+-

Video Silat


Shoutbox

10/02/2021 10:29 anaknaga: Salam Silat..
Semoga Sadulur sekalian sehat semua di Masa Pandemi Covid-19. semoga olah raga dan rasa dapat meningkatkan daya tahan tubuh kita. hampur 5 tahun tidak ada yang memberikan komen disini.
23/12/2019 08:32 anaknaga: Tidak bisa masuk thread. dah lama tidak nengok perkembangan forum ini.
salam perguruan dan padepokan silat seluruh nusantara.
02/07/2019 18:01 Putra Petir: Akhirnya masuk jua... wkwkwk
13/12/2016 10:49 Taufan: Yuk ke Festival Kampung Silat Jampang 17-18 Desember 2016!!!
20/09/2016 16:45 Dolly Maylissa: kangen diskusi disini
11/02/2016 15:58 Taufan: Alhamdulillah SS sudah ON lagi ;-)
07/01/2016 10:00 luri: wa 'alaikumussalam
View Shout History

Recent Topics

PPS Betako Merpati Putih by acepilot
14/08/2020 10:06

Minta Do`a dan bimbingan para suhu dan sesepuh silat :D. SANDEKALA by zvprakozo
10/04/2019 18:34

On our book: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
13/03/2017 14:37

Siaran Radio ttg. Musik Pencak Silat di Stasiun "BR-Klassik / Musik der Welt" by Ilmu Padi
12/01/2017 16:19

Tentang buku kami: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
17/10/2016 20:27

Hoby Miara Jin by anaknaga
19/09/2016 04:50

TALKSHOW SILAT - Silat Untuk Kehidupan by luri
22/06/2016 08:11

Thi Khi I Beng by aki sija
17/08/2015 06:19

[BUKUTAMU] by devil
09/06/2015 21:51

Daftar Aliran dan Perguruan di Indonesia by devil
01/06/2015 14:01

SILAT BERDO'A SELAMAT by devil
01/06/2015 13:59

Persilatan Jurus Lima (Sabandar) by Marsudi Eko
14/05/2015 19:36

Kebugaran Merpati Putih by mpcrb
22/04/2015 16:16

PAWAI JAMBORE PENCAK 2015 by luri
20/04/2015 16:20

ALM. Kong Nur ( BEKSI Kampung Sawah) by initial_d
30/03/2015 14:02

SilatIndonesia.Com

Author Topic: [Komunitas] Membangun Pencak Silat Bersama  (Read 27496 times)

pendekar

  • Guest
[Komunitas] Membangun Pencak Silat Bersama
« on: 10/11/2007 12:48 »
Mungkin satu-satunya organisasi terbesar saat ini adalah Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI), Organisasi ini memiliki perwakilan hingga lebih dari 33 daerah di Indonesia. IPSI mewadahi pula organisasi tingkat perguruan baik yang kecil, menengah hingga yang besar, wajarlah IPSI adalah satu-satunya organisasi yang sangat penting bagi perkembangan pencak silat di Tanah Air.

Maju dan mundurnya pencak silat ternyata juga di pengaruhi oleh factor SDM atau sumber daya manusianya, baik dalam perguruan hingga kepengurusan organisasi IPSI daerah hingga tingkat Pusat. Hal ini sangat perlu membangun kualitas SDM di segala bidang yang nyatanya memang sangat berpengaruh terhadap perkembangan pencak silat di Tanah Air.

Lalu bagaimana dengan Komunitas Pencak Silat Online yang dibangun melalui jaringan internet, komunitas ini memang belum memberikan karya nyata yang banyak, akan tetapi riak-riak kegiatannya sudahlah sedikit banyak memberikan gambaran terhadap komunitas ini.

Dari manakan orang-orang komunitas ini datang, begitulah pertanyaan yang amat simple namun cukup mengelitik kita semua. Bila kita telusuri banyak sekali pesilat yang ternyata aktif pula di dunia maya, mereka berasal dari beragam latar belakang baik dari pencak silat, peneliti, mantan atlit, pengusaha, hingga mahasiswa.

