+-

Video Silat

Shoutbox

23/12/2019 08:32 anaknaga: Tidak bisa masuk thread. dah lama tidak nengok perkembangan forum ini.
salam perguruan dan padepokan silat seluruh nusantara.
02/07/2019 18:01 Putra Petir: Akhirnya masuk jua... wkwkwk
13/12/2016 10:49 Taufan: Yuk ke Festival Kampung Silat Jampang 17-18 Desember 2016!!!
20/09/2016 16:45 Dolly Maylissa: kangen diskusi disini
11/02/2016 15:58 Taufan: Alhamdulillah SS sudah ON lagi ;-)
07/01/2016 10:00 luri: wa 'alaikumussalam
04/01/2016 20:21 May Lee: Assalamu 'alaikum
View Shout History

Recent Topics

Minta Do`a dan bimbingan para suhu dan sesepuh silat :D. SANDEKALA by zvprakozo
10/04/2019 18:34

PPS Betako Merpati Putih by acepilot
18/10/2018 17:03

On our book: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
13/03/2017 14:37

Siaran Radio ttg. Musik Pencak Silat di Stasiun "BR-Klassik / Musik der Welt" by Ilmu Padi
12/01/2017 16:19

Tentang buku kami: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
17/10/2016 20:27

Hoby Miara Jin by anaknaga
19/09/2016 04:50

TALKSHOW SILAT - Silat Untuk Kehidupan by luri
22/06/2016 08:11

Thi Khi I Beng by aki sija
17/08/2015 06:19

[BUKUTAMU] by devil
09/06/2015 21:51

Daftar Aliran dan Perguruan di Indonesia by devil
01/06/2015 14:01

SILAT BERDO'A SELAMAT by devil
01/06/2015 13:59

Persilatan Jurus Lima (Sabandar) by Marsudi Eko
14/05/2015 19:36

Kebugaran Merpati Putih by mpcrb
22/04/2015 16:16

PAWAI JAMBORE PENCAK 2015 by luri
20/04/2015 16:20

ALM. Kong Nur ( BEKSI Kampung Sawah) by initial_d
30/03/2015 14:02

SilatIndonesia.Com

Author Topic: Kritik dan Saran Tulis disini  (Read 17808 times)

tangan-awan

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 109
  • Reputation: 9
Re: Kritik dan Saran Tulis disini
« Reply #15 on: 09/06/2007 19:49 »
koq agenda acaranya terkesan terpusat?
apa sebaiknya bikin cabang2 di beberapa kota
kan masing2 kota pazti juga ada silat tradisionalnya


forum juga baru ulang tahun 1, ini aja kami udah terkaget-kaget
dengan perkembangan forum yg begitu cepat - jadi mesti menata langkah dulu deh
kalo mau nyebar ke kota lain
Lemes lebih menang dari keras.lembek lebih menang daripada koeat,antero doenia semoea taoe,tapi tida ada jang bisa djalanin  - Too Tik Ting Fatsal Ka LXXVIII Ajat 442

parewa

  • Administrator
  • Calon Pendekar
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 6
  • Posts: 601
  • Reputation: 50
Re: Kritik dan Saran Tulis disini
« Reply #16 on: 10/06/2007 07:02 »
koq agenda acaranya terkesan terpusat?
apa sebaiknya bikin cabang2 di beberapa kota
kan masing2 kota pazti juga ada silat tradisionalnya


forum juga baru ulang tahun 1, ini aja kami udah terkaget-kaget
dengan perkembangan forum yg begitu cepat - jadi mesti menata langkah dulu deh
kalo mau nyebar ke kota lain

Insya Allah, FP2STI tidak akan hanya ada di Jakarta aja krn mas luthfi26 benar, silat tradisional itu tersebar di seluruh nusantara, jadi FP2STI adalah milik semua anak negeri yg mau dg tulus ikhlas mencintai dan melestarikan silat tradisional kita [top].

