Forum Sahabat Silat

Bahasa Indonesia => Seputar Dunia Beladiri => Topic started by: adit joker on 07/10/2007 12:36

Title: TARUNG DERAJAT
Post by: adit joker on 07/10/2007 12:36
ada yg tau info tentang tarung derajat gak? beladiri ini termasuk pencak silat atau bukan? rencananya sih saya mau gabung ama tarung derajat, karna teman saya kebetulan praktisinya [top]
Title: Re: TARUNG DERAJAT
Post by: Red Hawk on 07/10/2007 13:27
kan temen mas praktisinya, coba tanya dia donk.
menurut saya, dari yang saya lihat, tarung drajat itu beladiri yang diterapkan pada dunia nyata, kayaknya mirip ama Jet kune Do (kalau salah tolong dimaafkan). tapi dia ada teknik pitingan juga kayak Ju Jut Su (kalau salah tolong dimaafkan).
penciptanya pak drajat, pusatnya di Prop. jawa barat.
Title: Re: TARUNG DERAJAT
Post by: Aguswin on 20/10/2007 19:06
Ada hubungannya gak dengan Karate, khususnya BKC (Bandung Karate Club) ?
Title: Re: TARUNG DERAJAT
Post by: adit joker on 21/10/2007 08:16
kayaknya ada sih.. soalnya dulu KALAU GAK SALAH Aa Boxer sang pencipta Tarung Derajat ini member karate
Title: Re: TARUNG DERAJAT
Post by: Aguswin on 10/07/2008 21:44
Ngomong-2x ttg. Tarung Derajat, kalo saya liat dgn mata orang awam gerakan-2xannya pengaruh Karatenya spt. aliran Kyokushin sangat besar ?
Wasalam,
Faiz

Ada isu 'orang dalam' yang mengatakan TD mirip Kyokushin karena ada pengaruh gerakan BKC yang notabene mirip Kyokushin.

Ngutip dari http://id.wikipedia.org/wiki/Tarung_Derajat

Tarung Derajat adalah olahraga beladiri yang diturunkan ilmunya dari ajaran Jalaksana Bandung Karate Club (BKC) oleh seorang ahli beladiri di Bandung yang bernama Iwa Rahadian Arsanata, dan kemudian diturunkan oleh muridnya yang bernama GH Achmad Derajat atau sering dipanggil dengan Aa Boxer. Kemudian Ahmad Drajat ini keluar dari perguruan BKC dan mendirikan Boxer yang merupakan basic dari perguran BKC jaman dahulu. Tradisi latihan Tarung Derajat yang cukup keras ini diambil dari gaya tarung BKC, sebelum masuk keanggotaan FORKI. Asosiasi resmi beladiri ini adalah KODRAT (Keluarga Olahraga Tarung Derajat).

 ::)
Title: Re: TARUNG DERAJAT
Post by: Taufan on 11/07/2008 11:10
Assalamu 'alaikum wr. wb.

Konon AA Boxer keluar dari BKC setelah peristiwa "diskusi" BKC dengan salah satu perguruan pencak silat di Bandung.  :-\

Mungkin anggota KODRAT berkenan sharing disini.  [top]

Wassalam,
TP
Title: Re: TARUNG DERAJAT
Post by: juheheuay08 on 30/11/2008 22:39
BOX!!!

Kami anggota Tarung Derajat Satlat Perguruan Tinggi (khususnya UNISBA, STKS, UNPAR, UPI, dll) merasa keberatan dengan isi berita atau content web mengenai segala sesuatu tentang Tarung Derajat karena mengandung hal-hal dan informasi yang tidak benar.

Untuk data dan informasi yang benar dan akurat, Anda dapat mengakses website resmi Perguruan Pusat Tarung Derajat di www.tarungderajat-aaboxer.com

Terima kasih
BOX!!!
Title: Re: TARUNG DERAJAT
Post by: maulana on 01/12/2008 00:03
 :)izin menyimak ajah
Title: Re: TARUNG DERAJAT
Post by: Cah_Gemblung on 01/12/2008 01:42
@juheheuay08
Nah, mas kan semua itu spekulasi karena tidak ada yang mengetahui secara benar tentang tarung derajat, karena disini belum ada yang pernah ikut (or at least belum ada yang ngaku  :w )

kebetulan mas nongol nih, gimana kalo dibabar informasi tentang tarung derajat disini sekalian sumbang2 pengetahuan buat database sahabat silat. Buat kepentingan pelestarian kita semua juga kok...
jadi situ ndak usah moro2 ngomel (semoga ndak terus ngilang...  x-)) )

ya maap - maap saja kalo yang disini cari informasinya dari sana sini, orang ndak ada sumber yang valid..

Namanya juga anak -anak...

Gimana mas? di tunggu lho informasinya...


 [fruit] [fruit] [fruit]
Title: Re: TARUNG DERAJAT
Post by: parewa on 01/12/2008 08:24

Untuk data dan informasi yang benar dan akurat, Anda dapat mengakses website resmi Perguruan Pusat Tarung Derajat di www.tarungderajat-aaboxer.com

Terima kasih
BOX!!!

diambil dari link diatas, terima kasih kang juheheuay08, dan mohon dijabarkan lebih lanjut..... [top]:



SEJARAH SINGKAT  TARUNG DERAJAT

-         AKU RAMAH BUKAN BERARTI TAKUT

-         AKU TUNDUK BUKAN BERARTI TAKLUK.

Salam persaudaraan , BOX !

JADIKANLAH DIRIMU OLEH DIRI SENDIRI !

