+-

Video Silat


Beksi - apresiasi luar biasa di diskusi bandrong
Abah Gending #1
Demo Silat Golok Seliwa
Silat Pengasinan ( Babe Uwie Effendi )
Tarung Bebas Genggong
Pencak Malioboro Festival - pepedangan cimande
sandur madura atraksi carok megang clurit
Beksi, GOLOK, tanda mata dari fourm untuk beksi
Silat Tradisional di Pencak Silat Word Championshi

Shoutbox

12/07/2014 16:49 one: Pada kemane nih buka puasanya ye?
27/06/2014 17:45 moeljadi moechtar: mohon maaf lahir dan batin menjelang Puasa buat sodare2 silat sekalian...
23/05/2014 19:43 Jenggot Perak: assalamu'alaikum para pesilat dan pendekar..
salam kenal
02/05/2014 13:32 kunderemp: Horeeee... muncul lagi.
20/03/2014 21:24 akoekoko: tes, tes, satu dua...
10/01/2014 22:16 arip: tessss..... happy new year.. ada event apa ini dunia persilatan tahun ini? :D
28/08/2013 13:28 Bang Gagak: Assalamualaikum... bang..
View Shout History

Recent Topics

maenpo Cikalong by aki sija
26/07/2014 06:55

PABUCI (PANCERBUMI CIKALONG/PASAR BARU CIANJUR) by aki sija
26/07/2014 06:36

[GUESTBOOK] by wongbener
23/07/2014 10:03

Pesilat Indonesia Siap Bantu Rakyat Gaza by wongbener
23/07/2014 09:40

My Days with Golok Betawi "Seliwa" by akoekoko
16/07/2014 16:24

RM. Sunardi Suryodiprojo "Den Mas Nardi/Romo Nardi" (03 Apr 1914 - 05 Jun 1985) by halilintar
14/07/2014 00:20

Sejarah perguruan Reti Ati by halilintar
14/07/2014 00:08

Minangkabau Silek Tuo Summer Camp 2014 by luri
07/07/2014 09:13

THS-THM by halilintar
04/07/2014 16:11

PPSB Cingkrig Gerak Cipta by abay gcis
01/07/2014 19:56

Merpati Putih by satrio simammora
16/06/2014 21:40

Asal-usul dan sejarah silat BEKSI betawi by devil
13/06/2014 23:58

SILAT BERDO'A SELAMAT by devil
13/06/2014 23:37

PPS Betako Merpati Putih by mpcrb
23/05/2014 22:15

Selayang Pandang Lu Style Xinyi Liuhe Quan by Jenggot Perak
23/05/2014 20:18

SilatIndonesia.Com

Author Topic: Ilmu surat dan Ilmu silat (bun dan bu)  (Read 2834 times)

santri kinasih

  • Moderator
  • Calon Pendekar
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 2
  • -Receive: 39
  • Posts: 609
  • Reputation: 119
    • Email
Ilmu surat dan Ilmu silat (bun dan bu)
« on: 06/01/2010 23:04 »
Kalau sering baca buku karangan khoo ping ho pasti gak aneh sama istilah bun dan bu..Bun itu ilmu surat atau sastra dan bu itu ilmu silat..Biasanya dalam cerita KPH, jagoannya pasti menguasai ilmu bun dan bu..Malah tidak jarang ada jagoan yang kecilnya disebut sintong (anak sakti) tidak cuma karena seperti punya tulang dan darah bagus, tapi juga karena pandai dalam mendalami kitab2  Konghucu.loa tse atau locu, atau tao tik kheng atau budha..

Kemampuan di bun membawa si jagoan pada penemuan kitab tentang silat yang hebat dan tanpa tanding (bu tek) dan membuat dia menjadi manusia setengah dewa seperti bukek siansu..

Kalau sudah menguasai bun dan bu...seorang pendekar tidak hanya jago silat lalu disebut enghiong (pendekar) atau jadi kawsu (guru silat), lebih dari itu, dia bisa menjadi suri tauladan karena budi pekerti dan keahliannya (taihiap atau pendekar agung)..

Silat Indonesia sebenarnya juga tidak jauh berbeda dengan silat cina (Btw, kph gak pernah pake istilah wushu atau kungfu di dalam bukunya)..Banyak silat indonesia yang dituliskan dengan kitab yang tidak mudah dipelajari dan sarat dengan syair-syair yang filosofis..Kitab pusaka aliran yang berasal dari pajajaran (aliran disensor karena belum ijin yang punya), bahasanya aja udah sulit apalagi memahaminya...Kitab silat silek kumango yang ditulis oleh anak Syeh Kumango (Dt Ismail) juga penuh dengan syair-syair yang merupakan filosofi silek kumango..

