+-

Video Silat


Tayangan Pencak Silat di TV Perancis
ICE 2009, cingkrik goning
Silek Taralak - di acara Khaul 3 Guru Besar Beksi
GGBD - Aspek Keras
Chenkfu part 1
tunggal rasa - Performance silat di acara ultah fp
GGBD - Wejangan Wak Oto
Silat Si Bunder - Silat dr Betawi
Tarung Bebas Genggong - Pesilat vs Santri

Shoutbox

30/03/2015 14:06 initial_d: Sepi amat ya bang, pada kemane nih penghuninya....
20/10/2014 15:28 kunderemp: Ya.. om Taufan.. Tanggal 11 lalu saya masih di tengah hutan di Bakan.
04/10/2014 09:20 Taufan: Selamat hari raya Idul Adha 1435 H...
04/10/2014 08:12 Taufan: Kopdar Sahabat Silat 11 Oktober 2014... datang ya :-)
02/10/2014 20:30 Taufan: Temu kangen di FB :p
13/08/2014 03:06 Ekka_Xakra: Salam kenal para sahabat silat semua.
12/08/2014 17:56 Dwi_NGJ: Salam kenal para ksatria. Mohon ijin bergabung... :)
View Shout History

Recent Topics

Daftar Aliran dan Perguruan di Indonesia by devil
23/05/2015 09:06

Persilatan Jurus Lima (Sabandar) by Marsudi Eko
14/05/2015 19:36

Kebugaran Merpati Putih by mpcrb
22/04/2015 16:16

PAWAI JAMBORE PENCAK 2015 by luri
20/04/2015 16:20

ALM. Kong Nur ( BEKSI Kampung Sawah) by initial_d
30/03/2015 14:02

maenpo Cikalong by aki sija
25/02/2015 22:01

BENGKEL TULANG NO. 1 DI BANDUNG by cyakwingking
20/02/2015 01:14

[BUKUTAMU] by initial_d
09/02/2015 15:37

Tokoh Gapema by si wiwid
30/01/2015 15:13

Tokoh Gapema by halilintar
26/01/2015 13:40

(Ask) Timbangan di Jakarta by Pangeran Muda
02/01/2015 14:49

Pencak Silat Camp by Garis Paksi by Garis Paksi
29/12/2014 19:25

Sile Ono Niha, silat pulau nias yang hampir punah by lukas
23/12/2014 17:04

aliran silat seIndonesia by abay gcis
05/12/2014 21:46

PELURUSAN SEJARAH:PITUNG TERNYATA BUKAN ORANG ASLI RAWA BELONG by didit4ditia
27/11/2014 09:25

SilatIndonesia.Com

Author Topic: kitab nagarakertagama karangan mpu prapanca  (Read 11743 times)

Jali Jengki

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 2
  • Posts: 828
  • Reputation: 44
  • Love Pencak Silat, Proud to be Indonesian
Re: kitab nagarakertagama karangan mpu prapanca
« Reply #15 on: 01/10/2009 15:44 »
Waah..jadi inget nih belon perpanjang NPWP...waduuh... ::)
Kullu Nafsin Zaaiqatul MAUT

anolles

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 4
  • Posts: 248
  • Reputation: 9
    • Email
Re: kitab nagarakertagama karangan mpu prapanca
« Reply #16 on: 01/10/2009 16:38 »
tenang bang jali jaman pajajaran ga ada npwp hehehe...... tapi denger2 kerja rodi itu ilhamnya dari kerajaan2 kita yang mengharuskan seseorang mengabdi kepada kerajaannya, jadi istilah mengorbankan harta atau pun tenaga pada saat itu kan bisa di bilang pajak juga.... kan kalo di inget2 di belanda sono ga ada yang namanya sistem kerja rodi... bener ga sih bang??
kisah sedih kidung sundayana

