+-

Video Silat


pencak silat seni ganda
Tarung Bebas Genggong
RAMAH TAMAH
silat harimau
Sparing partner PERSINAS ASAD SD
Permainan Trisula PERPI Harimurti
Tarung Bebas Genggong - Pesilat vs Santri
Peragaan gerak/jurus Silek Harimau
bandrong on action

Shoutbox

12/07/2014 16:49 one: Pada kemane nih buka puasanya ye?
27/06/2014 17:45 moeljadi moechtar: mohon maaf lahir dan batin menjelang Puasa buat sodare2 silat sekalian...
23/05/2014 19:43 Jenggot Perak: assalamu'alaikum para pesilat dan pendekar..
salam kenal
02/05/2014 13:32 kunderemp: Horeeee... muncul lagi.
20/03/2014 21:24 akoekoko: tes, tes, satu dua...
10/01/2014 22:16 arip: tessss..... happy new year.. ada event apa ini dunia persilatan tahun ini? :D
28/08/2013 13:28 Bang Gagak: Assalamualaikum... bang..
View Shout History

Recent Topics

[GUESTBOOK] by wongbener
23/07/2014 10:03

Pesilat Indonesia Siap Bantu Rakyat Gaza by wongbener
23/07/2014 09:40

My Days with Golok Betawi "Seliwa" by akoekoko
16/07/2014 16:24

RM. Sunardi Suryodiprojo "Den Mas Nardi/Romo Nardi" (03 Apr 1914 - 05 Jun 1985) by halilintar
14/07/2014 00:20

Sejarah perguruan Reti Ati by halilintar
14/07/2014 00:08

Minangkabau Silek Tuo Summer Camp 2014 by luri
07/07/2014 09:13

THS-THM by halilintar
04/07/2014 16:11

PPSB Cingkrig Gerak Cipta by abay gcis
01/07/2014 19:56

Merpati Putih by satrio simammora
16/06/2014 21:40

Asal-usul dan sejarah silat BEKSI betawi by devil
13/06/2014 23:58

SILAT BERDO'A SELAMAT by devil
13/06/2014 23:37

PPS Betako Merpati Putih by mpcrb
23/05/2014 22:15

Selayang Pandang Lu Style Xinyi Liuhe Quan by Jenggot Perak
23/05/2014 20:18

Latihan Xinyi Liuhe Quan (only moslem) by Jenggot Perak
23/05/2014 19:46

Tempat Latihan Usik Cikalong di Bandung by muramasa
09/05/2014 08:19

SilatIndonesia.Com

Author Topic: Makam Ciung Wanara  (Read 8832 times)

Win Thea

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 13
  • Reputation: 0
Makam Ciung Wanara
« on: 18/03/2008 16:13 »
Sy dr sumatera di silsilah kluarga di sebutkan ttg leluhur kami Siung Menare / Ciung Wanara yg konon katanya berasal dr pulau jawa, sy sdh mencari tp sampe skr blm ktemu dgn makam yg dimaksud. Mhn bantuan sahabat silat mengenai tempat atau keberadaan makam Siung Menare / Ciung Wanara, krn sy dpt tugas dr kluarga utk menemukan makam tersebut. Maksud & tujuan menemukan makam tersebut adalah utk mengetahui ttg silsilah kluarga, apakah Siung Menare / Ciung Wanara yang dimaksud sama atau berbeda dgn Ciung Wanara di Jawa Barat. (Pernah skitar 3 th yg lalu dlm mimpi sy pernah melihat makamnya yaitu diatas bukit, di batu nisan tertulis Ciung & dibawahnya terdapat 7 makam murid / pengikutnya)

Atas bantuan sahabat silat sy ucapkan terima kasih.



ery

  • Moderator
  • Anggota Tetap
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 5
  • Posts: 126
  • Reputation: 31
Re: Makam Ciung Wanara
« Reply #1 on: 18/03/2008 16:33 »

Kalau tidak salah beberapa waktu lalu beberapa Petualang Silat dari komunitas Sahabat Silat, Kang Iwan, Bang Ajad, dan Bang Nizam pernah mengunjungi kota Banjar Patroman dan mendatangi situs peninggalan kerajaan Galuh. Dalam laporannya di mailing list silatindonesia mereka sempat mampir ke situs Ciung Wanara.

