+-

Video Silat

Shoutbox

23/12/2019 08:32 anaknaga: Tidak bisa masuk thread. dah lama tidak nengok perkembangan forum ini.
salam perguruan dan padepokan silat seluruh nusantara.
02/07/2019 18:01 Putra Petir: Akhirnya masuk jua... wkwkwk
13/12/2016 10:49 Taufan: Yuk ke Festival Kampung Silat Jampang 17-18 Desember 2016!!!
20/09/2016 16:45 Dolly Maylissa: kangen diskusi disini
11/02/2016 15:58 Taufan: Alhamdulillah SS sudah ON lagi ;-)
07/01/2016 10:00 luri: wa 'alaikumussalam
04/01/2016 20:21 May Lee: Assalamu 'alaikum
View Shout History

Recent Topics

Minta Do`a dan bimbingan para suhu dan sesepuh silat :D. SANDEKALA by zvprakozo
10/04/2019 18:34

PPS Betako Merpati Putih by acepilot
18/10/2018 17:03

On our book: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
13/03/2017 14:37

Siaran Radio ttg. Musik Pencak Silat di Stasiun "BR-Klassik / Musik der Welt" by Ilmu Padi
12/01/2017 16:19

Tentang buku kami: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
17/10/2016 20:27

Hoby Miara Jin by anaknaga
19/09/2016 04:50

TALKSHOW SILAT - Silat Untuk Kehidupan by luri
22/06/2016 08:11

Thi Khi I Beng by aki sija
17/08/2015 06:19

[BUKUTAMU] by devil
09/06/2015 21:51

Daftar Aliran dan Perguruan di Indonesia by devil
01/06/2015 14:01

SILAT BERDO'A SELAMAT by devil
01/06/2015 13:59

Persilatan Jurus Lima (Sabandar) by Marsudi Eko
14/05/2015 19:36

Kebugaran Merpati Putih by mpcrb
22/04/2015 16:16

PAWAI JAMBORE PENCAK 2015 by luri
20/04/2015 16:20

ALM. Kong Nur ( BEKSI Kampung Sawah) by initial_d
30/03/2015 14:02

SilatIndonesia.Com

Author Topic: Surat Klarifikasi dari Niko Han - Synergi Jiujitsu  (Read 15484 times)

kunderemp

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 58
  • -Receive: 12
  • Posts: 213
  • Reputation: 41
  • Sahabat Silat
    • Email
  • Perguruan: beberapa plus youtube-fu
Re: Surat Klarifikasi dari Niko Han - Synergi Jiujitsu
« Reply #15 on: 01/03/2011 16:18 »
Ngapain sih hal seperti ini masih diperpanjang?
Dari Niko Han sudah ada permintaan maaf tertulis.
Kenapa sampai menjelek-jelekkan beladiri lain?

Kalau masih gak puas, silakan aja tantang Nicolai Holt http://en-gb.facebook.com/nicolai.holt
Kalau perlu maen pakai aturan dia, latihan dulu cara menghadapi grappling. Latih juga teknik yang bisa dipergunakan dalam batas aturan mereka. Jangan sampai jurus sergap telur atau jurus colok mata keluar. Ntar malah jadi video ejekan lagi.

Iyah, memang di silat ada teknik2 menghadapi grappling. Pertanyaannya tuh teknik keluar gak di pertandingan sebenarnya.

Jadi kalahkan dia, dalam aturan yang dia tetapkan.
Bawa kawan dengan kamera.
Kalau kalah yah latihan lagi.. Biarin aja dia koar2 lagi.

Kalau menang, silakan balas unggah video.
Daripada cuma memendam kekesalan dan ujung-ujungnya malah terjebak pada sikap menjelek-jelekkan beladiri lain.

Unknown

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 65
  • -Receive: 41
  • Posts: 1.486
  • Reputation: 95
  • I'm no longer a member of this forum
    • FORUM SILAT
Re: Surat Klarifikasi dari Niko Han - Synergi Jiujitsu
« Reply #16 on: 01/03/2011 16:43 »
@mas kunderemp yang baik...
siapa yang ente tegur?
ga ada yg menjelek-jelekan bela diri lain kok
komentar para sahabat di atas rasa nya masih cukup wajar kok

ga perlu sewot dan memancing para sahabat di sini dejavu ke tret sebelah yg udah cukup lama tenggelam yaa...

