+-

Video Silat


Silat Tradisional di Pencak Silat Word Championshi
BEKSI TRADISIONAL H HASBULLOH
Ajirasa Sabandar Kari Madi
perisai diri performance, Jambore pencak silat
Gulat Madura, Akeket Macanan ala Cakra-V
Festival Silat Kampung Jampang - Beksi Hasbullah #
PHILOSOPHY OF CHAKRA-V
Di belakang Layar Pendekar Macan Paku Banten
Jurus Macanan KYS

Shoutbox

20/03/2014 21:24 akoekoko: tes, tes, satu dua...
10/01/2014 22:16 arip: tessss..... happy new year.. ada event apa ini dunia persilatan tahun ini? :D
28/08/2013 13:28 Bang Gagak: Assalamualaikum... bang..
11/08/2013 16:12 Aku: Untuk semua sahabat...Minal aidzin wal faidzin. Mohon maaf lahir batin
09/08/2013 05:32 Dolly Maylissa: Maaf lahir batin ya semua, selamat hari raya idul fitri
08/08/2013 23:50 anaknaga: assalamu'alaikum para master dan praktisi MA. selamat hari raya Idul Fitri 1434H, Taqabalallahuminna waminkum.

salam.
01/08/2013 15:35 guebanget: ting nong ding dong
View Shout History

Recent Topics

PPS Betako Merpati Putih by mpcrb
17/04/2014 09:42

Tai Chi Meringankan Depresi pada Lansia by ifung
16/04/2014 19:27

Pencak Silat "NATAR" dari perbatasan sumut dan sumbar by Tiger_Lord
10/04/2014 17:12

13 DASAR TAIJIQUAN BAGIAN 1 by ifung
09/04/2014 22:17

Menangis Dapat Membantuan meringankan Stres, Tapi untuk Kesehatan Optimal Anda P by ifung
05/04/2014 22:06

Dialog Keajaiban Silat - Silat untuk Kehidupan by luri
04/04/2014 14:16

Merpati Putih by alfee
02/04/2014 19:26

Silat Gombel Tradisional by Putra
24/03/2014 15:02

Pencak Silat Tertua Betawi "Silat Gombel aliran Jalak putih" by Putra
24/03/2014 14:18

PABUCI (PANCERBUMI CIKALONG/PASAR BARU CIANJUR) by luri
23/03/2014 17:38

TOKOH-TOKOH SILAT BAMBU LARANGAN by AGUNGP
19/03/2014 12:39

Jeet Kune Do by ifung
16/03/2014 18:18

THE EIGHT BASIC METHODS OF CHEN STYLE TAI CHI CHUAN by ifung
16/03/2014 17:50

Peluncuran Buku KEAJAIBAN SILAT oleh Edwin Hidayat Abdullah by Satria Naga
12/02/2014 01:42

PS.Al-Barokah by ridwanelektro
14/12/2013 13:29

SilatIndonesia.Com

Author Topic: bagaimana cara tehnik supaya tendangan & pukulan bagus ? mohon bantuan &infonya  (Read 8151 times)

pejoang

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 5
  • Reputation: 0
    • Email
halooooo mas mas apa kabar nieh? maaf mas berhubung saya adalah murid baru dalam sebuah cabang ilmu beladiri ada yang mau saya tanyain nieh. 1.gimana ya supaya tendangan saya bagus&tinggi/jauh. 2.supaya pukulan kita kenceng&bertenaga gimana ya? ::)terimakasih banyak saya yakin mas mas adalah sudah senior di beladiri maka saya mohon infnya ditunggu mas trims [top]

f4iz

  • Guest
halooooo mas mas apa kabar nieh? maaf mas berhubung saya adalah murid baru dalam sebuah cabang ilmu beladiri ada yang mau saya tanyain nieh. 1.gimana ya supaya tendangan saya bagus&tinggi/jauh. 2.supaya pukulan kita kenceng&bertenaga gimana ya? ::)terimakasih banyak saya yakin mas mas adalah sudah senior di beladiri maka saya mohon infnya ditunggu mas trims [top]
Salam Mas..
Tiap kali saya bertanya pertanyaan yg sama kepada guru-2x, senior-2x, dan orang-2x yg pinter lainnya jawabannya adalah:
1. Latihan yg keras
2. Latihan yg tekun
3. Latihan yg bener
4. Harus ngerjain nomer 1,2,3 yg sungguh-2x
Ini ilmu jangan dibantah  ;D ;D
Wasalam,
Faiz

