+-

Video Silat


perisai diri performance, Jambore pencak silat
Silek Kumango
SABENI jalan bang Jaka.1
Silat Golok Seliwa 2
Tayangan Pencak Silat di TV Perancis
HQ Hikayat Betawi Beksi Kreo Selatan #1
Video Ibing Kacapi Suling Maenpo Badewa
Jurus Bandrong - Jawa Barat
Gulat Madura, Akeket Macanan ala Cakra-V

Shoutbox

13/12/2016 10:49 Taufan: Yuk ke Festival Kampung Silat Jampang 17-18 Desember 2016!!!
20/09/2016 16:45 Dolly Maylissa: kangen diskusi disini
11/02/2016 15:58 Taufan: Alhamdulillah SS sudah ON lagi ;-)
07/01/2016 10:00 luri: wa 'alaikumussalam
04/01/2016 20:21 May Lee: Assalamu 'alaikum
30/03/2015 14:06 initial_d: Sepi amat ya bang, pada kemane nih penghuninya....
20/10/2014 15:28 kunderemp: Ya.. om Taufan.. Tanggal 11 lalu saya masih di tengah hutan di Bakan.
View Shout History

Recent Topics

Minta Do`a dan bimbingan para suhu dan sesepuh silat :D. SANDEKALA by zvprakozo
10/04/2019 18:34

PPS Betako Merpati Putih by acepilot
18/10/2018 17:03

On our book: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
13/03/2017 14:37

Siaran Radio ttg. Musik Pencak Silat di Stasiun "BR-Klassik / Musik der Welt" by Ilmu Padi
12/01/2017 16:19

Tentang buku kami: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
17/10/2016 20:27

Hoby Miara Jin by anaknaga
19/09/2016 04:50

TALKSHOW SILAT - Silat Untuk Kehidupan by luri
22/06/2016 08:11

Thi Khi I Beng by aki sija
17/08/2015 06:19

[BUKUTAMU] by devil
09/06/2015 21:51

Daftar Aliran dan Perguruan di Indonesia by devil
01/06/2015 14:01

SILAT BERDO'A SELAMAT by devil
01/06/2015 13:59

Persilatan Jurus Lima (Sabandar) by Marsudi Eko
14/05/2015 19:36

Kebugaran Merpati Putih by mpcrb
22/04/2015 16:16

PAWAI JAMBORE PENCAK 2015 by luri
20/04/2015 16:20

ALM. Kong Nur ( BEKSI Kampung Sawah) by initial_d
30/03/2015 14:02

SilatIndonesia.Com

Author Topic: Tips Panjang Umur, awet muda, sehat sejahtera  (Read 22582 times)

Bayu Umbara

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 195
  • -Receive: 121
  • Posts: 1.214
  • Reputation: 197
  • Datuk Bagindo Rajo
    • http://silekminangpandekacupak.blogspot.com/
  • Perguruan: Sasaran Silek Harimau Cupak
Re: Tips Panjang Umur, awet muda, sehat sejahtera
« Reply #15 on: 04/01/2011 14:45 »
Baik, mari kita ungkap apa rahasia dr. Hinohara yang masih aktif, fit, energik dan “cerdas” di usianya yang hampir satu abad ini di saat manusia lain yang seusia dengannya mungkin sudah tidak banyak mampu melakukan apa-apa sendiri.

Serial Rahasia Awet Muda kita mulai dengan bag.1 ini.

Agar awet muda pastikan Anda memperhatikan dan menerapkan beberapa strategi berikut:

Berbeda dari yang orang percayai selama ini, energi timbul dari perasaan yang bahagia, perasaan yang positif, bukan dari makanan yang banyak atau tidur yang cukup.

Sering bukan kita temui orang yang tidak kurang satu apa dalam perkara makanannya tapi yang hidupnya sehari-hari “lemes-lemesan” saja alias tidak punya semangat atau gairah untuk melakukan apapun.

Sebaliknya banyak orang yang kurang tidur karena pekerjaannya, tetapi tetap semangat dan penuh energi karena mereka menyukai apa yang mereka kerjakan.

