+-

Video Silat


Silek Minang Pandeka Cupak Hosra Afrizoni 1
Tarung Bebas Genggong
Silat Tungdor Margaluyu Pusat
Festival Silat Kampung Jampang - Beksi Hasbullah #
Margaluyu Pusat - Performance perguruan di acara u
Silek Kumango
vidioku
"THE SILAT FIGHTING" (last scene,part 1)
GGBD - Demo / Aplikasi #3

Shoutbox

13/12/2016 10:49 Taufan: Yuk ke Festival Kampung Silat Jampang 17-18 Desember 2016!!!
20/09/2016 16:45 Dolly Maylissa: kangen diskusi disini
11/02/2016 15:58 Taufan: Alhamdulillah SS sudah ON lagi ;-)
07/01/2016 10:00 luri: wa 'alaikumussalam
04/01/2016 20:21 May Lee: Assalamu 'alaikum
30/03/2015 14:06 initial_d: Sepi amat ya bang, pada kemane nih penghuninya....
20/10/2014 15:28 kunderemp: Ya.. om Taufan.. Tanggal 11 lalu saya masih di tengah hutan di Bakan.
View Shout History

Recent Topics

PPS Betako Merpati Putih by acepilot
18/10/2018 17:03

On our book: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
13/03/2017 14:37

Siaran Radio ttg. Musik Pencak Silat di Stasiun "BR-Klassik / Musik der Welt" by Ilmu Padi
12/01/2017 16:19

Tentang buku kami: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
17/10/2016 20:27

Hoby Miara Jin by anaknaga
19/09/2016 04:50

TALKSHOW SILAT - Silat Untuk Kehidupan by luri
22/06/2016 08:11

Thi Khi I Beng by aki sija
17/08/2015 06:19

[BUKUTAMU] by devil
09/06/2015 21:51

Daftar Aliran dan Perguruan di Indonesia by devil
01/06/2015 14:01

SILAT BERDO'A SELAMAT by devil
01/06/2015 13:59

Persilatan Jurus Lima (Sabandar) by Marsudi Eko
14/05/2015 19:36

Kebugaran Merpati Putih by mpcrb
22/04/2015 16:16

PAWAI JAMBORE PENCAK 2015 by luri
20/04/2015 16:20

ALM. Kong Nur ( BEKSI Kampung Sawah) by initial_d
30/03/2015 14:02

maenpo Cikalong by aki sija
25/02/2015 22:01

SilatIndonesia.Com

Author Topic: Silat dalam MMA  (Read 33074 times)

DasaMan

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 681
  • Reputation: 31
    • Email
Re: Silat dalam MMA
« Reply #75 on: 29/10/2007 07:44 »
Kalo di MMA, jatuh belum tentu kalah..tapi pertandingannya pindah kedimensi lain yaitu dimensi main bawah. Jadi kecuali lawannya jatuh karena KO,nyerah/tap out, ato keliatannya ama wasit udah gak bisa apa-2x tapi masih belum nyerah baru diberentiin.

Dalam keluarga ilmu gulat, beberapa varian memang berasumsi lawan jatuh belum berarti lawan sudah dalam keadaan tidak berdaya. Kenapa? Karena lawan yang jatuh masih bisa berdiri.

perhatikan permainan: Judo, gulat freestyle, gulat greco-roman. Memang ada kemungkinan bahwa bantingan yang bagus akan memberikan nilai telak sehingga kemenangan langsung di tangan, tidak perlu lanjut ke tanah (biasanya, nilai sempurna adalah nilai 12).

Namun, bila bantingan tidak sempurna, diasumsikan lawan masih segar bugar, sehingga pertandingan perlu dilanjutkan ke tanah.

Perhatikan misalnya, 4 kondisi kemenangan dalam Judo:

1. Bantingan telak
2. Tindih lawan terlentang tanpa perlawanan selama 30 detik
3. Cekik leher lawan sampai menyerah
4. Kunci siku lawan sampai menyerah

Dari 4 kondisi ini, nomor 3 dan 4 LEBIH MUDAH dilakukan dalam kondisi pertarungan di bawah.

Begitu pula gulat, walau bisa menang dengan melakukan bantingan sempurna, kemenangan lebih sering dicapai dengan kegiatan menindih lawan terlentang selama 3 detik.

Semua beladiri memiliki asumsi operasionalnya sendiri2, dan dalam hal ini bisa dikatakan bahwa MMA sebagai olahraga beladiri justu memiliki asumsi operasional yang paling luas dibandingkan olahrga2 beladiri lain.

Hence, bila ilmu pukul-tendang hanya mengenal fase bakbikbuk dan banting (tahukah Anda bahwa dulu olahraga tinju memperbolehkan BANTINGAN?), di MMA ada fase gulat2an di bawah.

Dan bila ilmu gulat-piting hanya mengenal fase peluk2an baik di atas maupun di bawah, MMA mengenal pukul-tendang.

Dalam hal ini, MMA mirip dengan pertandingan bebas yang sering diikuti beberapa anggota milis ini, hanya saja dengan safety rules yang cukup banyak.

MMA tidak akan menyiapkan atlet untuk mengikuti pertandingan bebas? Begitu pula atlet Karate, Judo, tinju, dst yang terbiasa mengikuti peraturan ajang olahraganya masing2.

MMA menimbulkan batasan yang kurang realistis pada aplikasi beladiri? Begitu pula olahraga beladiri lain.

Itulah sebabnya saya sendiri tidak suka pertandingan dalam bentuk apapun :D

Namun, dalam rangka latihan, ruleset MMA tidak ada salahnya dicoba mengingat cakupannya yang paling "mirip" dengan ajang tarung bebas.

