+-

Video Silat


Silek Minang Pandeka Cupak Hosra Afrizoni 1
Tarung Bebas Genggong
Silat Tungdor Margaluyu Pusat
Festival Silat Kampung Jampang - Beksi Hasbullah #
Margaluyu Pusat - Performance perguruan di acara u
Silek Kumango
vidioku
"THE SILAT FIGHTING" (last scene,part 1)
GGBD - Demo / Aplikasi #3

Shoutbox

13/12/2016 10:49 Taufan: Yuk ke Festival Kampung Silat Jampang 17-18 Desember 2016!!!
20/09/2016 16:45 Dolly Maylissa: kangen diskusi disini
11/02/2016 15:58 Taufan: Alhamdulillah SS sudah ON lagi ;-)
07/01/2016 10:00 luri: wa 'alaikumussalam
04/01/2016 20:21 May Lee: Assalamu 'alaikum
30/03/2015 14:06 initial_d: Sepi amat ya bang, pada kemane nih penghuninya....
20/10/2014 15:28 kunderemp: Ya.. om Taufan.. Tanggal 11 lalu saya masih di tengah hutan di Bakan.
View Shout History

Recent Topics

PPS Betako Merpati Putih by acepilot
18/10/2018 17:03

On our book: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
13/03/2017 14:37

Siaran Radio ttg. Musik Pencak Silat di Stasiun "BR-Klassik / Musik der Welt" by Ilmu Padi
12/01/2017 16:19

Tentang buku kami: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
17/10/2016 20:27

Hoby Miara Jin by anaknaga
19/09/2016 04:50

TALKSHOW SILAT - Silat Untuk Kehidupan by luri
22/06/2016 08:11

Thi Khi I Beng by aki sija
17/08/2015 06:19

[BUKUTAMU] by devil
09/06/2015 21:51

Daftar Aliran dan Perguruan di Indonesia by devil
01/06/2015 14:01

SILAT BERDO'A SELAMAT by devil
01/06/2015 13:59

Persilatan Jurus Lima (Sabandar) by Marsudi Eko
14/05/2015 19:36

Kebugaran Merpati Putih by mpcrb
22/04/2015 16:16

PAWAI JAMBORE PENCAK 2015 by luri
20/04/2015 16:20

ALM. Kong Nur ( BEKSI Kampung Sawah) by initial_d
30/03/2015 14:02

maenpo Cikalong by aki sija
25/02/2015 22:01

SilatIndonesia.Com

Author Topic: tolong jawab donk [Bela Diri]  (Read 17599 times)

Red Hawk

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 2
  • Posts: 125
  • Reputation: 8
    • Email
tolong jawab donk [Bela Diri]
« on: 05/10/2007 00:59 »
saya mau nanya, apa sih tujuan kalian belajar bela diri?
kalau udah hebat, di jaman damai sekarang gak bisa.
mau buat jadi jagoan, orang mati masuk penjara.
mau buat apa?
yang punya alasan hanya untuk kesehatan ama buat ngebela diri aja, lebih baik jangan jawab yah.
saya mau jawaban yang lain.
tolong yang bener-bener paham beladiri pasti pernah dengar filosofi ini dari gurunya.
« Last Edit: 05/02/2008 01:50 by EricB »

Java

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 647
  • Reputation: 48
Re: tolong jawab donk
« Reply #1 on: 05/10/2007 09:40 »
saya mau nanya, apa sih tujuan kalian belajar bela diri?
..............................
yang punya alasan hanya untuk kesehatan ama buat ngebela diri aja, lebih baik jangan jawab yah.

saya mau jawaban yang lain.
tolong yang bener-bener paham beladiri pasti pernah dengar filosofi ini dari gurunya.


Salam silat,
Ini pertanyaan berat ::) mohon di ijinkan untuk sekedar menulis apa yg saya pahami ttg tujuan beladiri.

