Forum Sahabat Silat

Bahasa Indonesia => Seputar Dunia Beladiri => MMA => Topic started by: Bayu Umbara on 11/12/2010 10:34

Title: Syufu Taesyukhan MMA Harokah Islam
Post by: Bayu Umbara on 11/12/2010 10:34
Salam Silat buat sahabat silat semuanya :) :) :)
Barangkali dari Rekan2 sahabat silat ada yang mau share tentang beladiri Syufu Taesukan yang termasuk kategori MMA berbasis Islam,mohon maaf kepada moderator kalau membawa2 agama,karena memang demikian adanya,dan mohon maaf kepada para suheng semua saya mengangkat tentang syufu disini
karena syufu sebagai beladiri juga harus dikenal oleh forum2 seperti sahabat silat ini,
wassalam
Title: Re: Syufu Taesyukhan MMA Harokah Islam
Post by: Bayu Umbara on 11/12/2010 10:59
Sahabat silat,sedikit penuturan dari saya tentang Syufu taesyukan yang pernah saya cemplungi sekitar tahun 1999 sampai tahun 2002 walaupun tidak sampai tuntas karena waktu itu ada beberapa kendala yang menyebabkan saya terhenti mempelajari Syufu,
Berawal sebelumnya saya dan teman2 sekitar 30 orang belajar tifan pokhan secara informal dari seorang rekan praktisi Tifan dari Majalengka di Gor Jl,Jakarta bandung, beberapa lama latihan kita didatangi oleh pengurus syufu taesyukan yaitu ustas yudi, kang yana dan pak toto, kita diajak bergabung secara resmi dalam beladiri syufu taesyukan, akhirnya saya dan teman2 memutuskan untuk bergabung dengan syufu taesyukan setelah mendengar penuturan tentang syufu dari mereka bertiga sebagai senior2 syufu.
selanjutnya kita mulai latihan di SMA pasundan JL.sumatera langsung dipimpin oleh ustad Yudi dan kadang2 kalau ustad yudi berhalangan dilatih oleh kang yana,
Ustad yudi merupakan murid ustad merzedek yang mengembangkan beladiri syufu di indonesia,
menurut cerita, bahwa ustad merzedek punya dua murid utama yaitu ustad pupu dan ustad yudi,ustad yudi mendalami kitab syufu dan ustad pupu mendalami kitab tifan,akhirnya keduanya mengembangkan basis beladirinya masing2,ustad yudi dengan syufunya dan ustad pupu dengan tifannya (Mohon para suheng dikoreksi kalau ada yang salah)
kalau dalam kemiliteran  prajurit tifan adalah bertugas penyusup karena memiliki basis kelincahan dan kelenturan tubuh dan kalau prajurit Syufu adalah sebagai pendobrak digaris depan karena memiliki fisik yang besar dan kuat.
ngaso dulu ah nanti dilanjut lagi
salam
Title: Re: Syufu Taesyukhan MMA Harokah Islam
Post by: Bayu Umbara on 11/12/2010 11:17
Karena Syufu pada awalnya merupakan beladiri pasukan islam di daerah cina utara,maka pelajaran beladirinya juga berbasis kemiliteran, ada pelajaran berkuda,memanah,arung jeram,terjun payung,climbing dll.
dalam beladiri syufu setiap latihan akan langsung dilakukan praktek jurus dengan tarung bebas dengan istilah turgul.
dalam beladiri syufu diajarkan teknik menghadapi keroyokan sampai 12 orang.
dan jurus2 yang dilatih sangat komplit dan kelebihan dari latihan berjurus di syufu yaitu
dari semua jurus yang diajarkan bisa dirangkaikan dalam satu rangkaian gerak dari awal sampai akhir
dan dari hasil latihan akan dihasilkan Dah (tenaga dalam), jadi Dah didapat dari hasil latihan berjurus bukan dari hasil olah nafas,kalau seorang tamid (murid) biasa berlatih disiang hari yang panas maka Dah yang dihasilkan adalah Dah panas,dan kalau tamid biasa berlatih dimalam hari maka Dah yang akan terbentuk adalah Dah dingin.
Beladiri syufu termasuk kedalam kategori beladiri keras seperti boxing,rata2 para tamid yang berlatih syufu akan memiliki tubuh yang besar dan berotot tergantung porsi latihan dan porsi makannya hehe..
udah dulu ah silahkan dilanjut para suheng
salam
Title: Re: Syufu Taesyukhan MMA Harokah Islam
Post by: Bayu Umbara on 11/12/2010 11:24
lanjut lagi sahabat silat ;D ;D ;D
Teknik2 bertarung yang diajarkan didalam syufu adalah seperti teknik bertarung didalam Mixed martial Art,
namun kelebihan yang ada di dalam beladiri syufu, seorang tamid tidak melulu diajarkan tentang olah jurus dan olah fisik tapi juga ditempa masalah ruhiyahnya atau siraman2 rohani yang akan menguatkan mental dan keimanan seorang tamid dalam menghadapi kerasnya pergumulan kehidupan ini,agar tidak melenceng dari jalan kebaikan dan kebenaran,dan tetap istiqomah dalam tugas dan misi utamanya untuk menegakkan alhaq dimuka bumi ini pada umumnya dan diwilayah mereka masing2 pada khususnya,terutama didalam diri pribadi mereka masing2.
ditunggu sharingnya para suheng
salam
Title: Re: Syufu Taesyukhan MMA Harokah Islam
Post by: Bayu Umbara on 11/12/2010 11:28
Sedikit mengenai sejarah syufu yang saya ambil dari blognya syufu taesyukhan; http://muslimmartialarts.blogspot.com/
ARTI NAMA Syufu Taesyukhan

