+-

Video Silat

Shoutbox

07/11/2021 17:43 santri kinasih: Holaaaaas
10/02/2021 10:29 anaknaga: Salam Silat..
Semoga Sadulur sekalian sehat semua di Masa Pandemi Covid-19. semoga olah raga dan rasa dapat meningkatkan daya tahan tubuh kita. hampur 5 tahun tidak ada yang memberikan komen disini.
23/12/2019 08:32 anaknaga: Tidak bisa masuk thread. dah lama tidak nengok perkembangan forum ini.
salam perguruan dan padepokan silat seluruh nusantara.
02/07/2019 18:01 Putra Petir: Akhirnya masuk jua... wkwkwk
13/12/2016 10:49 Taufan: Yuk ke Festival Kampung Silat Jampang 17-18 Desember 2016!!!
20/09/2016 16:45 Dolly Maylissa: kangen diskusi disini
11/02/2016 15:58 Taufan: Alhamdulillah SS sudah ON lagi ;-)
View Shout History

Recent Topics

Berita Duka: Alamsyah bin H Mursyid Bustomi by luri
10/07/2022 09:14

PPS Betako Merpati Putih by acepilot
14/08/2020 10:06

Minta Do`a dan bimbingan para suhu dan sesepuh silat :D. SANDEKALA by zvprakozo
10/04/2019 18:34

On our book: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
13/03/2017 14:37

Siaran Radio ttg. Musik Pencak Silat di Stasiun "BR-Klassik / Musik der Welt" by Ilmu Padi
12/01/2017 16:19

Tentang buku kami: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
17/10/2016 20:27

Hoby Miara Jin by anaknaga
19/09/2016 04:50

TALKSHOW SILAT - Silat Untuk Kehidupan by luri
22/06/2016 08:11

Thi Khi I Beng by aki sija
17/08/2015 06:19

[BUKUTAMU] by devil
09/06/2015 21:51

Daftar Aliran dan Perguruan di Indonesia by devil
01/06/2015 14:01

SILAT BERDO'A SELAMAT by devil
01/06/2015 13:59

Persilatan Jurus Lima (Sabandar) by Marsudi Eko
14/05/2015 19:36

Kebugaran Merpati Putih by mpcrb
22/04/2015 16:16

PAWAI JAMBORE PENCAK 2015 by luri
20/04/2015 16:20

SilatIndonesia.Com

Author Topic: Beladiri Berbasis Senjata di Indonesia?  (Read 32796 times)

DasaMan

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 681
  • Reputation: 31
    • Email
Re: Beladiri Berbasis Senjata di Indonesia?
« Reply #30 on: 30/09/2009 19:24 »
Cocok! kalau jaman dulu ada begitu banyak senjata, tentunya semua punya teknik sendiri2 untuk menggunakannya, sekaligus dengan filosofi yang ada didalamnya. Lha hal inilah yang harus diketahui oleh para generasi muda saat ini...

Itu sudah pasti bang HC. Coba saja anda lihat ilmu beladiri senjata modern, Anggar. Itu beda senjata (sabel foil apalagi satu lagi?) itu beda lagi teknik dan taktik dan strategi yang digunakan. kalo lihat sejarah ilmu senjata barat, yang lebih gampang diikuti karena lebih terdokumentasikan, itu terlihat sekali zaman seklian kondisi masyarakatnya bagaimana senjatanya bagaimana, armornya bagaimana, maka teknik taktik strategi demikian, lalu sekian dekade kemudian dinamika masyarakat berubah, maka beladirinya berubah juga, dulunya buat perang, makin belakang konteksnya duel, makin belakang lebih buat sekedar olahraga, dst.

Nih, kalo buat perbandingan, silakan buka http://www.aemma.org untuk referensi beladiri barat dari masa ke masa.

Nah, sebelum ada yang nanya, kenapa kok tidak ngasih data beladiri Indonesia dari masa ke masa, sini kan forum pencak silat, bukan ilmu barat, ya maaf, di sini kan budaya lisan, bukan tulisan, darimana mo cari data di web coba ;( Lha wong menyedihkannya saja lihat saja itu perpustakaan padepokan nasional pencak silat TMII, isinya buku beladiri luar semua, dan buku2 beladiri yang baru suppliernya adalah SAYA!

HartCone

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 733
  • Reputation: 38
    • Martial Arts Forever
Re: Beladiri Berbasis Senjata di Indonesia?
« Reply #31 on: 01/10/2009 06:21 »
Mas Candra, Trimakasih...
Ditunggu lebih lanjut paparan ttg keris dan segala seluk-beluknya, dan sumbangan tulisan ttg masalah persenjataan dalam pandangan panjenengan, salam juga dari jauh....

