+-

Video Silat


Shoutbox

13/12/2016 10:49 Taufan: Yuk ke Festival Kampung Silat Jampang 17-18 Desember 2016!!!
20/09/2016 16:45 Dolly Maylissa: kangen diskusi disini
11/02/2016 15:58 Taufan: Alhamdulillah SS sudah ON lagi ;-)
07/01/2016 10:00 luri: wa 'alaikumussalam
04/01/2016 20:21 May Lee: Assalamu 'alaikum
30/03/2015 14:06 initial_d: Sepi amat ya bang, pada kemane nih penghuninya....
20/10/2014 15:28 kunderemp: Ya.. om Taufan.. Tanggal 11 lalu saya masih di tengah hutan di Bakan.
View Shout History

Recent Topics

PPS Betako Merpati Putih by acepilot
18/10/2018 17:03

On our book: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
13/03/2017 14:37

Siaran Radio ttg. Musik Pencak Silat di Stasiun "BR-Klassik / Musik der Welt" by Ilmu Padi
12/01/2017 16:19

Tentang buku kami: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
17/10/2016 20:27

Hoby Miara Jin by anaknaga
19/09/2016 04:50

TALKSHOW SILAT - Silat Untuk Kehidupan by luri
22/06/2016 08:11

Thi Khi I Beng by aki sija
17/08/2015 06:19

[BUKUTAMU] by devil
09/06/2015 21:51

Daftar Aliran dan Perguruan di Indonesia by devil
01/06/2015 14:01

SILAT BERDO'A SELAMAT by devil
01/06/2015 13:59

Persilatan Jurus Lima (Sabandar) by Marsudi Eko
14/05/2015 19:36

Kebugaran Merpati Putih by mpcrb
22/04/2015 16:16

PAWAI JAMBORE PENCAK 2015 by luri
20/04/2015 16:20

ALM. Kong Nur ( BEKSI Kampung Sawah) by initial_d
30/03/2015 14:02

maenpo Cikalong by aki sija
25/02/2015 22:01

SilatIndonesia.Com

Author Topic: Pernyataan 'ilmu A mempengaruhi Perguruan B'  (Read 2297 times)

kunderemp

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 58
  • -Receive: 12
  • Posts: 213
  • Reputation: 41
  • Sahabat Silat
    • Email
  • Perguruan: beberapa plus youtube-fu
Setidaknya saya pernah melihat 3 pernyataan serupa ini dari tiga keilmuan berbeda terhadap 3 perguruan yang berbeda-beda.

Yang satu tak pernah ada reaksi yang timbul tetapi yang dua memancing reaksi dari perguruan yang disebut dipengaruhi oleh keilmuan tersebut.

Jadi penasaran nih:

1. Definisi mempengaruhi itu apa sih? Seberapa persen hingga disebut 'mempengaruhi'? Mempengaruhi atau memperkaya teknik?

2. Apakah haram hukumnya mengatakan perguruan B dipengaruhi oleh keilmuan A ketika ada yang mengatakan di tempat lain bahwa pendiri perguruan B pernah belajar ilmu A?

3. sebaliknya, apakah wajib, perguruan B mengatakan bahwa keilmuan A mempengaruhi perguruannya?

santri kinasih

  • Moderator
  • Calon Pendekar
  • **
  • Thank You
  • -Given: 2
  • -Receive: 39
  • Posts: 609
  • Reputation: 119
    • Email
Re: Pernyataan 'ilmu A mempengaruhi Perguruan B'
« Reply #1 on: 26/04/2011 11:13 »
kun,

Makanya setiap perguruang biasanya punya silsilah keilmuan. Yang gak punya silsilah keilmuan mungkin aja gurunya yang nemuin tuh ilmu..jadi silsilah emang baru dimulai.

Kalau ane sih gak terlalu memasalahkan. Kalau diitung jumlah guru kita aja selama hidup, sebenarnya gak keitung...dari orang tua, guru sekolah, guru silat, teman2, senior sampai alam terbentang adalah guru kita. Mau ngakui itu guru kita atau tidak itu terserah aja. Mungkin biar bisa dibilang hebat..Kalau ada murid perguruan bilang, alirannya dia dipengaruhi guru ini atau guru itu..ya sekalian aja belajar kesana. Atau mau kayak bruce lee, jadikan wing chun kaidah dasar, tapi aplikasi dia ambil dari macarm2 ilmu beladiri sehingga jadi jeet kune do?

Tapi sopan santun orang belajar tetap harus dijaga..Datang tampak muka, pergi tampak punggung. Datang meminta, pergi bilang terima kasih dan jaga silaturrahim..

