+-

Video Silat

Shoutbox

23/12/2019 08:32 anaknaga: Tidak bisa masuk thread. dah lama tidak nengok perkembangan forum ini.
salam perguruan dan padepokan silat seluruh nusantara.
02/07/2019 18:01 Putra Petir: Akhirnya masuk jua... wkwkwk
13/12/2016 10:49 Taufan: Yuk ke Festival Kampung Silat Jampang 17-18 Desember 2016!!!
20/09/2016 16:45 Dolly Maylissa: kangen diskusi disini
11/02/2016 15:58 Taufan: Alhamdulillah SS sudah ON lagi ;-)
07/01/2016 10:00 luri: wa 'alaikumussalam
04/01/2016 20:21 May Lee: Assalamu 'alaikum
View Shout History

Recent Topics

PPS Betako Merpati Putih by acepilot
14/08/2020 10:06

Minta Do`a dan bimbingan para suhu dan sesepuh silat :D. SANDEKALA by zvprakozo
10/04/2019 18:34

On our book: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
13/03/2017 14:37

Siaran Radio ttg. Musik Pencak Silat di Stasiun "BR-Klassik / Musik der Welt" by Ilmu Padi
12/01/2017 16:19

Tentang buku kami: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
17/10/2016 20:27

Hoby Miara Jin by anaknaga
19/09/2016 04:50

TALKSHOW SILAT - Silat Untuk Kehidupan by luri
22/06/2016 08:11

Thi Khi I Beng by aki sija
17/08/2015 06:19

[BUKUTAMU] by devil
09/06/2015 21:51

Daftar Aliran dan Perguruan di Indonesia by devil
01/06/2015 14:01

SILAT BERDO'A SELAMAT by devil
01/06/2015 13:59

Persilatan Jurus Lima (Sabandar) by Marsudi Eko
14/05/2015 19:36

Kebugaran Merpati Putih by mpcrb
22/04/2015 16:16

PAWAI JAMBORE PENCAK 2015 by luri
20/04/2015 16:20

ALM. Kong Nur ( BEKSI Kampung Sawah) by initial_d
30/03/2015 14:02

SilatIndonesia.Com

Author Topic: Bagaimana meningkatkan kesejahteraan Guru Silat  (Read 15261 times)

parewa

  • Administrator
  • Calon Pendekar
  • *****
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 6
  • Posts: 601
  • Reputation: 50
Sahabat Silat yg saya cintai......,

Topik ini yang selalu menjadi pikiran kami karena bagaimanapun juga pelestarian silat tradisional tidak akan terlepas dari masalah ini. Memang masih banyak guru2 silat tradisional yg tidak mau menerima bayaran dari para muridnya karena 'dari sononya' udah begitu dan malah ada beberapa silat yg sudah digariskan oleh pendiri dan sesepuhnya untuk tidak menerima uang dari murid2nya.

Dunia ini semakin lama semakin tidak ada batasan2nya atau istilah kerennya 'borderless'. Contohnya internet ini. Coba Sahabat Silat sekalian yg belajar Taichi dari keluarga Chen misalnya. Dengan gampangnya anda ke youtobe dan search.... langsung deh keluar video permainan dari guru asli dari China yg merupakan keturunan langsung dari si pendirinya. Padahal, 10 tahun yg lalu, tidak banyak yg tahu taichi dari keluarga Chen ini. Disisi lain, dunia yg tanpa batas ini juga mempunyai efek yg lain. Sekali lagi contohnya dari Taichi keluarga Chen, beberapa dari masternya telah bermigrasi ke Australia, Amerika dan Australia. Alasannya tentu selain pelestarian, faktor ekonomi adalah sangat dominan.

Kalau para guru silat ini pergi meninggalkan negara kita tercinta ini, terus kalau kita mau belajar silat Cingkrik Goning misalnya, dan untuk itu kita mesti pergi ke Belanda...? Wah jangan sampai terjadi Sahabat Silat sekalian.....

Mari Sahabat Silat sekalian, kita berdiskusi dengan kepala dingin merumuskan hal ini. Syukur2 bisa menjadi model untuk pelestarian silat tradisional.

