+-

Video Silat


Copy tayang Pendekar eps 28, GOLOK SELIWA #2
Tayangan Pencak Silat di TV Perancis
The SiLat Bang Khobbab Jurus Satu s/d Binti Ba
SABENI jalan bang Jaka.1
Tuo Silek part 1 - Sitaralak
Tarung Bebas Genggong
Contoh
Yana Sastra Pelatih Silat di Amerika - Dunia Kita
bandrong on action

Shoutbox

20/03/2014 21:24 akoekoko: tes, tes, satu dua...
10/01/2014 22:16 arip: tessss..... happy new year.. ada event apa ini dunia persilatan tahun ini? :D
28/08/2013 13:28 Bang Gagak: Assalamualaikum... bang..
11/08/2013 16:12 Aku: Untuk semua sahabat...Minal aidzin wal faidzin. Mohon maaf lahir batin
09/08/2013 05:32 Dolly Maylissa: Maaf lahir batin ya semua, selamat hari raya idul fitri
08/08/2013 23:50 anaknaga: assalamu'alaikum para master dan praktisi MA. selamat hari raya Idul Fitri 1434H, Taqabalallahuminna waminkum.

salam.
01/08/2013 15:35 guebanget: ting nong ding dong
View Shout History

Recent Topics

Latihan Xinyi Liuhe Quan (only moslem) by ifung
19/04/2014 19:30

PPS Betako Merpati Putih by mpcrb
17/04/2014 09:42

Tai Chi Meringankan Depresi pada Lansia by ifung
16/04/2014 19:27

Pencak Silat "NATAR" dari perbatasan sumut dan sumbar by Tiger_Lord
10/04/2014 17:12

13 DASAR TAIJIQUAN BAGIAN 1 by ifung
09/04/2014 22:17

Menangis Dapat Membantuan meringankan Stres, Tapi untuk Kesehatan Optimal Anda P by ifung
05/04/2014 22:06

Dialog Keajaiban Silat - Silat untuk Kehidupan by luri
04/04/2014 14:16

Merpati Putih by alfee
02/04/2014 19:26

Silat Gombel Tradisional by Putra
24/03/2014 15:02

Pencak Silat Tertua Betawi "Silat Gombel aliran Jalak putih" by Putra
24/03/2014 14:18

PABUCI (PANCERBUMI CIKALONG/PASAR BARU CIANJUR) by luri
23/03/2014 17:38

TOKOH-TOKOH SILAT BAMBU LARANGAN by AGUNGP
19/03/2014 12:39

Jeet Kune Do by ifung
16/03/2014 18:18

THE EIGHT BASIC METHODS OF CHEN STYLE TAI CHI CHUAN by ifung
16/03/2014 17:50

Peluncuran Buku KEAJAIBAN SILAT oleh Edwin Hidayat Abdullah by Satria Naga
12/02/2014 01:42

SilatIndonesia.Com

Author Topic: kitab nagarakertagama karangan mpu prapanca  (Read 9617 times)

Jali Jengki

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 828
  • Reputation: 43
  • Love Pencak Silat, Proud to be Indonesian
Re: kitab nagarakertagama karangan mpu prapanca
« Reply #15 on: 01/10/2009 15:44 »
Waah..jadi inget nih belon perpanjang NPWP...waduuh... ::)
Kullu Nafsin Zaaiqatul MAUT

anolles

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 4
  • Posts: 248
  • Reputation: 9
    • Email
Re: kitab nagarakertagama karangan mpu prapanca
« Reply #16 on: 01/10/2009 16:38 »
tenang bang jali jaman pajajaran ga ada npwp hehehe...... tapi denger2 kerja rodi itu ilhamnya dari kerajaan2 kita yang mengharuskan seseorang mengabdi kepada kerajaannya, jadi istilah mengorbankan harta atau pun tenaga pada saat itu kan bisa di bilang pajak juga.... kan kalo di inget2 di belanda sono ga ada yang namanya sistem kerja rodi... bener ga sih bang??
kisah sedih kidung sundayana

