+-

Video Silat


Shoutbox

10/02/2021 10:29 anaknaga: Salam Silat..
Semoga Sadulur sekalian sehat semua di Masa Pandemi Covid-19. semoga olah raga dan rasa dapat meningkatkan daya tahan tubuh kita. hampur 5 tahun tidak ada yang memberikan komen disini.
23/12/2019 08:32 anaknaga: Tidak bisa masuk thread. dah lama tidak nengok perkembangan forum ini.
salam perguruan dan padepokan silat seluruh nusantara.
02/07/2019 18:01 Putra Petir: Akhirnya masuk jua... wkwkwk
13/12/2016 10:49 Taufan: Yuk ke Festival Kampung Silat Jampang 17-18 Desember 2016!!!
20/09/2016 16:45 Dolly Maylissa: kangen diskusi disini
11/02/2016 15:58 Taufan: Alhamdulillah SS sudah ON lagi ;-)
07/01/2016 10:00 luri: wa 'alaikumussalam
View Shout History

Recent Topics

PPS Betako Merpati Putih by acepilot
14/08/2020 10:06

Minta Do`a dan bimbingan para suhu dan sesepuh silat :D. SANDEKALA by zvprakozo
10/04/2019 18:34

On our book: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
13/03/2017 14:37

Siaran Radio ttg. Musik Pencak Silat di Stasiun "BR-Klassik / Musik der Welt" by Ilmu Padi
12/01/2017 16:19

Tentang buku kami: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
17/10/2016 20:27

Hoby Miara Jin by anaknaga
19/09/2016 04:50

TALKSHOW SILAT - Silat Untuk Kehidupan by luri
22/06/2016 08:11

Thi Khi I Beng by aki sija
17/08/2015 06:19

[BUKUTAMU] by devil
09/06/2015 21:51

Daftar Aliran dan Perguruan di Indonesia by devil
01/06/2015 14:01

SILAT BERDO'A SELAMAT by devil
01/06/2015 13:59

Persilatan Jurus Lima (Sabandar) by Marsudi Eko
14/05/2015 19:36

Kebugaran Merpati Putih by mpcrb
22/04/2015 16:16

PAWAI JAMBORE PENCAK 2015 by luri
20/04/2015 16:20

ALM. Kong Nur ( BEKSI Kampung Sawah) by initial_d
30/03/2015 14:02

SilatIndonesia.Com

Author Topic: ask : ilmu silat kerajaan majapahit?  (Read 33647 times)

santri kinasih

  • Moderator
  • Calon Pendekar
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 2
  • -Receive: 39
  • Posts: 609
  • Reputation: 119
    • Email
Re: ask : ilmu silat kerajaan majapahit?
« Reply #15 on: 14/04/2010 17:58 »
Setuju dengan kedewasaan mas prapto..:)....Saya sendiri pernah mendalami ilmu pernapasan yang konon dimulai 5000 tahun yang lalu..Saya juga pernah belajar silat yang konon warisan mataram kuno..Saya juga pernah belajar silat yang konon diwariskan oleh sunan bonang..apakah benar atau tidak? Dulu saya yakin sekali, tapi tetap terbuka melihat dan mendengar pembuktian dan pendapat orang lain..Jangankan sejarah ratusan tahun..sejarah 30s pki saja masih banyak versi..tapi at the end of day, semua akan kembali kepada keyakinan masing2...:)

dewaindra

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 3
  • Posts: 59
  • Reputation: 4
Re: ask : ilmu silat kerajaan majapahit?
« Reply #16 on: 15/04/2010 09:28 »
hi hi hi @ TOP mas Suprapto...penjelasan yg hebat.... semoga ini di baca oleh perguruan2 yang ada sekarang....kita tdk terpaku oleh garis sisilah...!!! "kata guru saya : kita hidup di dunia ini satu sama yang lain adalah bukan orang lain, satu dengan yang lain saling melengkapi"  @Satria Kinasih..saya juga setuju dengan peryataan panjenegan " semua akan kembali pada keyakinan masing2" karena kita bukan pelaku sejarah tetapi penerus dr sejarah yg di bangun oleh pendahulu kita....kita menjadi penerus "BAIKNYA" dalam pelestraian silat......untuk sejarah memang sebaiknya kita kembalikan ke masing2 pribadi dan perguruan....selalu berlatih dan melatih sebagai ujud pelestarian silat....

Destroyer9

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 79
  • Reputation: 0
  • Ingin Mengenal Silat,Banyak Bertanya.
    • Email
  • Perguruan: Tarung Derajat,Merpati Putih
Re: ask : ilmu silat kerajaan majapahit?
« Reply #17 on: 08/06/2010 20:35 »
Saya baru belajar MP.