Syufu atau sufu adalah nama sebuah tempat di Cina bagian utara yang dipakai pada beladiri ini untuk mengingat bahwa ditempat inilah beladiri ini ditempa, dikaji, dan terbentuk. (insert peta)

Taesyukhan asalnya merupakan nama lain dari Shurulkhan yang mempunyai arti siasat raja perkelahian.

Pada perkembangannya beladiri ini membentuk jadi aliran beladiri tersendiri.

Salah satu pendekar yang berjasa atas terbentuknya beladiri ini adalah keturunan bangsa Saldsyuk Timur bernama Tso ya khu adapula yang menulisnya Tso ya ho yakhu (Jauhar Sirakuh) orang urwun, keturunan orat mongol Islam, orang muslim Cina. Kemudian Ismet Urwun dan kawan-kawan menertibkan dan menyusun kembali beladiri ini agar tertata sedemikian rupa.

SEJARAH SINGKAT SYUFU TAESYUKHAN

Gambaran beladiri Syufu Taesyukhan : beladiri A bertemu dengan beladiri B membentuk beladiri AB; beladiri AB bertemu dengan beladiri baru yang lebih baik yaitu beladiri C maka hasil perpaduannya memunculkan beladiri ABC; pada perkembangan berikutnya muncul beladiri unik yaitu beladiri D terbentuklah perpaduan berikutnya yang bernama beladiri ABCD dan seterusnya sampai terbentuk beladiri yang dianggap sempurna.

Berawal dari pergumulan atau gumul semua beladiri berasal, pada perkembangannya terbentuklah beladiri masing-masing bangsa atau suku, seperti Cina yang mempunyai sejenis ilmu silat, India dengan tinju dan pernapasan Yoga nya, suku-suku Mongol yang hanya mengenal sejenis gulat dan tinju, dan masih banyak jenis beladiri lain dari mulai beladiri keluarga sampai beladiri kelompok.

Pada perkembangan berikutnya pernapasan Yoga berpadu dengan Silat Cina memunculkan nama Shaolin Kungfu, dikalangan kaum Muslim pun beladiri sejenis ini muncul dengan nama Thifan Po Khan.

