+-

Video Silat


Jambore Pencak Silat, Mutiara PancaRasa performanc
Silat Festival 2007
Peragaan gerak/jurus Silek Harimau
Pukulan Patikaman Silat Kuntau YOGYAKARTA
silat di eropa (italia)
Bandarkarima - Jalan Tengah
Ciung Wanara @ Komunitas Unik - Duel Jawara vs Jua
latihan rutin
Silat Makassar menggunakan badik

Shoutbox

20/10/2014 15:28 kunderemp: Ya.. om Taufan.. Tanggal 11 lalu saya masih di tengah hutan di Bakan.
04/10/2014 09:20 Taufan: Selamat hari raya Idul Adha 1435 H...
04/10/2014 08:12 Taufan: Kopdar Sahabat Silat 11 Oktober 2014... datang ya :-)
02/10/2014 20:30 Taufan: Temu kangen di FB :p
13/08/2014 03:06 Ekka_Xakra: Salam kenal para sahabat silat semua.
12/08/2014 17:56 Dwi_NGJ: Salam kenal para ksatria. Mohon ijin bergabung... :)
12/07/2014 16:49 one: Pada kemane nih buka puasanya ye?
View Shout History

Recent Topics

aliran silat seIndonesia by si wiwid
25/11/2014 22:13

Hoby Miara Jin by si wiwid
25/11/2014 22:11

BONGKOT, Maen Pukulan Betawi Timur by si wiwid
25/11/2014 22:06

[BUKUTAMU] by si wiwid
25/11/2014 21:36

Sejarah Xinyi Liuhe Quan Bag 2 by ifung
23/10/2014 18:28

(Ask) Timbangan di Jakarta by Fanani
20/10/2014 22:41

Serial Xinyi Liuhe Quan I by ifung
16/10/2014 20:02

Selayang Pandang Lu Style Xinyi Liuhe Quan by ifung
16/10/2014 20:00

One Day Workshop Seni Maen Pukulan Sabeni Tenabang by luri
16/10/2014 09:29

silat timbangan by ifung
14/10/2014 15:51

maenpo Cikalong by aki sija
07/10/2014 05:13

Parkour by Taufan
02/10/2014 21:28

SILAT BERDO'A SELAMAT by Taufan
02/10/2014 21:17

contack person guru silat suaeb yg di padepokan pencaksilat TMII by rohadi
17/08/2014 05:58

Silat Betawi di Bentera Budaya by luri
12/08/2014 11:01

SilatIndonesia.Com

Author Topic: kitab nagarakertagama karangan mpu prapanca  (Read 10610 times)

Jali Jengki

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 2
  • Posts: 828
  • Reputation: 44
  • Love Pencak Silat, Proud to be Indonesian
Re: kitab nagarakertagama karangan mpu prapanca
« Reply #15 on: 01/10/2009 15:44 »
Waah..jadi inget nih belon perpanjang NPWP...waduuh... ::)
Kullu Nafsin Zaaiqatul MAUT

anolles

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 4
  • Posts: 248
  • Reputation: 9
    • Email
Re: kitab nagarakertagama karangan mpu prapanca
« Reply #16 on: 01/10/2009 16:38 »
tenang bang jali jaman pajajaran ga ada npwp hehehe...... tapi denger2 kerja rodi itu ilhamnya dari kerajaan2 kita yang mengharuskan seseorang mengabdi kepada kerajaannya, jadi istilah mengorbankan harta atau pun tenaga pada saat itu kan bisa di bilang pajak juga.... kan kalo di inget2 di belanda sono ga ada yang namanya sistem kerja rodi... bener ga sih bang??
kisah sedih kidung sundayana

Unknown

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 65
  • -Receive: 41
  • Posts: 1.486
  • Reputation: 95
  • I'm no longer a member of this forum
    • FORUM SILAT
Re: kitab nagarakertagama karangan mpu prapanca
« Reply #17 on: 01/10/2009 16:57 »
berbagi cerita agak ngelantur sedikit..
kmrn saya beli novel ttg Prabu Siliwangi (saya gak inget judul tepatnya & penulisnya) di Gramedia, agak berharap bisa menemukan cerita yg bersumber dari naskah2 kuno, setelah ditilik sumbernya malah terselip: sahabatsilat.com & silatindonesia.com..  :)
mungkinkah penulisnya member SS juga?

ane juga lagi baca ini novel, lumayan bagus.. ada silsilah nya lengkap.

Jali Jengki

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 2
  • Posts: 828
  • Reputation: 44
  • Love Pencak Silat, Proud to be Indonesian
Re: kitab nagarakertagama karangan mpu prapanca
« Reply #18 on: 01/10/2009 17:16 »
B@ng Ochid, pinjem dooong...

Mas Anolles,
Ente kayak guru sejarah ane aje...he...he...he..
Bener banget Belanda ngadaptasi sistem yang benar2 pungutan pajak Pajajaran (calagra dan Dasa). Pajak di Pajajaran yg benar2 disebut pajak ya cuma dua itu Dasa dan Calagra lewat pengawasan Wado, kemudian  dimanfaatkan Belanda menjadi sebuah Kerja Rodi. Calagara diubah menjadi "Algemeenediensten" (dinas umum) atau "Campongdiesnten" (dinas Kampung) yang menyangkut kepentingan umum, seperti pemeliharaan saluran air, jalan, rumah jada dan keamanan. Jenis pertama dilakukan tanpa imbalan apa-apa, sedangkan jenis kedua dilakuan dengan imbalan dan makan. "Preangerstelsel" dan "Cultuurstelsel" yang keduanya berupa sistem tanam paksa
memanfaatkan tradisi pajak tenaga ini.

Tabe'
Kullu Nafsin Zaaiqatul MAUT

anolles

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 4
  • Posts: 248
  • Reputation: 9
    • Email
Re: kitab nagarakertagama karangan mpu prapanca
« Reply #19 on: 01/10/2009 18:12 »
hahaha... guru sejarah... botak donk ane.... xixiixiiii...

bang jali... mungkin kah trah sunda merupakan kebudayaan ter tua mengingat dokumentasi dari sejarah atau naskah sunda itu tercecer dan banyak yang hilang ..... karena sunda tidak menganut kebudayaan megalit yang suka bikin candi kaya di jawa sana....

wah makin seru nih mengupas sejarah bangsa....

om moderator topik ini ga melebar kan mengingat silat masih sangat erat kaitannya dengan tokoh2 kerajaan dan sejarah bangsa... hehehhee....

kisah sedih kidung sundayana

Unknown

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 65
  • -Receive: 41
  • Posts: 1.486
  • Reputation: 95
  • I'm no longer a member of this forum
    • FORUM SILAT
Re: kitab nagarakertagama karangan mpu prapanca
« Reply #20 on: 01/10/2009 19:45 »
@bang jali,
boleh...ntar hari sabtu dibawain, tapi isi sejarah nya di novel tuh ente udah apal semua ;D

pastorbonus

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 302
  • Reputation: 9
  • Tunggal Banyu Tunggal Ilmu
Re: kitab nagarakertagama karangan mpu prapanca
« Reply #21 on: 14/05/2010 15:14 »
ngomongin soal kitab ini jadi pengin share jg ni... soal kitab2 jawi... kbtulan ane punya ringkasan kitab2 tersebut dan sedikit bahasan.

jadi tunggu aja ya, ta cari2 dulu bukunya... dah lama banget ni soalnya.
Pertapaan Tunggulwulung, di bawah kaki gunung Arjuna

 

Powered by EzPortal