*MODI mode on

kunderemp

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 58
  • -Receive: 12
  • Posts: 213
  • Reputation: 41
  • Sahabat Silat
    • Email
  • Perguruan: beberapa plus youtube-fu
Re: Surat Klarifikasi dari Niko Han - Synergi Jiujitsu
« Reply #17 on: 01/03/2011 17:03 »
Maaf Bang Supporter.
Abis lagi-lagi topiknya mirip di utas sebelah.
Bedanya, kalau topik di sebelah di akhir2 mulai membahas cara melepas diri dari kuncian dan posisi praktisi BJJ, di sini membahas mengapa rata-rata praktisi BJJ tidak punya sopan santun.

Nah kalau misalnya ada preman di pasar, gak punya sopan-santun. Pilih mana:
1. kita tegur premannya langsung (butuh kemampuan negosiasi dan kemampuan lain);
2. kita berdoa semoga tuh preman insyaf;
atau
3. kita salahin orang tuanya karena gak benar mendidik anaknya?

Ini kan ceritanya tuh keluarganya udah minta maaf tetapi anaknya kagak mau minta maaf. Kenapa abis itu kita membahas keluarganya kayak ibu-ibu nggosip ?

Unknown

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 65
  • -Receive: 41
  • Posts: 1.486
  • Reputation: 95
  • I'm no longer a member of this forum
    • FORUM SILAT
Re: Surat Klarifikasi dari Niko Han - Synergi Jiujitsu
« Reply #18 on: 01/03/2011 17:08 »
hehehe....@mas kunderemp [top]
yah, inilah dinamika diskusi di sahabat silat. Khusnudzon aja bahwa pendapat temen2 di atas menunjukkan tingginya rasa solidaritas dan persaudaraan sesama pesilat.
Saudara kan ibarat satu tubuh, pipi digigit nyamuk, tangan yang bergerak reflek ngusir nyamuk [[peace2]]

eniwey, ma kasih udah ngingetin kita semua untuk lebih bijak dalam bersikap... :)

Antara

  • Moderator
  • Pendekar Madya
  • **
  • Thank You
  • -Given: 28
  • -Receive: 29
  • Posts: 1.168
  • Reputation: 110
  • Malu bertanya tinggal pake GPS...
Re: Surat Klarifikasi dari Niko Han - Synergi Jiujitsu
« Reply #19 on: 01/03/2011 23:08 »
Mengamini Kunderemp,

Sebaiknya utasan ini dibatasi pada permasalahan kasus yang terjadi, tidak sampai menggeneralisir watak orang lain.

Adapun tentang Synergi Jiu Jitsu, beberapa orang yang saya kenal (termasuk Bang Niko Han sendiri) adalah manusia Indonesia yang berwatak Indonesia, jadi mereka tidak bisa kita anggap mewarisi perilaku para Carioca di Brazil sana, hanya mewarisi ilmu gelutnya saja. Buat saya pribadi sih, pernyataan Bang Niko sudah cukup tanpa perlu diperpanjang lagi.

Pun utasan ini sudah tidak aktif cukup lama.
Fairy tales don't tell children that dragons are real...
Children always know that dragons are real...
Fairy tales only tell that dragons can be slain...

ogebang

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 28
  • Posts: 131
  • Reputation: 48
  • Sahabat Silat
    • Email
  • Perguruan: PPS Betako Merpati Putih
Re: Surat Klarifikasi dari Niko Han - Synergi Jiujitsu
« Reply #20 on: 02/03/2011 07:42 »
@kunderemp

Salam Silat...

