+-

Video Silat

Shoutbox

07/11/2021 17:43 santri kinasih: Holaaaaas
10/02/2021 10:29 anaknaga: Salam Silat..
Semoga Sadulur sekalian sehat semua di Masa Pandemi Covid-19. semoga olah raga dan rasa dapat meningkatkan daya tahan tubuh kita. hampur 5 tahun tidak ada yang memberikan komen disini.
23/12/2019 08:32 anaknaga: Tidak bisa masuk thread. dah lama tidak nengok perkembangan forum ini.
salam perguruan dan padepokan silat seluruh nusantara.
02/07/2019 18:01 Putra Petir: Akhirnya masuk jua... wkwkwk
13/12/2016 10:49 Taufan: Yuk ke Festival Kampung Silat Jampang 17-18 Desember 2016!!!
20/09/2016 16:45 Dolly Maylissa: kangen diskusi disini
11/02/2016 15:58 Taufan: Alhamdulillah SS sudah ON lagi ;-)
View Shout History

Recent Topics

Berita Duka: Alamsyah bin H Mursyid Bustomi by luri
10/07/2022 09:14

PPS Betako Merpati Putih by acepilot
14/08/2020 10:06

Minta Do`a dan bimbingan para suhu dan sesepuh silat :D. SANDEKALA by zvprakozo
10/04/2019 18:34

On our book: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
13/03/2017 14:37

Siaran Radio ttg. Musik Pencak Silat di Stasiun "BR-Klassik / Musik der Welt" by Ilmu Padi
12/01/2017 16:19

Tentang buku kami: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
17/10/2016 20:27

Hoby Miara Jin by anaknaga
19/09/2016 04:50

TALKSHOW SILAT - Silat Untuk Kehidupan by luri
22/06/2016 08:11

Thi Khi I Beng by aki sija
17/08/2015 06:19

[BUKUTAMU] by devil
09/06/2015 21:51

Daftar Aliran dan Perguruan di Indonesia by devil
01/06/2015 14:01

SILAT BERDO'A SELAMAT by devil
01/06/2015 13:59

Persilatan Jurus Lima (Sabandar) by Marsudi Eko
14/05/2015 19:36

Kebugaran Merpati Putih by mpcrb
22/04/2015 16:16

PAWAI JAMBORE PENCAK 2015 by luri
20/04/2015 16:20

SilatIndonesia.Com

Author Topic: Kisah libur di hari Senin  (Read 5852 times)

Antara

  • Moderator
  • Pendekar Madya
  • **
  • Thank You
  • -Given: 28
  • -Receive: 29
  • Posts: 1.168
  • Reputation: 110
  • Malu bertanya tinggal pake GPS...
Kisah libur di hari Senin
« on: 28/04/2008 20:30 »
Hari senin yang saya sukai adalah hari senin yang tidak perlu masuk kantor, baik
karena libur, cuti, atau alasan lainnya (baca: bolos). Hari senin ini adalah salah
satu dari hari-hari tersebut.

Pagi ini saya habiskan dengan mengulang lima jurus yang saya pelajari dari Pak
Bambang, masing-masing dapat porsi dua puluh menit dengan selingan istirahat
selama lima menit diantara masing-masing jurus.

Sedikit-sedikit bertegur sapa dengan tukang sayur dan tukang es krim yang
melintas di depan rumah, menggodai tetangga yang bergegas berangkat ke
kantor pagi-pagi sekali supaya tidak terkena macet di jalan, dan melambai pada
para pembantu rumah tangga yang mulai menyapu halaman rumah majikan
mereka. Kehidupan sedang menggeliat di kompleks tempat tinggal saya.

Bapak pemungut sampah langganan saya datang sekitar pukul setengah
delapan, ketika saya sedang berusaha keras bangkit dari posisi Deprok di jurus
empat. Sudah berbulan-bulan saya latih jurus ini, tapi jurus Deprok masih
merupakan jurus yang paling sulit saya kuasai. Selain kaki saya tidak bisa melipat
 bagus sesuai tuntutan sang jurus, saya masih belum bisa bangun tanpa
bantuan tangan. Diam-diam saya merindukan berat badan yang dulu hanya tujuh
 puluh kilogram.

"Latihan silat, Pak?" tanyanya. "Biasanya latihan Karate?"

"Sudah tiga bulan ini ganti jalur, Pak," jawab saya sambil pasrah terlipat di
tanah. "Kok tau kalau ini silat?"

"Geraknya beda-lah, Pak. Itu gitu pake nDeprok segala. Itu 'mah jelas aja silat."

Saya meringis. Biasanya istilah nDeprok (dengan imbuh 'n') saya pakai untuk
menamai posisi anak saya bila sedang duduk di lantai, dia nampak seperti
buntalan gendut yang teronggok sembarangan di atas lantai. Rupanya di mata
Bapak Pemungut Sampah ini saya-pun memiliki bentuk yang sama dengan
onggokan gen... er... buntalan tersebut.

"Bapak belajar silat juga ya?" saya berpura-pura santai dalam posisi Deprok,
menutupi bahwa sebenarnya saya sedang terjepit tidak bisa bergerak.

