan tukak lambung

16.  Menurunkan kolesterol dalam darah

17.  Meningkatkan insulin darah bagi penderita diabetes.

18.  Melumpuhkan radikal bebas yang mengganggu sistem kekebalan tubuh

19.  Bermanfaat sebagai penawar racun (detoxifier) yang melindungi tubuh dari berbagai macam penyakit.

20.  Membantu menambahkan nafsu makan apabila dimakan mentah

21.  Menjaga stamina tubuh

22.  Mengandung khasiat antimikroba, antitrombotik, hipolipidemik, antiarthritis, hipoglikemik, dan juga memiliki antivitas sebagai antitumor.

 

Namun seberapapun khasiatnya sebuah obat, jika tidak dimbangi dengan pola hidup sehat semua itu sia-sia

Bayu Umbara

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 195
  • -Receive: 121
  • Posts: 1.214
  • Reputation: 197
  • Datuk Bagindo Rajo
    • http://silekminangpandekacupak.blogspot.com/
  • Perguruan: Sasaran Silek Harimau Cupak
Re: Tips Panjang Umur, awet muda, sehat sejahtera
« Reply #5 on: 01/12/2010 13:23 »
20 Khasiat Madu Plus Kayu Manis (I)

Rahasia khasiat madu hingga kini masih menjadi misteri. Bukan hanya orang Timur, masyarakat Barat pun memanfaatkannya untuk penyembuhan. Mau coba resep mereka?

Campuran madu dan kayu manis dipercaya bisa mengobati berbagai penyakit. Madu memang dihasilkan oleh hampir semua negara di dunia. Ayurverdic (penyembuh dengan metode ayurveda) dan pengobatan Yunani telah menggunakan madu sebagai obat selama berabad-abad.

Para ilmuwan saat ini juga mengakui madu sebagai obat yang sangat efektif untuk semua jenis penyakit, meskipun mereka masih menyimpan tanda tanya tentang apa yang sesungguhnya menjadi kekuatan utama madu.

Yang jelas, madu dapat digunakan sebagai obat tanpa menimbulkan efek samping. Menurut para ilmuwan moderen, meskipun rasanya manis, madu aman untuk penderita diabetes bila diberikan dalam dosis yang tepat.

Berikut ini daftar sejumlah penyakit yang dapat diatasi dengan madu dan kayu manis. Menurut Weekly World News semua itu telah diteliti oleh ilmuwan Barat.

1.    Arthritis (radang sendi). Ambil 1 bagian madu dan 2 bagian air suam-suam kuku. Tambahkan 1 sendok teh kecil bubuk kayu manis. Campur madu, air suam kuku dan bubuk kayu manis. Pijat ke bagian yang sakit secara perlahan. Rasa sakit akan berkurang dalam waktu 1 atau 2 menit. Atau penderita arthritis dapat minum 1 cangkir air panas dengan 2 sendok madu dan 1 sendok teh kecil bubuk kayu manis setiap hari, pagi dan malam. Bila diminum teratur, ramuan ini dapat mengobati penyakit arthritis kronis. Penelitian terakhir Copenhagen University menggunakan campuran 1 sendok makan madu dan _ sendok teh bubuk kayu manis yang diberikan kepada pasien sebelum sarapan. Hasilnya dalam seminggu 73 dari 200 pasien yang diobati sembuh total.  Kebanyakan pasien yang tidak dapat berjalan atau bergerak karena arthritis dapat berjalan tanpa rasa sakit.

2.    Kerontokan Rambut.  Orang yang mengalami kerontokan rambut atau kebotakan dapat memakai campuran minyak zaitun panas, 1 sendok makan madu dan 1 sendok teh bubuk kayu manis  sebelum mandi. Oleskan di kepala dan diamkan selama kira-kira 15 menit setelah itu baru dibasuh. Penelitian juga membuktikan, ramuan yang didiamkan di kepala selama 5 menit  pun tetap efektif.

3.    Infeksi Kandung Kemih. Campurkan 2 sendok makan bubuk kayu manis dan 1 sendok teh madu ke dalam segelas air suam-suam kuku. Setelah itu diminum. Ramuan ini membunuh kuman-kuman di dalam kandung kemih.

4.    Sakit Gigi.    Buat campuran 1 sendok teh bubuk kayu manis dan 5 sendok teh madu. Oleskan ramuan tersebut pada gigi yang sakit. Pemakaian ramuan ini dapat dilakukan 3 kali sehari setiap hari sampai gigi berhenti sakit.

5.    Kolesterol.  Kadar kolesterol darah dapat diturunkan dengan 2 sendok makan madu dan 3 sendok teh bubuk kayu manis yang dicampur dalam 16 ons air teh. Ramuan itu dapat mengurangi kadar kolesterol dalam darah sampai 10% dalam 2 jam. Madu murni yang diminum sehari-hari meringankan gangguan kolesterol.