Sayangnya di SS tidak ada pembahasan kitab-kitab silat..Padahal aliran PH pun punya kitab silat..Be united..yang dibikin tahun 1927..dan banyak lagi

hummdee6

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 3
  • -Receive: 23
  • Posts: 365
  • Reputation: 33
    • Email
Re: Ilmu surat dan Ilmu silat (bun dan bu)
« Reply #1 on: 07/01/2010 10:47 »
@bang SK ...
dibuka aja bang .. sedikiiiiiiiiitttttt  juga boleh. :ngiler:

aki sija

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 28
  • Posts: 410
  • Reputation: 73
Re: Ilmu surat dan Ilmu silat (bun dan bu)
« Reply #2 on: 07/01/2010 10:57 »
 @ Uda SK mah......baru naekeun tingkatan dari Shao Lin......Siiip deh. [top] [top] [top]

santri kinasih

  • Moderator
  • Calon Pendekar
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 2
  • -Receive: 39
  • Posts: 609
  • Reputation: 119
    • Email
Re: Ilmu surat dan Ilmu silat (bun dan bu)
« Reply #3 on: 07/01/2010 17:41 »
Beberapa tahun lagi kitab yang lagi ditulis aki sija bisa jadi inceran dunia kangouw..kalau sekarang daripada repot nerjahin kitab mending belajar langsung sama aki..dijamin lebih cepet paham..;)

aki sija

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 28
  • Posts: 410
  • Reputation: 73
Re: Ilmu surat dan Ilmu silat (bun dan bu)
« Reply #4 on: 07/01/2010 22:49 »
He  he   he............bab jurus,pancer n kaidah dasar.......satu buku dgn durasi dipelajari 3( tiga ) bulan.
Klo belajarnya dah satu taon lebih.........berapa buku ? :'( :'( :'(


Untuk tulisan Aki ...tunggu wangsit. [[run2]]

santri kinasih

  • Moderator
  • Calon Pendekar
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 2
  • -Receive: 39
  • Posts: 609
  • Reputation: 119
    • Email
Re: Ilmu surat dan Ilmu silat (bun dan bu)
« Reply #5 on: 09/01/2010 11:07 »
Ini SK buka sedikit dari kitab kuno yang menjadi salah satu dasar beladiri taichi, wingchun, aikido yang bersifat lembut:

Shu principle atau forbearance atau penguasan diri atau madi (bahasa cikalong)...

To be the master (of your personal being), you must have a perfect Shu...Shu means you don't impose on others things that you may not desire...Kita diharamkan memperlakukan lawan (kawan) sesuatu yang kita pun tidak inginkan (untuk diperlakukan)..Ketika pukulan datang, biarkanlah ia datang..Ancaman bukanlah ancaman, jika kita tak ada niatan untuk melakukan hantaman..Berat dan ringan adalah sama selama kita tau cara melepaskan (pikiran dan perasaan) dari rasa beban....

Btw, kalau pernah tau ilmu thi khi i beng di asmaraman khoo ping ho Pedang kayu harum...Inilah dasarnya..dan ternyata ilmu itu bukan khayalan..:)

 

hummdee6

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 3
  • -Receive: 23
  • Posts: 365
  • Reputation: 33
    • Email
Re: Ilmu surat dan Ilmu silat (bun dan bu)
« Reply #6 on: 09/01/2010 21:19 »
Weitttsss .. dalem nih maknanya Bang SK.

Tolong digamblangin untuk orang seperti ane yang otak batu.

samber gledek

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 4
  • Posts: 462
  • Reputation: 35
    • Email
Re: Ilmu surat dan Ilmu silat (bun dan bu)
« Reply #7 on: 11/01/2010 10:06 »
Setuju bang Humdee kalau soal falsafah uda SK memang canggih. Uda tolong dibabar biar kita makin ngerti nich..