Umumnya orang berlatih beladiri memang menginginkan bekal membela diri sekaligus sehat. Dan guru beladiri yg mumpuni akan memberikan wejangan pertama agar jangan pernah mempergunakan ilmu beladiri kalau tidak sangat "dipaksa" (istilah penulis).

Seiring dengan bertambahnya waktu latihan dan penguasaan tehnik beladiri maka sang guru akan memberikan wejangan-wejangan tentang nilai-nilai luhur budi pekerti yang harus dimengerti, dipahami, dihayati dan dilaksanakan oleh setiap praktisi beladiri.

Tahap selanjutnya sang guru akan selalu memberi bimbingan tentang penguasaan tehnik beladiri yang makin tinggi dikaitkan dengan eksistensi manusia itu sendiri. Pada tahap tersebut latihan beladiri sudah tidak lagi bertujuan untuk menyakiti sesama mahluk hidup namun sekedar sarana agar jasmani dan rohani bisa tetap waspada.

Tingkatan berikutnya sang guru akan menuntun muridnya agar memahami siapa dirinya dan apa maksud Tuhan menciptakan manusia beserta alam seisinya. Di tahap inilah banyak praktisi beladiri yg tidak mampu menguasai diri sehingga tujuan tidak tercapai karena tergiur oleh berkah Tuhan Yang Maha Kuasa. Contoh kecil, kemampuan melihat sesuatu yg belum terjadi akhirnya seseorang terpelesert jadi dukun, orang kebal senjata tajam akhirnya terpeleset jadi garong atapun sirkus keliling. Celakanya, sebagian orang membanggakan kemampuan supranatural tersebut sebagai orang yg diberi karomah oleh Tuhan :'(

Tingkatan yg lebih jauh adalah memahami keberadaan manusia sebagai satu diantara sekian banyak mahluk ciptaan Tuhan Sang Maha Pencipta. Manusia yang menyadari sebagai mahluk akan senantiasa berusaha untuk mendekatkan diri kepada Tuhan selagi selembar nyawa masih melekat di raga. Tujuannya adalah agar saat ruh meninggalkan jasad maka sang ruh bisa kembali ke asalnya yaitu Tuhan Sang Maha Pencipta. Ini logika sederhana, dalam keadaan hidup saja tidak kenal Tuhan bagaimana mungkin setelah koit bisa kembali kepada NYA ;D

Tahapan yg paling tinggi adalah seorang praktisi beladiri senantiasa bertindak sesuai dengan suara hati nurani yang suci dan bukannya atas dasar pikiran. Hati nurani merupakan tuntunan benar atas bimbingan Tuhan Yang Maha Welas sedangkan pikiran adalah pertimbangan untung dan rugi atas dasar nafsu untuk memuaskan diri sendiri.

Seorang praktisi beladiri yang mencapai tataran "top markotop" sudah tidak memikirkan cara memukul/ menendang/ menampar mahluk hidup lain. Yang ada dalam tindak tanduknya adalah sikap welas asih & santun terhadap semua mahluk hidup karena menghayati bahwa manusia itu tidak lebih dari sekedar "KUTU KUPRET" dibanding kekuasaan Tuhan Yang Maha Perkasa :) Lha wong baru kebal bacokan saja kok mau belagu dimata Tuhan, padahal kena pilek sidikit meriangnya seminggu ;D

Namun yang bisa mencapai tataran seperti itu nggak banyak-banyak amat di dunia modern ini :'(

Yah segitu doang yg saya tau, moga-moga ada yang mau ngoreksi, sehingga pemahaman saya bisa tambah lagi. 8)


Red Hawk

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 2
  • Posts: 125
  • Reputation: 8
    • Email
Re: tolong jawab donk
« Reply #2 on: 05/10/2007 14:52 »
sipp [top]
keren banget :)

Java

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 647
  • Reputation: 48
Re: tolong jawab donk
« Reply #3 on: 05/10/2007 15:20 »
sipp [top]
keren banget :)

