+-

Video Silat


Shoutbox

13/12/2016 10:49 Taufan: Yuk ke Festival Kampung Silat Jampang 17-18 Desember 2016!!!
20/09/2016 16:45 Dolly Maylissa: kangen diskusi disini
11/02/2016 15:58 Taufan: Alhamdulillah SS sudah ON lagi ;-)
07/01/2016 10:00 luri: wa 'alaikumussalam
04/01/2016 20:21 May Lee: Assalamu 'alaikum
30/03/2015 14:06 initial_d: Sepi amat ya bang, pada kemane nih penghuninya....
20/10/2014 15:28 kunderemp: Ya.. om Taufan.. Tanggal 11 lalu saya masih di tengah hutan di Bakan.
View Shout History

Recent Topics

PPS Betako Merpati Putih by acepilot
18/10/2018 17:03

On our book: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
13/03/2017 14:37

Siaran Radio ttg. Musik Pencak Silat di Stasiun "BR-Klassik / Musik der Welt" by Ilmu Padi
12/01/2017 16:19

Tentang buku kami: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
17/10/2016 20:27

Hoby Miara Jin by anaknaga
19/09/2016 04:50

TALKSHOW SILAT - Silat Untuk Kehidupan by luri
22/06/2016 08:11

Thi Khi I Beng by aki sija
17/08/2015 06:19

[BUKUTAMU] by devil
09/06/2015 21:51

Daftar Aliran dan Perguruan di Indonesia by devil
01/06/2015 14:01

SILAT BERDO'A SELAMAT by devil
01/06/2015 13:59

Persilatan Jurus Lima (Sabandar) by Marsudi Eko
14/05/2015 19:36

Kebugaran Merpati Putih by mpcrb
22/04/2015 16:16

PAWAI JAMBORE PENCAK 2015 by luri
20/04/2015 16:20

ALM. Kong Nur ( BEKSI Kampung Sawah) by initial_d
30/03/2015 14:02

maenpo Cikalong by aki sija
25/02/2015 22:01

SilatIndonesia.Com

Author Topic: Pemakaian Sarung di pundak Lelaki Betawi  (Read 12929 times)

Jali Jengki

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 2
  • Posts: 828
  • Reputation: 44
  • Love Pencak Silat, Proud to be Indonesian
Pemakaian Sarung di pundak Lelaki Betawi
« on: 04/06/2008 10:13 »
Sahabat Silat,

Sebagian besar kita mungkin mahfum dengan pakaian tradisional lelaki Betawi, kopiah dengan motif kembang setaman (pici Jawara), baju koko, celana pangsi polos atau bermotif batik, dan sarung yang selalu diselempangkan mengitari di pundak.

Khusus untuk sarung yang dikenakan di pundak ternyata zaman dulu tidak ada yang berani mengenakannya sembarangan, karena penggunaan ini merupakan simbol dan identitas jawara dan jago maen pukulan.

Menurut sejarahnya, sarung yang dikenakan di pundak dahulu berupa kain selembar yang biasa disebut "cukin" (adaptasi dari dialek Hakka-Cina Selatan). Cukin hanya dikenakan oleh jago kuntao peranakan Tionghoa dan tidak sembarangan pula yang memakainya. Seiring dengan perkembangan zaman pemakaian cukin ini turut mempengaruhi kebudayaan lokal, sehingga orang-orang Betawi yang merasa dirinya jawara pun turut mengenakannya.

Dalam kelompok Pitung, hanya dua orang saja yang berani mengenakannya: Salihun dan Tocang Gering (peranakan Cina Benteng). Hal ini menandakan identitas kepemimpinan dalam kelompok gangster ini.

Pada saat ini makna pemakaian cukin digeser posisinya dengan menggunakan kain sarung, karena orang Betawi lebih ingin mengedepankan masyarakat dengan nilai agamisnya ketimbang jawaranya.


Disarikan dari buku: Maenpukulan, Maenan "Jajan Pasar" Anak Betawi

Tabe', Jali
Kullu Nafsin Zaaiqatul MAUT

sarung kampret

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 15
  • Posts: 1.359
  • Reputation: 63
    • Email
  • Perguruan: Balerante
Re: Pemakaian Sarung di pundak Lelaki Betawi
« Reply #1 on: 20/06/2008 15:14 »
kayaknya bukan lelaki betawi aja yang pakai sarung di pundak. beberapa orang padang juga gitu apalagi panggilan "Datuk" udah melekat. Nah kalau begini gimana kang Jali?!? hehehehe

Ane soalnya salah seorang penggemar sarung (bukan yang dipundak)soalnya dipake adem....hehehhehe

salam SS
sarungkampret

"Sugih tanpo bondho,pintar tanpo ngeguru, menang tanpo ngasorake, nglurug tanpo bala, mangan tanpo mbayar."