6.    Pilek.  Pilek ringan dan berat dapat disembuhkan dengan 1 sendok makan madu suam-suam kuku dan _ sendok teh bubuk kayu manis setiap hari selama 3 hari. Ramuan ini dapat menyembuhkan hampir semua batuk dan pilek kronis serta membersihkan sinus.

7.    Mandul.  Pengobatan Yunani dan ayurveda telah menggunakan madu selama bertahun-tahun untuk memperkuat semen para pria. Dua sendok makan madu yang diminum secara teratur sebelum tidur, akan berefek menyuburkan. Wanita Jepang, Cina dan Asia Timur yang sulit hamil dan ingin memperkuat rahim, lazim mengkonsumsi bubuk kayu manis sejak  berabad-abad lalu. Wanita yang sulit hamil sebaiknya sesering mungkin mengoleskan madu dan sesendok teh bubuk kayu manis pada gusinya. Kayu manis akan bercampur dengan air ludah dan memasuki tubuh. Ada pasangan suami isteri dari Maryland tidak memiliki keturunan selama 14 tahun dan nyaris putus asa. Ketika mengetahui khasiat kayu manis dan madu, mereka mulai mengkonsumsi ramuan tersebut. Sang isteri mulai mengandung dan melahirkan anak kembar.

8.    Sakit Perut.  Madu yang dicampur bubuk kayu manis dapat mengobati sakit perut. Juga dapat membersihkan perut, serta menyembuhkan bisul sampai akar-akarnya.

9.    Kembung.  Penelitian yang dilakukan di India dan Jepang menyatakan bahwa madu yang diminum  bersama kayu manis dapat mengurangi gas dalam perut.

10.    Penyakit Jantung.  Oleskan mandu dan bubuk kayu manis pada roti pada waktu sarapan setiap hari. Madu dan kayu manis mengurangi kolesterol dalam pembuluh arteri, dan mengurangi risiko serangan jantung. Orang yang sudah terkena serangan jantung bila mengkonsumsi madu dan kayu manis setiap hari dapat terhindar dari serangan jantung kedua. Konsumsi madu dan kayu manis secara teratus dapat memperlancar pernafasan dan memperkuat detak jantung. Rumah jompo di Amerika dan Kanada, berhasil mengobati penghuninya yang memiliki gangguan pembuluh darah karena  tersumbat, dan berkurang fleksibilitasnya karena usia, dengan ramuan tersebut.
11.  Sistem Kekebalan Tubuh.  Konsumsi harian madu dan bubuk kayu manis memperkuat kekebalan tubuh dan melindungi tubuh dari serangan bakteri dan virus. Para ilmuwan menemukan bahwa madu mengandung berbagai vitamin dan zat besi dalam jumlah besar. Penggunaan madu secara teratur memperkuat sel darah putih untuk memerangi bakteri dan virus.

12.  Gangguan Pencernaan.  Bubuk kayu manis yang ditabur pada 2 sendok makan madu dapat mengurangi keasaman lambung dan membantu mencerna makanan berat. Ramuan tersebut harus diminum sebelum makan.

13.  Influenza. Ilmuwan di Spanyol telah membuktikan bahwa madu berisi kandungan alami yang membunuh kuman influensa dan menyembuhkan pasien dari flu. Maka, minumlah madu ketika akan flu.

14.    Mencegah Penuaan.  Teh yang dicampur madu dan bubuk kayu manis dan diminum tiap hari dapat mencegah penuaan. Ambil 4 sendok madu, 1 sendok bubuk kayu manis dan 3 cangkir air  kemudian rebus seperti membuat teh.  Minumlah sebanyak 1 cangkir 3 sampai 4 kali sehari. Ramuan ini membuat kulit segar dan halus serta mencegah penuaan. Harapan hidup juga bertambah.

15.  Jerawat.  Oleskan 3 sendok makan madu dan 1 sendok teh bubuk kayu manis pada wajah sebelum tidur. Basuh keesokan harinya dengan air hangat. Bila dilakukan rutin setiap hari selama 2 minggu, akan menyembuhkan jerawat sampai akar-akarnya.

16.  Infeksi Kulit. Ambil 1 bagian madu dan 1 bagian bubuk kayu manis, oleskan pada bagian kulit yang sakit.

17.  Kelebihan Berat Badan. Minum segelas air yang direbus bersama madu dan bubuk kayu manis setiap pagi 1/2 jam sebelum sarapan atau saat perut masih kosong. Bila dilakukan secara teratur dapat mengurangi berat badan, bahkan bagi orang yang sangat gemuk. Minum ramuan ini secara teratur akan mencegah lemak terakumulasi dalam tubuh, meski tetap makan makanan kalori tinggi.

18.  Kanker. Riset terakhir di Jepang dan Australia menunjukkan bahwa kanker perut dan tulang stadium lanjut dapat disembuhkan dengan madu dan kayu manis. Pasien cukup minum 1 sendok makan madu dengan 1 sendok teh bubuk kayu manis selama sebulan 3 kali sehari.

