+-

Video Silat


Silat Tradisional di Pencak Silat Word Championshi
pencak silat seni ganda
Sabeni - Latian aplikasi jurus keroyokan mode on
Tarung Bebas PZH
rontje/langkah/troktok-cipulir kong awih
Cikalong Pabuci di acara Tatap Muka TV One
Silek Kumango
Silat Keluarga HASDI
Getaran Merpati Putih @Escapade Show of AXN

Shoutbox

20/10/2014 15:28 kunderemp: Ya.. om Taufan.. Tanggal 11 lalu saya masih di tengah hutan di Bakan.
04/10/2014 09:20 Taufan: Selamat hari raya Idul Adha 1435 H...
04/10/2014 08:12 Taufan: Kopdar Sahabat Silat 11 Oktober 2014... datang ya :-)
02/10/2014 20:30 Taufan: Temu kangen di FB :p
13/08/2014 03:06 Ekka_Xakra: Salam kenal para sahabat silat semua.
12/08/2014 17:56 Dwi_NGJ: Salam kenal para ksatria. Mohon ijin bergabung... :)
12/07/2014 16:49 one: Pada kemane nih buka puasanya ye?
View Shout History

Recent Topics

aliran silat seIndonesia by si wiwid
25/11/2014 22:13

Hoby Miara Jin by si wiwid
25/11/2014 22:11

BONGKOT, Maen Pukulan Betawi Timur by si wiwid
25/11/2014 22:06

[BUKUTAMU] by si wiwid
25/11/2014 21:36

Sejarah Xinyi Liuhe Quan Bag 2 by ifung
23/10/2014 18:28

(Ask) Timbangan di Jakarta by Fanani
20/10/2014 22:41

Serial Xinyi Liuhe Quan I by ifung
16/10/2014 20:02

Selayang Pandang Lu Style Xinyi Liuhe Quan by ifung
16/10/2014 20:00

One Day Workshop Seni Maen Pukulan Sabeni Tenabang by luri
16/10/2014 09:29

silat timbangan by ifung
14/10/2014 15:51

maenpo Cikalong by aki sija
07/10/2014 05:13

Parkour by Taufan
02/10/2014 21:28

SILAT BERDO'A SELAMAT by Taufan
02/10/2014 21:17

contack person guru silat suaeb yg di padepokan pencaksilat TMII by rohadi
17/08/2014 05:58

Silat Betawi di Bentera Budaya by luri
12/08/2014 11:01

SilatIndonesia.Com

Author Topic: TARUNG DERAJAT  (Read 43923 times)

hidup

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 532
  • Reputation: 17
  • Hanya Ingin Daur Ulang Pisaneuy
    • Email
Re: TARUNG DERAJAT
« Reply #15 on: 01/12/2008 11:30 »
Saya lihat-lihat gerakan Tarung Derajat, mirip dengan Karate-Savate-Boxing. Apakah Tarung Derajat ini termasuk MMA?
Habis Manis, Sepah Masih Bisa Diklamuti
(The Philosophy of Recycle)

Aguswin

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 2
  • -Receive: 7
  • Posts: 407
  • Reputation: 34
    • Kelatnas Indonesia Perisai Diri
    • Email
  • Perguruan: Kelatnas Indonesia Perisai Diri
Re: TARUNG DERAJAT
« Reply #16 on: 01/12/2008 11:46 »
barusan nonton di Youtube,

ini sih karate banget nih.. :)


Coba deh yang http://www.youtube.com/watch?v=ShRwaRUrWos

Abraham

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 235
  • Reputation: 6
  • Never know what will happen on tomorrow
    • Email
Re: TARUNG DERAJAT
« Reply #17 on: 01/12/2008 14:20 »
Kalo menurut sy itu 11/12 dgn Karate secara sikap berdiri, gerakan yg tegas dsb.
Onegai Shimasu..Please tech me..Tolong ajari saya

dsbasuki

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 11
  • -Receive: 24
  • Posts: 528
  • Reputation: 56
    • Who? Me?
  • Perguruan: Kelatnas Indonesia PERISAI DIRI
Re: TARUNG DERAJAT
« Reply #18 on: 01/12/2008 14:51 »
...Savate yg nurunin Thai Boxing
Wah, saya tidak sependapat dengan Anda.  :)
Thai Boxing (Muay Thai) adalah beladiri Thailand (Siam) yang jauh lebih tua dari Savate Perancis. Savate baru mulai ada sekitar abad 18-an (tahun 1700-an), sedangkan Muay Thai jauh lebih tua dari itu. Muay Thai sendiri merupakan beladiri tangan kosong yang banyak mendapat pengaruh dari Krabi Krabong ("silat"-nya Thailand).