Andikan kekutan ini di fokuskan dalam misi mengembangkan pencak silat melalui media online, maka hasilnya pasti akan luar biasa, hal ini sdh terlihat dari kegiatan yang pernah dilakukan. Dan bukan isapan jempol bila kelak komunitas ini dapat maju membangun pencak silat.

Dari lahirnya komunitas ini setidaknya IPSI sebagai salah satu dan satu-satunya organisasi tersebesar saat ini, seharunya dapat mengayomi mereka, membimbing mereka dan janganlah komunitas ini di posisikan sebagai versus ( pesaing) karena jelas komunitas ini bukalah sebagai pesaing IPSI, malah kalau mau bisa dikatakan bahwa komunitas ini mendukung kegiatan yang dilakukan IPSI khususnya dalam mengembangkan dan memasyarakatkan pencak silat sebagai salah satu olahraga yang memiliki citra rasa tinggi dan patut di cintai.

Bukan lantaran komunitas ini tidak memiliki permasalah, permasalahan yang ada adalah Sumber Daya Manusialah yang menyebabkan permasalahan yang sama, bedanya adalah kalau di Komunitas setiap anggota haruslah orang-orang yang memiliki kepedulian, kecintaan, keiklasan, yang harus tinggi, karena semua yang dilakukan di sana tidak menuntut bayaran atau penghargaan apapun. Karena itulah semangat sebagai anggota komunitas pencak silat.

Bila kami telaah lebih jauh, memang masih banyak dan mungkin paling banyak adalah pesilat – pesilat yang berasal dari perguruan-perguruan yang memiliki loyalitas tinggi terhadap perguruannya, dan menyebabkan merekapun berfikir bahwa bergabung dengan salah satu komunitas pencak silat artinya ia telah menghianati perguruannya, Waw, begitukah!!!

Perlu sekali dijelaskan bahwa Komunitas pencak silat Online bukanlah perguruan, disini dibutuhkan orang-orang yang peduli dengan pencak silat secara umum, jadi bukanlah berfikiran samata-mata kerana perguruannya. Mereka harus mampu bergual satu sama lain dengan terbuka dan mampu beradaptasi dengan mudah, hal inilah yang kadang masih sulit diberlakukan oleh sebagian pesilat yang gila sama perguruannya, seolah-olah bila ikut kegiatan lain ia menjadi anak durhaka, seperti inikah dunia pencak silat Indonesia. Padahal kita semestinya  boleh mencintai perguruan kita, namun rasa kecintaan terhadap perguruan ini pun akan tercermin dari bagaimana sikap seorang pesilat mencintai pencak silat itu sendiri.

Dan kinilah saatnya pesilat Indonesia khususnya membuka mata dan wawasannya, bahwa tenaga2 anda tidak hanya dibutuhkan oleh perguruan anda semata, tapi juga oleh dunia pencak silat, siapapun yang berani bergabung dengan komunitas pencak silat dan mampu bekerjasama membangun pencak silat, dialah pesilat sejati, karena saat ini kita butuh pesilat yang memiliki kualitas yang baik dan bermutu tinggi, dan guru-guru kita jaman dahulu seperti Raden Ibrahim ( pendiri aliran cikalong) pasti bangga melihat pesilat yang memiliki wawasan yang luas, karena menjadi sakti saja tidaklah cukup.

Ada tanggapan, silahkan saja bos!!! 8)
« Last Edit: 10/11/2007 19:50 by pendekar »

Java

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 647
  • Reputation: 48
Re: [Komunitas] Membangun Pencak Silat Bersama
« Reply #1 on: 12/11/2007 09:46 »
@ mas Pendekar,

Salam silat,

Keberadaan Komunitas Pencak Silat Online akan lebih baik tanpa bentuk formal maupun menginduk pada organisasi Pencak Silat yang sudah ada. Biarkanlah Komunitas Pencak Silat dunia maya ini tetap idependen dan berjalan alamiah.

