+-

Video Silat


Sabeni Rahmat performance, Jambore Pencak Silat
Beksi Kid main Golok
beksi hasbulloh - Performance silat di acara ultah
promo: Gerak Gulung Budi Daya
Tjimande Tarikolot Kebon Djeruk Hilir
Ciung Wanara @ Komunitas Unik - Duel Jawara vs Jua
Pencak Silat Tiga Berantai
Ensiklopedi Silat Indonesia
bandrong on action

Shoutbox

20/03/2014 21:24 akoekoko: tes, tes, satu dua...
10/01/2014 22:16 arip: tessss..... happy new year.. ada event apa ini dunia persilatan tahun ini? :D
28/08/2013 13:28 Bang Gagak: Assalamualaikum... bang..
11/08/2013 16:12 Aku: Untuk semua sahabat...Minal aidzin wal faidzin. Mohon maaf lahir batin
09/08/2013 05:32 Dolly Maylissa: Maaf lahir batin ya semua, selamat hari raya idul fitri
08/08/2013 23:50 anaknaga: assalamu'alaikum para master dan praktisi MA. selamat hari raya Idul Fitri 1434H, Taqabalallahuminna waminkum.

salam.
01/08/2013 15:35 guebanget: ting nong ding dong
View Shout History

Recent Topics

PPS Betako Merpati Putih by halilintar
Today at 00:32

Tai Chi Meringankan Depresi pada Lansia by ifung
16/04/2014 19:27

Pencak Silat "NATAR" dari perbatasan sumut dan sumbar by Tiger_Lord
10/04/2014 17:12

13 DASAR TAIJIQUAN BAGIAN 1 by ifung
09/04/2014 22:17

Menangis Dapat Membantuan meringankan Stres, Tapi untuk Kesehatan Optimal Anda P by ifung
05/04/2014 22:06

Dialog Keajaiban Silat - Silat untuk Kehidupan by luri
04/04/2014 14:16

Merpati Putih by alfee
02/04/2014 19:26

Silat Gombel Tradisional by Putra
24/03/2014 15:02

Pencak Silat Tertua Betawi "Silat Gombel aliran Jalak putih" by Putra
24/03/2014 14:18

PABUCI (PANCERBUMI CIKALONG/PASAR BARU CIANJUR) by luri
23/03/2014 17:38

TOKOH-TOKOH SILAT BAMBU LARANGAN by AGUNGP
19/03/2014 12:39

Jeet Kune Do by ifung
16/03/2014 18:18

THE EIGHT BASIC METHODS OF CHEN STYLE TAI CHI CHUAN by ifung
16/03/2014 17:50

Peluncuran Buku KEAJAIBAN SILAT oleh Edwin Hidayat Abdullah by Satria Naga
12/02/2014 01:42

PS.Al-Barokah by ridwanelektro
14/12/2013 13:29

SilatIndonesia.Com

Author Topic: Legenda Ki Joko Tingkir  (Read 14924 times)

Pangeran Muda

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 5
  • Posts: 209
  • Reputation: 18
    • Email
Legenda Ki Joko Tingkir
« on: 27/05/2009 19:57 »
Dear sahabat silat,

Mungkin kita telah banyak mendengar keperkasaan sang legenda tanah Jawa bernama Mas Karebet atau yang memang terkenal dengan nama Ki Joko Tingkir.
Beliau sebagai tiang utama tanah Jawa dan memimpin kerajaan Demak dengan awalnya kesultanan Pajang, telah sangat melegenda dengan kesaktian, kepintarannya dalam menjalankan permainan politik kerajaan dan kerendah hatiannya.
Kesaktiannya sewaktu menundukkan banteng liar yang mengamuk di depan sang Raja Demak, menundukkan sang Raja buaya putih dan pasukannya, dan lainnya tetap dibungkus aura kesatriaan yang kental bila kita menyimak cerita beliau.
Disini saya ingin berdiskusi dengan para sahabat yang memang lebih tahu banyak dari pada saya mengenai cerita sang legenda.
Kependekarannya sempat menimbulkan tanya saya secara pribadi sewaktu saya menggali tentang beliau, apakah sebenarnya ilmu ilmu yang dipelajari beliau, ilmu silat apakah yang dikuasainya?
Apakah ilmu ilmu beliau masih ada yang mewarisi sekarang ini?
Mungkin banyak yang bisa share...monggo...
Kembang Jadi Buah, Buah Jadi Kembang

