+-

Video Silat

Shoutbox

10/02/2021 10:29 anaknaga: Salam Silat..
Semoga Sadulur sekalian sehat semua di Masa Pandemi Covid-19. semoga olah raga dan rasa dapat meningkatkan daya tahan tubuh kita. hampur 5 tahun tidak ada yang memberikan komen disini.
23/12/2019 08:32 anaknaga: Tidak bisa masuk thread. dah lama tidak nengok perkembangan forum ini.
salam perguruan dan padepokan silat seluruh nusantara.
02/07/2019 18:01 Putra Petir: Akhirnya masuk jua... wkwkwk
13/12/2016 10:49 Taufan: Yuk ke Festival Kampung Silat Jampang 17-18 Desember 2016!!!
20/09/2016 16:45 Dolly Maylissa: kangen diskusi disini
11/02/2016 15:58 Taufan: Alhamdulillah SS sudah ON lagi ;-)
07/01/2016 10:00 luri: wa 'alaikumussalam
View Shout History

Recent Topics

PPS Betako Merpati Putih by acepilot
14/08/2020 10:06

Minta Do`a dan bimbingan para suhu dan sesepuh silat :D. SANDEKALA by zvprakozo
10/04/2019 18:34

On our book: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
13/03/2017 14:37

Siaran Radio ttg. Musik Pencak Silat di Stasiun "BR-Klassik / Musik der Welt" by Ilmu Padi
12/01/2017 16:19

Tentang buku kami: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
17/10/2016 20:27

Hoby Miara Jin by anaknaga
19/09/2016 04:50

TALKSHOW SILAT - Silat Untuk Kehidupan by luri
22/06/2016 08:11

Thi Khi I Beng by aki sija
17/08/2015 06:19

[BUKUTAMU] by devil
09/06/2015 21:51

Daftar Aliran dan Perguruan di Indonesia by devil
01/06/2015 14:01

SILAT BERDO'A SELAMAT by devil
01/06/2015 13:59

Persilatan Jurus Lima (Sabandar) by Marsudi Eko
14/05/2015 19:36

Kebugaran Merpati Putih by mpcrb
22/04/2015 16:16

PAWAI JAMBORE PENCAK 2015 by luri
20/04/2015 16:20

ALM. Kong Nur ( BEKSI Kampung Sawah) by initial_d
30/03/2015 14:02

SilatIndonesia.Com

Author Topic: Bagaimana meningkatkan kesejahteraan Guru Silat  (Read 15424 times)

A Ipan

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 9
  • Reputation: 2
  • Cikuray
Re: Bagaimana meningkatkan kesejahteraan Guru Silat
« Reply #15 on: 15/06/2007 16:56 »
Wah idenya kang Taufan tentang IP bagus juga  [top]

salut  ^:)^

ditunggu realisasinya   ;D

Long Live Silat !!!

Maung Lugay

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 10
  • Reputation: 1
  • add fs ku di kutu_imutz@yahoo.com mpe jumpa
    • Email
Re: Bagaimana meningkatkan kesejahteraan Guru Silat
« Reply #16 on: 28/06/2007 22:13 »
hmm mengenai perlu di buatkan suatu lembaga saya setuju banget karena pencak silat itu salah satu warisan budaya bangsa indonesia yang harus di jaga dan di lestarikan ( klo ga ada silat kompeni ga bakal mundur  :)p ) nah lembaga yang pantas dan harus pantas adalah departemen pendidikan dan kebudayaan solusi yang ingin saya tawarkan adalah depdikbud menjadikan pencak silat sebagai salah satu mata pelajaran pokok yang tercatat dalam kurikulum sehingga kesejahteraan para guru2 silat bisa terjamin dengan tersedianya lapangan pekerjaan bagi para guru2 silat. kita ambil contoh misalnya ada 100.000 sekolah dasar , 400.000 SLTP , dan 700.000 SLTA di Indonesia maka bisa kita hitung sendiri berapa banyak guru silat yang nasibnya akan terjamin dan dampak positif yang tak terduga adalah menurunnya jumlah pengangguran dan jumlah rakyat miskin  [top]. Mohon klo ada orang depdikbud baca ide saya ini di masukan dalam head planing 2007-2012  ^:)^ klo pak mentri atau om presiden baca juga ga apa apa deh  ^:)^

Eko Wahyudi

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 2
  • Reputation: 0
    • Email
Re: Bagaimana meningkatkan kesejahteraan Guru Silat
« Reply #17 on: 19/07/2007 23:22 »
Diskusi tentang bagaimana meningkatkan kesejahteraan guru silat merupakan suatu diskusi yg sangat mulia, karena tdk bisa dipungkiri sampai saat ini masih banyak guru silat yg hidupnya sangat memprihatinkan. Berbicara guru silat berbicara pula tentang perguruan silat. Saya berpendapat  perguruan silat harus memiliki suatu badan usaha untuk menghidupi perguruan silat tsb. Badan usaha bisa yg kecil atau besar tergantung dari kemampuan perguruan silat tsb.
   Dengan adanya badan usaha itu tadi, keuntungannya bisa utk membiayai kebutuhan perguruan silat yang sudah tentu juga untuk meningkatkan kesejahteraan guru silat.