Fanani

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 4
  • Posts: 74
  • Reputation: 26
  • Sahabat Silat
Re: Pernyataan 'ilmu A mempengaruhi Perguruan B'
« Reply #2 on: 26/04/2011 11:48 »
imho
1. mempengaruhi asal kata dari pengaruh menurut http://kamusbahasaindonesia.org
pe.nga.ruh
[n] daya yg ada atau timbul dr sesuatu (orang, benda) yg ikut membentuk watak, kepercayaan, atau perbuatan seseorang: besar sekali
berapa persen hingga disebut mempengaruhi?, saya lebih mendekatkan ke masalah rasa. saya analogikan dengan minuman beralkohol apakah dengan 0.00001% alkohol akan disebut minuman ber-alkohol?
mempengaruhi atau memperkaya teknik?, sama saja :)
2. masalah halal haram atau boleh dan tidak boleh adalah tergantung pada ruang, dan aturan. Pada ruang apa boleh mengatakan dan aturan apa saja yang ada. Kalau masalah pendiri B pernah belajar ilmu A. saya contohkan kalau saya pernah belajar ilmu fisika sama bapa A walau hanya 1 jam karena menggantikan guru reguler. Apakah saya akan mengatakan bapa A pernah menjadi guru fisika saya? secara de facto terlihat bahwa saya pernah diajari oleh bapa A. Masalah benar atau tidaknya bagaimana menurut pelaku, misal saya akan bilang saya tidak pernah diajari oleh bapak A kok, karena waktu itu dia hanya baca koran saja tidak mengajari saya. Atau saya sendiri bisa berkata betul saya pernah diajari oleh bapa A.
3. masalah wajib dan tidak, tinggal balik lagi bagaimana aturannya, aturan mana yang mau dipakai. Setahu saya tidak ada aturan yang mewajibkan seseorang untuk mencantumkan saya belajar dari mana, saya belajar apa, teknik apa/siapa yang telah saya pakai. Kalau entar diwajibkan maka harus ada yang mengaturnya, siapa yang berhak bikin aturan? nanti kedepannya akan ada klaim, pukulan lurus adalah milik perguruan A dan yang mengajarkan adalah bapak C maka pukulan lurus adalah karya cipta bapak C. Kedepannya malah jadi ribet

ini hanya pendapat saya saja, maaf jika salah kata

Suprapto

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 26
  • -Receive: 86
  • Posts: 418
  • Reputation: 137
  • Sahabat Silat
    • Email
  • Perguruan: Merpati Putih
Re: Pernyataan 'ilmu A mempengaruhi Perguruan B'
« Reply #3 on: 26/04/2011 12:16 »
@ mas kunderemp.

Barangkali ada berbagai permodelan. Bisa tidak ada dampak masalah, bisa berdampak ETIKA, bahkan bisa juga berkembang berdampak HUKUM.

Diantaranya:
Si FULAN, belajar ke guru/aliran/perguruan A, B, C, D dst. Tentu A,B,C,D tsb mempunyai ciri khas masing2.
Tidak ada masalah ketika keilmuan2 itu dipakai sendiri.
Ketika kemudian si Fulan tsb mendirikan perguruan "Z", yang terjadi bisa berbagai model:
1. Si Fulan/perguruan "Z" tegas2 menyatakan bahwa sumber keilmuan dari A,B,C,D dst, dengan rumusan sesuai versi ilmu yang melebur dalam diri si Fulan. Ciri2 khas sumber2 keilmuan tetap dipertahankan, dengan membuat titik sambung, atau sudah merupakan peleburan dari berbagai unsur.
Disadari dan difahami, bahwa tentu si Fulan/perguruan Z tidak sepenuhnya mewakili masing2 aliran yang menjadi unsurnya. Yang kompeten tentang aliran A ya perguruan A, dst.

2. Meski si Fulan belajar aliran A, B, C, D dst, tetapi ketika mendirikan perguruan Z, kemudian pelajaran keilmuan di perguruan Z tadi, sepenuhnya adalah aliran B, tidak ada ciri dari aliran2 A,C,D, dst, akan ada ganjalan ketika perguruan Z dikatakan bersumber dari keilmuan D.

3. Terjadi masalah etis ketika keilmuan perguruan Z yang SEPENUHNYA mengcopy paste keilmuan khas perguruan A, yang diperoleh si Fulan ketika belajar/menjadi murid perguruan A, tapi si Fulan mengaku aku, bahwa dia adalah PENCIPTA dari keilmuan khas tersebut. Ada pelanggaran ETIKA, menyangkut pengkhianatan janji anggota/ janji si Fulan di perguruan A.

