+-

Video Silat


Shoutbox

10/02/2021 10:29 anaknaga: Salam Silat..
Semoga Sadulur sekalian sehat semua di Masa Pandemi Covid-19. semoga olah raga dan rasa dapat meningkatkan daya tahan tubuh kita. hampur 5 tahun tidak ada yang memberikan komen disini.
23/12/2019 08:32 anaknaga: Tidak bisa masuk thread. dah lama tidak nengok perkembangan forum ini.
salam perguruan dan padepokan silat seluruh nusantara.
02/07/2019 18:01 Putra Petir: Akhirnya masuk jua... wkwkwk
13/12/2016 10:49 Taufan: Yuk ke Festival Kampung Silat Jampang 17-18 Desember 2016!!!
20/09/2016 16:45 Dolly Maylissa: kangen diskusi disini
11/02/2016 15:58 Taufan: Alhamdulillah SS sudah ON lagi ;-)
07/01/2016 10:00 luri: wa 'alaikumussalam
View Shout History

Recent Topics

PPS Betako Merpati Putih by acepilot
14/08/2020 10:06

Minta Do`a dan bimbingan para suhu dan sesepuh silat :D. SANDEKALA by zvprakozo
10/04/2019 18:34

On our book: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
13/03/2017 14:37

Siaran Radio ttg. Musik Pencak Silat di Stasiun "BR-Klassik / Musik der Welt" by Ilmu Padi
12/01/2017 16:19

Tentang buku kami: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
17/10/2016 20:27

Hoby Miara Jin by anaknaga
19/09/2016 04:50

TALKSHOW SILAT - Silat Untuk Kehidupan by luri
22/06/2016 08:11

Thi Khi I Beng by aki sija
17/08/2015 06:19

[BUKUTAMU] by devil
09/06/2015 21:51

Daftar Aliran dan Perguruan di Indonesia by devil
01/06/2015 14:01

SILAT BERDO'A SELAMAT by devil
01/06/2015 13:59

Persilatan Jurus Lima (Sabandar) by Marsudi Eko
14/05/2015 19:36

Kebugaran Merpati Putih by mpcrb
22/04/2015 16:16

PAWAI JAMBORE PENCAK 2015 by luri
20/04/2015 16:20

ALM. Kong Nur ( BEKSI Kampung Sawah) by initial_d
30/03/2015 14:02

SilatIndonesia.Com

Author Topic: jurus andalan?  (Read 10036 times)

Java

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 647
  • Reputation: 48
Re: jurus andalan?
« Reply #15 on: 23/10/2007 16:25 »
Mas Sunan, tuh khan mas Nagapasa ketawa ngakak:D

Kalau terkunci ya melingkar atau balik badan dong. [run]

srdananjaya

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 16
  • -Receive: 4
  • Posts: 658
  • Reputation: 31
  • http://www.simpleather.com
    • Sedia Peralatan Beladiri
    • Email
  • Perguruan: Perisai Diri
Re: jurus andalan?
« Reply #16 on: 23/10/2007 16:26 »
quotes removed


oya? kok bisa ya? emang, kt pernah ketemu gt mas Naga? ::) salam lagi aja deh  ;D, maaf kl ga kenal ya, soalnya pake nama samaran sih..
« Last Edit: 24/10/2007 00:19 by EricB »
martial art equipment:
http://www.wisanggeni-martialgear.com
Jaket Kulit (Leather Jacket):
www.simpleather.com

Sosro_Birowo

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 336
  • Reputation: 34
  • The best of us is never enough but God's love
    • Email
Re: jurus andalan?
« Reply #17 on: 23/10/2007 16:38 »
@all

Esensi jurus itu bukan dari gerakan saja tetapi maksud dan tujuan dari jurus itu sendiri. semakin memahami esensi jurus dan melatih jurus agar menjadi sempurna dan bersatu dengan reflek dan feeling dari kita maka semakin membuat jurus itu menjadi jurus andalan kita.

nah masih ada yang punya jurus andalan ?


