Forum Sahabat Silat

Bahasa Indonesia => Silat Diskusi Umum => Topic started by: adit joker on 28/10/2007 16:54

Title: bosan..
Post by: adit joker on 28/10/2007 16:54
pasti pernah khan ngalami bosan dalam berlatih silat? gmana sih carany ngehindari rasa bosan dalam latihan, padahal dekat2 ini ada pertandingan, malah saya jadi malas dan bosan latihan, ada yg bisa kasih bantuan support atau tips gak supaya semangat latihan lagi? :'(
Title: Re: bosan..
Post by: EricB on 28/10/2007 19:00
kadang² saya kasih ajaran chusus untuk membosankan murid² saya  ???

itulah ulang² teknik dasar dan wajib, maksudnya ini adalah untuk test mental murid²nya,
juga saya kasih ajaran dengan gerak lambat (seperti film ulang), itulah untuk latihan Khaidah dan untuk introspeksikan diri murid²

banyak sistem ajaran akan membosankan murid² tapi tanpa test mental mereka tidak bisa maju ke level yang lebih lanjut

Setiap gerakan harus mengadoptasi oleh murid se-dalam² mungkin, resultas adalah bahwah teknik² yang diajari masuk jiwa kita, dan kalau perlu mengunakannya sudah seperti refleks (Gerak Bathin)



@ bung adit joker: Saya rasa kamu juga dalam proses akseptasi dalam perguruan, terima aja deh
Nasehat saya: jangan terlalu cepat bosan², nanti kamu lihat sendiri tujuan dan maksud dari pelatih/gurumu  [top]

Title: Re: bosan..
Post by: f4iz on 28/10/2007 21:45
itulah ulang² teknik dasar dan wajib, maksudnya ini adalah untuk test mental murid²nya,
juga saya kasih ajaran dengan gerak lambat (seperti film ulang), itulah untuk latihan Khaidah dan untuk introspeksikan diri murid²
Hallo Kang Eric..gimana kabarnya ?
Kang, saya dulu juga ngalamin hal yg sama beberapa kali waktu baru-2x latihan.
Sekarang cuman tinggal rasa sesal aja kenapa dulu gak tahan rasa bosennya :)
Kalo dari yg saya alami, sebenarnya ada perbedaan didalam cara melatih..sangat tergantung dgn gurunya.
Ada guru yg mengajar materi dikelas, kemudian diulang-2x terus dikelas sampai murid itu gerakannya udah bagus baru diajarin materi berikutnya. Jadi kelas tempat utama murid
Ada juga guru yg mengajar materi dikelas, kemudia mereka menyuruh murid-2xnya melatih gerakannya sendiri-2x dirumah (spt. PR). Dikelas berikutnya, sang guru melihat perkembangan muridnya dgn menyuruh muridnya memperagakan materi yg udah diajarin. Kalau keliatannya udah bagus baru dikasih materi berikutnya.
DIsini biasanya Gurunya tau apakah si murid rajin berlatih dirumah atau cuman latihan ditempat latihan aja. Yang rajin berlatih progressnya tentu akan lebih cepat.
Tetapi perlu diingat juga, pengulangan tekhnik itu perlu (apakah itu dikelas ato dirumah) karena gerakan-2xan itu musti bisa dikenali oleh otot-2x dan saraf-2x kita. Biar kalo reflek yg keluar tekhnik yg dilatih bukan gerakan acak adut :)

Iya deh segini aja.
Mas Adit, rajin-2x latihan juga dirumah dan dianalisa gerakan-2xnya..contohnya, Kok nangkisnya begini kenapa ? Ato kok kalo ada serangan pukul musti dikontrol siku lawan ? dsb...jangan lupa banyak bertanya kepelatihnya.
Biasanya semakin rajin latihan semakin banyak pertanyaan yg muncul. Mudah-2xan dgn begitu rada ilang bosennya.

Wasalam,
Faiz
Title: Re: bosan..
Post by: dsbasuki on 28/10/2007 22:09
pasti pernah khan ngalami bosan dalam berlatih silat?