Gulat dan Tinju Mongol yang sangat terkenal pada waktu itu di padukan dengan beladiri Shaolin melahirkan Tae Kumfu atau Tae Payuk, salah satu paduan beladiri Mongol dan beladiri Shaolin yang balik ke Cina adalah Kuntaw.
Title: Re: Syufu Taesyukhan MMA Harokah Islam
Post by: Bayu Umbara on 11/12/2010 11:29
Tae Payuk sendiri terpecah karena perbedaan suku, pecahannya itu antara lain :

* Payuk, Kumfu atau Kouw anh
* Orluq atau Saldsyuk
* Bahroiy (nama orang, beladiri ini sejenis Tai Chi)
* Namuit (Nama Penegak/nama orang yang membentuknya)
* Syirulgrul (nama penegak)
* Narkiol artinya penghantar maut
* Fa Than (nama suku)
* Krait (nama suku)
* Naiman (nama suku)

Aliran-aliran ini hanya terkenal dikalangan bangsawan, sehingga dinamai Siasat Pukulan Raja-raja, orang Turki Timur menyebutnya Shurulkhan, sedang orang Uighur (Wigu), Urwun menyebutnya Taesyukhan, lidah orang Saldsyuk menyebutnya Syu Rulg Khan, dan orang Cina menyebutnya Tsu Yu Kang. Kitab I Divan-i-Tamid Taesyukhan-i- Orluq Saldsyuk hal.16

Beladiri ini juga dikenal dengan nama Tsyo Kumfu, Kumfu Utara.

Masa berikutnya muncul nama Taesyukhan-i-Orluq Saldsyuk, orang Koiyt menamakannya Silat 12, karena beladiri yang satu ini memadukan 12 aliran beladiri besar pada waktu itu.
Title: Re: Syufu Taesyukhan MMA Harokah Islam
Post by: Bayu Umbara on 11/12/2010 11:30
Silat-silat dan beladiri yang diambil sari-sari nya itu adalah :

· Tae Kumfu sebagai dasar

· Tae Kun’i atau Kuntaw

· Sari-sari Suyi (beladiri andalan pasukan Timur Lenk)

· Pukulan dan gulat Mongol (beladiri andalan JenghisKhan)

· Beladiri Shantung (Tinju Shantung)

· Silat Uighur (dibaca Wigu) dan Tatar

· Sari-sari Bahroiy (beladiri timbangan sejenis Tai Chi)

· Sari-sari Namsuit

· Narkiol (penghantar maut) aliran selatan

· Gubahan Kumfu (aliran lain pecahan Kumfu/Kungfu)

· Pendidikan tenaga Daht (tenaga Dalam)
Title: Re: Syufu Taesyukhan MMA Harokah Islam
Post by: Bayu Umbara on 11/12/2010 11:31
Seperti yang telah disampaikan pada awal pemaparan, sejarah terbentuknya Syufu Taesyukhan adalah hasil perpaduan beladiri yang ada untuk diambil inti sari beladiri dimaksud.

Disebutkan dalam Mukadimah Kitab ke 3 yaitu Kitab Shurulkhan ni Syufu halaman 169 sebagai berikut :

Syahdan karena perpaduan aliran-aliran Shurulkhan dan karena telah terkitabkan Taesyukhan dan Tae Kumfu maka di lanah lahirlah bentuk baru, ilmu perkelahian baru, kianlah lama kianlah jauh menjauhi pokok sampai batas perhentian, batas perhentian itulah : “Syufu”

Syufu adalah akhir aliran Taesyukhan penyelamat kehancuran aliran Orluq.

Dengan hampir 90% materi Taesyukhan-i-Orlu Saldsyuk ini terselamatkan maka nama Taesyukhan di sandingkan dengan nama Syufu, jadilah Taesyukhan “Syufu” atau Syufu Taesyukhan.

Demikian sekilas sejarah dari Syufu Taesyukhan.
Title: Re: Syufu Taesyukhan MMA Harokah Islam
Post by: Bayu Umbara on 11/12/2010 11:34
SYUFU TAESYUKHAN DI INDONESIA

Dari catatan terjemahan buku kitab Shurulkhan ni syufu, beladiri ini masuk ke Indonesia abad ke 13 hijriyah, dalam buku hasil terjemahan tertulis 12 Rabi’ul Awal 1312 H atau 31 Juli 1936.

