+-

Video Silat

Shoutbox

23/12/2019 08:32 anaknaga: Tidak bisa masuk thread. dah lama tidak nengok perkembangan forum ini.
salam perguruan dan padepokan silat seluruh nusantara.
02/07/2019 18:01 Putra Petir: Akhirnya masuk jua... wkwkwk
13/12/2016 10:49 Taufan: Yuk ke Festival Kampung Silat Jampang 17-18 Desember 2016!!!
20/09/2016 16:45 Dolly Maylissa: kangen diskusi disini
11/02/2016 15:58 Taufan: Alhamdulillah SS sudah ON lagi ;-)
07/01/2016 10:00 luri: wa 'alaikumussalam
04/01/2016 20:21 May Lee: Assalamu 'alaikum
View Shout History

Recent Topics

Minta Do`a dan bimbingan para suhu dan sesepuh silat :D. SANDEKALA by zvprakozo
10/04/2019 18:34

PPS Betako Merpati Putih by acepilot
18/10/2018 17:03

On our book: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
13/03/2017 14:37

Siaran Radio ttg. Musik Pencak Silat di Stasiun "BR-Klassik / Musik der Welt" by Ilmu Padi
12/01/2017 16:19

Tentang buku kami: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
17/10/2016 20:27

Hoby Miara Jin by anaknaga
19/09/2016 04:50

TALKSHOW SILAT - Silat Untuk Kehidupan by luri
22/06/2016 08:11

Thi Khi I Beng by aki sija
17/08/2015 06:19

[BUKUTAMU] by devil
09/06/2015 21:51

Daftar Aliran dan Perguruan di Indonesia by devil
01/06/2015 14:01

SILAT BERDO'A SELAMAT by devil
01/06/2015 13:59

Persilatan Jurus Lima (Sabandar) by Marsudi Eko
14/05/2015 19:36

Kebugaran Merpati Putih by mpcrb
22/04/2015 16:16

PAWAI JAMBORE PENCAK 2015 by luri
20/04/2015 16:20

ALM. Kong Nur ( BEKSI Kampung Sawah) by initial_d
30/03/2015 14:02

SilatIndonesia.Com

Author Topic: Silat dalam MMA  (Read 34910 times)

rmunadji

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 42
  • Reputation: 3
    • Email
Re: Silat dalam MMA
« Reply #15 on: 03/10/2007 15:19 »
jadi ingat komentar Dede Yusuf saat jadi host TPIFC : ini memang olahraga keras, tapi bukanlah kekerasan?  ;D

Java

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 647
  • Reputation: 48
Re: Silat dalam MMA
« Reply #16 on: 04/10/2007 16:07 »
jadi ingat komentar Dede Yusuf saat jadi host TPIFC : ini memang olahraga keras, tapi bukanlah kekerasan?  ;D

Itu komentar yg tdk masuk akal? Pembeda antara keras dan kekerasan dlm TPIFC adalah uang.

Seseorang yg memukuli orang lain tanpa dibayar dikategorikan "KEKERASAN", tapi kalau orang menghajar orang lain dg bayaran disebut "SPORT/ ENTERTAINMENT/ TV SHOW"  :'(

Konyolnya, praktisi pencak silat yg ikut MMA tehnik silatnya malah gak keluar? Penonton justru disuguhi adegan-adegan lucu macam cah angon baku peluk ;D

Coba bandingkan dg duel antara ALi lawan Inoki... [top] Secara umum publik mungkin kurang puas krn tanpa ada yg KO namun secara tehnis acara tersebut patut diacungi jempol. Masing-masing pihak tdk terpancing untuk mengikuti tipe bertempur lawan. Inoki yg tetap ground style sedang Ali standing fight.  :)

dsbasuki

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 11
  • -Receive: 24
  • Posts: 528
  • Reputation: 56
    • Who? Me?
  • Perguruan: Kelatnas Indonesia PERISAI DIRI
Re: Silat dalam MMA
« Reply #17 on: 04/10/2007 18:43 »
Konyolnya, praktisi pencak silat yg ikut MMA tehnik silatnya malah gak keluar? Penonton justru disuguhi adegan-adegan lucu macam cah angon baku peluk ;D

Salam...
Nah, ini salah satu aspek MMA yang "tanggung" menurut saya. Dibilang semua teknik boleh dipakai (seperti tarung jalanan), tapi nyatanya teknik-teknik seperti colok mata, serangan ke as (kemaluan), tohok jakun, dan semacamnya, nggak boleh dipakai. Di sisi lain, nggak ada "seninya" yang khusus atau bercirikan beladiri tertentu.

