+-

Video Silat


Panglipur 1989 31
Pencak Silat di acaranya Okinawa Karate Federation
Beksi dalam Film Darah Muda
Silat Tradisional di Pencak Silat Word Championshi
Cingkrik Rawabelong Depok di FIB UI
Pamur Tunggal Putri
Asian Silat Night - Indonesian Demo Team 2006 Penc
Maenpo Cikalong @ Cakrawala ANTV
cikalong onAction #01

Shoutbox

13/12/2016 10:49 Taufan: Yuk ke Festival Kampung Silat Jampang 17-18 Desember 2016!!!
20/09/2016 16:45 Dolly Maylissa: kangen diskusi disini
11/02/2016 15:58 Taufan: Alhamdulillah SS sudah ON lagi ;-)
07/01/2016 10:00 luri: wa 'alaikumussalam
04/01/2016 20:21 May Lee: Assalamu 'alaikum
30/03/2015 14:06 initial_d: Sepi amat ya bang, pada kemane nih penghuninya....
20/10/2014 15:28 kunderemp: Ya.. om Taufan.. Tanggal 11 lalu saya masih di tengah hutan di Bakan.
View Shout History

Recent Topics

PPS Betako Merpati Putih by halilintar
06/09/2018 11:34

On our book: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
13/03/2017 14:37

Siaran Radio ttg. Musik Pencak Silat di Stasiun "BR-Klassik / Musik der Welt" by Ilmu Padi
12/01/2017 16:19

Tentang buku kami: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
17/10/2016 20:27

Hoby Miara Jin by anaknaga
19/09/2016 04:50

TALKSHOW SILAT - Silat Untuk Kehidupan by luri
22/06/2016 08:11

Thi Khi I Beng by aki sija
17/08/2015 06:19

[BUKUTAMU] by devil
09/06/2015 21:51

Daftar Aliran dan Perguruan di Indonesia by devil
01/06/2015 14:01

SILAT BERDO'A SELAMAT by devil
01/06/2015 13:59

Persilatan Jurus Lima (Sabandar) by Marsudi Eko
14/05/2015 19:36

Kebugaran Merpati Putih by mpcrb
22/04/2015 16:16

PAWAI JAMBORE PENCAK 2015 by luri
20/04/2015 16:20

ALM. Kong Nur ( BEKSI Kampung Sawah) by initial_d
30/03/2015 14:02

maenpo Cikalong by aki sija
25/02/2015 22:01

SilatIndonesia.Com

Author Topic: Maenpo Cikalong dan Al-Quran  (Read 9251 times)

santri kinasih

  • Moderator
  • Calon Pendekar
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 2
  • -Receive: 39
  • Posts: 609
  • Reputation: 119
    • Email
Re: Maenpo Cikalong dan Al-Quran
« Reply #15 on: 13/06/2012 15:58 »
Hihi...Ketika cangkir tidak lagi kosong, maka tidak ada lagi air yang bisa dituang. Bagaimana mungkin bisa menjelaskan yang Ghaib, sementara yang syahadah pun belum mengerti?
Maenpo cikalong itu ilmu yang boleh kita debatkan, kita ujikan, kita salahkan pun gak berdosa. Itulah proses pembelajaran. Seperti seorang guru besar pernah berkata: ambil ilmu silat ini yang baik, yang dirasa tidak baik..jangan!
Silat sebagai media dakwah sudah seribu tahun lebih...tapi semua ada proses..semua ada proses..hingga sampai pada haqqul yaqin..

Notes:
Ketidak mengertian terhadap bio mekanika, berarti belum mengerti perkara yang terang dalam dunia silat...Padahal silat itu lahirnya mencari kawan, batinnya mencari Tuhan....
Bagaimana nak kenal Tuhan lewat silat, kawan dalam diri pun belum kenal....

Semoga cita2 Agung, berdakwah lewat silat terwujud...



