+-

Video Silat


Cikalong Pabuci di acara Tatap Muka TV One
Ciung Wanara @ Komunitas Unik - Duel Jawara vs Jua
Gerak Saka
Pencak Silat di acaranya Okinawa Karate Federation
Silat Makassar menggunakan badik
Mande Muda Tri Suwanda
little cingkriker Perguruan Silat Cingkrik Goning
Harimau Krambit from Mande Muda
Pencak Silat Sika

Shoutbox

20/10/2014 15:28 kunderemp: Ya.. om Taufan.. Tanggal 11 lalu saya masih di tengah hutan di Bakan.
04/10/2014 09:20 Taufan: Selamat hari raya Idul Adha 1435 H...
04/10/2014 08:12 Taufan: Kopdar Sahabat Silat 11 Oktober 2014... datang ya :-)
02/10/2014 20:30 Taufan: Temu kangen di FB :p
13/08/2014 03:06 Ekka_Xakra: Salam kenal para sahabat silat semua.
12/08/2014 17:56 Dwi_NGJ: Salam kenal para ksatria. Mohon ijin bergabung... :)
12/07/2014 16:49 one: Pada kemane nih buka puasanya ye?
View Shout History

Recent Topics

Sile Ono Niha, silat pulau nias yang hampir punah by lukas
23/12/2014 17:04

[BUKUTAMU] by lukas
10/12/2014 21:12

aliran silat seIndonesia by abay gcis
05/12/2014 21:46

PELURUSAN SEJARAH:PITUNG TERNYATA BUKAN ORANG ASLI RAWA BELONG by didit4ditia
27/11/2014 09:25

Hoby Miara Jin by si wiwid
25/11/2014 22:11

BONGKOT, Maen Pukulan Betawi Timur by si wiwid
25/11/2014 22:06

Sejarah Xinyi Liuhe Quan Bag 2 by ifung
23/10/2014 18:28

(Ask) Timbangan di Jakarta by Fanani
20/10/2014 22:41

Serial Xinyi Liuhe Quan I by ifung
16/10/2014 20:02

Selayang Pandang Lu Style Xinyi Liuhe Quan by ifung
16/10/2014 20:00

One Day Workshop Seni Maen Pukulan Sabeni Tenabang by luri
16/10/2014 09:29

silat timbangan by ifung
14/10/2014 15:51

maenpo Cikalong by aki sija
07/10/2014 05:13

Parkour by Taufan
02/10/2014 21:28

SILAT BERDO'A SELAMAT by Taufan
02/10/2014 21:17

SilatIndonesia.Com

Author Topic: Makam Ciung Wanara  (Read 9011 times)

Win Thea

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 13
  • Reputation: 0
Makam Ciung Wanara
« on: 18/03/2008 16:13 »
Sy dr sumatera di silsilah kluarga di sebutkan ttg leluhur kami Siung Menare / Ciung Wanara yg konon katanya berasal dr pulau jawa, sy sdh mencari tp sampe skr blm ktemu dgn makam yg dimaksud. Mhn bantuan sahabat silat mengenai tempat atau keberadaan makam Siung Menare / Ciung Wanara, krn sy dpt tugas dr kluarga utk menemukan makam tersebut. Maksud & tujuan menemukan makam tersebut adalah utk mengetahui ttg silsilah kluarga, apakah Siung Menare / Ciung Wanara yang dimaksud sama atau berbeda dgn Ciung Wanara di Jawa Barat. (Pernah skitar 3 th yg lalu dlm mimpi sy pernah melihat makamnya yaitu diatas bukit, di batu nisan tertulis Ciung & dibawahnya terdapat 7 makam murid / pengikutnya)

Atas bantuan sahabat silat sy ucapkan terima kasih.



ery

  • Moderator
  • Anggota Tetap
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 5
  • Posts: 126
  • Reputation: 31
Re: Makam Ciung Wanara
« Reply #1 on: 18/03/2008 16:33 »

Kalau tidak salah beberapa waktu lalu beberapa Petualang Silat dari komunitas Sahabat Silat, Kang Iwan, Bang Ajad, dan Bang Nizam pernah mengunjungi kota Banjar Patroman dan mendatangi situs peninggalan kerajaan Galuh. Dalam laporannya di mailing list silatindonesia mereka sempat mampir ke situs Ciung Wanara.