4. Pernah ada kejadian yang masuk ranah hukum. Yaitu ketika seseorang, katakanlah si Badu, murid perguruan "E", kemudian mendirikan satu perguruan "Y", kemudian si Badu mem patenkan keilmuannya, dengan mengaku aku bahwa keilmuan perguruan "Y" tersebut adalah hasil karya cipta si Badu, mendapat hak paten dari departemen Kehakiman RI . Kok ya si Badu membuat pengumuman, bahwa berdasar hak paten tsb, perguruan2 yang mengamalkan keilmuan yang sama, harus mendapat ijin dari si Badu.
Ada reaksi hukum dari perguruan E, tentu dengan melampirkan bukti2 termasuk program latihan ketika si Badu menjadi murid di perguruan E.
Maka paten tsb langsung dibatalkan. Dalam waktu singkat, perguruan "Y" yang sudah populer se nusantara, mundur teratur.

Silahkan teman2, barangkali ada model2 lain.

Salam.

Pangeran Muda

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 5
  • Posts: 211
  • Reputation: 18
    • Email
Re: Pernyataan 'ilmu A mempengaruhi Perguruan B'
« Reply #4 on: 26/04/2011 13:17 »
kalau menurut saya mempengaruhi bisa jadi postip atau negatip. tetapi biasanya di perguruan perguruan, yg namanya mempengaruhi suatu gerak atau teknik bisa disebut lebih banyak positifnya.

Namun hal ini pun tidak bisa di protes oleh sebagian kalangan, misalnya : hey kamu tidak bisa bilang aliran A mempengaruhi perguruan kalian karena aliran itu adalah cikal bakal perguruan kami.

Berkembanganya keilmuan dai dunia persilatan adalah tanda dari silat di gemari dan di sukai kalangan masyarakat, adanya perkembangan juga karena tuntutan zaman. kalau dulu aliran cukup utk beladiri nah sekarang bsia utk olah raga tanding dsbnya.

Nah kalau kita semua bisa lapang dada bahwa ilmu itu bukan milik kita (milik Allah) maka kita akan dengan lapang dada dan senang bahwa ilmu kita di pergunakan demi kemaslahatan dan kebaikan.

Uniknya beladiri adalah kalau kita berbicara di media atau forum sperti ini maka akan menambah kefahaman per org yg membaca dan itu juga sesuai dengan tingkat intelegensianya masing2. kalau masalah ilmu takut dicuri krn share di media bebas seperti ini, maka dia belum memahami hakikat ilmu silatnya. silat utk silaturohim dan mempelajari silat bukan hanya dengan membaca tapi juga gerak dan sambung tangan ke guru yg bersangkutan.
Kembang Jadi Buah, Buah Jadi Kembang

santri kinasih

  • Moderator
  • Calon Pendekar
  • **
  • Thank You
  • -Given: 2
  • -Receive: 39
  • Posts: 609
  • Reputation: 119
    • Email
Re: Pernyataan 'ilmu A mempengaruhi Perguruan B'
« Reply #5 on: 26/04/2011 14:33 »
Sesuatu niat baik, kalau cara melaksanakannya tidak baik juga jadinya bisa gak baik ya? Seharusnya halal jadi subhat malah haram. Dalam agama saja hal yang baik, tapi cara gak benar bisa jadi bid'ah. Ahlul bid'ah kilabunnaar...

Semua harus dibikin terang, jangan jadi samar2..biar semua sama senang. Kalau memang senang bermain di daerah abu abu ya memang sudah pilihan..gak usah diganggu dan dipermasalahkan. Semua orang ada tempatnya..

Di forum terbuka ada freedom of speech...semua silakan saja, selama tidak memancing perseteruan.

Ilmu tidak mungkin dicuri, karena tidak akan ada terjadi kehilangan ilmu. Ilmu juga tidak bisa diaku punya sendiri, karena Ilmu adalah Nama dari Sang Pencipta.

Etika tetap dijaga saja...Jaga silaturrahim...Jangan sampai putus...walau cuma dalam dunia internet...

Pangeran Muda

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 5
  • Posts: 211
  • Reputation: 18
    • Email
Re: Pernyataan 'ilmu A mempengaruhi Perguruan B'
« Reply #6 on: 26/04/2011 15:22 »
uda SK mantebh dah  [top]
Kembang Jadi Buah, Buah Jadi Kembang

