+-

Video Silat


Jurus Dasar Cimande - sitting
Golok Seliwa Bang Husein
Jurus Bandrong - Jawa Barat
Festival Silat Kampung Jampang - Cingkrik Goning
pendekar cilik sedang beraksi
Macan Belang Jitu - Performance perguruan di acara
Tarung Bebas Genggong - Pesilat vs Santri
silat ASAD tasik (canszz)
silek harimau 2

Shoutbox

13/12/2016 10:49 Taufan: Yuk ke Festival Kampung Silat Jampang 17-18 Desember 2016!!!
20/09/2016 16:45 Dolly Maylissa: kangen diskusi disini
11/02/2016 15:58 Taufan: Alhamdulillah SS sudah ON lagi ;-)
07/01/2016 10:00 luri: wa 'alaikumussalam
04/01/2016 20:21 May Lee: Assalamu 'alaikum
30/03/2015 14:06 initial_d: Sepi amat ya bang, pada kemane nih penghuninya....
20/10/2014 15:28 kunderemp: Ya.. om Taufan.. Tanggal 11 lalu saya masih di tengah hutan di Bakan.
View Shout History

Recent Topics

PPS Betako Merpati Putih by acepilot
31/10/2017 13:13

On our book: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
13/03/2017 14:37

Siaran Radio ttg. Musik Pencak Silat di Stasiun "BR-Klassik / Musik der Welt" by Ilmu Padi
12/01/2017 16:19

Tentang buku kami: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
17/10/2016 20:27

Hoby Miara Jin by anaknaga
19/09/2016 04:50

TALKSHOW SILAT - Silat Untuk Kehidupan by luri
22/06/2016 08:11

Thi Khi I Beng by aki sija
17/08/2015 06:19

[BUKUTAMU] by devil
09/06/2015 21:51

Daftar Aliran dan Perguruan di Indonesia by devil
01/06/2015 14:01

SILAT BERDO'A SELAMAT by devil
01/06/2015 13:59

Persilatan Jurus Lima (Sabandar) by Marsudi Eko
14/05/2015 19:36

Kebugaran Merpati Putih by mpcrb
22/04/2015 16:16

PAWAI JAMBORE PENCAK 2015 by luri
20/04/2015 16:20

ALM. Kong Nur ( BEKSI Kampung Sawah) by initial_d
30/03/2015 14:02

maenpo Cikalong by aki sija
25/02/2015 22:01

SilatIndonesia.Com

Author Topic: Pemakaian Sarung di pundak Lelaki Betawi  (Read 12716 times)

putri teratai

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 805
  • Reputation: 20
  • datang kembali datang tuk mencapai kesempurnaan
    • PD-Total Quality Body Management
Re: Pemakaian Sarung di pundak Lelaki Betawi
« Reply #15 on: 12/11/2008 22:09 »
Dboel's...kangeeennn..kemana aja?

BAB...Bau Apek Boo
percaya dan cintailah dirimu
(Kita ada di sini bukan untuk saling bersaing. Kita ada di sini untuk saling melengkapi. - Bill Mccartney)

hidup

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 532
  • Reputation: 17
  • Hanya Ingin Daur Ulang Pisaneuy
    • Email
Re: Pemakaian Sarung di pundak Lelaki Betawi
« Reply #16 on: 13/11/2008 09:23 »
Sarung BAB, itu kan popok!
Habis Manis, Sepah Masih Bisa Diklamuti
(The Philosophy of Recycle)

Dodol Buluk

  • Moderator
  • Pendekar Madya
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 1.081
  • Reputation: 25
  • Alone but never lonely
    • Email
Re: Pemakaian Sarung di pundak Lelaki Betawi
« Reply #17 on: 13/11/2008 09:47 »
eitt..eitt... [polisi] bek tu topik...menurut ane neh nyang masih O'on...kemungkinan pemakaian sarung di pundak bukan bertujuan sebagai pengindentitas status sosial melainkan sesuai dengan filosopi kaum betawi mengaji dan silat ...kate babe aye neh...dulu pengajian dilaksanain kelat isya sampai sekitar tengah malem...nah kelar ngaji langsung deh maen pukulan...sampe bedug shubuh...nah itu dilakonin tiap hari...giliiinnngg...gimana ga pade jago tuh orang terdahulu para penggila silat....