Nah ini sangat menggelitik...
bentuknya adalah tanpa bentuk (siapa yang pernah bilang beginiya ya, Bruce Lee-kah?)

Kalo nonton pilem di tv/DVD ..apalagi pilem jadul ttg silat ato kungfu, biasanya jagoan kalah dulu. Trus dia belajar dari guru ato ketemu dengan kitab di gua/jurang dan belajar jurus andalan...misalnya dewa mabok ato yg lainnya. Setelah menguasai jurus andalan tersebut kemudian dia bisa mengalahkan lawan-lawannya..

Muncullah mitos jurus andalan..
misalnya jurus elang mengalahkan jurus ular, jurus kucing kalah ama jurus macan..

Nah gimana pendapat rekan-rekan?

betul gak ada jurus andalan yang bisa mengalahkan jurus lain?
ataukah sesungguhnya dalam perkelahian itu tanpa bentuk atau jurus yang baku? tapi mengalir aja sesuai feeling? trus gunanya belajar jurus apa ya? atau apakah semuanya tergantung kekuatan lawan, kecepatan dan timing yang tepat..inilah jurus andalan terhebat??
Jadi sebenarnya jurus andalan itu ada nggak sih? ikutan binun... ::)

Tapi yang jelas aku setuju:
Jurus tertinggi adalah pasrah kepada Sang Pencipta...tanpa mengesampingkan usaha manusia untuk belajar pasrah yang sulit ini karena ego dan ke'aku'an yang kuat ..

salam
S.Birowo
Menguasai Kekuatan/kesaktian adalah untuk belajar rendah hati dan sadar akan adanya Kekuatan MahaTertinggi yaitu Sang Cahaya Kasih Sejati.

Nagapasa

  • Naga Pasa - Naga Pamanah Rasa
  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 8
  • Posts: 927
  • Reputation: 48
  • Paku Jagat Ingsun
    • Nagapasa Blogs
  • Perguruan: Suliwa 5 adegan Serong
Re: jurus andalan?
« Reply #18 on: 23/10/2007 17:00 »
IMHO  ;D

Jurus adalah hukum, bukan hanya gerakan tanpa maksud dan esensi.

sama kayak nyetir mobil cara gas, rem, kopling dan pindah gigi. itu jurus dasar.

gimana reaksi di tanjakan dan belokan serta mundur itu adalah aplikasi dasar jurus.

pas di jalan raya ya yang paling sempurna feelingnya yang paling hebat. udah engak pusing kapan harus ngatur gan dan komping maka kita sudah menguasai jurus mengendarai mobil.

jadi bentuk itu sebenarnya ada, cuman sudah engak bisa di buat skenario lagi, semuanya kejadian sesaat yang di response dengan tubuh secara cepat dengan gerakan. Jurus cuman jadi dasar dan  hukum saja... sisanya gimana yang bersangkutan.

kalau di tanya jurus andalan kamu apa? mungkin lebih tepatnya jurus kesukaan kamu apa ?

CMIIW
Susulan Liliwatan | Sulaya tina panyangka
visit my Blogs - www.nagapasa.multiply.com

srdananjaya

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 16
  • -Receive: 4
  • Posts: 658
  • Reputation: 31
  • http://www.simpleather.com
    • Sedia Peralatan Beladiri
    • Email
  • Perguruan: Perisai Diri
Re: jurus andalan?
« Reply #19 on: 24/10/2007 10:19 »
Mas Sunan, tuh khan mas Nagapasa ketawa ngakak:D

Kalau terkunci ya melingkar atau balik badan dong. [run]


ga mas.. belum terkunci kok  8) cukup pake lempit.. beres dah.. x-))
martial art equipment:
http://www.wisanggeni-martialgear.com
Jaket Kulit (Leather Jacket):
www.simpleather.com

srdananjaya

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 16
  • -Receive: 4
  • Posts: 658
  • Reputation: 31
  • http://www.simpleather.com
    • Sedia Peralatan Beladiri
    • Email
  • Perguruan: Perisai Diri
Re: jurus andalan?
« Reply #20 on: 24/10/2007 10:26 »
Quote
Ada mas...

