+-

Video Silat


Shoutbox

30/12/2023 22:12 anaknaga: Mudik ke Forum ini.
Mampir dulu di penghujung 2023..
07/11/2021 17:43 santri kinasih: Holaaaaas
10/02/2021 10:29 anaknaga: Salam Silat..
Semoga Sadulur sekalian sehat semua di Masa Pandemi Covid-19. semoga olah raga dan rasa dapat meningkatkan daya tahan tubuh kita. hampur 5 tahun tidak ada yang memberikan komen disini.
23/12/2019 08:32 anaknaga: Tidak bisa masuk thread. dah lama tidak nengok perkembangan forum ini.
salam perguruan dan padepokan silat seluruh nusantara.
02/07/2019 18:01 Putra Petir: Akhirnya masuk jua... wkwkwk
13/12/2016 10:49 Taufan: Yuk ke Festival Kampung Silat Jampang 17-18 Desember 2016!!!
20/09/2016 16:45 Dolly Maylissa: kangen diskusi disini
View Shout History

Recent Topics

Berita Duka: Alamsyah bin H Mursyid Bustomi by luri
10/07/2022 09:14

PPS Betako Merpati Putih by acepilot
14/08/2020 10:06

Minta Do`a dan bimbingan para suhu dan sesepuh silat :D. SANDEKALA by zvprakozo
10/04/2019 18:34

On our book: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
13/03/2017 14:37

Siaran Radio ttg. Musik Pencak Silat di Stasiun "BR-Klassik / Musik der Welt" by Ilmu Padi
12/01/2017 16:19

Tentang buku kami: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
17/10/2016 20:27

Hoby Miara Jin by anaknaga
19/09/2016 04:50

TALKSHOW SILAT - Silat Untuk Kehidupan by luri
22/06/2016 08:11

Thi Khi I Beng by aki sija
17/08/2015 06:19

[BUKUTAMU] by devil
09/06/2015 21:51

Daftar Aliran dan Perguruan di Indonesia by devil
01/06/2015 14:01

SILAT BERDO'A SELAMAT by devil
01/06/2015 13:59

Persilatan Jurus Lima (Sabandar) by Marsudi Eko
14/05/2015 19:36

Kebugaran Merpati Putih by mpcrb
22/04/2015 16:16

PAWAI JAMBORE PENCAK 2015 by luri
20/04/2015 16:20

SilatIndonesia.Com

Author Topic: Shorinji Kempo  (Read 43882 times)

Aguswin

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 2
  • -Receive: 7
  • Posts: 407
  • Reputation: 34
    • Kelatnas Indonesia Perisai Diri
    • Email
  • Perguruan: Kelatnas Indonesia Perisai Diri
Re: Shorinji Kempo
« Reply #30 on: 01/03/2011 12:29 »
Sya tdk bermaksud membandingkan. Klo di SK furiko diperkenalkan sejak awal masuk kempo.

Membandingkan pun saya rasa gak apa-apa kok Mas, bukan perbuatan dosa. Yang dosa itu kalau menghina, mencaci-maki, sombong, takabur, mencuri, minum minuman keras, berjudi, hehehe ...

Apa yang dikatakan Mas Don Basuki tersebut bukan berarti pesilat Perisai Diri diajari Furiko di tingkat menengah, karena di Perisai Diri tidak ada apa yang disebut Furiko itu. Mas Don Basuki mengatakan bahwa di Perisai Diri, Bo Ge dikenalkan di tingkat menengah. Bo Ge bukan lah Furiko, tidak ekuivalen, namun apabila ditarik benang merahnya memang ada sebuah titik temunya dan ada kemiripan konsep dasarnya.

Jadi tidak bisa dijadikan pembanding bahwa hal tersebut di Shorinji Kempo dikenalkan di tingkat dasar, sedangkan di Perisai Diri dikenalkan di tingkat menengah, karena hal tersebut bukanlah sejenis dan sebanding.

