+-

Video Silat


Peragaan Jurus dan Gerak Cingkrik Goning
Liputan Maenpo Pancer Bumi Cikalong di Apa Kabar I
PERGURUAN PENCAK SILAT MUTIARA PANCA RASA
trailer silat performance, acara ultah fp2sti dan
ICE 2009, performance gerak gulung (aplikasi 2)
GGBD - senjata
Pencak Malioboro Festival - Ulin Sera (Mang Utay)
Silat Sabeni Tenabang dalam Hikayat Betawi #1
Proposal audio visual ESI (Ensiklopedia Silat Indo

Shoutbox

13/12/2016 10:49 Taufan: Yuk ke Festival Kampung Silat Jampang 17-18 Desember 2016!!!
20/09/2016 16:45 Dolly Maylissa: kangen diskusi disini
11/02/2016 15:58 Taufan: Alhamdulillah SS sudah ON lagi ;-)
07/01/2016 10:00 luri: wa 'alaikumussalam
04/01/2016 20:21 May Lee: Assalamu 'alaikum
30/03/2015 14:06 initial_d: Sepi amat ya bang, pada kemane nih penghuninya....
20/10/2014 15:28 kunderemp: Ya.. om Taufan.. Tanggal 11 lalu saya masih di tengah hutan di Bakan.
View Shout History

Recent Topics

PPS Betako Merpati Putih by acepilot
18/10/2018 17:03

On our book: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
13/03/2017 14:37

Siaran Radio ttg. Musik Pencak Silat di Stasiun "BR-Klassik / Musik der Welt" by Ilmu Padi
12/01/2017 16:19

Tentang buku kami: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
17/10/2016 20:27

Hoby Miara Jin by anaknaga
19/09/2016 04:50

TALKSHOW SILAT - Silat Untuk Kehidupan by luri
22/06/2016 08:11

Thi Khi I Beng by aki sija
17/08/2015 06:19

[BUKUTAMU] by devil
09/06/2015 21:51

Daftar Aliran dan Perguruan di Indonesia by devil
01/06/2015 14:01

SILAT BERDO'A SELAMAT by devil
01/06/2015 13:59

Persilatan Jurus Lima (Sabandar) by Marsudi Eko
14/05/2015 19:36

Kebugaran Merpati Putih by mpcrb
22/04/2015 16:16

PAWAI JAMBORE PENCAK 2015 by luri
20/04/2015 16:20

ALM. Kong Nur ( BEKSI Kampung Sawah) by initial_d
30/03/2015 14:02

maenpo Cikalong by aki sija
25/02/2015 22:01

SilatIndonesia.Com

Author Topic: [Komunitas] Membangun Pencak Silat Bersama  (Read 25032 times)

Nagapasa

  • Naga Pasa - Naga Pamanah Rasa
  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 8
  • Posts: 927
  • Reputation: 48
  • Paku Jagat Ingsun
    • Nagapasa Blogs
  • Perguruan: Suliwa 5 adegan Serong
Re: [Komunitas] Membangun Pencak Silat Bersama
« Reply #15 on: 12/11/2007 17:13 »
Setuju uda,

Acara wisata silat kemarin sudah sangat sukses, sudah waktunya kita naikkan speed dan oper gigi ke gigi 3
Susulan Liliwatan | Sulaya tina panyangka
visit my Blogs - www.nagapasa.multiply.com

one

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 3
  • -Receive: 24
  • Posts: 845
  • Reputation: 66
Re: [Komunitas] Membangun Pencak Silat Bersama
« Reply #16 on: 12/11/2007 20:50 »
udahlah uda langsung aja bilangin kalo kita dapet tugas berat ...biar semua ikutan bantu, jangan cuma di dunia maya aja .....;D.

oper gigi deh, jangan berharap besar kalau cuma berpikir kecil, jangan berharap besar kalo yang kerjain yang kecil-kecil.

saatnya berbuat lebih atuh...... ;D ;D ;D

salam,


one
Nb :...mas Java maksud yang dicatut itu apa Cingkrik? he he he, andaikan terjadi maka yang protes bukan komisi luar negeri, ya kalo gak masyarakat Rawa Belong ya PUTRA BETAWI atuh...itu mah kita udah bilangin kok, lha pak Eddie aja tau kok. Kalo nekat mah kebangetan ;D ;D ;D

pendekar

  • Guest
Re: [Komunitas] Membangun Pencak Silat Bersama
« Reply #17 on: 12/11/2007 22:08 »

Oke!!, Untuk program2 di FpST saya rasa tidak ada masalah, artinya harus jalan terus, disini yang perlu saya harapkan adalah kawan-kawan dari komunitas Online ini, apakah bisa sama dengan pemikiran yang telah di jabarkan panjang lebar di atas sana.