Kalo saya sendiri sih, lebih senang nonton pertandingan beladiri yang jelas "madzhab"-nya. Silat ya silat, karate ya karate, tinju ya tinju, dan sebagainya. Karena selain "enak dilihat" dari seni beladirinya, juga aturan mainnya jelas. Tapi ini pendapat pribadi lho, yang tergantung sama "selera".  :)

MMA yang bagus menurut saya adalah UFC 1 dan 2 (yang juaranya si Gracie), karena tanding (bukan tarung) lintas MA dan masing-masing menunjukkan ciri khas seni beladirinya. Nah, kalo si Gracie sampe menang, bukan berarti bahwa BJJ (Brazilian Jujitsu) itu yang terhebat, tapi lebih karena si Gracie-nya yang memang paling menguasai tekniknya dan bisa mengaplikasikannya dengan sangat baik.

Salam...

Red Hawk

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 2
  • Posts: 125
  • Reputation: 8
    • Email
Re: Silat dalam MMA
« Reply #18 on: 05/10/2007 01:15 »
beladiri bukan untuk dipertontonkan, tapi untuk menghubungkan kita dengan diri kita sebenarnya. bukan untuk diadu, tapi untuk mengetahui bahwa kita itu lemah, dan masih ada kekuatan yang maha dahsyat, yaitu kekuatan Tuhan YME, makanya saya tidak suka dengan adegan gituan, memalukan beladiri. makanya kalau ada perkelahian, sering disalah artikan dengan pebeladiri. :'(

DasaMan

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 681
  • Reputation: 31
    • Email
Re: Silat dalam MMA
« Reply #19 on: 05/10/2007 13:03 »
Konyolnya, praktisi pencak silat yg ikut MMA tehnik silatnya malah gak keluar? Penonton justru disuguhi adegan-adegan lucu macam cah angon baku peluk ;D

Perlu dicatat bahwa para pesilat yang ikut ajang TPI FC, Duel, dulu nampaknya jarang yang merupakan kelas daerah/nasional. Bandingkan dengan para pegulat di TPI FC yang rata2 punya prestasi di tingkat daerah/nasional.

Wajar bila para pegulat mampu menggunakan teknik gulat dengan alami dalam ajang TPI FC; wajar bila kebanyakan pesilat yang ikutan TPI FC tidak mampu "mengekpresikan" ilmunya dan ikut2an "bergulat" dengan main peluk2an.

Sampai ada seorang pelatih KPS Nusantara yang saking gregetannya menyadari keadaan ini sampe berinisiatif hendak membuat training camp buat para pesilat berprestasi untuk disiapkan ikutan TPI FC... tapi karena tidak ada dukungan dari "organisasi" walhasil yah lewat begitu saja, wakakakakakaka :D

Java

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 647
  • Reputation: 48
Re: Silat dalam MMA
« Reply #20 on: 05/10/2007 13:34 »

Sampai ada seorang pelatih KPS Nusantara yang saking gregetannya menyadari keadaan ini sampe berinisiatif hendak membuat training camp buat para pesilat berprestasi untuk disiapkan ikutan TPI FC... tapi karena tidak ada dukungan dari "organisasi" walhasil yah lewat begitu saja, wakakakakakaka :D


Lha iya nggak berlanjut, wong diomelin guru2 nya  :'(

Ada satu PS yg membolehkan anggotanya ikutan MMA dg syarat harus menang, eh ternyata malah pada mundur. Mungkin niatan ikut MMA sekedar coba2 sekalian numpang nampang di TV  =)))

f4iz

  • Guest
Re: Silat dalam MMA
« Reply #21 on: 05/10/2007 20:46 »
Salam ..
Saya lagi iseng-2x nemuin Beladiri aliran Daido Juku.
Ada yg pernah denger belum ?!
Penemunya Azuma Takashi mempunyai bekal ilmu DAN 4 Karate Kyokushin dan DAN 3 Judo. Awalnya daido juku cuman terdiri dari tekhnik Karate dan Judo. Tapi lama-2x ditambah Muay Thai, Sambo, dsb.
Tadinya aliran Daido Juku termasuk salah satu aliran Karate, tetapi akhirnya keluar karena gak bisa dibilang Karate.
Kalo liat pertandingannya mirip MMA, tapi kalo menurut saya rada lebih seru soalnya berantemnya ala Karateka (kyokushin) tetapi ditambah gelut juga. Kalo MMA kan rada-2x mirip kickboxing biasanya.
Ini ada beberapa clipnya di youtube:
http://www.youtube.com/watch?v=IR1NBPWD6VI
http://www.youtube.com/watch?v=9Xv8ZzvsQ2Q

Wasalam,
Faiz

DasaMan

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 681
  • Reputation: 31
    • Email
Re: Silat dalam MMA
« Reply #22 on: 05/10/2007 21:33 »
Saya lagi iseng-2x nemuin Beladiri aliran Daido Juku.
Ada yg pernah denger belum ?!
Kalo liat pertandingannya mirip MMA, tapi kalo menurut saya rada lebih seru soalnya berantemnya ala Karateka (kyokushin) tetapi ditambah gelut juga. Kalo MMA kan rada-2x mirip kickboxing biasanya.