Itu pendapat dan apa yang saya tangkap dari tulisan Mas Don Basuki dan Mas Kenshi di topik ini. Kalau saya salah tangkap, silahkan diluruskan.

Jd bila seorang Kenshi bermain kempo harus ber-Ki Ai utk menunjukkan kemantapan mentalnya dlm bertarung, menyerang maupun bertahan. Ki Ai diwujudkan melalui teriakan yg berasal dari perut dg mengkontraksikan otot2 perut n skitarnya. Fungsi Ki Ai adlh utk menambah semangat dlm berlatih, menambah kekuatan serangan, mempersiapkan tubuh didalam menerima segala kemungkinan serangan balasan dari lawan

Ini juga menjadi salah satu hal yang apabila ditarik benang merahnya akan bertemu, bukan ekuivalen namun konsep dasarnya sangat mirip.

Serpihan-serpihan ilmu Shaolinshi Quanfa memang bisa bertebaran di berbagai aliran beladiri.

Taufan

  • Moderator
  • Calon Pendekar
  • **
  • Thank You
  • -Given: 6
  • -Receive: 27
  • Posts: 506
  • Reputation: 76
    • Email
  • Perguruan: Bandarkarima
Re: Shorinji Kempo
« Reply #31 on: 01/03/2011 15:31 »
Sedangkan Ken Zen Ichi Nio artinya adlh berkelahi dan bersemedi dalam satu badan, artinya (kurang lbh) dlm setiap pertarungan seorang kenshi berkelahi badannya tetapi jiwanya seperti orang yg bersemedi, maksudnya agar dlm pertarungan tersebut seorang kenshi akan selalu tenang jiwa dan emosinya. Karena menurut SK yg membuat diri anda menang adalah dg menaklukkan diri anda sendiri (pengendalian jiwa dan emosi). Semedi/Zazen adlh bentuk latian dasar seorang kenshi selain furiko

Menarik sekali mas kenshi... bagaimana memisahkan badan dan jiwa dalam latihan SK dan kemudian menyelaraskan badan yang digunakan untuk berkelahi dengan jiwa yang bersemedi?

Wassalam,
TP

kalipatullah

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 1
  • Posts: 79
  • Reputation: 6
    • Sabeni Tenabang
    • Email
  • Perguruan: Seni Maen Pukulan Sabeni Tenabang
Re: Shorinji Kempo
« Reply #32 on: 01/03/2011 15:36 »
lanjut lagi gan.... [[run2]]i

dulu ane latihan kempo tahun 1995 -1997 bis itu balik lagi ke perguruan lama karena skorsingnya dah dicabut...  :-P

Tapi efek dari latihan kempo kebawa terus sampai sekarang terutama furiko nya

lanjut lagi bang diskusinya

Furiko ini erat kaitannya dengan "Ryu Sui"
Aplikasinya dituangkan dalam "ryu sui geri"

kalipatullah

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 1
  • Posts: 79
  • Reputation: 6
    • Sabeni Tenabang
    • Email
  • Perguruan: Seni Maen Pukulan Sabeni Tenabang
Re: Shorinji Kempo
« Reply #33 on: 01/03/2011 15:40 »
[quote author=Taufan link=topic=1771.msg37870#msg37870

Menarik sekali mas kenshi... bagaimana memisahkan badan dan jiwa dalam latihan SK dan kemudian menyelaraskan badan yang digunakan untuk berkelahi dengan jiwa yang bersemedi?

Wassalam,
TP
[/quote]

pertanyaan tinigkat tinggi...nih... [top]

ane minggir dulu kesamping  [[run2]]

kenshi

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 21
  • Reputation: 2
  • Sahabat Silat
  • Perguruan: Shorinji Kempo
Re: Shorinji Kempo
« Reply #34 on: 02/03/2011 09:44 »
Sya tdk bermaksud membandingkan. Klo di SK furiko diperkenalkan sejak awal masuk kempo.