19.  Kelelahan.  Studi terakhir menunjukkan bahwa kandungan gula dalam madu lebih bermanfaat daripada merugikan bagi  tubuh. Warga usia lanjut yang mengkonsumsi madu dan bubuk kayu manis dengan ukuran sama, terbukti lebih waspada dan fleksibel. Penelitian Dr. Milton membuktikan, 1 sendok makan madu yang diminum bersama segelas air dan ditaburi bubuk kayu manis dapat meningkatkan vitalitas tubuh dalam seminggu. Ramuan tersebut diminum setiap hari setelah menggosok gigi dan jam 3 sore pada saat vitalitas tubuh menurun.

20. Bau Nafas. Satu sendok teh madu dan bubuk kayu manis yang dicampur dalam air panas dapat membuat nafas tetap segar sehari penuh. Orang Amerika Selatan biasa minum ramuan tersebut di pagi hari.

Bayu Umbara

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 195
  • -Receive: 121
  • Posts: 1.214
  • Reputation: 197
  • Datuk Bagindo Rajo
    • http://silekminangpandekacupak.blogspot.com/
  • Perguruan: Sasaran Silek Harimau Cupak
Re: Tips Panjang Umur, awet muda, sehat sejahtera
« Reply #6 on: 01/12/2010 13:25 »
Khasiat Madu Bagi Kesehatan

“Dari perut lebah itu keluar cairan dengan berbagai warna, di dalamnya terdapat kesembuhan bagi manusia.” (QS. An-Nahl: 69)

Madu adalah makanan yang mengandung aneka zat gizi seperti karbohidrat , protein , asam amino, vitamin, mineral, dekstrin , pigmen tumbuhan dan komponen Aromatik. Bahkan dari hasil penelitian ahli Gizi dan pangan ,madu mengandung karbohidrat yang paling tinggi diantara produk ternak lainnya susu, telur , daging, keju dan menterga sekitar (82,3% lebih tinggi) Setiap 100 gram madu murni bernilai 294 kalori atau perbandingan 1000 gram madu murni setara dengan 50 butir telur ayam atau 5,675 liter susu atau 1680 gram daging. Dari hasil penelitian terbaru ternyata zat-zat atau senyawa yang ada didalam madu sangat komplek yaitu mencapai 181 jenis .

Khasiat madu telah dikenal sejak jaman Mesir Kuno . Bahkan Ratu Cleopatra telah menggunakan untuk merawat kesehatan dan kecantikannya.
Selain itu juga madu dipergunakan untuk ramuan pembalseman ( embalming ) untuk mengawetkan Mummi Raja-raja Mesir Kuno.
Tradisi orang Jepang adalah meminum madu setiap malam agar bangun tidur dalam keadaan segar dan sehat.

Salah satu keunikan madu adalah karena madu mengandung zat antibiotik . Hal itu hasil penelitian Peter C Molan ( 1992 ) , peneliti dari Departement of Biological Sciences, University of Waikoto , Selandia Baru. Menurutnya Madu terbukti mengandung zat antibiotik yang aktif melawan serangan berbagai kuman patogen penyebab penyakit.

Selain itu juga peneliti dari Departement of Biochemistry , Faculty of Medicine , University of Malaya di Malaysia, Kamaruddin (1997) juga menyebutkan Bahwa di dalam madu terkandung zat anti mikrobial, yang dapat menghambat penyakit.

Beberapa penyakit infeksi oleh berbagai patogen yang dapat dicegah dan disembuhkan dengan minum madu secara teratur diantaranya : Infeksi saluran pernafasan atas (ISPA),batuk, demam, penyakit luka tukak lambung, infeksi saluran pencernaan , penyakit kulit.

Pada saat ini masyarakat lebih mengenal Madu Arab, Madu Kalimantan atau Madu Sumbawa. Padahal mutu dan kualitas madu sangat tergantung pada asal nektar bunga yang dihisap oleh lebah. Sehingga penamaan yang lazim dikenal saat ini adalah bukan hanya lagi dari asal tempat diproduksi seperti yang disebutkan diatas, tetapi dari asal nektar seperti Madu Bunga Randu ( Ceiba petandra ), Madu Bunga Kopi ( Coffea arabica ), Madu Bunga Klengkeng ( Euphoria longana sp ), Madu Bunga Rambutan ( Nephelium lappaceum ), Madu Aneka jenis bunga ( Mix Flower ), Madu Bunga Durian ( Durio sp ), Madu Bunga Kelapa ( Cocos nucifera ), dsb. Masing-masing madu dari aneka jenis tumbuhan ini memiliki aroma yang khas dan khasiat yang berbeda-beda.

Kandungan Madu :

Madu memiliki komponen kimia yang memiliki efek koligemik yakni asetilkolin. Asetilkolin berfungsi untuk melancarkan peredaran darah dan mengurangi tekanan darah. Gula yang terdapat dalam madu akan terserap langsung oleh darah sehingga menghasilkan energi secara cepat bila dibandingkan dengan gula biasa.