Kebetulan saya baru 3 - 4 hari gabung di Forum Sahabat Silat ini...sehingga lagi asik2nya cek sana..cek sini...
Begitu liat Thread ini...sayapun langsung menulis komentar karena kebetulan teringat bahwa saya pernah di fwd Video yg melecehkan perguruan saya ( MP ) oleh Nico Holt ini.
Yang saya tidak sadari..ternyata Thread ini sdh tidak aktif cukup lama shg jadinya ada kesan mengulang2 masalah yg sdh selesai...Itu yg saya tidak tahu...Apalagi kebetulan rekan2 yg lain turut mengomentari...
Secara pribadi..sayapun memutuskan utk tidak menanggapi Video tsb dgn tidak memprovokasi Guru Besar , Pewaris , Dewan Guru & anggota Perguruan saya utk mencari Nico Holt  karena faktor rasa respect saya kpd Bela diri manapun di dunia.
Saya lebih memilih utk tersenyum & membiarkan Nico Holt sesumbar sana sini karena Filosofi saya...kalo kita yakin dgn kemampuan Silat yg kita miliki..kita tdk harus membuktikan apa2 ke orang lain...malu...Mas...
Anyhow..saya setuju dgn anda kalo Thread ini gak usah di perpanjang lagi dan apabila saya telah menganggu kenyamanan anda..saya minta maaf...


mpcrb

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 20
  • -Receive: 91
  • Posts: 759
  • Reputation: 266
  • Sahabat Silat
    • My profile on Kompas cetak (you have to be Kompas member)
    • Email
  • Perguruan: Merpati Putih
Re: Surat Klarifikasi dari Niko Han - Synergi Jiujitsu
« Reply #21 on: 02/03/2011 10:45 »
@kunderemp

Sebenarnya mungkin menjadi rame karena postingan saya. Saya juga belum semua menjelajahi forum ini. Meski sudah posting lama, ya palingan di tempat yang itu-itu saja. Kalaupun sempet, ada waktu, barulah buka-buka thread lain untuk menambah wawasan dan pengetahuan.

Apa yang saya sampaikan, bukanlah keluar dari ucapan saya pribadi, tetapi mengutip 100% dari praktisi BJJ sendiri, malah sabuk hitam pertama di Michigan. Dikatakan pada website tsb, "Ryan Fiorenzi is the first black belt in Bjj in Michigan, and is also the highest ranked". Seorang sabuk hitam di BJJ tentunya sudah melalui proses kualifikasi serius dari jajaran keluarga Gracie sehingga berhak mendapatkan sabuk hitam. Tentunya kredibilitasnya tidak dipertanyakan lagi. Pertanyaan sederhana, bagaimana bisa seorang sabuk hitam resmi sampai menulis pada website yang mengatasnamakan "THE BJJ WAY" informasi semacam itu? Menggaris bawahi pula pada dua link yang jelas mengenai perangai praktisi BJJ secara umum? Bahkan memberikan analisa kesimpulan dari buku "Mastering Jiujitsu" yang ditulis oleh salah seorang keluarga Gracie sendiri? Ini yang buat saya menarik untuk dicermati. Sesuatu yang mungkin jarang terlihat oleh kita, atau bahkan oleh praktisi BJJ lain di tempat yang berbeda.

Tujuan Ryan Fiorenzi menulis tsb menurut saya bisa jadi berharap agar itu DICERMATI BERSAMA oleh praktisi BJJ lainnya sehingga ke depannya akan dapat meningkatkan citra dari yang semua diberi label "the worst attitude in martial arts ecosystem" menjadi "the best attitude in martial arts ecosystem". Jadi jangan ditanggapinya emosional ya kang kunderemp. Ryan Fiorenzi seperti menyadari perbedaan mencolok antara ajaran beladiri timur dan ajaran BJJ yang dipelajarinya setelah ia berinteraksi selama bertahun-tahun, menemukan keanehan, sehingga kemudian ia berani menyimpulkan seperti itu. Bahkan demi untuk menghilangkan citra tsb, ia sampai membuat definisi "EAST WEST" pada sekolah BJJ yang dikelolanya. Memadukan antara kekuatan filosofi timur dengan seni beladiri BJJ yang dipelajarinya. Harapannya jelas, agar praktisi BJJ jangan menjadi the worst attitude, tapi justru menjadi the best attitude.