Kalau toh ada kekawatiran dari organisasi Pencak Silat yg sudah ada maupun sebagian Perguruan Silat yg fanatik terhadap dirinya sendiri, hal tersebut tidak perlu dipikirkan sama sekali. Akan jauh lebih bermanfaat Komunitas Pencak Silat Online mulai menggagas ide-ide riil untuk dilaksanakan di masyarakat demi makin tumbuhnya Pencak Silat yang berkualitas.

Ada beberapa keunggulan yang dimiliki Komunitas Pencak Silat Online adalah: Intelligence, Information dan Technology. Itulah sebabnya Komunitas Pencak Silat Online tidak perlu pusing memikirkan pendapat negatif orang-orang yang berpikir sempit. Dengan keunggulan tersebut Komunitas bebas mengembangkan eksistensinya sesuai dengan keinginan para anggota.

Memang benar bahwa sebagian besar para Pakar Pencak Silat belum banyak terlibat dalam aktifitas Komunitas Pencak Silat Online, namun sebagian besar beliau-beliau sangat mendukung keberadaan Komunitas Online. Hal itu disebabkan kesadaran para Pakar Pencak Silat bahwa tehnologi modern telah mampu memfasilitasi komunikasi antar benua dalam hitungan detik. Suka atau tidak hal itu tidak bisa dicegah oleh siapapun.

Meski demikian Komunitas Online hendaklah tetap berpedoman pada kaidah-kaidah luhur Pencak Silat dalam menyebarkan bela diri asli Indonesia tersebut kepelosok dunia.

Semoga Komunitas Pencak Silat Online terus berkembang dan mampu menyumbangkan karya-karya positif yang nyata terhadap Pencak Silat.

Tetap semangat.


Nagapasa

  • Naga Pasa - Naga Pamanah Rasa
  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 8
  • Posts: 927
  • Reputation: 48
  • Paku Jagat Ingsun
    • Nagapasa Blogs
  • Perguruan: Suliwa 5 adegan Serong
Re: [Komunitas] Membangun Pencak Silat Bersama
« Reply #2 on: 12/11/2007 10:31 »
Kembali ke Community,

Fenomena keberadaan kominitas semakin menarik untuk kita pelajari, komintas biasanya didasari oleh kesamaan visi dan tujuan.

Ini sudah  terbukti dari kegiatan wisata silat kemarin yang sangat luar biasa, termasuk secara tidak sengaja melibatkan banyak pihak termasuk media bahkan presiden persilat sendiri ikut hadir pada acara ini. Ini tidak mungkin terjadi tanpa kekuatan dari komunitas 'The Power of community'

nah dalam beberapa hal komunitas menjadi barometer sesuatu hal, termasuk bagaimana sekarang vendor memanjakan dan selalu menjadi relasi dengan komunitas penggunanya (lihat komunitas motor, mobil dan lain sebagainya)

nah saya masih percaya bahwa 'wishdom of crowd' akan sangat mempengaruhi keputusan pihak berwenang. bukannya tidak mungkin sahabatsilat akan menjadi barometer komunitas pencak silat indonesia bahkan dunia.

nah sebagai media alternatif bagi para pengamat beladiri khususnya silat. sahabatsilat.com dan silatindonesia.com bisa memberikan kontibusi dan bargain position bagi semua pihak khususnya dalam pelestarian silat tradisional indonesia