Dolly Maylissa

  • Moderator
  • Calon Pendekar
  • **
  • Thank You
  • -Given: 7
  • -Receive: 12
  • Posts: 519
  • Reputation: 49
  • silat itu ya salaman bukan gebuk2an,,,
    • d01ly's blog
    • Email
Salam kenal,
biar tendangan ato pukulan bagus ? Kata guru saya setiap menendang ato melakukan pukulan harus dibarengin ma pengaturan napas,ketika br mau nendang ato mukul n napas ditahan dan napas dilepas bersamaan dng perakan pukul atau tendangan. Dicoba dh mudah2an aj bisa ngebantu latihannya
baru belajar nulis

Antara

  • Moderator
  • Pendekar Madya
  • **
  • Thank You
  • -Given: 28
  • -Receive: 28
  • Posts: 1.163
  • Reputation: 109
  • Malu bertanya tinggal pake GPS...
Mas Pejoang,

Kriteria pukulan dan tendangan yang bagus berbeda-beda pada beladiri yang
berbeda... akibatnya, cara melatihnya-pun beda. Yang paling bagus memang
ikuti saja sistem latihan yang sedang ditekuni...

Ngomong-ngomong Mas Pejoang latihan apa?
Fairy tales don't tell children that dragons are real...
Children always know that dragons are real...
Fairy tales only tell that dragons can be slain...

Jali Jengki

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 828
  • Reputation: 43
  • Love Pencak Silat, Proud to be Indonesian
M@s Pejoang,..udah jelaskan? mungkin jawaban teman2 sudah membantu...tinggal menambahkan saja yang kurang...

Seperti pernah dijelaskan Kang Yana tentang rumus E=mc2, misal menendang tekanannya berbeda apabila tangan dikepal dengan terbuka...pemanfaatan gerak momentum,misal memukul lebih terasa lebih ringan apabila tenaga lawan dimanfaatkan.

Contoh gerak momentum mungkin bisa didapat ketika kita mendorong mobil, akan terasa lebih ringan jika mobilnya digerak2kan terlebih dahulu, dalam "lomba tarik tambang" pun ada unsur gerak momentum...Makanya selama ikutan tarik tambang tidak pernah kalah,karena tahu rumusnya... [lucu]

Tabik,...jali
Kullu Nafsin Zaaiqatul MAUT

adit joker

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 108
  • Reputation: 7
  • IKSPI KERA SAKTI
klo mau tendangan tinggi, latian buka kaki (split)
itu aja sih yg saya tau dari anak taekwondo

dan klo mau nendang ingat dgn poros kaki tumpuan kita, musti maksimal mutarnya..
IKATAN KELUARGA SILAT PUTRA INDONESIA KERA SAKTI

simpay

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 192
  • Reputation: 5
mungkin sedikit tambahan ..menambahkan saran2 dari para pendekar diatas...
*Dalam hal pukulan...kerasnya pukulan itu tergantung juga dari cara perputaran pergelangan tangan....contoh dalam posisi awal..tangan kita dalam posisi mengepal dan arah kepalan tangan keatas...naah pada saat kita memukul lawan,sebelum kepalan tangan kita kena pada sasaran...maka kepalan tangan kita itu kita putar,maka bobot pukulan kita otomatis akan bertambah..
*Dalam hal tendangan,supaya tendangan kita tinggi...maka kita juga diharuskan belajar untuk bisa split(maap klw tulisannya salah... :D),yaitu posisi kedua kaki bisa sejajar dan menempel pada lantai....

mudah2an bermanpaat

salam

simpay

putri teratai

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 805
  • Reputation: 20
  • datang kembali datang tuk mencapai kesempurnaan
    • PD-Total Quality Body Management
Salam,

Banyak drilling dan juga perkuat kuda-kuda, tetapi jangan lupa juga fisik (nafas) menjadi modal utama dalam setiap pergerakan (movement) dari silat.