Lebih lanjut, silahkan baca saja laporannya disini

http://sports.groups.yahoo.com/group/silatindonesia/message/6988

Kang One, Bang Ajad, mohon informasinya lebih lanjut  [top]
Lifetime Student of Martial Art

Win Thea

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 13
  • Reputation: 0
Re: Makam Ciung Wanara
« Reply #2 on: 14/04/2008 13:06 »

Kalau tidak salah beberapa waktu lalu beberapa Petualang Silat dari komunitas Sahabat Silat, Kang Iwan, Bang Ajad, dan Bang Nizam pernah mengunjungi kota Banjar Patroman dan mendatangi situs peninggalan kerajaan Galuh. Dalam laporannya di mailing list silatindonesia mereka sempat mampir ke situs Ciung Wanara.

Lebih lanjut, silahkan baca saja laporannya disini

http://sports.groups.yahoo.com/group/silatindonesia/message/6988

Kang One, Bang Ajad, mohon informasinya lebih lanjut  [top]



Trmksh kang, seblmnya sy pernah dpt info dr tmn org ciamis ttg tmpt tersebut & sy jg  beberapa kali melewatinya klo maen ke pantai pangandaran, di lokasi tersebut yg ada situs ttg ciung wanara tp klo makamnya tdk ada.

trmksh

f4iz

  • Guest
Re: Makam Ciung Wanara
« Reply #3 on: 14/04/2008 22:12 »
Salam,
Mas Ciung Winara Domas itu nama perguruan Silat juga ?
Apa masih ada hubungannya dgn Ciung Winara ?

Terima kasih.
Wasalam,
Faiz

one

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 3
  • -Receive: 24
  • Posts: 845
  • Reputation: 66
Re: Makam Ciung Wanara
« Reply #4 on: 14/04/2008 23:29 »
emang belum diketahui makam Ciung Wanara alias Prabu Suratama atau Prabu Jayaprakosa Mandaleswara Salaka Buana biasa dipanggil Sang Manarah, itukan sekitar taon 739-783...di situs itu memang diakui sebagai tapak tilasnya Ciung Wanara...kalo makamnya emang gak di situ. Dan katanya sih Sang Manarah mengakhiri hidupnya jadi pertapa alias "manurajasunia"....Sang Manarah putus garis keturunanya karena hanya punya satu anak perempuan (putri Purbasari) kerajaannya dilanjutkan oleh mantunya Sang Manisri atau Prabu Dharmasakti Wirajayeswara...


Salam,


one
(Tapi kalo nyari "wanara"nya masih banyak .... [lucu])


Win Thea

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 13
  • Reputation: 0
Re: Makam Ciung Wanara
« Reply #5 on: 29/04/2008 17:53 »
[quote hapus


Kang One thank, seblmnya sy sdh baca ttg Ciung Wanara (jawa barat) & memang tdk ada hubunganya dgn silsilah kluargaku. Krn di Sumatera  sy blm temukan makam dgn nisan Ciung & siapa tahu sy dpt info dr sahabat silat ttg keberadaan makam org yg bernama Ciung walaupun blm tentu ada hubungan dgn silsilah kluargaku. Ini perkiraan sy "bisa salah atau bener-bener salah" nama Ciung mgkin sebuah gelar atau julukan utk org yg disegani / punya kelebihan (sy pernah baca ada jg nama Ciung Batara), jd nama Ciung bisa lbh dr satu org.




Trimakasih,


 

 
« Last Edit: 30/04/2008 12:33 by EricB »

Sancang

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 107
  • Reputation: 6
    • RORONOA ZORO
    • Email
Re: Makam Ciung Wanara
« Reply #6 on: 05/07/2008 15:32 »
saya ada kenalan dari daerah Kecamatan Muncang Kabupaten Lebak, konon katanya dia adalah generasi ke 12 dari keturunan Siliwangi, cuma bukan dari Ciung Wanara / kiajar sancang / kian santang,

beliau keturunan dari adiknya Ciung Wanara kalo nggak salah, sampe buku / kertas silsilahnya masih beliau pegang beserta Kujang sebagai tandanya, serta keturunan Siliwangi konon juga katanya mempunyai garis tangan yang khas baik di kanan atau kiri tangannya.Wallahu alam.

namun sampai saat ini saya kehilangan kontak dan belum tau kabarnya yang terbaru dari beliau

Tabik
napak tapi ngalayang, ngalayang tapi napak

 

Powered by EzPortal