Saya mah belon apa2. Dengar orang ngegeber motor kenceng2 aja mata masih melotot + sumpah serapah  >:(

Jagoan tulen sih cuma senyum & ngucap .... kasihan deh, diberi akal & pikiran oleh Tuhan kok tdk digunakan [gro]

Red Hawk

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 2
  • Posts: 125
  • Reputation: 8
    • Email
Re: tolong jawab donk
« Reply #4 on: 07/10/2007 13:31 »

Quote
Saya mah belon apa2. Dengar orang ngegeber motor kenceng2 aja mata masih melotot + sumpah serapah  >:(



gak apa-apa mas. asal kita langsung sadar, dan mengendalikan diri kita, kita udah hebat kok

one

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 3
  • -Receive: 24
  • Posts: 845
  • Reputation: 66
Re: tolong jawab donk
« Reply #5 on: 27/12/2007 00:31 »
Tujuannya
-bisa nambah temen, dan akan terus mencari temen daripada musuh
-jadi berani bilang salah ya salah yang bener ya bener dan jujur ama diri sendiri
-akan jadi lebih toleran karena kita tahu kalo mukul orang itu sakit sebab kita juga tahu kalo digebuk itu gimana.
-Jujur karena mengerti keterbatasan kita.
-pantang menyerah...sebab terbiasa belajar dengan banyak tantangan
-sportif karena dituntut mengakui kelebihan tiap orang
-bisa jadi tambah deket ama sang Khalik, karena ternyata kekuatan manusia itu kecil
-Pe De tapi rendah hati namun tidak rendah diri
-Enak lagi punya gelar gratis, meski baru belajar satu atau dua gerakan apalagi jurus (mis. baru belajar sehari karate maka jadi karateka, baru belajar sejurus silat eh jadi pesilat...)
-bisa menjadi biaya paling murah dalam memerangi narkotika, soalnya gak mungkin pesilat, tae kwon in, karateka, pe wushu, petinju bisa latihan kalo mereka sakau...
-kalo kepepet bisa jadi mata pencaharian sampingan sambil nunggu panggilan kerja (bisa jadi tukang jaga malam, keamanan, pelatih, guru...bahkan centeng buat sementara he he he)
-ajang cari jodoh
-......................
-.......................
-saking banyaknya tujuan belajar bela diri, saya persilahkan yang lain nimbrung


salam,


one
(kejujuran adalah kemudahan yang kadang terhalang lidah)

f4iz

  • Guest
Re: tolong jawab donk
« Reply #6 on: 27/12/2007 02:17 »
Salam Rekans..
Sebenarnya saya kepingin tau kenapa rekan-2x memilih aliran tertentu dalam beladiri. Bisa dirangkup di topik ini enggak ? Misalnya kenapa milih Cimande, Cikalong, ASAD, PD, Setia Hati, Padjajaran, Panglipur ? Saya tertarik mendengar cerita/pengalaman masing-2x anggota, terutama yg udah senior-2x.
Kalo saya sebenarnya dulu tujuannya belajar beladiri ya karena demen nonton filem Kungfu di Bioskop Glodok ama bokap.
Tapi abis itu pengen belajari beladiri ya supaya bisa beladiri kalo diajak berantem ato dipalak. Sekarang sih sebenarnya demen beladiri ya karena hobby dan juga utk kesehatan/olah raga. Abisnya daripada make celana ketat terus ikutan Tae Bo ya mendingan latihan Silat  ;D
Saya dulu milih silat yg saya pelajarin karena kebetulan abang ipar saya latihan aliran itu jadi saya ikut-2xan. Pas saya ikut saya seneng soalnya tekhniknya banyak memakai hindaran dan tidak frontal. Maklum badan saya waktu SMP cunkring banget, kalo adu kuat sering kalah apalagi kalo disuruh nangkis pukulan ato tendangan sampe ngeringis-2x. Pas ikut silat jarang nangkis lebih banyak ngelak (ini waktu ditingkat saya lho..kali yg tingkat tinggi udah pada kuat-2x..jadi mo ngelak boleh, mo nabrak gak apa-2x, mo nangkis ok juga) , kalaupun nangkis itu bukan pilihan pertama.