Kita juga tentunya masih ingat, bahwa ketika kita kecil dan kita sedang asyik-asyiknya bermain, kita tidak merasakan lapar atau mengantuk, sehingga sering kita lupa makan atau tidur bila orang tua kita tidak mengingatkan.

(Komentar saya: Ini benar sekali. Anak-anak saya, kalau saya biarkan bermain, sampai jam 2 malampun mereka kuat dan tetap ceria. Tetapi kalau saya ajak masuk kamar, lalu saya matikan lampu, dan saya suruh mereka tidur walau masih sore sekalipun, tidak butuh waktu lebih dari 10 detik untuk mereka untuk bisa tiba-tiba pulas).

Menurut Dr. Hinohara, kita masih bisa tetap mengikuti contoh anak-anak ini hingga usia dewasa.

Selama kita bisa menikmati apa yang sedang kita lakukan, sebaiknya justru tidak membuat banyak aturan tentang jam tidur atau jam makan. Kebanyakan aturan justru hanya akan membuat badan dan pikiran kita letih.

Badan manusia telah dirancang untuk mengetahui apa yang dibutuhkannya. Kalau tiba-tiba kita menginginkan suatu makanan tertentu, maka itu berarti ada zat dalam makanan tersebut yang sedang dibutuhkan badan kita.

Begitu juga dengan tidur atau istirahat. Kalau memang badan kita membutuhkannya, maka kita pasti akan merasa sangat mengantuk dan lelah sehingga perlu tidur atau istirahat.

Intinya, kita harus belajar mendengarkan apa yang dikatakan badan kita dan berhenti memaksakan kehendak pikiran sadar kita.

Bayu Umbara

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 195
  • -Receive: 121
  • Posts: 1.214
  • Reputation: 197
  • Datuk Bagindo Rajo
    • http://silekminangpandekacupak.blogspot.com/
  • Perguruan: Sasaran Silek Harimau Cupak
Re: Tips Panjang Umur, awet muda, sehat sejahtera
« Reply #16 on: 04/01/2011 14:47 »
Semua orang yang panjang umur – tidak peduli kewarganegaraannya apa, jenis kelamin atau rasnya apa – punya satu kesamaan: mereka semua tidak kelebihan berat badan.

Berat badan yang ideal sepertinya adalah salah satu kunci untuk tetap sehat dalam umur panjang kita. Jadi Dr. Hinohara pun tidak rewel atau berlebihan dengan makanannya.

Untuk sarapan pagi dia hanya minum segelas kopi, segelas susu segar, serta segelas jus jeruk segar (asli, perasan sendiri) tanpa gula dan ditambahkan ke dalamnya satu sendok makan minyak zaitun. Minyak zaitun menurut dokter ini sangat baik untuk menjaga kesehatan arteri dan kelenturan kulit.

Untuk makan siangnya, dokter Hinohara biasanya hanya makan beberapa potong biscuit dan, lagi-lagi, segelas susu segar. Kadang bila dia terlalu sibuk, dokter Hinohara malah memilih melewatkan saja makan siangya. Karena sangat terfokus pada pekerjaannya, dia jadi sering tidak merasa lapar.

Menu makan malam dokter Hinohara biasanya terdiri dari sayuran segar (mentah atau direbus sebentar), sepotong ikan dan sedikit nasi. Lalu dua kali seminggu, ditambahkan 1 ons daging tanpa lemak dalam menu ini.

Selalu buat “rencana” atau persiapan “sebelum” melakukan sesuatu.

Dokter yang tetap aktif sampai usianya yang hampir seabad ini selalu mempersiapkan segala sesuatu sebelum sesuatu tersebut terjadi. Atau istilahnya “Plan Ahead”.

Dia tahu benar kemana tujuan dan arah yang ingin ditempuhnya. Agenda dokter ini sudah penuh sampai tahun 2014 dengan jadwal perkuliahan dan pekerjaan rutin rumah sakit. Tetapi dia juga memasukkan hal-hal yang menyenangkan dalam jadwalnya, seperti jadwal memancing atau berlayar dan dia sudah merencanakan untuk menghadiri Olimpiade Tokyo pada tahun 2016 nanti. Ini adalah mimpinya saat ini.

