+-

Video Silat


Pamur Tunggal Putri
Maenpo peupeuhan.. IMTV
Festival Silat Tradisional Banten
Silat Tradisional Identitas Bangsa yg Terlupakan
GGBD - Salancar #1
Harimau Krambit from Mande Muda
Festival Silat Kampung Jampang - Cingkrik Goning
Festival Pencak Silat 2008 - Jabar Putri
introduksi Gerak Gulung Budi Daya

Shoutbox

13/12/2016 10:49 Taufan: Yuk ke Festival Kampung Silat Jampang 17-18 Desember 2016!!!
20/09/2016 16:45 Dolly Maylissa: kangen diskusi disini
11/02/2016 15:58 Taufan: Alhamdulillah SS sudah ON lagi ;-)
07/01/2016 10:00 luri: wa 'alaikumussalam
04/01/2016 20:21 May Lee: Assalamu 'alaikum
30/03/2015 14:06 initial_d: Sepi amat ya bang, pada kemane nih penghuninya....
20/10/2014 15:28 kunderemp: Ya.. om Taufan.. Tanggal 11 lalu saya masih di tengah hutan di Bakan.
View Shout History

Recent Topics

Minta Do`a dan bimbingan para suhu dan sesepuh silat :D. SANDEKALA by zvprakozo
10/04/2019 18:34

PPS Betako Merpati Putih by acepilot
18/10/2018 17:03

On our book: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
13/03/2017 14:37

Siaran Radio ttg. Musik Pencak Silat di Stasiun "BR-Klassik / Musik der Welt" by Ilmu Padi
12/01/2017 16:19

Tentang buku kami: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
17/10/2016 20:27

Hoby Miara Jin by anaknaga
19/09/2016 04:50

TALKSHOW SILAT - Silat Untuk Kehidupan by luri
22/06/2016 08:11

Thi Khi I Beng by aki sija
17/08/2015 06:19

[BUKUTAMU] by devil
09/06/2015 21:51

Daftar Aliran dan Perguruan di Indonesia by devil
01/06/2015 14:01

SILAT BERDO'A SELAMAT by devil
01/06/2015 13:59

Persilatan Jurus Lima (Sabandar) by Marsudi Eko
14/05/2015 19:36

Kebugaran Merpati Putih by mpcrb
22/04/2015 16:16

PAWAI JAMBORE PENCAK 2015 by luri
20/04/2015 16:20

ALM. Kong Nur ( BEKSI Kampung Sawah) by initial_d
30/03/2015 14:02

SilatIndonesia.Com

Author Topic: Asal Usul Beladiri  (Read 6707 times)

Abraham

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 235
  • Reputation: 6
  • Never know what will happen on tomorrow
    • Email
Asal Usul Beladiri
« on: 16/03/2009 08:41 »
Saya pernah baca disalah satu koran tp ini udh lama sekali sktr thn 90-an gtu deh yg ada kolom Ripley's-nya.

Ilmu beladiri yg skrg dikenal dgn nama Kungfu, Karate dan Muaythai itu asal usulnya dr India. Dibawa oleh para rahib2 Budha yg berkelana dlm rangka misionaris ke Asia Tenggara dan jg Jepang.

Para rahib tsb dibekali ilmu keterampilan beladiri tdk lain utk menghadapi perampok yg tak ada ampun selain menjarah harta jg nyawa korbannya dan jg binatang buas spt macan, beruang dll.

Maka dr itu Ilmu beladiri tsb. datang dr negara2 yg skrg mayoritas beragama Budha spt Cina, Jepang dan Thailand.
Onegai Shimasu..Please tech me..Tolong ajari saya

Antara

  • Moderator
  • Pendekar Madya
  • **
  • Thank You
  • -Given: 28
  • -Receive: 29
  • Posts: 1.168
  • Reputation: 110
  • Malu bertanya tinggal pake GPS...
Re: Asal Usul Beladiri
« Reply #1 on: 17/03/2009 07:12 »
Salam Mas Abraham... masih ingat ya sama koran yang udah lama dibacanya ;D

Sebenarnya sih, Mas Abraham., konsep itu tidak punya dasar sejarah yang kuat... samasekali tidak ada bukti mengenai pengaruh misionaris budha dalam penyebaran beladiri.

Cerita tentang kedatangan Bodhidharma (Daruma, Tatmo-Chousu) ke kuil shaolin yang dianggap sebagai titik awal penyebaran ilmu beladiri di China sebenarnya adalah cerita fiksi yang dirangkum dalam novel "Kisah perjalanan Lao T'san" yang diterbitkan tahun 1907. Novel ini kemudian dikutip oleh buku "Rahasia wushu Shaolin" pada tahun 1917, yang merupakan buku pelajaran wushu pertama yang diterbitkan ke masyarakat luas. Akibatnya kisah fiksi tentang Bodhidharma itu diterima sebagai kebenaran oleh masyarakat wushu di mana-mana... termasuk generalisasi tentang penyebaran ilmu perang kuno dari India ke mana-mana.

