Forum Sahabat Silat

Bahasa Indonesia => Silat Diskusi Umum => Topic started by: pendekar on 10/11/2007 12:48

Title: [Komunitas] Membangun Pencak Silat Bersama
Post by: pendekar on 10/11/2007 12:48
Mungkin satu-satunya organisasi terbesar saat ini adalah Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI), Organisasi ini memiliki perwakilan hingga lebih dari 33 daerah di Indonesia. IPSI mewadahi pula organisasi tingkat perguruan baik yang kecil, menengah hingga yang besar, wajarlah IPSI adalah satu-satunya organisasi yang sangat penting bagi perkembangan pencak silat di Tanah Air.

Maju dan mundurnya pencak silat ternyata juga di pengaruhi oleh factor SDM atau sumber daya manusianya, baik dalam perguruan hingga kepengurusan organisasi IPSI daerah hingga tingkat Pusat. Hal ini sangat perlu membangun kualitas SDM di segala bidang yang nyatanya memang sangat berpengaruh terhadap perkembangan pencak silat di Tanah Air.

Lalu bagaimana dengan Komunitas Pencak Silat Online yang dibangun melalui jaringan internet, komunitas ini memang belum memberikan karya nyata yang banyak, akan tetapi riak-riak kegiatannya sudahlah sedikit banyak memberikan gambaran terhadap komunitas ini.

Dari manakan orang-orang komunitas ini datang, begitulah pertanyaan yang amat simple namun cukup mengelitik kita semua. Bila kita telusuri banyak sekali pesilat yang ternyata aktif pula di dunia maya, mereka berasal dari beragam latar belakang baik dari pencak silat, peneliti, mantan atlit, pengusaha, hingga mahasiswa.

Andikan kekutan ini di fokuskan dalam misi mengembangkan pencak silat melalui media online, maka hasilnya pasti akan luar biasa, hal ini sdh terlihat dari kegiatan yang pernah dilakukan. Dan bukan isapan jempol bila kelak komunitas ini dapat maju membangun pencak silat.

Dari lahirnya komunitas ini setidaknya IPSI sebagai salah satu dan satu-satunya organisasi tersebesar saat ini, seharunya dapat mengayomi mereka, membimbing mereka dan janganlah komunitas ini di posisikan sebagai versus ( pesaing) karena jelas komunitas ini bukalah sebagai pesaing IPSI, malah kalau mau bisa dikatakan bahwa komunitas ini mendukung kegiatan yang dilakukan IPSI khususnya dalam mengembangkan dan memasyarakatkan pencak silat sebagai salah satu olahraga yang memiliki citra rasa tinggi dan patut di cintai.

Bukan lantaran komunitas ini tidak memiliki permasalah, permasalahan yang ada adalah Sumber Daya Manusialah yang menyebabkan permasalahan yang sama, bedanya adalah kalau di Komunitas setiap anggota haruslah orang-orang yang memiliki kepedulian, kecintaan, keiklasan, yang harus tinggi, karena semua yang dilakukan di sana tidak menuntut bayaran atau penghargaan apapun. Karena itulah semangat sebagai anggota komunitas pencak silat.

Bila kami telaah lebih jauh, memang masih banyak dan mungkin paling banyak adalah pesilat – pesilat yang berasal dari perguruan-perguruan yang memiliki loyalitas tinggi terhadap perguruannya, dan menyebabkan merekapun berfikir bahwa bergabung dengan salah satu komunitas pencak silat artinya ia telah menghianati perguruannya, Waw, begitukah!!!

Perlu sekali dijelaskan bahwa Komunitas pencak silat Online bukanlah perguruan, disini dibutuhkan orang-orang yang peduli dengan pencak silat secara umum, jadi bukanlah berfikiran samata-mata kerana perguruannya. Mereka harus mampu bergual satu sama lain dengan terbuka dan mampu beradaptasi dengan mudah, hal inilah yang kadang masih sulit diberlakukan oleh sebagian pesilat yang gila sama perguruannya, seolah-olah bila ikut kegiatan lain ia menjadi anak durhaka, seperti inikah dunia pencak silat Indonesia. Padahal kita semestinya  boleh mencintai perguruan kita, namun rasa kecintaan terhadap perguruan ini pun akan tercermin dari bagaimana sikap seorang pesilat mencintai pencak silat itu sendiri.

Dan kinilah saatnya pesilat Indonesia khususnya membuka mata dan wawasannya, bahwa tenaga2 anda tidak hanya dibutuhkan oleh perguruan anda semata, tapi juga oleh dunia pencak silat, siapapun yang berani bergabung dengan komunitas pencak silat dan mampu bekerjasama membangun pencak silat, dialah pesilat sejati, karena saat ini kita butuh pesilat yang memiliki kualitas yang baik dan bermutu tinggi, dan guru-guru kita jaman dahulu seperti Raden Ibrahim ( pendiri aliran cikalong) pasti bangga melihat pesilat yang memiliki wawasan yang luas, karena menjadi sakti saja tidaklah cukup.

Ada tanggapan, silahkan saja bos!!! 8)
Title: Re: [Komunitas] Membangun Pencak Silat Bersama
Post by: Java on 12/11/2007 09:46
@ mas Pendekar,

Salam silat,

Keberadaan Komunitas Pencak Silat Online akan lebih baik tanpa bentuk formal maupun menginduk pada organisasi Pencak Silat yang sudah ada. Biarkanlah Komunitas Pencak Silat dunia maya ini tetap idependen dan berjalan alamiah.

Kalau toh ada kekawatiran dari organisasi Pencak Silat yg sudah ada maupun sebagian Perguruan Silat yg fanatik terhadap dirinya sendiri, hal tersebut tidak perlu dipikirkan sama sekali. Akan jauh lebih bermanfaat Komunitas Pencak Silat Online mulai menggagas ide-ide riil untuk dilaksanakan di masyarakat demi makin tumbuhnya Pencak Silat yang berkualitas.

Ada beberapa keunggulan yang dimiliki Komunitas Pencak Silat Online adalah: Intelligence, Information dan Technology. Itulah sebabnya Komunitas Pencak Silat Online tidak perlu pusing memikirkan pendapat negatif orang-orang yang berpikir sempit. Dengan keunggulan tersebut Komunitas bebas mengembangkan eksistensinya sesuai dengan keinginan para anggota.

Memang benar bahwa sebagian besar para Pakar Pencak Silat belum banyak terlibat dalam aktifitas Komunitas Pencak Silat Online, namun sebagian besar beliau-beliau sangat mendukung keberadaan Komunitas Online. Hal itu disebabkan kesadaran para Pakar Pencak Silat bahwa tehnologi modern telah mampu memfasilitasi komunikasi antar benua dalam hitungan detik. Suka atau tidak hal itu tidak bisa dicegah oleh siapapun.

Meski demikian Komunitas Online hendaklah tetap berpedoman pada kaidah-kaidah luhur Pencak Silat dalam menyebarkan bela diri asli Indonesia tersebut kepelosok dunia.

Semoga Komunitas Pencak Silat Online terus berkembang dan mampu menyumbangkan karya-karya positif yang nyata terhadap Pencak Silat.

Tetap semangat.

Title: Re: [Komunitas] Membangun Pencak Silat Bersama
Post by: Nagapasa on 12/11/2007 10:31
Kembali ke Community,

Fenomena keberadaan kominitas semakin menarik untuk kita pelajari, komintas biasanya didasari oleh kesamaan visi dan tujuan.

Ini sudah  terbukti dari kegiatan wisata silat kemarin yang sangat luar biasa, termasuk secara tidak sengaja melibatkan banyak pihak termasuk media bahkan presiden persilat sendiri ikut hadir pada acara ini. Ini tidak mungkin terjadi tanpa kekuatan dari komunitas 'The Power of community'

nah dalam beberapa hal komunitas menjadi barometer sesuatu hal, termasuk bagaimana sekarang vendor memanjakan dan selalu menjadi relasi dengan komunitas penggunanya (lihat komunitas motor, mobil dan lain sebagainya)

nah saya masih percaya bahwa 'wishdom of crowd' akan sangat mempengaruhi keputusan pihak berwenang. bukannya tidak mungkin sahabatsilat akan menjadi barometer komunitas pencak silat indonesia bahkan dunia.

nah sebagai media alternatif bagi para pengamat beladiri khususnya silat. sahabatsilat.com dan silatindonesia.com bisa memberikan kontibusi dan bargain position bagi semua pihak khususnya dalam pelestarian silat tradisional indonesia

Title: Re: [Komunitas] Membangun Pencak Silat Bersama
Post by: one on 12/11/2007 11:47
ah, kang Naga Pasa mah suka kejauhan deh, kalo diayomi maka musti dilindungi, kalo minta dilindungi ntar malah makin jauh eh dibiayai, kalo udah gitu kan kenapa gak sekalian aja masuk IPSI? ;D ;D ;D

kalo nurut saya mah mendingan tetep aja mengalir kayak gini, lagian kita gak mungkin jadi saingan IPSI lah, kalo kita terlampau dekat gimana kita bisa kritis? toh yang diperluin sekarang adalah keberanian mengkritik untuk kebaikan pencak silat kita juga (orang saya dekat koordinator FP2ST aja malah suka gak enak kalo bilang nyisir rambut beliau jangan dibelah tengah.... ;D apalagi ngritik yang udah taraf nasional).

kekuatan komunitas sebenarnya tak hanya dari SDM, tapi informalnya komunitas ini dalam tiap kegiatan. hingga tiap "tugas" masing-masing  tak terasa berat, bahkan di sini tak ada mantan juara dunia, tak ada tingkatan, tak ada senioritas, tak ada dokter....(tapi pasien yang banyak [lucu]), hingga semua dikerjakan dengan senang hati (tapi ada juga sih yang gerutu kayak ane... ;D ;D). jadi tak salah mas Ery bikin motto sahabat silat (padahal saya bukan sobatnya ;D ;D ;D)

mendingan kerjain apa yang bisa dikerjain, kalau salah benerin, kalo bener terusin. Just that alias mung sakitu

sedikit berbuat lebih baik daripada tidak sama sekali.

salam


one
Title: Re: [Komunitas] Membangun Pencak Silat Bersama
Post by: Nagapasa on 12/11/2007 13:40
maaf kang One kalau dianggap kejauhan,

tapi sebenarnya ini udah dekat kok, jaman sekarang ini kekuatan komunitas sudah sangat di perhitungkan. makanya kita harus tetap bersemangat mengembangkan komunitas pencinta silat tradisional ini tetap cair dan menjadi acuan di dunia maya ini.

nah ini semua sebenarnya tidak ada artinya tanpa usaha usaha yang sifatnya nyata. ngomong doang di forum sama milis engak ada artinya kalau tidak dibarengi dengan kegiatan offline yang menunjang. makanya bentuk kegiatan seperti festival silat bisa menjadi salah satu trigger untuk membangun kesadaran akan pelestarian pencak silat.