Pensiun itu tidak perlu. Kita tidak perlu merencanakan untuk berhenti beraktivitas. Tetapi kalau memang harus, karena sesuatu kondisi, maka sebaiknya tidak lebih cepat dari umur 65 tahun.

Mereka yang berhenti beraktifitas karena pensiun biasanya langsung terancam terkena entropy dan atrophy hidup karena sekarang mereka lebih sering berdiam diri tidak melakukan apa-apa yang menuntut pikiran dan badan mereka untuk tetap bekerja.

Orang akan lebih cepat menua bila mereka berhenti beraktifitas.

Kenapa menurut penelitian lebih banyak wanita yang berumur lebih panjang dari laki-laki? Karena sebagai seorang ibu rumah tangga, biasanya tidak ada istilah pensiun untuk seorang wanita. Katakan mereka telah berhenti bekerja kantor sekalipun, mereka tetap dituntut untuk aktif dalam pekerjaan rumah tangga sehari-hari.

Sementara bagi laki-laki, yang mayoritas adalah hanya pekerja di luar rumah untuk mencari nafkah, ada masa pensiun. Ada masa mereka berhenti bekerja, yang kemudian seperti memberitahu bawah sadar mereka untuk juga berhenti beraktifitas, baik fisik dan pikiran. Ini diperparah lagi oleh fakta bahwa laki-laki jarang bersedia terlibat aktif dalam pekerjaan rumah tangga.

(Komentar penulis: Jadi wahai para ibu rumah tangga di luar sana, jangan mengeluh dan berkecil hati, ya, kalau pekerjaan rumah yang menjadi kewajiban Anda seperti tiada habisnya, dan meski suami Anda sudah bisa pensiun, tetap saja Anda tidak bisa berhenti dari kewajiban mengurus rumah.

Tetap aktif beraktifitas justru akan menjaga kondisi Anda. Hanya, jangan lupa juga untuk tetap merawat dan memanjakan diri dengan teratur pula, ya.

Sementara untuk bapak-bapak yang sudah pensiun, coba cari kesibukan yang berarti untuk mengisi hari tua Anda. Jangan ikuti kata mBah Surip, “Bangun tidur, … tidur lagi … he..he..he….. :) )

Masih ada banyak lagi tips untuk awet muda ini, tips yang sederhana, mudah diikuti, tetapi yang kebanyakan manusia tidak pahami.

Silahkan baca di postingan selanjutnya … Rahasia Awet Muda bag.2

Salam sukses selalu,

Bayu Umbara

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 195
  • -Receive: 121
  • Posts: 1.214
  • Reputation: 197
  • Datuk Bagindo Rajo
    • http://silekminangpandekacupak.blogspot.com/
  • Perguruan: Sasaran Silek Harimau Cupak
Re: Tips Panjang Umur, awet muda, sehat sejahtera
« Reply #17 on: 04/01/2011 14:48 »
Berikut bagian kedua dari kumpulan tips rahasia awet muda dari satu dokter tertua di dunia, dr. Shigeaki Hinohara.

Agar awet muda lakukan hal-hal berikut:

Bagikan (ilmu) yang Anda punya.

Ini akan membuat Anda terhindar dari kepikunan atau atrophy otak dan pikiran sebagai akibat jarang digunakan lagi.

Dokter Hinohara memberikan kuliah, seminar, presentasi, dan sebagainya paling tidak 150 kali dalam setahun, itu artinya tiap dua hari sekali dia membagikan ilmunya kepada orang lain dalam bentuk presentasi seperti ini. Dan presentasi yang dia lakukan berbeda-beda jenis dan audiens-nya, kadang di depan 100 orang siswa sekolah dasar, kadang di depan 4500 orang pelaku bisnis atau dokter lain, kadang di depan sekumpulan ibu rumah tangga.

Panjang presentasinya tidak kurang dari 60 menit. Biasanya 1,5 jam. Dr. Hinohara selalu memilih menyampaikan presentasinya dengan berdiri, tidak pernah duduk di belakang meja, karena dia yakin dengan berdiri ini membantu dia untuk awet muda.

