+-

Video Silat


Shoutbox

30/12/2023 22:12 anaknaga: Mudik ke Forum ini.
Mampir dulu di penghujung 2023..
07/11/2021 17:43 santri kinasih: Holaaaaas
10/02/2021 10:29 anaknaga: Salam Silat..
Semoga Sadulur sekalian sehat semua di Masa Pandemi Covid-19. semoga olah raga dan rasa dapat meningkatkan daya tahan tubuh kita. hampur 5 tahun tidak ada yang memberikan komen disini.
23/12/2019 08:32 anaknaga: Tidak bisa masuk thread. dah lama tidak nengok perkembangan forum ini.
salam perguruan dan padepokan silat seluruh nusantara.
02/07/2019 18:01 Putra Petir: Akhirnya masuk jua... wkwkwk
13/12/2016 10:49 Taufan: Yuk ke Festival Kampung Silat Jampang 17-18 Desember 2016!!!
20/09/2016 16:45 Dolly Maylissa: kangen diskusi disini
View Shout History

Recent Topics

Berita Duka: Alamsyah bin H Mursyid Bustomi by luri
10/07/2022 09:14

PPS Betako Merpati Putih by acepilot
14/08/2020 10:06

Minta Do`a dan bimbingan para suhu dan sesepuh silat :D. SANDEKALA by zvprakozo
10/04/2019 18:34

On our book: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
13/03/2017 14:37

Siaran Radio ttg. Musik Pencak Silat di Stasiun "BR-Klassik / Musik der Welt" by Ilmu Padi
12/01/2017 16:19

Tentang buku kami: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
17/10/2016 20:27

Hoby Miara Jin by anaknaga
19/09/2016 04:50

TALKSHOW SILAT - Silat Untuk Kehidupan by luri
22/06/2016 08:11

Thi Khi I Beng by aki sija
17/08/2015 06:19

[BUKUTAMU] by devil
09/06/2015 21:51

Daftar Aliran dan Perguruan di Indonesia by devil
01/06/2015 14:01

SILAT BERDO'A SELAMAT by devil
01/06/2015 13:59

Persilatan Jurus Lima (Sabandar) by Marsudi Eko
14/05/2015 19:36

Kebugaran Merpati Putih by mpcrb
22/04/2015 16:16

PAWAI JAMBORE PENCAK 2015 by luri
20/04/2015 16:20

SilatIndonesia.Com

Author Topic: Kurang yang berlebih.... ???  (Read 2533 times)

Antara

  • Moderator
  • Pendekar Madya
  • **
  • Thank You
  • -Given: 28
  • -Receive: 29
  • Posts: 1.168
  • Reputation: 110
  • Malu bertanya tinggal pake GPS...
Kurang yang berlebih.... ???
« on: 20/09/2008 05:17 »
... si buta, si buntung, si bungkuk... demikianlah dalam cerita silat. Mereka memiliki kekurangan fisik, namun semua adalah pendekar pilih tanding.

Dalam catatan kenyataan, sungguh pernah adakah orang-orang yang memiliki kekurangan fisik tapi memiliki kemampuan silat yang mumpuni? Atau adakah silat yang khusus dirancang untuk mereka?

Mohon sharing-nya...
Fairy tales don't tell children that dragons are real...
Children always know that dragons are real...
Fairy tales only tell that dragons can be slain...

Dolly Maylissa

  • Moderator
  • Calon Pendekar
  • **
  • Thank You
  • -Given: 9
  • -Receive: 12
  • Posts: 519
  • Reputation: 49
  • silat itu ya salaman bukan gebuk2an,,,
    • d01ly's blog
    • Email
Kurang yg berlebih....???
« Reply #1 on: 20/09/2008 06:20 »
Kenapa mesti cr silat yg dirancang khusus buat mereka??
Mending cr diantara mereka yg mau belajar silat n cari guru yg mau mengajar mereka,menurutku justru mereka mempunyai bnyak kelebihan dari kita yg normal,kali aja ada yg bs kaya pendekar si buta dari goa hantu...
Pernah guru saya berkata,singkat memang perkataannya,(diperguruanku yg jalur silatnya lebih ke tenaga dalam) "selama orang itu masih bernapas dan mempunyai tubuh(leher dada dan perut) kenapa gak bs belajar tenaga dalam".
Aku sendiri membenarkan perkataan itu toh aku yg normal aja ketika belajar tenaga dalam diajarkan untuk menggunakan anggota tubuh selain tangan dan kaki untuk mengeluarkan tenaga dalam,iya kan???
Orang buta punya pendengaran yg sensitif jd mungkin aja bs dilatih untuk pertarungan malam,yg suasananya sepi dan gelap.
orang yg kakinya buntung keduanya punya otot tangan yg kuat untuk melakukan kerja ganda(sebagai tangan dan sebagai kaki untuk berjalan) dan sebagainya...
Maaf jika ada yg kurang berkenan ini hanya menurutku loh...
baru belajar nulis

Dodol Buluk

  • Moderator
  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 1.081
  • Reputation: 25
  • Alone but never lonely
    • Email
Re: Kurang yang berlebih.... ???
« Reply #2 on: 20/09/2008 10:00 »
hidup penuh dengan keseimbangan/kesetimbangan ( ekosistem berlaku diman pun) bila keseimbangan alam terganggu maka akan terjadi "penyesuaian" sistem. mungkin ga yah, bila ada gangguan di sistem tubuh kita lalu tubuh itu sendiri akan mengalami penyesuaian terhadap lingkungan??

menarik untuk dibahas lebih lanjut mengenai sebuah "gift" untuk orang yang mengalami kekurangan..

@Uda antara..anda cocok diberi gelar PESILAT PERINTIS..hehehe sering buka thread yang aneh-aneh..hehehehe [top]

d'boels dabul
"Jangan pernah bilang kagak kalo kagak pernah bilang jangan"

DasaMan

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 681
  • Reputation: 31
    • Email
Re: Kurang yang berlebih.... ???
« Reply #3 on: 08/11/2008 18:25 »
... si buta, si buntung, si bungkuk... demikianlah dalam cerita silat. Mereka memiliki kekurangan fisik, namun semua adalah pendekar pilih tanding.

Dalam catatan kenyataan, sungguh pernah adakah orang-orang yang memiliki kekurangan fisik tapi memiliki kemampuan silat yang mumpuni? Atau adakah silat yang khusus dirancang untuk mereka?

Mohon sharing-nya...

Kalo dari keilmuan lain, misalnya:

Yang gue tahu Kyle Maynard, dia ini pegulat folkstyle/freestyle dengan tangan dan kaki yang tidak sempurna. Cukup disegani di tingkat negara bagian. Sekarang main2 di submission grappling, lumayan sukses juga.

Rigan Machadho (atau entah Machado yang mana), sebelah tangannya tidak ada jarinya. Tapi toh jawara BJJ (Machado gitu log)

Itu dari ilmu gulat. Kalo ilmu gaplok2an gak tahu deh, dan di silat gue kurang gaul untuk tahu ada gak pesilat yang fisiknya kurang sempurna tapi jagoan :D

 

Powered by EzPortal