Unknown

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 65
  • -Receive: 41
  • Posts: 1.486
  • Reputation: 95
  • I'm no longer a member of this forum
    • FORUM SILAT
Re: kitab nagarakertagama karangan mpu prapanca
« Reply #17 on: 01/10/2009 16:57 »
berbagi cerita agak ngelantur sedikit..
kmrn saya beli novel ttg Prabu Siliwangi (saya gak inget judul tepatnya & penulisnya) di Gramedia, agak berharap bisa menemukan cerita yg bersumber dari naskah2 kuno, setelah ditilik sumbernya malah terselip: sahabatsilat.com & silatindonesia.com..  :)
mungkinkah penulisnya member SS juga?

ane juga lagi baca ini novel, lumayan bagus.. ada silsilah nya lengkap.

Jali Jengki

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 2
  • Posts: 828
  • Reputation: 44
  • Love Pencak Silat, Proud to be Indonesian
Re: kitab nagarakertagama karangan mpu prapanca
« Reply #18 on: 01/10/2009 17:16 »
B@ng Ochid, pinjem dooong...

Mas Anolles,
Ente kayak guru sejarah ane aje...he...he...he..
Bener banget Belanda ngadaptasi sistem yang benar2 pungutan pajak Pajajaran (calagra dan Dasa). Pajak di Pajajaran yg benar2 disebut pajak ya cuma dua itu Dasa dan Calagra lewat pengawasan Wado, kemudian  dimanfaatkan Belanda menjadi sebuah Kerja Rodi. Calagara diubah menjadi "Algemeenediensten" (dinas umum) atau "Campongdiesnten" (dinas Kampung) yang menyangkut kepentingan umum, seperti pemeliharaan saluran air, jalan, rumah jada dan keamanan. Jenis pertama dilakukan tanpa imbalan apa-apa, sedangkan jenis kedua dilakuan dengan imbalan dan makan. "Preangerstelsel" dan "Cultuurstelsel" yang keduanya berupa sistem tanam paksa
memanfaatkan tradisi pajak tenaga ini.

Tabe'
Kullu Nafsin Zaaiqatul MAUT

anolles

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 4
  • Posts: 248
  • Reputation: 9
    • Email
Re: kitab nagarakertagama karangan mpu prapanca
« Reply #19 on: 01/10/2009 18:12 »
hahaha... guru sejarah... botak donk ane.... xixiixiiii...

bang jali... mungkin kah trah sunda merupakan kebudayaan ter tua mengingat dokumentasi dari sejarah atau naskah sunda itu tercecer dan banyak yang hilang ..... karena sunda tidak menganut kebudayaan megalit yang suka bikin candi kaya di jawa sana....

wah makin seru nih mengupas sejarah bangsa....

om moderator topik ini ga melebar kan mengingat silat masih sangat erat kaitannya dengan tokoh2 kerajaan dan sejarah bangsa... hehehhee....

kisah sedih kidung sundayana

Unknown

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 65
  • -Receive: 41
  • Posts: 1.486
  • Reputation: 95
  • I'm no longer a member of this forum
    • FORUM SILAT
Re: kitab nagarakertagama karangan mpu prapanca
« Reply #20 on: 01/10/2009 19:45 »
@bang jali,
boleh...ntar hari sabtu dibawain, tapi isi sejarah nya di novel tuh ente udah apal semua ;D

pastorbonus

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 302
  • Reputation: 9
  • Tunggal Banyu Tunggal Ilmu
Re: kitab nagarakertagama karangan mpu prapanca
« Reply #21 on: 14/05/2010 15:14 »
ngomongin soal kitab ini jadi pengin share jg ni... soal kitab2 jawi... kbtulan ane punya ringkasan kitab2 tersebut dan sedikit bahasan.

jadi tunggu aja ya, ta cari2 dulu bukunya... dah lama banget ni soalnya.
Pertapaan Tunggulwulung, di bawah kaki gunung Arjuna

 

Powered by EzPortal