MASANT

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 2
  • Posts: 57
  • Reputation: 12
  • pejalan AKAP
    • Email
Re: Legenda Ki Joko Tingkir
« Reply #1 on: 28/05/2009 11:44 »
Babad tanah jawi memang menarik. Namun cerita yang ada di situ apakah benar2 kenyataan ataukah merupakan kiasan. Asmaraman S  menginterpretasikan sehingga tercipta cerita Nogosroso sabuk inten.
Bagaiman dengan sahabat lain ?

kalamangga

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 34
  • Reputation: 3
    • Email
Re: Legenda Ki Joko Tingkir
« Reply #2 on: 28/05/2009 12:52 »
@Ki Sunu

Nagasasra Sabuk Inten tidak dikarang oleh Asmaraman S. Khoo Ping Hoo deh kayaknya.

sedyaleksana

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 17
  • -Receive: 6
  • Posts: 417
  • Reputation: 42
    • PD Germany & Swiss
  • Perguruan: Perisai Diri
Re: Legenda Ki Joko Tingkir
« Reply #3 on: 28/05/2009 13:18 »
NSSI buku cerita favorit saya, dikarang oleh SH. Mintardja. NSSI juga tdk secara khusus menceritakan Joko Tingkir atau mas Karebet!
Salam
Chandrasa

Jali Jengki

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 828
  • Reputation: 43
  • Love Pencak Silat, Proud to be Indonesian
Re: Legenda Ki Joko Tingkir
« Reply #4 on: 28/05/2009 13:30 »
Salam,

Betul yang Mas Chandrasa bilang SSNI karangan Singgih Soehadi (SH) Mintardja. Memang secara khusus tidak menceritakan sosok Jaka Tingkir, tetapi kepada Maheso Jenar. Jaka Tingkir merupakan tokoh "pemancing/pembuka" setting cerita pada buku ini.

Meski demikian, SH Mintardja dalam membuat karangan tidak main2, beliau melakukan survey mendalam perihal setting (sejarah, nama pusaka, tempat dll)  yang berkaitan dengan itu. Seperti keris Naga Sasra dan Sabuk Inten memang benar adanya, saat ini keris-keris tersebut disimpan di Keraton Solo. Keris Nagasasra berwarna keunguan, dibuat oleh Mpu Supa Madrangki yang hidup pada zaman Majapahit. Keris ini memiliki luk 13, simbolisasi kebangunan jiwa. Sementara Sabuk Inten dibuat oleh Mpu Domas, juga dari Kerajaan Majapahit, memiliki luk 11, berwarna putih kekuningan. Keris ini menjadi simbolisasi welas asih (tahun 1974, menurut Ensiklopedi Keris karya Bambang Harsrinuksmo, keris ini dibuatkan warangka baru--dari kayu cendana wangi).

Bukan begitu Mas Chandrasa..?

Salam...


Kullu Nafsin Zaaiqatul MAUT

sedyaleksana

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 17
  • -Receive: 6
  • Posts: 417
  • Reputation: 42
    • PD Germany & Swiss
  • Perguruan: Perisai Diri
Re: Legenda Ki Joko Tingkir
« Reply #5 on: 28/05/2009 13:41 »
Bang Jali,
nggak komentar, tapi cuman  [top] buat bang Jali.

