+-

Video Silat


bandrong on action #4
bandrong on action #3
Beksi - apresiasi luar biasa di diskusi bandrong
Beksi - formasi
Ensiklopedi Silat Indonesia
Krida Yudha Sinalika - Performance Silat di acara
Gerak Saka
ICE 2009, performance gerak gulung (jurus dan lang
bandrong on action

Shoutbox

11/02/2016 15:58 Taufan: Alhamdulillah SS sudah ON lagi ;-)
07/01/2016 10:00 luri: wa 'alaikumussalam
04/01/2016 20:21 May Lee: Assalamu 'alaikum
30/03/2015 14:06 initial_d: Sepi amat ya bang, pada kemane nih penghuninya....
20/10/2014 15:28 kunderemp: Ya.. om Taufan.. Tanggal 11 lalu saya masih di tengah hutan di Bakan.
04/10/2014 09:20 Taufan: Selamat hari raya Idul Adha 1435 H...
04/10/2014 08:12 Taufan: Kopdar Sahabat Silat 11 Oktober 2014... datang ya :-)
View Shout History

Recent Topics

TALKSHOW SILAT - Silat Untuk Kehidupan by luri
22/06/2016 08:11

Hoby Miara Jin by Taufan
15/02/2016 11:15

Thi Khi I Beng by aki sija
17/08/2015 06:19

[BUKUTAMU] by devil
09/06/2015 21:51

Daftar Aliran dan Perguruan di Indonesia by devil
01/06/2015 14:01

SILAT BERDO'A SELAMAT by devil
01/06/2015 13:59

Persilatan Jurus Lima (Sabandar) by Marsudi Eko
14/05/2015 19:36

Kebugaran Merpati Putih by mpcrb
22/04/2015 16:16

PAWAI JAMBORE PENCAK 2015 by luri
20/04/2015 16:20

ALM. Kong Nur ( BEKSI Kampung Sawah) by initial_d
30/03/2015 14:02

maenpo Cikalong by aki sija
25/02/2015 22:01

BENGKEL TULANG NO. 1 DI BANDUNG by cyakwingking
20/02/2015 01:14

Tokoh Gapema by si wiwid
30/01/2015 15:13

Tokoh Gapema by halilintar
26/01/2015 13:40

(Ask) Timbangan di Jakarta by Pangeran Muda
02/01/2015 14:49

SilatIndonesia.Com

Author Topic: Makam Ciung Wanara  (Read 9559 times)

Win Thea

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 13
  • Reputation: 0
Makam Ciung Wanara
« on: 18/03/2008 16:13 »
Sy dr sumatera di silsilah kluarga di sebutkan ttg leluhur kami Siung Menare / Ciung Wanara yg konon katanya berasal dr pulau jawa, sy sdh mencari tp sampe skr blm ktemu dgn makam yg dimaksud. Mhn bantuan sahabat silat mengenai tempat atau keberadaan makam Siung Menare / Ciung Wanara, krn sy dpt tugas dr kluarga utk menemukan makam tersebut. Maksud & tujuan menemukan makam tersebut adalah utk mengetahui ttg silsilah kluarga, apakah Siung Menare / Ciung Wanara yang dimaksud sama atau berbeda dgn Ciung Wanara di Jawa Barat. (Pernah skitar 3 th yg lalu dlm mimpi sy pernah melihat makamnya yaitu diatas bukit, di batu nisan tertulis Ciung & dibawahnya terdapat 7 makam murid / pengikutnya)

Atas bantuan sahabat silat sy ucapkan terima kasih.



ery

  • Moderator
  • Anggota Tetap
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 5
  • Posts: 126
  • Reputation: 31
Re: Makam Ciung Wanara
« Reply #1 on: 18/03/2008 16:33 »

Kalau tidak salah beberapa waktu lalu beberapa Petualang Silat dari komunitas Sahabat Silat, Kang Iwan, Bang Ajad, dan Bang Nizam pernah mengunjungi kota Banjar Patroman dan mendatangi situs peninggalan kerajaan Galuh. Dalam laporannya di mailing list silatindonesia mereka sempat mampir ke situs Ciung Wanara.