Unknown

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 65
  • -Receive: 41
  • Posts: 1.486
  • Reputation: 94
  • I'm no longer a member of this forum
    • FORUM SILAT
Re: kitab nagarakertagama karangan mpu prapanca
« Reply #17 on: 01/10/2009 16:57 »
berbagi cerita agak ngelantur sedikit..
kmrn saya beli novel ttg Prabu Siliwangi (saya gak inget judul tepatnya & penulisnya) di Gramedia, agak berharap bisa menemukan cerita yg bersumber dari naskah2 kuno, setelah ditilik sumbernya malah terselip: sahabatsilat.com & silatindonesia.com..  :)
mungkinkah penulisnya member SS juga?

ane juga lagi baca ini novel, lumayan bagus.. ada silsilah nya lengkap.

Jali Jengki

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 828
  • Reputation: 43
  • Love Pencak Silat, Proud to be Indonesian
Re: kitab nagarakertagama karangan mpu prapanca
« Reply #18 on: 01/10/2009 17:16 »
B@ng Ochid, pinjem dooong...

Mas Anolles,
Ente kayak guru sejarah ane aje...he...he...he..
Bener banget Belanda ngadaptasi sistem yang benar2 pungutan pajak Pajajaran (calagra dan Dasa). Pajak di Pajajaran yg benar2 disebut pajak ya cuma dua itu Dasa dan Calagra lewat pengawasan Wado, kemudian  dimanfaatkan Belanda menjadi sebuah Kerja Rodi. Calagara diubah menjadi "Algemeenediensten" (dinas umum) atau "Campongdiesnten" (dinas Kampung) yang menyangkut kepentingan umum, seperti pemeliharaan saluran air, jalan, rumah jada dan keamanan. Jenis pertama dilakukan tanpa imbalan apa-apa, sedangkan jenis kedua dilakuan dengan imbalan dan makan. "Preangerstelsel" dan "Cultuurstelsel" yang keduanya berupa sistem tanam paksa
memanfaatkan tradisi pajak tenaga ini.

Tabe'
Kullu Nafsin Zaaiqatul MAUT

anolles

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 4
  • Posts: 248
  • Reputation: 9
    • Email
Re: kitab nagarakertagama karangan mpu prapanca
« Reply #19 on: 01/10/2009 18:12 »
hahaha... guru sejarah... botak donk ane.... xixiixiiii...

bang jali... mungkin kah trah sunda merupakan kebudayaan ter tua mengingat dokumentasi dari sejarah atau naskah sunda itu tercecer dan banyak yang hilang ..... karena sunda tidak menganut kebudayaan megalit yang suka bikin candi kaya di jawa sana....

wah makin seru nih mengupas sejarah bangsa....

om moderator topik ini ga melebar kan mengingat silat masih sangat erat kaitannya dengan tokoh2 kerajaan dan sejarah bangsa... hehehhee....

kisah sedih kidung sundayana

Unknown

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 65
  • -Receive: 41
  • Posts: 1.486
  • Reputation: 94
  • I'm no longer a member of this forum
    • FORUM SILAT
Re: kitab nagarakertagama karangan mpu prapanca
« Reply #20 on: 01/10/2009 19:45 »
@bang jali,
boleh...ntar hari sabtu dibawain, tapi isi sejarah nya di novel tuh ente udah apal semua ;D

pastorbonus

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 302
  • Reputation: 9
  • Tunggal Banyu Tunggal Ilmu
Re: kitab nagarakertagama karangan mpu prapanca
« Reply #21 on: 14/05/2010 15:14 »
ngomongin soal kitab ini jadi pengin share jg ni... soal kitab2 jawi... kbtulan ane punya ringkasan kitab2 tersebut dan sedikit bahasan.

jadi tunggu aja ya, ta cari2 dulu bukunya... dah lama banget ni soalnya.
Pertapaan Tunggulwulung, di bawah kaki gunung Arjuna

 

Powered by EzPortal