MMA "cuma" mirip kickboxing? Kayaknya perbandingannya gak pas deh :D K-1 kali yang mirip kickboxing, bukan MMA :D

BTW belum pernah lihat tanding Combat Sambo yah? :D Coba gih cari di youtube. Itu juga main Sambo tapi pake tendang tinggi ke kepala :D

f4iz

  • Guest
Re: Silat dalam MMA
« Reply #23 on: 05/10/2007 21:41 »
MMA "cuma" mirip kickboxing? Kayaknya perbandingannya gak pas deh :D K-1 kali yang mirip kickboxing, bukan MMA :D
BTW belum pernah lihat tanding Combat Sambo yah? :D Coba gih cari di youtube. Itu juga main Sambo tapi pake tendang tinggi ke kepala :D
Salam Mas,
Maksud saya bukan MMA mirip kickboxing. ::)
Tetapi tekhnik peserta MMA utk striking rata-2x gayanya mirip kickboxing/muaythai.
Kalo Daido Juku, gayanya/tekhniknya lebih mirip ke full contact Karate tetapi ditambah ama grappling.
Gitu mas maksudnya :)
Wasalam,
Faiz

Java

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 647
  • Reputation: 48
Re: Silat dalam MMA
« Reply #24 on: 06/10/2007 22:11 »

Nah, ini salah satu aspek MMA yang "tanggung" menurut saya. Dibilang semua teknik boleh dipakai (seperti tarung jalanan), tapi nyatanya teknik-teknik seperti colok mata, serangan ke as (kemaluan), tohok jakun, dan semacamnya, nggak boleh dipakai. Di sisi lain, nggak ada "seninya" yang khusus atau bercirikan beladiri tertentu.


Setuju dg mas dsbasuki bahwa aturan tanding MMA tergolong nanggung. Namun secara umum memang banyak beladiri sport yg "mengebiri" efektifitas tehnik masing2 perguruan. Walhasil tehnik2 yg muncul dlm beladiri sprot hanya fancy aja. Ambil contoh tanding dlm wiralaga IPSI.

Dlm wiralaga IPSI tendangan lawan bukannya di eliminir agar serangan batal atau efek serangannya melemah, tapi para pesilat justru sibuk "berebut kaki" lawan untuk ditarik-tarik! Kalau mujur, lawan jatuh di dlm ring sehingga bisa dihitung sbg jatuhan :'(
Dimana unsur beladirinya :-\ Begitupun saat melancarkan tehnik2 pukulan, pesilat heboh baku pukul model Franco Nero dlm film2 western tempo jadoel, sungguh memalukan!

Tdk heran banyak orang bingung membedakan atlet2 yg bertanding dari perguruan mana? lha wong tehniknya semua sama! Padahal di IPSI tdk ada tehnik baku untuk wiralaga IPSI, kan aneh? Darimana mereka mencomot tehnik2 tsb? ~X(

Yang ajaib para pelatih justru melestarikan tehnik2 yg gak jelas asal usulnya tsb seolah-olah merupakan tehnik silat yg paling ampuh. Kesian deh.... :w :w :w 

Red Hawk

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 2
  • Posts: 125
  • Reputation: 8
    • Email
Re: Silat dalam MMA
« Reply #25 on: 07/10/2007 23:35 »
Salam ..
Saya lagi iseng-2x nemuin Beladiri aliran Daido Juku.
Ada yg pernah denger belum ?!
Penemunya Azuma Takashi mempunyai bekal ilmu DAN 4 Karate Kyokushin dan DAN 3 Judo. Awalnya daido juku cuman terdiri dari tekhnik Karate dan Judo. Tapi lama-2x ditambah Muay Thai, Sambo, dsb.
Tadinya aliran Daido Juku termasuk salah satu aliran Karate, tetapi akhirnya keluar karena gak bisa dibilang Karate.
Kalo liat pertandingannya mirip MMA, tapi kalo menurut saya rada lebih seru soalnya berantemnya ala Karateka (kyokushin) tetapi ditambah gelut juga. Kalo MMA kan rada-2x mirip kickboxing biasanya.
Ini ada beberapa clipnya di youtube:
http://www.youtube.com/watch?v=IR1NBPWD6VI
http://www.youtube.com/watch?v=9Xv8ZzvsQ2Q

Wasalam,
Faiz

mas dosa loh ngatain bela diri orang lain. biarpun kita tidak suka atau bukan disiplin kita. semua sama, tergantung orang yang membawakannya. saya baru tau bela diri anda. tapi setahu saya tingkat Dan IV karate itu baru permulaan masuk ke dalam inti bela diri. apalagi Dan III Judo, banyak teknik rahasia Judo yang bermuara pada jujutsu kuno yang belum di pelajari, apalagi teknik aiki. jadi jangan menjelekan orang lain yah. semua ada kekurangan dan kelebihannya.