Ini seperti yang pernah saya bahas di thread sebelah, bahwa yang namanya pencak silat itu saya yakin dirancang dengan asumsi dasar penggunaan senjata juga, eh tapi di thread sebelah saya kok dituduh melecehkan pencak silat sebagai ilmu rendahan :( Alamakjang...

Orang banyak yang kagum sama Aikido yang berbasis pada permainan pedang, Orang banyak yang kagum sama Xing Yi yang dikatakan berbasis pada permainan tombak, apakah kedua keilmuan tersebut bisa dikatakan rendahan? Disini saya tidak memberikan bandingan dg Pangamot dan Panatukan milik FMA, karena mungkin orang nanti akan bisa bilang bahwa saya mempromosikan FMA!

No offence! Trus seseorang bisa menilai kalau dikatakan satu keilmuan berbasis pada permainan senjata itu rendahan itu dasarnya apa? Didepan pun udah saya berikan satu artikel tentang penilaian terhadap praktisi bersenjata, dan satu hal lagi di tataran kebudayaan Jepang, yang boleh memegang Shinken (Pedang-nya Samurai) adalah kelas para kesatria dan diatasnya.

Quote from: DasaMan
IMO kalo yang cari murni senjata, harus lari ke timur itu lah. Di sana IMO gaya mainnya masih sama seperti suku2 Afrika, tangan kosongnya main seperti gulat freestyle (tanpa main ground), dan senjatanya diajarkan melalui tarian2 dan praktek berburu serta perang-perangan.

Yup, ini kayaknya terlupakan (atau saya yang kurang jeli?), apakah ada yang studi dan mempelajari kebudayaan dunia timur kita ini? Sepertinya saya harus tanyakan lagi untuk satu penegasan, walaupun  udah disentil oleh Mbah Kyai, dari sisi pendekatan secara bahasa, Apakah beladiri dari Papua itu bisa disebut Pencak Silat?


Ttg link Pedang Eropa, thx, dulu saya juga rajin mem-buka2-nya sebagai studi banding terhadap FMA yang saya pelajari, dan kalau dari sisi FMA memang banyak yang gatuk, karena bagaimanapun FMA itu juga dapat sumbangan dari budaya Eropa terutama Spanyol...

Salim,
HC

HartCone

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 733
  • Reputation: 38
    • Martial Arts Forever
Re: Beladiri Berbasis Senjata di Indonesia?
« Reply #32 on: 01/10/2009 06:57 »
Contoh Study Kasus dari pendekatan secara Kontekstual:

Stick Fighting Tradisional Indonesia, Pendekatan Kontekstual terhadap sebuah Ilmu Perang

Artikel secara utuh bisa dilihat di thread: http://sahabatsilat.com/forum/index.php/topic,920.0.html

Seperti sudah banyak saya tulis, Perang tidak akan jalan tanpa senjata, senjata adalah didisain untuk lebih cepat mengakhiri suatu konflik, begitu banyak desain senjata sesuai dengan kegunaan masing2, senjata yang palingg populer dalam perang kuno adalah pedang dan tombak, kenapa bisa begitu? jawabanya nanti kalau ditulis jadi panjang sekali.

Kata “kontekstual” berasal dari “konteks” yang dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia mengandung dua arti: 1) bagian sesuatu uraian atau kalimat yang dapat mendukung atau menambah kejelasan makna; 2) situasi yang ada hubungan dengan suatu kejadian.(Tim Penyusun Kamus: 1989: 458)

Dalam kaitan ini kita menghubungkannya pada arti yang kedua yaitu memperhatikan dan mengkaji keterkaitannya dengan peristiwa atau situasi yang melatarbelakangi munculnya kejadian (obyek),

Kejadian apa? Stick FightingTradisional Indonesia!
Situasi yang melatarbelakanginya? Kapan? ini ada keterkaitan dengan waktu...

Jaman perang berarti ada satu tuntukan akan kebutuhan senjata yang seharusnya paling mematikan? apa itu? semisal pedang > disini disa digambarkan stick fighting tersebut adalah satu bentukan untuk melatih ilmu pedang, atau karena tidak ada barang pengganti stick fightingpun bisa difungsikan sebagai senjata dengan memaksimalkan dalam bentuk fungsi!