Berserah diri kepada Allah SWT

mas Sunan yang itu mah wajib hukumnya.

Betul  [top]
Tapi ga semua orang bisa melakukannya... apalagi saya....ini jurus yang sangat sulit..
Mohon saya di bimbing gimana caranya...sampai sekarang masih belum bisa...maklum, kerohaniannya masih baru...anak bawang :'(
« Last Edit: 24/10/2007 12:15 by srdananjaya »
martial art equipment:
http://www.wisanggeni-martialgear.com
Jaket Kulit (Leather Jacket):
www.simpleather.com

Nagapasa

  • Naga Pasa - Naga Pamanah Rasa
  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 8
  • Posts: 927
  • Reputation: 48
  • Paku Jagat Ingsun
    • Nagapasa Blogs
  • Perguruan: Suliwa 5 adegan Serong
Re: jurus andalan?
« Reply #21 on: 24/10/2007 10:37 »
he he he... itu kan kalo kakinya udah kena tangkep mas.

makanya waktu datang sabit diikuti searah gerakan sabit sambil di tangkep dan di tarik memutar. jadi engak di tangkep terus di pegang doank engak diapa apain

:)


[/quote]
Mas Sunan, tuh khan mas Nagapasa ketawa ngakak:D

Kalau terkunci ya melingkar atau balik badan dong. [run]


ga mas.. belum terkunci kok  8) cukup pake lempit.. beres dah.. x-))
Susulan Liliwatan | Sulaya tina panyangka
visit my Blogs - www.nagapasa.multiply.com

srdananjaya

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 16
  • -Receive: 4
  • Posts: 658
  • Reputation: 31
  • http://www.simpleather.com
    • Sedia Peralatan Beladiri
    • Email
  • Perguruan: Perisai Diri
Re: jurus andalan?
« Reply #22 on: 24/10/2007 11:33 »
Salam.

 Ga mudeng aku, arah pembicaraan nya kemana..   :) maklum masih anak kemarin sore .. :D ga ngerti banget pembicaraan sisindiran dan filosofis..
positive thinking aja ah..

lempit itu bukan gerak tangkapan.. tapi gerakan memutar badan diikuti serangan apabila serangan awal kita tertolak atau tertutup oleh lawan.. tanpa merubah letak kaki seperti halnya gerak melingkar dan balik badan.. kalau aplikasinya pernah diperagakan oleh Toni Jaa (aktor Thailand) dalm film Ongbak, lempit sikuan kiri..

Salam hormat
« Last Edit: 24/10/2007 11:41 by srdananjaya »
martial art equipment:
http://www.wisanggeni-martialgear.com
Jaket Kulit (Leather Jacket):
www.simpleather.com

Java

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 647
  • Reputation: 48
Re: jurus andalan?
« Reply #23 on: 24/10/2007 12:33 »

Jadi sebenarnya jurus andalan itu ada nggak sih? ikutan binun... ::)

Jurus tertinggi adalah pasrah kepada Sang Pencipta...tanpa mengesampingkan usaha manusia untuk belajar pasrah yang sulit ini karena ego dan ke'aku'an yang kuat ..

salam
S.Birowo

Salam silat semua,

Pertama saya ucapkan terima kasih pada mas-mas Moderator yg benar-benar membuktikan sebagai pesilat tangguh. Permohonan bantuan saya untuk mendelete posting saya yg nyasar ke forum ini di respon "dalam hitungan detik".
Terima kasih mas-mas Moderator.

Sekarang kembali ke topik.

Jurus andalah tetap ada karena tiap-tiap individu praktisi bela diri akan memiliki kecenderungan untuk mempertajam suatu tehnik sesuai dengan minat dan bakatnya.