Lebih lanjut, silahkan baca saja laporannya disini

http://sports.groups.yahoo.com/group/silatindonesia/message/6988

Kang One, Bang Ajad, mohon informasinya lebih lanjut  [top]
Lifetime Student of Martial Art

Win Thea

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 13
  • Reputation: 0
Re: Makam Ciung Wanara
« Reply #2 on: 14/04/2008 13:06 »

Kalau tidak salah beberapa waktu lalu beberapa Petualang Silat dari komunitas Sahabat Silat, Kang Iwan, Bang Ajad, dan Bang Nizam pernah mengunjungi kota Banjar Patroman dan mendatangi situs peninggalan kerajaan Galuh. Dalam laporannya di mailing list silatindonesia mereka sempat mampir ke situs Ciung Wanara.

Lebih lanjut, silahkan baca saja laporannya disini

http://sports.groups.yahoo.com/group/silatindonesia/message/6988

Kang One, Bang Ajad, mohon informasinya lebih lanjut  [top]



Trmksh kang, seblmnya sy pernah dpt info dr tmn org ciamis ttg tmpt tersebut & sy jg  beberapa kali melewatinya klo maen ke pantai pangandaran, di lokasi tersebut yg ada situs ttg ciung wanara tp klo makamnya tdk ada.

trmksh

f4iz

  • Guest
Re: Makam Ciung Wanara
« Reply #3 on: 14/04/2008 22:12 »
Salam,
Mas Ciung Winara Domas itu nama perguruan Silat juga ?
Apa masih ada hubungannya dgn Ciung Winara ?

Terima kasih.
Wasalam,
Faiz

one

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 3
  • -Receive: 24
  • Posts: 845
  • Reputation: 66
Re: Makam Ciung Wanara
« Reply #4 on: 14/04/2008 23:29 »
emang belum diketahui makam Ciung Wanara alias Prabu Suratama atau Prabu Jayaprakosa Mandaleswara Salaka Buana biasa dipanggil Sang Manarah, itukan sekitar taon 739-783...di situs itu memang diakui sebagai tapak tilasnya Ciung Wanara...kalo makamnya emang gak di situ. Dan katanya sih Sang Manarah mengakhiri hidupnya jadi pertapa alias "manurajasunia"....Sang Manarah putus garis keturunanya karena hanya punya satu anak perempuan (putri Purbasari) kerajaannya dilanjutkan oleh mantunya Sang Manisri atau Prabu Dharmasakti Wirajayeswara...


Salam,


one
(Tapi kalo nyari "wanara"nya masih banyak .... [lucu])


Win Thea

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 13
  • Reputation: 0
Re: Makam Ciung Wanara
« Reply #5 on: 29/04/2008 17:53 »
[quote hapus


Kang One thank, seblmnya sy sdh baca ttg Ciung Wanara (jawa barat) & memang tdk ada hubunganya dgn silsilah kluargaku. Krn di Sumatera  sy blm temukan makam dgn nisan Ciung & siapa tahu sy dpt info dr sahabat silat ttg keberadaan makam org yg bernama Ciung walaupun blm tentu ada hubungan dgn silsilah kluargaku. Ini perkiraan sy "bisa salah atau bener-bener salah" nama Ciung mgkin sebuah gelar atau julukan utk org yg disegani / punya kelebihan (sy pernah baca ada jg nama Ciung Batara), jd nama Ciung bisa lbh dr satu org.




Trimakasih,


 

 
« Last Edit: 30/04/2008 12:33 by EricB »

Sancang

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 107
  • Reputation: 6
    • RORONOA ZORO
    • Email
Re: Makam Ciung Wanara
« Reply #6 on: 05/07/2008 15:32 »
saya ada kenalan dari daerah Kecamatan Muncang Kabupaten Lebak, konon katanya dia adalah generasi ke 12 dari keturunan Siliwangi, cuma bukan dari Ciung Wanara / kiajar sancang / kian santang,

beliau keturunan dari adiknya Ciung Wanara kalo nggak salah, sampe buku / kertas silsilahnya masih beliau pegang beserta Kujang sebagai tandanya, serta keturunan Siliwangi konon juga katanya mempunyai garis tangan yang khas baik di kanan atau kiri tangannya.Wallahu alam.

namun sampai saat ini saya kehilangan kontak dan belum tau kabarnya yang terbaru dari beliau

Tabik
napak tapi ngalayang, ngalayang tapi napak

 

Powered by EzPortal