Salam
« Last Edit: 11/06/2007 17:11 by parewa »

bangajad

  • Moderator
  • Anggota Tetap
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 103
  • Reputation: 13
  • bangajad
    • Email
Re: Kritik dan Saran Tulis disini
« Reply #17 on: 10/06/2007 21:05 »
Usulan pembentukan perwakilan Forum di daerah memang perlu diperhatikan. Kalau hanya mengandalkan pengurus Forum yang ada di Jakarta, proses inventarisasi dan liputan kegiatan silat tradisional di daerah lain akan terbentur dengan kendala biaya dan waktu.
Oleh karena itu, bagi semua sahabat silat di luar daerah Jakarta mohon agar memberikan kontribusi kepada Forum yang telah ada. Kedepankan rasa mencintai dan memiliki terhadap silat tradisional agar lebih maju.
Mari lestarikan silat tradisional !


Nagapasa

  • Naga Pasa - Naga Pamanah Rasa
  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 8
  • Posts: 927
  • Reputation: 48
  • Paku Jagat Ingsun
    • Nagapasa Blogs
  • Perguruan: Suliwa 5 adegan Serong
Re: Kritik dan Saran Tulis disini
« Reply #18 on: 11/06/2007 11:08 »
 :) Sebagai awal bisa saja setiap member forum, mencoba menuliskan atau mendokumentasikan aliran yang di kenal atau di kuasai dari mulai prinsip aliran, silsilah keguruan sampai teknik beladirinya seperti apa.

ini adalah awal dari upaya pelestarian silat tradisional sebagai aset budaya bangsa. setelah itu baru kita sama sama pikirkan masalah kaderisasi pembetukan perguruan dan lain sebagainya....

bagaimana ?, bisa di mulai dari diri sendiri kan ?

Usulan pembentukan perwakilan Forum di daerah memang perlu diperhatikan. Kalau hanya mengandalkan pengurus Forum yang ada di Jakarta, proses inventarisasi dan liputan kegiatan silat tradisional di daerah lain akan terbentur dengan kendala biaya dan waktu.
Oleh karena itu, bagi semua sahabat silat di luar daerah Jakarta mohon agar memberikan kontribusi kepada Forum yang telah ada. Kedepankan rasa mencintai dan memiliki terhadap silat tradisional agar lebih maju.
Mari lestarikan silat tradisional !


Susulan Liliwatan | Sulaya tina panyangka
visit my Blogs - www.nagapasa.multiply.com

Taufan

  • Moderator
  • Calon Pendekar
  • **
  • Thank You
  • -Given: 6
  • -Receive: 27
  • Posts: 506
  • Reputation: 76
    • Email
  • Perguruan: Bandarkarima
Re: Kritik dan Saran Tulis disini
« Reply #19 on: 12/06/2007 10:01 »
Assalamu 'alaikum.
Setelah membaca tread tentang PD, saya jadi ingin tahu apakah FP2ST sudah merumuskan definisi tentang silat tradisional dan yang membedakannya dengan silat modern...  :-\
Wassalam.

Nagapasa

  • Naga Pasa - Naga Pamanah Rasa
  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 8
  • Posts: 927
  • Reputation: 48
  • Paku Jagat Ingsun
    • Nagapasa Blogs
  • Perguruan: Suliwa 5 adegan Serong
Re: Kritik dan Saran Tulis disini
« Reply #20 on: 12/06/2007 11:16 »
secara informal kita sudah sepakat beberapa hal yang sangat signifikan khususnya tentang terminologi silat tradisional itu sendiri.

kalau secara formal, kita belum difinisikan termasuk aliran mana saja yang perlu di lestarikan dan masuk dalam radar pelestarian FP2STI.

kita masih menggodok definisi ini mudah mudahan forum bisa keluarkan definisinya secara formal, Untuk menggambarkan tentang apa yang di maksud silat tradisional yang masuk pada kriteria forum silat indonesia.

 ;D

Assalamu 'alaikum.
Setelah membaca tread tentang PD, saya jadi ingin tahu apakah FP2ST sudah merumuskan definisi tentang silat tradisional dan yang membedakannya dengan silat modern...  :-\
Wassalam.
Susulan Liliwatan | Sulaya tina panyangka
visit my Blogs - www.nagapasa.multiply.com

Nagapasa

  • Naga Pasa - Naga Pamanah Rasa
  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 8
  • Posts: 927
  • Reputation: 48
  • Paku Jagat Ingsun
    • Nagapasa Blogs
  • Perguruan: Suliwa 5 adegan Serong
Re: Kritik dan Saran Tulis disini
« Reply #21 on: 12/06/2007 11:44 »
Mungkin satu kesepakantan informalnya adalah: pelestarian silat tradisional adalah usaha usaha untuk melestarikan silat tradisional yang dalam kondisi terancam kepunahan karena faktor kaderisasi maupun management yang masih belum modern.