Berkembang dari pesantren ke pesantren.

Secara resmi beladiri ini didaftarkan menjadi olah raga resmi pada Notaris.

Agar lebih memfokuskan diri atau menspesialisasikan diri hanya pada beladirinya saja maka pengurus Syufu Taesyukhan membentuk sebuah yayasan yang didaftarkan pada Notaris dengan nama Yayasan Bulan Sabit.

Bertempat di Bandung Jawa Barat Bapak Prof.DR. Haji Toto G.U. Drs.Mpd. sebagai penasihat Syufu Taesyukhan sekaligus sebagai ketua Yayasan Bulan Sabit menuntun kami agar beladiri ini dapat bermanfaat bagi Islam dan kaum Muslimin.

Untuk itu kami Pengurus Syufu Taesyukhan berusaha mengulirkan program-program pendidikan pelatihan juga seminar-seminar tentang beladiri agar umat Islam :

* Dapat membedakan beladiri yang benar-benar beladiri dengan beladiri yang hanya namanya saja beladiri tetapi tidak bisa dipakai beladiri
* Dapat mengetahui bahkan merasakan manfaat beladiri
* Dapat mengetahui beladiri yang tidak melanggar syar’i
* Dan hal lain yang ada hubungannya antara beladiri dan Islam.

Menyadari bahwa Syufu Taesyukhan adalah Mixed Martial Arts nya Islam maka untuk selalu memposisikan beladiri ini sebagai paduan beladiri terkini dibentuklah LITBANG Syufu Taesyukhan, tugas nya melihat perkembangan beladiri terkini dan mengambil intisari nya, tugas pokok lainnya adalah memperdalam materi yang ada pada Syufu oleh para anggota LITBANG dengan tujuan agar materi yang ada bisa benar-benar dipahami dan di praktekan secara maksimal.
Title: Re: Syufu Taesyukhan MMA Harokah Islam
Post by: Bayu Umbara on 11/12/2010 11:35
Pendalaman materi dimaksud antara lain :

* Tauhid, agar anggota dan umat Islam tidak mempraktekan kemusyrikan didalam beladiri (oleh dewan Fatwa)
* Ahlak, agar anggota berahlakul karimah (oleh dewan Fatwa)
* Senzo (oleh pakar kealaman)
* Medis (oleh Bulan Sabit Merah)
* Turgul (oleh team ahli)
* Jurus (oleh team ahli)
* Kuda-kuda (oleh team ahli)
* Langkah (oleh team ahli)
* Daht / tenaga dalam (oleh team ahli)
* Dan lain-lain

Dari pemaparan diatas dapatlah di pahami bahwa berbicara Syufu artinya berbicara tentang sekelompok orang bukan berbicara tentang seseorang, hal ini dilkakukan karena menyadari bahwa kemampuan seseorang akan sesuatu sangatlah terbatas, untuk itu demi memaksimalkan tiap materi haruslah ditunjuk satu orang atau sebuah team untuk mendalaminya hingga benar-benar bisa bermanfaat bagi Islam dan kaum Muslimin tidak hanya sekedar mitos.

BELADIRI TERBAIK

Islam mengajarkan pada kaum Muslimin untuk mendalami berbagai Ilmu yang berguna, salah satunya adalah ilmu beladiri.

Beladiri apapun, selama bermanfaat dan bisa digunakan untuk pembelaan diri, tidak mempraktekan kemusyrikan dan Bid’ah didalamnya, tidak percaya pada Khurafat dan takhayul pada komunitasnya maka umat Islam di sarankan mempelajari dan menguasainya.