"Nggak, Pak," dia menyahut sambil mengangkuti sampah. "Tapi waktu saya kecil
dulu di sini banyak guru silat, jadi saya tau sedikit-sedikit."

"Kemana mereka, Pak?"

"Sudah pada meninggal, Pak. Gak ada yang nerusin."

Saya mengangguk-angguk sambil menggumam. Begitulah yang pernah saya
dengar, para guru bertumbangan satu persatu tanpa penerus.

“Tapi Bapak gak pantes main silat, Pak,” Bapak Pengangkut Sampah itu mulai
memutar gerobaknya. “Bapak itu cocoknya memang main karate.”

Saya masih duduk dalam posisi Deprok memandangi dia pergi. Apa maksud
kalimatnya yang terakhir? Apakah saya dianggap merendahkan diri karena beralih
 dari karate ke silat, atau saya dianggap kurang tahu diri karena berusaha naik
dari karate ke silat?

Lucunya, melihat ke diri saya yang teronggok tidak berdaya di jalan di depan
rumah, saya merasa bahwa terjemahan terakhir-lah yang benar…

 ???
Fairy tales don't tell children that dragons are real...
Children always know that dragons are real...
Fairy tales only tell that dragons can be slain...

Antara

  • Moderator
  • Pendekar Madya
  • **
  • Thank You
  • -Given: 28
  • -Receive: 29
  • Posts: 1.168
  • Reputation: 110
  • Malu bertanya tinggal pake GPS...
Re: Kisah libur di hari Senin
« Reply #1 on: 28/04/2008 20:34 »
No offense to anybody ya? ^:)^ Khususnya ke teman-teman karateka.

Ini hanya refleksi kurang PD dari orang yang baru tiga bulan belajar silat yang
akhirnya menyadari bahwa ukuran pinggang terikat erat dengan performance....


 :-PP
Fairy tales don't tell children that dragons are real...
Children always know that dragons are real...
Fairy tales only tell that dragons can be slain...

Ranggalana

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 1
  • Posts: 652
  • Reputation: 81
  • sastra jendra hyu ning rad pangruwating diyu
    • Email
Re: Kisah libur di hari Senin
« Reply #2 on: 28/04/2008 21:02 »
Bagus banget gaya berkisahnya Mas Antara, pantes memang jadi juragan komplek ;D

Salam hangat,
Bram
batu kali jadi candi, duka jadi puisi, jagal jadi wali

Mantrijeron14

  • Moderator
  • Anggota Senior
  • **
  • Thank You
  • -Given: 25
  • -Receive: 19
  • Posts: 390
  • Reputation: 50
  • terrorizing people wherever I go
Re: Kisah libur di hari Senin
« Reply #3 on: 29/04/2008 08:14 »
Mas Antara,
Sampeyan harus berkontemplasi Mbul... sapa tauk tuh kata2 si mamang adalah "Heaven's way of saying" gitu lho...  entah itu mengenai lengkar pinggang sampeyan or pilihan beladiri yg anda coba tekuni. Secara kita kan cuma menungso, manusiah biasah (om Hartcone mode on*), belom nyampe komunikasi langsung dg Yang Maha Hidup, caranya ya cuma mencoba memahami sabdaNya dalam kejadian sehari2 meskipun remeh temeh. ::) kalo dr yg remeh tapi keinget terus, nah mungkin itu daripada mangsudNYA.

Huehue lingkar pinggang saya kecilan mas, wong dulu maen di kelas D saja!! :D

Anyway, GRP juga buat sampeyan.....

Wassalam
 
"Gerak tak lebih cepat dari pikiran, hati tahu lebih dulu."

Dodol Buluk

  • Moderator
  • Pendekar Madya
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 1.081
  • Reputation: 25
  • Alone but never lonely
    • Email
Re: Kisah libur di hari Senin
« Reply #4 on: 29/04/2008 08:27 »
Salam...

mo ngomong ape yehh??
eh gini aje deh mas antara...kalo di komik Wiro Sableng itu ada raja penidur..ampun beratnya sampe 200 kati...(kati = SI (satuan internasional)??)tapi saktinya bole deh kite acungin dua jempol...intinya sih bagaimana silat itu ga mengganggu performance (ato bagaimana performance ga mengganggu silat? heheheehe)...sape tau dengan performance mas antara ini (maaf berbadan "wah") bisa menyerap ilmu kapas...hehehehe

DB
seger juga pagi-pagi pade ketawe
"Jangan pernah bilang kagak kalo kagak pernah bilang jangan"

srdananjaya

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 16
  • -Receive: 4
  • Posts: 658
  • Reputation: 31
  • http://www.simpleather.com
    • Sedia Peralatan Beladiri
    • Email
  • Perguruan: Perisai Diri
Re: Kisah libur di hari Senin
« Reply #5 on: 29/04/2008 08:38 »
ikutan cengengesan ah.. biar seger kaya bang dodol  ;D
biar tambah seger..meditasi dulu.. sambil latihan nafas sampurna.. ssssaaaahhh..
GRP buat semua ah... biar ketularan seger... [top]

salam
sunan
martial art equipment:
http://www.wisanggeni-martialgear.com
Jaket Kulit (Leather Jacket):
www.simpleather.com

Unknown

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 65
  • -Receive: 41
  • Posts: 1.486
  • Reputation: 95
  • I'm no longer a member of this forum
    • FORUM SILAT
Re: Kisah libur di hari Senin
« Reply #6 on: 29/04/2008 09:03 »
eh, terakhir ane ketemu bung antara kalo ga salah bulan ini juga...
badan ente pan kagak bulet-bulet amat, proporsional lah... ;D
masih ada yang lbh montok, hehehe... (nglirik kang naga :))
barangkali belom ketemu teknik singe deprok nye aja, bang... :D
piis

p.s.
emang senen kemaren libur?