Bayu Umbara

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 195
  • -Receive: 121
  • Posts: 1.214
  • Reputation: 197
  • Datuk Bagindo Rajo
    • http://silekminangpandekacupak.blogspot.com/
  • Perguruan: Sasaran Silek Harimau Cupak
Re: Pernyataan 'ilmu A mempengaruhi Perguruan B'
« Reply #7 on: 29/04/2011 13:51 »
Sebenarnya dalam sebuah ilmu, ilmu apapun itu apalagi ilmu silat sah- sah saja saling mempengaruhi, tidak salah dan tidak dosa, karena kalau sudah berbicara halal -  haram wajib - sunnah nanti berhubungan dengan dosa dan pahala dong :w :w :w
contoh dalam silek minang pada awal dibuat oleh datuk suri dirajo merupakan penggabungan dari berbagai aliran silat dari para pengawalnya dan silat beliau sendiri, dan seterusnya semakin berkembang alirannya dengan saling mempengaruhi sehingga munculllah berbagai aliran silek minang seperti sekarang ini dan semuanya berjalan seiring dengan baik tanpa ada saling tuding dan saling klaim, dan kalaupun ada yang mengklaim juga tidak masalah, dan tidak jadi masalah juga dikalangan para pendekar silek minang, itu hanya salah satu gambaran, agar paradigma berfikir kita tidak kurung batokeun kalau dalam istilah sundanya,
toh kalau kita liat diluar sana dari jaman dahulu sampai sekarang para ahli pencipta ilmu, ilmu2 mereka juga saling dipengaruhi dan mempengaruhi satu sama lain dalam satu bidang ilmu, ilmu apapun itu, mohon maaf atas kelancangan pendapat saya
terima kasih
salam

kunderemp

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 58
  • -Receive: 12
  • Posts: 213
  • Reputation: 41
  • Sahabat Silat
    • Email
  • Perguruan: beberapa plus youtube-fu
Re: Pernyataan 'ilmu A mempengaruhi Perguruan B'
« Reply #8 on: 04/05/2011 08:53 »
Pekan lalu, di forum tetangga, ada murid perguruan ternama dari Jawa Timur keterlaluan. Tiada angin tiada hujan, dengan huruf besar dengan percaya diri bilang, "Perguruan [nama perguruan], Gan! Sejak masuk IPSI, banyak teknik yang dicuri oleh perguruan lain. Bangga masuk [nama perguruan]".

Saya paham kalau ada pelatih yang mengatakan "teknik kita banyak ditiru oleh perguruan lain lho" buat menumbuhkan kebanggaan tetapi ya..  ada etika juga lah. Hal seperti itu janganlah diumbar ke publik seperti forum. Lebih buruk lagi bila disertai dengan kata-kata seperti 'mencuri', 'menjiplak', dan sebangsanya.


Balik lagi ke topik. Jujur kadang kalau kenal murid dari perguruan lain lalu dari sejarah resmi perguruannya, salah satu pendirinya pernah belajar keilmuan yang kebetulan juga dipelajari, kok rasanya merasa seperti ketemu saudara jauh.

Cuma ya, rasanya kok sungkan kalau bilang ke 'saudara jauh', "eh.. ilmu yang kupelajari mempengaruhi perguruanmu" walau sejarah resmi mencatat pendirinya pernah belajar.

1. bisa jadi ilmu yang dipelajari pendirinya tidak masuk kurikulum. Hanya jadi ilmu simpanan ya seperti yang point kedua yang disebut Pak Suprapto;

2. selain itu, rasanya kok seperti ada nuansa sombong kalau dengan enteng mengatakan demikian kecuali kalau berada di pihak netral dan dari perguruan yang bersangkutan memang bahkan mengakui mereka dipengaruhi oleh keilmuan tersebut.

Beda kalau ketemu langsung trus nanya lalu membandingkan langsung. Syukur-syukur sambil makan nasi kuning bareng. Hehehe.

Pak Suprapto,
kalau sudah merembet ke ranah hukum agak berabe memang. Tetapi memangnya bisa yah silat dipatenkan? Setahu saya, unsur gerak itu masuk ke ranah hak cipta.

Tapi jadi tergelitik nih.

Misalkan, saya masuk ke sebuah perguruan tinggi. Ilmu yang saya dapatkan di perguruan tinggi tersebut kan bisa saya ajarkan ke orang lain sebenarnya walau mungkin cara pendekatannya berbeda. Bagaimana dengan perguruan silat? Apakah silat yang ia pelajari boleh ia ajarkan ke orang lain ataukah harus minta izin dulu pada perguruannya?


Kang Bayu Umbara,
kalau di Silek Minang, ada yang keilmuannya benar-benar murni atau semuanya pasti sudah saling mempengaruhi?



Bayu Umbara

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 195
  • -Receive: 121
  • Posts: 1.214
  • Reputation: 197
  • Datuk Bagindo Rajo
    • http://silekminangpandekacupak.blogspot.com/
  • Perguruan: Sasaran Silek Harimau Cupak
Re: Pernyataan 'ilmu A mempengaruhi Perguruan B'
« Reply #9 on: 04/05/2011 10:55 »
Mas kund pasti masih ada yang murni tapi sangat jarang,kebanyakan yang sudah saling mempengaruhi,karena rata2 seorang pendekar minang jaman dulu tidak hanya belajar satu aliran silat minang tapi bermacam2,setelah itu akan muncul lagi aliran2 baru dan seterusnya.

 

Powered by EzPortal