Susulan Liliwatan | Sulaya tina panyangka
visit my Blogs - www.nagapasa.multiply.com

one

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 3
  • -Receive: 24
  • Posts: 845
  • Reputation: 66
Re: [Komunitas] Membangun Pencak Silat Bersama
« Reply #3 on: 12/11/2007 11:47 »
ah, kang Naga Pasa mah suka kejauhan deh, kalo diayomi maka musti dilindungi, kalo minta dilindungi ntar malah makin jauh eh dibiayai, kalo udah gitu kan kenapa gak sekalian aja masuk IPSI? ;D ;D ;D

kalo nurut saya mah mendingan tetep aja mengalir kayak gini, lagian kita gak mungkin jadi saingan IPSI lah, kalo kita terlampau dekat gimana kita bisa kritis? toh yang diperluin sekarang adalah keberanian mengkritik untuk kebaikan pencak silat kita juga (orang saya dekat koordinator FP2ST aja malah suka gak enak kalo bilang nyisir rambut beliau jangan dibelah tengah.... ;D apalagi ngritik yang udah taraf nasional).

kekuatan komunitas sebenarnya tak hanya dari SDM, tapi informalnya komunitas ini dalam tiap kegiatan. hingga tiap "tugas" masing-masing  tak terasa berat, bahkan di sini tak ada mantan juara dunia, tak ada tingkatan, tak ada senioritas, tak ada dokter....(tapi pasien yang banyak [lucu]), hingga semua dikerjakan dengan senang hati (tapi ada juga sih yang gerutu kayak ane... ;D ;D). jadi tak salah mas Ery bikin motto sahabat silat (padahal saya bukan sobatnya ;D ;D ;D)

mendingan kerjain apa yang bisa dikerjain, kalau salah benerin, kalo bener terusin. Just that alias mung sakitu

sedikit berbuat lebih baik daripada tidak sama sekali.

salam


one

Nagapasa

  • Naga Pasa - Naga Pamanah Rasa
  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 8
  • Posts: 927
  • Reputation: 48
  • Paku Jagat Ingsun
    • Nagapasa Blogs
  • Perguruan: Suliwa 5 adegan Serong
Re: [Komunitas] Membangun Pencak Silat Bersama
« Reply #4 on: 12/11/2007 13:40 »
maaf kang One kalau dianggap kejauhan,

tapi sebenarnya ini udah dekat kok, jaman sekarang ini kekuatan komunitas sudah sangat di perhitungkan. makanya kita harus tetap bersemangat mengembangkan komunitas pencinta silat tradisional ini tetap cair dan menjadi acuan di dunia maya ini.

nah ini semua sebenarnya tidak ada artinya tanpa usaha usaha yang sifatnya nyata. ngomong doang di forum sama milis engak ada artinya kalau tidak dibarengi dengan kegiatan offline yang menunjang. makanya bentuk kegiatan seperti festival silat bisa menjadi salah satu trigger untuk membangun kesadaran akan pelestarian pencak silat.

Masalah SDM memang perlu ada planning untuk memasyarakatkan silat di indonesia, kalau gabung sama IPSI ? enggak ah nanti kita engak independen dan  kita engak bisa kritis lagi, mendingan bikin Milis dan forum khusus IPSI aja deh.

kalau boleh usul mendingan jadi LSM aja :P
Susulan Liliwatan | Sulaya tina panyangka
visit my Blogs - www.nagapasa.multiply.com

Java

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 647
  • Reputation: 48
Re: [Komunitas] Membangun Pencak Silat Bersama
« Reply #5 on: 12/11/2007 13:52 »
@ kang Nagapasa,
Enakan forum ini tetap seperti sekarang. Tak ada bentuk formal.
Seperti sampeyan bilang; forum tetap cair.

Tanpa maksud berprasangka negatif, kalau komunitas pecinta silat tradisional diformat jadi LSM nantinya malah mengundang pihak tertentu untuk dijadiin proyek....

one

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 3
  • -Receive: 24
  • Posts: 845
  • Reputation: 66
Re: [Komunitas] Membangun Pencak Silat Bersama
« Reply #6 on: 12/11/2007 13:55 »
cair ..he he he ;D kayak kopi aja.