sarung kemungkinan untuk membela diri saat musuh menggunakan senjata tajam,sarung tersebut bisa meredam,mengarahkan,menangkis sajam....

debuls
"Jangan pernah bilang kagak kalo kagak pernah bilang jangan"

Jali Jengki

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 2
  • Posts: 828
  • Reputation: 44
  • Love Pencak Silat, Proud to be Indonesian
Re: Pemakaian Sarung di pundak Lelaki Betawi
« Reply #18 on: 13/11/2008 09:59 »
Kagak salah (berarti bener) ape nyang dibilangin Bek Tebet...cuman pengertian ni ude kemari-marian...artinye bentuk sarung kendiri nyang taro di pundak sebage metamorposis nye kaen cukin. Sebelonnye sarung lebih banyak dilibetin di pinggang, diselempangin miring di dade...macem2.

Mengkenye Bang Bek, kapan ade waktu nyang sekiranye longgaran kite bedami ame Ncang Ridwan Saidi dah ye buat ngegali kebudayaan laennye...(katenye mao silaturahmi ame sesepuh Betawi...?)

Tabe'...Jali
Kullu Nafsin Zaaiqatul MAUT

sarung kampret

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 15
  • Posts: 1.359
  • Reputation: 63
    • Email
  • Perguruan: Balerante
Re: Pemakaian Sarung di pundak Lelaki Betawi
« Reply #19 on: 13/11/2008 13:25 »
Balik ke pemakaian "SARUNG", hal ini juga dilakukan di daerah lain seperti Daerah Sumatera Barat (pemakaian Gelar Datuk), di Cianjur (Masih ada pemakaian sarung di pundak saat acara resmi) dan di beberapa daerah sarung diganti sorban untuk para ulama.

Apabila ditilik sarung digunakan sebagai senjata khas suatu daerah saya rasa ini konotasi pendapat yang salah. Karena rata-rata seorang pendekar harus bisa menggunakan senjata dari apa yang ada disekelilingnya. Dalam teori perang di negeri china juga ada contohnya Sun Tzu.

Untuk saat ini pemakaian sarung di pundak untuk para pemuda betawi mungkin sudah habis di gerus jaman.



"Sugih tanpo bondho,pintar tanpo ngeguru, menang tanpo ngasorake, nglurug tanpo bala, mangan tanpo mbayar."

Jali Jengki

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 2
  • Posts: 828
  • Reputation: 44
  • Love Pencak Silat, Proud to be Indonesian
Re: Pemakaian Sarung di pundak Lelaki Betawi
« Reply #20 on: 13/11/2008 13:45 »
Syukur alhamdulillah, Kang Sarkem mengetahui beberapa daerah yang menyerupai penggunaan sarung di pundak sebagaimana di Betawi. Harapan saya Kang Sarkem dapat membabarkan sejarah, makna filosofi ataupun maksud dari penggunaan sarung di pundak dari daerah2 yang kang Sarkem utarakan. Hal ini perlu guna memperbanyak perbendaharaan kebudayaan kita.

Dalam thread ini sengaja saya utarakan sejarah,perkembangan penggunaan cukin oleh peranakan Tionghoa di Tanah Betawi hingga di metamorphosiskan menjadi sarung oleh orang-orang Betawi umumnya yang kalau boleh meminjam istilah Bek Tebet sebagai filosopi kaum betawi mengaji dan bersilat (maenpukulan).