Yang relatif adalah tehnik tertinggi dalam esensi gerak fisik karena sifatnya kasus per kasus. Suatu tehnik yg hari ini dianggap terhebat bisa jadi besok sudah tdk hebat lagi sebab sudah muncul yg lebih hebat.
Analogi ini sejalan dg peribahasa: di atas gunung masih ada gunung.

salam,




Java

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 647
  • Reputation: 48
Re: jurus andalan?
« Reply #24 on: 24/10/2007 13:04 »
he he he... itu kan kalo kakinya udah kena tangkep mas.
makanya waktu datang sabit diikuti searah gerakan sabit sambil di tangkep dan di tarik memutar. jadi engak di tangkep terus di pegang doank engak diapa apain
:)


Serangan-serangan kaki (tendangan) khususnya dlm wiralaga IPSI banyak yg "asli tapi palsu". Asal muasalnya memang tehnik palsu tsb sengaja diberikan oleh pemiliknya dlm rangka TC IPSI untuk menyembunyikan rahasia tehnik bersangkutan.

Celaka dua belas, murid-murid ybs justru mengikuti trend tehnik palsu itu?  ;D

Ibarat barang dagangan, palsu itu serupa dg yang asli tapi tidak sama, murah lagi. Enaknya, tehnik palsu itu gampang melatihnya. Lha wong esensi geraknya salah besar, he....he...he..... =)))

Tdk heran banyak tendangan bisa ditangkap, seperti sampeyan bilang, ikuti  arah lepasannya, terus tangkap. Selanjutnya terserah deh. Ya begitulah tehnik palsu >:D

Saya yakin banyak tehnik-tehnik andalan dari masing-masing PS yg jarang dikeluarkan. Gimana mau dikeluarkan kalau yg kena bisa koit?

Di era th 70 an, tehnik-tehnik andalan banyak terlihat dalam even IPSI. Saat itu tanding IPSI masih menggunakan sistim full body contact, semua sasaran sah dan semua jenis serangan boleh. Tanding IPSI saat itu banyak menyuguhkan tehnik pencak silat kelas tinggi hingga penonton puas. Puas bisa melihat tehnik yg berkualitas sekaligus puas melihat orang pingsan. :'(

Sisi lain tanding IPSI periode th 70 an adalah adanya muatan supranatural. Tidak heran arena tanding terasa pengap karena peluh penonton yg penuh sesak + bau menyan..... >:D

Cuma, sekarang hal-hal tsb tinggal cerita buat anak cucu.

BTW, ulasan mas Nagapasa tentang jurus andalan yg mengalir begitu saja sesuai situasi dan kondisi benar adanya. [top]




 

Nagapasa

  • Naga Pasa - Naga Pamanah Rasa
  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 8
  • Posts: 927
  • Reputation: 48
  • Paku Jagat Ingsun
    • Nagapasa Blogs
  • Perguruan: Suliwa 5 adegan Serong
Re: jurus andalan?
« Reply #25 on: 24/10/2007 17:21 »
betul sekali bung java,

sama seperti fakta bahwa hampir sebagian besar (lebih dari 10 %) dari 10 perguruan historis IPSI adalah perguruan silat dari daerah jawa (tengah dan timur), menyebabkan teknik teknik pertandingan IPSI pun banyak di dominasi oleh jurus jurus dengan style jawa (minus jawa barat).

ini bisa dilihat dari gerak pada Jurus Tunggal Baku atau teknik teknik pertandingan yang diadakan secara formal di setiap TC yang diadakan oleh IPSI.

Nah jurus simpanan itu masih tetap di pegang oleh PS dan silat tradisional yang ada, engak di share ke ipsi hanya berlaku di internal perguruan saja. seperti teknik maenpo/silat sunda yang lebih mengutamakan teknik serangan tangan dengan kuda kuda rendah, yang jarang sekali kita temukan dalam pertandingan.

target serangan titik berbahaya pun terkadang di alihkan hanya untuk menunjukkan bahwa silat itu safe dan engak membahayakan penggunanya. padahal dengan demikian malah mengkebiri kemampuan asli silat sesungguhnya.