Dalam diskusi ini saya sengaja tidak mengkaitkan2 Fp2ST karena orang2nya jelas dan program maupun tujuannya juga jelas, yang belum jelas orang2nya khan ada di Komunitas online ini, oleh sebab itu. apakah komunitas ini hanya berfungsi untuk ngobrol saja, atau bisa kita tingkatkan ke jenjang yg lebih terfokus misalnya mendukung program yang di selenggarakan oleh Fp2St kelak.

sekian dan thank U

Nagapasa

  • Naga Pasa - Naga Pamanah Rasa
  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 8
  • Posts: 927
  • Reputation: 48
  • Paku Jagat Ingsun
    • Nagapasa Blogs
  • Perguruan: Suliwa 5 adegan Serong
Re: [Komunitas] Membangun Pencak Silat Bersama
« Reply #18 on: 13/11/2007 08:54 »
yang pasti yang ada di forum ini lebih cair-cair lagi dari pada FP2STI, engak ada keterikatan hanya karena ada kesamaan interest saja.

saya setuju dengan sahabat pendekar, meski engak perlu terlalu formal mendukung kegiatan pelestarian tetapi forum ini juga harus fokus. punya agenda kegiatan untuk mengakrabkan para anggotanya. ya salah satu contoh bisa dimulai dengan memberikan dukungan pada kegiatan pelestarian yang bentuknya misalnya mengikuti acara diskusi silat tradisional atau lain sebagainya.

membuat atribut juga boleh juga tuh, bikin kaos atau apapun yang sifatnya mempererat tali silaturahmi
Susulan Liliwatan | Sulaya tina panyangka
visit my Blogs - www.nagapasa.multiply.com

Java

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 647
  • Reputation: 48
Re: [Komunitas] Membangun Pencak Silat Bersama
« Reply #19 on: 13/11/2007 09:14 »
Buat semua sahabat pecinta silat,
Apapun keputusan moderator & member komunitas online demi kemajuan pencak silat akan kita dukung.

Kita berangkat dengan niat yang bersih. Meski legalitas formal tidak/ belum terbentuk hendaknya sumbangsih komunitas pencak silat online sudah saatnya diwujudkan secara nyata.

Tetap semangat.

Elang

  • Guest
Re: [Komunitas] Membangun Pencak Silat Bersama
« Reply #20 on: 13/11/2007 11:33 »
Yang penting jangan sampe dech ada egoisme perguruan disini, biar lebih nyantai...:)

ery

  • Moderator
  • Anggota Tetap
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 5
  • Posts: 126
  • Reputation: 31
Re: [Komunitas] Membangun Pencak Silat Bersama
« Reply #21 on: 13/11/2007 14:01 »

Terus terang acara Wisata Silat kemarin sangat berkesan untuk saya. Naik bus enak, makan enak, tidur..... jarang hehehe.

Kapan lagi bisa berwisata bersama segudang pendekar (bayangkan saja sendiri, itu Bus isinya ada banyak banget guru silat mulai dari Babe Ali Sabeni, Pak Bambang Cingkrik, Pak Bambang Margaluyu, Kong Salim Paseban, Babe Nani Gerak Saka, Pak O'ong dll), diskusi, begadang, nonton atraksi, bercanda dll... buat seorang penggemar seni bela diri, wisata seperti itu benar-benar tiada duanya

Apapun program sahabat silat sekalian di masa mendatang, insya Allah saya dukung semampunya dengan segala keterbatasan yg ada.

tetap semangat!
ery
Lifetime Student of Martial Art

simpay

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 192
  • Reputation: 5
Re: [Komunitas] Membangun Pencak Silat Bersama
« Reply #22 on: 02/12/2007 00:55 »

Oke!!, Untuk program2 di FpST saya rasa tidak ada masalah, artinya harus jalan terus, disini yang perlu saya harapkan adalah kawan-kawan dari komunitas Online ini, apakah bisa sama dengan pemikiran yang telah di jabarkan panjang lebar di atas sana.