X MaLL

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 27
  • Reputation: 4
    • Email
Re: Bagaimana meningkatkan kesejahteraan Guru Silat
« Reply #18 on: 01/08/2007 12:43 »
salam Pentjak
wah rumit euy.....
 bila dilihat dari sejarah, seorang guru terutama guru silat bukanlah mata pencaharian utama seperti sekarang, sehingga mereka tidak memikirkan apa yang hendak diberikan oleh murid. dengan demikian guru dan murid sama-sama ikhlas dalam memberi ilmu dan belajar..

berkembangnya jaman dan teknologi, silat mulai berkembang jauh hingga luar negri. tetapi hal ini (kesejahteraan guru) yang kurang diperhatikan oleh IPSI dan persilat (mohon ma'af pak Edy, kang Oong dan pengurus lainnya) untuk silat tradisi (sebab saya melihat lack prosperity terjadi pada guru-guru silat tradisional.....secara mayoritas)... sehingga celah ini yang dimanfaatkan oleh oknum untuk mencari keuntungan......tanpa memikirkan kesejahteraan guru silat oknum tersebut.

sehingga mungkin langkah pertama penertiban perguruan silat atau aliran (untuk PERSILAT, IPSI, PPSI atau asosiasi silat lainnya) agar jelas asal silat yang dikembangkan, memeriksa dan membuat cross chek pada perguruan tersebut.

untuk perguruan mulai memprofesionalkan diri baik terhadap pembentukan cabang baru (antara cabang dan pusat tergantung dari perguruan tersebut mungkin bisa model "frenchice" sehingga guru pun terjamin kesejahteraannya dan juga perguruannya..) tapi hal ini yang cukup berat......... apalagi harus juga mulai memikirkan kualitas.......

sekian aja sedikit banyak tulis mungkin bila ada kata yang salah mohon ma'af

salam pentjak
 

 


Sosro_Birowo

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 336
  • Reputation: 34
  • The best of us is never enough but God's love
    • Email
Re: Bagaimana meningkatkan kesejahteraan Guru Silat
« Reply #19 on: 02/08/2007 10:52 »
salam Pentjak
wah rumit euy.....
 bila dilihat dari sejarah, seorang guru terutama guru silat bukanlah mata pencaharian utama seperti sekarang, sehingga mereka tidak memikirkan apa yang hendak diberikan oleh murid. dengan demikian guru dan murid sama-sama ikhlas dalam memberi ilmu dan belajar..


Butul butul memang rumit..

Mungkin beberapa point yang bisa kita pertimbangkan:

1. murid seyogyanya memiliki rasa tanggung jawab (dan juga sebagai terima kasih atas ilmu gurunya), untuk memperhatikan kesejahteraan sang guru. Soal bentuknya bisa macem-macam..dengan demikian sang guru bisa dengan lebih  tenang mengajarkan ilmunya.
2. mengenai bentuk dan besarnya 'perhatian si murid' ini berdasarkan kesepakatan, dan bisa saling subsidi...

Kadang-kadang iri juga melihat beladiri asing yang berkembang di Indonesia, bahkan di jakarta ini, bahkan di deket rumahku/di sekolah-sekolah..(baik itu karate, taekwondo, aikido, jiujitsu, dll); mereka semua rapi organisasinya dan tertib administrasi dan kebanyakan orang Indonesia yang belajar disana bs affordable..ato mungkin mereka itu dari kalangan menengah ke atas ya ???..tapi gak juga tuh banyak jg ya biasa-biasa aja dan aku kenal mereka..

Terlintas juga sekilas, apa silat mencontoh kayak gitu aja organisasi-nya dengan tarif per bulan yang jelas dan tentu saja tidak kejam kepada yang miskin, tetap ada dispensasi bagi yang tidak mampu (bahkan boleh tidak bayar) asal ada kemauan kuat untuk belajar dan 'membayar' dalam bentuk lain misalnya bantu bersih-bersih tempat latihan, bantu tenaga untuk guru-nya, dan lain -lain sesuai kesepakatan...