Iya deh ditunggu cerita-2x dari yg lain.
Wasalam,
Faiz
 

srdananjaya

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 16
  • -Receive: 4
  • Posts: 658
  • Reputation: 31
  • http://www.simpleather.com
    • Sedia Peralatan Beladiri
    • Email
  • Perguruan: Perisai Diri
Re: tolong jawab donk
« Reply #7 on: 27/12/2007 07:56 »
salam mas..

ikutan ah..

kalo saya milih aliran karena... apa ya? jodoh kayanya  ;D

salam
martial art equipment:
http://www.wisanggeni-martialgear.com
Jaket Kulit (Leather Jacket):
www.simpleather.com

f4iz

  • Guest
Re: tolong jawab donk
« Reply #8 on: 27/12/2007 08:58 »
salam mas..
ikutan ah..
kalo saya milih aliran karena... apa ya? jodoh kayanya  ;D
salam
Maksudnya, karena Jodoh latihan aliran yg bersangkutan akhirnya milih aliran itu ???  ;D Ampun mas becanda...

Salam..

Unknown

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 65
  • -Receive: 41
  • Posts: 1.486
  • Reputation: 95
  • I'm no longer a member of this forum
    • FORUM SILAT
Re: tolong jawab donk
« Reply #9 on: 27/12/2007 10:47 »
saya mau nanya, apa sih tujuan kalian belajar bela diri?
kalau udah hebat, di jaman damai sekarang gak bisa.
mau buat jadi jagoan, orang mati masuk penjara.
mau buat apa?
yang punya alasan hanya untuk kesehatan ama buat ngebela diri aja, lebih baik jangan jawab yah.
saya mau jawaban yang lain.
tolong yang bener-bener paham beladiri pasti pernah dengar filosofi ini dari gurunya.

saya sebenarnya baru mau belajar bela diri,
tapi setelah baca pertanyaan di atas saya jadi ragu dan bingung, karena saya memang tidak tau kenapa saya mau belajar bela diri...pertanyaan nya juga mengandung kontradiksi : apa tujuan belajar bela diri? tentunya untuk orang yang baru belajar. trus : tolong yang benar2 paham bela diri...dst. lah kalo udah paham kan berarti udah ga perlu belajar lagi (maap ya)
selanjutnya kalo baru mau belajar udah harus tau dan paham atau harus mencari dulu jawaban dari pertanyaan di atas, kapan belajarnya??? (maap lagi ya...)

n.b
sekarang jaman damai? masa?

Nagapasa

  • Naga Pasa - Naga Pamanah Rasa
  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 8
  • Posts: 927
  • Reputation: 48
  • Paku Jagat Ingsun
    • Nagapasa Blogs
  • Perguruan: Suliwa 5 adegan Serong
Re: tolong jawab donk
« Reply #10 on: 27/12/2007 11:20 »
he he he engak perlu bingung mas ;D

adakalanya kita memulai sesuatu dengan tanpa tujuan, make it easy aja.

kayak saya ikut ikutan temen, jadi seneng terus kecanduan terakhirnya jadi gila silat.

jadi saran saya lakukan apa yang ingin kita lakukan, masalah tujuan mungkin bisa kita set setelah kita paham apa yang telah kita lakukan dan pelajari.

banyak kok orang belajar beladiri dari yang local sampe import, malah engak ada yang matang. taunya cuman apal jurus doank.

pas berantem keluarnya ya jurus jenggut dan jambak :P, mungkin ada baiknya kita mencoba mana yang cocok dengan kesukaan, postur dan seterusnya. baru kita tentukan beladiri ini mau jadi apa.