Jadi kalau dilihat secara baik, sepertinya tidak ada postingan ini menyerang ke Synergi Jiujitsu secara personal, apalagi ke personality Niko Han. Sebab saya juga ada kawan lama yang ikut BJJ di Kelapa Gading, dan personality-nya baik.

Ibarat kata, kalau saya katakan begini, "Coba kita lihat pada statistik kriminal di USA berdasarkan laporan dari FBI disini: http://www2.fbi.gov/ucr/hc2009/download/index.html atau pada report yang lain pada website resmi FBI, misal mengenai data perkosaan. Benar-benar membuat bulu kuduk merinding. Dalam 1 hari bisa terjadi puluhan perkosaan, atau kira-kira dalam 1 menit terjadi 3-4 perkosaan."

Setelah itu saya komentar, "duh, kalau seperti itu rasanya saya bersyukur tinggal di bumi Indonesia. Memang sih ada orang jahat disini, tetapi angka kriminalitas apalagi perkosaan tidak sebesar disana. Masih lebih banyak orang baik disini. Budaya kita masih lebih baik dibanding budaya disana. Saya sudah online kira-kira 30 menit, berarti kalau berdasarkan data tsb di USA sekarang sudah terjadi hampir 100 perkosaan.".

Data itu mereka sendiri yang keluarkan, mereka sendiri yang menyimpulkan. Apakah analisa berdasarkan data dan fakta tsb kita bisa katakan bahwa kita dianggap menghina/menjelek-jelekkan Amerika?

Demikian pendapat saya, mohon maaf kalau ada kata yang salah. Again, no flaming. It's based on fact. If nobody knows today, internet will tell us. Sooner or later. True or not, you decide..

Salam.
Belajar memahami hidup dalam kehidupan...

dsbasuki

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 11
  • -Receive: 24
  • Posts: 528
  • Reputation: 56
    • Who? Me?
  • Perguruan: Kelatnas Indonesia PERISAI DIRI
Re: Surat Klarifikasi dari Niko Han - Synergi Jiujitsu
« Reply #22 on: 02/03/2011 13:23 »
...inget gak..??...
Ya inget banget Mas...
Gimana ga inget, wong itu semua ada pemicunya dan saya termasuk yang dapet "kejutan" pagi-pagi di kantor. Ini cerita di balik berita yang ga banyak orang tahu dan saya ga mau cerita di sini. Udah selesai dan udah jadi sejarah.

@kunderemp:
Saya baca thread ini baik-baik... Kok sepertinya saya tidak setuju dengan pendapat Anda. Yang dibahas adalah pendapat dari praktisi BJJ sendiri (sabuk hitam pula!) yang dikutip oleh Mas mpcrb dari sini: http://thebjjway.com/bjj-techniques-drills/history-of-jiu-jitsu-part-2-maeda-and-the-gracies/ dan sini: http://thebjjway.com/the-deeper-aspects-of-bjj/whats-wrong-with-bjj/, lalu beberapa teman menambahkan dari apa yang mereka pernah baca tentang BJJ. Apa itu artinya menjelek-jelekkan BJJ?

Soal BJJ Indonesia dan/atau Niko Han, juga dibandingkan bahwa mereka berbeda dengan BJJ pada umumnya. Seperti yang Bang Antara bilang, dan saya quote "Adapun tentang Synergi Jiu Jitsu, beberapa orang yang saya kenal (termasuk Bang Niko Han sendiri) adalah manusia Indonesia yang berwatak Indonesia, jadi mereka tidak bisa kita anggap mewarisi perilaku para Carioca di Brazil sana, hanya mewarisi ilmu gelutnya saja."

Anda sendiri, sudah baca atau belum sumber aslinya dari link yang diberikan Mas mpcrb?

Lalu, apa maksud Anda dengan kalimat:
Kalau masih gak puas, silakan aja tantang Nicolai Holt http://en-gb.facebook.com/nicolai.holt
Kalau perlu maen pakai aturan dia, latihan dulu cara menghadapi grappling. Latih juga teknik yang bisa dipergunakan dalam batas aturan mereka. Jangan sampai jurus sergap telur atau jurus colok mata keluar. Ntar malah jadi video ejekan lagi.