Tabe'...
Kullu Nafsin Zaaiqatul MAUT

Jali Jengki

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 2
  • Posts: 828
  • Reputation: 44
  • Love Pencak Silat, Proud to be Indonesian
Re: Pemakaian Sarung di pundak Lelaki Betawi
« Reply #21 on: 13/11/2008 14:03 »
Untuk saat ini tidak tepat pula dikatakan penggunaan sarung di pundak ini sudah habis dikalangan Betawi. Hanya saja penggunaannya tertentu dikala silaturahim, hajatan, atau yg bersifat seremoni, seperti contohnya ketika rombongan Silo Macan diundang Diskusi bulanan ke Hidro. Saran saya silakan Kang Sarkem kongko dengan sesepuh Betawi...

Tabe'...Jali
Kullu Nafsin Zaaiqatul MAUT

Dodol Buluk

  • Moderator
  • Pendekar Madya
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 1.081
  • Reputation: 25
  • Alone but never lonely
    • Email
Re: Pemakaian Sarung di pundak Lelaki Betawi
« Reply #22 on: 13/11/2008 14:18 »
Apabila ditilik sarung digunakan sebagai senjata khas suatu daerah saya rasa ini konotasi pendapat yang salah. Karena rata-rata seorang pendekar harus bisa menggunakan senjata dari apa yang ada disekelilingnya.

hemmmm...sapa gitu yang bilang sarung hanya punya suatu daerah kang sarkem???

debuls

"Jangan pernah bilang kagak kalo kagak pernah bilang jangan"

sarung kampret

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 15
  • Posts: 1.359
  • Reputation: 63
    • Email
  • Perguruan: Balerante
Re: Pemakaian Sarung di pundak Lelaki Betawi
« Reply #23 on: 13/11/2008 14:48 »
hehehehhe
kalau ane serius pada sensitif... ini khan baru belajar serius..

"Sugih tanpo bondho,pintar tanpo ngeguru, menang tanpo ngasorake, nglurug tanpo bala, mangan tanpo mbayar."

Dodol Buluk

  • Moderator
  • Pendekar Madya
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 1.081
  • Reputation: 25
  • Alone but never lonely
    • Email
Re: Pemakaian Sarung di pundak Lelaki Betawi
« Reply #24 on: 14/11/2008 05:01 »
Pret...ente belon bilang kan kalo sarung hanya ente yang pake..nyang laen pade kagak pake sarung....hehehehehehe :w

debuls
"Jangan pernah bilang kagak kalo kagak pernah bilang jangan"

putri teratai

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 805
  • Reputation: 20
  • datang kembali datang tuk mencapai kesempurnaan
    • PD-Total Quality Body Management
Re: Pemakaian Sarung di pundak Lelaki Betawi
« Reply #25 on: 14/11/2008 16:59 »
aku juga pakai sarung kalo malem... ::)

tauk deh asrung sapa...
percaya dan cintailah dirimu
(Kita ada di sini bukan untuk saling bersaing. Kita ada di sini untuk saling melengkapi. - Bill Mccartney)

putri teratai

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 805
  • Reputation: 20
  • datang kembali datang tuk mencapai kesempurnaan
    • PD-Total Quality Body Management
Re: Pemakaian Sarung di pundak Lelaki Betawi
« Reply #26 on: 14/11/2008 17:04 »
sebenarnya asyik juga ya? kalo bikin kerapihan tehnik senjata pakai sarung.

Sebab sarung kan juga bagian dari pada senjata, bisa buat blebet leher, nyampluk, dll..
hampir sama dengan selendang.
percaya dan cintailah dirimu
(Kita ada di sini bukan untuk saling bersaing. Kita ada di sini untuk saling melengkapi. - Bill Mccartney)