Agar tetap fit dan kuat, pilihlah selalu untuk naik tangga saja daripada memakai lift, dan usahakan selalu membawa barang-barang bawaan Anda sendiri.

Kadang dokter yang masih fit ini melompati dua anak tangga sekaligus untuk memastikan otot-ototnya mendapatkan latihan ekstra dan lututnya tetap fleksible.

Satu Inspirasi hidup untuk dokter ini adalah sebuah puisi dari Robert Browning yang berjudul “Abt Vogler.”

“Ayah saya dulu biasa membacakannya untuk saya,” tutur dr Hinohara. Menurutnya, isi puisi ini menginspirasi dia untuk membuat karya seni yang sangat besar, bukan coretan-coretan kecil.

Puisi ini mengajarkan kita untuk menggambar sebuah lingkaran yang begitu besarnya sehingga tidak mungkin bagi kita untuk menyelesaikannya selagi kita hidup. Ini membuat visi dan misi hidup kita menjadi sesuatu yang bisa diteruskan generasi berikutnya, sebuah “legacy” atau warisan yang besar dan penting.

Untuk saat ini, karya kita itu hanya tanpak seperti sebuah lengkungan tidak utuh, seperti sebuah lengkungan pelangi, sisanya mungkin tidak terlihat, tetapi sebenarnya ada di atas cakrawala.

Bayu Umbara

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 195
  • -Receive: 121
  • Posts: 1.214
  • Reputation: 197
  • Datuk Bagindo Rajo
    • http://silekminangpandekacupak.blogspot.com/
  • Perguruan: Sasaran Silek Harimau Cupak
Re: Tips Panjang Umur, awet muda, sehat sejahtera
« Reply #18 on: 04/01/2011 14:50 »
Rasa sakit adalah sesuatu yang misterius, dan satu cara paling mujarab untuk melupakan atau tidak merasakan rasa sakit ini adalah dengan bersenang-senang, atau bergembira, having fun.

Ini berlaku untuk rasa sakit fisik maupun batin. Bergembira adalah obat paling ampuh. Bila seorang anak kecil sakit gigi misalnya, lalu Anda ajak dia bermain sesuatu yang menyenangkan, permainan favoritnya, maka anak itu akan dengan segera bisa melupakan rasa sakit yang sedang dialaminya.

Untuk itulah menurut dokter hebat ini, rumah sakit justru harus menyediakan kebutuhan dasar semua manusia untuk merasa gembira ini. Bahkan pasien, atau justru para pasien yang sedang sakitlah yang perlu untuk merasa gembira dan bisa melakukan sesuatu yang menyenangkan untuk bisa melupaka rasa sakitnya.

Karena itu, di bawah pimpinan dr. Hinohara, Rumah Sakit St. Luke’s International menyediakan terapi musik, terapi hewan kesayangan, serta kelas-kelas seni untuk menghibur dan “menyenangkan” pasien mereka.

Ketika seorang dokter menyuruh Anda untuk melakukan tes apapun, tes darah, tes ini, tes itu, apalagi bila sampai dia menyuruh untuk menjalani operasi, maka tanyakan pada dokter tersebut apakah dia juga akan menyarankan hal yang sama kalau yang sakit itu anak atau istri/suaminya sendiri.

Bertentangan dengan yang banyak dipercaya masyarakat, dokter tidak selalu bisa menyembuhkan orang. Jadi kenapa harus menambah penderitaan dan rasa sakit dengan menjalani operasi yang mungkin tidak diperlukan.

Dokter yang masih tampak muda di usianya yang sudah senja ini lebih meyakini terapi dengan musik dan binatang kesayangan, yang dia percaya bisa membantu seseorang mencapai kondisi kesehatan lebih optimal dibanding obat dari dokter.
(Komentar: Padahal dia sendiri dokter … ;p)

Jangan gila harta dan terus berlomba mengumpulkan sebanyak mungkin harta benda atau materi.