Iyah, memang di silat ada teknik2 menghadapi grappling. Pertanyaannya tuh teknik keluar gak di pertandingan sebenarnya.

Jadi kalahkan dia, dalam aturan yang dia tetapkan.
Bawa kawan dengan kamera.
Kalau kalah yah latihan lagi.. Biarin aja dia koar2 lagi.

Kalau menang, silakan balas unggah video.
Daripada cuma memendam kekesalan dan ujung-ujungnya malah terjebak pada sikap menjelek-jelekkan beladiri lain.
Perkataan Anda ini apa bukan suatu bentuk provokasi agar pesilat mendatangi Niko Han? Memadamkan api bukan dengan menyiramkan minyak. Untungnya yang merasa kesolot hanya Anda, dan itu membuat saya tambah bingung. Sebagai seorang pesilat (kalau memang Anda seorang pesilat), mengapa Anda yang harus kesolot?

Mohon maaf atas kebingungan saya ini. No offense and no flaming intended, just confused...

Mas Moderators, kalo posting kebingungan saya ini tidak semestinya, mohon dihapus saja. Thanks.

Salam...

Antara

  • Moderator
  • Pendekar Madya
  • **
  • Thank You
  • -Given: 28
  • -Receive: 29
  • Posts: 1.168
  • Reputation: 110
  • Malu bertanya tinggal pake GPS...
Re: Surat Klarifikasi dari Niko Han - Synergi Jiujitsu
« Reply #23 on: 02/03/2011 20:29 »
Nah, jadi seru deh... 8)

Prinsipnya, utasan ini menjelaskan dan menjernihkan sikap synergi jujutsu terhadap kasus pelecehan silat oleh Mas Niko Holt. Kita memahami tanpa kesalahan tafsir lagi bahwa synergi tidak sepakat terhadap sikap Mas Niko Holt dan sudah meminta yang bersangkutan untuk mengubah sikapnya itu, namun Mas Holt bersikukuh dan menyatakan bahwa itu adalah pilihan pribadi.

Selesai sampai di sana. Ini adalah kasus antara Niko Holt dan silat, atau mungkin bisa disebut secara spesifik perguruan apa. Bukan antara BJJ, Synergi, dan silat.

@Bang mpcrb,
Informasi yang Abang sampaikan valid adanya dan datang dari sumber yang kredibel, namun informasi tersebut tidak menggerakan diskusi kita secara produktif. Tidak penting bagi kita seandainya-pun benar bahwa BJJ adalah ilmu yang diturunkan di kalangan bandit jalanan dan pengedar narkoba di Rio de Janeiro. Apa kontribusi informasi tersebut bagi kasus ini, dibandingkan potensinya untuk menyebabkan flamming meski tidak dimaksudkan demikian?

@Bang Don,
Saya rasa tulisan kunderemp adalah ungkapan kekesalan beliau bahwa kita hanya membuka utasan lama yang sudah dianggap selesai tanpa tindakan nyata, akhirnya cuma seperti ibu-ibu yang bergosip tanpa berani tampil ke permukaan dengan solusi, jauh dari bayangan tentang kaum pesilat yang gagah dan ksatria. Saya sendiri cenderung sepaham dengan kunderemp, meski tentunya saya akan memilih kata-kata yang berbeda.

Toh, Kakang ogebang sudah meluruskan pula persepsi kita.

Dengan begini kita kembalikan utasan ini ke jalur awalnya.
Sip, silakan dilanjut.
Fairy tales don't tell children that dragons are real...
Children always know that dragons are real...
Fairy tales only tell that dragons can be slain...

Suprapto

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 26
  • -Receive: 86
  • Posts: 418
  • Reputation: 137
  • Sahabat Silat
    • Email
  • Perguruan: Merpati Putih
Re: Surat Klarifikasi dari Niko Han - Synergi Jiujitsu
« Reply #24 on: 02/03/2011 21:48 »
Mungkin yang dianggap PRODUKTIP, adalah silat atau khusus perguruan MP mengembangkan teknik grappling, kemudian mencoba tanding DENGAN ATURAN MEREKA?