Dalam diskusi ini saya sengaja tidak mengkaitkan2 Fp2ST karena orang2nya jelas dan program maupun tujuannya juga jelas, yang belum jelas orang2nya khan ada di Komunitas online ini, oleh sebab itu. apakah komunitas ini hanya berfungsi untuk ngobrol saja, atau bisa kita tingkatkan ke jenjang yg lebih terfokus misalnya mendukung program yang di selenggarakan oleh Fp2St kelak.

sekian dan thank U

setuju kang Pendekar..... [top] [top]...Simpay siap mendukung... ;D [top]

Elang

  • Guest
Re: [Komunitas] Membangun Pencak Silat Bersama
« Reply #23 on: 13/12/2007 16:18 »
@ mas Pendekar,

Kalau toh ada kekawatiran dari organisasi Pencak Silat yg sudah ada maupun sebagian Perguruan Silat yg fanatik terhadap dirinya sendiri, hal tersebut tidak perlu dipikirkan sama sekali. Akan jauh lebih bermanfaat Komunitas Pencak Silat Online mulai menggagas ide-ide riil untuk dilaksanakan di masyarakat demi makin tumbuhnya Pencak Silat yang berkualitas.


Mas Java

Saya sangat setuju dengan pendapatnya yang sangat brilian, dari sini saya bisa menangkap anda bukanlah pesilat biasa. mengenai pembasan di atas ini saya menilai bahwa saat ini fanatik sama perguruan memang masih dan sangat dibutuhkan akan tetapi yang perlu di ingat adalah jangan sampai fanatik ini membuat pikirannya mati.

Karena sdh banyak contoh perguruan yang mati-matian membela namanya dengan cara2 yang kurang bermoral misalnya tawuran dengan perguruan lain contohnya. padahal ini adalah unjuk fisik semata dan yang lebih berbahaya menurut saya adalah Doktrin atau bahaya pemikiran untuk membuat pesilat gila fanatik. karena dengan begitu semua informasi mengenai pencak silat hanya satu arah dari perguruannya saja.

Contoh yang mudah cobalah anda main2 ke milis sebuah perguruan, pancinglah dengan tema yang berbau silat lain, aroma ketidak sukaan akan nampak disana. jadi kesimpulan saya bahwa fanatik sih boleh2 saja, akan tetapi tetap dalam norma yang tepat.


sedyaleksana

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 17
  • -Receive: 7
  • Posts: 417
  • Reputation: 43
    • PD Germany & Swiss
  • Perguruan: Perisai Diri
Re: [Komunitas] Membangun Pencak Silat Bersama
« Reply #24 on: 13/12/2007 20:25 »
Mas Java, bang Dreamcore GRP buat anda berdua [top],
kefanatikan memang perlu supaya perguruan kita juga berkembang, tapi akal sehat tetap harus digunakan, dan yg lebih penting lagi, suara hati nurani harus di dengarkan.
Hidup Silat
Salam
Chandrasa

aircadas

  • Guest
Re: [Komunitas] Membangun Pencak Silat Bersama
« Reply #25 on: 13/12/2007 23:16 »

Yang dibahas kok hanya FP2ST, disini khan kita ngomongin komunitas silat, baik yang Online maupun yang Offline. komunitas di Indonesia tidak hanya FP2St saja, kalaupun iya apakah FP2St bisa mampu memberikan rasa percaya kepada masyarakat silat bahwa FP2ST mampu tetap cair. apakah ada tujuan lain dalam membentuk forum ini, bila saya amati bahwa forum sahabatsilat.com ini memang komunitas online yang sifatnya mungkin lebih cair.

Java

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 647
  • Reputation: 48
Re: [Komunitas] Membangun Pencak Silat Bersama
« Reply #26 on: 14/12/2007 11:50 »
Saya sangat setuju dengan pendapatnya yang sangat brilian, dari sini saya bisa menangkap anda bukanlah pesilat biasa.

Salam silat
Compliment bang Yanweka terlalu tinggi, ide saya wajar saja karena banyak yg memiliki pemikiran sama bahkan lebih baik. Sayapun hanya pesilat biasa seperti pecinta bela diri di forum ini. Dalam persepsi kita silat bukanlah sebatas hobi maupun aktivitas paruh waktu. Silat lebih merupakan panggilan jiwa.

.......sdh banyak contoh perguruan yang mati-matian membela namanya dengan cara2 yang kurang bermoral misalnya tawuran dengan perguruan lain
..........  semua informasi mengenai pencak silat hanya satu arah dari perguruannya saja.