HartCone

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 733
  • Reputation: 38
    • Martial Arts Forever
Re: Pemakaian Sarung di pundak Lelaki Betawi
« Reply #2 on: 21/06/2008 09:25 »
Saya juga suka sarungan, karena emang saat2 ini dingin banget di kota saya....

btw, sarung dalam aplikasi sebagai senjata saya perhatikan bagus banget tuh, monggo dibeber kang Jali dan kang Sarung....
(atau sudah ada threadnya tapi saya kaga tau)

Salam,
Hartcone

bocah tua nakal

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 54
  • Reputation: 0
    • Email
Re: Pemakaian Sarung di pundak Lelaki Betawi
« Reply #3 on: 10/11/2008 20:32 »
Bang Jali kalo tuh sarung di pake ngadem kaya kang Sawung Kampret statusnya dah tinggi kali ya? Bukan lagi sekedar Jawara, tapi dah ngelotok tuh ilmunya. Wong Salihun aja kaga berani tuh sarung di pake buat ngadem cuma disampirin doang dibahu. Ini kang Sawung Kampret berani pake   [top] 

putri teratai

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 805
  • Reputation: 20
  • datang kembali datang tuk mencapai kesempurnaan
    • PD-Total Quality Body Management
Re: Pemakaian Sarung di pundak Lelaki Betawi
« Reply #4 on: 10/11/2008 21:36 »
saya juga suka pake sarungnya babe saya...
enak anget, dan juga bisa buat senjata
percaya dan cintailah dirimu
(Kita ada di sini bukan untuk saling bersaing. Kita ada di sini untuk saling melengkapi. - Bill Mccartney)

hidup

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 532
  • Reputation: 17
  • Hanya Ingin Daur Ulang Pisaneuy
    • Email
Re: Pemakaian Sarung di pundak Lelaki Betawi
« Reply #5 on: 11/11/2008 08:09 »
Bang Jali!
Apa sarungnya itu merupakan salah satu senjata wajib?

Habis Manis, Sepah Masih Bisa Diklamuti
(The Philosophy of Recycle)

sarung kampret

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 15
  • Posts: 1.359
  • Reputation: 63
    • Email
  • Perguruan: Balerante
Re: Pemakaian Sarung di pundak Lelaki Betawi
« Reply #6 on: 11/11/2008 11:12 »
saya juga suka pake sarungnya babe saya...
enak anget, dan juga bisa buat senjata
mungkin angetnya suami mbak juga masuk sarung mbak...


Bang Jali kalo tuh sarung di pake ngadem kaya kang Sawung Kampret statusnya dah tinggi kali ya? Bukan lagi sekedar Jawara, tapi dah ngelotok tuh ilmunya. Wong Salihun aja kaga berani tuh sarung di pake buat ngadem cuma disampirin doang dibahu. Ini kang Sawung Kampret berani pake   [top] 

sarung buat ane bukan buat senjata kang... atau penandaan "status"..
lagian ane sih gak suka senjata kang.. lagian ane di rumah banyak sarung gunanya bisa buat ibadah (sholat dan deketin bini) lagian kalau pakai celana suka gerah yah pakai sarung biar adem ..
"Sugih tanpo bondho,pintar tanpo ngeguru, menang tanpo ngasorake, nglurug tanpo bala, mangan tanpo mbayar."

Dodol Buluk

  • Moderator
  • Pendekar Madya
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 1.081
  • Reputation: 25
  • Alone but never lonely
    • Email
Re: Pemakaian Sarung di pundak Lelaki Betawi
« Reply #7 on: 11/11/2008 11:25 »
@sarkam...ente bukannye jualan sarung pan ye?? mungkin kalo pemakaian sarung di pundak pan bisa sewaktu-waktu dipake pas sholat...kelar sholat yah di taruh di pundak...beda ma tukang buah ape sayuran..kelar dagang tuh sarung di libetin di pinggang...hehehe

d'buls
"Jangan pernah bilang kagak kalo kagak pernah bilang jangan"

Jali Jengki

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 2
  • Posts: 828
  • Reputation: 44
  • Love Pencak Silat, Proud to be Indonesian
Re: Pemakaian Sarung di pundak Lelaki Betawi
« Reply #8 on: 11/11/2008 12:23 »
Sarung memang jarang yang bahas digunakan sebagai senjata, padahal dalam pencak silat tradisional ada yang menggunakannya. Mungkin masih tertutup dan malu-malu untuk membabarkannya.