Mohon saya dikoreksi kalau keliru.
Terima kasih.

Salam...

Aguswin

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 2
  • -Receive: 7
  • Posts: 407
  • Reputation: 34
    • Kelatnas Indonesia Perisai Diri
    • Email
  • Perguruan: Kelatnas Indonesia Perisai Diri
Re: TARUNG DERAJAT
« Reply #19 on: 01/12/2008 15:37 »
Kalo menurut sy itu 11/12 dgn Karate secara sikap berdiri, gerakan yg tegas dsb.

11/12 itu apaan maksudnya ?

Abraham

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 235
  • Reputation: 6
  • Never know what will happen on tomorrow
    • Email
Re: TARUNG DERAJAT
« Reply #20 on: 01/12/2008 18:12 »
11/12 --> beda tipis
Onegai Shimasu..Please tech me..Tolong ajari saya

f4iz

  • Guest
Re: TARUNG DERAJAT
« Reply #21 on: 02/12/2008 01:16 »
Salam,
Ada beberapa sumber yg menyatakan bahwa Savate itu berasal dari beladiri yg berasal dari Siam (IndoChina).
Dulu Perancis lama menjajah daerah IndoChina jadi kemungkinan beladiri Savate asalnya dari daerah situ.
Tarung Derajat kalo diliat dgn mata awamnya saya,lebih mirip ke aliran Karate yg full contact spt. Kyokushin, Eshihara, ato Enshin.
Di Bandung Karate Club aliran karate apa yg diajar disitu ?
Terima kasih.
Wasalam,
Faiz

Abraham

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 235
  • Reputation: 6
  • Never know what will happen on tomorrow
    • Email
Re: TARUNG DERAJAT
« Reply #22 on: 02/12/2008 08:54 »
^setuju sama Mas Faiz  8)
Onegai Shimasu..Please tech me..Tolong ajari saya

maulana

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 2
  • -Receive: 3
  • Posts: 262
  • Reputation: 3
    • Email
Re: TARUNG DERAJAT
« Reply #23 on: 02/12/2008 12:38 »
 :Dmata awamnya mas Faiz? he..he...setuju banget sesama awam [lucu]
Aku Takut bukan berarti Tunduk,
Aku Takluk bukan karena Takut

Aguswin

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 2
  • -Receive: 7
  • Posts: 407
  • Reputation: 34
    • Kelatnas Indonesia Perisai Diri
    • Email
  • Perguruan: Kelatnas Indonesia Perisai Diri
Re: TARUNG DERAJAT
« Reply #24 on: 02/12/2008 16:44 »
Kayaknya sih alirannya BKC itu Kyokushin, kalo diliat dari lambang BKC yang ada corak Kyokushin-nya.

Lihat klip Tarung Derajat di Youtube, dengan ada pukulan yan snep dan ada putaran pinggul, ada miripnya dengan Shorinji Kempo atau Kick Boxing.

Aguswin

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 2
  • -Receive: 7
  • Posts: 407
  • Reputation: 34
    • Kelatnas Indonesia Perisai Diri
    • Email
  • Perguruan: Kelatnas Indonesia Perisai Diri
Re: TARUNG DERAJAT
« Reply #25 on: 03/12/2008 12:45 »
Demo Tarung Derajat :

[youtube=425,350]http://www.youtube.com/watch?v=ShRwaRUrWos[/youtube]