Masalah SDM memang perlu ada planning untuk memasyarakatkan silat di indonesia, kalau gabung sama IPSI ? enggak ah nanti kita engak independen dan  kita engak bisa kritis lagi, mendingan bikin Milis dan forum khusus IPSI aja deh.

kalau boleh usul mendingan jadi LSM aja :P
Title: Re: [Komunitas] Membangun Pencak Silat Bersama
Post by: Java on 12/11/2007 13:52
@ kang Nagapasa,
Enakan forum ini tetap seperti sekarang. Tak ada bentuk formal.
Seperti sampeyan bilang; forum tetap cair.

Tanpa maksud berprasangka negatif, kalau komunitas pecinta silat tradisional diformat jadi LSM nantinya malah mengundang pihak tertentu untuk dijadiin proyek....
Title: Re: [Komunitas] Membangun Pencak Silat Bersama
Post by: one on 12/11/2007 13:55
cair ..he he he ;D kayak kopi aja.

udahlah, kalo jadi ada proyek...asal jangan cap nuhun alias proyek makasih mah tak apa kan itung-itung tambahan masukan ::)

salam,

one
Title: Re: [Komunitas] Membangun Pencak Silat Bersama
Post by: Nagapasa on 12/11/2007 14:07
kalau jadi proyek ya bagus, buat mensejahterakan para guru silat kita di kampung...

sekalian melestarikan silat tradisional
Title: Re: [Komunitas] Membangun Pencak Silat Bersama
Post by: Java on 12/11/2007 14:10
Fulusnya bagus, cuma konsekuensinya mungkin gak enak.
Misal proyek untuk mendukung calon gubernur, walikota, atau presiden.
Wah bisa kisruh persaudaraan kita atuh. :'(
Title: Re: [Komunitas] Membangun Pencak Silat Bersama
Post by: pendekar on 12/11/2007 14:16

Mohon maaf, mungkin tulisan saya di atas agak membuat anda salah tangkap, disini yang saya maksud komunitas adalah komunitas silat itu sendiri. sehingga tidak disamakan dengan FP2ST yang sdh ada.

Jadi iniloh yang dimaksud dengan komunitas itu, yaitu komunitas Online yang saat ini kita lakukan. :)
Title: Re: [Komunitas] Membangun Pencak Silat Bersama
Post by: parewa on 12/11/2007 14:31
memang betul boss pendekar.... komunitas online secara general....

Tetapi sebagai komunitas online silat yg paling rame untuk saat ini, tentunya ada pelajaran yg bisa kita ambil dari SilatIndonesia.com group beserta para tokoh yg berada dibelakangnya....... :w

Monggo dilanjutin...... ane juga pengen menyampaikan pendapat..... tapi tunggu dulu deh dari yg laennya..... 8)

Santai dulu ah....... [bath]

Title: Re: [Komunitas] Membangun Pencak Silat Bersama
Post by: Java on 12/11/2007 14:32
Buat kita-kita yg getol online gak ribet soal nama kok. Apakah itu FP2STI atau Komunitas Pencak Silat Online, yang penting kita bisa saling dialog & berbagi pengetahuan demi majunya Pencak Silat Indonesia.

Tapi kalau memang dua komunitas tsb tidak boleh disatukan (?) karena satu dan lain hal ya gak apa-apa. Toh pelopor Komunitas Pencak Silat Online juga para perintis FP2STI.

Tetap semangat.
Title: Re: [Komunitas] Membangun Pencak Silat Bersama
Post by: Nagapasa on 12/11/2007 14:54
Fulusnya bagus, cuma konsekuensinya mungkin gak enak.
Misal proyek untuk mendukung calon gubernur, walikota, atau presiden.
Wah bisa kisruh persaudaraan kita atuh. :'(

wah kalau proyek kayak gitu mah engak deh  :-\

tujuannya kan pelestarian. yang paling penting gimana caranya forum kita bisa menjadi barometer informasi silat di dunia maya.
Title: Re: [Komunitas] Membangun Pencak Silat Bersama
Post by: Java on 12/11/2007 15:26
He...he....he....begitu tau Komunitas Pencak SIlat bisa "diobyekin" untuk kepentingan cagub, cawal, capres, kang Nagapasa langsung alergi.

Gimana sebagai langkah awal kontribusi nyata Komunitas PS Online ini mematenkan nama Silat Tradisional (entah Cingkrik, Syahbandar, Cimande, Cikalong, CIkaret, dll). Tentunya satu-satu dulu gak bisa bareng-bareng, ntar kegedean ongkosnya.

Soal biaya kita patungan rame-rame dah. Siapa aja yg peduli pada Pencak Silat Indonesia boleh jadi donatur.

Bukan apa-apa, nama itu penting karena menyangkut jati diri dan identitas yg sangat mungkin dicatut "orang yg tdk berhak", sementara kita cuma bisa gigit jari.

Sekedar sharing, ada organisasi silat di luar negeri yg namanya sebagian mirip nama Perguruan Silat di Indonesia. Karena PS di Indonesia sudah mematenkan nama perguruannya maka komisi hubungan luar negerinya mengirim surat ke organisasi silat di luar negeri untuk minta klarifikasi. Walhasil, organisasi di luar negeri memberi klarifikasi sejelasnya soal nama yg mirip PS di Indonesia.

Contoh lain adalah nama PS tsb juga pernah dipakai sebagai alat promosi barang-barang merchandises seperti, T shirt, topi, gelas tanpa ijin yg berhak.
Lagi-lagi komisi hubungan luar negerinya mengirim surat protes kepada lembaga yg menggunakan logo dan nama PS tanpa hak tsb.

Dua ilustrasi itu benar-benar menimpa Perguruan Silat Indonesia. Orang-orang yg tidak tahu diri seenak perutnya memakai ikon-ikon budaya Indonesia tanpa malu untuk kepentingan perutnya sendiri.

Btw, komisi hubungan luar negeri PS yg namanya di catut di luar negeri itu juga jadi member forum ini lho.     
Title: Re: [Komunitas] Membangun Pencak Silat Bersama
Post by: parewa on 12/11/2007 16:43
yang paling penting gimana caranya forum kita bisa menjadi barometer informasi silat di dunia maya.

kalu cuman mau jadi barometer, dg aktifitas di website, milis dan forum diskusi aja sih kayaknya cukup... pertanyaannya, apakah cuman maunya sampai disitu aja...

Kalau bener2 ingin melestarikan silat, dimana silat betul2 berkembang secara intrinsik, tanpa pemaksanaan dari pemerintah maupun pihak2 lain, perlu usaha2 lain yg lebih nyata.

Coba kita lihat aktifitas FP2STI, disamping di dunia maya, ada juga pelatihan2 dan diskusi2 bulanan. Kalau kita perhatikan secara jernih, ibaratnya mesin mobil, dg kegiatan2 seperti itu, itu sih masih gigi 1 ......  :w Bunyi mesin kenceng tapi jalannya gak bisa jauh2...... [lucu]

Agar bisa jalan lebih kenceng, harus ada kegiatan2 dalam bentuk nyata. Menurut pendapat ane, wisata silat kemaren udah berhasil membawa mesin pelestarian silat masuk ke gigi 2, krn kegiatan yg kita lakukan itu berhasil menggugah berbagai kalangan di Cianjur untuk lebih proaktif mengembangkan silat (padahal salah satu moto Kab. Cianjur adalah Maenpo....  :'(), terbukti dg Bapak Wakil Bupati sekarang ikutan rajin berlatih maenpo dan mengajak segala jajarannya berlatih maenpo.

Tapi kita kan gak hanya puas jalan dg gigi 2 toh.... Nah gimana caranya...? Tak lain dan tak bukan kita harus membuat kegiatan2 lain dalam skala yg lebih luas. Dan ujung2nya ada 2 persoalan: SDM dan DUIT....  :'(

Kita bahas satu persatu ...... Yg paling seru adalah duit, so kita mulai dari yg satu ini.

Dengan hanya aktifitas di dunia maya, dana yg dibutuhkan sangat minim. Tapi kalau udah mulai masuk ke dunia nyata, perlu doku yg tidak sedikit. Contohnya aja diskusi bulanan, meskipun kecil tp tetap butuh uang. Kalau yg didiskusikan hanya dg mengundang guru2 silat dari daerah Jakarta dan sekitarnya, patungan berame2 juga udah cukup (meskipun kadang2 seret juga...  [lucu]). Tetapi gmn dg silat2 yg berasal dari Sumatera, Bugis, Lombok, Kalimantan.....?? Kita pernah kedatangan tamu dari Silek Kumango, Batusangkar. Sewaktu mereka menawarkan ide ini, untuk bilang iya aja waktu itu ane berat banget ngomongnya, ane ngeri memikirkan ongkos mereka ke Jakarta. Alhamdulillah, rombongan Silek Kumango datang berkunjung ke Jakarta dibiayai oleh Bapak Bupati Kab. Tanah Datar. Dan acara diskusi Silek Kumango tsb merupakan acara diskusi bulanan kita yg paling rame pesertanya.