Unknown

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 65
  • -Receive: 41
  • Posts: 1.486
  • Reputation: 95
  • I'm no longer a member of this forum
    • FORUM SILAT
Re: Maenpo Cikalong dan Al-Quran
« Reply #16 on: 13/06/2012 17:29 »
Menurut saya seseorang menanyakan kebenaran pemakaian hati di Al Quran ternyata ada dalam cikalong sah2 saja..
Tapi jangan dibilang nanti saat teori dari cikalong dikalahkan akhirnya menyalahkan Al Quran.. hehehheheh:D

Mau aman? ganti ada judulnya...:D
atau mau aman lagi hapus aja thread-nya hehehhehe

Jangan sampai ada mewakili ormas Islam yang ngamuk baca ini hehehhehe :D, cilaka dah !!

Kang alam, ane juga kepikiran buat ganti judul ini thread supaya diskusi bisa tetep berjalan dengan lancar sesuai maksud TS
dan tidak menimbulkan friksi yang kontra produktif.

Menurut kang guru alamsyah kira2 apa judul yg tepat?

wassalam

sarung kampret

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 15
  • Posts: 1.359
  • Reputation: 63
    • Email
  • Perguruan: Balerante
Re: Maenpo Cikalong dan Al-Quran
« Reply #17 on: 13/06/2012 21:31 »
Assalamualaikum warohmatulloohi wabarookaatuh,

Bagaimana kalau judulnya diganti "kaidah maenpo cikalong sebagai ilmu pengetahuan yg marka2nya yang ada di Al Quran" enak khan?

Secara jujur saya mencintai wak h azis dan guru lainnya yang merupakan guru saya, walau saya bukan cikalong lagi, tapi gak ada bekas guru.

Dan saya yang baru belajar secuil maenpo cikalong menyatakan kedahsyatan keilmuan cikalong

Thanks
"Sugih tanpo bondho,pintar tanpo ngeguru, menang tanpo ngasorake, nglurug tanpo bala, mangan tanpo mbayar."

faiz

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 5
  • -Receive: 5
  • Posts: 93
  • Reputation: 6
  • Sahabat Silat
  • Perguruan: PABUCI
Re: Maenpo Cikalong dan Al-Quran
« Reply #18 on: 14/06/2012 08:01 »
Saya selaku pribadi yg jg baru 1,5 bulan belajar Pabuci di hidro mungkin merasakan hal yg sama seperti TS yaitu semacam euforia,kebanggaan dan sejenisnya.
IMHO,sepanjang tdk menjelek2kan keyakinan agama dan perguruan laen, ane menganggap itu hal yg lumrah.
Mengenai judul,tidak perlulah dipermasalahkan,yg penting kita dapat menangkap esensi yg ingin disampaikan.
Kurang elegan rasanya jika kita terpaku hanya pada bungkus/judul. sedangkan isinya sarat dgn makna.
Dilain pihak,memang TS terkesan kultus individu/Quraih Shihab..yg mana stiap kitab yg dibuat manusia tentu ada kesalahan dan kekurangannya..sehingga kurang tepat jika kitab tsb dan kredibilitas pengarangnya dijadikan senjata utk menohok pihak lain di forum ini.
Dengan demikian,ane harap diskusi ini terus berlangsung dgn tetap mempertahankan sikap kritis dan tabayyun yg berkesinambungan sehingga berwarna,bernuansa nan indah.
Terima kasih.
 

muramasa

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 35
  • Reputation: 107
  • Sahabat Silat
    • Email
Re: Maenpo Cikalong dan Al-Quran
« Reply #19 on: 14/06/2012 08:16 »
beberapa hari lalu di AKI siang TV One ada tayangan maenpo cikalong pabuci di hidro,Bang Faiz dan Bang Agung Sukses yang mana ya? kayaknya banyak murid baru yang latihan di hidro ya?

faiz

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 5
  • -Receive: 5
  • Posts: 93
  • Reputation: 6
  • Sahabat Silat
  • Perguruan: PABUCI
Re: Maenpo Cikalong dan Al-Quran
« Reply #20 on: 14/06/2012 08:44 »
Kalo Bang Agung,ngakunya latiannya bukan di hidro jadi rasanya ane belum ketemuan.
Kalo ane malah gak tau ada pabuci masuk tv,pasalnya jum'at lalu ane gak latian karena hujan deres dirumah ane di Bekasi ga punya mantel.
Kayaknya selama 1,5 bulan ini,murid paling baru cuma ane deh..gak tau kalo sebelum sebelumnya..