[youtube=425,350]http://www.youtube.com/watch?v=Ewp3IbXGiJ4[/youtube]

sangjati

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 23
  • Reputation: 0
  • "kosong tapi isi, isi tapi kosong"
    • Email
  • Perguruan: Majenun
Re: TARUNG DERAJAT
« Reply #26 on: 08/01/2009 11:56 »
pernah pengalaman liat dan disuruh mukul orang TD yang lagi latihan, bah gila badanya kaya Batu kali Keras banget ampoon deh salut. latihanya pakai balok kayu diayukan ke leher, ulu hati, dll.
tapi itu waktu saya smp loo. hehehe.
salam.
"hidup mencari yang utama"

Qsecofr

  • support
  • Anggota Tetap
  • *
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 2
  • Posts: 165
  • Reputation: 3
Re: TARUNG DERAJAT
« Reply #27 on: 12/01/2009 09:40 »
 TNI skr banyak yang pake Tarung drajat juga, apakah krn ini produk indonesia, makasih.

pande gelang

  • Wajah Baru
  • *
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 1
  • Reputation: 0
    • Email
Re: TARUNG DERAJAT
« Reply #28 on: 24/03/2009 07:06 »
Salaam

Perkenalkan, Saya Pande gelang, anggota baru di forum ini, boleh ya sharing sedikit soal Tarung Derajat dan BKC.

Tidak mewakili Tarung Derajat tentunya, karena yg paling kompeten untuk bicara Tarung Derajat adalah Sang Guru sendiri ataupun para senior saya tentunya. Saya hanya akan bicara pengalaman saya sendiri bersama BKC dan Tarung Derajat.

Tahun 1992 saya bergabung dengan BKC di bawah asuhan Kang Joni (labuan Banten) beliau adalah salah satu murid Bpk Iwa Rahadian angkatan ke 2 (mohon dikoreksi jika salah). Namun hanya sampai sabuk kuning, karena raport saya merah semua, ayah melarang saya untuk melakukan kegiatan ekskul.

Tetapi diam diam saya yg senang dengan seni beladiri, bergabung dengan perguruan tradisional tjimande di kampung saya, tidak lama juga, karena ketahuan, dan saya dikirim ke sekolah asrama alias pondok pesantren modern.

Lulus aliyah, saya mengenal Tarung Derajat di Universitas Lampung, merasa tertarik melihat demonstrasinya akhirnya bergabung, awalnya hanya bergabung untuk hobby saja, tetapi ternyata saya jatuh cinta dengan Tarung Derajat. Meskipun saya hanya petarung kacangan, tetapi teknik berlatih, aplikasi, filosofi, serta persaudaraan dalam Tarung Derajat yg saya rasakan sangat berbeda dari yg pernah saya rasakan (bukan berarti kedua jenis beladiri yg pernah saya pelajari sebelumnya buruk).

Berpindah pindah tempat latihan dari Lampung, ke Jakarta, Bandung, saya mengenal Tarung Derajat sebagai seni Tarung seperti yg disampaikan Sang Guru, lengkapnya baca di http://www.tarungderajat-aaboxer.com/ sampai saya akhirnya pulang ke Labuan, bantu bantu senior saya di SMA Negeri 3 Pandeglang.

Seorang Karateka (Dan 1 ketika itu), yg kebetulan juga punya dojo di sekolah itu, mendatangi saya mempertanyakan posisi saya, kok bisa bisanya saya bergabung dengan Tarung Derajat AA BOXER, padahal dulu kami satu angkatan ketika mulai berlatih BKC.

Saya balik tanya "loh memangnya kenapa?"
Kemudian di mengatakan AA BOXER itu dulu murid Kang Iwa, pencuri ilmu BKC, penghianat, dan seterusnya.

Merasa terusik dengan pernyataan kawan saya itu, saya mempertanyakannya pada Sang Guru di suatu pertemuan, Sang Guru mengakui bahwa beliau pernah menjadi murid Bpk Iwa Rahadian, bahkan dianggap sebagai salah satu murid terbaik pada angkatan pertama BKC, namun karena ada hal moral yg dilakukan oleh Bpk Iwa Rahadian yg (sangat tidak pantas dibicarakan di forum sahabat silat ini) sangat menyakitkan hati Sang Guru, akhirnya Sang Guru memilih keluar.