Kata Pelatih juga, Silat MP tuh di pake di Kerajaan Majapahit!
Saya ingin mengenal Silat, Mohon bantuan

Abu Zakka

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 2
  • -Receive: 13
  • Posts: 366
  • Reputation: 67
  • Sabandar Kari Madi
  • Perguruan: Maenpo Kari
Re: ask : ilmu silat kerajaan majapahit?
« Reply #18 on: 10/06/2010 10:10 »
Kayaknya saya tau nih, alasannya kenapa Saudara/i berusaha menelusuri silatnya kerajaan Majapahit. (Sok tau banget ya hehehe [[peace2]])

Saya juga dulu pernah punya pertanyaan seperti ini (lebih tepatnya keraguan dalam hati seperti ini) setelah saya melakukan penelitian dan tanya sana sini, maka terjawablah keraguan dan pertanyaan saya. kesimpulannya adalah, yang jadi pertanyaan saya tidak akan saya temukan jawabannya di silat Majapahit, karena memang tidak ada di sana. harus di cari di Jawa Barat...

Peace ah, ngacok nih  [[peace2]] [[peace2]] hehehe

Sori kalau gak nyambung

 [[run2]] [[run2]] [[run2]] [[run2]] [[run2]] [[run2]]
Cadu Nyekel Cadu Kacekel...

santri kinasih

  • Moderator
  • Calon Pendekar
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 2
  • -Receive: 39
  • Posts: 609
  • Reputation: 119
    • Email
Re: ask : ilmu silat kerajaan majapahit?
« Reply #19 on: 10/06/2010 10:13 »
Ada Agung Budi Aji di wonosari yang konon punya silsilah sampai jaman majapahit..

innova

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 0
  • Posts: 21
  • Reputation: 2
  • Sahabat Silat
Re: ask : ilmu silat kerajaan majapahit?
« Reply #20 on: 10/06/2010 12:17 »
Kayaknya saya tau nih, alasannya kenapa Saudara/i berusaha menelusuri silatnya kerajaan Majapahit. (Sok tau banget ya hehehe [[peace2]])

Saya juga dulu pernah punya pertanyaan seperti ini (lebih tepatnya keraguan dalam hati seperti ini) setelah saya melakukan penelitian dan tanya sana sini, maka terjawablah keraguan dan pertanyaan saya. kesimpulannya adalah, yang jadi pertanyaan saya tidak akan saya temukan jawabannya di silat Majapahit, karena memang tidak ada di sana. harus di cari di Jawa Barat...

Peace ah, ngacok nih  [[peace2]] [[peace2]] hehehe

Sori kalau gak nyambung

 [[run2]] [[run2]] [[run2]] [[run2]] [[run2]] [[run2]]

wow......
boleh dishare dunk penelitiannya jangan hanya kesimpulannya..... [[peace2]]



Ranggalana

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 1
  • Posts: 652
  • Reputation: 81
  • sastra jendra hyu ning rad pangruwating diyu
    • Email
Re: ask : ilmu silat kerajaan majapahit?
« Reply #21 on: 10/06/2010 14:04 »
Saya kira sangat sulit membuktikan bahwa ada pencak Majapahit. Relief-relief dari Majapahit tidak ada yang gamblang melukiskan pencak dan sastranya juga tidak, lain dengan silat Sunda yang jelas di deskripsikan di dalam Kidung Sundayana yang mengisahkan perang antara Pajajaran dengan Majapahit.

Meski demikian uraian Ma Huan tentang lelaki Majapahit yang sejak usia 3 tahun menyandang keris dan sering berkelahi dengan keris itu, serta beberapa legenda lain, secara tidak langsung menyiratkan ada semacam silat di Majapahit.
batu kali jadi candi, duka jadi puisi, jagal jadi wali

Pangeran Muda

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 5
  • Posts: 211
  • Reputation: 18
    • Email
Re: ask : ilmu silat kerajaan majapahit?
« Reply #22 on: 10/06/2010 15:39 »
Saya merasa..insya alloh pasti ada ilmu silatnya hanya saja (mgkn) tidak terdokumentasi dgn baik). Bagaimana bisa saya sampai berkata begini? Karena Majapahit adalah sebuah kerajaan/negara berdaulat yang mempunyai kekuasaan yang besa dan dengan ekspansi yang sangat luas cakupannya dan dominan (kecuali wilayah sunda). Tidaklah mungkin bagi suatu negara untuk meng-ekspansi negara lain bila tidak mempunyai teknologi, SDM, teknik tempur dan strategi yang baik. Mungkin saja bisa (bila ada yang mau) menelusuri dengan benar2 dan dengan org2 yang tepat dan juga dengan catatan harus ada rasa saling percaya dan saling amanat. Karena biasanya yang di gali merasa curiga sehingga gak mau membuka tabir misterinya dan juga yang menggali juga haruslah amanat dalam menjaga agar tidak jatuh ke tangan yang tidak bertanggung jawab.

Tabik
Kembang Jadi Buah, Buah Jadi Kembang

Putra Petir

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 15
  • Posts: 1.359
  • Reputation: 63
    • Email
  • Perguruan: Balerante
Re: ask : ilmu silat kerajaan majapahit?
« Reply #23 on: 11/06/2010 09:55 »
wah hebat kasih GRP buat Pangeran Muda dan Abu Zakka  [top]
"Sugih tanpo bondho,pintar tanpo ngeguru, menang tanpo ngasorake, nglurug tanpo bala, mangan tanpo mbayar."