Syufu Taesyukhan bukanlah beladiri terbaik di dunia, hal ini diungkapkan karena kami menyadari bahwa ilmu tertinggi manusia hanyalah setetes air diatas lautan samudra ilmu Yang Maha Kuasa, para pendekar selalu mengingat pepatah yang berbunyi “diatas langit masih ada langit” ,artinya bagaimanapun tingginya ilmu seseorang pasti ada yang melebihinya hal ini membuat kita dituntut untuk selalu waspada dan tidak meremehkan kemampuan seseorang, juga agar pengkaji Syufu selalu bersemangat untuk menambah wawasannya tentang perkembangan beladiri termutahir.

Dengan demikian kami Zho Lanah Syufu Taesyukhan selalu mencari informasi terkini tentang perkembangan beladiri agar dapat memberikan yang terbaik bagi Islam dan kaum Muslimin
Title: Re: Syufu Taesyukhan MMA Harokah Islam
Post by: Bayu Umbara on 11/12/2010 11:42
Ini informasi tentang lanah atau tempat latihan syufu Taesyukan :
ZHO LANAH SYUFU

The Art of Survival

Sekertariat Pusat : Jl Raya Cipacing Km 20 RT 06/07 Desa Cipacing Kecamatan Jatinangor Sumedang 45363 Telp. (022) 7795618 HP.081912707428 (Jajang) - 081703451590 (Yana) – 087820099906 (Iman S.P.)

Lanah Bale Endah : Sekertariat Jln Laswi (Cipeuteuy) RT 01/04 (Kantor PERSIS) Kel. Bale Endah Kec. Bale Endah Tlp. (022) 31001814 (Hadi).

Lanah Gunung Puntang : Sekretariat Jln G. Puntang Km 29 RT 04/06 (Pesantren PERSIS Sirnagalih).Kec Banjaran Tlp. 08562095510 (Fauzan).

Lanah Garut : Jln Raya Karangpawitan No. 155 RT 01/11 Desa Situ Gede Kecamatan Karangpawitan Garut 44182 Tlp 085222884671 (Agus)

Lanah Garut RCB : PERSIS 99 Jln Rancabango Kudangsari Tarogong Kaler Garut Tlp. (0262) 541684 HP 087820148150-08987706609 (A.Risalah H.A.)

Lanah UPI (Universitas Pendidikan Indonesia) : Jln Cipaku II No. 40 RT 01/02 Kel. Ledeng Kec. Cidadap Bandung Tlp. 085294130558 (Rifki)

Lanah Pangalengan : Jln Kertamanah Kmp. Cipanas Margamukti Pangalengan Tlp. 022-92715305 (Ilham)

Lanah Cianjur : Jln DR Muwardi No. 171c Bypass Cianjur (Pesantren Persis) Tlp. 0263-5045411, 08997546888, 087820099906, 083817988686 (Iman S.P.)

Bandung : Jln Pajagalan No 14-16 Bandung Tlp 085223284986 (Mumu Mujahidin)

Lanah Benda Tasikmalaya : (0265) 330006 HP 081221981501 (Doni)

Title: Re: Syufu Taesyukhan MMA Harokah Islam
Post by: Bayu Umbara on 11/12/2010 11:45
Informasi tentang kegiatan syufu taesyukan :
Tiap ahad ke 1 jam 8 pagi pelatihan fisik terutama untuk para pelatih atau instruktur, laporan perkembangan tiap lanah, dan konsultasi pelatihan.
Informasi selengkapnya bisa ditanyakan pada saudara Jajang di 081912707428