udahlah, kalo jadi ada proyek...asal jangan cap nuhun alias proyek makasih mah tak apa kan itung-itung tambahan masukan ::)

salam,

one

Nagapasa

  • Naga Pasa - Naga Pamanah Rasa
  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 8
  • Posts: 927
  • Reputation: 48
  • Paku Jagat Ingsun
    • Nagapasa Blogs
  • Perguruan: Suliwa 5 adegan Serong
Re: [Komunitas] Membangun Pencak Silat Bersama
« Reply #7 on: 12/11/2007 14:07 »
kalau jadi proyek ya bagus, buat mensejahterakan para guru silat kita di kampung...

sekalian melestarikan silat tradisional
Susulan Liliwatan | Sulaya tina panyangka
visit my Blogs - www.nagapasa.multiply.com

Java

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 647
  • Reputation: 48
Re: [Komunitas] Membangun Pencak Silat Bersama
« Reply #8 on: 12/11/2007 14:10 »
Fulusnya bagus, cuma konsekuensinya mungkin gak enak.
Misal proyek untuk mendukung calon gubernur, walikota, atau presiden.
Wah bisa kisruh persaudaraan kita atuh. :'(

pendekar

  • Guest
Re: [Komunitas] Membangun Pencak Silat Bersama
« Reply #9 on: 12/11/2007 14:16 »

Mohon maaf, mungkin tulisan saya di atas agak membuat anda salah tangkap, disini yang saya maksud komunitas adalah komunitas silat itu sendiri. sehingga tidak disamakan dengan FP2ST yang sdh ada.

Jadi iniloh yang dimaksud dengan komunitas itu, yaitu komunitas Online yang saat ini kita lakukan. :)

parewa

  • Administrator
  • Calon Pendekar
  • *****
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 6
  • Posts: 601
  • Reputation: 50
Re: [Komunitas] Membangun Pencak Silat Bersama
« Reply #10 on: 12/11/2007 14:31 »
memang betul boss pendekar.... komunitas online secara general....

Tetapi sebagai komunitas online silat yg paling rame untuk saat ini, tentunya ada pelajaran yg bisa kita ambil dari SilatIndonesia.com group beserta para tokoh yg berada dibelakangnya....... :w

Monggo dilanjutin...... ane juga pengen menyampaikan pendapat..... tapi tunggu dulu deh dari yg laennya..... 8)

Santai dulu ah....... [bath]


Java

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 647
  • Reputation: 48
Re: [Komunitas] Membangun Pencak Silat Bersama
« Reply #11 on: 12/11/2007 14:32 »
Buat kita-kita yg getol online gak ribet soal nama kok. Apakah itu FP2STI atau Komunitas Pencak Silat Online, yang penting kita bisa saling dialog & berbagi pengetahuan demi majunya Pencak Silat Indonesia.

Tapi kalau memang dua komunitas tsb tidak boleh disatukan (?) karena satu dan lain hal ya gak apa-apa. Toh pelopor Komunitas Pencak Silat Online juga para perintis FP2STI.

Tetap semangat.

Nagapasa

  • Naga Pasa - Naga Pamanah Rasa
  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 8
  • Posts: 927
  • Reputation: 48
  • Paku Jagat Ingsun
    • Nagapasa Blogs
  • Perguruan: Suliwa 5 adegan Serong
Re: [Komunitas] Membangun Pencak Silat Bersama
« Reply #12 on: 12/11/2007 14:54 »
Fulusnya bagus, cuma konsekuensinya mungkin gak enak.
Misal proyek untuk mendukung calon gubernur, walikota, atau presiden.
Wah bisa kisruh persaudaraan kita atuh. :'(

wah kalau proyek kayak gitu mah engak deh  :-\

tujuannya kan pelestarian. yang paling penting gimana caranya forum kita bisa menjadi barometer informasi silat di dunia maya.
Susulan Liliwatan | Sulaya tina panyangka
visit my Blogs - www.nagapasa.multiply.com

Java

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 647
  • Reputation: 48
Re: [Komunitas] Membangun Pencak Silat Bersama
« Reply #13 on: 12/11/2007 15:26 »
He...he....he....begitu tau Komunitas Pencak SIlat bisa "diobyekin" untuk kepentingan cagub, cawal, capres, kang Nagapasa langsung alergi.