Abu Zakka

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 2
  • -Receive: 13
  • Posts: 366
  • Reputation: 67
  • Sabandar Kari Madi
  • Perguruan: Maenpo Kari
Re: ask : ilmu silat kerajaan majapahit?
« Reply #24 on: 11/06/2010 13:58 »
Makasih GRP nya Kang Sarkam [top]
Cadu Nyekel Cadu Kacekel...

Adji_Aris

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 35
  • Reputation: 3
    • Email
Re: ask : ilmu silat kerajaan majapahit?
« Reply #25 on: 11/06/2010 16:49 »
 [top]

bjaya

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 7
  • Reputation: 0
  • Sahabat Silat
Re: ask : ilmu silat kerajaan majapahit?
« Reply #26 on: 13/06/2010 22:47 »
hmmm majapahit ya? kalo pengalaman ngobrol santai (lepas latihan) dulu dengan orang" tua pencinta pencak silat di kampung... jaman kerajaan lebih mengarah ke silat bathin...olah nafas, olah bathin dg tapa brata, penggabungan fisik dg mantra, dll...itu yg masih bisa ditelusuri jejaknya sedangkan untuk olah badan (silat fisik) hampir bisa dikatakan tidak diketahui jejaknya (bisa punah atau tersembunyi)... penggunaan silat bathin yg juga ada kaitan dg religi dan atau kepercayaan kuno masih ditambahi dg penggunaan senjata" tradisional yg juga beraroma magi...
saya kira demikian hasil obrolan saya dg beberapa sesepuh kampung (yg bisa sy share)...
CMIIW

dewaindra

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 3
  • Posts: 59
  • Reputation: 4
Re: ask : ilmu silat kerajaan majapahit?
« Reply #27 on: 14/06/2010 11:06 »
he heh memang susah sih mencari bukti ontentik mengenai silat dr majapahit ini... walu seratu persen saya yakin itu ada tetapi saat ini... " misalakan saja seseorang merasa mengalami kejadian luar biasa duluar keinginan dia...bahwa dia mendapat pelajaran dr tokoh2 yg hidup pada masa majapahit...dan terus mendirikan perguruan tentunya sudah di sempurnakan..." nah apakah ini bertai ilmu ini juga berasal dr majapahit...? padahal jelas secra bukti dia ngak bis abuktiin tetapi secra cerita ternya tokoh2 ini emang tokoh2 majapahit... hal seperti ini tentunya banyak terjadi di Indonesia ini... toh kalu gerak silat kita bisa liat kok dari gerak2 dia kalu dia ngaku gerak dr majapahit tapi setelah kita liat geraknya mirip beladiri dr luar ya perlu kita pertanyakan...? tapi apapun bentuknya,olah kanuragan,olah napas,olah batinya,...warisan dr Majapahit ini pasti ada dan menyebar di seluruh nusantara....

tjondrot

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 5
  • Reputation: 2
  • Sahabat Silat
    • Email
Re: ask : ilmu silat kerajaan majapahit?
« Reply #28 on: 11/01/2011 14:01 »
Just menyambung pembicaraan, dahulu sempat di tahun 1985 an diliput di tabloid Bola, sebuah perguruan yang bernama Institut Silat Garuda Winata. Di tulis dalam artikel tersebut saat itu sumber keilmuan di turunkan sejak prajurit2 bhayangkara dilatih di bedander. Saat ini keberadaan perguruan tersebut tdk ada yang tahu

anolles

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 4
  • Posts: 248
  • Reputation: 9
    • Email
Re: ask : ilmu silat kerajaan majapahit?
« Reply #29 on: 14/01/2011 23:00 »
mmmm majapahit ya...  ::) ::) ::)

memang sih menguasai nusantara kecuali satu kerajaan di ujung barat jawa ( galuh pakuan padjajaran)

berdasarkan kitab Pustaka Rajyarajya i Bhumi Nusantara; pangeran wijaya sang pendiri kerajaan majapahit adalah putra  Darmasiksa Prabu sanghyang wisnu (raja Sunda ke 25) dan ibunya adalah Dyah Lembu Tal putri Mahisa Cempaka dari Kerajaan Singhasari, beliau lahir di pakuan sebagai ahli waris penerus kerajaan sunda ke 26. namun beliau mendirikan kerajaan di timur pulau jawa dengan nama Majapahit sedangkan kerajaan sunda di teruskan oleh putra terbesar prabu Darmasiksa yaitu Rakryan Saunggalah/Ragasuci (Sang MoktĂ©ng Taman, 1297 - 1303) sebagai raja sunda ke 26.

nah loh ternyata kerajaan kerajaan besar yang ada di nusantara berasal dari satu keturunan yaitu kerajaan sunda

nah berarti ane setuju ma bang abu zakka klo mo nelusurin ilmu beladiri nusantara ya cari aja di tatar pasundan coz kerajaan sunda sudah ada dari tahun 150 M (salaka nagara dan Tarumanagara)

 :) :)
 
kisah sedih kidung sundayana

 

Powered by EzPortal