+-

Video Silat


Silat fight by Margaluyu Pusat pupils
ICE 2009, performance gerak gulung (aplikasi)
ICE 2009, performance gerak gulung (aplikasi 2)
GGBD - Simulasi ditodong pake pisau di angkot
gerak cepat
Cingkrik Goning versi Kemayoran
Jambore Pencak Silat, Satria Nagagiri performance
Seminar Silat di Universitas Paramadina
Tarung Bebas Genggong

Shoutbox

13/08/2014 03:06 Ekka_Xakra: Salam kenal para sahabat silat semua.
12/08/2014 17:56 Dwi_NGJ: Salam kenal para ksatria. Mohon ijin bergabung... :)
12/07/2014 16:49 one: Pada kemane nih buka puasanya ye?
27/06/2014 17:45 moeljadi moechtar: mohon maaf lahir dan batin menjelang Puasa buat sodare2 silat sekalian...
23/05/2014 19:43 Jenggot Perak: assalamu'alaikum para pesilat dan pendekar..
salam kenal
02/05/2014 13:32 kunderemp: Horeeee... muncul lagi.
20/03/2014 21:24 akoekoko: tes, tes, satu dua...
View Shout History

Recent Topics

SILAT BERDO'A SELAMAT by devil
14/09/2014 07:34

Parkour by gumuruh
03/09/2014 14:02

Hoby Miara Jin by gumuruh
03/09/2014 14:01

[BUKUTAMU] by dr_hadinata
20/08/2014 11:41

contack person guru silat suaeb yg di padepokan pencaksilat TMII by rohadi
17/08/2014 05:58

Silat Betawi di Bentera Budaya by luri
12/08/2014 11:01

maenpo Cikalong by aki sija
26/07/2014 06:55

PABUCI (PANCERBUMI CIKALONG/PASAR BARU CIANJUR) by aki sija
26/07/2014 06:36

[GUESTBOOK] by wongbener
23/07/2014 10:03

Pesilat Indonesia Siap Bantu Rakyat Gaza by wongbener
23/07/2014 09:40

My Days with Golok Betawi "Seliwa" by akoekoko
16/07/2014 16:24

RM. Sunardi Suryodiprojo "Den Mas Nardi/Romo Nardi" (03 Apr 1914 - 05 Jun 1985) by halilintar
14/07/2014 00:20

Sejarah perguruan Reti Ati by halilintar
14/07/2014 00:08

Minangkabau Silek Tuo Summer Camp 2014 by luri
07/07/2014 09:13

THS-THM by halilintar
04/07/2014 16:11

SilatIndonesia.Com

Author Topic: beladiri di Akabri  (Read 4972 times)

Abraham

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 235
  • Reputation: 6
  • Never know what will happen on tomorrow
    • Email
beladiri di Akabri
« on: 25/02/2009 08:59 »
saya kemaren nonton di Elshinta TV acaranya soal pendidikan Taruna Akabri..
semua kegiatannya diliput mulai dr latihan menembak sampe makan siang..mulai dr latihan karate sampe latihan tari2an tradisional.

pas scene latihan beladiri saya heran aja knpa semua siswa Akabri ga belajar silat..tp latihan karate..

klo mnrt sy perwira TNI nantinya adlh jg duta bangsa..hrs punya warna nasionalisme..maka dr itu mrk belajar tari2an tradisional yg ada Indonesia.

saya pernah konfirmasi pd salah seorang kerabat sy yg skrg jd perwira dia bilang beladiri standar di Akabri ga ada silat tp karate.




Onegai Shimasu..Please tech me..Tolong ajari saya

DasaMan

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 681
  • Reputation: 31
    • Email
Re: beladiri di Akabri
« Reply #1 on: 25/02/2009 10:22 »
Katanya beladiri militer itu hibrid karate, tae kwon do, dan silat, cuma jangan tanya gimana proporsinya.