Saya beruntung dilatih dan dididik dalam perguruan yg memiliki nuansa filosofi moral dan komitmen menghormati sesama mahluk Tuhan.

Contoh yang mudah cobalah anda main2 ke milis sebuah perguruan, pancinglah dengan tema yang berbau silat lain, aroma ketidak sukaan akan nampak disana.

Maaf..terhadap ini kita sedikit beda persepsi. Cukup banyak perguruan silat yang bisa memahami perbedaan dan mensikapi dengan bijak.

....jadi kesimpulan saya bahwa fanatik sih boleh2 saja, akan tetapi tetap dalam norma yang tepat.

Sebagai Muslim yg masih belajar, saya tidak menemukan satu ayat pun di Al Qur'an yg mengharuskan seorang muslim "HARUS" fanatik.

Di Qur'an saya hanya menjumpai ayat yang menyatakan: ....jadilah orang beriman yang sholeh (waduh...surat dan ayat nya lupa) :'(

Dari berita yang saya baca & lihat di media, fanatisme lebih merupakan atribut yg dilekatkan pada orang/ sekelompok orang yg cenderung "menentang" keinginan pihak oposisi.

Hemat saya. seorang pesilat tidak perlu untuk fanatik terhadap perguruannya.
Konsep yang perlu dihayati oleh pesilat atau praktisi bela diri adalah; komit dan rasional.

Wah kebanyakan jual kecap nih, jadi tengsin.

Tetap semangat.  [top]















Sebagai


Taufan

  • Moderator
  • Calon Pendekar
  • **
  • Thank You
  • -Given: 6
  • -Receive: 27
  • Posts: 506
  • Reputation: 76
    • Email
  • Perguruan: Bandarkarima
Re: [Komunitas] Membangun Pencak Silat Bersama
« Reply #27 on: 31/12/2007 16:44 »
Assalamu 'alaikum wr.wb.

Sahabat2 Moderator & FP2STI, apa nih agenda kegiatan untuk tahun 2008?

Selamat Tahun Baru 2008 untuk sahabat silat semua!

Wassalam,
TP

Ranggalana

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 1
  • Posts: 652
  • Reputation: 81
  • sastra jendra hyu ning rad pangruwating diyu
    • Email
Re: [Komunitas] Membangun Pencak Silat Bersama
« Reply #28 on: 31/12/2007 21:32 »
...membuat atribut juga boleh juga tuh, bikin kaos atau apapun yang sifatnya mempererat tali silaturahmi

Saya usul agar foto Ki Ageng Soerodiwirdjo ini (http://sahabatsilat.com/forum/index.php?action=gallery;sa=view;id=146) dijadikan kaos sahabat silat. Mungkin latar belakangnya dihapus agar Ki Agengnya lebih menonjol. Karena perjuangan dan wawasannya, beliau secara langsung maupun tidak langsung merupakan Eyang kita semua. Selain itu ada pihak cucunya langsung yang sering tawuran. Kita perlu tunjukkan bahwa pesilat sekaliber Eyang Soero itu milik bangsa seluruhnya jadi gak bisa dipake rebutan. Kalau cucunya pada tawuran yang malu juga bukan hanya kadang sekampung tetapi wajah bangsa ini tercoreng. Karena itu saya usul agar kita sosialisasikan bahwa beliau adalah milik bangsa, kalau perlu diusulken jadi pahlawan nasional.

Dan komunitas sahabat online ini harus bisa dikerahkan untuk berdaya dan berguna di kehidupan nyata.

Selamat tahun baru semoga sejahtera dan bahagia...

Ranggalana.
batu kali jadi candi, duka jadi puisi, jagal jadi wali

Java

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 647
  • Reputation: 48
Re: [Komunitas] Membangun Pencak Silat Bersama
« Reply #29 on: 03/01/2008 12:07 »
Dan komunitas sahabat online ini harus bisa dikerahkan untuk berdaya dan berguna di kehidupan nyata.
Bagus. Setuju usul kangmas Bram.

Selain itu ada pihak cucunya langsung yang sering tawuran. Kita perlu tunjukkan bahwa pesilat sekaliber Eyang Soero itu milik bangsa seluruhnya jadi gak bisa dipake rebutan.
Supaya kondisi ayem tentrem para sesepuhnya harus mau islah. Kalau enggak, ya gak janji perdamaian bisa terwujud. ;D

 

Powered by EzPortal