cirinya adalah : tidak merupakan aliran beladiri dan pada umumnya tidak memiliki perguruan (biasanya diajarkan secara privat dan tertutup), meski demikian memiliki silsilah keilmuan yang jelas termasuk asal muasal ilmu dan guru-guru yang mengembangkannya.

memiliki bentuk yang simple (sederhana) yang biasanya di tandai dengan sedikitnya form (jurus) yang di ajarkan (rata-rata sekitar 5-20 Jurus saja), dan pada umumnya bertujuan untuk membeladiri dan bukan untuk pertunjukan/pertandingan apalagi pertunjukan seni.

di tinjau dari waktu penciptaannya, silat tradisional biasanya merupakan ilmu turun temurun yang diajarkan dengan metoda yang sangat khas dalam kurun waktu yang cukup lama, dan jarak penemuan/penciptaan aliran silat tradisional pada umumnya sudah berumur hampir ratusan tahun.

yang mungkin bisa jadi poin kriteria juga adalah orisinalitas dari Nusantara, bukan hasil gabungan atau adaptasi dari beladiri lain selain dari nusantara...

kalau ada yang kurang mohon sahabat lain menambahkannya...
Susulan Liliwatan | Sulaya tina panyangka
visit my Blogs - www.nagapasa.multiply.com

Taufan

  • Moderator
  • Calon Pendekar
  • **
  • Thank You
  • -Given: 6
  • -Receive: 27
  • Posts: 506
  • Reputation: 76
    • Email
  • Perguruan: Bandarkarima
Re: Kritik dan Saran Tulis disini
« Reply #22 on: 15/06/2007 17:12 »
Assalamu 'alaikum.

Buat kawan2 Mod saya usul untuk posting thesisnya kang Ian Douglas Wilson tentang pencak silat di Jabar di tread English. Pembahasannya cukup komprehensif.
Mas Eko yang pernah korespondensi dgn kang Ian mungkin bisa minta ijin beliau untuk posting di forum ini, paling tidak bagian rangkumannya.

Wassalam.

trumbu

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 1
  • Posts: 158
  • Reputation: 13
    • Banten culture and torism
  • Perguruan: Bandrong
Re: Kritik dan Saran Tulis disini
« Reply #23 on: 16/06/2007 16:56 »
bung modi pada kemana neh..................???? :)p
server mail silatindonesia hang yaaa............. saya ga bisa email neh.......????
tolong dunk untuk Bulk jangan keseringan dikirimin padahal kan dah di FW di inbox
email saya ngehangggggg...........!!!! gimana dunk! :'( tolong bantuannya......

JABOT

  • Wajah Baru
  • *
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 1
  • Reputation: 0
    • Email
Re: Kritik dan Saran Tulis disini
« Reply #24 on: 16/06/2007 20:29 »
Permisi bang.....!!! mo ikutan gabung ....Aye Jabot dari cipete kebetulan demen maen pukulan aliran beksi kreo selatan salam kenal aje bang.....!!! ^:)^

takomuda

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 50
  • Reputation: 5
  • TRI CITA UTAMA
    • Email
Re: Kritik dan Saran Tulis disini
« Reply #25 on: 17/06/2007 23:06 »
Salam perkasa bang sawung.....!!!!  [top]kapan waktu kayaknye ane perlu  sowan ke ente neeh....!! maklum deh bang ane termasuk orang yang fakir ilmu jadi kudu banyak minta nasehat terutame ame orang2 nyan pengetahuannye ngelebihin......moga2 aje abang sawung mau kasih ye....Baravo ki...Salam perkasa...!!! ^:)^
Sebutan pemberani bukan untuk orang yang memenangkan satu perkelahian namun untuk orang yang mampu menghindar dari suatu  perkelahian bukan karena ketakutan namun percaya dan yakin bahwa perkelahian bukanlah jalan yang terbaik.

