+-

Video Silat


Tjimande Tarikolot Kebon Djeruk Hilir
Pencak Malioboro Festival II , 2 Juni 2013
Cingkrik, sebagian teknik jatuhan
bandrong on action
Peragaan Jurus dan Aplikasi Cingkrik Goning
Tayangan Pencak Silat di TV Perancis
Pengsimatoga jalan Enam - kid
maenan betawi
Yana Sastra Pelatih Silat di Amerika - Dunia Kita

Shoutbox

13/08/2014 03:06 Ekka_Xakra: Salam kenal para sahabat silat semua.
12/08/2014 17:56 Dwi_NGJ: Salam kenal para ksatria. Mohon ijin bergabung... :)
12/07/2014 16:49 one: Pada kemane nih buka puasanya ye?
27/06/2014 17:45 moeljadi moechtar: mohon maaf lahir dan batin menjelang Puasa buat sodare2 silat sekalian...
23/05/2014 19:43 Jenggot Perak: assalamu'alaikum para pesilat dan pendekar..
salam kenal
02/05/2014 13:32 kunderemp: Horeeee... muncul lagi.
20/03/2014 21:24 akoekoko: tes, tes, satu dua...
View Shout History

Recent Topics

SILAT BERDO'A SELAMAT by devil
14/09/2014 07:34

Parkour by gumuruh
03/09/2014 14:02

Hoby Miara Jin by gumuruh
03/09/2014 14:01

[BUKUTAMU] by dr_hadinata
20/08/2014 11:41

contack person guru silat suaeb yg di padepokan pencaksilat TMII by rohadi
17/08/2014 05:58

Silat Betawi di Bentera Budaya by luri
12/08/2014 11:01

maenpo Cikalong by aki sija
26/07/2014 06:55

PABUCI (PANCERBUMI CIKALONG/PASAR BARU CIANJUR) by aki sija
26/07/2014 06:36

[GUESTBOOK] by wongbener
23/07/2014 10:03

Pesilat Indonesia Siap Bantu Rakyat Gaza by wongbener
23/07/2014 09:40

My Days with Golok Betawi "Seliwa" by akoekoko
16/07/2014 16:24

RM. Sunardi Suryodiprojo "Den Mas Nardi/Romo Nardi" (03 Apr 1914 - 05 Jun 1985) by halilintar
14/07/2014 00:20

Sejarah perguruan Reti Ati by halilintar
14/07/2014 00:08

Minangkabau Silek Tuo Summer Camp 2014 by luri
07/07/2014 09:13

THS-THM by halilintar
04/07/2014 16:11

SilatIndonesia.Com

Author Topic: kitab nagarakertagama karangan mpu prapanca  (Read 10337 times)

Jali Jengki

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 828
  • Reputation: 43
  • Love Pencak Silat, Proud to be Indonesian
Re: kitab nagarakertagama karangan mpu prapanca
« Reply #15 on: 01/10/2009 15:44 »
Waah..jadi inget nih belon perpanjang NPWP...waduuh... ::)
Kullu Nafsin Zaaiqatul MAUT

anolles

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 4
  • Posts: 248
  • Reputation: 9
    • Email
Re: kitab nagarakertagama karangan mpu prapanca
« Reply #16 on: 01/10/2009 16:38 »
tenang bang jali jaman pajajaran ga ada npwp hehehe...... tapi denger2 kerja rodi itu ilhamnya dari kerajaan2 kita yang mengharuskan seseorang mengabdi kepada kerajaannya, jadi istilah mengorbankan harta atau pun tenaga pada saat itu kan bisa di bilang pajak juga.... kan kalo di inget2 di belanda sono ga ada yang namanya sistem kerja rodi... bener ga sih bang??
kisah sedih kidung sundayana

Unknown

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 65
  • -Receive: 41
  • Posts: 1.486
  • Reputation: 94
  • I'm no longer a member of this forum
    • FORUM SILAT
Re: kitab nagarakertagama karangan mpu prapanca
« Reply #17 on: 01/10/2009 16:57 »
berbagi cerita agak ngelantur sedikit..
kmrn saya beli novel ttg Prabu Siliwangi (saya gak inget judul tepatnya & penulisnya) di Gramedia, agak berharap bisa menemukan cerita yg bersumber dari naskah2 kuno, setelah ditilik sumbernya malah terselip: sahabatsilat.com & silatindonesia.com..  :)
mungkinkah penulisnya member SS juga?

ane juga lagi baca ini novel, lumayan bagus.. ada silsilah nya lengkap.

Jali Jengki

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 828
  • Reputation: 43
  • Love Pencak Silat, Proud to be Indonesian
Re: kitab nagarakertagama karangan mpu prapanca
« Reply #18 on: 01/10/2009 17:16 »
B@ng Ochid, pinjem dooong...

Mas Anolles,
Ente kayak guru sejarah ane aje...he...he...he..
Bener banget Belanda ngadaptasi sistem yang benar2 pungutan pajak Pajajaran (calagra dan Dasa). Pajak di Pajajaran yg benar2 disebut pajak ya cuma dua itu Dasa dan Calagra lewat pengawasan Wado, kemudian  dimanfaatkan Belanda menjadi sebuah Kerja Rodi. Calagara diubah menjadi "Algemeenediensten" (dinas umum) atau "Campongdiesnten" (dinas Kampung) yang menyangkut kepentingan umum, seperti pemeliharaan saluran air, jalan, rumah jada dan keamanan. Jenis pertama dilakukan tanpa imbalan apa-apa, sedangkan jenis kedua dilakuan dengan imbalan dan makan. "Preangerstelsel" dan "Cultuurstelsel" yang keduanya berupa sistem tanam paksa
memanfaatkan tradisi pajak tenaga ini.

Tabe'
Kullu Nafsin Zaaiqatul MAUT

anolles

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 4
  • Posts: 248
  • Reputation: 9
    • Email
Re: kitab nagarakertagama karangan mpu prapanca
« Reply #19 on: 01/10/2009 18:12 »
hahaha... guru sejarah... botak donk ane.... xixiixiiii...

bang jali... mungkin kah trah sunda merupakan kebudayaan ter tua mengingat dokumentasi dari sejarah atau naskah sunda itu tercecer dan banyak yang hilang ..... karena sunda tidak menganut kebudayaan megalit yang suka bikin candi kaya di jawa sana....

wah makin seru nih mengupas sejarah bangsa....

om moderator topik ini ga melebar kan mengingat silat masih sangat erat kaitannya dengan tokoh2 kerajaan dan sejarah bangsa... hehehhee....

kisah sedih kidung sundayana

Unknown

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 65
  • -Receive: 41
  • Posts: 1.486
  • Reputation: 94
  • I'm no longer a member of this forum
    • FORUM SILAT
Re: kitab nagarakertagama karangan mpu prapanca
« Reply #20 on: 01/10/2009 19:45 »
@bang jali,
boleh...ntar hari sabtu dibawain, tapi isi sejarah nya di novel tuh ente udah apal semua ;D

pastorbonus

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 302
  • Reputation: 9
  • Tunggal Banyu Tunggal Ilmu
Re: kitab nagarakertagama karangan mpu prapanca
« Reply #21 on: 14/05/2010 15:14 »
ngomongin soal kitab ini jadi pengin share jg ni... soal kitab2 jawi... kbtulan ane punya ringkasan kitab2 tersebut dan sedikit bahasan.

jadi tunggu aja ya, ta cari2 dulu bukunya... dah lama banget ni soalnya.
Pertapaan Tunggulwulung, di bawah kaki gunung Arjuna

 

Powered by EzPortal