TIDAK BOLEH PAKAI TEKNIK ANDALAN SILAT?

Mending diakui, sementara, dalam batasan tertentu, dengan aturan grappling, mereka unggul.

Atas kecerobohan "pesilat" beruniform MP, entah itu bukan anggota atau anggota yang ceroboh terpancing tidak terkoordinasi, saya atas nama pribadi mohon maaf dan  menyampaikan terimakasih kepada para sahabat pecinta silat, yang bersimpati dan merasa ikut tercubit, bereaksi membela kehormatan silat.

Adapun sikap kami, seperti yang diungkapkan mas Ogebang.

Salam.

dsbasuki

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 11
  • -Receive: 24
  • Posts: 528
  • Reputation: 56
    • Who? Me?
  • Perguruan: Kelatnas Indonesia PERISAI DIRI
Re: Surat Klarifikasi dari Niko Han - Synergi Jiujitsu
« Reply #25 on: 03/03/2011 06:17 »
@Bang mpcrb,
Informasi yang Abang sampaikan valid adanya dan datang dari sumber yang kredibel, namun informasi tersebut tidak menggerakan diskusi kita secara produktif. Tidak penting bagi kita seandainya-pun benar bahwa BJJ adalah ilmu yang diturunkan di kalangan bandit jalanan dan pengedar narkoba di Rio de Janeiro. Apa kontribusi informasi tersebut bagi kasus ini, dibandingkan potensinya untuk menyebabkan flamming meski tidak dimaksudkan demikian?
Bang Antara, saya tidak setuju dengan pendapat Abang. Justru dengan link dari Mas mpcrb, kita (baca: saya) jadi maklum dengan "kelakuan" orang BJJ, apalagi yang bilang praktisi sabuk hitam BJJ sendiri. Lalu Bang Antara menyanggah mengenai Synergi dan/atau Niko Han yang tidak seperti mereka. Sehingga saya pribadi bisa mengambil kesimpulan yang sama dengan apa yang Bang Antara bilang:
Ini adalah kasus antara Niko Holt dan silat, atau mungkin bisa disebut secara spesifik perguruan apa. Bukan antara BJJ, Synergi, dan silat.

Bagi saya pribadi, link dari Mas mpcrb bisa berakibat positif. Kalau sampai kunderamp kesolot dengan link itu, saya jadi bingung, ditambah pula dia ngomporin soal ngeluruk ke tempat Niko Han segala. Ngapain? Memang, mungkin maksudnya seperti yang Bang Antara bilang,
@Bang Don,
Saya rasa tulisan kunderemp adalah ungkapan kekesalan beliau bahwa kita hanya membuka utasan lama yang sudah dianggap selesai tanpa tindakan nyata, akhirnya cuma seperti ibu-ibu yang bergosip tanpa berani tampil ke permukaan dengan solusi, jauh dari bayangan tentang kaum pesilat yang gagah dan ksatria....
Gagah dan ksatria saja tidak cukup untuk seorang pesilat. Pesilat juga harus bisa jadi "pandito", alias harus bijaksana. Apa dengan cara ngluruk ke Niko Han, masalah (yang sudah selesai) jadi lebih baik? Bagi saya, tindakan nyata kita sudah jelas (sampai ada rapat khusus di Padepokan Silat segala, dan saya hadir waktu itu), makanya sampai Niko Han nulis surat klarifikasi dan permintaan maafnya di utasan ini.

Saya sekedar bertukar pendapat Bang Antara, bukan mau ngeyel lhooo... :)

Jabat erat...

kunderemp

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 58
  • -Receive: 12
  • Posts: 213
  • Reputation: 41
  • Sahabat Silat
    • Email
  • Perguruan: beberapa plus youtube-fu
Re: Surat Klarifikasi dari Niko Han - Synergi Jiujitsu
« Reply #26 on: 03/03/2011 08:05 »
Kang mpcrb,
kang Basuki.