Kalo tidak suka yah... silakan saja tarung bebas :D Gitu aja kok repot.

Junior

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 105
  • Reputation: 5
Re: Silat dalam MMA
« Reply #76 on: 24/11/2007 12:43 »
Klo DIGIGIT boleh ga?
Hahahahaha ;D

Java

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 647
  • Reputation: 48
Re: Silat dalam MMA
« Reply #77 on: 04/12/2007 15:39 »
Boleh. Tapi siapa yg mau gigit badan orang penuh keringat?
Kurang kreatif ah. x-))

f4iz

  • Guest
Re: Silat dalam MMA
« Reply #78 on: 04/12/2007 22:29 »
Salam @mas Dasaman..dan sahabat silat lainnya..
Yang saya perhatikan dalam perkembangan MMA, MMA itu jadi merupakan aliran beladiri. Maksud saya, MMA sudah jadi terbentuk beladiri baru dgn karakteristik, dan tekhnik-2x yg hampir baku.
Waktu awal-2xnya MMA masih terlihat segi "mixed"nya berbagai aliran yg masuk, ada tinju, karate, kungfu, gulat, jiujitsu, muay thai, sambo, dsb.
Sekarang aliran-2x yg masuk hampir enggak ada kecuali BJJ kali ya.
Jadinya kalau melihat pertandingan MMA spt. UFC, Pride, dsb gaya yg tarung hampir mirip karena ya mereka jadi nganut aliran MMA.
Tapi K-1 juga spt. itu sih, dulunya kan K-1 utk pertandingan pukul-tendang berbagai aliran. Tetapi rata-2x sekarang kalau diliat tekhninya spt. kick boxing semua. Susah bedain mana yg Kyokushin, Muay Thai, Taekwondo, dsb.
Iya deh segitu dulu..
ditunggu tanggepennya
Wass
Faiz

DasaMan

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 681
  • Reputation: 31
    • Email
Re: Silat dalam MMA
« Reply #79 on: 10/12/2007 14:03 »
Yang saya perhatikan dalam perkembangan MMA, MMA itu jadi merupakan aliran beladiri. Maksud saya, MMA sudah jadi terbentuk beladiri baru dgn karakteristik, dan tekhnik-2x yg hampir baku.

Sama juga dengan pencak silat Indonesia, mas.

Hampir semua perguruan silat di Indonesia mengatakan silat tanding adalah 'silat IPSI.' Adakah yang namanya silat IPSI? Tidak, ini hanyalah semacam pseudo-martial art construct yang terbentuk akibat model peraturan tanding yang digunakan.

Jadi tidak masalah dalam pertandingan MMA kelihatannya semua mirip2 saja, saya juga nonton pertandingan silat gak bisa bedain antara satu perguruan dengan perguruan lain, sama saja tekniknya... yang memang sebab yang ditampilkan adalah 'silat IPSI,' bukan silat asli masing2 perguruan :D

Soal MMA hanya BJJ sajah... wah, kayaknya kok kurang tepat yah. Memang BJJ paling terkenal sih sekarang, tapi memang sudah jadi lingkaran setan. BJJ terkenal karena awal2 UFC, jadi semua orang tahu ada groundfighting, tahunya cuma BJJ, semua orang belajar, jadi makin berkembang, ketika muncul Sambo, Judo gaya lama, dst, orang dah kadung gak mo tahu, BJJ mulu mainnya, yo wis, tahunya orang yah BJJ doang...

Padahal? Ilmu groundfighting lain pun nasibnya seperti silat tradisional, tidak terlihat, dan tidak dikenal :D

rmunadji

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 42
  • Reputation: 3
    • Email
Re: Silat dalam MMA
« Reply #80 on: 31/01/2008 18:01 »
weee...tak pikir sudah ngilang gak taunya pindah ke sini ya mas.... segeeerrr.... !

DasaMan

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 681
  • Reputation: 31
    • Email
Re: Silat dalam MMA
« Reply #81 on: 31/01/2008 19:02 »
Ya pindah2 lokasi ngeforum, kalo cuma nongkrong di satu tempat gak berkembang dong...

rmunadji

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 42
  • Reputation: 3
    • Email
Re: Silat dalam MMA
« Reply #82 on: 01/02/2008 08:24 »
iya saya juga ikutan ngintip sana ngintip sini.... meng-absorb what is useful..... :)

HartCone

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 733
  • Reputation: 38
    • Martial Arts Forever
Re: Silat dalam MMA
« Reply #83 on: 01/02/2008 17:18 »
Ikutan ngintip juga disini...
ternyata banyak rekan yang udah gabung duluan...

sementara baca2 dulu deh dari awal, nanti komentarnyah


salam buat semua...

ogebang

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 28
  • Posts: 131
  • Reputation: 48
  • Sahabat Silat
    • Email
  • Perguruan: PPS Betako Merpati Putih
Re: Silat dalam MMA
« Reply #84 on: 27/02/2011 21:30 »
Salam Silat...

Membandingkan Silat dgn MMA laksana membandingkan Apel & Jeruk...
Silat didesign sbg Combatan Art...bela diri..membunuh ato terbunuh...No Rules...
Kalo MMA...adalah Sport...tetap ada peraturan2 pertandingan yg mengikat utk tidak melakukan serangan ini & itu...
Saya gak kaget kalo pesilat kalah ikutan MMA...memang specs nya bukan buat Sport..shg banyak jurus2 mematikannya gak bisa di pakai...

rmunadji

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 42
  • Reputation: 3
    • Email
Re: Silat dalam MMA
« Reply #85 on: 04/12/2011 09:44 »
apa kabar sahabat silat semuanya....
sudah lama tidak update.

salam,
http://mixedfighting.net

 

Powered by EzPortal