+-

Video Silat


perisai diri performance, Jambore pencak silat
Silek Kumango
SABENI jalan bang Jaka.1
Silat Golok Seliwa 2
Tayangan Pencak Silat di TV Perancis
HQ Hikayat Betawi Beksi Kreo Selatan #1
Video Ibing Kacapi Suling Maenpo Badewa
Jurus Bandrong - Jawa Barat
Gulat Madura, Akeket Macanan ala Cakra-V

Shoutbox

13/12/2016 10:49 Taufan: Yuk ke Festival Kampung Silat Jampang 17-18 Desember 2016!!!
20/09/2016 16:45 Dolly Maylissa: kangen diskusi disini
11/02/2016 15:58 Taufan: Alhamdulillah SS sudah ON lagi ;-)
07/01/2016 10:00 luri: wa 'alaikumussalam
04/01/2016 20:21 May Lee: Assalamu 'alaikum
30/03/2015 14:06 initial_d: Sepi amat ya bang, pada kemane nih penghuninya....
20/10/2014 15:28 kunderemp: Ya.. om Taufan.. Tanggal 11 lalu saya masih di tengah hutan di Bakan.
View Shout History

Recent Topics

Minta Do`a dan bimbingan para suhu dan sesepuh silat :D. SANDEKALA by zvprakozo
10/04/2019 18:34

PPS Betako Merpati Putih by acepilot
18/10/2018 17:03

On our book: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
13/03/2017 14:37

Siaran Radio ttg. Musik Pencak Silat di Stasiun "BR-Klassik / Musik der Welt" by Ilmu Padi
12/01/2017 16:19

Tentang buku kami: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
17/10/2016 20:27

Hoby Miara Jin by anaknaga
19/09/2016 04:50

TALKSHOW SILAT - Silat Untuk Kehidupan by luri
22/06/2016 08:11

Thi Khi I Beng by aki sija
17/08/2015 06:19

[BUKUTAMU] by devil
09/06/2015 21:51

Daftar Aliran dan Perguruan di Indonesia by devil
01/06/2015 14:01

SILAT BERDO'A SELAMAT by devil
01/06/2015 13:59

Persilatan Jurus Lima (Sabandar) by Marsudi Eko
14/05/2015 19:36

Kebugaran Merpati Putih by mpcrb
22/04/2015 16:16

PAWAI JAMBORE PENCAK 2015 by luri
20/04/2015 16:20

ALM. Kong Nur ( BEKSI Kampung Sawah) by initial_d
30/03/2015 14:02

SilatIndonesia.Com

Author Topic: tolong jawab donk [Bela Diri]  (Read 17845 times)

anolles

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 4
  • Posts: 248
  • Reputation: 9
    • Email
Re: tolong jawab donk [Bela Diri]
« Reply #45 on: 23/10/2009 07:35 »
 [[tsnyakemana]]

pertanyaan aneh buat seseorang bersinggungan ma silat.....

bener kate bang hud.... buat lestariin budaya bangsa ya kecuali kalo kite semua ga punya budaya... mendingan idup aja di utan sendirian n liat aja tingkah laku satwa liar buat survive.... ga usah belajar budaya dan melestarikannya.

apapun yang kite pelajari ga ada hubungannya sama sekali ma waktu.... coz carilah ilmu sampe keliang lahat.... toh jaman nabi muhamad aja beliau memerintahkan kepada para orang tua buat ngajarin anaknya berenang.... nah lo emang di gurun ada laut ato sungai.......  :w :w :w

jadi kalo ada pertanyaan kaya gini.. tanyain aja ma sumbernya kenapa mereka nemuin ilmu silat?? hehehe  [[peace2]]
kisah sedih kidung sundayana

RebelGym

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 2
  • Reputation: 0
    • Email
Re: tolong jawab donk [Bela Diri]
« Reply #46 on: 20/11/2009 11:19 »
Salam Kenal bwt semua, saya member baru disini, agak sedikit tergoda sama pertanyaan diatas, Pernah ngga sih ada yg berpikiran bahwa beladiri itu adalah kegiatan asah otak ? saya sangat suka memecahkan masalah beladiri, seperti misalkan, bagaimana caranya terhindar dari arm bar ? di coba, di bahas, di pikir, betul2 murni mencari jawaban, karena satu pertanyaan bisa menghasilkan sejuta jawaban, jadi akhirnya berlatih bela diri sambil mengasah otak.

Hendro

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 39
  • Reputation: 2
Re: tolong jawab donk [Bela Diri]
« Reply #47 on: 22/11/2009 22:15 »
Saya belajar beladiri silat, untuk bisa menikmati gerakan2nya sambil sekaligus meresapi makna2 dibalik gerakan2 silat yang gemulai, luwes namun gagah. Dalam proses belajar silat itulah tantangannya untuk berpikir merenungkan konsep geraknya dan maksudnya. Jadi memang ada proses asah otak, sehingga pada situasi lapangannya otak kita sudah terasah.

Di satu sisi juga bisa berbangga dengan "mainan" punya bangsa sendiri, karena uniknya dan berbeda dengan mainan punya bangsa lain. Siapa tahu lagi jalan2 di luar negri terus ada yg tanya apa yang spesifik dari Indo, kita bisa keluarin silat kita.

Sebagai beladiri, dapat digunakan bukan hanya untuk kalau2 kepepet dan terpaksa membela-diri kalau ada yg niat jahat. Tapi juga coba bayangkan dalam kehidupan sehari2 dimana kadang kala kita harus dapat membela diri kita dari situasi yang memaksa untuk dapat menyelamatkan diri agar tidak celaka/cedera. Misal: terjatuh, terdorong, terserempet, tertabrak, ledakan, dll.