Wisata silat beberapa bulan yg lalu, sempat tertunda juga krn masalah dana. Lagi2 kita dapat penyelamat yg bersedia mengucurkan uang untuk acara tersebut. Kalau enggak mana mungkin boss, jalan2 ke Cianjur naik bus AC, makan 3 kali sehari termasuk penginapan sederhana plus menikmati demo silat dari para Sesepuh Maenpo, cukup dg menyetor Rp 50 rb.......  :w

Gimana dengan kegiatan2 besar lainnya...? Pasti dananya juga besar..... Nah masalah pendanaan ini juga setidaknya punya dua persoalan, pertama penyandang dana, kedua siapa yg akan menerima dana. Taroklah misalnya kita mendapatkan penyandang dana yg sehati dg kita, punya idealisme dan bla bla bla lainnya..... Terus, uang itu diserahkan ke siapa? Bagaimana pertanggungjawabannya? Apa bisa uang tersebut diserahkan ke komunitas online yg enggak ada bentuk hukumnya, cair dan begitu deh pokoknya........   =)))

Mengenai penyandang dana, ini persoalan pelik, tapi menurut ane masih bisa diatasi. Selama kita punya program yg punya nilai komersial bagi si penyandang dana, kayaknya ada harapan untuk mendapatkannya. Tapi ingat, semua imbal balas harus dalam bentuk komersial... bukan bertentangan dg idealisme pelestarian dan pengembangan pencak silat..... Nah dari komunitas dunia maya yg well educated & creative ini kita cari dan susun program2 yg punya nilai jual ke kalangan bisnis tapi tetap berpegang kepada nilai2 yg kita pegang teguh... (caile... 8)). Kalau yg dijual cuman idealisme........ aura kita beda mas.....  [pant]

Ada yg bilang, kalo ada duit, masalah SDM bisa kita atasi.....  ::) Pendapat ane.... siapa bilang boss.....  :w
Justru kalau uang udah di depan mata, idealisme bisa luntur.....  :w Dan SDM yg tetap eling dan waspodo meskipun duit bejibun di depan mata.... ini yg enggak mudah dicari..... Tapi ane yakin.... kalangan komunitas online yg bergabung di SahabatSilat.com ini semuanya orang2 yg memegang teguh nilai2 yg di sementara kalangan telah ditinggalkan......  [top] so no problem toh soal SDM....  ::) [band]

Cukup segitu aja deh dulu, sorry ngejablak sekali2 boleh ya.... [run]

Tetap Semangat.....
Title: Re: [Komunitas] Membangun Pencak Silat Bersama
Post by: Nagapasa on 12/11/2007 17:13
Setuju uda,

Acara wisata silat kemarin sudah sangat sukses, sudah waktunya kita naikkan speed dan oper gigi ke gigi 3
Title: Re: [Komunitas] Membangun Pencak Silat Bersama
Post by: one on 12/11/2007 20:50
udahlah uda langsung aja bilangin kalo kita dapet tugas berat ...biar semua ikutan bantu, jangan cuma di dunia maya aja .....;D.

oper gigi deh, jangan berharap besar kalau cuma berpikir kecil, jangan berharap besar kalo yang kerjain yang kecil-kecil.

saatnya berbuat lebih atuh...... ;D ;D ;D

salam,


one
Nb :...mas Java maksud yang dicatut itu apa Cingkrik? he he he, andaikan terjadi maka yang protes bukan komisi luar negeri, ya kalo gak masyarakat Rawa Belong ya PUTRA BETAWI atuh...itu mah kita udah bilangin kok, lha pak Eddie aja tau kok. Kalo nekat mah kebangetan ;D ;D ;D
Title: Re: [Komunitas] Membangun Pencak Silat Bersama
Post by: pendekar on 12/11/2007 22:08

Oke!!, Untuk program2 di FpST saya rasa tidak ada masalah, artinya harus jalan terus, disini yang perlu saya harapkan adalah kawan-kawan dari komunitas Online ini, apakah bisa sama dengan pemikiran yang telah di jabarkan panjang lebar di atas sana.

Dalam diskusi ini saya sengaja tidak mengkaitkan2 Fp2ST karena orang2nya jelas dan program maupun tujuannya juga jelas, yang belum jelas orang2nya khan ada di Komunitas online ini, oleh sebab itu. apakah komunitas ini hanya berfungsi untuk ngobrol saja, atau bisa kita tingkatkan ke jenjang yg lebih terfokus misalnya mendukung program yang di selenggarakan oleh Fp2St kelak.

sekian dan thank U
Title: Re: [Komunitas] Membangun Pencak Silat Bersama
Post by: Nagapasa on 13/11/2007 08:54
yang pasti yang ada di forum ini lebih cair-cair lagi dari pada FP2STI, engak ada keterikatan hanya karena ada kesamaan interest saja.

saya setuju dengan sahabat pendekar, meski engak perlu terlalu formal mendukung kegiatan pelestarian tetapi forum ini juga harus fokus. punya agenda kegiatan untuk mengakrabkan para anggotanya. ya salah satu contoh bisa dimulai dengan memberikan dukungan pada kegiatan pelestarian yang bentuknya misalnya mengikuti acara diskusi silat tradisional atau lain sebagainya.

membuat atribut juga boleh juga tuh, bikin kaos atau apapun yang sifatnya mempererat tali silaturahmi
Title: Re: [Komunitas] Membangun Pencak Silat Bersama
Post by: Java on 13/11/2007 09:14
Buat semua sahabat pecinta silat,
Apapun keputusan moderator & member komunitas online demi kemajuan pencak silat akan kita dukung.

Kita berangkat dengan niat yang bersih. Meski legalitas formal tidak/ belum terbentuk hendaknya sumbangsih komunitas pencak silat online sudah saatnya diwujudkan secara nyata.

Tetap semangat.
Title: Re: [Komunitas] Membangun Pencak Silat Bersama
Post by: Elang on 13/11/2007 11:33
Yang penting jangan sampe dech ada egoisme perguruan disini, biar lebih nyantai...:)
Title: Re: [Komunitas] Membangun Pencak Silat Bersama
Post by: ery on 13/11/2007 14:01

Terus terang acara Wisata Silat kemarin sangat berkesan untuk saya. Naik bus enak, makan enak, tidur..... jarang hehehe.

Kapan lagi bisa berwisata bersama segudang pendekar (bayangkan saja sendiri, itu Bus isinya ada banyak banget guru silat mulai dari Babe Ali Sabeni, Pak Bambang Cingkrik, Pak Bambang Margaluyu, Kong Salim Paseban, Babe Nani Gerak Saka, Pak O'ong dll), diskusi, begadang, nonton atraksi, bercanda dll... buat seorang penggemar seni bela diri, wisata seperti itu benar-benar tiada duanya

Apapun program sahabat silat sekalian di masa mendatang, insya Allah saya dukung semampunya dengan segala keterbatasan yg ada.

tetap semangat!
ery
Title: Re: [Komunitas] Membangun Pencak Silat Bersama
Post by: simpay on 02/12/2007 00:55

Oke!!, Untuk program2 di FpST saya rasa tidak ada masalah, artinya harus jalan terus, disini yang perlu saya harapkan adalah kawan-kawan dari komunitas Online ini, apakah bisa sama dengan pemikiran yang telah di jabarkan panjang lebar di atas sana.

Dalam diskusi ini saya sengaja tidak mengkaitkan2 Fp2ST karena orang2nya jelas dan program maupun tujuannya juga jelas, yang belum jelas orang2nya khan ada di Komunitas online ini, oleh sebab itu. apakah komunitas ini hanya berfungsi untuk ngobrol saja, atau bisa kita tingkatkan ke jenjang yg lebih terfokus misalnya mendukung program yang di selenggarakan oleh Fp2St kelak.

sekian dan thank U

setuju kang Pendekar..... [top] [top]...Simpay siap mendukung... ;D [top]
Title: Re: [Komunitas] Membangun Pencak Silat Bersama
Post by: Elang on 13/12/2007 16:18
@ mas Pendekar,

Kalau toh ada kekawatiran dari organisasi Pencak Silat yg sudah ada maupun sebagian Perguruan Silat yg fanatik terhadap dirinya sendiri, hal tersebut tidak perlu dipikirkan sama sekali. Akan jauh lebih bermanfaat Komunitas Pencak Silat Online mulai menggagas ide-ide riil untuk dilaksanakan di masyarakat demi makin tumbuhnya Pencak Silat yang berkualitas.


Mas Java

Saya sangat setuju dengan pendapatnya yang sangat brilian, dari sini saya bisa menangkap anda bukanlah pesilat biasa. mengenai pembasan di atas ini saya menilai bahwa saat ini fanatik sama perguruan memang masih dan sangat dibutuhkan akan tetapi yang perlu di ingat adalah jangan sampai fanatik ini membuat pikirannya mati.

Karena sdh banyak contoh perguruan yang mati-matian membela namanya dengan cara2 yang kurang bermoral misalnya tawuran dengan perguruan lain contohnya. padahal ini adalah unjuk fisik semata dan yang lebih berbahaya menurut saya adalah Doktrin atau bahaya pemikiran untuk membuat pesilat gila fanatik. karena dengan begitu semua informasi mengenai pencak silat hanya satu arah dari perguruannya saja.

Contoh yang mudah cobalah anda main2 ke milis sebuah perguruan, pancinglah dengan tema yang berbau silat lain, aroma ketidak sukaan akan nampak disana. jadi kesimpulan saya bahwa fanatik sih boleh2 saja, akan tetapi tetap dalam norma yang tepat.

