Forum Sahabat Silat

Bahasa Indonesia => Silat Diskusi Umum => Topic started by: pejoang on 25/02/2008 18:55

Title: bagaimana cara tehnik supaya tendangan & pukulan bagus ? mohon bantuan &infonya
Post by: pejoang on 25/02/2008 18:55
halooooo mas mas apa kabar nieh? maaf mas berhubung saya adalah murid baru dalam sebuah cabang ilmu beladiri ada yang mau saya tanyain nieh. 1.gimana ya supaya tendangan saya bagus&tinggi/jauh. 2.supaya pukulan kita kenceng&bertenaga gimana ya? ::)terimakasih banyak saya yakin mas mas adalah sudah senior di beladiri maka saya mohon infnya ditunggu mas trims [top]
Title: Re: bagaimana cara tehnik supaya tendangan & pukulan bagus ? mohon bantuan &infonya
Post by: f4iz on 26/02/2008 05:30
halooooo mas mas apa kabar nieh? maaf mas berhubung saya adalah murid baru dalam sebuah cabang ilmu beladiri ada yang mau saya tanyain nieh. 1.gimana ya supaya tendangan saya bagus&tinggi/jauh. 2.supaya pukulan kita kenceng&bertenaga gimana ya? ::)terimakasih banyak saya yakin mas mas adalah sudah senior di beladiri maka saya mohon infnya ditunggu mas trims [top]
Salam Mas..
Tiap kali saya bertanya pertanyaan yg sama kepada guru-2x, senior-2x, dan orang-2x yg pinter lainnya jawabannya adalah:
1. Latihan yg keras
2. Latihan yg tekun
3. Latihan yg bener
4. Harus ngerjain nomer 1,2,3 yg sungguh-2x
Ini ilmu jangan dibantah  ;D ;D
Wasalam,
Faiz
Title: Bagaimana cara tehnik supaya tendangan & pukulan bagus ? Mohon bantuan &infonya
Post by: Dolly Maylissa on 26/02/2008 11:57
Salam kenal,
biar tendangan ato pukulan bagus ? Kata guru saya setiap menendang ato melakukan pukulan harus dibarengin ma pengaturan napas,ketika br mau nendang ato mukul n napas ditahan dan napas dilepas bersamaan dng perakan pukul atau tendangan. Dicoba dh mudah2an aj bisa ngebantu latihannya
Title: Re: bagaimana cara tehnik supaya tendangan & pukulan bagus ? mohon bantuan &infonya
Post by: Antara on 26/02/2008 13:19
Mas Pejoang,

Kriteria pukulan dan tendangan yang bagus berbeda-beda pada beladiri yang
berbeda... akibatnya, cara melatihnya-pun beda. Yang paling bagus memang
ikuti saja sistem latihan yang sedang ditekuni...

Ngomong-ngomong Mas Pejoang latihan apa?
Title: Re: bagaimana cara tehnik supaya tendangan & pukulan bagus ? mohon bantuan &info
Post by: Jali Jengki on 26/02/2008 14:13
M@s Pejoang,..udah jelaskan? mungkin jawaban teman2 sudah membantu...tinggal menambahkan saja yang kurang...

Seperti pernah dijelaskan Kang Yana tentang rumus E=mc2, misal menendang tekanannya berbeda apabila tangan dikepal dengan terbuka...pemanfaatan gerak momentum,misal memukul lebih terasa lebih ringan apabila tenaga lawan dimanfaatkan.

Contoh gerak momentum mungkin bisa didapat ketika kita mendorong mobil, akan terasa lebih ringan jika mobilnya digerak2kan terlebih dahulu, dalam "lomba tarik tambang" pun ada unsur gerak momentum...Makanya selama ikutan tarik tambang tidak pernah kalah,karena tahu rumusnya... [lucu]

Tabik,...jali
Title: Re: bagaimana cara tehnik supaya tendangan & pukulan bagus ? mohon bantuan &info
Post by: adit joker on 27/02/2008 12:17
klo mau tendangan tinggi, latian buka kaki (split)
itu aja sih yg saya tau dari anak taekwondo

dan klo mau nendang ingat dgn poros kaki tumpuan kita, musti maksimal mutarnya..
Title: Re: bagaimana cara tehnik supaya tendangan & pukulan bagus ? mohon bantuan &info
Post by: simpay on 16/03/2008 17:10
mungkin sedikit tambahan ..menambahkan saran2 dari para pendekar diatas...
*Dalam hal pukulan...kerasnya pukulan itu tergantung juga dari cara perputaran pergelangan tangan....contoh dalam posisi awal..tangan kita dalam posisi mengepal dan arah kepalan tangan keatas...naah pada saat kita memukul lawan,sebelum kepalan tangan kita kena pada sasaran...maka kepalan tangan kita itu kita putar,maka bobot pukulan kita otomatis akan bertambah..
*Dalam hal tendangan,supaya tendangan kita tinggi...maka kita juga diharuskan belajar untuk bisa split(maap klw tulisannya salah... :D),yaitu posisi kedua kaki bisa sejajar dan menempel pada lantai....

mudah2an bermanpaat

salam

simpay
Title: Re: bagaimana cara tehnik supaya tendangan & pukulan bagus ? mohon bantuan &infonya
Post by: putri teratai on 01/05/2008 13:03
Salam,

Banyak drilling dan juga perkuat kuda-kuda, tetapi jangan lupa juga fisik (nafas) menjadi modal utama dalam setiap pergerakan (movement) dari silat.