Seni Ilmu Olah Raga Bela Diri TARUNG DERAJAT dideklarasikan kelahirannya dibumi persada Indonesia tercinta, di Bandung 18 Juli 1972 oleh peciptanya seorang putra bangsa yaitu Guru Haji Achmad Dradjat yang memiliki nama julukan dengan panggilan Aa Boxer. Nama panggilan Aa Boxer diterapkan dan melekat pada diri Achmad Dradjat, setelah dirinya mampu dan berhasil menggunakan dan menerapkannya Seni Pembelaan Diri karya ciptanya didalam berbagai bentuk perkelahian, dimana butuh dan harus BERKELAHI atau BERTARUNG dalam rangka BERJUANG untuk mempertahankan kelangsungan hidup, menegakan kehormatan dan membela kemanusiaan dalam kehidupan sehari-hari selaras dengan kodrat hidupnyanya.

Jadi sebenarnya keberadaan Tarung Derajat itu adalah identik dengan perjalanan & perjuangan G.H.Achmad Dradjat yang juga dikenal dengan julukan Aa Boxer dan kini bergelar “SANG GURU TARUNG DERAJAT”.

Perjalanan & Perjuangan hidup Achmad Dradjat dimulai sejak kelahirannya diatas muka bumi ini, Sang Guru Tarung Derajat dilahirkan di Garut 18 Juli 1951 dari pasangan Bapak dan Ibu H.Adang Latif dan Hj.Mintarsih dalam suasana sedang terjadi pertempuran melawan Gerombolan pemberontak yang dikenal dengan sebutan kelompok Darul Islam (D.I), dalam penyerangan tersebut kedua orang tua Achmad Dradjat sebagai Aktivis Pejuang Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang setelah pasca Keemerdekaan menjadi anggota Polisi Istimewa, menjadi salah satu sasaran operasi dari penyerangan Gerombolan tersebut. Berkat kebesaran dan kekuasaan Tuhan Yang Maha Esa dapat selamat dari peristiwa itu dan saat itulah Sang Guru lahir dalam keadaan sehat, ditengah kejaran para pemberontak. Peristiwa tersebut telah mengilhami kedua oranng tua Sang Guru memberikan nama DARAJAT (DRADJAT / DERAJAT), yang berarti Berkat yaitu suatu Rahmat karunia Tuhan Yang Maha Esa yang membawa atau mendatangkan kebaikan pada kehidupan manusia, seperti keselamatan dan kesehatan hidup atau kesejahteraan hidup atau juga sebagai harkat dan martabat hidup manusia. Sejalan dan seiring dengan nilai-nilai  riwayat Perjalanan & Perjuangan hidup yang dilakukan Sang Guru Achmad Dradjat alias Aa Boxer dalam menciptakan dan melahirkan Ilmu Bela Diri secara Alami, Mandiri, dan Tersendiri serta kejadian-kejadian hidup yang terjadi selalu dinikmati dengan totalitas berserah diri kepada Tuhan Yang Maha Esa dengan tindakan-tindakan yang Realistis dan Rasional, dari hasil perjuangan hidup PRIBADI  seperti itu, mencuat sebuah nama untuk diterapkan pada Seni Ilmu Olah Raga Bela Diri Karya Ciptanya, yaitu : “TARUNG DERAJAT.” (Tarung, Bertarung adalah Berjuang dan Derajat adalah Harkat martabat kemanusiaan)

Pada usia balita Achmad Dradjat pindah ke Bandung mengikuti perjalanan dinas kedua orang tuanya, tinggal di kawasan Tegallega suatu daerah  yang keras dan berpenduduk sangat heteorogin dengan segala perilaku hidupnya yang dinamis. Situasi dan kondisi seperti itu sangat ditunjang dengan keberadaan sebuah lapangan sangat luas yang beraktivitas hampir 24 jam  , berbagai macam bentuk kegiatan hidup terjadi dilapangan tersebut, seperti: berbagai kegiatan olah raga, perkealahian masal antar kelompok pemuda remaja, pemerasan, perampokan perjudian, pelacuran, dlsb yang berbau kriminalitas dan kemaksiatan serta dalam waktu-waktu tertentu bisa dan biasa juga dipakai untuk kegiatan kemasyarakatan lainnya oleh seluruh kalangan masyarakat Bandung khususnya dan apabila sesuatu tindak kekerasan terjadi, tidak jarang masyarakat setempat yang berperilaku hidup  baik-baik kerap menjadi korban tindak kekerasan, kejadian tindak kekerasan tersebut tidak terkecuali sering juga dialami oleh sosok remaja Achmad Dradjat.

Bagi Achmad Dradjat yang sejak masa anak-anak mempunyai postur tubuh lebih kecil dibanding dengan sesama anak lainnya  dan sangat menggemari olah raga keras, seperti sepak bola dan beladiri, selain itu dirinya yang berkarakter berani dan ulet, menjadikan hidup dan dibesarkan dilingkungan seperti itu memiliki arti dan tantangan yang tersendiri.

Berbekal didikan Akhlak Budi pekerti dan Ajaran Agama yang diterapkan kedua orang tua dan tertanam serta terpelihara secara ketat dan berdisiplin sejak masa kecil. Aa, demikian dipanggil dalam lingkungan keluarganya (Aa adalah suatu  panggilan dalam bahasa daerah sunda bagi anak laki yang tertua atau yang dituakan) mulai memasuki lingkungan yang keras, bermacam cara datang dan terjadi perekelahian antar kelompok maupun perorangan, pemerasan serta berbagai bentuk tindak kekerasan lain.

Dalam lingkungan demikian sifat pemberani dan keinginan menolong teman yang dimilikinya, seringkali membuat Aa mengalami berbagai tindak kekerasan, perklelahian demi perkelahian harus ia lalui walau lebih sering kalah dari pada menangnya, dengan segala keuletan yang didasari oleh hasil didikan Akhlak dan ajaran Agama yang terus melekat, dirinya mampu meng  hadapi dan mengatasi berbagai rintangan hidup setahap demi setahap secara pasti, hingga pada usia 13 tahun tindak kekerasan dan penganiayaan yang dilakukan oleh sekelompok pemuda remaja dan manusia lain yang tidak bermoral dan tidak bertanggung jawab nyaris merenggut jiwanya.     