Sang Guru masih melatih diri, dengan gayanya sendiri, untuk menaklukan dirinya sendiri, tetapi tidak untuk ditaklukan orang lain. tidak pula serta merta mendirikan Tarung Derajat. Karena Tarung Derajat menjadi satu perguruan yg absolut diakui prosesnya sangat panjang dan berliku. melalui berbagai hantaman Badai deras yg menerjang di Rimba nyata para jagoan yg harus beliau tundukan, sekali lagi baca http://www.tarungderajat-aaboxer.com/.

Kami anggota Tarung Derajat tidak pernah tahu menahu ada kisah apa antara Sang Guru dengan Bpk Iwa Rahadian, justru kami tahu dari "anggota BKC yg tidak bermoral"( yg merasa anggota BKC yg bermoral jangan tersinggung).

Saya kira soal ada tidaknya hubungan dengan beladiri anu, ini, dan itu mari kita bawa pada wilayah aplikasi beladiri itu sendiri, yg pada dasarnya adalah memukul atau dipukul, menendang atau ditendang, membanting atau dibanting, bertahan atau ditahan, menyerang atau diserang dan seterusnya.

APAKAH BKC ATAU BELADIRI ANDA MEMILIKI SALAH SATU UNSUR ITU?
JIKA JAWABANNYA YA, BERARTI TARUNG DERAJAT ADA HUBUNGANNYA DENGAN BKC ATAUPUN BELADIRI ANDA, APAPUN ITU NAMANYA.

Saat ini Tarung Derajat tidak menginduk pada beladiri manapun kecuali Perguruan Pusat Tarung Derajat itu sendiri dalam mengadakan event kejuaraan baik di tingkat lokal, Nasional, maupun Asean.

Saat ini Tarung Derajat menjadi salah satu beladiri wajib Tentara Nasional Indonesia.

Saat ini Tarung Derajat sedang dilirik dunia, dibuktikan dengan banyaknya pecinta seni beladiri yg datang dari berbagai negara ke Indonesia baik untuk bertarung maupun untuk mempelajari Tarung Derajat.

Saat ini Tarung Derajat sedang sibuk mengembangkan diri sebagai bagian dari bangsa indonesia yg bermartabat

Sedangkan anggota BKC yg tidak bermoral masih sibuk menjelek jelekan MORTAL GHADA (Moral dan Mental Sang Guru Haji Ahmad Dradjat).

Soal hubungan Sang Guru Haji Ahmad Dradjat dengan Bruce Lee, saya kira yg paling mungkin tepat adalah; soal kemiripan sejarah, sama sama tertindas, sama sama harus berjuang mempertahankan kelangsungan hidup serta martabat dan kehormatan diri akhirnya menciptakan gaya beladirinya sendiri, sama sama melegenda kejayaannya dari hasil jerih payahnya itu.

Bedanya adalah ruang dan waktu, Bruce Lee di belahan dunia barat, Sang Guru Haji Ahmad Dradjat di belahan bumi nusantara.

Saat Bruce Lee menemui akhir hidupnya baik sebagai makhluk Tuhan maupun sebagai Ahli Seni Beladiri, justru Sang Guru sedang mengawali perjuangannya.

Tidak ada yg personal, hanya klarifikasi saja mas, semoga bermanfaat.

 -         AKU RAMAH BUKAN BERARTI TAKUT

-         AKU TUNDUK BUKAN BERARTI TAKLUK.

JADIKANLAH DIRIMU OLEH DIRI SENDIRI !


 




Wahyu Taqwa

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 95
  • Reputation: 0
    • Email
Re: TARUNG DERAJAT
« Reply #29 on: 17/05/2009 13:52 »
kayaknya ada sih.. soalnya dulu KALAU GAK SALAH Aa Boxer sang pencipta Tarung Derajat ini member karate
menurut cerita ortu say c begitu keilmuannya didapat dari BKC, btw dia dulu preman yang cukup meresahkan masy, nama gengnya buah batu club (BBC), dia sering bentrok ma orang, ortu saya juga hampir bentrok ma dia, ortu saya dari karate indonesi BLACK PANTHER pimpiman t syahrian. mohon koreksi...

 

Powered by EzPortal