Salam,
Lho... Latihan silat itu bisa bosan juga to?  ???
Baru tau saya...   ;)
Hehehehe...  ;D
Title: Re: bosan..
Post by: one on 29/10/2007 08:22
setau saya buat ngilangin bosen ya jangan bosen-bosen ngilangin bosen.... ;D ;D ;D

salam,


one
nb : pernah ngilangin bosen
Title: Re: bosan..
Post by: Nagapasa on 29/10/2007 09:06
Latihan bakalan bosen kalau engak jelas tujuan dan niat latihannya.

kalau udah bosen ya berarti udah engak enjoy lagi latihan mendingan cari variasi baru
Title: Re: bosan..
Post by: Elang on 29/10/2007 09:30
Bosan

Kayaknya bosan adalah sesuatu yg manusiawi, kebosanan juga telah terjadi pada saya, tak kala saya kehilangan banyak teman2 yg sepaham ( akrab ) di perguruan yang pernah saya ikuti. banyak di antara temen2 tersebut mengundurkan diri karena kesibukannya. jadilah saya sebatang kara.

disisi lain murid2 yang pernah mengenal silat dari sayapun tidaklah banyak yang meneruskan silat tsb, akibatnya regenarsipun terputus, walaupun demikian, masih ada 1 atau 2 yang masih aktif, namun itupun tidak memberikan kebanggaan buat saya krn ia pun banyak yang lupa bahwa saat pertama kali kenal silat melalui saya, dan tentunya karena sayapun manusia biasa sehingga saya tidak memiliki kabanggaan apapun terhadap mantan murid saya itu.

sebenernya masih banyak temen2 lain yang masih aktig di perguruan tersebut, namun karena beda pola pikir dan sayapun kurang nyaman, akhirnya saya putuskan untuk meninggalkan dunia persilat dengan seiklhas mungkin, akan tetapi 100% persen untuk meninggalkan pencak silat tidaklah bisa, maka dengan sisa semanngat alhamdulilah saya masih mau bergelut di dunia silat, itupun saya batasi.

yang membosankan buat saya adalah, dunia silat masih jauh dari kata silaturahmi yang sering di ungkapkan baik lisan maupun tulisan, dunia silatpun tidak bisa melepaskan egoisme diri maupun egoisme perguruan, dunia silatpun tidak bisa memberikan persahabatan yang sesungguhnya.

Maaf bila keyataan ini tidak sesuai dengan pengalaman sahabatsilat disini, akan tetapi inilah pengalaman saya yang membuat saya BOSAN!!!

Yanweka
Title: Re: bosan..
Post by: Java on 29/10/2007 10:11
Salam silat,
Kemungkinan yg dialami mas Yanweka juga tejadi pada dedengkot pencak silat bahkan bela diri lain. Walhasil timbul: BOSAN. :-\
Tapi kita berpikir positif sajalah: Pertunjukkan harus tetap berlangsung.

Title: Re: bosan..
Post by: Sosro_Birowo on 29/10/2007 11:45
..ikutan ah ..

Bosan?
Pernah juga sih ngalami...beberapa kali malah

Mungkin betul kata Kang Nagapasa:

a. ditinjau kembali tujuan dan motovasi latihan silat-nya
 ....atau juga ya cari selingan :
b. baca-baca komik silat
c. nonton pilem-pilem silat/ beladiri
d. ngeliat aliran lainnya, meluaskan wawasan..
e. perdalam materi sendiri (filsafat, beladirinya dan aplikasi praktisnya)

atau kalo emang udah empet banget ..ya break dulu..istirahat dulu beberapa waktu dan selama itu sama sekali tidak memikirkan silat ..tapi ya jangan lama-lama mungkin beberapa bulan dan maksimal setahun...baru mulai lagi ..

Kalo sebab bosen (lebih tepatnya 'muak')..karena melihat ketidakcocok'an dengan realita yang ada dengan harapan kita ya emang rada sulit..
Pilihannya ya keluar (cari organisasi/aliran lainnya) atau tetap di dalam dan memperbaiki,dengan tidak ada jaminan juga akan ada perubahan ... :D

Paling-paling dalam sitausi begini kesadaran kita aja yang diharapkan meningkat,
bahwa dengan melihat hal2 negatif (yang tidak kita setujui) kita belajar untuk tidak melakukannya juga.
Dengan memahami bahwa teman2 kita memang masih dalam proses belajar untuk menjadi lebih baik, menjadi lebih toleran, menjadi lebih memahami esensi silat, dll (bahkan pendekar kan juga manusia..)...dan dengan pemahaman dan kesadaran demikian yang muncul bukan rasa sebel atau benci kepada mereka tapi semacam apa ya 'rasa kasih (an)' gitu ya...serta tetap mengharap  mereka menjadi yang terbaik (nah ini pake kita doakan yang baik lagi)..

tapi ini (pendapatku) juga masih teori kok..cuman omong doang..karena nyatanya aku aja gak mampu menjalaninya ..he he he..jadi pengen malu..