Tiap ahad ke 3 pengkajian kitab Syufu oleh kang Yana

Untuk pelatih fisik kini ditangani oleh H. Dede Rijaludin

Setelah dibukanya kelas Instruktur pada ahad I dan kelas pengkajian pada ahad III, Zho lanah akan membuka kelas AKSELERASI, untuk info lengkapnya hubungi saudara jajang.
Title: Re: Syufu Taesyukhan MMA Harokah Islam
Post by: Bayu Umbara on 11/12/2010 11:56
Himbauan bagi tamid2 maupun suheng2 syufu untuk meramaikan tread ini,
silahkan berbagi informasi dan perkembangan syufu terkini,kalau ada yang memiliki foto,video,maupun gambaran2 jurus yang ada di syufu bisa share seluas2nya di sahabat silat.com
saya hanya sebagai pembuka jalan, karena keilmuan maupun informasi yang saya ketahui  tentang syufu sangat terbatas, hanya sebagai wujud kepedulian dan kecintaan saya terhadap beladiri syufu yang sangat unik dan variatif dalam pembelajaran dan keilmuannya, yang pernah mengajarkan dan memahamkan kepada saya tentang kebaikan dan teknik2 dalam  bertarung secara bebas,mohon maaf kepada para suheng dan sesepuh syufu taesukhan kalau saya dengan lancang mengenalkan syufu pada forum sahabat silat ini, walaupun saya sudah tidak aktif lagi secara langsung dalam pembelajaran beladiri syufu,
karena menurut hemat saya syufu taesyukan adalah merupakan bagian besar dari beladiri indonesia maupun dunia.
salam hormat
bayu umbara
Title: Re: Syufu Taesyukhan MMA Harokah Islam
Post by: hummdee6 on 12/12/2010 07:35
Wah nostalgia.. :)
saya dulu dilatih oleh ustadz yudi (kami biasa memanggil beliau kang yudi), dan kadang2 oleh kang yana di lanah STT TELKOM/IT Telkom sekarang..thn 1995-2000 (kl gak salah thn 2000 bubar, tmn2 yg lain pindah ke thifan tsufuk di jalan suryalaya bandung)
Saat itu masih menggunakan nama Thifan Po Khan, blm Syufu Taesyu Khan.
Title: Re: Syufu Taesyukhan MMA Harokah Islam
Post by: Bayu Umbara on 12/12/2010 15:02
Alhamdulillah atuh bang,ternyata saguru saelmu,tapi dari tahun 2000 itu ada permasalahan internal yang mengakibatkan menempuh jalur masing2,ada tifan,ada syufu,ada sufug kalau ga salah,bahkan waktu tahun 2002 kalau ga salah terjadi lagi permasalahan internal syufu yg lebih menyakitkan lagi,yg tidak bisa saya babarkan disini,terima kasih bang bisa sharing di tread ini,silahkan di babarkan lebih dalam lagi tentang syufu yg abang ketahui,mohon maaf atas keterbatasan saya,
wassalam
Title: Re: Syufu Taesyukhan MMA Harokah Islam
Post by: hummdee6 on 13/12/2010 11:21
ralat dikit ahh .. setau saya yang bener tsufuk, bukan syufug.
nama tsufuk itu diambil dari nama tikus salju menurut bahasa urwun. Tsufuk ini adalah lanah thifan di mesjid mujahiddin (CMIIW) di jl suryalaya, buah batu, bandung.

saya gak bs babarkan ttg syufu disini.. soalnya saya hanya pra dasar aja. .. :D
saya hanya latihan sentay, wigu po'er (jurus pukulan dasar),jurus tendangan dasar (rangkaian),  dan maksimum jurus naga kembar.
dan pernah diperlihatkan senam daht sedikit..
jadi saya agak bingung jg saat kamu bilang (di thread lain) bahwa latihan daht di thifan bukan berasal dari olah nafas melainkan latihan jurus... walau makanan jg pernah dibilangin ama ust yudi ini.
Title: Re: Syufu Taesyukhan MMA Harokah Islam
Post by: Bayu Umbara on 13/12/2010 11:56
Betul bang begitu ejaan yg benarnya,saya EYD nya agak kacau nih hehe :D :D
Kalau yang saya terima dari ustad yudi dan suheng2 yang lain seperti itu,bahwa daht atau tenaga dalam disyufu dihasilkan dari efek latihan bukan dari olah nafas secara khusus seperti beladiri2 tenaga dalam lainnya, wallohu'alam bisshowab.
apalagi saya bang udah pada lupa2 nama2 jurusnya juga,pas abang sebutin nama2 jurusnya baru saya rada2 inget,maklum memorynya sdh lama ga diupdate hehe..
terimakasih bang hummdee6 atas partisispasinya,nanti PM nya saya jawab
wassalam

