+-

Video Silat


Shoutbox

30/12/2023 22:12 anaknaga: Mudik ke Forum ini.
Mampir dulu di penghujung 2023..
07/11/2021 17:43 santri kinasih: Holaaaaas
10/02/2021 10:29 anaknaga: Salam Silat..
Semoga Sadulur sekalian sehat semua di Masa Pandemi Covid-19. semoga olah raga dan rasa dapat meningkatkan daya tahan tubuh kita. hampur 5 tahun tidak ada yang memberikan komen disini.
23/12/2019 08:32 anaknaga: Tidak bisa masuk thread. dah lama tidak nengok perkembangan forum ini.
salam perguruan dan padepokan silat seluruh nusantara.
02/07/2019 18:01 Putra Petir: Akhirnya masuk jua... wkwkwk
13/12/2016 10:49 Taufan: Yuk ke Festival Kampung Silat Jampang 17-18 Desember 2016!!!
20/09/2016 16:45 Dolly Maylissa: kangen diskusi disini
View Shout History

Recent Topics

Berita Duka: Alamsyah bin H Mursyid Bustomi by luri
10/07/2022 09:14

PPS Betako Merpati Putih by acepilot
14/08/2020 10:06

Minta Do`a dan bimbingan para suhu dan sesepuh silat :D. SANDEKALA by zvprakozo
10/04/2019 18:34

On our book: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
13/03/2017 14:37

Siaran Radio ttg. Musik Pencak Silat di Stasiun "BR-Klassik / Musik der Welt" by Ilmu Padi
12/01/2017 16:19

Tentang buku kami: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
17/10/2016 20:27

Hoby Miara Jin by anaknaga
19/09/2016 04:50

TALKSHOW SILAT - Silat Untuk Kehidupan by luri
22/06/2016 08:11

Thi Khi I Beng by aki sija
17/08/2015 06:19

[BUKUTAMU] by devil
09/06/2015 21:51

Daftar Aliran dan Perguruan di Indonesia by devil
01/06/2015 14:01

SILAT BERDO'A SELAMAT by devil
01/06/2015 13:59

Persilatan Jurus Lima (Sabandar) by Marsudi Eko
14/05/2015 19:36

Kebugaran Merpati Putih by mpcrb
22/04/2015 16:16

PAWAI JAMBORE PENCAK 2015 by luri
20/04/2015 16:20

SilatIndonesia.Com

Author Topic: tolong jawab donk [Bela Diri]  (Read 23519 times)

Kohshen

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 23
  • Reputation: 1
    • IKS PROPATRIA UGM
Re: tolong jawab donk [Bela Diri]
« Reply #15 on: 26/03/2008 19:37 »
Saya ingin kuat,
bukan sekedar kuat dalam berkelahi,
tapi kuat sebagai manusia,
dan saya yakin,
beladiri adalah salah satu jalan yg pas buat saya.

awang baki

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 9
  • Reputation: 0
Re: tolong jawab donk [Bela Diri]
« Reply #16 on: 15/04/2008 12:47 »
Salam Pesilat.

bagi saya tujuan belajar dapat digarap mengikut peringkat kematangan;

Peringkat awal: Peringkat ini saya belum tahu apa itu silat, jadi belajar hanya ikut kawan dan ingin masuk kelompok orang silat.  ;D

Peringkat tengah: Setelah dipelajar sebahagian ilmu beladiri. Pergolakan jiwa menemukan beberapa tujuan, mau jadi juara persilatan, ingin jadi jurulatih, ingin cari teman wanita (cewek) dari persilatan yang sama (dapat anak perempuan Guru lebih rasa hebat..hehehe), Ingin ikut buat persembahan terbuka di beberapa tempat dengan kos percuma (yang kira-kira kalau gunakan wang sendiri pasti diluar kemampuan saya). Selain itu, agar dapat wang kejurulatihan untuk menampung belanja sekolah/pengajian  dsb..

Peringkat Matang: Belajar SENI UNTUK BERBAKTI KPD TUHAN DAN MANUSIA

Wallahu'alam. :)

pendekar

  • Guest
Re: tolong jawab donk [Bela Diri]
« Reply #17 on: 06/05/2008 00:11 »


Lalu, bagimana dengan saya yg tidak gemar beladiri? mengapa saya tidak suka beladiri?

one

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 3
  • -Receive: 24
  • Posts: 845
  • Reputation: 66
Re: tolong jawab donk [Bela Diri]
« Reply #18 on: 16/06/2008 23:00 »
gak gemar/suka bukan berarti gak bisa.....sebenernya semuanya udah kejawab :)

salam,

one

Aguswin

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 2
  • -Receive: 7
  • Posts: 407
  • Reputation: 34
    • Kelatnas Indonesia Perisai Diri
    • Email
  • Perguruan: Kelatnas Indonesia Perisai Diri
Re: tolong jawab donk [Bela Diri]
« Reply #19 on: 29/06/2008 18:27 »
gak gemar/suka bukan berarti gak bisa