Teknik Palsu memang benar adanya, kadang pelatih hanya kasih teknik menyerang dan melumpuhkan tanpa mengajarkan cara mengobatinya...
Susulan Liliwatan | Sulaya tina panyangka
visit my Blogs - www.nagapasa.multiply.com

Java

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 647
  • Reputation: 48
Re: jurus andalan?
« Reply #26 on: 25/10/2007 11:05 »
Teknik Palsu memang benar adanya, kadang pelatih hanya kasih teknik menyerang dan melumpuhkan tanpa mengajarkan cara mengobatinya...

Sedih, kalau lawan KO semata-mata karena mujur, lha tehnik/ jurus nya palsu
Lebih sedih lagi, kok bisa kena serangan palsu ya? ~X(

simpay

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 192
  • Reputation: 5
Re: jurus andalan?
« Reply #27 on: 23/03/2008 05:54 »

ikut sedikit komentar akang2 semuanya...
Jurus andalan seperti yang disebutkan rekan2 diatas adalah Jurus tertinggi yang dimiliki oleh suatu perguruan...atau paling tidak jurus yang dianggap cukup ampuh dan terkenal...kita ambil contoh mohon maap sebelumnya ^:)^ yang saya sering dengar di Margaluyu terkenal dengan jurus Payung Rosul nya,aliran Sabeni terkenal dengan Merak Ngigel dan jurus kelabang nyebrangnya (mohon maap klw ada salah penulisan dan mohon dibetulkan  ^:)^).
mungkin bisa disebutkan nama2 jurus andalan yang dikuasai oleh rekan2 semua?...
mohon maap klw dengan tulisan saya ini ada yang merasa kurang berkenan karena saya tuliskan nama jurus2nya terutama bang Rama dan bang Ijul ,sekali lagi  ^:)^...

salam


simpay
(simpayputra Garut)

putri teratai

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 805
  • Reputation: 20
  • datang kembali datang tuk mencapai kesempurnaan
    • PD-Total Quality Body Management
Re: jurus andalan?
« Reply #28 on: 01/05/2008 12:58 »

nah masih ada yang punya jurus andalan ?


Ada mas...

Berserah diri kepada Allah SWT

 ;D

setujjuuu nih...pasrah aja...dan
..bismillah...niat ingsun minta slamet...sehat sentosa
percaya dan cintailah dirimu
(Kita ada di sini bukan untuk saling bersaing. Kita ada di sini untuk saling melengkapi. - Bill Mccartney)

Ranggalana

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 1
  • Posts: 652
  • Reputation: 81
  • sastra jendra hyu ning rad pangruwating diyu
    • Email
Re: jurus andalan?
« Reply #29 on: 01/05/2008 15:37 »
Kalao jurus andalan saya, semisal diajak makan-makan di warung oleh mas Java dan kawan-kawan PLN atao gedung Hidro, setelah makan pura-pura rogoh-rogoh dompet yang pura-pura nyangkut sampe ada yang bayarin duluan.

Karena jarang bengkelai saya gak tau ada tow nggak jurus silat yang saya andalkan. Yang lebih dapat saya haturkan adalah jurus yang sering saya latih bin saya suka ... tetapi itupun berganti-ganti.

Kalo sekarang yang banyak saya latih adalah jurus sapuan ular dan gulingan garuda untuk memperbaiki pencernaan mengatasi asam urat, soalnya duren salah musim di Ngrambe mak nyuuussss tenan. Ketika usia semangkin bertambah rasanya jurus kesehatan jadi semangkin menarik.

Salam hangat,
Bram
batu kali jadi candi, duka jadi puisi, jagal jadi wali

 

Powered by EzPortal