Ingatlah, kita tidak tahu kapan waktu kita di dunia ini habis, dan semua barang yang telah Anda kumpulkan tersebut toh tidak akan bisa Anda bawa ke alam kehidupan kita berikutnya.

Rumah sakit harus didesain dan disiapkan untuk bencana besar, dan mereka harus menerima semua pasien yang datang di sana. Semua.Berapapun jumlahnya.

Karena itu, dr. Hinohara dan timnya mendesain Rumah Sakit Internasional St. Luke’s sedemikian rupa sehingga semua prosedur pertolongan medis untuk pasien bahkan yang serumit operasi sekalipun, bisa dilakukan di mana saja di dalam area rumah sakit itu. Di basemen, di koridornya, di ruang ibadahnya, pasien bisa tetap mendapatkan pertolongan medis terbaik.

Banyak orang yang berpikir dia gila karena mempersiapkan diri begitu rupa untuk sebuah musibah. Tetapi pada tgl 20 Maret 1995, terbukti bahwa persiapan tersebut ternyata benar perlu.

Saat itu anggota kelompok keagamaan sesat Aum Shinrikyu melancarkan sebuah serangan teroris di dalam kereta bawah tanah Tokyo. RSI St Luke’s mampu menampung 740 orang korban dan hanya dalam 2 jam berhasil menemukan jenis gas beracun yang menyerang mereka, yaitu gas sarin yang sangat mematikan. Sayangnya, satu pasien tidak tertolong, tetapi 739 pasien lainnya selamat.

Untuk mengetahui tips dan rahasia awet muda dari dokter Hinohara yang telah mempraktekkan dan membuktikan sendiri kemanjuran semua nasehatnya, baca di posting berikutnya … Rahasia Awet Muda bag.3.

Salam sukses selalu,

Bayu Umbara

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 195
  • -Receive: 121
  • Posts: 1.214
  • Reputation: 197
  • Datuk Bagindo Rajo
    • http://silekminangpandekacupak.blogspot.com/
  • Perguruan: Sasaran Silek Harimau Cupak
Re: Tips Panjang Umur, awet muda, sehat sejahtera
« Reply #19 on: 04/01/2011 14:51 »
Melanjutkan postingan sebelumnya, berikut bagian terakhir dari tips sukses rahasia awet muda kita yang telah dimuat dalam 4 seri.

Agar selalu awet muda berapapun usia Anda, perhatikan hal-hal berikut:

Ilmu pengetahuan medis saja tidak cukup untuk menolong orang atau menyembuhkan penyakit.

Ilmu pengetahuan mencoba memahami apa yang berlaku umum untuk semua manusia tetapi penyakit masing-masing orang itu sangat individual. Dan biasanya penyakit yang diderita fisik manusia itu sangat berhubungan erat dengan perasaan dan pikiran mereka.

Karena itu untuk mengetahui dan menyembuhkan penyakit, ilmu kedokteran saja tidak cukup, harus disertai dengan pemahaman yang baik akan kondisi kejiwaan, mental dan pikiran pasien plus dilibatkannya seni dalam proses terapinya, karena seni adalah salah satu bentuk ekspresi jiwa terdalam dan terbebas manusia.

Hidup ini penuh dengan kejadian tidak diduga, baik yang menyenangkan ataupun tidak, karena itu kita harus belajar menyikapi hidup dengan “santai”.

(Catatan penulis: Ini mengingatkan saya pada sebuah iklan di TV yang bunyinya “Enjoy aja!”).

“Pada suatu hari di bulan Maret, tgl 31, tahun 1970, ketika saya berusia 59 tahun,” cerita dr Hinohara tentang pentingnya ketenangan dalam sebuah masalah, “Saya baru saja naik sebuah pesawat dari Tokyo menuju Fukuoka. Hari itu sangat indah dan cerah dan saya ingat sedang mengagumi keindahan puncak Gunung Fuji dari angkasa ketika mendadak pesawat tersebut dibajak oleh Pasukan Tentara Merah Komunis Jepang. Saya termasuk yang menjadi sandera mereka dan ditawan di sebuah wilayah terpencil. Selama empat hari kemudian, saya menghabiskan waktu hanya duduk dengan tangan terikat di belakang punggung di dalam kamar sempit yang pengap dan suhunya mencapai 40 derajat Celcius.”