Jaman sekarang ini? Jaman damai (walaupun masih ada perang juga) tetapi terkait dg waktu dan kondisi setempat ya damai, kenapa dimunculkan lagi? segudang alasan lagi sesuai dg topik, salah satunya adalah sebagai pengingat sejarah, pelestarian budaya, kebutuhan akan hiburan dll, kalau perang katakanlah saling membunuh itu hukumnya memang seperti itu, tetapi sebagai bagian dari pertunjukan atau yang lainnya itu sudah tidak sesuai dg apa yang dimaksudkan oleh keadaan dan situasi waktu yang bersangkutan, oleh sebab itu untuk menjaga keselamatan, dll termasuk menghindari kecurangan dan saling tidak puas ada begitu banyak aturan didalamnya.

Itu yang saya katakan Stick Fighting Tradisional Indonesia adalah satu beladiri tradisional yang kontekstual, selalu bisa mengikuti jaman dan situasai atau keadaan yang melatarbelakanginya sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan tanpa merubah total obyek yang bersangkutan. sebagai alat perang tanpa mengganti semua atribut yang ada (stick tetep stick) bisa! sebagai bentuk olahraga juga tanpa merubah atribut yang ada (stick tetep stick) ya bisa! semua bisa di setel menurut kebutuhan situasi dan kondisi.... lha kan begitu?

Ini adalah satu analisa amatiran yang mungkin bisa ajah dikatakan ngawur atau asal2an, lha monggo yang lebih tau dan lebih berkompeten untuk menyempurnakannya...

Salim,
HC

DasaMan

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 681
  • Reputation: 31
    • Email
Re: Beladiri Berbasis Senjata di Indonesia?
« Reply #33 on: 01/10/2009 08:32 »
No offence! Trus seseorang bisa menilai kalau dikatakan satu keilmuan berbasis pada permainan senjata itu rendahan itu dasarnya apa?

Dasarnya karena tidak mau dianggap brutal dan langsung main mo matiin lawan dan tidak santun :D

Yup, ini kayaknya terlupakan (atau saya yang kurang jeli?), apakah ada yang studi dan mempelajari kebudayaan dunia timur kita ini? Sepertinya saya harus tanyakan lagi untuk satu penegasan, walaupun  udah disentil oleh Mbah Kyai, dari sisi pendekatan secara bahasa, Apakah beladiri dari Papua itu bisa disebut Pencak Silat?

Saya cuma punya literatur Weapons & Fighting Arts of Indonesia-nya Draeger saja, itu berarti tahun 60-70-an, dan Draeger tidak menemukan adanya bentuk keilmuan 'terorganisasi,' dalam hal jurus, keguruan, dst. Adanya ya itu, lebih mirip permainan rakyat, kegiatan berburu, dan perang-perangan. Keilmuan uang didapatkan secara osmosis dan intuisi.

Mengenai apakah istilah pencak silat bisa dikenakan kepada keilmuan di Timur ini, IMO tidak, karena pencak silat itu notabene bentukan budaya dari Barat (indonesia) :D

DasaMan

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 681
  • Reputation: 31
    • Email
Re: Beladiri Berbasis Senjata di Indonesia?
« Reply #34 on: 01/10/2009 08:45 »
Seperti sudah banyak saya tulis, Perang tidak akan jalan tanpa senjata, senjata adalah didisain untuk lebih cepat mengakhiri suatu konflik, begitu banyak desain senjata sesuai dengan kegunaan masing2, senjata yang palingg populer dalam perang kuno adalah pedang dan tombak, kenapa bisa begitu? jawabanya nanti kalau ditulis jadi panjang sekali.

Eh, jangan lupakan panahan lho, ini juga populer. Kapak juga, baik gagang pendek maupun panjang.

Mengenai pedang sendiri, lumayan menarik bahwa bila kita lihat senjata2 lain itu punya fungsi sipil (berburu, pertukangan), macam panah, tombak, pisau, kapak, maka pedang ini adalah senjata yang melulu untuk tujuan militer.

DasaMan

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 681
  • Reputation: 31
    • Email
Re: Beladiri Berbasis Senjata di Indonesia?
« Reply #35 on: 01/10/2009 09:26 »
Eh iya juga, kalau senjata2 lain, panah, tombak, pisau, kapak, beda bentuk maka taktik strategi penggunaannya tidak terlalu beda, tapi kalau pedang, beda bentuk maka taktik strategi penggunaannya beda juga.

Dan bedanya ini bisa sejauh 'bumi dan langit,' lihat beda gaya pedang Jerman Abad-17 dengan gaya anggar modern (yang turunan dari gaya Italia/Prancis), walau dua-duanya masuk kategori pedang 'duel' dan bukan pedang 'perang.'

http://www.aemma.org/

HartCone

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 733
  • Reputation: 38
    • Martial Arts Forever
Re: Beladiri Berbasis Senjata di Indonesia?
« Reply #36 on: 01/10/2009 10:44 »

Eh, jangan lupakan panahan lho, ini juga populer. Kapak juga, baik gagang pendek maupun panjang.