Selain itu Madu kaya akan kandungan antioksidan. Antioksidan fenolat dalam madu memiliki daya aktif tinggi serta bisa meningkatkan perlawanan tubuh terhadap tekanan oksidasi (oxidative stress)

Disamping kandungan gulanya yang tinggi (fruktosa 41,0 %; glukosa 35 %; sukrosa 1,9 %) madu juga mengandung komponen lain seperti tepung sari dan berbagai enzim pencernaan. Disamping itu madu juga mengandung berbagai vitamin seperti vitamin A, B1, B2, mineral seperti kalsium, natrium, kalium, magnesium, besi, juga garam iodine bahkan radium. Selain itu madu juga mengandung antibiotik dan berbagai asam organic seperti asam malat, tartarat, sitrat, laklat, dan oksalat. Karena itu madu sangat tinggi sekali khasiatnya.

Khasiat dan Manfaat Madu :

Madu dapat dikonsumsi oleh segala USIA , mulai dari Janin hingga Manula.

   1. Memperkuat janin yang lemah dalam kandungan ( rahim ).
   2. Membantu menjaga stamina dan kesehatan Ibu Hamil karena memberikan asupan gizi yang  tinggi bagi pertumbuhan janin yang sehat selama dalam kandungan
   3. Membantu perkembangan otak bayi, karena setiap harinya otak terus berkembang sampai dengan usia 5 tahun. Untuk itu ia membutuhkan gizi yang tinggi.
   4. Mengobati luka bakar. Madu memiliki spesifikasi anti proses peradangan (inflammatory activity anti)
   5. Meningkatkan nafsu makan Anak-anak ( adanya unsur vitamin B yang lengkap dalam madu), dan mempercepat pertumbuhan fisik sehingga anak tumbuh sehat , lincah dan riang serta tahan penyakit. ( H.Mohamad , 2002 ).
   6. Mengembalikan  stamina dari kelelahan dan stress.
   7. Makanan terbaik yang sangat diperlukan bagi manula yang organ pencernaannya sudah mulai berkurang fungsinya, karena madu adalah sumber energi dan gizi yang dapat diserap langsung oleh tubuh .( Kesehatan 2001 ).
   8. Bila digunakan untuk bersikat gigi bisa memutihkan dan menyehatkan gigi dan gusi, mengobati sariawan dan gangguan mulut lain.
   9. Dengan menggunakan cairan madu berkadar 90% (madu dicampur air hangat) dua hari sekali di bagian-bagian yang terinfeksi di kepala, diurut pelan-pelan selama 2-3 menit, madu dapat membunuh kutu, menghilangkan ketombe, memanjangkan rambut, memperindah dan melembutkannya serta menyembuhkan penyakit kulit kepala.
  10. Mampu menurunkan kadar glukosa darah penderita diabetes karena adanya unsur antioksidan yang menjadikan asimilasi gula lebih mudah di dalam darah sehingga kadar gula tersebut tidak terlihat tinggi. Madu nutrisi kaya vitamin B1, B5, dan C dimana para penderita diabetes sangat membutuhkan vitamin-vitamin ini. Sesendok kecil madu alami murni akan menambah cepat dan besar kandungan gula dalam darah, sehingga akan menstimulasi sel-sel pankreas untuk memproduksi insulin. Sebaiknya penderita diabetes melakukan analisis darah dahulu untuk menentukan takaran yang diperbolehkan untuknya di bawah pengawasan dokter.
  11. Mencegah terjadinya radang usus besar (colitis), maag dan tukak lambung. Madu berperan baik melindungi kolon dari luka-luka yang biasa ditimbulkan oleh asam asetat dan membantu pengobatan infeksi lambung (maag). Pada kadar 20% madu mampu melemahkan bakteri pylori penyebab tukak lambung di piring percobaan.
  12. Amat bergizi, melembutkan sistem alami tubuh, menghilangkan rasa obat yang tidak enak, membersihkan liver, memperlancar buang air kecil, cocok untuk mengobati batuk berdahak. Buah-buahan yang direndam dalam madu bisa bertahan sampai enam bulan.
  13. Madu dicampur dengan habbatus sauda’ yang sudah ditumbuk dibuat adonan setelah dicampur air panas  kemudian diminum rutin berhari-hari dapat menghancurkan batu ginjal dan batu kandung kemih, memperlancar air seni, haid dan ASI.

Masih ada pandangan yang salah atau keliru tentang kualitas madu . Ada yang menganggap bahwa madu yang baik adalah yang menimbulkan letusan ketika tutupnya di buka atau yang tidak di kerumuni semut. Justeru madu tersebut telah rusak terfermentasi oleh enzim dan mengarah kepada terjadinya gas dan alkohol itulah sebabnya semut tidak mau mendekatinya.

