+-

Video Silat


Panglipur 1989 31
Pencak Silat di acaranya Okinawa Karate Federation
Beksi dalam Film Darah Muda
Silat Tradisional di Pencak Silat Word Championshi
Cingkrik Rawabelong Depok di FIB UI
Pamur Tunggal Putri
Asian Silat Night - Indonesian Demo Team 2006 Penc
Maenpo Cikalong @ Cakrawala ANTV
cikalong onAction #01

Shoutbox

13/12/2016 10:49 Taufan: Yuk ke Festival Kampung Silat Jampang 17-18 Desember 2016!!!
20/09/2016 16:45 Dolly Maylissa: kangen diskusi disini
11/02/2016 15:58 Taufan: Alhamdulillah SS sudah ON lagi ;-)
07/01/2016 10:00 luri: wa 'alaikumussalam
04/01/2016 20:21 May Lee: Assalamu 'alaikum
30/03/2015 14:06 initial_d: Sepi amat ya bang, pada kemane nih penghuninya....
20/10/2014 15:28 kunderemp: Ya.. om Taufan.. Tanggal 11 lalu saya masih di tengah hutan di Bakan.
View Shout History

Recent Topics

PPS Betako Merpati Putih by halilintar
06/09/2018 11:34

On our book: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
13/03/2017 14:37

Siaran Radio ttg. Musik Pencak Silat di Stasiun "BR-Klassik / Musik der Welt" by Ilmu Padi
12/01/2017 16:19

Tentang buku kami: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
17/10/2016 20:27

Hoby Miara Jin by anaknaga
19/09/2016 04:50

TALKSHOW SILAT - Silat Untuk Kehidupan by luri
22/06/2016 08:11

Thi Khi I Beng by aki sija
17/08/2015 06:19

[BUKUTAMU] by devil
09/06/2015 21:51

Daftar Aliran dan Perguruan di Indonesia by devil
01/06/2015 14:01

SILAT BERDO'A SELAMAT by devil
01/06/2015 13:59

Persilatan Jurus Lima (Sabandar) by Marsudi Eko
14/05/2015 19:36

Kebugaran Merpati Putih by mpcrb
22/04/2015 16:16

PAWAI JAMBORE PENCAK 2015 by luri
20/04/2015 16:20

ALM. Kong Nur ( BEKSI Kampung Sawah) by initial_d
30/03/2015 14:02

maenpo Cikalong by aki sija
25/02/2015 22:01

SilatIndonesia.Com

Author Topic: Glosari Silat Tradisional Indonesia  (Read 22577 times)

Antara

  • Moderator
  • Pendekar Madya
  • **
  • Thank You
  • -Given: 28
  • -Receive: 29
  • Posts: 1.168
  • Reputation: 110
  • Malu bertanya tinggal pake GPS...
Re: Glosari Silat Tradisional Indonesia
« Reply #15 on: 06/08/2008 22:00 »
Sependapat dengan Kang Mantri... penjelasan kedua Abang kita ini sangat membantu bagi yang bukan natip spiker macam saya.

Gan Ochid mohon dilihat GRP-nya ye? Tadi aye titip di bawah pintu.

Oooo.... aplikasi golok juga rupanya?
Ck...ck...ck... makin kerasa ini kepala kagak ada isinye...  :-X kudu belajar banyak dan tekun nih...
Fairy tales don't tell children that dragons are real...
Children always know that dragons are real...
Fairy tales only tell that dragons can be slain...

Antara

  • Moderator
  • Pendekar Madya
  • **
  • Thank You
  • -Given: 28
  • -Receive: 29
  • Posts: 1.168
  • Reputation: 110
  • Malu bertanya tinggal pake GPS...
Re: Glosari Silat Tradisional Indonesia
« Reply #16 on: 07/08/2008 20:38 »
Cari-cari di kamus besar bahasa,
Singkur, menyingkuri obj - mengabaikan, menyingkirkan...

Kira-kira sama gak dengan bahasa betawi?
Fairy tales don't tell children that dragons are real...
Children always know that dragons are real...
Fairy tales only tell that dragons can be slain...