agungsukses

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 0
  • Posts: 35
  • Reputation: 100
  • Sahabat Silat
    • Diary Online?
    • Email
  • Perguruan: SILATurahim.. :)
Re: Maenpo Cikalong dan Al-Quran
« Reply #21 on: 14/06/2012 09:16 »
@santri kinasih:  :)
@bang ochid aj: :)
@sarung kampret: :)
@faiz: bukan sejenis kebanggaan, tapi perasaan semakin yakin (melalui latihan cikalong) atas kebenaran Al-Quran khususnya dan Islam pada umumnya. Kalau bangga mah kan ujub atuh… temennya takabur dan sombong.. semoga dijauhkan dari eta mah… ^^
@muramasa: wahaha.. saya mah baru kang, belum ada di tv.. di tv mah yang senior2… ^^
Daripada fokus pada lebih baik judul, dll.. bagaimana kalau bapak ibu sekalian pun mencurahkan berbagai temuannya, apapun itu yang apabila dibaca, menambah iman islam para pembacanya. Saya yakin, pasti banyak juga yang mengalami pengalaman hal serupa, Cuma mungkin tidak dikeluarkan/hanya untuk dirinya sendiri. Coba kita renungkan, jikalau hal itu baik dan bermanfaat untuk disebar/disharingkan, kenapa tidak disharingkan saja?? Betul? :)

“Demi masa. Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran.” (Al ‘Ashr (103))

(dalam bahasa singkatnya: dakwah .. :)  )
"Jika kamu berbuat baik (berarti) kamu berbuat baik bagi dirimu sendiri dan jika kamu berbuat jahat, maka (kejahatan) itu bagi dirimu sendiri, ...."

"If you do good, you will do good for your own souls, and if you do evil, it shall be for them..."

(Al-Quran, Surah Al-Isra (7))

Unknown

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 65
  • -Receive: 41
  • Posts: 1.486
  • Reputation: 95
  • I'm no longer a member of this forum
    • FORUM SILAT
Re: Maenpo Cikalong dan Al-Quran
« Reply #22 on: 14/06/2012 09:42 »
Saya selaku pribadi yg jg baru 1,5 bulan belajar Pabuci di hidro mungkin merasakan hal yg sama seperti TS yaitu semacam euforia,kebanggaan dan sejenisnya.
IMHO,sepanjang tdk menjelek2kan keyakinan agama dan perguruan laen, ane menganggap itu hal yg lumrah.
Mengenai judul,tidak perlulah dipermasalahkan,yg penting kita dapat menangkap esensi yg ingin disampaikan.
Kurang elegan rasanya jika kita terpaku hanya pada bungkus/judul. sedangkan isinya sarat dgn makna.
Dilain pihak,memang TS terkesan kultus individu/Quraih Shihab..yg mana stiap kitab yg dibuat manusia tentu ada kesalahan dan kekurangannya..sehingga kurang tepat jika kitab tsb dan kredibilitas pengarangnya dijadikan senjata utk menohok pihak lain di forum ini.
Dengan demikian,ane harap diskusi ini terus berlangsung dgn tetap mempertahankan sikap kritis dan tabayyun yg berkesinambungan sehingga berwarna,bernuansa nan indah.
Terima kasih.

pernyataan yang cukup bijak  [top]

hb

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 5
  • Posts: 219
  • Reputation: 22
    • Email
Re: Maenpo Cikalong dan Al-Quran
« Reply #23 on: 14/06/2012 09:55 »
Salam kenal bang Agung dan lain2, ane newbie dimari.

Insya Allah kita sudah memahami bahwa Al Qur'an adalah firman Allah SWT yang Agung yang Mutlak kebenarannya. Ketika membahas ilmu-ilmu lain maka posisi Al Quran adalah sebagai sumber utama, tidak membalik keadaan seakan2 membenarkan ilmu yang sudah ada menyebutkan sudah berada di Al Quran seperti kata2 bang Agung :

Luar biasa, ternyata Maenpo Cikalong sudah tertulis di Al-Quran....