Membandingkan pun saya rasa gak apa-apa kok Mas, bukan perbuatan dosa. Yang dosa itu kalau menghina, mencaci-maki, sombong, takabur, mencuri, minum minuman keras, berjudi, hehehe ...

Tp sya memang tdk suka membanding-bandingkan bang. Beladiri menurut sya adlh sebuah kepercayaan, seseorang memilih suatu aliran beladiri karena dia percaya bahwa beladiri itu baik utk dia. Segala sesuatu yg menyangkut kepercayaan itu sensitif, jd dg membandingkan hanya akan memicu perpecahan n persaingan oleh sebab itu sya tdk setuju bila suatu beladiri dibanding-bandingkan. Oleh sebab itu dri awal sya bilang klo sya di forum ini  bkn bertujuan utk menunjukkan SK sebagai beladiri yg lbh baik dri beladiri lain. Disini sya hanya ingin berbagi informasi bgi tmn2 yg msih awam tentang kempo sekaligus menjalin silaturahmi dg praktisi2 n penggemar beladiri. Karena bgi sya beladiri bkn hanya sebagai hobi tp sudah menjadi semangat hidup sya......

Apa yang dikatakan Mas Don Basuki tersebut bukan berarti pesilat Perisai Diri diajari Furiko di tingkat menengah, karena di Perisai Diri tidak ada apa yang disebut Furiko itu. Mas Don Basuki mengatakan bahwa di Perisai Diri, Bo Ge dikenalkan di tingkat menengah. Bo Ge bukan lah Furiko, tidak ekuivalen, namun apabila ditarik benang merahnya memang ada sebuah titik temunya dan ada kemiripan konsep dasarnya.

Jadi tidak bisa dijadikan pembanding bahwa hal tersebut di Shorinji Kempo dikenalkan di tingkat dasar, sedangkan di Perisai Diri dikenalkan di tingkat menengah, karena hal tersebut bukanlah sejenis dan sebanding.

Itu pendapat dan apa yang saya tangkap dari tulisan Mas Don Basuki dan Mas Kenshi di topik ini. Kalau saya salah tangkap, silahkan diluruskan.

Jd bila seorang Kenshi bermain kempo harus ber-Ki Ai utk menunjukkan kemantapan mentalnya dlm bertarung, menyerang maupun bertahan. Ki Ai diwujudkan melalui teriakan yg berasal dari perut dg mengkontraksikan otot2 perut n skitarnya. Fungsi Ki Ai adlh utk menambah semangat dlm berlatih, menambah kekuatan serangan, mempersiapkan tubuh didalam menerima segala kemungkinan serangan balasan dari lawan

Ini juga menjadi salah satu hal yang apabila ditarik benang merahnya akan bertemu, bukan ekuivalen namun konsep dasarnya sangat mirip.

Serpihan-serpihan ilmu Shaolinshi Quanfa memang bisa bertebaran di berbagai aliran beladiri.

kalipatullah

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 1
  • Posts: 79
  • Reputation: 6
    • Sabeni Tenabang
    • Email
  • Perguruan: Seni Maen Pukulan Sabeni Tenabang
Re: Shorinji Kempo
« Reply #35 on: 02/03/2011 10:11 »
bang kenshi kalau ada waktu bisa mampir di thread yang sebelumnya tentang shorinji kempo

http://sahabatsilat.com/forum/wushu-%28kungfu%29/shorinji-kempo-kungfu-tertua-dari-daratan-india/

kenshi

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 21
  • Reputation: 2
  • Sahabat Silat
  • Perguruan: Shorinji Kempo
Re: Shorinji Kempo
« Reply #36 on: 02/03/2011 10:54 »
Sya tdk bermaksud membandingkan. Klo di SK furiko diperkenalkan sejak awal masuk kempo.