Madu terbaik adalah yang paling jernih, putih dan tidak tajam serta yang paling manis. Madu yang diambil dari daerah gunung dan pepohonan liar memiliki keutamaan tersendiri daripada yang diambil dari sarang biasa, dan itu tergantung pada tempat para lebah berburu makanannya.

Bayu Umbara

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 195
  • -Receive: 121
  • Posts: 1.214
  • Reputation: 197
  • Datuk Bagindo Rajo
    • http://silekminangpandekacupak.blogspot.com/
  • Perguruan: Sasaran Silek Harimau Cupak
Re: Tips Panjang Umur, awet muda, sehat sejahtera
« Reply #7 on: 01/12/2010 13:28 »
Madu adalah berkah yang diberikan Tuhan untuk semua mahkluk hidup yang ada di bumi. Seperti firman Tuhan yang terdapat di dalam Surat An Nahl , ayat 69 ( Di dalam Al Quran ), dijelaskan bahwa makanlah dari tiap - tiap buah - buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan ( bagimu ). Dari perut lebah itu keluar minuman ( madu ) yang bermacam - macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. sesungguhnya hal yang demikian itu benar - benar sebagai kebesaran Tuhan bagi orang - orang yang berusaha berpikir ada khasiat apa yang terdapat di dalam madu.

Sampai saat ini berbagai macam penelitian sedang dilakukan untuk mengungkap khasiat apa yang terdapat di dalam madu, selain selama ini madu dikenal sebagai bahan makanan. Banyak sekali majalah - majalah internasional mengekspose madu sebagai topik perbincangan utama dimana madu dikenal sebagai makanan alami yang sangat berharga dan berkhasiat bagi kesehatan.

Madu yang dihasilkan oleh lebah ternyata setelah diteliti secara ilmiah bahwa madu mengandung gula seperti glukosa, fruktosa , serta beberapa mineral seperti magnesium, kalsium, sodium, klorine, sulfur, besi dan fosfat. Disamping itu, di dalam tepung sari dan nektar madu juga mengandung vitamin B1, B2, B5 dan B3, Tembaga, Yodium, Besi, Zeng dan bahkan terdapat beberapa Hormon .

Pada saat diselenggarakan Konferensi Pertanian Dunia yang berlangsung di China pada tahun 1993, dimana madu lebah dimasukkan sebagai agenda utama pembahasan dalam kaitan adanya khasiat madu yang dapat dimanfaatkan untuk perawatan dan penyembuhan suatu penyakit. Para ilmuwan Amerika menyatakan bahwa madu, royal jelly, pollen ( tepung sari ) dan propolis ( minyak madu ) dapat dimanfaatkan untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Bahkan seorang dokter asal Romania menyatakan bahwa dengan menggunakan madu , Dia dapat menyembuhkan pasien - pasien penyakit katarak di negaranya. Ada lagi, seorang dokter dari Polandia juga menyatakan bahwa propolis ( minyak madu ) dapat digunakan untuk menyembuhkan sakit wasir ( ambeien ), perawatan kulit dan penyakit kewanitaan lainnya.

Dewasa ini , sedang digalakan peternakan lebah di negara - negara berkembang. Para ilmuwan menemukan fakta bahwa hanya dengan meminum sesendok madu saja bisa sangat berguna untuk kesehatan tubuh, karena molekul yang terdapat di madu dapat merubah fruktosa menjadi glukosa walaupun dalam konsentrat asam yang pekat. madu juga muda dicerna oleh perut yang sangat sensitif sekalipun, di samping itu madu juga menyehatkan ginjal. Kandungan Kalori di dalam madu hanya 40 % jika dibandingkan Kalori pada gula. Oleh karena itu, meskipun kita mengkosumsi madu tubuh kita tidak akan menjadi gemuk.

Dalam mengkosumsi madu , sebaiknya dicampur dengan air hangat daripada dengan air dingin . Bilamana kita mencampur madu dengan air hangat hanya perlu waktu 7 menit madu sudah dapat bercampur di dalam sirkulasi darah, lain halnya bilamana mencampur madu dengan air dingin yang memerlukan waktu sekitar 20 menit untuk bisa bercampur di dalam sistem sirkulasi darah.

Berikut ini adalah beberapa manfaat lain daripada madu, yaitu :

1. Madu bisa berfungsi sebagai energi cadangan bagi formasi pembentukan darah baru.
2. madu juga bisa membantu permasalahan orang yang sulit tidur.
3. Madu juga membantu proses pemurnian dan pemasokan makanan di dalam darah.
4. Madu membantu proses sirkulasi darah supaya lancar.
5. Madu memperlancar sirkulasi di dalam pembuluh darah kapiler.
6. Madu sangat mudah dicerna dan bermanfaat bagi kesehatan perut.
7. Madu bisa digunakan sebagai sumber zat Besi utama, selain zat besi yang biasa terdapat di dalam ASI dan susu sapi.
8. Madu jika dicampur dengan air hangat ternyata juga bisa mematikan bakteri yang ada di dalam perut

Bayu Umbara

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 195
  • -Receive: 121
  • Posts: 1.214
  • Reputation: 197
  • Datuk Bagindo Rajo
    • http://silekminangpandekacupak.blogspot.com/
  • Perguruan: Sasaran Silek Harimau Cupak
Re: Tips Panjang Umur, awet muda, sehat sejahtera
« Reply #8 on: 01/12/2010 13:32 »
Sebuah studi menemukan fakta bahwa madu berguna melawan efek penuaan, termasuk penurunan daya ingat dan kecemasan.