Salam

santri kinasih

  • Moderator
  • Calon Pendekar
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 2
  • -Receive: 39
  • Posts: 609
  • Reputation: 119
    • Email
Re: Ilmu surat dan Ilmu silat (bun dan bu)
« Reply #8 on: 13/01/2010 12:51 »
Shu dlam ilmu silat..Apa yang akan terjadi ketika ada serangan thd diri anda..Cuma ada lima  kemungkinan: elakan, lawan atau papas, bertahan atau blok dengan anggota badan lain atau pengerahan tenaga, tangkap dan terakhir biarkan mengenai anda tanpa tenaga melawan...teknik satu sampai empat adalah teknik umum..teknik kelima yg tidak terlalu umum..tidak takut terima pukulan dan tidak takut terima dipukul..kebijaksanaan shu, menafikan segala bentuk yg hendak mencelakai..tabik

Mantrijeron14

  • Moderator
  • Anggota Senior
  • **
  • Thank You
  • -Given: 25
  • -Receive: 19
  • Posts: 390
  • Reputation: 50
  • terrorizing people wherever I go
Re: Ilmu surat dan Ilmu silat (bun dan bu)
« Reply #9 on: 27/01/2010 07:58 »
heheh baru nyadar ane kalo ada pendekar Bun versi ekonomi maenin langkah silat dan rasa pariso di ulasan Majalah Gatra terbaru. Uda SK membuktikan kepiawaiannya menganalisa gerak langkah dan kaedah dalam beberan kerangka masalah kisruh ekonomi baru-baru ini.... ada potohnya lagi nyengir!!! harusnya kereng dong uda ben tambah berwibawa, nah enih pengamat ekonomi kok nyengir kuda[top] [top]

wassalam,
"Gerak tak lebih cepat dari pikiran, hati tahu lebih dulu."

goginebulana

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 11
  • Posts: 311
  • Reputation: 27
  • peace and universal
    • Email
  • Perguruan: Harmony Wushu Indonesia
Re: Ilmu surat dan Ilmu silat (bun dan bu)
« Reply #10 on: 27/01/2010 13:09 »
sastra ama silat,
pasti asik.

kalo ada sumber2 sastranya mau donk..


srdananjaya

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 16
  • -Receive: 4
  • Posts: 658
  • Reputation: 31
  • http://www.simpleather.com
    • Sedia Peralatan Beladiri
    • Email
  • Perguruan: Perisai Diri
Re: Ilmu surat dan Ilmu silat (bun dan bu)
« Reply #11 on: 27/01/2010 15:02 »
kisah pewayangan kaya mahabarata dan ramayana karya sastra juga kan? kynya erat kaitanya dengan ilmu silat tuh..
martial art equipment:
http://www.wisanggeni-martialgear.com
Jaket Kulit (Leather Jacket):
www.simpleather.com

May Lee

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 9
  • -Receive: 2
  • Posts: 184
  • Reputation: 7
Re: Ilmu surat dan Ilmu silat (bun dan bu)
« Reply #12 on: 28/01/2010 13:45 »
Uda SK adlh seorg yg handal dlm menjabarkan bahkan mampu utk mengambil kesimpulan dari informasi yg tdk lengkap/sedikit. Tdk banyak org yg bs spt itu krn tdk banyak pula org yg mau mengikuti 'lakon'nya tsb spt mengunyah buku (dlm artian harfiah) utk mendptkan saripatinya..  :w

Antara

  • Moderator
  • Pendekar Madya
  • **
  • Thank You
  • -Given: 28
  • -Receive: 28
  • Posts: 1.163
  • Reputation: 109
  • Malu bertanya tinggal pake GPS...
Re: Ilmu surat dan Ilmu silat (bun dan bu)
« Reply #13 on: 28/01/2010 21:17 »
Oooo... pantes koleksi buku di kantor-nya Uda SK rata-rata tinggal sampulnya aja... udah habis dikunyah rupanya....

Coba niru ah... siapa tau bisa jadi pesilat yang Ph.D. jugak... :w
Fairy tales don't tell children that dragons are real...
Children always know that dragons are real...
Fairy tales only tell that dragons can be slain...

goginebulana

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 11
  • Posts: 311
  • Reputation: 27
  • peace and universal
    • Email
  • Perguruan: Harmony Wushu Indonesia
Re: Ilmu surat dan Ilmu silat (bun dan bu)
« Reply #14 on: 29/01/2010 09:37 »
manteb Ph.D Silat..
aye mau tuh gelar...
melamar kerjaan jadi sub bidang olah raga, tiap hr olahraga.. badan sehat, hobby lancar..

 

Powered by EzPortal