Nyuwun ngapunten kalau kata-kata saya kasar.


Begini lho, Kang.
Kalau tulisan-tulisan kang mpcrb ditulis saat:

1. membahas apakah perlu pendidikan moral di perguruan silat; atau masih bisa dimaklumi bila tulisan mpcrb muncul saat
2. kita masih lagi emosi, kasusnya masih baru karena ini reaksi wajar

mungkin saya tidak akan bereaksi.

Tapi saya bereaksi karena:
1. ini kasus lama;
2. topik ini kan diawali dari klarifikasi dari Niko Han yang tidak setuju dengan tindakan Nicolai.

Tulisan Kang mpcrb, walaupun itu mengutip praktisi BJJ sendiri, dalam konteks ini rasanya tidak pantas dan tidak bijak.

Saya justru tidak sependapat bila tautan kang mpcrb membawa positif.
Mungkin positif, bila kita sedang membahas tentang moral dan perguruan beladiri.

Negatif, bila kita sedang membahas tentang perselisihan beladiri satu dengan beladiri tersebut (dalam hal ini BJJ) apalagi bila praktisi beladiri tersebut sudah menyatakan tidak setuju dengan perilaku si oknum.

Kenapa negatif?
Karena membawa kesan ngrasani, nggosip.
Apa yang pandito dan bijaksana dengan menimbulkan kesan itu?



Maaf,
saya tidak pernah bilang untuk menantang Niko Han.
Maksud saya adalah jika klarifikasi Niko Han tidak cukup dan masih mengganjal. Selesaikan sendiri dengan si oknum yang bermasalah, Nicolai. Tak usah membawa-bawa keburukan BJJ di thread klarifikasi ini.

Saya memang memanas-manasi, sekali lagi, bila ada yang tidak puas dan mau menantang sang oknum, 'sekalian pakai aturan dia'. Biar lebih puas kalau menang.  Aturan di sini  bukan berarti ikut-ikutan grappling 'ala Jiujitsu tetapi aturan pertandingannya.

Apa gunanya menang pakai aturan bertarung di jalan? Udah dianggap pidana pasal penganiayaan oleh polisi, si oknum juga tidak akan mengakui kekalahannya.

Tapi sekali lagi, silakan gunakan langkah ini kalau ada yang merasa masalahnya belum selesai, belum puas dengan klarifikasi Niko Han.

Tulisan Kang MPCRB di topik klarifikasi ini, membawa kesan 'ngedumel' dan kemudian disambut oleh kenangan buruk oleh pesilat lain. Kok rasanya tidak pantas yah di topik permintaan maaf seperti ini?

Antara

  • Moderator
  • Pendekar Madya
  • **
  • Thank You
  • -Given: 28
  • -Receive: 29
  • Posts: 1.168
  • Reputation: 110
  • Malu bertanya tinggal pake GPS...
Re: Surat Klarifikasi dari Niko Han - Synergi Jiujitsu
« Reply #27 on: 03/03/2011 09:59 »
Hehehehe... ngobrol sama pesilat itu ya gayengnya begini ini.

btw, di post yang ini saya cuma lagi ngobrol santei sama abang saya, Mas Don, jadi sedikit OOT sebentar ya? Ini seputar asumsi dan persepsi...

Bang Antara, saya tidak setuju dengan pendapat Abang. Justru dengan link dari Mas mpcrb, kita (baca: saya) jadi maklum dengan "kelakuan" orang BJJ, apalagi yang bilang praktisi sabuk hitam BJJ sendiri.

saya maklum sekali, Mas Don, toh ini bukan hal yang baru,
  • Silat itu tarian yang gak ada gunanya
  • Judo itu lebih terhormat dari Jujutsu
  • Aikido itu beladiri omong kosong
  • Karate itu ngajarin orang berantem kayak robot
  • keseluruhan beladiri adalah takhayul
dan sekarang; BJJ adalah beladiri yang lahir di tangan orang-orang tanpa tata krama. Saya malah bisa menambahkan dengan kajian kondisi sosio-ekonomi penduduk Rio de Janeiro dan memberi paparan kenapa bisa muncul sikap semacam itu... semakin mendukung "pemahaman" kita terhadap BJJ.