Title: Re: [Komunitas] Membangun Pencak Silat Bersama
Post by: sedyaleksana on 13/12/2007 20:25
Mas Java, bang Dreamcore GRP buat anda berdua [top],
kefanatikan memang perlu supaya perguruan kita juga berkembang, tapi akal sehat tetap harus digunakan, dan yg lebih penting lagi, suara hati nurani harus di dengarkan.
Hidup Silat
Salam
Chandrasa
Title: Re: [Komunitas] Membangun Pencak Silat Bersama
Post by: aircadas on 13/12/2007 23:16

Yang dibahas kok hanya FP2ST, disini khan kita ngomongin komunitas silat, baik yang Online maupun yang Offline. komunitas di Indonesia tidak hanya FP2St saja, kalaupun iya apakah FP2St bisa mampu memberikan rasa percaya kepada masyarakat silat bahwa FP2ST mampu tetap cair. apakah ada tujuan lain dalam membentuk forum ini, bila saya amati bahwa forum sahabatsilat.com ini memang komunitas online yang sifatnya mungkin lebih cair.
Title: Re: [Komunitas] Membangun Pencak Silat Bersama
Post by: Java on 14/12/2007 11:50
Saya sangat setuju dengan pendapatnya yang sangat brilian, dari sini saya bisa menangkap anda bukanlah pesilat biasa.

Salam silat
Compliment bang Yanweka terlalu tinggi, ide saya wajar saja karena banyak yg memiliki pemikiran sama bahkan lebih baik. Sayapun hanya pesilat biasa seperti pecinta bela diri di forum ini. Dalam persepsi kita silat bukanlah sebatas hobi maupun aktivitas paruh waktu. Silat lebih merupakan panggilan jiwa.

.......sdh banyak contoh perguruan yang mati-matian membela namanya dengan cara2 yang kurang bermoral misalnya tawuran dengan perguruan lain
..........  semua informasi mengenai pencak silat hanya satu arah dari perguruannya saja.

Saya beruntung dilatih dan dididik dalam perguruan yg memiliki nuansa filosofi moral dan komitmen menghormati sesama mahluk Tuhan.

Contoh yang mudah cobalah anda main2 ke milis sebuah perguruan, pancinglah dengan tema yang berbau silat lain, aroma ketidak sukaan akan nampak disana.

Maaf..terhadap ini kita sedikit beda persepsi. Cukup banyak perguruan silat yang bisa memahami perbedaan dan mensikapi dengan bijak.

....jadi kesimpulan saya bahwa fanatik sih boleh2 saja, akan tetapi tetap dalam norma yang tepat.

Sebagai Muslim yg masih belajar, saya tidak menemukan satu ayat pun di Al Qur'an yg mengharuskan seorang muslim "HARUS" fanatik.

Di Qur'an saya hanya menjumpai ayat yang menyatakan: ....jadilah orang beriman yang sholeh (waduh...surat dan ayat nya lupa) :'(

Dari berita yang saya baca & lihat di media, fanatisme lebih merupakan atribut yg dilekatkan pada orang/ sekelompok orang yg cenderung "menentang" keinginan pihak oposisi.

Hemat saya. seorang pesilat tidak perlu untuk fanatik terhadap perguruannya.
Konsep yang perlu dihayati oleh pesilat atau praktisi bela diri adalah; komit dan rasional.

Wah kebanyakan jual kecap nih, jadi tengsin.

Tetap semangat.  [top]















Sebagai

Title: Re: [Komunitas] Membangun Pencak Silat Bersama
Post by: Taufan on 31/12/2007 16:44
Assalamu 'alaikum wr.wb.

Sahabat2 Moderator & FP2STI, apa nih agenda kegiatan untuk tahun 2008?

Selamat Tahun Baru 2008 untuk sahabat silat semua!

Wassalam,
TP
Title: Re: [Komunitas] Membangun Pencak Silat Bersama
Post by: Ranggalana on 31/12/2007 21:32
...membuat atribut juga boleh juga tuh, bikin kaos atau apapun yang sifatnya mempererat tali silaturahmi

Saya usul agar foto Ki Ageng Soerodiwirdjo ini (http://sahabatsilat.com/forum/index.php?action=gallery;sa=view;id=146) dijadikan kaos sahabat silat. Mungkin latar belakangnya dihapus agar Ki Agengnya lebih menonjol. Karena perjuangan dan wawasannya, beliau secara langsung maupun tidak langsung merupakan Eyang kita semua. Selain itu ada pihak cucunya langsung yang sering tawuran. Kita perlu tunjukkan bahwa pesilat sekaliber Eyang Soero itu milik bangsa seluruhnya jadi gak bisa dipake rebutan. Kalau cucunya pada tawuran yang malu juga bukan hanya kadang sekampung tetapi wajah bangsa ini tercoreng. Karena itu saya usul agar kita sosialisasikan bahwa beliau adalah milik bangsa, kalau perlu diusulken jadi pahlawan nasional.

Dan komunitas sahabat online ini harus bisa dikerahkan untuk berdaya dan berguna di kehidupan nyata.

Selamat tahun baru semoga sejahtera dan bahagia...

Ranggalana.
Title: Re: [Komunitas] Membangun Pencak Silat Bersama
Post by: Java on 03/01/2008 12:07
Dan komunitas sahabat online ini harus bisa dikerahkan untuk berdaya dan berguna di kehidupan nyata.
Bagus. Setuju usul kangmas Bram.

Selain itu ada pihak cucunya langsung yang sering tawuran. Kita perlu tunjukkan bahwa pesilat sekaliber Eyang Soero itu milik bangsa seluruhnya jadi gak bisa dipake rebutan.
Supaya kondisi ayem tentrem para sesepuhnya harus mau islah. Kalau enggak, ya gak janji perdamaian bisa terwujud. ;D
Title: Re: [Komunitas] Membangun Pencak Silat Bersama
Post by: one on 03/01/2008 14:12
mumpung masih anget...mendingan buat sketsa ama program, siapa tau kalo dilempar ke semua jadi lebih yahud...


salam,


one
Title: Re: [Komunitas] Membangun Pencak Silat Bersama
Post by: Ranggalana on 03/01/2008 14:34
Kang Iwan,

Maksudnya untuk menjadikan Eyang Sura sebagai 'pahlawan nasional' atau sebagai salah satu wajah desain kaos sahabatsilat?

Banyak guru besar yang pantes jadi teladan nasional ... hampir semua sesepuh yang berjuang bikin IPSI / gak mau dibikin IPSI merupakan aktivis dalam perang kemerdekaan atau persiapan kemerdekaan. Jadi gimanapun juga sumbangsih mereka lebihlah dari kita-kita ini.

Semua dari mereka pantas kita hormati, kita kenang, kita pelajari sepak juangnya. Membuat kaos adalah salah satu caranya untuk memperkenalkan, agar orang awam kenal lagi sayang, sekaligus agar yang selama ini fanatik mengaku sebagai satu-satunya cucu pewaris beliau bisa melihat bahwa Eyang mereka ternyata milik bangsa bahkan dunia (persilatan) jadi jangan berebut berkekerasan seperti orang belum paham nilai-nilai persilatan saja.

Nah, apakah sahabatsilat kiranya berani mengembani diri dengan tugas mengurai benang kusut yang mencemari nilai-nilai persilatan? Nyatanya sudah dua masalah pelik muncul di depan mata, yakni satu di Tarik Kolot di mana dikhawatirkan terjadi politik belah bambu, dan satu lagi yang lebih terkenal (diliput SCTV segala) adalah di Madiun dimana terjadi konflik horisontal yang berbahaya. Silakan diatasi persoalan ini, sahabat.

Salam hangat,
Ranggalana.
Title: Re: [Komunitas] Membangun Pencak Silat Bersama
Post by: one on 03/01/2008 14:53
ha ha ha kok kaos Mas? ;D

Tapi bagus juga tuh ide, semua gambar tokoh guru besar dan pendekar dimasukan dalam satu bingkai dan di cetak diselembar kaos sebagai " Para Pendekar Panutan Negeri Ini" ....sehingga yang kita terilhami akan arti perjuangannya. Tapi kayaknya terlalu cetek ya?

Eh kok makin jauh...ya?

Maksudnya kira-kira apa yang akan kita lakukan ke depan, program jangka pendek, menengah dan panjang. Kalo kita rame-rame memberi usul saya yakin tahun ini kegiatan kita akan jauh lebih bagus lagi....masalah pelik yang ada memang merupakan tugas kita mengurai kekusutan dan kesimpang siuran mengenai silat.

salam salut [top],


one
Title: Re: [Komunitas] Membangun Pencak Silat Bersama
Post by: Java on 03/01/2008 15:34
Kaos dengan figur Guru-guru silat bagus sebagai langkah awal.
Memulainya juga gak susah, lebih realistis gitu.

Kiprah nyata bisa dicoba terobosan memasyarakatkan pencak silat melalui media tv. Saat ini cukup banyak program tv yang relevan dg topik pencak silat, mis; Jejak Petualang, laptop si Unyil, si Bolang, Jazirah dll. Semoga sodara-sodara yg punya koneksi ke media tv bersedia membantu merancang setting program tv yg sudah eksis dg aktivitas pencak silat yg tersebar di seluruh Indonesia.

Tetap semangat. :D 
Title: Re: [Komunitas] Membangun Pencak Silat Bersama
Post by: Ranggalana on 04/01/2008 07:53
Kalao ada kaos bergambar gedhe-gedhe tokoh-tokoh seperti Mama Kosim, Uwa Nampon, Pak Dirdjo, Eyang Soera, Ndoro Hari dan sebagainya, saya akan buru-buru pesan. Meskipun silat yang saya pelajari tidak berhubungan langsung dengan tokoh-tokoh persilatan tersebut, bagaimanapun juga mereka adalah pepunden saya dikarenakan mereka adalah sesepuh-sesepuh silat Endonesya tercinta.

Pendiri PD terlalu besar untuk sekedar dimiliki warga PD. Pendiri SH terlalu besar untuk sekedar dimiliki kadang SH: mereka semua milik bangsa ini. Seperti perguruan PD, SHT, SHW, misalnya, bukan hanya milik para murid dan pendekarnya tetapi juga milik seluruh bangsa Endonesya ... begitu lho penalaranku. Seperti dukungan Mas Java, membuat kaos gak susah dan realistis sebagai langkah awal konsolidasi dan sosialisasi ideologi pelestarian silat tradisional. Dan kalo pake foto gak repot mikiri desain terlalu jauh. Lagi pula, logo kita ini (SS) sepertinya di rasaku kurang sreg karena kekanak-kanakan dan pake bodiprotektor yang banyak dikecam itu.