Membandingkan pun saya rasa gak apa-apa kok Mas, bukan perbuatan dosa. Yang dosa itu kalau menghina, mencaci-maki, sombong, takabur, mencuri, minum minuman keras, berjudi, hehehe ...

Tp sya memang tdk suka membanding-bandingkan bang. Beladiri menurut sya adlh sebuah kepercayaan, seseorang memilih suatu aliran beladiri karena dia percaya bahwa beladiri itu baik utk dia. Segala sesuatu yg menyangkut kepercayaan itu sensitif, jd dg membandingkan hanya akan memicu perpecahan n persaingan oleh sebab itu sya tdk setuju bila suatu beladiri dibanding-bandingkan. Oleh sebab itu dri awal sya bilang klo sya di forum ini  bkn bertujuan utk menunjukkan SK sebagai beladiri yg lbh baik dri beladiri lain. Disini sya hanya ingin berbagi informasi bgi tmn2 yg msih awam tentang kempo sekaligus menjalin silaturahmi dg praktisi2 n penggemar beladiri. Karena bgi sya beladiri bkn hanya sebagai hobi tp sudah menjadi semangat hidup sya......

Taufan

  • Moderator
  • Calon Pendekar
  • **
  • Thank You
  • -Given: 6
  • -Receive: 27
  • Posts: 506
  • Reputation: 76
    • Email
  • Perguruan: Bandarkarima
Re: Shorinji Kempo
« Reply #37 on: 02/03/2011 12:11 »
Mas kenshi bikin quote-nya dobel dan gabung sama commentnya... om Modi tolong bantu ngerapiin dong please  [[peace2]]
Kalau mau latihan posting juga ada trit khusus untuk itu lho mas  x-))

Wassalam,
TP

kenshi

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 21
  • Reputation: 2
  • Sahabat Silat
  • Perguruan: Shorinji Kempo
Re: Shorinji Kempo
« Reply #38 on: 02/03/2011 12:17 »
[quote author=Taufan link=topic=1771.msg37870#msg37870

Menarik sekali mas kenshi... bagaimana memisahkan badan dan jiwa dalam latihan SK dan kemudian menyelaraskan badan yang digunakan untuk berkelahi dengan jiwa yang bersemedi?

Wassalam,
TP

pertanyaan tinigkat tinggi...nih... [top]

ane minggir dulu kesamping  [[run2]]
[/quote]

Memang pertanyaan tingkat tinggi ni. Tp sya akn coba menjawab. Berdasarkan pengalaman sya selama ini berlatih kempo, utk menyatukan jiwa yg bersemedi dg tubuh yg berkelahi dilakukan melalui cara semedi/zazen sebelum latihan fisik dimulai. Tujuan zazen adlh utk menenangkan pikiran n emosi sblum latian dimulai. Kemudian di dalam latian diutamakan utk berpasangan (Kumite Shuttai). Dlm berpasangan trsebut kita disuruh menerapkan teknik2 kempo yg telah qta pelajari dg dikondisikan seperti perkelahian sesungguhnya. Apabila didalam berpasangan tersebut qta melakukannya dg emosi mka teknik2 kempo yg qta pelajari tdk akan sempurna qta terapkan. Karena semua teknik kempo cenderung mengalir (bukan mem-blok secara frontal, atau saling mengadu fisik) dg memanfaatkan tenaga lawan jd apabila qta telah emosi terhadap lawan mka sebenarnya qta tlah kalah dlm pertarungan dan teknik kempo yg qta pelajari akn sia2. Selain itu karena teknik kempo cenderung menunggu diserang maka setiap kenshi harus mempunya kesiapan mental utk menunggu dtngnya serangan lawan. Kesiapan mental itu menuntut pengendalian emosi yg baik. Jd utk mencapai Ken Zen Ichi Nio (berdasarkan pengalaman sya) adlh dg zazen, mengutamakan latian berpasangan sehingga emosi qta terbiasa dg kondisi perkelahian (Kumite), tunduk pada perintah simpai n sensei, dan patuh pada filosofi2 Shorinji Kempo. Oleh sebab itu dlm SK ujian tertulis menjadi bagian dri ujian kenaikkan tingkat, hal ini agar para kenshi selalu ingat dg filosofi2 SK....Tetapi memang diakui suah utk mencapai Ken Zen Ichi Nio, butuh latian bertahun-tahun, pengalaman yg mumpuni dlm beladiri, dan pemahaman tingkat tinggi terhadap tujuan filosofi beladiri trsebut. Sya sendiripun masih sering emosi klo latian ato berkelahi, jd ya masih jauh utk mencapai itu :)