Salam.

kisawung

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 20
  • -Receive: 14
  • Posts: 458
  • Reputation: 73
Re: Bagaimana meningkatkan kesejahteraan Guru Silat
« Reply #1 on: 29/05/2007 18:13 »
masalah rumusan ini memang pelik uda.. aga rumit  :-\

tetapi dengan kebersamaan, tentu akan kita dapati jalan keluarnya  :)

aku sendiri sebenarnya, mengetahui akan suatu hal ialah secara tidak sengaja..
adalah berdasarkan tergeraknya hati nurani dari pemahaman kitab Ta`lim Muta`lim
sewaktu di Pesantren dahulu..
dimana diterangkan dalam salah satu alineanya..
"jika saja ilmu yang didapat dari seorang guru, dan walaupun itu hanya satu kata,
adalah sangat pantas jika dihargai dengan 1000 dinar sekalipun"

kemudian, ada pula alinea lain yang mengatakan,
"diantara keberkahan suatu ilmu ialah tatkala seorang murid itu mampu menghargai
dan memuliakan sang guru beserta keluarganya"
(dan juga tentunya tatkala si murid mampu mengamalkan ilmu tersebut menjadi berfaedah)

dalam hal ini , aku pernah berbincang-bincang dengan H.Aceng
ternyata beliau tanpa sadar menceritakan, bagaimana beliau dahulu
sangat memperhatikan kebutuhan gurunya yakni Gan Uweh dan keluarganya
sehingga "keberkahan" ilmu maenpo kemudian sama-sama kita tahu begitu
melekatnya pada diri H aceng (bedalah gitu rasanya.. pokoknya mantap lah)

begitu pula tatkala aku berbincang dengan Bpk Tb Bambang
karena beliau tak punya harta,
justeru beliau ini memperhatikan gurunya dengan "segala curahan tenaga dan perhatian"
layaknya seorang pembantu yang sangat setia mengurusi keperluan Bpk Usup Utay.. ^:)^
dan terbukti kemudian, ketika Bpk Usup almarhum,
hanya tinggallah Bpk Bambang saja yg mampu melanjutkan Cingkrik Goningnya

dan aku sendiri... aih aku malu..
saat aku masih lajang dahulu, pokoknya aku juga melakukan hal yang sama
seperti yang dilakukan Bpk Tb Bambang dan H Aceng kepada gurunya masing2.. ^:)^

nah konon pula sekarang,
usulan uda parewa adalah sangat-sangat baik sekali

marilah kita rumuskan bersama-sama untuk kesejahteraan guru kita,
walaupun guru kita tidak memintanya dan bahkan ikhlas..
namun guru kita punya keluarga, dan keluarganyalah yg memerlukan sesuatu dari kita

yang dengan demikian semoga membawa keberkahan
pada ilmu silat yang kita pelajari, dan semoga mencapai dari tujuan cita2 forum..

singkat kata,
jika aku lagi ada kemudahan rejeki(dan harus ada  ^:)^ ),
maka apapun rumusan forum, untuk administrasi
aku patuhi dan aku laksanakan.. :)
« Last Edit: 30/05/2007 18:14 by kisawung »

parewa

  • Administrator
  • Calon Pendekar
  • *****
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 6
  • Posts: 601
  • Reputation: 50
Re: Bagaimana meningkatkan kesejahteraan Guru Silat
« Reply #2 on: 29/05/2007 19:00 »
 
Kisawung..... [toop]

ery

  • Moderator
  • Anggota Tetap
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 5
  • Posts: 126
  • Reputation: 31
Re: Bagaimana meningkatkan kesejahteraan Guru Silat
« Reply #3 on: 30/05/2007 13:47 »

salut buat kisawung!  [top]
Lifetime Student of Martial Art

Nagapasa

  • Naga Pasa - Naga Pamanah Rasa
  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 8
  • Posts: 927
  • Reputation: 48
  • Paku Jagat Ingsun
    • Nagapasa Blogs
  • Perguruan: Suliwa 5 adegan Serong
Re: Bagaimana meningkatkan kesejahteraan Guru Silat
« Reply #4 on: 30/05/2007 14:18 »

salut buat kisawung!  [top]