So, kalo bosan ya saatnya REFLEKSI bagi kita. Apa motivasinya, apa metode pengajaran silatnya, apa cara guru ngajarnya, apa kita kurang sadar dalamnya makna budaya  pencak silat, apa kita kecapean dan ngerasa gak bisa-bisa, atau karena kecewa dengan perguruan/teman2..dari situ baru cari obatnya apa..baru tahu kita bisa berbuat apa..atau tidak berbuat apa...

segini dulu ah..
GRP untuk TS-nya

S Birowo
Title: Re: bosan..
Post by: aircadas on 31/10/2007 22:00

FP2ST juga keliatannya mulai bosan melihat perdebatan Sender di thread sebelah, asli bosan, ngerebutin pepesan kosong:)
Title: Re: bosan..
Post by: Sancang on 02/11/2007 16:49
Kebosanan sebenernya fimana kita² nya dalam berlatih, kalo silat, Setelah si murid menguasai pasti di kasih variasi gerakan baru, kalo masih itu² juga, berarti diri sendiri yang harus instropeksi


Salam

Yons
Title: Re: bosan..
Post by: adit joker on 18/11/2007 13:53
sekarang aku lagi bosen latihan nih, frustasi sejak kemaren sparring kalah mulu [lucu] trus tiap latihan kok gak ada perkembangan dia aku yah? :'( x-))
Title: Re: bosan..
Post by: AGUNGP on 19/11/2007 07:34
 :'( :'( :'( :'( :'( :'( :'(
Bosan emang susah dilawan maka berdoa kepada tuhan biar dikasih yang terbaik..................
........
@ mas adit kuasai, latihlah berulang yang ada misalnya kuda2, dll.................
Aku aja malam minggu baru latihan jurus satu dan kuda2 tengah plus pukulan dasar, terasa capek sekaliiiiiiiii, pinggang bahu sakit karena udah bertahun2 ndak latihan demi mencoba sesuatu yang baru kata team FP2ST
Title: Re: bosan..
Post by: Java on 19/11/2007 14:18
@ mas Adit,
Coba sampeyan ganti "profesi" latihan baca puisi deh.
Silahkan dibandingkan, mana yg lebih membosankan di banding latihan silat?
Title: Re: bosan..
Post by: dsbasuki on 19/11/2007 14:33
Salam...

Ga usah ganti profesi... Ganti cara latihan aja...
Kalo pas latihan, coba diiringi sama lagu dangdutan yang lagi ngetrend. Ato, biar ga bosen, ajak pacar juga ikutan latihan silat.  [top]

Salam...
Title: Re: bosan..
Post by: Java on 19/11/2007 14:45
Mas Adit bingung, eh bosan he...he...he....
Title: Re: bosan..
Post by: srdananjaya on 19/11/2007 14:47
 [lucu]
ga kebayang mas.. kl ibingan diganti ama dangdutan.. aku pilih alternatif kedua aja deh..lebih manusiawi ;D

ps:
buat penggemar dangdut: "no offence" man.. peace aja ya.. [lucu]
 [hai] [run]
Title: Re: bosan..
Post by: CrYPTON on 20/11/2007 20:53
kalo saya bosan latihan biasanya cari sparring atau obyek, ditempat saya namanya hampalan.
Title: Re: bosan..
Post by: simpay on 25/11/2007 15:01
Bosan......pasti semua orang pernah mengalaminya,contoh saya pernah mengalami Bosan dalam Olah Raga Fitnes,naah untuk menghilangkan rasa Bosan dan jenuh itu maka biasanya saya berlatih tidak di tempat biasa,saya berlatih ditempat yg baru walaupun hanya 2 atau 3 kali saja,hanya sekedar mencari suasana baru dan itu bisa membuat pikiran kita fress lagi,setelah itu kita kembali ketempat latihan kita semula dengan suasana hati yg semangat lagi.
Begitupun dalam hal berlatih Silat,maka kita bisa mencoba hal seperti diatas,kita  mungkin berlatih tetapi bukan ditempat yg biasanya kita lakukan,biar suasananya bisa lebih menyenagkan dan pikiran kita juga lebih fress,atau mungkin kita bisa mengunjungi tempat latihan silat di tempat lain,mungkin dnegan melihat gerakan2 baru,pikiran kita bisa terbuka dan ada semangat lagi untuk berlatih
semoga bermanpaat.... [top]
Title: Re: bosan..
Post by: robby09210 on 14/12/2007 08:00
 :-[ Bosan ?
Cari suasana latihan yang berbeda,misalnya sekali2 latihan dengan diawali lari 10Km dulu terus latihan ( sekalian persiapan jadi atlit atletik ::) ) [top] [gro] [muka]