Bagaimana tidak, peristiwa pengeroyokan dan penganiayaan yang dialaminya itu terjadi ditengah keramaian orang-orang yang hanya bisa menjadi penonton dan sebagian lainya hanya mampu menjadi penganiaya, dalam keadaan seperti itu Achmad Dradjat dituntut harus mampu bertahan hidup dalam kesendirian, bukan mempertahankan diri sampai lupa diri. Sesungguhnya dari kenyataan peristiwa tersebut sangat disadri hanya kerena Kebesaran dan Kekuasaan Tuhan Yang Maha Pengasih dan Penyayang, yang menghendaki nasib lain sehingga Aa dapat terselamatkan dari nasib yang lebih buruk lagi.

Kejadian serupa terjadi dialami Achmad Dradjat pada saat belajar latihan beladiri secara resmi sebagai anggota suatu perkumpulan beladiri, dalam peristiwa tersebut dirinya dipaksa untuk berkelahi menggunakan teknik yang berlaku di beladiri itu sendiri melawan anggota senior yang bertubuh jauh lebih besar, dengan demikian Achmad Dradjat  yang baru belajar dasar-dasar teknik perkelahian tidak mampu berbuat banyak selain bertahan diri, disaksikan anggota senior lain, pelatih dan guru besarnya yang ada diruang latihan lainnya. Achmad Dradjat dengan teknik yang terbatas tadi seluruh badannya penuh dengan luka memar, namun demikian tidak ada fikiran dan rasa dari penyaksi termasuk guru besarnya untuk bertindak, menghentikan dan menyelamatkan perkelahian. Dalam kesendirian sosok remaja Achmad Dradjat kembali harus berjuang diri mempertahankan keselamatan dan kesehatan hidupnya.

Dari perkelahian ke perkelahian itulah Achmad Dradjat secara alami dirinya tertempa dan terlatih untuk menjawab tantangan hidup yang keras dan dari kerasnya  kehidupan yang dialami sifat fisik dan sikap mentalnya terbina dan terbiasa untuk menerima kenyataan hidup secara realistis dan rasional. Kemampuan itu dimiliki karena pada dasarnya, setiap mahluk hidup telah dibekali kemampuan gerak reflek untuk bertahan hidup. Fikiran , rasa dan keyakinan tentang peristiwa-peristiwa yang terjadi pada masanya dan terbayangi sepanjang usia, baik kejadian itu berupa musibah maupun anugerah, pengalaman tersebut pada dasarnya adalah bagian dari proses pembelajaran dan pelatihan otot, 0tak serta nurani untuk menentukan arah hidup yang lebih baik menuju pada kehidupan yang benar selaras dengan kodratnya.

Berbagai macam kejadian dan pengalaman hidup yang terjadi dalam lingkup pembelaan diri yang berasal dan mengandalkan dari gerak reflek dan dorongan naluri ,insting atau garizah yang terus terjadi secara berulang tersebut, mengasah otot, otak serta nuraninya untuk terbiasa menghadapi berbagai ancaman dan terlatih untuk menjawab tantangan hidup, yang berupa menjaga keselamatan dan kesehatan diri, menegakkan dan mempertahankan kehormatan serta membela kemanusiaan.

Bersamaan dengan itulah proses penciptaan gerak dan jurus dibentuk dan diuji dari perkelahian. Proses ini disempurnakan melalui suatu penempaan diri, baik secara fisik maupun mental dengan cara yang tersendiri dan mandiri. Gerakan tubuh yang kemudian menjadi jurus ini, seluruhnya didasari gerak reflek yang alamiah.

Dari penempaan praktis ini gerakan tubuh yang tercipta manjadi sangat efektif bagi suatu pembelaan diri. Gerakan dan jurus serta metode latihan didasari kemampuan alamiah. Semua ini sebenarnya dimiliki semua manusia sebagai fitrah dan bisa dikembangkan secara mandiri, inilah yang mendasari lahirnya sebuah prinsip hidup Tarung Derajat “Jadikanlah Dirimu oleh Diri Sendiri.”

Hingga menginjak usia pemuda remaja, Achmad Dradjat telah  menunjukan kemampuaan dan keunggulan dalam menghadapi berbagai tindak kekerasan dan perkelahian. Achmad Dradjat juga menularkan kemampuan beladirinya pada rekan-rekan dekat dan masyarakat lain yang membutuhkannya, yang sebagian besar memintanya untuk menjadi “Guru.” Akhirnya, pada tanggal 18 juli 1972 diikrarkan pendirian Perguruan Tarung Derajat yang menjadi tanda utama resminya kelahiran Ilmu Olah Raga Seni Ilmu Pembelaan Diri karya cipta Achmad Dradjat.

Gelar “SANG GURU” menjadi sebuah panggilan kehormatan dan penghargaan sekaligus sebagai Saripati Jati Dirinya dari apa yang diperjuangkannya dalam menciptakan ILmu Olah Raga Seni Pembelaan Diri TARUNG DERAJAT bagi murid-murid dan Perguruan Pusat Tarung Derajat.         
Title: Re: TARUNG DERAJAT
Post by: Aguswin on 01/12/2008 08:41
Kejadian serupa terjadi dialami Achmad Dradjat pada saat belajar latihan beladiri secara resmi sebagai anggota suatu perkumpulan beladiri, dalam peristiwa tersebut dirinya dipaksa untuk berkelahi menggunakan teknik yang berlaku di beladiri itu sendiri melawan anggota senior yang bertubuh jauh lebih besar, dengan demikian Achmad Dradjat  yang baru belajar dasar-dasar teknik perkelahian tidak mampu berbuat banyak selain bertahan diri, disaksikan anggota senior lain, pelatih dan guru besarnya yang ada diruang latihan lainnya. Achmad Dradjat dengan teknik yang terbatas tadi seluruh badannya penuh dengan luka memar, namun demikian tidak ada fikiran dan rasa dari penyaksi termasuk guru besarnya untuk bertindak, menghentikan dan menyelamatkan perkelahian.