Kita perlu sibuk mengakui apa yang kita miliki, kalau tidak, sekarang saja sudah mungkin untuk belajar Cimande yang terbaik di dunia di Irlandia atau di Moskow tetapi tidak di Bogor. Itulah sebabnya buatku, Cimande juga milik gue! Apalagi kalo ada yang mau mendaku memiliki yang terbaik --- tapi ilmunya kok ilmu kesambet? Nah lo!

Seperti kata penyair Wiji Thukul yang raib saat Reformasi :

Hanya satu kata:
Lawan!

Salam hangat,
Ranggalana
Title: Re: [Komunitas] Membangun Pencak Silat Bersama
Post by: one on 04/01/2008 09:13
wehhh asyik nih semanget banget..... [top], aku ikutan....Mas!!!

one
Title: Re: [Komunitas] Membangun Pencak Silat Bersama
Post by: Java on 04/01/2008 09:49
Kalao ada kaos bergambar gedhe-gedhe tokoh-tokoh seperti Mama Kosim, Uwa Nampon, Pak Dirdjo, Eyang Soera, Ndoro Hari dan sebagainya, saya akan buru-buru pesan. Meskipun silat yang saya pelajari tidak berhubungan langsung dengan tokoh-tokoh persilatan tersebut, bagaimanapun juga mereka adalah pepunden saya dikarenakan mereka adalah sesepuh-sesepuh silat Endonesya tercinta.

@kangmas Bram ini merendah banget. Apa sampeyan lupa Pak Subur?
Beliau termasuk asset berharga persilatan Indonesia. Atas ide beliau, di PGB Bangau Putih konsep "melting pot" pembauran antar Suku, Agama dan Ras bukan sekedar gembar-gembor menjelang PILKADAL eh Pilkada. PGB Bangau Putih satu diantara Perguruan Silat di Indonesia yg bisa menyikapi perbedaan secara manusiawi.

salam,
Title: Re: [Komunitas] Membangun Pencak Silat Bersama
Post by: Ranggalana on 04/01/2008 10:08
Mas Java sungguh arif...

Tentu saja alm Subur Raharja juga merupakan seorang tokoh yang menjembatani antara silat Cina dengan Nasionalisme Rekiblik serta membuang tabu-tabu tradisi Cina demi kemanusiaan dan kebangsaan, dan menghadapi segala resiko untuk itu. Bagi kami para muridnya yang banyak berhutang budi dan materi, beliau adalah jenius yang berwawasan jauh ke depan dan dalam banyak hal memang patut kami gugu dan tiru. Demikian juga putranya, Suhu Gunawan Raharja.

Tetapi kalau saya yang gembar-gembor menyodor-nyodorkan Guru Besar saya sendiri, bukankah itu hanya memupuk fanatisme sempit perguruan? Justru itu yang ingin kita kikis sebab malu bukan ditonton dunia? Jelas saya sangat cinta perguruan saya dan justru karena itu saya mendukung perguruan-perguruan lain. Ananingsun marga sira ananing sira marganigsun atawa tat twam asi kata guru-guru Taman Siswa dulu, bukan?

Mari kita bikin kaos ... buat saya, yang pertama saya usulkan tentunya pilihan awal saya yakni foto Eyang Soera yang berdestar dan berjarik sedang masang. Lagipula ini sudah menjelang Tahun Baru Jawa, artinya, musim tawuran tahunan sudah mendekat ... kecuali kalau dibatalkan karena banjiiiiir.

Salam hangat,
Bram


Title: Re: [Komunitas] Membangun Pencak Silat Bersama
Post by: EricB on 04/01/2008 12:24
Kepada rekan² di atas ini,

menurut saya kalau bikin kaos: jangan pakai foto se orang terkenal, pasti ada yang keberatan pakai karena foto tersebut adalah dari lain Perguruan, mungkin merasa malu terhadap Guru/Pelatih sendiri.
Di samping itu, misalnya kita pasang foto Eyang Suro saya rase anak-bua SH ngak setuju kalau orang dari lain perguruan pakai foto ulama mereka.

Misalnya pakai berapa foto, nanti lagi kurang, karena ada yang lupa ???
Bagaimana kalau pakai wajah Pak Eddie aja  ;D

Agak bingung gue  :-\
Title: Re: [Komunitas] Membangun Pencak Silat Bersama
Post by: Java on 04/01/2008 13:21
@kang Eric
Idealnya dalam satu kaos terdiri beberapa foto tokoh-tokoh yang telah memberikan kontribusi besar terhadap perkembangan silat.
Kalau ada yang kurang gak apa-apa. Masih ada kesempatan untuk ditambahkan pada edisi kaos berikutnya. [top]

Saya gak bingung dg ide foto tersebut.

Bingungnya, kapan mau cetak kaos itu, harganya berapa per potong, dimana belinya? ;D
Title: Re: [Komunitas] Membangun Pencak Silat Bersama
Post by: one on 04/01/2008 13:28
nah kan rame...ini baru namanya diskusi ;D,  apa foto kang Eric yang pake jenggot aja biar keren......  [top], ini usul lho ...(meski rada ngawur ya?)

salam,


one
Title: Re: [Komunitas] Membangun Pencak Silat Bersama
Post by: EricB on 04/01/2008 13:29
@ Kang Java: Belinya di Indonesia saja, karena tukan sjablon sanget kreatif dan murah dibandingan sini ;)

harga ngak begitu penting, cuman cara distibusinya bagaimana, saya harus dapat juga, berarti perlu di kirim ke Belanda,
saya jelas bayar onkosnya, tapi saya transfer uang ke siapa ?


nah, itu dia - kumaha ieu ?

@ Kang One: jangan pakai wajah saya, atau lu punya tikus banyak dirumah, baru pakai itu dong, tikus² pada lari  ::)
saya rasa manusia juga kalau lihat wajah jelekku  :'(


 x-))

Title: Re: [Komunitas] Membangun Pencak Silat Bersama
Post by: Java on 04/01/2008 13:34
@Kisawung
Gimana setuju dg ide tsb? Jangan kelamaan mutusin jadi atau tidak bikin kaos.
Ntar kasian kang Eric, nungguin tukang pos nganter kaos tapi gak dateng-dateng. :D
Title: Re: [Komunitas] Membangun Pencak Silat Bersama
Post by: Ranggalana on 04/01/2008 13:44
...Di samping itu, misalnya kita pasang foto Eyang Suro saya rase anak-bua SH ngak setuju kalau orang dari lain perguruan pakai foto ulama mereka.

Kang Eric,

Maksud saya mah Eyang Sura bukan lagi hanya milik SH yang T maupun W ataupun yang lainnya.

Eyang Sura adalah seorang yang pantas dianggap pahlawan nasional, milik seluruh bangsa. Boleh dong siapa saja yang cinta silat memasang fotonya. Apalagi fotonya keren bin cakep, pake kostum aseli Jawa Timuran... jarang  pesilat zaman ini yang pake baju seperti di foto itu?

Bagaimana kadang SH di sini apa setuju boleh kalo saya ikut memiliki dan menghormati Eyang Sura ?

Cara membuat kaos bergambar foto lebih mudah karena gak perlu kebanyakan mikir desain. Kaos oblong yang enak dipake silat, kalo bisa katun 100 persen, warna putih atau hitam dengan sablonan foto yang dipertegas garisnya. Gambar fotonye gede di depan dan atau di belakang dengan logo SS kecil saja di sudutnya.

Saya lebih cenderung foto tokoh satu-satu saja, setiap kaos lusuh, sablon lagi tokoh yang baru... sampai juga Benyamin Sueb alm yang terkenal dengan kata-kata silat: "Gue kepret, miskin lu!" ... ah jadi ngawur ah... minggir dulu biar macan pada lewat.

Ayo, siapa yang siap jadi bulan-bulanan kehendak punya kaos dari segenap sahabat silat, diharap segera maju dan menjelaskan gimana baeknya mengorganisasikan agar kaos-kaos keren itu segera mewujud.

Saya juga setuju wajah Kang Eric dibuat kaos ... daripada wajah calon-calon pilkadal yang gak jelas siapa dia, aku lebih bangga masang wajah Kang Eric Van Bogor daripada wajah ...... (silaken isi sendiri, gratis!) ... Langka lho manusia seperti Kang Eric.

Salam hangat,
Bram
Title: Re: [Komunitas] Membangun Pencak Silat Bersama
Post by: one on 04/01/2008 13:55
ane dukung mas Ranggalana...... [top] kayak PILKADA

kang EricB, nanti buat edisi spesial bakalan kita buat [lucu]

Gimana kalo kang Jalatunda desain tu ide bikin kaos :).

salam,


one

Title: Re: [Komunitas] Membangun Pencak Silat Bersama
Post by: Jali Jengki on 04/01/2008 14:23
ane dukung mas Ranggalana...... [top] kayak PILKADA

kang EricB, nanti buat edisi spesial bakalan kita buat [lucu]

Gimana kalo kang Jalatunda desain tu ide bikin kaos :).

salam,


one



Tampang Kang Eric oke juga, punya karakteristik yang tajam buat jadi Icon di kaos silat..siluet brewoknya itu lho...pake iket kepala uiih..mantap..Jawara ti Kulon.

Kang Iwan, ane lagi ngerjain kaos sahabat silat dulu nih...pesenan kang Yanwek...lagi ngutak ngatik logo komunitas silat indonesia juga...nti ane kabarin...

Salam, [top]
Title: Re: [Komunitas] Membangun Pencak Silat Bersama
Post by: Taufan on 19/01/2008 17:30
Udah jadi belon kaosnye?  ???
Mau ane pake ke Taman Mini nih!