Mengenai pedang sendiri, lumayan menarik bahwa bila kita lihat senjata2 lain itu punya fungsi sipil (berburu, pertukangan), macam panah, tombak, pisau, kapak, maka pedang ini adalah senjata yang melulu untuk tujuan militer.

lupa pak, iya masih banyak senjata yang populer di dalam peperangan, trus klo di Indonesia sendiri kayaknya kapak jarang dipake? krena baju perang Indonesia tipis? hehe ntar malah dijawab banyak tuh pake kapak batu? atau kapak wirosableng? :D

pedang hanya untuk satu keperluan yaitu perang, satu tinjauan yang menarik dan sangat masuk akal, masa mo sembelih ayam pake pedang? :p

btw, masih banyak harus cari2 untuk data2 senjata di Indonesia, Relief Candi, itu juga sebenarnya banyak data, klo menengok buku keris pak Bambang disana banyak disinggung...

Salim,
HC

DasaMan

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 681
  • Reputation: 31
    • Email
Re: Beladiri Berbasis Senjata di Indonesia?
« Reply #37 on: 01/10/2009 13:14 »
Bahkan buat pertukangan kayaknya zadul di Indonesia juga kapak jarang dipake. Di sini mah lebih laku parang daripada kapak. Gak ngeh juga kenapa begitu...

HartCone

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 733
  • Reputation: 38
    • Martial Arts Forever
Re: Beladiri Berbasis Senjata di Indonesia?
« Reply #38 on: 01/10/2009 14:04 »
Saya rasa apa yang tertulis di Daftar ini Masoh belum lengkap, ayo dilengkapi bersama2, credit buat yang bikin tulisan ini! mohon ijin untuk minjem buat dibahas beramai2....

Quote
Nama Senjata Tradisional Khas Daerah Adat Budaya Nasional - Kebudayaan Nusantara Indonesia
by: godam64

1. Provinsi DI Aceh / Nanggro Aceh Darussalam / NAD
Senjata Tradisional : Rencong
2. Provinsi Sumatera Utara / Sumut
Senjata Tradisional : Piso Surit, Piso Gaja Dompak
3. Provinsi Sumatera Barat / Sumbar
Senjata Tradisional : Karih, Ruduih, Piarit
4. Provinsi Riau
Senjata Tradisional : Pedang JenaWi, Badik Tumbuk Lado
5. Provinsi Jambi
Senjata Tradisional : Badik Tumbuk Lada
6. Provinsi Sumatera Selatan / Sumsel
Senjata Tradisional : Tombak Trisula
7. Provinsi Lampung
Senjata Tradisional : Terapang, Pehduk Payan
8. Provinsi Bengkulu
Senjata Tradisional : Kuduk, Badik, Rudus
9. Provinsi DKI Jakarta
Senjata Tradisional : Badik, Parang, Golok
10. Provinsi Jawa Barat / Jabar
Senjata Tradisional : Kujang
11. Provinsi Jawa Tengah / Jateng
Senjata Tradisional : Keris
12. Provinsi DI Yogyakarta / Jogja / Jogjakarta
Senjata Tradisional : Keris Jogja
13. Provinsi Jawa Timur / Jatim
Senjata Tradisional : Clurit
14. Provinsi Bali
Senjata Tradisional : Keris
15. Provinsi Nusa Tenggara Barat / NTB
Senjata Tradisional : Keris, Sampari, Sondi
16. Provinsi Nusa Tenggara Timur / NTT
Senjata Tradisional : Sundu
17. Provinsi Kalimantan Barat / Kalbar
Senjata Tradisional : Mandau
18. Provinsi Kalimantan Tengah / Kalteng
Senjata Tradisional : Mandau, Lunjuk Sumpit Randu
19. Provinsi Kalimantan Selatan / Kalsel
Senjata Tradisional : Keris, Bujak Beliung
20. Provinsi Kalimantan Timur / Kaltim
Senjata Tradisional : Mandau
21. Provinsi Sulawesi Utara / Sulut
Senjata Tradisional : Keris, Peda, Sabel
22. Provinsi Sulawesi Tengah / Sulteng
Senjata Tradisional : Pasatimpo
23. Provinsi Sulawesi Tenggara / Sultra
Senjata Tradisional : Keris
24. Provinsi Sulawesi Selatan / Sulsel
Senjata Tradisional : Badik
25. Provinsi Maluku
Senjata Tradisional : Parang Salawaki / Salawaku, Kalawai
26. Provinsi Irian Jaya / Papua
Senjata Tradisional : Pisau Belati
27. Provinsi Timor-Timur / Timtim
Senjata Tradisional : Parang

Keterangan :
Data ini berdasarkan jaman Indonesia masih 27 propinsi dengan provinsi terakhir masih timor timur. Timor timur kini sudah terpisah dari NKRI menjadi negara baru yang berdaulat dengan nama Timor Leste.