trumbu

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 1
  • Posts: 158
  • Reputation: 13
    • Banten culture and torism
  • Perguruan: Bandrong
Re: Kritik dan Saran Tulis disini
« Reply #26 on: 24/06/2007 19:04 »
alow bung mod aq add foto kegiatan kunjungan facalgab dan saya pada bulan januari 2007 tolong filenya di kecilin ok? di foto galeri kegiatan sahabatsilat.com.....:)p ^:)^   

boencis

  • Guest
Re: Kritik dan Saran Tulis disini
« Reply #27 on: 24/06/2007 22:44 »
alow bung mod aq add foto kegiatan kunjungan facalgab dan saya pada bulan januari 2007 tolong filenya di kecilin ok? di foto galeri kegiatan sahabatsilat.com.....:)p ^:)^   

Mas Udin yang guentenk, coba dech kirimkan ke alamat mod kami kisawung@yahoo.com

Octre di tunggu

harunhdr

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 53
  • Reputation: 26
    • Email
  • Perguruan: Kateda
Re: Kritik dan Saran Tulis disini
« Reply #28 on: 29/06/2007 03:12 »
:) Sebagai awal bisa saja setiap member forum, mencoba menuliskan atau mendokumentasikan aliran yang di kenal atau di kuasai dari mulai prinsip aliran, silsilah keguruan sampai teknik beladirinya seperti apa.

ini adalah awal dari upaya pelestarian silat tradisional sebagai aset budaya bangsa. setelah itu baru kita sama sama pikirkan masalah kaderisasi pembetukan perguruan dan lain sebagainya....

bagaimana ?, bisa di mulai dari diri sendiri kan ?

Usulan pembentukan perwakilan Forum di daerah memang perlu diperhatikan. Kalau hanya mengandalkan pengurus Forum yang ada di Jakarta, proses inventarisasi dan liputan kegiatan silat tradisional di daerah lain akan terbentur dengan kendala biaya dan waktu.
Oleh karena itu, bagi semua sahabat silat di luar daerah Jakarta mohon agar memberikan kontribusi kepada Forum yang telah ada. Kedepankan rasa mencintai dan memiliki terhadap silat tradisional agar lebih maju.
Mari lestarikan silat tradisional !



Setuju sekali dengan usulan2 sahabat di atas.
 Kalo gitu gimana dengan teman2 dari Palembang dan Sumsel umumnya ? ada yang bisa sumbang info tentang Silat kita di Palembang ? Malu juga melihat teman2 di pusat sudah meniliti Silat di tanah Jawa. Gimana sahabat2 dari Palembang ?

parewa

  • Administrator
  • Calon Pendekar
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 6
  • Posts: 601
  • Reputation: 50
Re: Kritik dan Saran Tulis disini
« Reply #29 on: 29/06/2007 11:19 »
:) Sebagai awal bisa saja setiap member forum, mencoba menuliskan atau mendokumentasikan aliran yang di kenal atau di kuasai dari mulai prinsip aliran, silsilah keguruan sampai teknik beladirinya seperti apa.

ini adalah awal dari upaya pelestarian silat tradisional sebagai aset budaya bangsa. setelah itu baru kita sama sama pikirkan masalah kaderisasi pembetukan perguruan dan lain sebagainya....

bagaimana ?, bisa di mulai dari diri sendiri kan ?

Usulan pembentukan perwakilan Forum di daerah memang perlu diperhatikan. Kalau hanya mengandalkan pengurus Forum yang ada di Jakarta, proses inventarisasi dan liputan kegiatan silat tradisional di daerah lain akan terbentur dengan kendala biaya dan waktu.
Oleh karena itu, bagi semua sahabat silat di luar daerah Jakarta mohon agar memberikan kontribusi kepada Forum yang telah ada. Kedepankan rasa mencintai dan memiliki terhadap silat tradisional agar lebih maju.
Mari lestarikan silat tradisional !



Setuju sekali dengan usulan2 sahabat di atas.
 Kalo gitu gimana dengan teman2 dari Palembang dan Sumsel umumnya ? ada yang bisa sumbang info tentang Silat kita di Palembang ? Malu juga melihat teman2 di pusat sudah meniliti Silat di tanah Jawa. Gimana sahabat2 dari Palembang ?


mas harundr, palembang terkenal dg kuntau-nya. Meskipun bukan silat, tapi krn udah ratusan tahun disana, udah jadi milik kita dong ::) ;D
boleh dong bagi2 infonya.

Salam
 

 

Powered by EzPortal