Mungkin ini ada hubungannya.
Title: Re: TARUNG DERAJAT
Post by: hidup on 01/12/2008 08:45
Nyimak Ach!
Title: Re: TARUNG DERAJAT
Post by: Abraham on 01/12/2008 10:19
barusan nonton di Youtube,

ini sih karate banget nih.. :)

apakah mungkin TD ini bs disejajarkan dgn Savate yg nurunin Thai Boxing

maap..
klo tanya ama praktisinya pasti akan dibantah mentah2 paling ga spt itu adanya.

[youtube=425,350]http://www.youtube.com/watch?v=FBGtXVIlQ5E[/youtube]

Title: Re: TARUNG DERAJAT
Post by: Aguswin on 01/12/2008 11:23
Savate yg nurunin Thai Boxing

Oh ada hubungannya ya ?
Title: Re: TARUNG DERAJAT
Post by: Abraham on 01/12/2008 11:29
Savate yg nurunin Thai Boxing

Oh ada hubungannya ya ?

Saya kurang tahu kalo Savate dgn Thai Boxing itu ada hubungan apa nggak.

Cuma kemarin nonton di Discovery soal Savate ini gerakannya agak2 mirip dgn Thai Boxing. Pukulannya spt Tinju dan tendangan2nya kebanyakan yg model sabit dan menendang pakai dengkul ke arah rusuk (apa sih namanya?) klo di Karate Hiza gerii.



Title: Re: TARUNG DERAJAT
Post by: hidup on 01/12/2008 11:30
Saya lihat-lihat gerakan Tarung Derajat, mirip dengan Karate-Savate-Boxing. Apakah Tarung Derajat ini termasuk MMA?
Title: Re: TARUNG DERAJAT
Post by: Aguswin on 01/12/2008 11:46
barusan nonton di Youtube,

ini sih karate banget nih.. :)


Coba deh yang http://www.youtube.com/watch?v=ShRwaRUrWos
Title: Re: TARUNG DERAJAT
Post by: Abraham on 01/12/2008 14:20
Kalo menurut sy itu 11/12 dgn Karate secara sikap berdiri, gerakan yg tegas dsb.
Title: Re: TARUNG DERAJAT
Post by: dsbasuki on 01/12/2008 14:51
...Savate yg nurunin Thai Boxing
Wah, saya tidak sependapat dengan Anda.  :)
Thai Boxing (Muay Thai) adalah beladiri Thailand (Siam) yang jauh lebih tua dari Savate Perancis. Savate baru mulai ada sekitar abad 18-an (tahun 1700-an), sedangkan Muay Thai jauh lebih tua dari itu. Muay Thai sendiri merupakan beladiri tangan kosong yang banyak mendapat pengaruh dari Krabi Krabong ("silat"-nya Thailand).

Mohon saya dikoreksi kalau keliru.
Terima kasih.

Salam...
Title: Re: TARUNG DERAJAT
Post by: Aguswin on 01/12/2008 15:37
Kalo menurut sy itu 11/12 dgn Karate secara sikap berdiri, gerakan yg tegas dsb.

11/12 itu apaan maksudnya ?
Title: Re: TARUNG DERAJAT
Post by: Abraham on 01/12/2008 18:12
11/12 --> beda tipis
Title: Re: TARUNG DERAJAT
Post by: f4iz on 02/12/2008 01:16
Salam,
Ada beberapa sumber yg menyatakan bahwa Savate itu berasal dari beladiri yg berasal dari Siam (IndoChina).
Dulu Perancis lama menjajah daerah IndoChina jadi kemungkinan beladiri Savate asalnya dari daerah situ.
Tarung Derajat kalo diliat dgn mata awamnya saya,lebih mirip ke aliran Karate yg full contact spt. Kyokushin, Eshihara, ato Enshin.
Di Bandung Karate Club aliran karate apa yg diajar disitu ?
Terima kasih.
Wasalam,
Faiz
Title: Re: TARUNG DERAJAT
Post by: Abraham on 02/12/2008 08:54
^setuju sama Mas Faiz  8)
Title: Re: TARUNG DERAJAT
Post by: maulana on 02/12/2008 12:38
 :Dmata awamnya mas Faiz? he..he...setuju banget sesama awam [lucu]
Title: Re: TARUNG DERAJAT
Post by: Aguswin on 02/12/2008 16:44
Kayaknya sih alirannya BKC itu Kyokushin, kalo diliat dari lambang BKC yang ada corak Kyokushin-nya.

Lihat klip Tarung Derajat di Youtube, dengan ada pukulan yan snep dan ada putaran pinggul, ada miripnya dengan Shorinji Kempo atau Kick Boxing.
Title: Re: TARUNG DERAJAT
Post by: Aguswin on 03/12/2008 12:45
Demo Tarung Derajat :

[youtube=425,350]http://www.youtube.com/watch?v=ShRwaRUrWos[/youtube]

[youtube=425,350]http://www.youtube.com/watch?v=Ewp3IbXGiJ4[/youtube]
Title: Re: TARUNG DERAJAT
Post by: sangjati on 08/01/2009 11:56
pernah pengalaman liat dan disuruh mukul orang TD yang lagi latihan, bah gila badanya kaya Batu kali Keras banget ampoon deh salut. latihanya pakai balok kayu diayukan ke leher, ulu hati, dll.
tapi itu waktu saya smp loo. hehehe.
salam.
Title: Re: TARUNG DERAJAT
Post by: Qsecofr on 12/01/2009 09:40
 TNI skr banyak yang pake Tarung drajat juga, apakah krn ini produk indonesia, makasih.
Title: Re: TARUNG DERAJAT
Post by: pande gelang on 24/03/2009 07:06
Salaam

Perkenalkan, Saya Pande gelang, anggota baru di forum ini, boleh ya sharing sedikit soal Tarung Derajat dan BKC.