Unknown

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 65
  • -Receive: 41
  • Posts: 1.486
  • Reputation: 95
  • I'm no longer a member of this forum
    • FORUM SILAT
Re: Glosari Silat Tradisional Indonesia
« Reply #17 on: 08/08/2008 11:50 »
@kang mantri en bang antara,
tengkyu GRP nye..
buat tukang dodol, kalo dimatematika kayak gitu ye gambar nye..
tapi mungkin bentuk lintasannya ga terlalu kaku
@bang Jali,
nyok dilanjuut...
tabek

Dodol Buluk

  • Moderator
  • Pendekar Madya
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 1.081
  • Reputation: 25
  • Alone but never lonely
    • Email
Re: Glosari Silat Tradisional Indonesia
« Reply #18 on: 08/08/2008 13:51 »
buat tukang dodol, kalo dimatematika kayak gitu ye gambar nye..
tapi mungkin bentuk lintasannya ga terlalu kaku
kok kaku?berarti sabetannye dibuat bergerigi gitu bang???hehehehe...

D'Boels
"Jangan pernah bilang kagak kalo kagak pernah bilang jangan"

Unknown

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 65
  • -Receive: 41
  • Posts: 1.486
  • Reputation: 95
  • I'm no longer a member of this forum
    • FORUM SILAT
Re: Glosari Silat Tradisional Indonesia
« Reply #19 on: 08/08/2008 16:59 »
heheheee...paling bisa nieh si tukang dodol
you know what i mean lah..

eniwey,
emang bener yang pernah dibilang bang jali
base betokaw emang bisa sedikit beda antara satu kampung
ama kampung laennye..

sedikit contoh :
di atas bang jali kasih arti "tabok" me refer ke tampar/gampar
dan sebalik nya juga.

nah di kampung ane nih ade beda dikit,
"tabok" => alat: seluruh telapak tangan, sasaran: bebas
"tampar" => alat: lebih menekankan ke jari2 tangan, sasaran : pipi
"gampar" => alat: telapak tangan, sasaran : pipi
nah kalo kata2 itu di kasih imbuhan "in" artinya jadi "ber kali-kali"

Dodol Buluk

  • Moderator
  • Pendekar Madya
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 1.081
  • Reputation: 25
  • Alone but never lonely
    • Email
Re: Glosari Silat Tradisional Indonesia
« Reply #20 on: 10/08/2008 21:33 »
aye tambahin lagi deh..tau deh bener ape kagak neh..

keprak : memukul arah vertikal ke kepala dgn suatu alat
Getok  : memukul ke kepala dgn memakai benda ( golok,etc)

@bang ochid, gampar , tampar ame nampar bedanye dimane??


D'Boels
"Jangan pernah bilang kagak kalo kagak pernah bilang jangan"

Unknown

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 65
  • -Receive: 41
  • Posts: 1.486
  • Reputation: 95
  • I'm no longer a member of this forum
    • FORUM SILAT
Re: Glosari Silat Tradisional Indonesia
« Reply #21 on: 11/08/2008 11:13 »
gampar vs tampar udah aye sebutin di atas,
tampar ama nampar : bentuk nye same aje,
cuman kalo "tampar" kata kerja dasar. contoh : "gue tampar lu!!"
nampar kata kerja yang harus pake imbuhan "me" = menampar

kebalikan dari tampar adalah "kepret" yang menggunakan belakang
telapak tangan dgn penekanan pada jari2 tangan

tabek

sarung kampret

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 15
  • Posts: 1.359
  • Reputation: 63
    • Email
  • Perguruan: Balerante
Re: Glosari Silat Tradisional Indonesia
« Reply #22 on: 11/08/2008 18:15 »
ini bahasa silat apa bahasa lenong sih?? kok mirip ya? ???
"Sugih tanpo bondho,pintar tanpo ngeguru, menang tanpo ngasorake, nglurug tanpo bala, mangan tanpo mbayar."

Unknown

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 65
  • -Receive: 41
  • Posts: 1.486
  • Reputation: 95
  • I'm no longer a member of this forum
    • FORUM SILAT
Re: Glosari Silat Tradisional Indonesia
« Reply #23 on: 12/08/2008 09:42 »
ini kan emang bahasa betawi...

jadi ye emang mirip bahasa lenong,
lenong kan dari betawi (BAKAS = benerin aye kalo aye salah)

karena bang gusmna buat kamus istilah silat betawi
ya otomatis pake bahasa betawi dong...