Kalo saya kebalik, gemar/suka bukan berarti bisa. :D

pendekar

  • Guest
Re: tolong jawab donk [Bela Diri]
« Reply #20 on: 29/06/2008 20:30 »

gimana kalo nggak bisa dan nggak gemar???  :'(

DasaMan

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 681
  • Reputation: 31
    • Email
Re: tolong jawab donk [Bela Diri]
« Reply #21 on: 30/06/2008 14:32 »
Berarti lalu harus bertanya:

Sedang apa saya di sini?

Ini adalah langkah pertama transformasi hidup Anda untuk mencapai kebebasan finansial!

*lho, kok ada Kiyosaki lewat?*

Aguswin

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 2
  • -Receive: 7
  • Posts: 407
  • Reputation: 34
    • Kelatnas Indonesia Perisai Diri
    • Email
  • Perguruan: Kelatnas Indonesia Perisai Diri
Re: tolong jawab donk [Bela Diri]
« Reply #22 on: 30/06/2008 22:38 »
*lho, kok ada Kiyosaki lewat?*

... bukannya seharusnya Jaka Tarub ?

cakraningrat

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 14
  • Reputation: 1
    • Email
Re: tolong jawab donk [Bela Diri]
« Reply #23 on: 24/07/2008 18:40 »
saya mau nanya, apa sih tujuan kalian belajar bela diri?
kalau udah hebat, di jaman damai sekarang gak bisa.
mau buat jadi jagoan, orang mati masuk penjara.
mau buat apa?
yang punya alasan hanya untuk kesehatan ama buat ngebela diri aja, lebih baik jangan jawab yah.
saya mau jawaban yang lain.
tolong yang bener-bener paham beladiri pasti pernah dengar filosofi ini dari gurunya.

Salam...
Sembilan bulan sepuluh hari ( kurang lebih) kita bertapa dalam gua Garba ibu kita(kandungan), lahir cenger (jawa)....nangis artinya Hidup si bayi atas Kehendak Allah SWT, dari tidak bisa apa kita belajar GERAK dari mengerakan jari2 tangan, kaki,badan,lidah semuanya secara alami sampai umur sembilan bulan atau lebih si bayi yang sudah terlatih kekuatan tangan,kaki,badan, dari merangkak,rambatan,mbalik,dll akhirnya bisa berdiri dan berjalan semua sangat alami dan natural, sehingga tumbuh dewasa semua ini tidak terlepas dari Ridho Allah...Ingat ITU...!
Artinya kita sebagai mahluk tertingi ciptaan Allah sangatlah sempurna dibandingkan dengan mahkluk lainya, artinya tubuh dari ujung rambut hingga ujung kaki ini adalah PENBERIAN ALLAH ATAS DASAR ROHMAN ROHIMNYA Sebagai mahluk tertinggi kita diberi akal dan rasa yang menjadikan dasar laku kita dalam kehidupan ini, sehingga dari akal dan rasa timbulah sebua CIPTA hasil dari KARYA dan karya yang berdasarkan RASA.
SANGAT BANYAK YANG SUDAH DICIPTA OLEH MANUSIA SALAH SATUNYA SILAT ATAU PENCAK SILAT/ ILMU BELA DIRI.
NAH untuk apa kita belajar bela diri...? sangat banyak ragam jawaban dan semua benar, berdasarkan pemahaman masing2 di kita PPS KRIDA YUDHA SINALIKA (maaf saya sebut nama perguruan) tujuan dari belajar silat adalah
" LABUH ANAK PUTHU TURUN TEMURUN " artinya berjuang lahir dan batin untuk anak,cucu,turuntemurun(menjaga kelestarian manusia) kok bisa...?
Ingat diatas bahwa TUBUH/BADAN INI adalah FITRAH/TITIPAN ALLAH sebaiknya sebagai hamba-NYA kita wajib menjaga titipan ini untuk menjalani kehidupan yang sudah digariskan. dengan apa...? di Perguruan kami diajarkan..
bahwa menjaga tubuh raga danjiwa ini ada berbagai macam cara nya
1. makanan jiwa
   Yaitu Iman.iman pada Allah sebagi pencita muara dari segala muara bagi 
   mahluk dan hambanya,sehingga batin dan jiwa ini jadi isi tidak kosong.
2. Makanan Raga.tubuh
   -Yaitu dengan makan minum vitamin segalanya sudah dicukupi dari semua
   yang timubul dan ada didalam bumi.
   -untuk dapat memperoleh semua itu manusia haruslah BERGERAK/POLAH
   Tubuh ini bisa mendapat energi harus polah ,karena kita tidak mungkin makan hanya dengan membatin sudah kenyang atau hanya melihat kita sudah tidak haus.. bisa tapi itu menipu diri sendiri.artinya manusia harus bergerak untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.
dari berbagai gerakan manusia ini, PPS Krida Yudha Sinalika mencuba menyumbangkan sebuah gerak yang terukur terarah  yaitu gerak silat
dengan latiahan silat
1.raga menjadi kuat
  kuat menghadapi panas,dinginya cuaca, kotornya udara , kuat meng hadapi
  segala bahaya yang mengancam raga.tubuh Ini Yang merupakan pemberian Allah yang wajib kita jaga.
2.Batin menjadi kuat
  di silat kita diajari bagaimana menguatkan pikiran,jasmani dengan olah pernapasan,falsafah dan filosofi.
3.Mengobati diri sendiri
  di silat kita diajari tnggap terhadap perubahan yang terjadi dalam tubuh karena kita diajaro ilmu pengobatan.
4.dan banyak lagi lainya.