 [toop] [toop] [toop]

Setuju dan TE O PE BE GE TE deh buat ki sawung,

sebenarnya ilmu itu mahal loh dan engak bisa dibeli dengan uang, buat guru sebenarnya yang paling penting adalah perhatian murid sebagai bentuk rasa terimakasih.

adapun bentuknya bisa uang, makanan, tenaga disesuaikan dengan kemampuan masing masing....
Susulan Liliwatan | Sulaya tina panyangka
visit my Blogs - www.nagapasa.multiply.com

kisawung

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 20
  • -Receive: 14
  • Posts: 458
  • Reputation: 73
Re: Bagaimana meningkatkan kesejahteraan Guru Silat
« Reply #5 on: 30/05/2007 18:18 »
uda parewa  ^:)^
bang ery  ^:)^
Kang Naga  ^:)^

terima kasih [top] ^:)^ [top] ^:)^ [thank]

but......  [polisi]

rumusannya dunkz x-))

« Last Edit: 30/05/2007 18:20 by kisawung »

one

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 3
  • -Receive: 24
  • Posts: 845
  • Reputation: 66
Re: Bagaimana meningkatkan kesejahteraan Guru Silat
« Reply #6 on: 30/05/2007 19:13 »
kalo bisa cari guru yang kaya....biar gak pusing mikirin kesejahteraannya...bener gak Ki Sawung?! [top] [top

kisawung

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 20
  • -Receive: 14
  • Posts: 458
  • Reputation: 73
Re: Bagaimana meningkatkan kesejahteraan Guru Silat
« Reply #7 on: 31/05/2007 12:16 »
kalo bisa cari guru yang kaya....biar gak pusing mikirin kesejahteraannya...bener gak Ki Sawung?! [top] [top

wuehehehehe x-))

parewa

  • Administrator
  • Calon Pendekar
  • *****
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 6
  • Posts: 601
  • Reputation: 50
Re: Bagaimana meningkatkan kesejahteraan Guru Silat
« Reply #8 on: 31/05/2007 12:34 »

but......  [polisi]

rumusannya dunkz x-))



Ayo dong Sahabat Silat... mana masukannya? [polisi] :)p :'(

one

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 3
  • -Receive: 24
  • Posts: 845
  • Reputation: 66
Re: Bagaimana meningkatkan kesejahteraan Guru Silat
« Reply #9 on: 31/05/2007 14:45 »
Kesejahteraan guru berbanding lurus dengan kuantitas murid X pengeluaran murid(iuran) ditambah pendapatan guru.

K=(km x i)
K-G (gaji= kecil atau gak ada) = km x i  (kesejahteraan - gaji kecil = bingung, apalagi tanpa gaji)

K<P = melarat
K>P = kaya

kesejahteraan (pendapatan) lebih kecil dari pengeluaran bakal kaya
kesejahteraan (pendapatan) lebih besar dari pengeluaran bakal melarat

Jadi kalo murid kayanya banyak tapi sedikit masih untung, tapi kalo muridnya  miskin maka harus banyak. biar berbanding lurus dengan pendapatan. Nah yang jadi bingung gimana guru silat bisa "ngejual" silat ke orang-orang kaya, gitu Ki sawung... ;D

Nah, itu tugas kita-kita....(maksudnya Ki Sawung dkk) [run]

salam,



one [lucu]

aircadas

  • Guest
Re: Bagaimana meningkatkan kesejahteraan Guru Silat
« Reply #10 on: 07/06/2007 23:53 »
setuju Sobat One  [top]

Coba lihat Thread ini, dimana saya baca teman-teman anda dimaki-maki disana, oleh orang yang bernama Halilintar!, saya pun tidak sengaja baca tulisan itu.