Tidak mewakili Tarung Derajat tentunya, karena yg paling kompeten untuk bicara Tarung Derajat adalah Sang Guru sendiri ataupun para senior saya tentunya. Saya hanya akan bicara pengalaman saya sendiri bersama BKC dan Tarung Derajat.

Tahun 1992 saya bergabung dengan BKC di bawah asuhan Kang Joni (labuan Banten) beliau adalah salah satu murid Bpk Iwa Rahadian angkatan ke 2 (mohon dikoreksi jika salah). Namun hanya sampai sabuk kuning, karena raport saya merah semua, ayah melarang saya untuk melakukan kegiatan ekskul.

Tetapi diam diam saya yg senang dengan seni beladiri, bergabung dengan perguruan tradisional tjimande di kampung saya, tidak lama juga, karena ketahuan, dan saya dikirim ke sekolah asrama alias pondok pesantren modern.

Lulus aliyah, saya mengenal Tarung Derajat di Universitas Lampung, merasa tertarik melihat demonstrasinya akhirnya bergabung, awalnya hanya bergabung untuk hobby saja, tetapi ternyata saya jatuh cinta dengan Tarung Derajat. Meskipun saya hanya petarung kacangan, tetapi teknik berlatih, aplikasi, filosofi, serta persaudaraan dalam Tarung Derajat yg saya rasakan sangat berbeda dari yg pernah saya rasakan (bukan berarti kedua jenis beladiri yg pernah saya pelajari sebelumnya buruk).

Berpindah pindah tempat latihan dari Lampung, ke Jakarta, Bandung, saya mengenal Tarung Derajat sebagai seni Tarung seperti yg disampaikan Sang Guru, lengkapnya baca di http://www.tarungderajat-aaboxer.com/ sampai saya akhirnya pulang ke Labuan, bantu bantu senior saya di SMA Negeri 3 Pandeglang.

Seorang Karateka (Dan 1 ketika itu), yg kebetulan juga punya dojo di sekolah itu, mendatangi saya mempertanyakan posisi saya, kok bisa bisanya saya bergabung dengan Tarung Derajat AA BOXER, padahal dulu kami satu angkatan ketika mulai berlatih BKC.

Saya balik tanya "loh memangnya kenapa?"
Kemudian di mengatakan AA BOXER itu dulu murid Kang Iwa, pencuri ilmu BKC, penghianat, dan seterusnya.

Merasa terusik dengan pernyataan kawan saya itu, saya mempertanyakannya pada Sang Guru di suatu pertemuan, Sang Guru mengakui bahwa beliau pernah menjadi murid Bpk Iwa Rahadian, bahkan dianggap sebagai salah satu murid terbaik pada angkatan pertama BKC, namun karena ada hal moral yg dilakukan oleh Bpk Iwa Rahadian yg (sangat tidak pantas dibicarakan di forum sahabat silat ini) sangat menyakitkan hati Sang Guru, akhirnya Sang Guru memilih keluar.

Sang Guru masih melatih diri, dengan gayanya sendiri, untuk menaklukan dirinya sendiri, tetapi tidak untuk ditaklukan orang lain. tidak pula serta merta mendirikan Tarung Derajat. Karena Tarung Derajat menjadi satu perguruan yg absolut diakui prosesnya sangat panjang dan berliku. melalui berbagai hantaman Badai deras yg menerjang di Rimba nyata para jagoan yg harus beliau tundukan, sekali lagi baca http://www.tarungderajat-aaboxer.com/.

Kami anggota Tarung Derajat tidak pernah tahu menahu ada kisah apa antara Sang Guru dengan Bpk Iwa Rahadian, justru kami tahu dari "anggota BKC yg tidak bermoral"( yg merasa anggota BKC yg bermoral jangan tersinggung).

Saya kira soal ada tidaknya hubungan dengan beladiri anu, ini, dan itu mari kita bawa pada wilayah aplikasi beladiri itu sendiri, yg pada dasarnya adalah memukul atau dipukul, menendang atau ditendang, membanting atau dibanting, bertahan atau ditahan, menyerang atau diserang dan seterusnya.

APAKAH BKC ATAU BELADIRI ANDA MEMILIKI SALAH SATU UNSUR ITU?
JIKA JAWABANNYA YA, BERARTI TARUNG DERAJAT ADA HUBUNGANNYA DENGAN BKC ATAUPUN BELADIRI ANDA, APAPUN ITU NAMANYA.

Saat ini Tarung Derajat tidak menginduk pada beladiri manapun kecuali Perguruan Pusat Tarung Derajat itu sendiri dalam mengadakan event kejuaraan baik di tingkat lokal, Nasional, maupun Asean.

Saat ini Tarung Derajat menjadi salah satu beladiri wajib Tentara Nasional Indonesia.

Saat ini Tarung Derajat sedang dilirik dunia, dibuktikan dengan banyaknya pecinta seni beladiri yg datang dari berbagai negara ke Indonesia baik untuk bertarung maupun untuk mempelajari Tarung Derajat.

Saat ini Tarung Derajat sedang sibuk mengembangkan diri sebagai bagian dari bangsa indonesia yg bermartabat

Sedangkan anggota BKC yg tidak bermoral masih sibuk menjelek jelekan MORTAL GHADA (Moral dan Mental Sang Guru Haji Ahmad Dradjat).