Gimana sebagai langkah awal kontribusi nyata Komunitas PS Online ini mematenkan nama Silat Tradisional (entah Cingkrik, Syahbandar, Cimande, Cikalong, CIkaret, dll). Tentunya satu-satu dulu gak bisa bareng-bareng, ntar kegedean ongkosnya.

Soal biaya kita patungan rame-rame dah. Siapa aja yg peduli pada Pencak Silat Indonesia boleh jadi donatur.

Bukan apa-apa, nama itu penting karena menyangkut jati diri dan identitas yg sangat mungkin dicatut "orang yg tdk berhak", sementara kita cuma bisa gigit jari.

Sekedar sharing, ada organisasi silat di luar negeri yg namanya sebagian mirip nama Perguruan Silat di Indonesia. Karena PS di Indonesia sudah mematenkan nama perguruannya maka komisi hubungan luar negerinya mengirim surat ke organisasi silat di luar negeri untuk minta klarifikasi. Walhasil, organisasi di luar negeri memberi klarifikasi sejelasnya soal nama yg mirip PS di Indonesia.

Contoh lain adalah nama PS tsb juga pernah dipakai sebagai alat promosi barang-barang merchandises seperti, T shirt, topi, gelas tanpa ijin yg berhak.
Lagi-lagi komisi hubungan luar negerinya mengirim surat protes kepada lembaga yg menggunakan logo dan nama PS tanpa hak tsb.

Dua ilustrasi itu benar-benar menimpa Perguruan Silat Indonesia. Orang-orang yg tidak tahu diri seenak perutnya memakai ikon-ikon budaya Indonesia tanpa malu untuk kepentingan perutnya sendiri.

Btw, komisi hubungan luar negeri PS yg namanya di catut di luar negeri itu juga jadi member forum ini lho.     

parewa

  • Administrator
  • Calon Pendekar
  • *****
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 6
  • Posts: 601
  • Reputation: 50
Re: [Komunitas] Membangun Pencak Silat Bersama
« Reply #14 on: 12/11/2007 16:43 »
yang paling penting gimana caranya forum kita bisa menjadi barometer informasi silat di dunia maya.

kalu cuman mau jadi barometer, dg aktifitas di website, milis dan forum diskusi aja sih kayaknya cukup... pertanyaannya, apakah cuman maunya sampai disitu aja...

Kalau bener2 ingin melestarikan silat, dimana silat betul2 berkembang secara intrinsik, tanpa pemaksanaan dari pemerintah maupun pihak2 lain, perlu usaha2 lain yg lebih nyata.

Coba kita lihat aktifitas FP2STI, disamping di dunia maya, ada juga pelatihan2 dan diskusi2 bulanan. Kalau kita perhatikan secara jernih, ibaratnya mesin mobil, dg kegiatan2 seperti itu, itu sih masih gigi 1 ......  :w Bunyi mesin kenceng tapi jalannya gak bisa jauh2...... [lucu]

Agar bisa jalan lebih kenceng, harus ada kegiatan2 dalam bentuk nyata. Menurut pendapat ane, wisata silat kemaren udah berhasil membawa mesin pelestarian silat masuk ke gigi 2, krn kegiatan yg kita lakukan itu berhasil menggugah berbagai kalangan di Cianjur untuk lebih proaktif mengembangkan silat (padahal salah satu moto Kab. Cianjur adalah Maenpo....  :'(), terbukti dg Bapak Wakil Bupati sekarang ikutan rajin berlatih maenpo dan mengajak segala jajarannya berlatih maenpo.