=========
BELAJAR SILAT BIAR SELAMAT

Dodol Buluk

  • Moderator
  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 1.081
  • Reputation: 25
  • Alone but never lonely
    • Email
Re: tolong jawab donk [Bela Diri]
« Reply #48 on: 23/11/2009 08:42 »
untuk semua member,

silakan dibabar semua alasan-alasan yang sejalan dengan kebaikan, mungkin sudut pandang dari si pesilat situasi,kondisi, hambatan dan lain sebagainya patut dimaklumi.


d'buls
"Jangan pernah bilang kagak kalo kagak pernah bilang jangan"

hummdee6

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 3
  • -Receive: 23
  • Posts: 365
  • Reputation: 33
    • Email
Re: tolong jawab donk [Bela Diri]
« Reply #49 on: 24/11/2009 15:38 »
Tergelitik ama pertanyaan ini TS.. saya mo coba jawab.

Awalnya seneng aja ngeliat orang lompat2an di film2 kungfu.
Pas agak gedean, kemana2 gak ngerasa aman .. krn mata sipit dan kulit putih kayak orang tionghoa. ketempat rawan sedikit, kena palak. Akhirnya pengen belajar beladiri. Tp badan ternyata ringkih, sedang beladiri yang ngetren itu terasa kasar .. padahal motto hidup : "I'm a lover not a fighter". Akhirnya gak ngerasa mampu untuk ikut beladiri yang seolah2 syaratnya fisik harus kuat.

Akhirnya hanya mampu memandang dari jauh beladiri .. spt punguk merindukan bulan. Sambil riset cari kesana kemari beladiri yang cocok ama kekuatan fisik sendiri.
lama2 krn iseng cari2 itu .. malah jadi hobi.
Dari kecil maunya belajar "silat kampoeng" (BACA:silat tradisional), tapi sampe sekarang blm tau tempat latihannya.

terakhir malah terdampar di CMA, secara tmn baek belajar Baji Quan aliran Huo dan Taichi Quan aliran Chen..sedikit banyak memahami konsep kungfu Neichia (kungfu internal), walau hanya tau .. tp gak bs praktek. dan pernah belajar kungfu thifan waktu kuliah dengan sangat cetek.

Sekarang .. setelah baca forum ini ... sdh banyak tau aliran2 silat tradisional. Malah sekarang bingung mau belajar yang mana .. maunya semuanya.
Pengen belajar silek harimau, kumango, tuo,dll (secara ortu orang minang jg)
Pgn belajar gerak gulung  (yang kedengarannya aneh bgt) ato Margaluyu Pusat (yang kyknya lengkap bgt).
Pgn belajar silat betawi kyk gerak rasa, cingkrik, sabeni, (yang ... hwahhh gak bs kasih komentar).
Ato silat bugis kek, silat kalimantan, bali, silat maluku, sumbawa.
Aduhhh .. banyak euy ... banyak maunya jadi bingung yang mana yang harus diduluin.

Sekarang ... I just love martial arts .. dont know why.

putradewa

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 71
  • Reputation: 0
Re: tolong jawab donk [Bela Diri]
« Reply #50 on: 06/12/2009 02:04 »
:D Dear all, salam kenal dan mohon bimbingannya. Aku putradewa, baru gabung ne. Aku suka beladiri, suka banget secara turunan masi bau - bau praktisi, dulu kagum saat liat orang latihan, ada yg salto, ada lagi tendangan tinggi, semuanya keliatan keren sambil ngebayangin aku jadi salah satu diantaranya. Akhirnya aku belajar dasar2 pukulan dan tendangan sambil nunggu janji di usia 7 tahun aku akan diajari jurus2nya. Aku sempet diajari juga dasar pukulan tenaga dalam namun beliat sudah tutup usia sebelum sampai waktunya aku belajar jurus. Sedih rasanya tapi aku tetap suka beladiri (Kun Tao), namun bayangan waktu latihan itu tidak bisa digantikan, dan aku tidak begitu berminat untuk belajar aliran atau jurus lainnya sampai sekarang ini. Aku masih melatih gerak dasar yg aku tau kecuali tenaga dalam karena berbahaya dan menganggapnya sebagai olah tubuh untuk jaga kesehatan. Tapi rasa suka itu tak pernah hilang. :o
Hobiku banyak, cita-citaku dikatakan juga tak ada gunanya. harus dilakukan, jadi aku asyik - asyik aja..Tapi ngomong - ngomong, kapan, ya aku jadi milyader....
ha...ha...ha.

edwardo

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 0
  • Posts: 45
  • Reputation: 2
    • Email
Re: tolong jawab donk [Bela Diri]
« Reply #51 on: 06/12/2009 16:40 »
 :o bela diri, wah ,,, susah juga ya... :w :w  menurut saya belajar beladiri adalah untuk lebih mengenal dan memahami diri, siapa kita, mau kemana kita, apa diri kita sebenarnya, dan mau jadi apa kita ??? x-)) x-)) x-))   jadi gerakan2, jurus2 yg kita latih adalah hanya ilustrasi dan tekhnik dari ilmu beladiri, spt chow-su dan kung-fu. Chowsu adalah ilmu pengetahuan ttg beladiri sementara kungfu adalah tekhnik dan ilustrasi dari ilmu beladiri tsb. Kl didaerah kita disebut dgn kata Pencak Silat. Dimana pencak merupakan tekhnik dan ilustrasi dari Silat >:( >:( >:( >:(
Setetes Jadikan Laut.. Sekepal Jadikan Gunung....
Alam Takambang Manjadi Guru.........

 

Powered by EzPortal