Wassalam,
TP
Title: Re: [Komunitas] Membangun Pencak Silat Bersama
Post by: pendekar on 27/04/2008 22:08
ane dukung mas Ranggalana...... [top] kayak PILKADA

kang EricB, nanti buat edisi spesial bakalan kita buat [lucu]

Gimana kalo kang Jalatunda desain tu ide bikin kaos :).

salam,


one





Tampang Kang Eric oke juga, punya karakteristik yang tajam buat jadi Icon di kaos silat..siluet brewoknya itu lho...pake iket kepala uiih..mantap..Jawara ti Kulon.

Kang Iwan, ane lagi ngerjain kaos sahabat silat dulu nih...pesenan kang Yanwek...lagi ngutak ngatik logo komunitas silat indonesia juga...nti ane kabarin...

Salam, [top]

Kang JAla

Untuk Koas saya limpahkan ke Kang Wiwit, krn ane lagi banyak tugas, bw saya tunggu dech kalo udah jadi....!!

Thanks bangettt
Title: Re: [Komunitas] Membangun Pencak Silat Bersama
Post by: EricB on 28/04/2008 02:57
Kang Pendekar, apa maksud anda dengan quoting ini ??

kurang mengerti gue


Title: Re: [Komunitas] Membangun Pencak Silat Bersama
Post by: Taufan on 28/04/2008 14:24
Assalamu 'alakum,
Sejak pertama kali ide dilontarkan kang Nagapasa tgl. 12 November 2007, sampe sekarang kaosnya belum jadi juga ya? Mungkin karena forum maya ini terlalu cair untuk membumi kali ye...  :-\
Wassalam,
TP
Title: Re: [Komunitas] Membangun Pencak Silat Bersama
Post by: Nagapasa on 16/08/2008 18:53
kayaknya kita butuh voulentiare untuk inisialisasi pembuatan kaos ini

yang minat silahkan unjuk gigi eh tangan deng  8)
Title: Re: [Komunitas] Membangun Pencak Silat Bersama
Post by: Qsecofr on 17/08/2008 00:40
Kang Pendekar, apa maksud anda dengan quoting ini ??

kurang mengerti gue


Salah Quote dech kayaknya tuh anak.
Title: Re: [Komunitas] Membangun Pencak Silat Bersama
Post by: hidup on 13/09/2008 12:39
Luar Biasa, Biasa di Luar!
Sebagai orang GOA, saya salut tindakan saudara-saudara!
Maju Terus Silat Indonesia!

Yang jualan kaos, modelnya ikut mana nih C59, Dagadu ato Joger  x-))
Title: Re: [Komunitas] Membangun Pencak Silat Bersama
Post by: putri teratai on 13/09/2008 16:53
kayaknya kita butuh voulentiare untuk inisialisasi pembuatan kaos ini

yang minat silahkan unjuk gigi eh tangan deng  8)

mau ikutan dong menyumbangkan ide...
Title: Re: [Komunitas] Membangun Pencak Silat Bersama
Post by: YwK on 14/09/2008 00:37
Yang jualan kaos, modelnya ikut mana nih C59, Dagadu ato Joger  x-))

Ralat dikit kale mas, bukan JUALAN loh, krn sama sekali niat ini bukan untuk Komersial, kalo agak mahal dikit biasanya sih untungnya buat di sumbangkan kepada Guru2 biar mereka nggak usah beli atau mengeluarkan uang buat beli kaos, itung2 hadiah buat mereka. jadi lebih enaknnya sih koordinir pembuatan koas komunitas, krn kalo jualan kok kesannya ambil untung baget gituuu, padahal koas release pertama juga ngga ambil untung hehehehe

Plannya kita akan buat kaos, tapi kita juga harus tahu berapa besar yang minat, krn release kedua kemarin yang daftar banyak tapi pas di umumkan pada setor belum ada yang setor sampe 2 minggu, makanya tim Kaospun kuatir kalo2 nggak ada yang niat.

Gitu mas Hidup, oh iyaa mau berapa lusin neeh???
Title: Re: [Komunitas] Membangun Pencak Silat Bersama
Post by: hidup on 15/09/2008 17:32
Wah untuk sekarang kan saya masih tinggal di dalam GOA, entar kalo sudah TURUN GUNUNG, Insya'allah akan saya datangi tempat saudara, inipun kalo nggak ada alangan ato lupa!
Title: Re: [Komunitas] Membangun Pencak Silat Bersama
Post by: maulana on 04/10/2008 22:55
mohon maaf para suheng, sy maulana murid silat komring dr kyai biyani ingin bersahabat dan menimba ilmu
Title: Re: [Komunitas] Membangun Pencak Silat Bersama
Post by: iqbal khan on 26/11/2008 09:41
kapan direalisasikannya?
Title: Re: [Komunitas] Membangun Pencak Silat Bersama
Post by: Putra Petir on 26/11/2008 10:47
ini ngomong apaan sih ya??  ???

jadi bingung nih...

Title: Re: [Komunitas] Membangun Pencak Silat Bersama
Post by: iqbal khan on 26/11/2008 15:19
he.he.
Tumben sarung kampret bisa bingun
Title: Re: [Komunitas] Membangun Pencak Silat Bersama
Post by: hidup on 03/12/2008 19:56
Komunitas Pencak Silat Online memanh sudah merambah kemana-mana, hingga keluar negeri. Namun Komunitas Pencak Silat Offline kok masih muter-muter di Jakarta dan sekitarnya?
Title: Re: [Komunitas] Membangun Pencak Silat Bersama
Post by: Putra Petir on 04/12/2008 11:35
begini mas hidup, selama ini kita akan coba unjuk silaturahmi yang lebih teroganisir dengan mempunyai database para komunitas pecinta silat di setiap kota.

Di setiap kota para pecinta silat bergabung menurut kota-nya masing2. Sebelumnya saya sendiri sudah ke kota2 di daerah Jawa,sumatera, sulawesi dll. Disana kita menemukan pula beberapa pecinta silat. Hanya sayangnaya belum teroganisir rapih menganai database para pecinta silat.

Saya harap suatu saat nanti kita bisa saling silahturahmi sesama anggota, bukan saling adu kekuatan atau unjuk kebolehan tapi kita menggalang kekuatan  dan kebersamaan demi persatuan dan kesatuan untuk mengembangkan pencak silat di tanah air ini.

Mudah-mudahan di komunitas ini kita bisa menyatukan hati dan pikiran untuk saling mencintai dan menyayangi sesama pesilat.


sarung kampret
Title: Re: [Komunitas] Membangun Pencak Silat Bersama
Post by: goginebulana on 25/01/2009 22:59
potensi Indonesia sangat besar dan hebat untuk sumbangsihnya terhadap dunia martial arts!!!
masukan dari aku...
selain perguruan baiknya dibuat universitas Pencak Silat, agar arah dan perjalanannya lebih ilmiah dan sistematis.
universitas bukan aliran tapi tempat menampung semua ilmu.
universitas sedikit berbeda dari padepokan atau perguruan. dan aku rasa akan lebih maju dalam konsep mengolah potensi dan menggapai tujuan.
 :)
Title: Re: [Komunitas] Membangun Pencak Silat Bersama
Post by: Pepe on 26/08/2009 11:48
Salam sejahtera

maaf saran saya untuk mengkat gigi gier 4 , bagaimana paling tidak ahir tahun ini dapat me launching buku nya Mas Iwan yg sudah siap cetak.

Wassalam

Pepe
Title: Re: [Komunitas] Membangun Pencak Silat Bersama
Post by: ajigineng on 22/12/2009 16:44
benahi dulu IPSI....sebagi wadah resmi dan jembatan antara perguruan dan pemerintah.... perguruan tampa di dukung pemerintah daerah s/d pusat ya kurang kuat.... benahi IPSI DR DAERAH SAMPAI PUSAT  hidupkanlagi fungsi fungsi IPSI semaksimal mungkin...sudah saat nya IPSI di pegang oleh orang yang tahu silat....saya kira bila IPSI bisa dibenahi 50% masalah sudah terselesaikan.... 50% lagi dr perguruan2 silat guru2 dan pencinta silat....MENJADI PESILAT YANG PROFISIONAL...
Title: Re: [Komunitas] Membangun Pencak Silat Bersama
Post by: Taufan on 23/12/2009 01:03
Setuju mas Ajigineng... cuma saya ndak mudeng mulai dari mana membenahinya ya... IPSI harus dipegang oleh orang2 yg tau silat, kalo ndak salah pengurus saat ini pesilat tulen ya... Semua fungsi2 IPSI harus diberdayakan, lha wong duite nggak ada mas... program khan butuh anggaran. Minta perhatian pemerintah, pendekar utamanya lebih seneng main volley dan pingpong... gimana downk? 
Title: Re: [Komunitas] Membangun Pencak Silat Bersama
Post by: ajigineng on 01/01/2010 17:17
Setuju mas Ajigineng... cuma saya ndak mudeng mulai dari mana membenahinya ya... IPSI harus dipegang oleh orang2 yg tau silat, kalo ndak salah pengurus saat ini pesilat tulen ya... Semua fungsi2 IPSI harus diberdayakan, lha wong duite nggak ada mas... program khan butuh anggaran. Minta perhatian pemerintah, pendekar utamanya lebih seneng main volley dan pingpong... gimana downk? 