Yg jelas waktu acara kebangkitan nasional kemaren demo bdm lebih dahsyat daripada demo silat.

f4iz

  • Guest
Re: beladiri di Akabri
« Reply #2 on: 03/05/2009 21:44 »
Salam,
Iseng mulai lagi topik ini.
ini ada cuplikan anggota AURI demo Aikido:
http://www.youtube.com/watch?v=1MTBGk1BAGM&feature=related

Wasalam,
Faiz

ari

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 0
  • Posts: 7
  • Reputation: 0
Re: beladiri di Akabri
« Reply #3 on: 13/08/2010 14:27 »
ya seharusnya taruna Akademi TNI belajar beladiri pencak silat, namanya juga akademi Tentara nasional Indonesia, kalo akademi Tentara nasional jepang baru belajar karate...

limpato

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 12
  • -Receive: 39
  • Posts: 76
  • Reputation: 47
Re: beladiri di Akabri
« Reply #4 on: 16/08/2010 11:30 »
Salam,

Jika mereka sebagai utusan negara kita kelak, saya turut sedih mendengarnya jika mereka tidak bisa menampilkan silat sebagai salah satu bentuk aset budaya dalam bidang beladiri. Apalagi kalau ada yang sempat bertanya tentang silat dan mereka tidak bisa jawab sama sekali. Seharusnya materi silat ini diajarkan, ya setidaknya untuk memperlihatkan kepada bangsa lain kita punya sistem beladiri sendiri, terlepas apakah itu manjur apa tidak dipakai dan juga sebagai wujud penghargaan terhadap produk budaya sendiri dari institusi militer kita yang memakai nama Indonesia.

Tasurek, tasirek, tasuruak (tersurat, tersirat  dan tersembunyi)

DasaMan

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 681
  • Reputation: 31
    • Email
Re: beladiri di Akabri
« Reply #5 on: 20/08/2010 15:14 »
Dah lama gak posting, nongol lagi, hehehehehe...

Menurut saya, tentara cukup hanya butuh keahlian2 yang relatif mudah dilatih dan dapat digunakan di lapangan. Mungkin makanya pake karate, karena terlihat lebih mudah dilatih dan lebih dapat digunakan dalam waktu lebih singkat.

Dan keputusan mana yang lebih mudah dilatih dan lebih dapat digunakan itu juga tergantung ketua-ketuanya, kalo para pemimpin lebih suka karate, aikido, judo, ya mau gimana lagi? Anak buah tinggal ngikut. Berarti kalo mo diubah agar bisa silat dikembangkan tentara, ya silakan dekati para pemimpin2 tentara.

Nagapasa

  • Naga Pasa - Naga Pamanah Rasa
  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 8
  • Posts: 927
  • Reputation: 48
  • Paku Jagat Ingsun
    • Nagapasa Blogs
  • Perguruan: Suliwa 5 adegan Serong
Re: beladiri di Akabri
« Reply #6 on: 30/08/2010 10:33 »
sama dah lama engak posting

[Kompor Mode = On]

Jangan jangan memang Silat engak cocok untuk beladiri militer, karena terlalu membutuhkan waktu lama dalam belajarnya, sementara karate bisa lebih instant di kuasai oleh militer.

atau....

silat emang engak ada apa-apanya dimata militer kita :)
Susulan Liliwatan | Sulaya tina panyangka
visit my Blogs - www.nagapasa.multiply.com

sarung kampret

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 15
  • Posts: 1.359
  • Reputation: 63
    • Email
  • Perguruan: Balerante
Re: beladiri di Akabri
« Reply #7 on: 31/08/2010 11:04 »
cocoknya ke tentara keraton ya kang ya? x-))
"Sugih tanpo bondho,pintar tanpo ngeguru, menang tanpo ngasorake, nglurug tanpo bala, mangan tanpo mbayar."

muh sahir

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 3
  • Reputation: 0
  • Sahabat Silat
    • Email
  • Perguruan: Tidak ada
Re: beladiri di Akabri
« Reply #8 on: 02/09/2010 17:10 »
Ijin menjawab para master..
Silat ada koq hampir di setiap instansi militer maupun semi militer <brimob polri>
cuma pengembanganNya stelah masa dinas aktif.
Yg diajarkan adalah karate & judo yg uda di modifikasi.
Alasannya..
1. Lat silat membutuhkan wkt yg lama.
2. Lebih berbahaya apabila diajarkn kpd siswa yg masih pndidikan krn emosinya masih labil..<ingat Dulu wkt masih dipndidikan doyan gebukin tukang palak di terminal bungur asih>
3. Tujuan beladirinya bkn untuk membunuh ato mlukai, tpi melumpuhkan sesaat.. <makanya yg diajarkan kbanyakan serangkaian teknik tangkisan & kuncian>

muh sahir

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 3
  • Reputation: 0
  • Sahabat Silat
    • Email
  • Perguruan: Tidak ada
Re: beladiri di Akabri
« Reply #9 on: 02/09/2010 17:29 »
Oh iya..Yg umum di instansi militer adalah pencak silat dari aliran Merpati Putih. Biasanya di latihkan buat korp yg spesifikasi tgsnya tingkat tinggi sprti KOPASUS(TNI) & BRIMOB(POLRI).
Alasannya memilih MP krn sifatnya alami/TD murni &tujuannya bkn cuma untuk beladiri tapi juga kearah ksehatan & kepekaan.