Soal hubungan Sang Guru Haji Ahmad Dradjat dengan Bruce Lee, saya kira yg paling mungkin tepat adalah; soal kemiripan sejarah, sama sama tertindas, sama sama harus berjuang mempertahankan kelangsungan hidup serta martabat dan kehormatan diri akhirnya menciptakan gaya beladirinya sendiri, sama sama melegenda kejayaannya dari hasil jerih payahnya itu.

Bedanya adalah ruang dan waktu, Bruce Lee di belahan dunia barat, Sang Guru Haji Ahmad Dradjat di belahan bumi nusantara.

Saat Bruce Lee menemui akhir hidupnya baik sebagai makhluk Tuhan maupun sebagai Ahli Seni Beladiri, justru Sang Guru sedang mengawali perjuangannya.

Tidak ada yg personal, hanya klarifikasi saja mas, semoga bermanfaat.

 -         AKU RAMAH BUKAN BERARTI TAKUT

-         AKU TUNDUK BUKAN BERARTI TAKLUK.

JADIKANLAH DIRIMU OLEH DIRI SENDIRI !


 



Title: Re: TARUNG DERAJAT
Post by: Wahyu Taqwa on 17/05/2009 13:52
kayaknya ada sih.. soalnya dulu KALAU GAK SALAH Aa Boxer sang pencipta Tarung Derajat ini member karate
menurut cerita ortu say c begitu keilmuannya didapat dari BKC, btw dia dulu preman yang cukup meresahkan masy, nama gengnya buah batu club (BBC), dia sering bentrok ma orang, ortu saya juga hampir bentrok ma dia, ortu saya dari karate indonesi BLACK PANTHER pimpiman t syahrian. mohon koreksi...
Title: Re: TARUNG DERAJAT
Post by: samber gledek on 18/05/2009 08:19
Mas Wahyu ngomong2 Black Panter apa masih ada? Dulu saya inget P Tengku cukup populer.

Salam

James
Title: Re: TARUNG DERAJAT
Post by: Wahyu Taqwa on 18/05/2009 22:04
Mas Wahyu ngomong2 Black Panter apa masih ada? Dulu saya inget P Tengku cukup populer.

Salam

James
informasi terakhir c masih ada, dbdg (komplek militer dekat jln menado). ketika saya mo ikutan dilarang ma ortu, cos terlalu keras latihannya, gak cocok ma kondisi fisik saya.
mo belajar gerakan tenso or ibuki nya (pernapasan/TD) zah gak boleh, tekhnik makiwaranya dirahasiakan sekali, takut disalah gunakan cos angin pukulannya jah sanggup matahin tulang, telujuk klo di pukulkan ke tembok jadi bolong, kesimpulannya takut disalah gunain, saya dulu tukang tawuran  :'(
Title: Re: TARUNG DERAJAT
Post by: Destroyer9 on 18/06/2009 22:01
BOX!!!

Kami anggota Tarung Derajat Satlat Perguruan Tinggi (khususnya UNISBA, STKS, UNPAR, UPI, dll) merasa keberatan dengan isi berita atau content web mengenai segala sesuatu tentang Tarung Derajat karena mengandung hal-hal dan informasi yang tidak benar.

Untuk data dan informasi yang benar dan akurat, Anda dapat mengakses website resmi Perguruan Pusat Tarung Derajat di www.tarungderajat-aaboxer.com

Terima kasih
BOX!!!

Assalamualikum....

Kawan...

Kira-kira latihan TD di Karawaci atau Jakarta Barat ada ga?!?

Saya berminat nih!!!

Infonya dunk!!!

Makasih...

Wassalamualikum...
Title: Re: TARUNG DERAJAT
Post by: rulltraman on 14/04/2011 09:05
Box!!!
Salam persaudaraan....
Sepi banget nih thread tarung derajat, ayo diramaikan dong.
banyak lho yang bisa dibahas mulai teknik bertarung yang efektif sampai berita terbaru tarung derajat akan tampil di eksebisi SEA GAMES taun ini, mengenai hal ini mungkin ada topik hot yg bisa didikusikan. secara presiden asosiasi muay thai mendukung banget tarung derajat masuk SEA GAMES...gosipnya nih  ;D tarung derajat mau dijadikan ajang pelampiasan atlet2 thai boxing yg sampai sekarang blm bisa masuk SEA GAMES.

nah gimana ini kawan2 petarung siapkah kita mengahadapi para petarung dari thailand yg notabene sejak usia dini berlatih thai boxing.

monggo dilanjut
 [[peace2]]
Title: Re: TARUNG DERAJAT
Post by: rulltraman on 14/04/2011 14:28
telah diresmikan pengurus tarung derajat cabang thailand tgl 26 maret 2011 oleh bpk Zulkifli Hasan MenHut/ketua umum KODRAT (keluarga olahraga tarung derajat)