Di Cingkrik Sinan sempat saya menanyakan pada seorang guru, apakah ada penggunaan Sarung sebagai senjata?...sambil tersenyum, yang ditanya menjawab lantang "....Jangan kate Sarung, topo nyang ude dekil juga bisa buat bikin lawan ngejengker...!" ???


Tabe'...Jali


Kullu Nafsin Zaaiqatul MAUT

sarung kampret

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 15
  • Posts: 1.359
  • Reputation: 63
    • Email
  • Perguruan: Balerante
Re: Pemakaian Sarung di pundak Lelaki Betawi
« Reply #9 on: 11/11/2008 12:28 »
@sarkam...ente bukannye jualan sarung pan ye?? mungkin kalo pemakaian sarung di pundak pan bisa sewaktu-waktu dipake pas sholat...kelar sholat yah di taruh di pundak...beda ma tukang buah ape sayuran..kelar dagang tuh sarung di libetin di pinggang...hehehe

d'buls

kalau ane kelarnya buka dikit biar angin masuk kang... hehehhehehe :D

Sarung memang jarang yang bahas digunakan sebagai senjata, padahal dalam pencak silat tradisional ada yang menggunakannya. Mungkin masih tertutup dan malu-malu untuk membabarkannya.

Di Cingkrik Sinan sempat saya menanyakan pada seorang guru, apakah ada penggunaan Sarung sebagai senjata?...sambil tersenyum, yang ditanya menjawab lantang "....Jangan kate Sarung, topo nyang ude dekil juga bisa buat bikin lawan ngejengker...!" ???


Tabe'...Jali




apalagi dalam topo dekil ditaruh balok ya kang jali ya?
"Sugih tanpo bondho,pintar tanpo ngeguru, menang tanpo ngasorake, nglurug tanpo bala, mangan tanpo mbayar."

Unknown

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 65
  • -Receive: 41
  • Posts: 1.486
  • Reputation: 95
  • I'm no longer a member of this forum
    • FORUM SILAT
Re: Pemakaian Sarung di pundak Lelaki Betawi
« Reply #10 on: 11/11/2008 12:32 »
yach jelas aje orang bise jengker,
nah topo udah dekil, bulukan...
baru tibang nyium udah klenger, hehehee ;D
kaen sarung emang lumrah aje jadi senjate..
jaman babe ane masih bawa2 golok aje, yang name nye sarung kagak pernah ketinggalan tiap mo jalan..

Jali Jengki

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 2
  • Posts: 828
  • Reputation: 44
  • Love Pencak Silat, Proud to be Indonesian
Re: Pemakaian Sarung di pundak Lelaki Betawi
« Reply #11 on: 11/11/2008 12:33 »

apalagi dalam topo dekil ditaruh balok ya kang jali ya?
[/quote]


Bener bang,...

Tu topo nyang ude dekil peninggalan Bang Pir'aun...diisi daon kentut2an...dibekepin dah ke idung lawan...potong kuping ente dah kalo lawan kagak kejengker..... :w

Tabe'...Jali

Kullu Nafsin Zaaiqatul MAUT

sarung kampret

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 15
  • Posts: 1.359
  • Reputation: 63
    • Email
  • Perguruan: Balerante
Re: Pemakaian Sarung di pundak Lelaki Betawi
« Reply #12 on: 11/11/2008 13:12 »
wah tuh ilmu baru tuh...

minimal bisa naruh tuh daun di sarung...
cuman kalau dipake disangka BAB di celana nanti
"Sugih tanpo bondho,pintar tanpo ngeguru, menang tanpo ngasorake, nglurug tanpo bala, mangan tanpo mbayar."

putri teratai

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 805
  • Reputation: 20
  • datang kembali datang tuk mencapai kesempurnaan
    • PD-Total Quality Body Management
Re: Pemakaian Sarung di pundak Lelaki Betawi
« Reply #13 on: 11/11/2008 20:38 »
apa tuh BAB...
percaya dan cintailah dirimu
(Kita ada di sini bukan untuk saling bersaing. Kita ada di sini untuk saling melengkapi. - Bill Mccartney)

Dodol Buluk

  • Moderator
  • Pendekar Madya
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 1.081
  • Reputation: 25
  • Alone but never lonely
    • Email
Re: Pemakaian Sarung di pundak Lelaki Betawi
« Reply #14 on: 12/11/2008 22:07 »
BAB = Bau Apa Bau ya...gitu mbak...hehehehe..

buls
"Jangan pernah bilang kagak kalo kagak pernah bilang jangan"

 

Powered by EzPortal