Tapi kita kan gak hanya puas jalan dg gigi 2 toh.... Nah gimana caranya...? Tak lain dan tak bukan kita harus membuat kegiatan2 lain dalam skala yg lebih luas. Dan ujung2nya ada 2 persoalan: SDM dan DUIT....  :'(

Kita bahas satu persatu ...... Yg paling seru adalah duit, so kita mulai dari yg satu ini.

Dengan hanya aktifitas di dunia maya, dana yg dibutuhkan sangat minim. Tapi kalau udah mulai masuk ke dunia nyata, perlu doku yg tidak sedikit. Contohnya aja diskusi bulanan, meskipun kecil tp tetap butuh uang. Kalau yg didiskusikan hanya dg mengundang guru2 silat dari daerah Jakarta dan sekitarnya, patungan berame2 juga udah cukup (meskipun kadang2 seret juga...  [lucu]). Tetapi gmn dg silat2 yg berasal dari Sumatera, Bugis, Lombok, Kalimantan.....?? Kita pernah kedatangan tamu dari Silek Kumango, Batusangkar. Sewaktu mereka menawarkan ide ini, untuk bilang iya aja waktu itu ane berat banget ngomongnya, ane ngeri memikirkan ongkos mereka ke Jakarta. Alhamdulillah, rombongan Silek Kumango datang berkunjung ke Jakarta dibiayai oleh Bapak Bupati Kab. Tanah Datar. Dan acara diskusi Silek Kumango tsb merupakan acara diskusi bulanan kita yg paling rame pesertanya.

Wisata silat beberapa bulan yg lalu, sempat tertunda juga krn masalah dana. Lagi2 kita dapat penyelamat yg bersedia mengucurkan uang untuk acara tersebut. Kalau enggak mana mungkin boss, jalan2 ke Cianjur naik bus AC, makan 3 kali sehari termasuk penginapan sederhana plus menikmati demo silat dari para Sesepuh Maenpo, cukup dg menyetor Rp 50 rb.......  :w

Gimana dengan kegiatan2 besar lainnya...? Pasti dananya juga besar..... Nah masalah pendanaan ini juga setidaknya punya dua persoalan, pertama penyandang dana, kedua siapa yg akan menerima dana. Taroklah misalnya kita mendapatkan penyandang dana yg sehati dg kita, punya idealisme dan bla bla bla lainnya..... Terus, uang itu diserahkan ke siapa? Bagaimana pertanggungjawabannya? Apa bisa uang tersebut diserahkan ke komunitas online yg enggak ada bentuk hukumnya, cair dan begitu deh pokoknya........   =)))

Mengenai penyandang dana, ini persoalan pelik, tapi menurut ane masih bisa diatasi. Selama kita punya program yg punya nilai komersial bagi si penyandang dana, kayaknya ada harapan untuk mendapatkannya. Tapi ingat, semua imbal balas harus dalam bentuk komersial... bukan bertentangan dg idealisme pelestarian dan pengembangan pencak silat..... Nah dari komunitas dunia maya yg well educated & creative ini kita cari dan susun program2 yg punya nilai jual ke kalangan bisnis tapi tetap berpegang kepada nilai2 yg kita pegang teguh... (caile... 8)). Kalau yg dijual cuman idealisme........ aura kita beda mas.....  [pant]

Ada yg bilang, kalo ada duit, masalah SDM bisa kita atasi.....  ::) Pendapat ane.... siapa bilang boss.....  :w
Justru kalau uang udah di depan mata, idealisme bisa luntur.....  :w Dan SDM yg tetap eling dan waspodo meskipun duit bejibun di depan mata.... ini yg enggak mudah dicari..... Tapi ane yakin.... kalangan komunitas online yg bergabung di SahabatSilat.com ini semuanya orang2 yg memegang teguh nilai2 yg di sementara kalangan telah ditinggalkan......  [top] so no problem toh soal SDM....  ::) [band]

Cukup segitu aja deh dulu, sorry ngejablak sekali2 boleh ya.... [run]

Tetap Semangat.....
« Last Edit: 12/11/2007 16:47 by parewa »

 

Powered by EzPortal