Aku juga secara pribadi bukan orang yang mampu atau mapan ekonominya, untuk mengeluarkan uang 100-rebu misalnya per bulan untuk bayar biaya latihan beladiri,misalnya, itu dengan perhitungan ketat dan kadang-kadang agak 'ngotot' ama istri juga he he..Ya alasanku uang itu investasi utk olahraga dan kesehatan, bayangkan mahalnya biaya kalo gak olahraga dan jatuh sakit..(suse juga ya jadi orang kecil dan pas-pas'an  :'( )

tapi ya terkadang miris juga, aku sendiri jg banyak mengurungkan niat utk ikut ato belajar yg lain-lain karena soal ini..ato seperti teman-teman lain; sering juga gak latian karena ya lagi gak punya uang (bener-bener bokek, gaji yg pas-pas'an utk makan dengan istri :))  dan gak enak ati kalo latian tapi gak ngasih apa-apa ke guru kita, yang kita tahu kehidupan dia juga cukup prihatin..

 :-[
tapi gimana juga ya..jadi binun

so ada yang coba ambil kesimpulan dari diskusi kita yang bisa mungkin diterapkan di tempat laithan masing-masing...

salam
S Birowo

Menguasai Kekuatan/kesaktian adalah untuk belajar rendah hati dan sadar akan adanya Kekuatan MahaTertinggi yaitu Sang Cahaya Kasih Sejati.

bangajad

  • Moderator
  • Anggota Tetap
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 103
  • Reputation: 13
  • bangajad
    • Email
Re: Bagaimana meningkatkan kesejahteraan Guru Silat
« Reply #20 on: 07/08/2007 08:46 »
Selain berusaha untuk mensejahterakan guru masing-masing dengan semua opini yang saya rasa semuanya baik untuk dilaksanakan, alangkah baiknya kita juga mempersiapkan diri bila suatu saat kita ditakdirkan mejadi seorang yang dipercaya untuk meneruskan ilmu yang kita dapat.

Dengan segala apa yang kita upayakan sekarang semoga kita dapat memiliki kemampuan untuk mengajar dengan baik dan mencoba meraih kebebasan finansial agar tidak bergantung dengan ilmu yang kita miliki.

Ada beberapa point penting yang saya dapat dari beberapa guru yang saya pernah belajar darinya :
1. Menjadi guru bukan keahlian silat saja yang utama namun bagaimana kita dapat menjaga akhlak agar bisa diteladani.
Misalnya, bagaimana murid dapat meneladani seorang guru yang menggantungkan hidupnya dari murid-muridnya.

2. Menjadi guru juga harus ikhlas dengan ilmu yang kita miliki.
Harap dibedakan antara "komersialisme" dan "profesionalisme". Seseorang boleh memberikan pelatihan dengan biaya tertentu namun profesionalisme tidak berarti menghilangkan unsur sosial dari ilmu beladiri itu sendiri. Menjadi profesional tidak menutup peluang sang guru untuk berjiwa sosial dan melakukan pekerjaan non profit seperti pelatihan gratis dll.

Semoga kita dapat melestarikan silat tradisional secara profesional dengan akhlak mulia.

Java

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 647
  • Reputation: 48
Re: Bagaimana meningkatkan kesejahteraan Guru Silat
« Reply #21 on: 19/09/2007 15:34 »
Ide bagus untuk mensejahterakan para guru pencak silat (dlm konteks ini guru beneran, bukannya sekedar guru-guruan asal punya murid, asal punya fighting academy, asal keberadaanya di luar negeri?).

Bisa dicoba, para murid mengumpulkan iuran secara sukarela yang dikelola dengan cermat, sebagian digunakan untuk kegiatan PS bersangkutan, untuk kas dan sebagian lagi untuk para guru. Dalam saat bersamaan bisa juga dibentuk koperasi yang menjual kebutuhan sehari-hari.

Cara-cara di atas memang nampak sederhana namun prakteknya sulit, latihannya sih mau, perkara iurannya males.........



AGUNGP

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 215
  • Reputation: 10
    • Email
Re: Bagaimana meningkatkan kesejahteraan Guru Silat
« Reply #22 on: 12/12/2007 08:13 »
Zaman dahulu uang mungkin bukan salah satu tujuan pokok, tapi lambat laun semua kebutuhan sedikit-demi sedikit kita harus di beli memakai uang.

Maaf sebelumnya saya takut berprasangka terhadap guru2 tentang kebutuhan uang terhadap ilmu yang diberikan.