Pada saat shaolin didirikan (sebelum waktu yang dipercaya sebagai saat Bodhidharma datang ke Cina dari India), sudah ada ilmu silat yang dilatih di kuil itu, yaitu Chin-Na (qina). Chin-na adalah ilmu yang fokus pada teknik cengkeram dan kunci, karena dianggap lebih cocok dengan pemikiran Budhisme yang damai. Belakangan Shaolin banyak menyerap ilmu beladiri lain dan menjadi kolektor dan pengembang ilmu wushu... wushu sendiri sudah berkembang Cina sejak ratusan tahun sebelum periode shaolin (pada nonton Red Cliff gak? Itu peristiwa empat ratus tahun sebelum berdirinya Shaolin)  ;D

Para ahli sendiri percaya bahwa ilmu berperang (ilmu beladiri) berkembang secara sendiri-sendiri di berbagai wilayah di seluruh penjuru dunia, walau tentu saja wilayah yang paling sering mengalami perang memiliki beladiri yang paling berkembang, seperti Yunani, Mongol, Cina, Korea dan banyak lagi (jujur, kayaknya kepulauan nusantara termasuk deh 8)).

Itulah pengaruh fiksi dalam kehidupan masyarakat...  :)
Fairy tales don't tell children that dragons are real...
Children always know that dragons are real...
Fairy tales only tell that dragons can be slain...

DasaMan

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 681
  • Reputation: 31
    • Email
Re: Asal Usul Beladiri
« Reply #2 on: 17/03/2009 13:43 »
Yang kemungkinan bukan fiksi yang ini:

Beladiri gulat dan sejenisnya cenderung lebih banyak berkembang dalam kebudayaan yang permisif terhadap homoseksualitas. DHUENG!

Nanti gue cariin risetnya... pernah nemu di manaaaa gitu...

goginebulana

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 11
  • Posts: 311
  • Reputation: 27
  • peace and universal
    • Email
  • Perguruan: Harmony Wushu Indonesia
Re: Asal Usul Beladiri
« Reply #3 on: 17/03/2009 23:48 »
:)
asal usul bela diri? Asal usul ilmu berperang?


Kalau melihat kebudayaan yang tua di dunia itu, Mesir, China, Yunani....
China dan Yunani.. Umum kita sudah dapat mengenali.. Tapi kalo yg Mesir neh... Kayaknya keren juga kalo ada ya?senjata dan tangan kosong seperti apa yang mereka gunakan?
Ada yang punya info?

Selain peradaban ketiga itu.. Mungkin saja masih ada peradaban lain yang jg tak kalah tua, seperti peradaban Inca.
tentu peradaban yg tinggi memiliki seni perang yang sistematis dan teruji.

Hindu sebagai salah satu agama yang tertua dulunya byk berkembamg dari India hingga Indonesia,sayang catatan2 sejarah kerajaan dan peninggalannya tidak lengkap,aku rasa menarik sekali andai ada info utk seni perang yg satu ini..

Terutama keris! Dan budaya Jawa yang sedemikian halus.

DasaMan

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 681
  • Reputation: 31
    • Email
Re: Asal Usul Beladiri
« Reply #4 on: 20/03/2009 19:30 »
Kalo beladiri Mesir, ada buku di google books yang ngebahas, berdasar bukti gambar2 di dinding piramid. Tapi ya secara Mesir di antara Arab dan Afrika, main tangan kosong sudah jelas gulat, main senjata sudah jelas tombak dan panah.

Kalo Hindu, lagi2 tangan kosong utamanya mainan gulat. Ini pernah dibahas dalam bukunya Draeger, dan sisa2 gulat Hindu kelihatan di silat Sumatra.

edwardo

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 0
  • Posts: 45
  • Reputation: 2
    • Email
Re: Asal Usul Beladiri
« Reply #5 on: 29/11/2009 22:51 »
perfect,, dalam menggali asal usul dari seni berperang tentu tidak terlepas dari sejarah agama, sebab hubungannya sangat erat sekali.
dalam pengembangan suatu ajaran (agama), sudah barang tentu akan mendapat perlawanan dari kepercayaan yg telah ada dimasa itu,
jadi perkembangan ilmu seni berperang bisa diartikan sebagai bahan untuk menjawab tantangan alam (situasi,kondisi,pola pikir dan tekhnology). jadi untuk asal usul dari ilmu seni berperang ini menurut saya setiap negara mempunyai seni berperang sendiri2 yang kemudian berkembang dengan budaya2 lain sesuai dengan perkembangan budaya dan agamanya, jadi sinkritisme (penggabungan budaya tersebut sudah terjadi sedari dulunya secara otomatis, hingga sangat sulitlah bagi kita pada masa sekarang ini untuk mencari lagi asal usul dari tradisi tersebut, tapi kita karus tetap yakin dan berusaha berame rame untuk menggalinya lagi,,
setujuu ???
:-P :o :o :o  wassalam
Setetes Jadikan Laut.. Sekepal Jadikan Gunung....
Alam Takambang Manjadi Guru.........

 

Powered by EzPortal