Sumber: http://organisasi.org/nama_senjata_tradisional_khas_daerah_adat_budaya_nasional_kebudayaan_nusantara_indonesia

HartCone

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 733
  • Reputation: 38
    • Martial Arts Forever
Re: Beladiri Berbasis Senjata di Indonesia?
« Reply #39 on: 01/10/2009 14:18 »
Dari daftar diatas, panah belum dimasukkan dalam daftar, kerambit, kuku bima juga belum dikenal oleh sebagian masyarakat awam senjata, atau ada penamaan lain?

Sumpit Randu >> Sumpit yang ujungnya ada penajaman seperti tombak?
Irian Jaya senjata tradisionalnya "pisau belati"? berapa banyak dari kebudayaan kita yang tidak mengenal pisau belati sebagai senjata? atau jangan2 jaman dulu ada penamaan pisau belati pada daerah2 lain selain Irian Jaya? Kenapa justru di Irian Jaya tidak dimasukan lembing dan panah?

Monggo kita bahas bersama2...

Salam,
HC

HartCone

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 733
  • Reputation: 38
    • Martial Arts Forever
Re: Beladiri Berbasis Senjata di Indonesia?
« Reply #40 on: 01/10/2009 19:17 »
Ternyata, selidik punya selidik di Irian Jaya terdapat pisau yang terbuat dari tulang, bentuknya sangat exotic, bahan dari tulang apa? katanya sih dari tulang lawan yang dikalahkan dalam peperangan (tapi jangan percaya dulu soalnya masih blom meneliti lebih jauh)

Nah apakah yang dimaksud yang buat daftar senjata tradisional itu adalah senjata pisau tulang ini? atau pisau belati yang kebanyakan ada di daerah2 lain yang terbuat dari besi?

untuk gambar menyusul, saya masih blom bisa upload gara2 koneksi internetnya setengah hidup...  :-P

HartCone

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 733
  • Reputation: 38
    • Martial Arts Forever
Re: Beladiri Berbasis Senjata di Indonesia?
« Reply #41 on: 01/10/2009 19:30 »
Ini gambar Pisau Tulang dari Irian Jaya, menarik sekali bentuknya....




dsbasuki

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 11
  • -Receive: 24
  • Posts: 528
  • Reputation: 56
    • Who? Me?
  • Perguruan: Kelatnas Indonesia PERISAI DIRI
Re: Beladiri Berbasis Senjata di Indonesia?
« Reply #42 on: 01/10/2009 20:57 »
Pisau tulang dari Papua yang di atas dijual di Bandara Soekarno Hatta Duty Free Shop. Kalo ga salah harganya Rp 1 juta! Pengin beli tapi pastinya ga bisa tembus keamanan bandara dan bakalan disita. Gile aja, bawa pisau (biar pun dari tulang, tapi kan tetap aja pisau!) ke kabin pesawat!

meonggarong

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 42
  • Reputation: 2
    • Email
Re: Beladiri Berbasis Senjata di Indonesia?
« Reply #43 on: 01/10/2009 22:30 »
bapak saya biasanya kalau bawa sajam seperti keris dll, bisa masuk pesawat asal dititip di pilotnya.

mengenai tombak yang bisa jadi sumpit, bapak saya punya satu di rumah, coba nanti saya fotokan. tapi gatau itu namanya sumpit randu atau bukan...  :)

HartCone

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 733
  • Reputation: 38
    • Martial Arts Forever
Re: Beladiri Berbasis Senjata di Indonesia?
« Reply #44 on: 01/10/2009 22:49 »
ternyata pisau tulang diatas itu kebanyakan pake tulang burung kasuari...

tetapi dari beberapa artikel memang dikatakan ada yang terbuat dari tulang paha manusia...
contohnya ini:


Mas Bas, klo bule yang beli boleh? Klo jualnya di bagian boarding kan mestinya bisa dibawa tuh...
*keris dll yang dimasukkan kedalam golongan senjata antik/kuno sebagai pelestarian budaya tidak masuk dilarang dalam UU Darurat No. 12/1955, tetapi klo udah di wilayah internasional sih saya ga tau?

 

Powered by EzPortal