Lebih lanjut, silahkan baca saja laporannya disini

http://sports.groups.yahoo.com/group/silatindonesia/message/6988

Kang One, Bang Ajad, mohon informasinya lebih lanjut  [top]
Lifetime Student of Martial Art

Win Thea

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 13
  • Reputation: 0
Re: Makam Ciung Wanara
« Reply #2 on: 14/04/2008 13:06 »

Kalau tidak salah beberapa waktu lalu beberapa Petualang Silat dari komunitas Sahabat Silat, Kang Iwan, Bang Ajad, dan Bang Nizam pernah mengunjungi kota Banjar Patroman dan mendatangi situs peninggalan kerajaan Galuh. Dalam laporannya di mailing list silatindonesia mereka sempat mampir ke situs Ciung Wanara.

Lebih lanjut, silahkan baca saja laporannya disini

http://sports.groups.yahoo.com/group/silatindonesia/message/6988

Kang One, Bang Ajad, mohon informasinya lebih lanjut  [top]



Trmksh kang, seblmnya sy pernah dpt info dr tmn org ciamis ttg tmpt tersebut & sy jg  beberapa kali melewatinya klo maen ke pantai pangandaran, di lokasi tersebut yg ada situs ttg ciung wanara tp klo makamnya tdk ada.

trmksh

f4iz

  • Guest
Re: Makam Ciung Wanara
« Reply #3 on: 14/04/2008 22:12 »
Salam,
Mas Ciung Winara Domas itu nama perguruan Silat juga ?
Apa masih ada hubungannya dgn Ciung Winara ?

Terima kasih.
Wasalam,
Faiz

one

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 3
  • -Receive: 24
  • Posts: 845
  • Reputation: 66
Re: Makam Ciung Wanara
« Reply #4 on: 14/04/2008 23:29 »
emang belum diketahui makam Ciung Wanara alias Prabu Suratama atau Prabu Jayaprakosa Mandaleswara Salaka Buana biasa dipanggil Sang Manarah, itukan sekitar taon 739-783...di situs itu memang diakui sebagai tapak tilasnya Ciung Wanara...kalo makamnya emang gak di situ. Dan katanya sih Sang Manarah mengakhiri hidupnya jadi pertapa alias "manurajasunia"....Sang Manarah putus garis keturunanya karena hanya punya satu anak perempuan (putri Purbasari) kerajaannya dilanjutkan oleh mantunya Sang Manisri atau Prabu Dharmasakti Wirajayeswara...


Salam,


one
(Tapi kalo nyari "wanara"nya masih banyak .... [lucu])


Win Thea

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 13
  • Reputation: 0
Re: Makam Ciung Wanara
« Reply #5 on: 29/04/2008 17:53 »
[quote hapus


Kang One thank, seblmnya sy sdh baca ttg Ciung Wanara (jawa barat) & memang tdk ada hubunganya dgn silsilah kluargaku. Krn di Sumatera  sy blm temukan makam dgn nisan Ciung & siapa tahu sy dpt info dr sahabat silat ttg keberadaan makam org yg bernama Ciung walaupun blm tentu ada hubungan dgn silsilah kluargaku. Ini perkiraan sy "bisa salah atau bener-bener salah" nama Ciung mgkin sebuah gelar atau julukan utk org yg disegani / punya kelebihan (sy pernah baca ada jg nama Ciung Batara), jd nama Ciung bisa lbh dr satu org.




Trimakasih,


 

 
« Last Edit: 30/04/2008 12:33 by EricB »

Sancang

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 107
  • Reputation: 6
    • RORONOA ZORO
    • Email
Re: Makam Ciung Wanara
« Reply #6 on: 05/07/2008 15:32 »
saya ada kenalan dari daerah Kecamatan Muncang Kabupaten Lebak, konon katanya dia adalah generasi ke 12 dari keturunan Siliwangi, cuma bukan dari Ciung Wanara / kiajar sancang / kian santang,

beliau keturunan dari adiknya Ciung Wanara kalo nggak salah, sampe buku / kertas silsilahnya masih beliau pegang beserta Kujang sebagai tandanya, serta keturunan Siliwangi konon juga katanya mempunyai garis tangan yang khas baik di kanan atau kiri tangannya.Wallahu alam.

namun sampai saat ini saya kehilangan kontak dan belum tau kabarnya yang terbaru dari beliau

Tabik
napak tapi ngalayang, ngalayang tapi napak

 

Powered by EzPortal