ada yang belajar beladiri karena ingin bisa beladiri, tapi tidak sedikit yang menjadikan beladiri sebagai way of live.

tinggal bagaimana kitanya
Susulan Liliwatan | Sulaya tina panyangka
visit my Blogs - www.nagapasa.multiply.com

Antara

  • Moderator
  • Pendekar Madya
  • **
  • Thank You
  • -Given: 28
  • -Receive: 29
  • Posts: 1.168
  • Reputation: 110
  • Malu bertanya tinggal pake GPS...
Re: tolong jawab donk
« Reply #11 on: 14/01/2008 15:58 »
Apa alasan saya belajar beladiri?

Waduh, kalau harus menjawab pakai filsafat segala terus terang saya nyerah.
Jawaban saya sederhana saja: suka ....

Sama seperti pelukis suka melukis dan penari suka menari. Bukan mencari uang
atau jadi selebriti. Semata-mata panggilan hati.

Kalau ditinggal rasanya rindu, hati berbunga kala bertemu.

Gerak dan jurus bukan jadi ilmu kelahi, mereka adalah ungkapan hati.

Ya cuma begitu itu, nggak ada yang susah-susah... maaf
Fairy tales don't tell children that dragons are real...
Children always know that dragons are real...
Fairy tales only tell that dragons can be slain...

simpay

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 192
  • Reputation: 5
Re: tolong jawab donk
« Reply #12 on: 20/01/2008 11:35 »
Klw saya belajar Silat karena Hoby n juga kebetulan orang tua saya juga Hoby silat juga,jangankan melihat langsung gerakan2nya....baru mendengar suara kendang Penca aja Darah saya terasa mendidih.\
Disamping itu Penca Silat merupakan warisan Budaya dari leluhur kita,jadi sudah merupakan kewajiban kita untuk melestarikannya,bahkan lebih bagus lagi kalau kita bisa meningkatkan harkat dan martabat warisan yg kita punya ini dimata Dunia...amiinnn...

salam
Simpay

HartCone

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 733
  • Reputation: 38
    • Martial Arts Forever
Re: tolong jawab donk
« Reply #13 on: 02/02/2008 08:02 »
Jumpa lagi Mas Red Hawk....
gimana kabarnyah nehh?? harapannyah selalu sehat dan banyak rejeki...

mau ikutan jawab, tapi kalau salah tolong benerin deh...  ::)

Tentunya setiap orang punya alasan yang berbeda-beda, ketika saya tanyakan ke beberapa temen, jawabnya kadan ada yang lucu dan konyol. misalnyah: gara-gara maen game trus pengen seperti Howarang (teken), ada yang menjawab pengen seperti Sensei Seagal, kepincut beladiri gara-gara nonton Royce Gracie, pengen jadi pahlawan dll.

Hobby? emang bener hobby untuk menjadi yng tertinggi, ada kepuasan ketika memenangkan pertarungan, ada kepuasan dan rasa gagah ketika mengolah badan, 1000x pukulan, 1000x tendangan, keringat cape nomer sekian, yng penting klo sparring atau kompetisi paling no.1, dilihat banyak penggemar.

Cari sehat? lho cari sehat kok latihan Beladiri, cari sehat kok latihan TaiChi?? Senam Aerobik ada, Fitness Centre banyak, olahraga2 lain banyak banget, kenapa harus Beladiri yang diambil?

Pengen melestarikan budaya kuno? lha kok Kenjutsu n Iaijutsu yng dipilih? atau Pencak Silat?  kenapa ga jadi pemain Kabuki? atau pemain Karawitan dan Seni Tari? klo nonton pilem2 Samurai, uwahhh mantab banget apalagi klo Samurainyah menang, sekali tepas pake iai mantep banget... keren, hebat, pengen ah menjadi seperti Samurai, pegang pedang katana yang panjang.