Mas Bram dan mas Don Basuki mungkin bisa cerita lebih banyak soal legenda dan Keris. Ilmu perkerisan saya sangat cethek, cuman bisa nayuh saja :).

Salam
Chandrasa

Antara

  • Moderator
  • Pendekar Madya
  • **
  • Thank You
  • -Given: 28
  • -Receive: 28
  • Posts: 1.163
  • Reputation: 109
  • Malu bertanya tinggal pake GPS...
Re: Legenda Ki Joko Tingkir
« Reply #6 on: 28/05/2009 14:04 »
Babad tanah jawi kalau IMHO penuh dengan kisah kiasan, seperti juga karya-karya sastra bermuatan sejarah lainnya, jadinya sepak terjang Mas Karebet di babad tersebut perlu dicermati dibalik apa yang tersurat. SH Mintardja misalnya, dia menerjemahkan kasus Dadungawuk yang menyebabkan Mas Karebet terusir dari istana sebagai "cover story", sedangkan kejadian sebenarnya adalah Mas Karebet nyelinap ke keputren dan pacaran sama putri Sultan Trenggana tapi ketahuan ... :-X

Lepas dari kisah-kisah mistis yang meliputi prosesnya, Mas Karebet secara umum diketahui sebagai murid dari Sunan Kalijaga, dan punya hubungan dekat dengan Ki Ageng Sela yang menurut legenda mampu menangkap petir (indikasi dari kemampuan yang luar biasa).

Nah, siapa yang punya rujukan mengenai ilmu Sunan Kalijaga dan Ki Ageng Sela? Kayaknya dari sinilah kita bisa melacak ilmu silat Ki Joko Tingkir.

Kalau menurut SH Mintardja sih, Mas Karebet itu berajikan Rog-rog Asem dan Lembu Sekilan. Ada yang punya keterangan soal dua ilmu ini?
Fairy tales don't tell children that dragons are real...
Children always know that dragons are real...
Fairy tales only tell that dragons can be slain...

Jali Jengki

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 828
  • Reputation: 43
  • Love Pencak Silat, Proud to be Indonesian
Re: Legenda Ki Joko Tingkir
« Reply #7 on: 28/05/2009 14:06 »
Kang Sarkem kemana...ya?

mungkin beliau paham mengenai Jaka Tingkir ini...

Pendapat saya (ciailaah... [lucu])  Jaka Tingkir hanya nama julukan dari Mas Karebet, anak dari Kebo Kenanga murid Syekh Siti Jenar. diangkat anak oleh janda Nyi Ageng dari desa Tingkir, guru pertamanya adalah Sunan Kalijaga, kemudian Ki Ageng Selo.

Dilihat dari track hidupnya  ::) sepertinya penuh dengan nuansa sinkritisme antara Islam dan budaya Jawa, dimana mistik sufisme kejawen dan olah kanuragan lebih mendominasi ketimbang ilmu silatnya (CMIIW). Hal ini lazim pada frase penyebaran Islam pada masa itu. Oleh karena itu ada pendapat yang mengatakan di tanah Jawa bagian tengah lebih cenderung didominasi oleh olah kanuragan ketimbang olah gerak silat, tidak sebagaimana saudaranya di Jawa bagian Barat (CMIIW lagi). Tidak heran kita mengenal Lembu Sekilan, Ngerogo Sukmo dll...yang menurut penuturan SH Mintardja adalah ilmunya Jaka Tingkir. Terakhir saya baca (dimana lupa... ::)) keilmuan Jaka Tingkir menitis pada Pangeran Samber Nyowo yang dipakai menjadi ilmu pasukan khusus Mataram TIJITIBEH (Mati siji Mati Kabeh).

Mengenai cerita penaklukan Banteng ataupun mengendarai buaya, saya melihatnya sebagai sebuah "kiasan"...