f4iz

  • Guest
Re: Silat dalam MMA
« Reply #26 on: 08/10/2007 00:13 »
mas dosa loh ngatain bela diri orang lain. biarpun kita tidak suka atau bukan disiplin kita. semua sama, tergantung orang yang membawakannya. saya baru tau bela diri anda. tapi setahu saya tingkat Dan IV karate itu baru permulaan masuk ke dalam inti bela diri. apalagi Dan III Judo, banyak teknik rahasia Judo yang bermuara pada jujutsu kuno yang belum di pelajari, apalagi teknik aiki. jadi jangan menjelekan orang lain yah. semua ada kekurangan dan kelebihannya.
Mas Red Hawk,
Waduh maaf Mas, saya enggak maksud ngejelekin ato ngritik perguruan atao aliran apa-2x. Jangan diartikan begitu dong.Daido Juku juga bukan aliran saya.
Quote
Saya lagi iseng-2x nemuin Beladiri aliran Daido Juku
Mungkin mas baca tulisan saya salah ngerti.
Gini, saya kebetulan lagi nungguin buka puasa liat-2x diinternet ketemu Aliran ini.
Saya liat di youtube, pertandingannya menurut saya pribadi seru karena mirip karate Fullcontact tetapi ditambah dgn grappling juga. Biasanya kan karate fullcontact spt. Kyokushin kan cuman pukul ama nendang. Pertandningan Daido Juku lebih mirip MMA karena ada grapplingnya tapi dgn karakteristik Karate.
Menurut pendapat saya pribadi MMA spt UFC ato Pride, itu kan jarang yg gaya spt. Karate tetapi lebih mirip ke boxing, muaythai, ato kickboxing. Gaya gelutnya kalo enggak wrestling, BJJ, kadang ada juga Sambo.
Gitu lho Mas.
Terus yg punya bekal ilmu DAN 4 Karate Kyokushin dan DAN 3 Judo, itu penemunya Azuma Takashi  :) Bukan saya ..saya mah masih tingkatan murid dasar ???

Terima kasih,
Faiz

rmunadji

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 42
  • Reputation: 3
    • Email
Re: Silat dalam MMA
« Reply #27 on: 08/10/2007 07:52 »
saya lagi mikir2 gimana kalo 'bulutangkis' diadu sama 'basket'.... eh gak nyambung ya? lha satu pake bulu ayam satunya pake bola.... he he he he... seru nih!

DasaMan

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 681
  • Reputation: 31
    • Email
Re: Silat dalam MMA
« Reply #28 on: 08/10/2007 11:12 »
apalagi Dan III Judo, banyak teknik rahasia Judo yang bermuara pada jujutsu kuno yang belum di pelajari, apalagi teknik aiki. jadi jangan menjelekan orang lain yah. semua ada kekurangan dan kelebihannya.

Walau di Jepang anak2 sekolahan lulus SMP biasanya sudah memegang Dan 1, jangan dikira Dan 1 sebegitu belum ada apa2nya.

Para ahli Judo Rusia jarang sekali yang punya gelar sabuk di atas Dan 1, soalnya mereka ngejar sertifikasi Master of Sports yang Rusia cuma punya :D

Gak bisa dikatakan bahwa Dan segini dan Dan segitu kemampuannya segimana.

Masahiko Kimura yang melegenda saja 'hanya' Dan 4. Padahal melihat jasanya promosi Judo sampe Amerika Selatan segala (pake iseng ngalahin Helio Gracie pula), harusnya setidaknya dia itu Dan 6.

Ingat, Dan 1 sampai 5 itu tandanya adalah pengenalan kemampuan teknis.

Dan 6 ke atas adalah sumbangsih pada organisasi.

Mulai Dan 1, inti beladiri yang dipelajari sudah mulai dipegang.

Paling tidak sih gitu harusnya, entah kalau yang sabuk Dan-nya cuma modal menang turnamen tanpa ngerti teori dasar ilmunya sendiri.

rmunadji

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 42
  • Reputation: 3
    • Email
Re: Silat dalam MMA
« Reply #29 on: 08/10/2007 11:25 »
wah, jadi yg menang turnamen belum tentu 'hebat' gitu ? jadi bingung deh saya? Ada sebagian orang 'ngecilin' alm Bruce lee karena tdk terbukti ybs pernah ikutan turnamen bela diri dan menang. Ini artinya ada semacam pengakuan thdp prestasi yg diperoleh dalam turnamen. Sementara mas Dasa bilang sebaliknya....?

Peace!

 

Powered by EzPortal