Jadi, Kita latihan silat untuk meneruskan kehidupan yang diberikan oleh Allah segagai wujud tanggung jawab kita terhadap anak cucu negara dan bangsa, dengan menjaga tubuh/raga ini tetap sehat kuat jasmani rohani.

mohon maaf kalau terlalu banyak bicara dan tidak berkenan, sayang forum ini masih terlalu sempit untuk mengartikan tujuan dari latihan bela diri..!
Salam...

si endon

  • Wajah Baru
  • *
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 1
  • Reputation: 0
    • Email
Re: tolong jawab donk [Bela Diri]
« Reply #24 on: 18/08/2008 06:44 »
waaaw... betul2 mendalam penjelasan dari mas dimas.
ini mas dimas adiknya mas goko itukah?
saya ga pernah belajar silat tapi saya pernah ke perguruan mas lalu jadi pengen belajar terutama filosofinya.
dulu waktu nganterin almarhum bondan kesana saya jadi supir tembaknya mas kris sama mba nita. masih inget saya mas?
maaf menyebut nama, takut mas dimas lupa sama saya.

dsbasuki

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 11
  • -Receive: 24
  • Posts: 528
  • Reputation: 56
    • Who? Me?
  • Perguruan: Kelatnas Indonesia PERISAI DIRI
Re: tolong jawab donk [Bela Diri]
« Reply #25 on: 18/08/2008 09:54 »
...sayang forum ini masih terlalu sempit untuk mengartikan tujuan dari latihan bela diri..!
Salam...
Nah... monggo diperlebar arti tujun dari latihan beladiri di forum ini, sehingga dapat menjadi lebih luas lagi, dan tentu saja lebih bermanfaat bagi kita semua.

Salam...

one

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 3
  • -Receive: 24
  • Posts: 845
  • Reputation: 66
Re: tolong jawab donk [Bela Diri]
« Reply #26 on: 20/08/2008 01:06 »
iya mas....monggo diperluas, karena siapa tahu tulisan anda bisa membantu (misalnya yang mo bikin skripsi...)

salam,

one

Dodol Buluk

  • Moderator
  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 1.081
  • Reputation: 25
  • Alone but never lonely
    • Email
Re: tolong jawab donk [Bela Diri]
« Reply #27 on: 20/08/2008 08:24 »
he eh..nyook deh di bongkar inpormasinye...masak ngejelasin setengah-setengah...kayak ngejelasin bentuk gunung dari kejauhan..pas deket ehh...salah semue..hehehhe

D'Boels
"Jangan pernah bilang kagak kalo kagak pernah bilang jangan"

Jali Jengki

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 2
  • Posts: 828
  • Reputation: 44
  • Love Pencak Silat, Proud to be Indonesian
Re: tolong jawab donk [Bela Diri]
« Reply #28 on: 20/08/2008 12:35 »
Heu..euh...dijelasin deh...biar gak jadi fatamorgana, seperti nyang dibilang Bang Debul..dari jauh keliatan bentuk gunung, pas dideketin...ada Kang Sarkem lagi nandur... [lucu]

Tabek daaah...Jali
Kullu Nafsin Zaaiqatul MAUT

hidup

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 532
  • Reputation: 17
  • Hanya Ingin Daur Ulang Pisaneuy
    • Email
Re: tolong jawab donk [Bela Diri]
« Reply #29 on: 11/11/2008 10:54 »

Lalu, bagimana dengan saya yg tidak gemar beladiri? mengapa saya tidak suka beladiri?


Kalo nggak suka kenapa jadi PENDEKAR? [lucu]
Habis Manis, Sepah Masih Bisa Diklamuti
(The Philosophy of Recycle)

 

Powered by EzPortal