Penelitian yang diungkapkan oleh Lynne Chepulis dan Nicola Starkey dari Univesitas Waikato, di Hamilton, Selandia Baru, menemukan fakta bahwa pada tikus yang makanannya mengandung madu memiliki memori spasial lebih baik dan kurang cemas.

Kedua peneliti itu memberikan makanan mengandung 10% madu, 8% sukrosa, atau tidak mengandung gula selama 12 bulan.

Tikus-tikus tersebut baru berusia dua bulan pada awal studi, dan diperiksa setiap tiga bulan dengan menggunakan tes yang dirancang untuk mengukur kecemasan dan memori spasial.

Hasilnya menunjukkan bahwa tikus yang diberi makan madu menghabiskan waktu sebanyak hampir dua kali di bagian terbuka dari maze. Menurut peneliti, hal ini menunjukkan bahwa mereka kurang cemas.

Mereka juga lebih suka menghabiskan waktu di bagian baru maze berbentuk Y yang menunjukkan mereka mengetahui dari mana mereka sebelumnya, dan memiliki memori spasial yang lebih baik.

“Makanan yang diberi madu dapat bermanfaat dalam menurunkan kecemasan dan memperbaiki daya ingat selama penuaan,” kata Starkey seperti dikutip inilah.com.

Para peneliti mengemukaan bahwa madu dapat meningkatkan daya ingat disebabkan aksi antioksidan yang dapat membantu mencegah proses perusakan sel oleh radikal bebas di dalam tubuh.

Sementara itu dalam sejarah farmakologi, manfaat atau khasiat dari madu memang sudah diketahui sejak lama. Sebelum tahun Masehi, madu sangat popular sebagai jenis minuman menyegarkan dan menyehatkan.

Pada masa ini madu sudah banyak dimanfaatkan manusia sebagai minuman kesehatan, pengobatan berbagai penyakit, pengawetan mayat.

Madu juga dianggap dapat memperpanjang umur manusia karena kalau dikonsumsi dalam kadar tertentu secara rutin menghasilkan kesehatan yang baik dan tetap awet muda.

Ibnu Sina (890-1037), bapak kedokteran dunia dan pemikir muslim terkemuka merupakan tokoh kedokteran yang mengulas banyak mengenai khasiat madu dari segi kesehatan dan dunia kedokteran.

Selama hidupnya, menurut kutipan dari webMd, Ibnu Sina banyak mengkonsumsi madu sehingga awet muda dan berumur panjang.

Madu, menurut Ibnu Sina, dapat menyembuhkan berbagai penyakit dari yang ringan sampai yang berat, seperti tekanan darah tinggi dan jantung. Madu juga dapat menurunkan suhu badan serta mengatur sekresi, sehingga dapat menghilangkan penyakit demam.

Penelitian terakhir yang dikeluarkan dari Universitas Moskow, menyatakan jika madu ternyata juga mengandung logam alumunium, boron, krom, tembaga, timbal, titanium, seng, asam organik, asetilkolin, hormon, antibiotik, zat antiracun serta zat antikanker.

Zat-zat ini sangat penting untuk memperlancar proses biokimia tubuh dan proses penyembuhan aneka penyakit. Sementara kandungan enzim dalam madu dilaporkan paling tinggi jika dibandingkan dengan mahanan lainnya.

Penelitian ini juga menyebutkan madu diyakini dapat menyembuhkan tukak lambung (maag), radang usus, serta kesulitan buang air besar (sembelit). Jadi sangat baik memang untuk mengkonsumsi madu dalam keseharian kita.

mpcrb

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 20
  • -Receive: 91
  • Posts: 758
  • Reputation: 266
  • Sahabat Silat
    • My profile on Kompas cetak (you have to be Kompas member)
    • Email
  • Perguruan: Merpati Putih
Re: Tips Panjang Umur, awet muda, sehat sejahtera
« Reply #9 on: 01/12/2010 14:15 »
Kalo saya kayaknya cukup yang "pas-pasan" aja deh.