Dulu pernah suatu ketika ditodong, kalung, dompet, bahkan sampai cincin kawin amblas!
kemudian menyesali diri, kenapa pecundang, pengen banget jotos tuh penodong, dendam banget ga mau jadi pecundang pengen jadi sang pemenang kalau ada penodongan lagi, hingga bisa bikin si penodong 'KO', trus dibawa ke kantor polisi, wehh hebat pahlawan!! super hero!! dipuji2 banyak orang bahkan sampai masuk koran.


Sosialisasi? pengen buang waktu luang dan lain-lain dan lain-lain lagi? Pada awal belajar martial art secara tidak kita sadari ada motif untuk menjadi “the invincible”. Entah itu yang awalnya cuma untuk beladiri, kesehatan. Tetap disitu keliatan kalau dia punya mimpi untuk tidak kalah dalam menyelamatkan dirinya dari kejahatan, atau dari penyakit. Semua tujuan orang belajar Beladiri adalah keinginan akan sesuatu yang lebih dari orang lain, karena Beladiri sendiri adalah suatu Seni untuk memaksimalkan apa yang ada pada diri manusia.

Beladiri terbentuk karena ego manusia, manusia yng tidak mau kalah dg alam, tidak mau kalah oleh sesama, adanyah Spiritual dalam Beladiri adalah untuk yang satu ini, dimana karena produk akhir dari Beladiri adalah sesuatu yng tidak baik kalau tidak dikendalikan, dan itu adalah satu level dg EGO MANUSIA yang memang hanya bisa dikendalikan oleh hal yang sifatnyah doktrin yng tidak terbantahkan, yaitu dari sisi spiritual, kesadaran akan hal yng tidak bisa dikalahkan oleh manusia, yaitu sang MAHA TUNGGAL YANG TAK TERKALAHKAN!

Adalah sesuatu tidak enak lho menyerah kalah begitu saja, harus ada sesuatu yng membuat itu manusia bisa ikhlas. Kalau ada yang suka komik Kenji, halaman terakhir seri 20, sambil menatap langit kakeknya bilang ke Kenji kalau inti dari beladiri adalah cinta, ya ini jawabanyah, tepat sekali kakek itu berkata demikian dg penuh arif bijaksananyah yaitu ingin Kenji tidak tersesat, dg apa yng dia punyah, sesuatu yng sangat berbahaya, suatu yang bisa mencelakakan orang lain, bahkan bisa membunuh.

Cinta adalah perasaan manusia yng paling rapuh, suatu keadaan yng sama dg keadaan menyerah atau takluk tetapi dengan ikhlas dalam penyerahan diri.

Spiritual dengan Cinta, hanya itu yng bisa menaklukkan Seni Beladiri. Setelah ego manusia itu dikalahkan oleh hal2 yng memang tidak bisa dikalahkan, akhirnyah ada kesadaran bahwa manusia itu sebenarnyah sangatlah amat terbatas... maka timbulah suatu pemikiran bijak yang akhirnyah bisa mengendalikan ego itu sendiri, hasilnya adalah Seni Beladiri menjadi sesuatu yang indah, bisa menghasilkan suatu Falsafah tentang kehidupan tersendiri dan banyak dijadikan “lifestyle” atau “gaya hidup” oleh manusia2 didalamnyah

Salam

hartcone
« Last Edit: 02/02/2008 08:05 by HartCone »

tholib

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 8
  • Reputation: 0
Re: tolong jawab donk [Bela Diri]
« Reply #14 on: 25/03/2008 21:24 »
salam,

Awal saya belajar silat karena dipaksa abah katanya "laki-laki harus bisa maen silat", akhirnya setelah sebulan-dua bulan latihan saya malah ketagihan belajar silat  :). Dikampung saya[kandangan - kalimantan] silat disebut dengan kuntau, dikampung itu setahu saya cuma ada satu guru silat dan beliau tidak menyebutkan nama silat yang beliau ajarkan, jadi kalau saya ditanya kamu aliran apa? saya gak bisa jawab.

 

Powered by EzPortal