Jadikanlah Dirimu oleh Dirimu sendiri *AA Boxer*
Title: Re: TARUNG DERAJAT
Post by: noedmatriks on 14/04/2011 21:46
Alhamdulillah, dulu saya pernah belajar Tarung Derajat. Memang tidak lama, sekitar 3-4 tahun. Satlat Jasamarga, dengan pelatih saya saat itu, Kang Sugeng Riyadi dengan julukannya si badak (mohon koreksi jika saya salah). Namun karena kesibukan saya kuliah dan seringnya bentrok jadual UTS dan UAS saya dengan kenaikan tingkat, saya hanya sampai kurata tiga. Selama bergabung tidak pernah saya merasakan hal yang negatif dari olahraga ini. Bahkan memperkaya diri saya hingga bisa hidup sampai sekarang. Terima kasih Tarung Derajat.
Title: Re: TARUNG DERAJAT
Post by: f4iz on 20/04/2011 09:01
Salam Rekan-2x Tarung Derajat,
Saya mau tanya kalau boleh.
Praktisi-2x Tarung Derajat banyak yg badannya kekar-2x.
Apakah latihan angkat besi/beban itu bagian dari latihan Tarung Derajat maksudnya digabung dgn latihan tekhnik dan pernafasan atau latihan beban dipisah  ?
Ada beberapa aliran beladiri spt. Karate Goju Ryu dan Uechi Ryu yg menggunakan beban saat melakukan tekhnik dan jurus. Begitu juga beberapa aliran Kung Fu dgn menggunakan beban saat latihan.
Terima kasih sebelumnya.
Wasalam,
Title: Re: TARUNG DERAJAT
Post by: rulltraman on 20/04/2011 10:39
salam mas godam
mencoba menjawab: tarung derajat adalah beladiri yg murni menggunakan fisik,jadi kemampuan fisik adalah salah satu yang utama.
FYI untuk anggota yg sudah cukup mumpuni dalam setiap latihan bisa dilakukan push up sampai ratusan, sit up dll juga ada senam2 khusus untuk penempaan sperti untuk kekuatan leher,punggung,dada,perut,kaki dll(untuk kemampuan tahan pukul).
setelah latihan penempaan ini diuji dengan dipukul/ditendang, pemukulan ini bertujuan bukan hanya melatih fisik tapi juga terutama melatih mental anggota.
hanya saja yang dilakukan di TD(tarung derajat) semuanya bertahap step by step, jadi tidak ada namanya penyiksaan anggota junior oleh senior yg ada adalah latihan yg terarah dan bertanggung jawab.

Nah bisa jadi efek latihan fisik ini badan anggota TD jadi kekar.
jadi kalo soal latihan beban kurikulum resmi hanya mencakup Bodyweight training tidak ada yg menggunakan barbel/ tan ren seperti di karate.
cuma memang di TD ditanamkan oleh Sang Guru "jadikanlah dirimu oleh dirimu sendiri" seberapa bagus kemampuan kita tergantung kemauan kita untuk berlatih, jadi mungkin juga ada anggota yang mengintegrasikan latihan beban(dgn barbel) sebagai bagian dari proses penempaan dirinya.

salam
 [[peace2]]
Title: Re: TARUNG DERAJAT
Post by: rulltraman on 20/04/2011 10:49
oh ya nambah dikit :
sekali lagi tarung derajat tidak ada yg namanya tenaga dalam atau mistis,pemukulan di ulu hati,rusuk, pemukulan/tendangan ke leher, pemecahan benda keras dengan kepala dll murni pengolahan fisik

FYI salah satunya ada yg namanya jatuhan dada, jadi dari posisi push up (tangan lurus kelantai) kemudian tangan dilepas kesamping jadi dada jatuh membentur lantai, kalo saya baca komik kok kayak salah satu metode pembinaan baju besi shaolin yaa.. :w
 [[peace2]]
Title: Re: TARUNG DERAJAT
Post by: f4iz on 20/04/2011 20:01
Salam Mas Rulltraman,
Terima kasih atas penjelasannya.
Kekuatan/kemampuan tahan pukul dan pukul benda keras dilatih dgn melakukan senam-2x khusus dan olah fisik. Apakah di senam-2x khusus tsb. dilakukan dgn pernafasan khusu juga utk melatih kekuatan misalnya tahan nafas sambil mengencangkan otot ?

Pertandingan Tarung Derajat kan bentuknya full contact. Apakah ada praktisi Tarung Derajat yg ikut serta perndingan lintas beladiri pukul/tendang spt. Muay Thai atau K-1 ?

Terima kasih.
Wasalam,
Title: Re: TARUNG DERAJAT
Post by: rulltraman on 20/04/2011 21:52
mas Godam
terus terang saya sendiri masih agak2 kabur juga dengan definisi tenaga dalam :D
memang pada waktu latihan penempaan tubuh ada pengaturan nafas dan mengencangkan  tubuh yg diperlukan, saya tidak tau ini tenaga dalam atau bukan, tapi yang jelas di tarung derajat sejak awal ditekankan tidak ada tenaga dalam :w
tapi kalo melihat demo2 kateda/PSTD yang katanya pake tenaga dalam kami juga ga jauh2 beda kok 11/12 :P, kalo saya pernah baca ada praktisi PSTD yg sanggup digantung dengan tali lehernya, di tarung derajat hal tersebut bukan hal yg terlalu luar biasa.
jadi apakah kami pakai tenaga dalam??? jawaban resminya tidak...

kalo pertandingan lintas beladiri yang sifatnya perlombaan/show Sang Guru TD bapak H. Achmad drajat tidak mengijinkan anggotanya untuk iku, dengan alasan tertentu, diantaranya :buat apa sih kita mengikuti kepentingan industri. namun kalo memang ada yang menantang ke perguruan ya tentu kami tidak akan lari. terutama pada awal2 berdirinya tarung derajat ini tantangan banyak berdatangan. bahkan kira2 taun 90an akhir ada juara muaythai asia kalo ga salah, datang ingin mencoba, dan hasilnya dia mengakui kemampuan TD.
Saat ini presiden asosiasinya muaythai merupakan salah satu pihak yg mendukung berdirinya TD di thailand,banyak yg bilang jangan2 ini sarana atlet mauythai masuk SEA GAMES ,IMHO....CMIIW

salam
 [[peace2]]
Title: Re: TARUNG DERAJAT
Post by: Suprapto on 20/04/2011 23:01
@ mas Rulltraman.

Tidak mengherankan kalau president muaythai mendukung Tarung Derajat. Konon persiapan/pembinaan  fisik calon atlit muaythai, yang disiapkan pada kamp pelatihan sejak usia 8 sampai 15 tahun kemudian baru masuk berbagai olahraga beladiri, merasa lebih cocok dengan aturan pertandingan Tarung Derajat (dibanding pencaksilat), sudah barang tentu menjadi merasa punya peluang lebih baik dalam perolehan medali, yang menjadi motivasi utama mereka.