kenshi

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 21
  • Reputation: 2
  • Sahabat Silat
  • Perguruan: Shorinji Kempo
Re: Shorinji Kempo
« Reply #39 on: 03/03/2011 09:29 »
Mas kenshi bikin quote-nya dobel dan gabung sama commentnya... om Modi tolong bantu ngerapiin dong please  [[peace2]]
Kalau mau latihan posting juga ada trit khusus untuk itu lho mas  x-))

Wassalam,
TP

Mohon maaf bg masih belajar posting ni, mohon petunjuk n pengarahannya

Taufan

  • Moderator
  • Calon Pendekar
  • **
  • Thank You
  • -Given: 6
  • -Receive: 27
  • Posts: 506
  • Reputation: 76
    • Email
  • Perguruan: Bandarkarima
Re: Shorinji Kempo
« Reply #40 on: 03/03/2011 11:46 »
Postingan terakhir mas kenshi udah rapi jali tuh di atas... dilanjut bahasan Shorinji Kemponya mas  [top] [top] [top]

Wassalam,
TP

f4iz

  • Guest
Re: Shorinji Kempo
« Reply #41 on: 03/03/2011 21:13 »
Salam Mas Kenshi,
Maaf rada oot dikit pertanyaan saya.
Waktu dulu banget saya pernah nonton filem Shorinji Kempo yg dibintangi oleh Sony Chiba.
Kalo gak salah filem itu semi-biography ttg. Sho Doshin. Difilem itu ada salah satu murid Sho Doshin yg berbakat. Murid tsb. berantem dikeroyok sekelompok orang dan tangannya kena tebasan Samurai.
Kemarin saya lagi liat-2x video diyoutube saya temukan video ini:
http://www.youtube.com/watch?v=F1kYIZVErug
Kenshi-nya disitu juga tangannya satu, apakah ini murid Sho Doshin yg diceritakan difilem ato cuman kebetulan aja ?
Terima kasih Mas.
Wasalam

kalipatullah

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 1
  • Posts: 79
  • Reputation: 6
    • Sabeni Tenabang
    • Email
  • Perguruan: Seni Maen Pukulan Sabeni Tenabang
Re: Shorinji Kempo
« Reply #42 on: 04/03/2011 23:06 »
Filemnya jet li yang shaolin temple berantemnya pakai "embu" SK semua  [[run2]]

f4iz

  • Guest
Re: Shorinji Kempo
« Reply #43 on: 04/03/2011 23:32 »
Yang ini ya Bang Kalipatullah ?
http://www.youtube.com/watch?v=eRIRZ_-y6Pc

goginebulana

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 11
  • Posts: 311
  • Reputation: 27
  • peace and universal
    • Email
  • Perguruan: Harmony Wushu Indonesia
Re: Shorinji Kempo
« Reply #44 on: 05/03/2011 10:29 »
kalau saya tidak salah, Doshin So banyak mempelajari tehnik Shaolin Utara dari Wen Lanshi, di Beijing sebelum perang dunia ke 2. Juga dari berbagai hasil observasi beliau selama perjalanannya di Tiongkok.

mohon koreksinya bila salah.

 

Powered by EzPortal