Pernyataan ini kelihatannya sederhana atau bahkan keliatan tidak bermasalah, tetapi bagi yang memahami tentang ilmu Ulumul Qur'an maka akan sangat berat.

Sehingga sering para ilmuwan yg shalih memebuat judul misalnya kajian ekonomi dalam islam sesuai al quran dan hadits, ilmu politik islam, atau secara khusus kalau ada yang mau menggali adalah beladiri silat dalam perpektif Al Qur'an dan Hadits. Judul ini akan lebih pas karena menempatkan sumber pada posisinya.

Saya setuju dengan tulisan Uda Santri Kinasih dan Gus Sarung Kampret (Duo SK hehe) yg implikasi negatifnya adalah ketika ada yg tidak benar dalam cikalong maka nanti akan menyalahkan Al Qur'an.

Jadi usul ane sbg Santri adalah merubah judul dan menghapus statement : Luar biasa, ternyata Maenpo Cikalong sudah tertulis di Al-Quran....

Dan sebaiknya kang Agung berkenan mendengarkan masukan para senior2 sebelumnya yg mereka2 ini dalam keilmuan Islamnya yg saya ketahui adalah sangat mendalam seperti Duo SK tersebut.

Lalu terkait ulama maka Prof Quraiy Shibab memang seorang ulama yg mumpuni dalam masalah tafsir, tp kita harus membuka diri bahwa banyak ulama lain yg juga mempunyai kelilmuan yg baik atau bahkan lebih baik, baik dari ulama Salaf maupu khalaf. Semakin banyak guru insya Allah kita akan semakinn bijak dan mendalam dalam mempelajari Islam

salam

Santri Mbeling

Unknown

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 65
  • -Receive: 41
  • Posts: 1.486
  • Reputation: 95
  • I'm no longer a member of this forum
    • FORUM SILAT
Re: Maenpo Cikalong dan Al-Quran
« Reply #24 on: 14/06/2012 10:13 »
Hanya ingin sharing saja pengalaman belajar maenpo cikalong.

Baru 1,5 bln kira2 saya mendalami maenpo cikalong di salah satu pendekat di jakarta (sebaiknya tidak usah disebutkan namanya, bisi teu kenging-eun deui   ). Setelah cukup lama ngobrol, kadang makan, terus latihan. Dan ngobrol2 lagi, beliau mengatakan bahwa, "Belajar cikalong itu setahap demi setahap, seperti menaiki anak tangga." Begitu katanya. Entah kenapa, saya teringat pada surat Al-Insyiqaaq (84:19):
"Sesungguhnya kamu melalui tingkat demi tingkat (dalam kehidupan)"

arti frase "dalam kehidupan" pada al-quran digital yang saya buka ini diartikan sebagai proses kejadian manusia, yaitu dari setitik mani, dilahirkan, melalui masa kanak2, sampai dewasa. Namun, menurut saya, tafsir atas surat ini bisa juga diartikan sebagai maenpo cikalong.
***************************************

wallahualam.. :)

pernyataan terakhir dari post kedua @agungsukses di delete

sarung kampret

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 15
  • Posts: 1.359
  • Reputation: 63
    • Email
  • Perguruan: Balerante
Re: Maenpo Cikalong dan Al-Quran
« Reply #25 on: 14/06/2012 11:49 »
sama ini bang,

"Luar biasa, ternyata Maenpo Cikalong sudah tertulis di Al-Quran...." < Kemungkinan Rd. Jayaperbata atau Eyang Mamak Hj Ibrahim salah satu tokoh ulama cikundul mengambil "petunjuk" kaidah keilmuannya dari Al Quran :)

Yang saya tahu gerakan yang paling top di Al Quran adalah melakukan Sholat lima waktu.

mohon maaf sebesar2nya, mungkin Ane takut salah persepsi bagi si pembacanya.   
"Sugih tanpo bondho,pintar tanpo ngeguru, menang tanpo ngasorake, nglurug tanpo bala, mangan tanpo mbayar."