Dia melanjutkan, “Sebagai seorang dokter, saya memandang pengalaman tersebut sebagai sebuah eksperimen dan saya takjub melihat bahwa karena saya merasa tenang, badan saya pun melambatkan fungsinya secara alamiah seolah tahu sedang dalam situasi krisis. Saya tidak perlu makan, minum atau buang air sesering biasanya bila dalam kondisi normal.”

Intinya, bila kita tetap tenang meski sedang dalam kondisi krisis, kita biasanya akan bisa bertahan (survive), dan bisa melewati masa-masa kritisnya. Krisis berbentuk apapun itu.

Cari seseorang yang bisa menginspirasi dan menjadi teladan (role model) untuk Anda lalu tekatkan untuk bisa mencapai kesuksesan yang lebih besar dari pada yang telah mereka capai.

“Ayah saya pergi ke Amerika pada tahun 1900 untuk belajar di Universitas Duke di Carolina Utara. Dia merupakan seorang pioneer di negara kami dan salah satu dari pahlawan saya.

Saya juga menemukan beberapa orang lain yang bisa menjadi teladan saya, dan pada saat saya terjebak suatu masalah, saya bertanya pada diri saya sendiri, apa kira-kira yang akan dilakukan orang-orang yang saya kagumi ini bila mereka menghadapi masalah yang sama dengan saya,” tutur dr Hinohara tentang pentingnya memiliki seseorang yang bisa menjadi teladan dan sumber inspirasi kita.

Bayu Umbara

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 195
  • -Receive: 121
  • Posts: 1.214
  • Reputation: 197
  • Datuk Bagindo Rajo
    • http://silekminangpandekacupak.blogspot.com/
  • Perguruan: Sasaran Silek Harimau Cupak
Re: Tips Panjang Umur, awet muda, sehat sejahtera
« Reply #20 on: 04/01/2011 14:52 »
Panjang umur itu sangat berharga. Banyak hal penting dan bermakna yang bisa kau lakukan bila kau berumur panjang.

Sampai usia 60 tahun, biasanya orang sibuk bekerja untuk keluarga dan tujuan hidupnya sendiri.

Tetapi sesudah itu, kita harus bisa memanfaatkan umur kita dengan lebih banyak memberi sumbangan kepada masyarakat.

“Sejak saya dinyatakan secara hukum resmi pensiun di usia 65 tahun, saya telah bekerja sebagai “volunteer” atau pekerja sosial sukarela (tanpa bayaran). Hingga saat ini, saya masih bekerja sukarela ini paling sedikit 18 jam seminggu, termasuk di akhir pekan, dan saya menikmati setiap menitnya pengabdian saya pada masyarakat sekitar saya ini, ” kata Dr. Hinohara tentang kegiatan masa “pensiun”-nya.

Demikian tips-tips rahasia agar kita awet muda dalam umur panjang kita kelak. Agar hidup kita tetap bermakna sampai berapa lama pun kita diperkenankan hidup di dunia ini.

Kalau Anda cermati baik-baik, semua tips awet muda di atas sangat mirip atau bahkan memakai hukum yang sama dengan semua tips sukses yang saya ajarkan di www.suksestotal.com, karena memang definisi sukses total adalah sukses di segala hal, termasuk dalam hal bermanfaat atau tidaknya umur panjang kita.

Dan karena rahasia Universal Sukses dan Kehidupan itu berlaku terhadap siapapun dan apapun latar belakangnya.

Semoga kita selalu dikaruniai hidup yang sukses, berguna dan bermakna, berapapun usia kita. Amin.

Tulisan ini berasal dari “The Japan Times Online”, kolom “Words to Live by” atau “Inspirasi untuk Kehidupan” tulisan JUDIT KAWAGUCHI. Untuk membaca tulisan Judit Kawaguchi lainnya (dalam bahasa Inggris, tentunya) silahkan kunjungi: juditfan.blog58.fc2.com .

Salam sukses selalu,

 

Powered by EzPortal