Diriling bisa menitan bisa juga juga hitungan, sampai menemukan titik dimana tendangan dan pukulan itu bener-bener sempurna. Sempurna artinya, cepat, tepat, bertenaga, dan juga bentuknya memang seperti yang diajarkan Guru.

Sedangkan speed, banyak sekali medianya untuk berlatih. Bisa diair, dengan beban, dll

Semoga membantu ya?

Putri Teratai
percaya dan cintailah dirimu
(Kita ada di sini bukan untuk saling bersaing. Kita ada di sini untuk saling melengkapi. - Bill Mccartney)

HartCone

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 733
  • Reputation: 38
    • Martial Arts Forever
ikutan sumbang saran:

untuk pukulan yang keras harus ada "isi-kosong", bila di "isi" terus maka jadi lambat ga ada bedanya dengan mendorong, memang ada power tetapi lecutannya tidak ada, dan hal yang paling gampang dilakukan dalam pelatihan adalah kondisi "rileks" saat mau memukul, bahu rata, tidak perlu di angkat...

sama seperti pukulan, tendangan pun harus ada lecutan, dan itu yang dipake sebagai poros adalah dengkul, kalau kita nendang memakai poros selangkangan, hasilnyah juga lambreta-lembey-lembey tidak ada tenaga...

demikian sumbang saran yang sederhana ini, semoga ada gunanyah.

salam,
Hartcone
« Last Edit: 01/05/2008 15:02 by HartCone »

dsbasuki

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 11
  • -Receive: 24
  • Posts: 528
  • Reputation: 56
    • Who? Me?
  • Perguruan: Kelatnas Indonesia PERISAI DIRI
...tendangan pun harus ada lecutan, dan itu yang dipake sebagai poros adalah dengkul, kalau kita nendang memakai poros selangkangan, hasilnyah juga lambreta-lembey-lembey tidak ada tenaga...
Salam Mas HartCone...
Saya kurang setuju (bukan ga setuju lho) sama pendapat Sampeyan. Itu tergantung jenis tendangannya. Kalo tendangan slosor-nya PD, itu harus menggunakan slangkangan (karena jenisnya memang tendangan ayun, bukan lecutan) dan itu bisa cepat serta sangat keras. Prinsip yang digunakan adalah seperti bandul, di mana momentum dari pergelangan kaki hingga telapak kaki yang menjadi bandulnya, ruas kaki lurus menjadi string, dan slangkangan menjadi titik tumpunya.

Kalo itu jenis tendangan lurus (gejlik di PD atau mae geri di karate), saya seratus persen setuju dengan pendapat Anda. Begitu juga dengan tendangan T dan tendangan lecutan lainnya.

Salam...

HartCone

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 733
  • Reputation: 38
    • Martial Arts Forever
yup, betul, saya kurang lengkap kasih jenis2 tendangan, thx...  [top]

Ranggalana

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 1
  • Posts: 652
  • Reputation: 81
  • sastra jendra hyu ning rad pangruwating diyu
    • Email
....memakai poros selangkangan....menggunakan slangkangan ...slangkangan menjadi titik tumpunya.
Salam...

Bukan pesilat kalau tidak bisa menggunakan selangkangan dengan baik ;D

Salam hangat.
Bram
batu kali jadi candi, duka jadi puisi, jagal jadi wali

ranov23

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 6
  • Reputation: 0
    • Email
klu pengen tendangan jdi kuat en kuda2 bertahn lma aq pny carana.

1.untuk tndangan supaya kuat kita hrus selalu mlih kuda2 kita en d ltih tuh 1 grakan min 1 menit.
2.kita harus sring pemanasan yg bgus termasuk pemanasan lari.
3.jika pengen tendangan jdi tinggi harus isa ltihan split sampai nyentuh tanah tuh slangkangannya.

tuh smua mnurut ajaran perguruan kung fu saya bro.........
memang sech bnyak org blg klu kung fu itu radak sulit en berat,tapi klu ntar kita udah jdi warga en pendekar dijamin dech tendangan en smua grakan kita akan lbih bgus en mantap.................. [run]

EricB

  • Guest
@ ranov23

menurut saya, keyboard anda rusak atau cara titik rada lieur  ::)

 

 

Powered by EzPortal