Jali Jengki

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 2
  • Posts: 828
  • Reputation: 44
  • Love Pencak Silat, Proud to be Indonesian
Re: Glosari Silat Tradisional Indonesia
« Reply #24 on: 12/08/2008 11:25 »
Bener bang Ochid, istilah silat Betawi berangkat dari bahasa keseharian...jangan heran kalo yg biasa nonton Lenong akan familiar dengan istilah silat Betawi, soalnya dalam lenong sering diangkat "rancag" jawara-jawara silat Betawi.

tambahan nih...

istilah "Buka Pangkalan"...yg di keseharian dikenal dengan buka dagangan, dikalangan jawara dianggap sebagai petatang peteteng, nyari2 musuh (ke nbanyak orang). Jaman dulunya Jawara yg ude ngerasa jago sering teriak2 di pasar atau keramaian buat nyari tandingan, kalau ada yg bisa jatuhin jawara tersebut akan mendapat hadiah. Tapi jaman sekarang masing ada kok, seperti abang kita di Cingkrik, Bang Kumis...cuman ane ogah lantaran hadiahnye cuman lima belas rebu doangan... [lucu]

Kalo untuk perorangan ngejual begini disebut "Buka Palang"

Lanjuut...

Tabe'...Jali
Kullu Nafsin Zaaiqatul MAUT

Antara

  • Moderator
  • Pendekar Madya
  • **
  • Thank You
  • -Given: 28
  • -Receive: 29
  • Posts: 1.168
  • Reputation: 110
  • Malu bertanya tinggal pake GPS...
Re: Glosari Silat Tradisional Indonesia
« Reply #25 on: 12/08/2008 14:02 »
OOT dikit...
kalo budaya buka palang gitu biasanya ada batesan gak? Apa bole sampe mati tuh?
Fairy tales don't tell children that dragons are real...
Children always know that dragons are real...
Fairy tales only tell that dragons can be slain...

Jali Jengki

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 2
  • Posts: 828
  • Reputation: 44
  • Love Pencak Silat, Proud to be Indonesian
Re: Glosari Silat Tradisional Indonesia
« Reply #26 on: 12/08/2008 14:17 »
Mas @ntara

Tergantung permasalahannye ape, juga pake komitmennye pegimane

Kalo buka palang buat ngukur ke jago an, aje sih jarang ane denger ampe ko'it...apelagi jaman sekarang...urusannye berabe. Kecuali kalo urusannye bukan hal ntu.

Biasanye kalo kalah sang Jawara meguru ame nyang ngalahin, kalo gak ngasi hadiah...misalnye dikasi duit atawe dikawinin ame anak atawe sodarenye....

Tabe'...Jali
Kullu Nafsin Zaaiqatul MAUT

Jali Jengki

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 2
  • Posts: 828
  • Reputation: 44
  • Love Pencak Silat, Proud to be Indonesian
Re: Glosari Silat Tradisional Indonesia
« Reply #27 on: 12/08/2008 14:46 »
Ngomongin "Buka Pangkalan"...jadi inget cerite Si Mirah nyang dari Marunde, kalo "Buka Palang" jadi inget kisah Sabeni, Juware tenabang nyang sambung tangan ame Macan Kemayoran (Murtadho...?)...terus dikawinin deh ame anaknye...

Tabe'...Jali
Kullu Nafsin Zaaiqatul MAUT

sarung kampret

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 15
  • Posts: 1.359
  • Reputation: 63
    • Email
  • Perguruan: Balerante
Re: Glosari Silat Tradisional Indonesia
« Reply #28 on: 12/08/2008 17:46 »
yaah si mirah diingetin... anak bini noh ingetin hehehehehhe :D
"Sugih tanpo bondho,pintar tanpo ngeguru, menang tanpo ngasorake, nglurug tanpo bala, mangan tanpo mbayar."

Jali Jengki

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 2
  • Posts: 828
  • Reputation: 44
  • Love Pencak Silat, Proud to be Indonesian
Re: Glosari Silat Tradisional Indonesia
« Reply #29 on: 19/09/2008 14:12 »
Salam SS,

Menurut budayawan dan penulis Betawi, Kwee Kek Beng (alm), merujuk kata "pukul" dalam dialek Betawi terdapat bermacam macam ucapan, berikut saduran dari salah satu tulisan yang dikutip dari majalah Sin Tjun, No. 1, 1956, dengan nama samaran Anak Djakarta.

"Buat “pukul” kita di Jakarta mempunyai kira-kira selosin macam ucapan yaitu: gaplok, gampleng, jitak, jotos, cepol, embat, timpa, kabi, teke, enjot, hantem, toyot, gasak, kemplang, tonjok, ebat, labrak, tokia. Semuanya variasi buat “pukul”, sampe dapat “telor asin” (benjol) atau “keluar kecap” (berdarah). Jitak orang punya jidat, toyor orang punya mulut, tempeleng orang punya pipi, ebat dengan rotan, tonjok orang punya cecongor (jangan lari ke buku kamus, sebab di situ pasti engga ada)".

Lanjuut,...

Tabe'...Jali
Kullu Nafsin Zaaiqatul MAUT

 

Powered by EzPortal