mpcrb

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 20
  • -Receive: 90
  • Posts: 758
  • Reputation: 264
  • Sahabat Silat
    • My profile on Kompas cetak (you have to be Kompas member)
    • Email
  • Perguruan: Merpati Putih
Re: beladiri di Akabri
« Reply #10 on: 23/09/2010 10:27 »
Beberapa PS sudah masuk pada beladiri militer seperti SMI, Merpati Putih (monggo ditambahkan kalau ada yang lain). Dan khusus untuk MP sendiri, sudah masuk di Marinir/AL, Brimob/Kepolisian, Kopassus/AD, dan AU.

Beberapa informasi pendukung:
- Kopassus, http://www.kopassus.mil.id/gallery/home/27/Beladiri/,
- Brimob, http://brimobpoldakaltim.com/2010.08-peresmian-pengurus-merpati-putih-di-brimob-polda-kaltim-2.html
- TNI AU, http://www.tni-au.mil.id/berita/penanda-tanganan-kerjasama-aau-dan-betako-merpati-putih-diy
- Marinir, http://www.marinir.mil.id/berita.php?id=20100519151755&page2=16
- POMAL, http://beta.tnial.mil.id/koarmatim/berita/beritalengkap.php?id=361

Saya pribadi berhadap kalau militer kita bisa menggunakan Pencak Silat sebagai beladiri kebanggaan Indonesia.

menurut informasi seorang teman, di militer ada juga beladiri militer yang merupakan gabungan teknik-teknik praktis dari aliran beladiri yang ada.

punten masih newbie... :)

monggo ditambah...
Belajar memahami hidup dalam kehidupan...

sarung kampret

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 15
  • Posts: 1.359
  • Reputation: 63
    • Email
  • Perguruan: Balerante
Re: beladiri di Akabri
« Reply #11 on: 23/09/2010 15:23 »
sini kasih vote buat mpcrb... [top]
"Sugih tanpo bondho,pintar tanpo ngeguru, menang tanpo ngasorake, nglurug tanpo bala, mangan tanpo mbayar."

mpcrb

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 20
  • -Receive: 90
  • Posts: 758
  • Reputation: 264
  • Sahabat Silat
    • My profile on Kompas cetak (you have to be Kompas member)
    • Email
  • Perguruan: Merpati Putih
Re: beladiri di Akabri
« Reply #12 on: 24/09/2010 16:35 »
thx bro sawung kampret.  [top]

terkadang jujur kalau membaca berita masuknya beladiri asing ke militer itu karena faktor efektivitas gerakan untuk perkelahian, ringkas, dan mematikan. Apa pencak silat kita tidak punya unsur seperti itu ya?

Kalau memang diterimanya beladiri asing ke militer kita karena memang ada faktor 'penguasa militer' yang suka beladiri X maka mengajarkan X, itu sih saya masih bisa menerima (berarti krn faktor permainan politik). Tetapi kalau alasannya karena kekurangefektifan dari sisi teknik dan gerakan kok rasanya kurang sreg aja dihati.

teknik-teknik mematikan pada tangan, apakah cimande/cikalong dan silat lain kurang mumpuni?
teknik-teknik mematikan pada kaki, apakah pencak silat tidak punya?
teknik tangkap kunci, melumpuhkan musuh dalam waktu singkat, apakah silat tidak punya?

bahkan tenaga dalam juga silat punya. Sungguh sangat lengkap sebenarnya.

atau mungkin ada anggota militer disini yang punya info kenapa deras sekali beladiri asing masuk ke militer kita?

mohon maaf jika pengetahuan saya masih kurang...

salam.
Belajar memahami hidup dalam kehidupan...

 

Powered by EzPortal