Betul mas..apa kata panjenengan....IPSI memang dipegang para pendekar tapi mereka tidak begitu peduli dengan silat mas...kalau mereka pesilat seharusnya idealnya mereka tidak menelantarkan dan lebih peduli...kepada siapa kami2 inii berharap kalau bukan kepada mereka yang duduk di dewan pengurus IPSI , IPSI bukan ajang tempat cari duit,cari nama,kendaraan politik..dll..kembalikan fungsinya sebagai wadah pencak silat Indonesia....kita tahu kok gimana keadaan IPSI selama ini hanya kita orang timur..selalu diam walau liat kesalahan didepan mata..kalu perlu ditutupi agar segala nama baik terjaga walu didalamnya penuh luka dan nanah...(lagu Bang Iwan)...mohon maaf kalu kata2 saya menyinggung...karena saya pun sadar saya sendiri tidak bisa berbuat apa2 untuk IPSI.....apa lg prestasi..he he he he.....kita memang lemah di pendanaan..tapi itu bukan masalah utama....kesungguhan,keseriusan....mengembankan warisan nenek moyang ini dengan penuh kebanggaan...mjd tanggungjawab kita....insaallah saya sendiri akan memulai dr diri saya sendiri....
Title: Re: [Komunitas] Membangun Pencak Silat Bersama
Post by: Taufan on 05/01/2010 15:51
Ada yang menarik dari artikel di silatindonesia.com dgn judul "Prabowo Buka Kejurnas Pencak Silat Mahasiswa di Bandung". Para juara dari Kejurnas Pencak Silat tersebut akan diberi beasiswa untuk belajar beladiri lain seperti Tae Kwon Do dan Judo di luar negeri!
Sulit juga kita mensikapi kebijakan IPSI ini... suatu terobosan brilian untuk mendongkrak prestasi atlit pencak silat kita atau  justru ide ngawur karena kehabisan akal menghadapi dominasi Vietnam?  :o

Wassalam,
TP
Title: Re: [Komunitas] Membangun Pencak Silat Bersama
Post by: duyungson on 05/01/2010 22:37
@kang taufan,
kalo menurut saya ini ide terselubung utk menggembosi Silat, lha wong atlet silat berprestasi kok malah di-iming-imingi belajar beladiri lain.
Title: Re: [Komunitas] Membangun Pencak Silat Bersama
Post by: Pangeran Muda on 06/01/2010 09:35
Kalau menurut saya ini ide yang agak nyeleneh dan emang mengherankan..
Atlet Pencak Silat (yang berprestasi) seharusnya diberikan tawaran yang lebih mengarah ke masa depan (apakah itu di berikan bonus uang atau pekerjaan) dan bukan malahan di biayai utk belajar bela diri luar..kalau memang mereka (pengurus IPSI) kehabisan akal karena kalah dengan negara lain..maka bukan itu jawabannya..tapi seharusnya taraf hidup para atlitlah yang di jaga keseimbangannya berikut dengan pelatihnya..melihat Vietnam yang pukulan dan tendangannya yang cepat dan bertenaga, bantingannya yang selalu (mak bleg)..seharusnya itu menjadi pemicu utk pola pelatihan yang harus lebih serius (lagi) dan juga pola diet dan makan yang profesional dan tepat sasaran.
Title: Re: [Komunitas] Membangun Pencak Silat Bersama
Post by: resto on 06/01/2010 13:39
Komunitas Pencak Silat Online memanh sudah merambah kemana-mana, hingga keluar negeri. Namun Komunitas Pencak Silat Offline kok masih muter-muter di Jakarta dan sekitarnya?

Menurut gw sih, apa yang sudah di usahakan oleh forum atau komunitas ini seharusnya mendapatkan dukungan dari komunitas atau perguruan yang ada, pesilat umumnya lahir dari perguruan, beda dengan yang otodidak dari keluarga. jadi pendekatan kepada perguruan juga perlu. dan ditambah dengan pendekatan perguruan ke komunitas.

Kalau kedua belah pihak saling membutuhkan maka tidak ada lagi batasan yang memisahkan antara perguruan dan komunitas.
Title: Re: [Komunitas] Membangun Pencak Silat Bersama
Post by: ajigineng on 04/03/2010 16:29
untuk forum ini " silat on line." kalu boleh saya ibaratkan seperti "perguruan awan" pergurunya upasara wulung...biaralah tampa tiang tampa gedung tampa alas...tetapidisini tempat kita belajar bersama memahami,berlatih,bersilahturohim dan berfilosofi mengenai silat...secra bersama sama tidak ada yg jd guru,tdk ada yg jd murid semua sahabat silat,semua kelurga silat...semua mencintai silat....he h he he apa kita sebut ini perguruan awan saja ya....he h he he (maniak senopati pamungkas) ;D :) :D
Title: Re: [Komunitas] Membangun Pencak Silat Bersama
Post by: ari on 12/07/2010 15:24
Mungkin satu-satunya organisasi terbesar saat ini adalah Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI), Organisasi ini memiliki perwakilan hingga lebih dari 33 daerah di Indonesia. IPSI mewadahi pula organisasi tingkat perguruan baik yang kecil, menengah hingga yang besar, wajarlah IPSI adalah satu-satunya organisasi yang sangat penting bagi perkembangan pencak silat di Tanah Air.

Maju dan mundurnya pencak silat ternyata juga di pengaruhi oleh factor SDM atau sumber daya manusianya, baik dalam perguruan hingga kepengurusan organisasi IPSI daerah hingga tingkat Pusat. Hal ini sangat perlu membangun kualitas SDM di segala bidang yang nyatanya memang sangat berpengaruh terhadap perkembangan pencak silat di Tanah Air.

Lalu bagaimana dengan Komunitas Pencak Silat Online yang dibangun melalui jaringan internet, komunitas ini memang belum memberikan karya nyata yang banyak, akan tetapi riak-riak kegiatannya sudahlah sedikit banyak memberikan gambaran terhadap komunitas ini.

Dari manakan orang-orang komunitas ini datang, begitulah pertanyaan yang amat simple namun cukup mengelitik kita semua. Bila kita telusuri banyak sekali pesilat yang ternyata aktif pula di dunia maya, mereka berasal dari beragam latar belakang baik dari pencak silat, peneliti, mantan atlit, pengusaha, hingga mahasiswa.

Andikan kekutan ini di fokuskan dalam misi mengembangkan pencak silat melalui media online, maka hasilnya pasti akan luar biasa, hal ini sdh terlihat dari kegiatan yang pernah dilakukan. Dan bukan isapan jempol bila kelak komunitas ini dapat maju membangun pencak silat.

Dari lahirnya komunitas ini setidaknya IPSI sebagai salah satu dan satu-satunya organisasi tersebesar saat ini, seharunya dapat mengayomi mereka, membimbing mereka dan janganlah komunitas ini di posisikan sebagai versus ( pesaing) karena jelas komunitas ini bukalah sebagai pesaing IPSI, malah kalau mau bisa dikatakan bahwa komunitas ini mendukung kegiatan yang dilakukan IPSI khususnya dalam mengembangkan dan memasyarakatkan pencak silat sebagai salah satu olahraga yang memiliki citra rasa tinggi dan patut di cintai.

Bukan lantaran komunitas ini tidak memiliki permasalah, permasalahan yang ada adalah Sumber Daya Manusialah yang menyebabkan permasalahan yang sama, bedanya adalah kalau di Komunitas setiap anggota haruslah orang-orang yang memiliki kepedulian, kecintaan, keiklasan, yang harus tinggi, karena semua yang dilakukan di sana tidak menuntut bayaran atau penghargaan apapun. Karena itulah semangat sebagai anggota komunitas pencak silat.

Bila kami telaah lebih jauh, memang masih banyak dan mungkin paling banyak adalah pesilat – pesilat yang berasal dari perguruan-perguruan yang memiliki loyalitas tinggi terhadap perguruannya, dan menyebabkan merekapun berfikir bahwa bergabung dengan salah satu komunitas pencak silat artinya ia telah menghianati perguruannya, Waw, begitukah!!!

Perlu sekali dijelaskan bahwa Komunitas pencak silat Online bukanlah perguruan, disini dibutuhkan orang-orang yang peduli dengan pencak silat secara umum, jadi bukanlah berfikiran samata-mata kerana perguruannya. Mereka harus mampu bergual satu sama lain dengan terbuka dan mampu beradaptasi dengan mudah, hal inilah yang kadang masih sulit diberlakukan oleh sebagian pesilat yang gila sama perguruannya, seolah-olah bila ikut kegiatan lain ia menjadi anak durhaka, seperti inikah dunia pencak silat Indonesia. Padahal kita semestinya  boleh mencintai perguruan kita, namun rasa kecintaan terhadap perguruan ini pun akan tercermin dari bagaimana sikap seorang pesilat mencintai pencak silat itu sendiri.

Dan kinilah saatnya pesilat Indonesia khususnya membuka mata dan wawasannya, bahwa tenaga2 anda tidak hanya dibutuhkan oleh perguruan anda semata, tapi juga oleh dunia pencak silat, siapapun yang berani bergabung dengan komunitas pencak silat dan mampu bekerjasama membangun pencak silat, dialah pesilat sejati, karena saat ini kita butuh pesilat yang memiliki kualitas yang baik dan bermutu tinggi, dan guru-guru kita jaman dahulu seperti Raden Ibrahim ( pendiri aliran cikalong) pasti bangga melihat pesilat yang memiliki wawasan yang luas, karena menjadi sakti saja tidaklah cukup.