Tapi perlukah itu?

Sudah mahfum. Beberapa orang yang belum sanggup menghargai diri mereka sendiri apa adanya punya kebutuhan untuk melihat cacat pihak lain, semata-mata untuk melihat diri sendiri lebih baik. Omongan macam ini akan selalu ada.

Kita pesilat bukan manusia semacam itu.

Karenanya...

Lalu Bang Antara menyanggah mengenai Synergi dan/atau Niko Han yang tidak seperti mereka. Sehingga saya pribadi bisa mengambil kesimpulan yang sama dengan apa yang Bang Antara bilang:
Ini adalah kasus antara Niko Holt dan silat, atau mungkin bisa disebut secara spesifik perguruan apa. Bukan antara BJJ, Synergi, dan silat.

... seandainya di utasan ini kita mau utak-utik orang lain, konteks yang lebih tepat adalah mencari tau seperti apa Mas Nico Holt itu sebenarnya. Bukankah ini urusan dengan dia secara pribadi, bukan dengan "mereka", siapapun mereka itu?

Apakah Mas Holt berwatak seperti itu karena pendidikan BJJ-nya, atau beliau sudah begitu dari kecil, atau memang sedang mengalami inferiority complex karena pekerjaan, atau hal lain? Jangan sampai ke men-dzalimi suatu golongan, punya persepsi buruk pada golongan tersebut, hanya karena polah satu orang yang punya afiliasi ke sana. Sudah banyak masalah yang timbul karena generalisasi yang ceroboh.

Jika kita ingin memahami BJJ dengan lebih baik, alangkah asyiknya kalau kita buat diskusi bulanan dengan mengundang narasumber dari BJJ (btw, udah lama juga ya?). Biar kita dengar sendiri prestasi dan petaka aliran ini dari praktisinya langsung. Sukur-sukur bisa icip-icip maenan bawah mereka yang termasyhur itu, dan menambah lebih banyak kawan.

Gitu lo maksudnya, Mas Don...
Fairy tales don't tell children that dragons are real...
Children always know that dragons are real...
Fairy tales only tell that dragons can be slain...

Unknown

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 65
  • -Receive: 41
  • Posts: 1.486
  • Reputation: 95
  • I'm no longer a member of this forum
    • FORUM SILAT
Re: Surat Klarifikasi dari Niko Han - Synergi Jiujitsu
« Reply #28 on: 03/03/2011 10:20 »
GRP to para sahabat yang telah berdiskusi dengan bijak dan dewasa :
brother Antara
Mas Don
Mas Ogebang
Mas MPCRB
Mas Kunderem
 [top]
« Last Edit: 03/03/2011 10:25 by suporter »

dsbasuki

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 11
  • -Receive: 24
  • Posts: 528
  • Reputation: 56
    • Who? Me?
  • Perguruan: Kelatnas Indonesia PERISAI DIRI
Re: Surat Klarifikasi dari Niko Han - Synergi Jiujitsu
« Reply #29 on: 03/03/2011 10:32 »
btw, di post yang ini saya cuma lagi ngobrol santei sama abang saya, Mas Don, jadi sedikit OOT sebentar ya? Ini seputar asumsi dan persepsi...

....Gitu lo maksudnya, Mas Don...
[[damai]] [*bersoja sambil mengangsurkan secawan teh*] Terima kasih Bang Antara. Yang jelas, ngobrol tukar pikiran dalam suasana santai jauh lebih asyik dari pada panas-panasan, ta iye? Lebih asyik lagi kalo bisa kopdar di Padepokan, soalnya bisa sambil ngupi-ngupi dan nyobain (baca: maen-maen) teknik-teknik "heboh" untuk saling bagi pengetahuan, BUKAN untuk unjuk gigi siapa lebih bagus. Gitu ya Bang?

Jabat erat...

 

Powered by EzPortal