1. Istri pas-pasan (pas dapetnya cantik banget, pas kebetulan baik hati, pas keluarganya juga kaya, pas mau pula sama saya)
2. Duit pas-pasan (pas pengen beli mobil, bisa. Pas pengen beli rumah, juga bisa)
3. Anak pas-pasan (pas lahir selamet, pas sekolah cerdas, pas jadi soleh setelah belajar agama, pas ganteng/cantik pula)

Sepertinya itu sudah akan mengarah pada panjang umur, awet muda, dan sehat sejahtera. :)

 [[run2]]

salam.
Belajar memahami hidup dalam kehidupan...

Bayu Umbara

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 195
  • -Receive: 121
  • Posts: 1.214
  • Reputation: 197
  • Datuk Bagindo Rajo
    • http://silekminangpandekacupak.blogspot.com/
  • Perguruan: Sasaran Silek Harimau Cupak
Re: Tips Panjang Umur, awet muda, sehat sejahtera
« Reply #10 on: 01/12/2010 14:34 »
SALAM Mas MPCRB :)
Tambahan satu lagi mas,
Pas Meninggal Masuk Surga,amiin

maulana

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 2
  • -Receive: 3
  • Posts: 262
  • Reputation: 3
    • Email
Re: Tips Panjang Umur, awet muda, sehat sejahtera
« Reply #11 on: 01/12/2010 16:09 »
senang dengan tulisan tentang madu.
sudah 6 bulan lebih sy minum rebusan daun sukun campur madu, kesehatan meningkat pesat, linu2 tulang dan pinggang yg sudah tahunan mulai menghilang satu2.

madu nya madu hutan sumatera memang tidak bergas, dikerubungi semut, manis, bening. awalnya sy ragu ini madu bagus apa tidak, setelah membaca post bayu umbara, besar hati saya

saya pernah rebus daun delima, warnanya kuning muda, di campur madu kuning juga warnanya jadi ijo tua ijo klorofil, dicampur dengan air teh jamur dipo jadi ungu, dengan rebusan daun sukun warnanya malah jadi muda

mudah2an perubahan warna ini tidak merusak atau menjadi toksik.

bagaimana penjelasan untuk perubahan warna ini mas bayu

terima kasih
Aku Takut bukan berarti Tunduk,
Aku Takluk bukan karena Takut

Bayu Umbara

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 195
  • -Receive: 121
  • Posts: 1.214
  • Reputation: 197
  • Datuk Bagindo Rajo
    • http://silekminangpandekacupak.blogspot.com/
  • Perguruan: Sasaran Silek Harimau Cupak
Re: Tips Panjang Umur, awet muda, sehat sejahtera
« Reply #12 on: 02/12/2010 08:26 »
Salam mas maulana :)
Sepengetahuan saya seharusnya percampuran sesuatu dengan madu tidak akan merubah warna,karena madu adalah sesuatu zat atau enzim yang alami,kecuali madunya sudah terkontaminasi dengan zat besi atau telah mengalami pencampuran dengan zat2 yang lain,makanya madu tidak boleh direbus dengan air panas hanya disarankan dengan air hangat karena akan merusak zat alaminya dan kandungan manfaatnya,seperti contoh air tanah atau sumur yang berwarna kuning  untuk mengetes kadar besi yang terkandung didalamnya sehingga air tersebut bisa diminum atau tidak, adalah dengan mencampur air tersebut dengan teh,kalau air tersebut berubah warna menjadi ungu,berarti kadar besi dan zat2 berbahaya lainnya sangat tinggi sehingga air tersebut tidak boleh diminum walaupun air tersebut disaring,kecuali melalui penyulingan dengan zat kimia yang bisa menetralisir racun yang terkandung didalam air tersebut,atau barangkali ada pendapat yang lain dari sahabat silat yang lebih tepat ,mohon bantuannya,terima kasih
wassalam
 [[damai]]

Bayu Umbara

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 195
  • -Receive: 121
  • Posts: 1.214
  • Reputation: 197
  • Datuk Bagindo Rajo
    • http://silekminangpandekacupak.blogspot.com/
  • Perguruan: Sasaran Silek Harimau Cupak
Re: Tips Panjang Umur, awet muda, sehat sejahtera
« Reply #13 on: 04/01/2011 14:42 »
Tulisan ini disarikan dari milis tetangga :w [[run2]] [top]
Berapa usia orang tertua yang pernah Anda temui? 60, 70, 80 tahun?

Bagaimanakah kondisi mereka dalam usia itu?

Saya belum pernah bertemu secara langsung dengan orang yang berusia di atas 80 tahun.

Orang tertua yang saya temui berusia 77 tahun dan beliaunya sudah benar-benar (terlihat) renta. Sudah tidak ingat lagi siapa namanya sendiri apalagi nama semua anak cucunya, dan menghabiskan hari-harinya di atas kursi roda di depan TV.

Karena itu saya selalu takjub bila mendengar seseorang yang masih bisa berkarya di usia sangat senja, seorang yang usianya nyaris mendekati se-abad tetapi belum kehilangan daya pikir maupun fisiknya.

Kita memang tidak tahu kapan kita akan mati.