Ada tanggapan, silahkan saja bos!!! 8)
saat ini yang dibutuhkan pencak silat adalah kemampuan memasarkan, manajemen dan sistem pelatihan yang bertingkat, bertahap dan berlanjut.... dunia maya adalah salah satu sarana untuk memasarkan pencak silat.
             Saya kurang setuju jika dikatakan generasi muda Indonesia kurang menyukai pencak silat, SANGAT SALAH ! generasi muda Indonesia sangat mencintai pencak silat, masalahnya sekarang, dimanakah belajarnya ? sulit sekali mencari informasi perguruan pencak silat yang terdekat dari rumah mereka, jika buka internet mencari dojo atau dojang beladiri asing dapat dengan mudah kita langsung mengetahui dimana yang terdekat dari kediaman mereka.
             kemudian ancaman terbesar pencak silat adalah keengganan pencak silat untuk menerima siswa dari anak2, sehingga banyak anak2 muda kita sejak usia belia sudah diambil beladiri asing, lho kok bisa begitu ? di dunia maya, iklan2 beladiri asing yang menerima siswa usia begitu banyak, lengkap dengan tempat latihan, jadwal, iuran per bulan dan contact personnya. Bayangkan saja sejak usia 4 tahun mrk sdh diperbolehkan ikut berlatih beladiri asing, sehingga waktu mereka sdh SMP atau SMA, mereka sdh tidak mau lagi belajar silat, lebih baik mereka meneruskan latihan beladiri asingnya sampai sabuk hitam, dapat sertifikat dan bisa mengajar utk menambah penghasilan.
   Banyak perguruan pencak silat yang tidak jelas tingkatan belajarnya, tidak ada kenaikan sabuk ataupun kenaikan tingkat apalagi sertifikat...weleh jgn harap ada, sedangkan yg dibutuhkan generasi muda saat ini adalah ilmu selain yg tersirat juga tersurat, selain ilmunya ada di urat juga bisa dibuktikan pakai surat.
            nah yang dibutuhkan pencak silat adalah kemauan generasi pimpinan pencak silat saat ini untuk menjawab pertanyaan generasi mudanya yakni : dimanakah kami belajar silat ? kapan waktunya ? berapa biayanya ? bagaimanakah sistem tingkatannya ? apakah ada kejuaraannya ? setiap berapa lamakah ujian kenaikan tingkatnya ? apakah ada sertifikatnya ? di tingkat apa kami diperbolehkan mengajar nantinya dan mengembangkan pencak silat di kelurahan atau di RW atau di RT kami ?.... bisakah tuan2 para pemimpin perguruan pencak silat di indonesia memfasilitasi keinginan belajar generasi muda yg besar ini ? Tidak akan bisa !!! jika tidak ada informasi yang sampai ke telinga dan mata generasi muda...maka pencak silat on line sangat dibutuhkan...
Title: Re: [Komunitas] Membangun Pencak Silat Bersama
Post by: mpcrb on 23/09/2010 10:37
untuk forum ini " silat on line." kalu boleh saya ibaratkan seperti "perguruan awan" pergurunya upasara wulung...biaralah tampa tiang tampa gedung tampa alas...tetapidisini tempat kita belajar bersama memahami,berlatih,bersilahturohim dan berfilosofi mengenai silat...secra bersama sama tidak ada yg jd guru,tdk ada yg jd murid semua sahabat silat,semua kelurga silat...semua mencintai silat....he h he he apa kita sebut ini perguruan awan saja ya....he h he he (maniak senopati pamungkas) ;D :) :D

Saya suka dengan istilah ini "perguruan awan", mengingatkan kembali kesukaan membaca buku Senopati Pamungkas. :) Lanjutannya ada tuw, namanya "Tembang Tanahair" yang isinya juga tidak kalah berbobot dibanting Senopati Pamungkas. Sayang hanya sampai beberapa jilid saja :(

Silat, tidaklah lemah dari sisi keilmuan. Tetapi tantangan perguruan adalah organisasi dan manajemen. Sedangkan tantangan pelatih pesilat adalah kesejahteraan. Memang kita semua tidak berharap bahwa apa yang kita latihkan akan mendapat 'bayaran' layak selain daripada keikhlasan dan semangat menyebarkan keilmuan. Akan tetapi atlit pencak silat Indonesia apabila dibandingkan dengan bulutangkis, tennis, atau balap mobil, rasanya kok njomplang banget... Padahal banyak sekali pesilat-pesilat yang sudah duduk di posisi strategis pemerintahan/swasta yang seharusnya bisa lebih memberikan yang terbaik bagi para pelatih pesilat atau pesilat itu sendiri.

Apa ada yang salah di dalam pengajaran filosofi perguruan masing-masing sejak tahap awalnya? :(

salam.
Title: Re: [Komunitas] Membangun Pencak Silat Bersama
Post by: Taufan on 11/11/2010 11:59

Apa ada yang salah di dalam pengajaran filosofi perguruan masing-masing sejak tahap awalnya? :(

salam.

Pertanyaan yang menarik...
Pengajarannya yang salah atau filosofinya yang terlalu tinggi di awan dan sulit turun ke bumi? Atau di dalam filosofi itu sendiri memang tidak ada klausul pengembangan perguruan?

Wassalam,
TP
Title: Re: [Komunitas] Membangun Pencak Silat Bersama
Post by: Dodol Buluk on 11/11/2010 12:40
salam..


pertanyaan menarik,,....

apakah filosofi perguruan tergantung pada siapa yang diajar,keadaan, psikologis,daya serap etc.....


debuls
Title: Re: [Komunitas] Membangun Pencak Silat Bersama
Post by: mpcrb on 11/11/2010 12:52
@kang taufan, di zaman sekarang, sepertinya filosofi lebih banyak digantungkan di langit. Who care about morality, wisdom, etc. Toh sudah ada agama yang menuntun. :) Jadi ya tidak heran, sekarang ini lebih banyak orang senang memburu keilmuan dibanding memburu filosofi.

Filosofi sekarang sudah jadi anak tiri.

salam.
Title: Re: [Komunitas] Membangun Pencak Silat Bersama
Post by: Putra Petir on 14/11/2010 16:13
kalau mau belajar filosofi ke sini... aja :D  [lucu]  [[run2]]
Title: Re: [Komunitas] Membangun Pencak Silat Bersama
Post by: aki sija on 18/11/2010 19:51
@ Bang Sarkem  :   Sebaiknya sewaktu belajar silat........berbarengan diterapkan pula filosofi......agar kaga keluar jalur [[peace2]]
Title: Re: [Komunitas] Membangun Pencak Silat Bersama
Post by: Bayu Umbara on 04/12/2010 11:22
Indonesia adalah tempat lahir dan gudangnya aliran silat dunia,
mungkin kalau dibandingkan negara china dengan aliran kungfunya,jepang dengan aliran karatenya dan thailand dengan thai boxingnya dll,
masih kalah jauh dengan aliran silat di indonesia, indonesia begitu kaya dengan khasanah silatnya dari sabang sampai mereauke,
ratusan banyaknya atau mungkin ribuan,tidak ada yang tau dengan pasti,
karena masih banyak para pesilat yang belum membuka diri secara umum,hanya diwariskan turun temurun dalam silsilah keluarga dan karabat dekat.
cuma sayangnya seperti bidang2 olah raga yang lainnya di indonesia,silat pun mengalami nasib yang serupa, apa yang salah dengan indonesia?
sehingga keberadaan silat tidak bisa seperti kungfu,karate, thai boxing dll,yang menjadi ikon beladiri dunia,
walaupun kalau dibandingkan secara teknik dan keahlian silat tidak kalah bagusnya dengan beladiri 2 tersebut,
kalau kecintaan terhadap harta kekayaan indonesia yang sangat berharga ini merata dari akar sampai kepucuk,dari rakyat jelata sampai petinggi negeri ini,
saya yakin kita akan berjaya seperti negara2 produk beladiri yang lain,
jadi memang dalam hal ini harus secara sistim kenegaraan dari pemerintah baru silat bisa mengangkasa dilangit2 dunia,
ini tanggung jawab kita semua sebagai para pencinta silat ditanah air tercinta ini,apapun caranya harus kita perjuangkan secara bersama agar silat jaya didunia,
dan tidak tercabut dari akar budaya bangsa indonesia yang sangat kita cintai ini,
kecintaan terhadap silat ini harus mendarah daging di setiap nadi rakyat indonesia,sehingga silat tidak akan menjadi merek dagang orang asing dengan klaim bahwa silat produk mereka,
wahai sahabat silat semuanya mari kita rapatkan barisan dan perkuat silaturahmi dengan menghilangkan batasan2 aliran dan embel2 perguruan,
semuanya murni para pencinta budaya silat asli indonesia,
kita dobrak semua sekat yang ada untuk tegaknya bendera silat didunia sejajar dengan beladiri2 dunia lainnya,
mohon maaf para pencinta silat kalau saya berlebih2an dalam hal ini,
ini hanya sekedar bisikan dari hati nurani saya yang terusik dengan kondisi bangsa ini
sebuah negara besar yang belum mampu membesarkan diri,terutama dalam hal ini berkenaan dengan silat,mohon maaf yang sebesar2nya sahabat silat,semoga silat jaya selalu,amiin
wassalam ;D
Title: Re: [Komunitas] Membangun Pencak Silat Bersama
Post by: mpcrb on 04/12/2010 20:45
Sebaiknya sewaktu belajar silat........berbarengan diterapkan pula filosofi......agar kaga keluar jalur

Setuju sama aki. :)

Efek dari filosofi memang bukan jangka pendek, tetapi akan terasa manakala pesilat tersebut sudah masuk pada tingkatan yang lebih tinggi. Justru ini yang berbahaya. Efek jangka panjang akan bisa menimbulkan permasalahan yang tidak kecil.

Istilahnya, "to create a new motor (movement) program it takes 350-500 repetitions. But, to break a faulty movement pattern and then create a new motor program it takes 3500-5000 repetitions".

Jadi memang filosofi harus diterapkan sedari awal belajar silat. Ataukah membiarkan saja takdir Tuhan bekerja dalam perjalanan hidup sang pesilat???

Salam.
Title: Re: [Komunitas] Membangun Pencak Silat Bersama
Post by: Bayu Umbara on 06/12/2010 13:49
Setuju Pisan sareng aki sija dan mas mpcrb :) :) :)
bahwa dalam belajar silat,apapun alirannya harus langsung berbarengan dengan falsafah silat itu sendiri maupun falsafah kebaikan dan kehidupan,sehingga seorang murid tidak akan salah kaprah dengan ilmunya dan akan menekan bibit2 kesombongan yang ada didalam dada setiap manusia,bahkan mungkin bisa dihilangkan,sehingga sang murid nantinya akan tetap berada didalam garis kebaikan dan kebenaran dan tidak menyalah gunakan kemampuannya untuk mencelakakan orang lain apalagi dipakai untuk berbuat kejahatan,kalau kita kembalikan kepada makna dasar dari silat itu sendiri yaitu silaturahim,yaitu menyambungkan rahim atau kasih sayang allah kepada seluruh makhluk-Nya,wallohu'alam bisshowab
wassalam
Hosra Afrizoni