Diriling bisa menitan bisa juga juga hitungan, sampai menemukan titik dimana tendangan dan pukulan itu bener-bener sempurna. Sempurna artinya, cepat, tepat, bertenaga, dan juga bentuknya memang seperti yang diajarkan Guru.

Sedangkan speed, banyak sekali medianya untuk berlatih. Bisa diair, dengan beban, dll

Semoga membantu ya?

Putri Teratai
Title: Re: bagaimana cara tehnik supaya tendangan & pukulan bagus ? mohon bantuan &info
Post by: HartCone on 01/05/2008 15:00
ikutan sumbang saran:

untuk pukulan yang keras harus ada "isi-kosong", bila di "isi" terus maka jadi lambat ga ada bedanya dengan mendorong, memang ada power tetapi lecutannya tidak ada, dan hal yang paling gampang dilakukan dalam pelatihan adalah kondisi "rileks" saat mau memukul, bahu rata, tidak perlu di angkat...

sama seperti pukulan, tendangan pun harus ada lecutan, dan itu yang dipake sebagai poros adalah dengkul, kalau kita nendang memakai poros selangkangan, hasilnyah juga lambreta-lembey-lembey tidak ada tenaga...

demikian sumbang saran yang sederhana ini, semoga ada gunanyah.

salam,
Hartcone
Title: Re: bagaimana cara tehnik supaya tendangan & pukulan bagus ? mohon bantuan &info
Post by: dsbasuki on 01/05/2008 15:15
...tendangan pun harus ada lecutan, dan itu yang dipake sebagai poros adalah dengkul, kalau kita nendang memakai poros selangkangan, hasilnyah juga lambreta-lembey-lembey tidak ada tenaga...
Salam Mas HartCone...
Saya kurang setuju (bukan ga setuju lho) sama pendapat Sampeyan. Itu tergantung jenis tendangannya. Kalo tendangan slosor-nya PD, itu harus menggunakan slangkangan (karena jenisnya memang tendangan ayun, bukan lecutan) dan itu bisa cepat serta sangat keras. Prinsip yang digunakan adalah seperti bandul, di mana momentum dari pergelangan kaki hingga telapak kaki yang menjadi bandulnya, ruas kaki lurus menjadi string, dan slangkangan menjadi titik tumpunya.

Kalo itu jenis tendangan lurus (gejlik di PD atau mae geri di karate), saya seratus persen setuju dengan pendapat Anda. Begitu juga dengan tendangan T dan tendangan lecutan lainnya.

Salam...
Title: Re: bagaimana cara tehnik supaya tendangan & pukulan bagus ? mohon bantuan &info
Post by: HartCone on 01/05/2008 15:20
yup, betul, saya kurang lengkap kasih jenis2 tendangan, thx...  [top]
Title: Re: bagaimana cara tehnik supaya tendangan & pukulan bagus ? mohon bantuan &info
Post by: Ranggalana on 01/05/2008 15:25
....memakai poros selangkangan....menggunakan slangkangan ...slangkangan menjadi titik tumpunya.
Salam...

Bukan pesilat kalau tidak bisa menggunakan selangkangan dengan baik ;D

Salam hangat.
Bram
Title: Re: bagaimana cara tehnik supaya tendangan & pukulan bagus ? mohon bantuan &info
Post by: ranov23 on 16/05/2008 03:42
klu pengen tendangan jdi kuat en kuda2 bertahn lma aq pny carana.

1.untuk tndangan supaya kuat kita hrus selalu mlih kuda2 kita en d ltih tuh 1 grakan min 1 menit.
2.kita harus sring pemanasan yg bgus termasuk pemanasan lari.
3.jika pengen tendangan jdi tinggi harus isa ltihan split sampai nyentuh tanah tuh slangkangannya.

tuh smua mnurut ajaran perguruan kung fu saya bro.........
memang sech bnyak org blg klu kung fu itu radak sulit en berat,tapi klu ntar kita udah jdi warga en pendekar dijamin dech tendangan en smua grakan kita akan lbih bgus en mantap.................. [run]
Title: Re: bagaimana cara tehnik supaya tendangan & pukulan bagus ? mohon bantuan &infonya
Post by: EricB on 16/05/2008 11:43
@ ranov23

menurut saya, keyboard anda rusak atau cara titik rada lieur  ::)