Title: Re: Syufu Taesyukhan MMA Harokah Islam
Post by: Bayu Umbara on 20/01/2011 09:18
Untuk membuka kembali tread syufu ini,saya akan menceritakan sedikit pengalaman saya di syufu tentang dah atau daht, dulu pada saat mau ujian kenaikan tingkat,waktu itu masih dasar sekali,saya praktek aplikasi sebuah jurus dengan suheng saya atau senior yang setingkat diatas saya,tanpa sengaja tangannya memukul dada saya dan itu juga bukan pukulan dengan sepenuh tenaga tapi hanya pukulan menyerempet saja,tapi akibat dari pukulan setengah tenaga dan tidak telak itu kedada saya sangat mengangetkan saya karena bekas pukulannya langsung menghitam dan saya merasakan sakit didada saya sekitar satu minggu,saya berfikir bagaimana kalau pukulan dari maha gurunya kata saya dalam hati,itulah tenaga daht yang dihasilkan dari efek latihan syufu,walaupun syufu tidak menfokuskan kepada pelatihan olah nafas seperti beladiri tenaga dalam lainnya,barangkali teman2 dari syufu yang punya pengalaman dan juga keilmuan maupun informasi bisa mermaikan diskusi di tread ini,terimakasih jazakumulloh khoiron katsiro
salam
Title: Re: Syufu Taesyukhan MMA Harokah Islam
Post by: hb on 20/01/2011 12:59
Penjelasan yang ane terima bahwa daht timbul dari latihan yang benar dan continue serta didukung dengan nutrisi. Latihan yang benar ini mencakup beberapa hal yaitu gerakan yang benar, waktu yang tepat, disebutkan latihan malam dan siang akan menghasilkan daht yang berbeda, dan termasuk disini sangat penting adalah adanya olah nafas yang benar. Dalam thifan dan syufu sebenarnya banyak jenis teknik nafas, hal ini diberikan secara bertahap sesuai tingkat maupun terkait dengan keamanahan. Kalau diawal-awal memang teknik nafas ini hanya diajarkan selintas saja dan tidak benar-benar di fokuskan. Maaf sekedar share dari info yang saya terima
Title: Re: Syufu Taesyukhan MMA Harokah Islam
Post by: Bayu Umbara on 20/01/2011 13:14
betul sekali mas hb,tidak fokus bukan berarti tidak ada,tapi bukan jadi tujuan pembelajaran yang utama,merupakan bagian dari pelatihan, sangat berbeda sekali dengan beladiri yang khusus fokus pembelajarannya mempelajari dan mendalami tenaga dalam,lebih kurangnya begitu mas hb,mohon maaf kalau kurang tepat,terima kasih
salam
Title: Re: Syufu Taesyukhan MMA Harokah Islam
Post by: Satria Piningit on 18/02/2011 23:51
Assalamualaikum,salam kenal kang bayu umbara dan saudara-saudara zholanah semuanya, saya masih newbe di SS ini maupun dalam belajar syufu mohon bimbingan dan pencerahannya,terima kasih kang bayu telah membuka tread ini sehingga syufu taesyukhan sebagai beladiri yang islami bisa lebih dikenal masyarakat luas khususnya dikalangan pencinta beladiri,saya adalah penggemar berat syufu walaupun saya bukan termasuk tamid yang rajin,hanya sekedar bisa aja,mudah2an bisa menambah pengetahuan saya yang masih cupu ini,terima kasih
Title: Re: Syufu Taesyukhan MMA Harokah Islam
Post by: Bayu Umbara on 20/02/2011 06:55
Terima kasih kang satria piningit,salam kenal dan selamat bergabung di forum ini,silahkan dibabar disini pengetahuannya tentang syufu,agar diskusinya lebih rame lagi dan semakin menambah warna2 baru dalam pengetahuan dan keilmuan beladiri syufu di tread ini.terima kasih
salam