qbstudio

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 67
  • Reputation: 2
  • Perguruan: Pencak Silat
Re: Pemakaian Sarung di pundak Lelaki Betawi
« Reply #27 on: 14/11/2008 20:20 »
Di Sumatera Barat, anak lelaki yang sudah dewasa (baligh) itu biasanya tidak tidur di rumah lagi. Biasanya mereka tidur bersama-sama di surau. Mereka bersosialisai dengan kaum pria lainnya yg juga baru baligh, ikut belajar mengaji di surau, malamnya berlatih silek. Begitu shubuh mau tiba, mereka bangun dan membersihkan surau, ada pula yg menimba air untuk orang shalat, mengepel lantai terutama bila malam habis hujan, dan seorang diantaranya mengumandangkan azan. Maka sarung memang melekat pada anak laki2. Apabila ia akan pergi merantau, ninik mamak biasanya memberi kain sarung sebagai kenang2an. Hal ini mengandung pesan agar jangan tinggal shalat. Selain itu, apabila belum mendapat tempat berteduh bolehlah kiranya sarung ini menjadi tempat berlindung dari panas dan hujan, ataupun sekedar menyapu tikar yg akan menjadi alas tidur.
Dalam kegelapan malam kadang berkelebat sosok lelaki yg wajahnya ditutup sarung, meloncat2 dari satu batu ke batu lainnya, menyusuri satu pematang ke pematang lainnya, dengan sangat cepat seolah tak ingin disapa. Entah itu maling yg mengendap-endap, atau bisa juga seorang anak sasian (anak murid silek) yang disuruh gurunya ke kampung sebelah menyampaikan pesan darurat.
Apabila ia telah dewasa dan menjadi pandeka, maka sarung ini dipakai di salah satu pundak. Anda jamulah ia dengan minuman hangat, maka sebelum diminum, gelas minuman itu ditutup dengan sarung sedemikian rupa sambil mulut komat-kamit.. "penawar racun", begitu ucapnya dalam hati apabila yg menawarkan minuman tadi memang orang yg asing.

Saya pikir di Betawi pun serupa sedikit-sedikit. Namun biasanya di Betawi sarung yg di pundak itu dipakai di kedua pundak, seolah mengalungi leher. Kalau sarung digeletak, hati2 mengambilnya krn biasanya di dalamnya disimpan golok. :)
"Lahir silek ka mancari kawan, batin silek ka mancari Tuhan"
=============================================

sarung kampret

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 15
  • Posts: 1.359
  • Reputation: 63
    • Email
  • Perguruan: Balerante
Re: Pemakaian Sarung di pundak Lelaki Betawi
« Reply #28 on: 17/11/2008 17:12 »
 [top] ini baru penjelasan yang keren dari sumatera barat  [top]

mungkin dulu sarung dipundak pemuda betawi bawaan dari negeri sumbar atau  sumbar bawaan dari betawi... atau semua daerah membiasakan laki2nya memakai sarung dipundak? Ada yang tahu gak ya?.... mohon penerangan..


Kalau sarung digeletak, hati2 mengambilnya krn biasanya di dalamnya disimpan golok. :)

Itu baru golok aja hati-hati...
apalagi di dalamnya ada kampretnya seperti sarung saya, uda qbstudio hehehehhehe....
"Sugih tanpo bondho,pintar tanpo ngeguru, menang tanpo ngasorake, nglurug tanpo bala, mangan tanpo mbayar."

qbstudio

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 67
  • Reputation: 2
  • Perguruan: Pencak Silat
Re: Pemakaian Sarung di pundak Lelaki Betawi
« Reply #29 on: 20/11/2008 22:21 »
Terima kasih om Sarung Kampret.. duhh jadi takut ga sopan ngomongnya neee.. hehehe

Siapa mempengaruhi siapa, udah kurang jelas asal usulnya. Tapi memang beberapa daerah punya sarung yg khas. Kalau pun bukan sarung, ya kain. Kalau pun tidak dipakai kaum pria, ya dipakai oleh kaum wanita.
Sarung ini sendiri juga lumrah ditemui di Thailand, Myanmar (Birma).

Waaaaw... sarungnya ada kampretnya..?? Bau amat dunk tuh sarung.. sampe kampret aja demen disitu. hehehehe.... becanda.
"Lahir silek ka mancari kawan, batin silek ka mancari Tuhan"
=============================================

 

Powered by EzPortal