Saya hanya berkesimpulan, ada tujuan promosi terselubung dengan menggunakan nama silat, orang luar negeri itu dengan gencar promosi silat, coba baca dengan detail tulisan halilintar dan kesombongannya, padahal bila saya baca dengan teliti, kelompoknya Halilintar hanya ingin promosi saja.

silahka di cek : http://www.kpsnusantara.com/cgi-bin/yabb2/YaBB.cgi?board=Malay;action=display;num=1130948561


parewa

  • Administrator
  • Calon Pendekar
  • *****
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 6
  • Posts: 601
  • Reputation: 50
Re: Bagaimana meningkatkan kesejahteraan Guru Silat
« Reply #11 on: 08/06/2007 15:02 »
setuju Sobat One  [top]

Coba lihat Thread ini, dimana saya baca teman-teman anda dimaki-maki disana, oleh orang yang bernama Halilintar!, saya pun tidak sengaja baca tulisan itu.

Saya hanya berkesimpulan, ada tujuan promosi terselubung dengan menggunakan nama silat, orang luar negeri itu dengan gencar promosi silat, coba baca dengan detail tulisan halilintar dan kesombongannya, padahal bila saya baca dengan teliti, kelompoknya Halilintar hanya ingin promosi saja.

silahka di cek : http://www.kpsnusantara.com/cgi-bin/yabb2/YaBB.cgi?board=Malay;action=display;num=1130948561



Biarin aja lah mas aircadas.... :P kayaknya perdebatannya 1 tahun yg lalu... Yang penting skrg kita tetap berbuat yg terbaik untuk pencak silat, dan secara bersama2 kita menjaga milis silatindonesia.com, forum ini sahabatsilat.com dan (yg akan di-launch) sahabatsilat.org dari orang2 yg berniat tidak baik  [polisi]  :)p 8)

Salam


Taufan

  • Moderator
  • Calon Pendekar
  • **
  • Thank You
  • -Given: 6
  • -Receive: 27
  • Posts: 506
  • Reputation: 76
    • Email
  • Perguruan: Bandarkarima
Re: Bagaimana meningkatkan kesejahteraan Guru Silat
« Reply #12 on: 08/06/2007 17:16 »
Assalamu 'alaikum.

Terus terang topik ini telah menjadi polemik sejak lama karena beda sudut pandang antara Guru dan murid. Seorang Guru selalu berpegang pada paradigma bahwa memberi ilmu merupakan deposito akhirat... bila seseorang wafat maka putus semua amalnya kecuali, diantaranya, ilmu yang bermanfaat.

Nah bila sang murid tidak pandai2 memilih kata dan tindak, bukannya terima kasih yang akan didapat melainkan murka sang Guru karena merasa dilecehkan dengan materi. Apalagi dikalangan silat tradisional yang sangat memegang teguh ajaran agama dan etika timur.
Coba deh minta pendapat mereka dengan ide brilian pendiri SN meniru sistem pemasaran Frencise...

Kami pernah menjalankan gagasan membuat organisasi diluar perguruan yang dinamakan Ikatan Pendekar (IP). Idenya perguruan fokus ke sistem belajar mengajar, sedangkan IP membentuk business unit dan jaringan untuk memfasilitasi pengembangan perguruan sekaligus menyediakan lapangan kerja buat keluarga besarnya.

Kita memang harus memikirkan terobosan2 baru untuk mensejahterakan Guru yang kita cintai tanpa tergelincir kedalam persepsi menggadaikan ilmu demi materi...

Wassalam.

luthfi26

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 6
  • Reputation: 0
    • Email
Re: Bagaimana meningkatkan kesejahteraan Guru Silat
« Reply #13 on: 09/06/2007 13:58 »
lha kan tuh dari semua pendapat akang-akang sekalian diatas kan bisa dirumuskan
gimana cara membuat para guru-guru silat kita sejahtera..
mungkin kan guru silat jangan dijadikan profesi
jadi mereka ada pekerjaan lain
kan makmur tuh
truz juga haruznya dari kalangan murid-murid ada yang ngasih pperhatian
dalam bentuk apapun sana sang guru
hitung2berbakti
kan dapet pahala
gitu kang..

luthfi26

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 6
  • Reputation: 0
    • Email
Re: Bagaimana meningkatkan kesejahteraan Guru Silat
« Reply #14 on: 09/06/2007 14:05 »
 [top]sip buat usulannya dari kang taufan
perlu dibentuk suatu lembaga
yang ngurusi tetek bengeknya masalah kehidupan guru silat
yah
gitu
akang2 pada setuju ga?

 

Powered by EzPortal