Saran saya setiap latihan diadakan iuran .
1. ditetapkan nilanya sesuai keadaan dan ini untuk kebutuhan anak murid sendiri.
2. Sodakoh seiklasnya yang ditujukan ke guru tersebut.


Matur suwun.

Java

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 647
  • Reputation: 48
Re: Bagaimana meningkatkan kesejahteraan Guru Silat
« Reply #23 on: 12/12/2007 09:29 »
@mas AgungP
Setuju dengan gagasan sampeyan. Tapi kalau nunggu iuran kelamaan ngumpulnya.

Gimana kalau tiap member sahabatsilat "dihimbau" keikhlasannya mendonorkan minimal Rp. 20.000,- (Dua Puluh Ribu Perak/ Rupiah)/ tahun, effektif tahun 2008???

Sampeyan mau jadi pengelolanya nggak?

srdananjaya

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 16
  • -Receive: 4
  • Posts: 658
  • Reputation: 31
  • http://www.simpleather.com
    • Sedia Peralatan Beladiri
    • Email
  • Perguruan: Perisai Diri
Re: Bagaimana meningkatkan kesejahteraan Guru Silat
« Reply #24 on: 12/12/2007 09:55 »
ini duitnya nanti disalurkan ke pelatih2 silat ya? atau sekedar untuk administrasi web? pemeliharaan hosting dsb?..
aku sebetulnya ada ide yg pasti bakal ngebantu tim admin buat masalah ky gini.. kl ternyata sekedar untuk admin sih.. tp lebih asik lg kalo kaya koperasi gitu ada pembagian shu ke member  ;D
martial art equipment:
http://www.wisanggeni-martialgear.com
Jaket Kulit (Leather Jacket):
www.simpleather.com

AGUNGP

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 215
  • Reputation: 10
    • Email
Re: Bagaimana meningkatkan kesejahteraan Guru Silat
« Reply #25 on: 12/12/2007 13:07 »
@mas AgungP
Setuju dengan gagasan sampeyan. Tapi kalau nunggu iuran kelamaan ngumpulnya.

Gimana kalau tiap member sahabatsilat "dihimbau" keikhlasannya mendonorkan minimal Rp. 20.000,- (Dua Puluh Ribu Perak/ Rupiah)/ tahun, effektif tahun 2008???

Sampeyan mau jadi pengelolanya nggak?

Ya udah Mas Sosro birowo aja jadi pengelolanya,

Per tahun Rp. 20.000 okelah tapi mana no rekeningnya  Kalo bisa minggu ini aku trafer

Java

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 647
  • Reputation: 48
Re: Bagaimana meningkatkan kesejahteraan Guru Silat
« Reply #26 on: 12/12/2007 13:15 »
@mas AgungP,
setuju [top]

@mas Sosro Birowo,
siap-siap saja di audit mas Puragabaya :D

Jali Jengki

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 2
  • Posts: 828
  • Reputation: 44
  • Love Pencak Silat, Proud to be Indonesian
Re: Bagaimana meningkatkan kesejahteraan Guru Silat
« Reply #27 on: 12/12/2007 13:23 »
Atur aje deh Bang... [top]

Kalo udeh kekumpul uangnye buat modal awal pendirian koperasi aje, bagus buat para pelatih ke depannye...standar aje koperasi simpen pinjem. Kalo udeh jalan bisa dikembangin ke bentuk laennye...

gut...gut...gut... [top] [top] [top]
Kullu Nafsin Zaaiqatul MAUT

Elang

  • Guest
Re: Bagaimana meningkatkan kesejahteraan Guru Silat
« Reply #28 on: 12/12/2007 13:25 »
 ;D ;D 20 Rb memang nilai yg sangat kecil, akan tetapi tidak mudah bagi sebagian anggota mau!, sdh banyak bukti kok. jadi yaaaaa..., progressnya hanya wacana dan wacana melulu, pesimistis sih tidak. hanya tidak ada konsistensinya saja.

Jangankan ingin mensejahterakan Guru2nya, bila tidak ada konsisten untuk pencak silat itu sendiri, bagaimana nih mas Sosro dan mas Java.

Java

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 647
  • Reputation: 48
Re: Bagaimana meningkatkan kesejahteraan Guru Silat
« Reply #29 on: 12/12/2007 13:30 »
Betul kang Dreamcore, makanya kita mulain sekarang aja. Member SS yg kalo maen ke TMII mampir aja ke padepokan silat. Trus, tuh duit patungan minimal 20 rebu perak titipin Kisawung. [top]

 

Powered by EzPortal