Disyukuri saja, aspek olahraga beladiri menjadi jalan masuk pengembangan Tarung Derajat ke ASEAN, ASIA, bahkan mendunia pada saatnya.

Cuma, rekruitmen, persiapan dan penggemblengan ATLIT Tarung Derajat dari Indonesia musti sungguh2. Toh sejak pembibitan sampai pembinaan ada dalam satu komando/satu perguruan (beda dengan pencaksilat). Kalau lengah, medali emas bisa diborong mereka (termasuk Vietnam).......

Salam.   
Title: Re: TARUNG DERAJAT
Post by: rulltraman on 21/04/2011 22:10
betul pak pak prapto memang hal itu yang sedang jadi salah satu pembicaraan hangat di kalangan anggota tarung derajat. dengan semakin banyak anggota tentunya persaingan akan semakin berat.
 [[peace2]]
Title: Re: TARUNG DERAJAT
Post by: rulltraman on 30/04/2011 20:34
pengumuman

buat para rekan2 anggota tarung derajat Jawa Timur, bagi yang belum megikuti seleksi fisik atlet proyeksi kejunas 2011/PRAPON XVIII (kualifikasi PON XVIII riau) silahkan datang unutk mengikuti seleksi fisik gelombang kedua yang dilaksanakan pada :
waktu     : minggu,1 april 2011, jam 6.00 s/d selesai
tempat   : stadion kodam Brawijaya
 be there, semoga yang terbaik yang akan mewakili Jawa Timur.
Box !!!!
 [[peace2]]
Title: Re: TARUNG DERAJAT
Post by: srdananjaya on 30/04/2011 20:43
tarung derajat perkembangannya memang fenomenal, sekitaran tahun 90an pertengahan hampir tiap hari di Bandung berseliweran anggota yang menggunakan kaos boxer

sekarang jarang liat ya.. ada perubahan metode promosi perguruan atau gimana ceritanya?

aniway salah satu putra Pak Ahmad Dradjat dulu satu kampus dengan saya, adik angkatan.. kecil-kecil kekar badannya  [top]
Title: Re: TARUNG DERAJAT
Post by: rulltraman on 30/04/2011 20:53
hehehe kyaknya memang ada sedikit pergeseran budaya,jarang yg pake kaos sekarang paling2 kalo mau berangkat ke tempat latian aj, g tau kenapa...makin dewasa kali  [[peace2]].

yang adik angkatan mas sunan siapa? Kang Badai? wah kalo beliau sih latihannya gila2an   [toop]
Title: Re: TARUNG DERAJAT
Post by: srdananjaya on 30/04/2011 20:58
lupa namanya siapa.. ganteng orangnya.. banyak yg nge fans tuh kayaknya :D

aniway.. walaupun putra dari pendiri perguruan besar, orangnya ramah, ga suka pamer, ga ada kejadian berantem di kampus  [top]
Title: Re: TARUNG DERAJAT
Post by: rulltraman on 13/05/2011 09:12

telah dideklarasikan International Tarung Derajat Federation oleh 8 Negara, Indonesia, Thailand, Vietnam, Timor Leste, Myanmar, Philiphine, Laos.

Dalam deklarasi ini terpilih Thailand sebagai ketua Federasi tersebut.

Semoga dengan go internasionalnya Tarung Derajat ini semakin membuat Tarung Derajat dicintai tidak hanya nasional tetapi di kancah internasional. Dan tentunya membuat kita sebagai bangsa semakin bangga salah satu beladiri asli bangsa kini juga sudah menjadi icon internasional.

salam
Title: Re: TARUNG DERAJAT
Post by: Suprapto on 13/05/2011 11:02
Alhamdulillah.
Selamat dan Sukses atas keberhasilan  perjuangan Tarung Derajat.

Semoga dijauhkan dari berbagai kendala, dimudahkan segala urusannya. Amin.

Salam.
Title: Re: TARUNG DERAJAT
Post by: rulltraman on 13/05/2011 11:42
matur nuwun pak Prapto

oh ya deklarasinya di Bandung 7 mei 2011

 [[peace2]]
Title: Re: TARUNG DERAJAT
Post by: ISMAIL SUMAPRAJA on 15/05/2011 12:34

telah dideklarasikan International Tarung Derajat Federation oleh 8 Negara, Indonesia, Thailand, Vietnam, Timor Leste, Myanmar, Philiphine, Laos.

Dalam deklarasi ini terpilih Thailand sebagai ketua Federasi tersebut.

Semoga dengan go internasionalnya Tarung Derajat ini semakin membuat Tarung Derajat dicintai tidak hanya nasional tetapi di kancah internasional. Dan tentunya membuat kita sebagai bangsa semakin bangga salah satu beladiri asli bangsa kini juga sudah menjadi icon internasional.

salam
selamat dan sukses tuk TD, tapi harus waspada jangan sampe nantinya beladiri asli indonesia ini jadi asing dinegaranya sendiri.
Title: Re: TARUNG DERAJAT
Post by: rulltraman on 12/06/2011 18:36
kasih link buat mas2 (biar threadnya ga tengelam   :P ) monggo dilihat
http://www.youtube.com/watch?v=FBGtXVIlQ5E (http://www.youtube.com/watch?v=FBGtXVIlQ5E)

http://www.youtube.com/watch?v=WjZL2MRSMTo&feature=related (http://www.youtube.com/watch?v=WjZL2MRSMTo&feature=related)

 [[peace2]]




Title: Re: TARUNG DERAJAT
Post by: putra bumi on 28/07/2011 18:30
BOX
Salam Persaudaraan .
 :)
Title: Re: TARUNG DERAJAT
Post by: rulltraman on 29/07/2011 11:11
BOX
Salam Persaudaraan