 

santri kinasih

  • Moderator
  • Calon Pendekar
  • **
  • Thank You
  • -Given: 2
  • -Receive: 39
  • Posts: 609
  • Reputation: 119
    • Email
Re: Kisah libur di hari Senin
« Reply #7 on: 29/04/2008 09:05 »
Kalau di cingkrik sinan, singa deprok itu jurus keempat.Temen saya CB juga susah bangun kalo udah deprok karena hambatan berat badan. Kalau MJ14 gak mau deprok. Katanya MJ14, ngilu kalau disuruh deprok. MJ14 ada hambatan organ vital lain selain pinggang ;D.

Semua ilmu yang ada di bumi tidak ada yang terlalu tinggi untuk dipelajari kan? Cuma perlu kesabaran dan ketekunan..Insya Allah, bisa juga..

Antara

  • Moderator
  • Pendekar Madya
  • **
  • Thank You
  • -Given: 28
  • -Receive: 29
  • Posts: 1.168
  • Reputation: 110
  • Malu bertanya tinggal pake GPS...
Re: Kisah libur di hari Senin
« Reply #8 on: 29/04/2008 12:34 »
Waduh, ternyata banyak yang nanggapi... terima kasih banyak ya... ini tulisan
niatnya cuman curhat aja pagi-pagi... Sukur deh kalo bisa nyegerin hari...

Tadi pagi tukang sampahnya udah ane kasi sedikit, sebagai ucapan terima kasih
udah jadi lantaran kisikannya Yang Maha Kuasa (pinjem istilah Kakang MJ14).
Cuman, supaya gak ketauan bener, dia ane minta motong-motong pu'un Ceri
di depan rumah... toh udah terlalu rimbun juga...

Quote from: ochid
eh, terakhir ane ketemu bung antara kalo ga salah bulan ini juga...
badan ente pan kagak bulet-bulet amat, proporsional lah... ;D
masih ada yang lbh montok, hehehe... (nglirik kang naga :))
barangkali belom ketemu teknik singe deprok nye aja, bang... :D
piis

p.s.
emang senen kemaren libur?


He...he...he... Gan Rashid mesti kagak percaya kalau ane bilangin waktu
pertama kita ketemu dulu berat badan ane tuh sembilan pulu sembilan kilo ::).
Alhamdulillah sesudah latian terus menerus di rumah setiap hari, sekarang udah
tinggal delapan puluh lima kilo.

Tinggi ane emang seratus delapan puluh senti, jadinya masih keliatan rada
proporsional, tapi kalo udah bicara urusan bangun pake satu kaki... welah,
lutut bisa senut-senut...

***

Alhamdulillah, serunya latihan silat itu terletak di usaha kita buat nguasain
apa-apa yang sulit. Makin sulit makin bersemangat latihannya. Bahkan gerakan
sederhana sekalipun yang kata orang gerakan kita udah bener, tetep bikin
penasaran kalo kita sendiri masih ada kurang sreg.

Bagi-bagi GRP dulu ya? Terima kasih udah pada ngasih dukungan...
 [thank] [toop]
Fairy tales don't tell children that dragons are real...
Children always know that dragons are real...
Fairy tales only tell that dragons can be slain...

crashed brain

  • Guest
Re: Kisah libur di hari Senin
« Reply #9 on: 29/04/2008 15:47 »
Ahh... hidup ini patut untuk disyukuri
Jikalau memang susah untuk melakukan jurus ndeprok,
kenapa tidak melatih jurus lain yang lebih mudah dikuasai?

tadinya gw juga begitu, berusaha keras untuk menguasai jurus deprok.
tapi untung kang mantrijeron dan uda santri kinasih menasehati.
ada kata2 kang mantrijeron yang gw inget,
"CB, jangan contoh saya. saya dulu juga
berusaha keras menguasai jurus itu. tapi lihatlah akibatnya.
pinggangku dadi ringsek ngene, perkakas ku yo rada2 terganggu."

makanya gw dengan berbagai alasan,
selalu menghindari perintah bang Husin untuk melakukan jurus deprok..
dengan segala resiko, hiks.... 
termasuk dikemplang kepala gw..
[lucu]

kikikikikik...
bohong deng...

gw sekarang sudah mulai bisa, dengan usaha keras...
yang penting kaki harus dilatih untuk bisa menopang berat badan.

good luck, mas antara, berlatihlah lebih tekun...

 

Powered by EzPortal