Salam,

Jali (yang sok tahu.... x-)))


Lumayan nih cerita siang2 sambil nyeruput kopi sama singkong rebus...ngerokok dah... :o
Kullu Nafsin Zaaiqatul MAUT

Pangeran Muda

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 5
  • Posts: 209
  • Reputation: 18
    • Email
Re: Legenda Ki Joko Tingkir
« Reply #8 on: 28/05/2009 16:25 »
Alhamdulillah kehadiran pendekar Jali memang mengkeretkan nyali  x-))
Memang sepertinya benar apa yang diutarakan oleh kang Jali Jengki bhawa olah kanuragan lebih menonjol daripada ilmu silat fisik ya..
Tapi itulah yang bikin saya penasaran, walaupun olah kanuragan lebih menonjol tapi pastinya pada saat itu ada ilmu olah silatnya..
monggo yang punya referensi lebih dalam..
Kembang Jadi Buah, Buah Jadi Kembang

Adji_Aris

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 35
  • Reputation: 3
    • Email
Re: Legenda Ki Joko Tingkir
« Reply #9 on: 17/06/2009 17:09 »

Asalamualaikum para pendekar

salam perkenalan dan persahabatan, saya anggota baru nih.
spanjang pengetahuan saya sih lembu sekilan itu suatu jenis ilmu yang digunakan sebagai lambaran/rangkepan dari gerak silat fisik yang dipergunakan dalam perkelahian, yang fungsinya sebagai benteng/pertahanan untuk meminimalkan serangan-serangan lawan yang akan mengenai tubuh, bahkan mungkin  serangan lawan tidak akan menyentuh tubuh (jarak 1 kilan/sekilan).

Menurut saya (cie..ile..)sih sampai saat ini masih banyak perguruan-perguruan yang memiliki ilmu sejenis lembu sekilan (misalnya perguruan2 yang dapat mementalkan lawan jarak jauh/berjarak).

peragasukma

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 12
  • Reputation: 0
Re: Legenda Ki Joko Tingkir
« Reply #10 on: 18/06/2009 09:52 »

 Jawa bagian tengah lebih cenderung didominasi oleh olah kanuragan ketimbang olah gerak silat, tidak sebagaimana saudaranya di Jawa bagian Barat (CMIIW lagi). Tidak heran kita mengenal Lembu Sekilan, Ngerogo Sukmo dll...


iya yaa
banyak sekali disini dan bermacam macam juga jenisnya

seperti yng ini juga,
sadumuk batuk
senyari bumi


Java

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 647
  • Reputation: 48
Re: Legenda Ki Joko Tingkir
« Reply #11 on: 16/08/2009 19:31 »
.....Mas Karebet itu berajikan Rog-rog Asem dan Lembu Sekilan. Ada yang punya keterangan soal dua ilmu ini?

Pernah lihat "bacaan" ilmu yg disebut pertama diatas. Hanya beda nama tapi esensi sama. Untuk ilmu yg disebut terakhir, pernah lihat "bacaannya" untuk nama yg identik sama. Kesempatan membaca "bacaan" imu tersebut pada kepustakaan orang yg pilih tanding kualitas silat maupun kanuragannya. Kesimpulan pribadi ilmu-ilmu tersebut benar adanya.

Sesungguhnya ilmu-ilmu tersebut bukan tabu untuk dibicarakan maupun dipertunjukkan. Masalah akan timbul "kalau" pembicaraan dilakukan pribadi-pribadi dalam level yang tidak setara. Analoginya diskusi teori relativitas Einstein antara seorang Doktor Fisika Murni dengan anak SD ataupun pelajar SMU semester awal (maaf tanpa maksud mendeskreditkan). Jelas diskusi tersebut tidak akan menghasilkan kesimpulan berarti.