Tetapi seandainya kita diberi umur panjang nantinya oleh Tuhan, bagaimanakah masa tua kita nanti?

Selagi muda, mungkin ada baiknya kita belajar beberapa rahasia awet muda dan awet sehat agar berapa puluh tahunpun kita diberi hidup oleh Sang Pencipta, kita bisa pastikan hidup kita bermakna sampai akhir.
Belajar dari pakarnya

Dan bila kita ingin menguasai sesuatu dengan baik, kita harus belajar tentang sesuatu tersebut dari seseorang yang benar-benar pakar atau menguasainya, bukan?

Belajar berenang dari yang pernah jadi juara renang, belajar masak dari koki kenamaan, belajar sabar dari mereka yang memiliki kemampuan bersabar melebihi manusia kebanyakan.

Nah, untuk urusan sehat dan panjang umur ini, siapa nara-sumber yang lebih pantas kita percaya selain seorang dokter yang panjang umur, awet muda, awet sehat dan menjalani kehidupan yang sukses dan bermakna baik bagi dirinya sendiri maupun masyarakat dan negaranya, sampai usia yang mendekati satu abad?

Ya, post kali ini akan mengungkap Rahasia Panjang Umur, Awet Sehat dan Sukses dari seorang dokter aktif tertua di dunia dari Negeri Sakura, Jepang.

Bayu Umbara

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 195
  • -Receive: 121
  • Posts: 1.214
  • Reputation: 197
  • Datuk Bagindo Rajo
    • http://silekminangpandekacupak.blogspot.com/
  • Perguruan: Sasaran Silek Harimau Cupak
Re: Tips Panjang Umur, awet muda, sehat sejahtera
« Reply #14 on: 04/01/2011 14:43 »
Dr. Shigeaki Hinohara

Pada usia tepat 98 tahun bulan September ini, dokter Shigeaki Hinohara adalah salah satu dokter tertua di dunia yang masih menjalankan prakteknya. Dia juga seorang pengajar yang masih aktif. Masa kerjanya di dunia medis dan pendidikan tercatat sebagai salah satu yang terpanjang di dunia.

Sentuhan ajaib tangan dokter Hinohara ini sangat melegenda di negaranya karena pencapaian-pencapaianya yang luar biasa.

Sejak tahun 1941 dia telah mengobati para pasien di Rumah Sakit Internasional St. Luke’s Tokyo serta mengajar di Akademi Perawatan St. Luke’s.

Sesudah berakhirnya Perang Dunia II, dia mempunyai visi akan munculnya sebuah rumah sakit dan akademi perawatan berkelas dunia dari reruntuhan kota Tokyo yang kalah perang.

Berkat jiwa pioneernya serta kemampuannya menangani bisnis pula, mimpinya pun kemudian terwujud. Dokter Hinohara mampu menyulap kedua institusi St. Luke’s tersebut menjadi pusat fasilitas medis dan sekolah perawat terkemuka di negaranya.

Sampai hari ini dia masih menjadi ketua Dewan Kehormatan dari kedua instistusi terkemuka tersebut.

Sebagai orang yang selalu gemar mencoba hal baru, sampai saat ini dia telah menerbitkan paling tidak 150 buku sejak ulang tahunnya yang ke 75, salah satunya yang menjadi best seller dan terjual sebanyak 1,2 juta eksemplar, berjudul “Living Long, Living Good” atau “Hidup Lama, Hidup Bermakna“.

Sebagai pendiri organisasi “New Elderly Movement” atau “Gerakan Baru Para Lanjut Usia” dokter Hinohara memberi semangat dan inspirasi semua orang untuk menikmati hidup lama dan bahagia, sebuah upaya pencarian yang tidak ada contoh atau “role model” yang lebih tepat daripada dokter Hinohara sendiri.

Berikut adalah beberapa tips agar umur panjang kita selalu diisi dengan kesehatan, ketahanan fisik serta produktivitas. Intinya, agar kita selalu awet muda dan bisa tetap berkarya hingga usia berapa saja. Tips langsung dari dr. Hinohara.

Tips-tips dan rahasia yang hampir semuanya mengikuti Hukum-Hukum Universal Sukses.

Semua tips panjang umur dan awet muda yang menggabungkan banyak sekali tips sukses total yang telah saya ajarkan di suksestotal.com, yang membuktikan bahwa Hukum Universal Kehidupan itu benar berlaku untuk siapapun dari latar belakang apapun.

Dan mereka yang mengetahui dan menerapkan Rahasia Universal Kehidupan inilah yang bisa memanfaatkannya untuk menikmati kehidupan yang sukses dan bermakna. Tidak peduli berapapun usianya.

Untuk membaca tips-tips Rahasia Panjang Umur, Awet Muda dan Sehat, langsung dari pengalaman pribadi seorang dokter tertua di dunia yang masih aktif, tunggu post berikutnya ……

Salam sukses selalu

 

Powered by EzPortal