Kembali ke topik kedua ilmu tersebut diatas. Sekiranya mau dibahas atau dibuktikan maka semua pihak musti dalam gelombang frekuensi yg sama. Kalau tidak ya sebatas referensi semata.

salam
Java

 

acepilot

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 4
  • -Receive: 5
  • Posts: 65
  • Reputation: 20
  • Sahabat Silat
    • Email
  • Perguruan: Merpati Putih
Re: Legenda Ki Joko Tingkir
« Reply #12 on: 24/02/2011 11:43 »
permisi om-om sekalian..
mau numpang tanya apakah kisah dibawah ini benar?
ini saya dapat dari status facebook teman seperguruan saya yang berprofesi wartawan..

Dulu..ktk mendengar cerita Joko Tingkir membelah dada Dadungawuk,seorang prajurit dg sehelai rumput,ayas masih ragu.Tp setelah kemarin,ayas melihat sendiri seorang pesilat mematahkan besi dg rumput.Penasaran?Ayas punya rekamanya.Bravo merpati putih...
July 13, 2010 at 1:54pm via BlackBerry
"SOPO SING ISO NUTUP HOWO SONGO, YO IKU WONG SING ISO NAPAK TAPAKE KUNTUL MELAYANG" ....
-Almarhum Budi Santoso Hadi Purnomo (Mas Budi)-

Satria Piningit

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 38
  • -Receive: 10
  • Posts: 27
  • Reputation: 10
  • Zodam
  • Perguruan: Syufu Taesyukhan
Re: Legenda Ki Joko Tingkir
« Reply #13 on: 25/02/2011 15:46 »
jadi cerita mas karebet ini benar2 nyata ya,atau memang cuma legenda seperti bandung bondowoso,atau cerita datuk maringgih?
Dalam Keimanan ada Kekuatan

acepilot

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 4
  • -Receive: 5
  • Posts: 65
  • Reputation: 20
  • Sahabat Silat
    • Email
  • Perguruan: Merpati Putih
Re: Legenda Ki Joko Tingkir
« Reply #14 on: 26/02/2011 08:14 »

Asalamualaikum para pendekar

salam perkenalan dan persahabatan, saya anggota baru nih.
spanjang pengetahuan saya sih lembu sekilan itu suatu jenis ilmu yang digunakan sebagai lambaran/rangkepan dari gerak silat fisik yang dipergunakan dalam perkelahian, yang fungsinya sebagai benteng/pertahanan untuk meminimalkan serangan-serangan lawan yang akan mengenai tubuh, bahkan mungkin  serangan lawan tidak akan menyentuh tubuh (jarak 1 kilan/sekilan).

Menurut saya (cie..ile..)sih sampai saat ini masih banyak perguruan-perguruan yang memiliki ilmu sejenis lembu sekilan (misalnya perguruan2 yang dapat mementalkan lawan jarak jauh/berjarak).

ya saya setuju nih ilmu bernama lembu sekilan diajarkan di tingkat advance, saya sendiri belum pernah mengetahui cara mendapatkannya menurut perguruan saya, tetapi saya membaca ada beberapa versi dari lembu sekilan, ada yang mendapatkannya dengan murni tenaga dalam (tanpa mantra tanpa puasa), ada juga yang pakai puasa and merapal mantra, ada yang mengucapkan niat awalnya pakai basmallah, ada yang tidak, ada yang pantangannya memakan daging sapi, ada yang tidak, ada yang pantangannya makan nasi yang dilapisi daun pisang, ada juga yang tidak..

saya pernah baca katanya ada lagi ilmunya jaka tingkir yang bisa membuat batu menjadi lunak, batu ditusuk dengan jari seakan-akan seperti menusuk gumpalan pasir, jadinya batunya berlubang-lubang, tapi saya lupa namanya apa..
salam..
"SOPO SING ISO NUTUP HOWO SONGO, YO IKU WONG SING ISO NAPAK TAPAKE KUNTUL MELAYANG" ....
-Almarhum Budi Santoso Hadi Purnomo (Mas Budi)-

 

Powered by EzPortal