mountsatria08

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 2
  • -Receive: 1
  • Posts: 22
  • Reputation: 5
  • Sahabat Silat
Re: Maenpo Cikalong dan Al-Quran
« Reply #26 on: 14/06/2012 11:52 »
Hehehee.. Menarik nih topiknya..
Tapi jujur, mumet bacanya..
Terlalu berat buat saya yg masih hijau ini..
Hehehee..  ;D
Saya mah ijin ikutan nyimak aja aah.. (sambil ngupi..)
Awali Segala Sesuatu Dari Hati.. ^_^

Belajar sampai benar..
Berlatih sampai akhir..

faiz

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 5
  • -Receive: 5
  • Posts: 93
  • Reputation: 6
  • Sahabat Silat
  • Perguruan: PABUCI
Re: Maenpo Cikalong dan Al-Quran
« Reply #27 on: 14/06/2012 11:56 »
Bagus sekali masukan dari Bang Hb serta kecepatan reaksi dari Bang Ochid.
Sekedar menambahkan,ane menganggap bahwa bangga berbeda dgn ujub.
Dimana bangga adalah aktualisasi dari eksistensi yg ada/dimiliki dgn tujuan mempertahankan serta mengembangkan secara positif ke lingkup internal.seperti bangga sbagai org islam,bangga sbagai rakyat Indonesia,dll.
Sedangkan ujub memang merupakan interpretasi dari bangga namun aktualisasinya cenderung meremehkan/menjelekkan lingkup external.
Sombong adalah menolak kebenaran/kufr dan meremehkan org lain/ujub.
Sesungguhnya tiap Nabi berbangga bangga dgn ummatnya.
Cmiiw

Unknown

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 65
  • -Receive: 41
  • Posts: 1.486
  • Reputation: 95
  • I'm no longer a member of this forum
    • FORUM SILAT
Re: Maenpo Cikalong dan Al-Quran
« Reply #28 on: 14/06/2012 12:43 »
sama ini bang,

"Luar biasa, ternyata Maenpo Cikalong sudah tertulis di Al-Quran...." < Kemungkinan Rd. Jayaperbata atau Eyang Mamak Hj Ibrahim salah satu tokoh ulama cikundul mengambil "petunjuk" kaidah keilmuannya dari Al Quran :)

Yang saya tahu gerakan yang paling top di Al Quran adalah melakukan Sholat lima waktu.

mohon maaf sebesar2nya, mungkin Ane takut salah persepsi bagi si pembacanya.

yang ane cetak miring itu udah diedit kok, kang guru... di postingan kedua halaman pertama

Bayu Umbara

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 195
  • -Receive: 121
  • Posts: 1.214
  • Reputation: 197
  • Datuk Bagindo Rajo
    • http://silekminangpandekacupak.blogspot.com/
  • Perguruan: Sasaran Silek Harimau Cupak
Re: Maenpo Cikalong dan Al-Quran
« Reply #29 on: 14/06/2012 13:14 »
Assalamualaikum wr.wb, :) :-*
salam silat dan salam sejahtera seluruh member SS dimana pun berada [top] [[peace2]]
"Semua akan baik pada tempatnya masing-masing"
bagi saya sih gampang saja, karena ini adalah forum silat yang diisi oleh para pesilat dari berbagai latar belakang dan daerah yang berbeda bahkan agama yg berbeda, maka suatu hal di forum ini yg terlalu spesifik kepada suatu keyakinan agama yg bisa mendatangkan perpecahan dan perdebatan yg mungkin bahkan bisa saling mendiskreditkan pemahaman dan keyakinan dikalangan pesilat lebih baik dihindari saja, karena "Ke Aku an " bisa meruntuhkan silaturahmi dan cita-cita bersama, DAN PERLU DIPAHAMI BERSAMA, BAHWA FORUM SS BUKAN FORUM DAKWAH BAGI SUATU AGAMA, walaupun disini banyak dari anggotanya yang merupakan Ustad di daerahnya masing2, seperti ustad HB, tapi selama ini belum pernah saya liat beliau berdakwah diforum ini karena memang bukan disini tempatnya, bukan berarti beliau tidak berdakwah diluar sana, disini kita mempersatukan persepsi dan tujuan kita bersama tentang silat, untuk secara bersama2 juga saling berbagi dan melengkapi demi perkembangan dan pengembangan silat yang merupakan warisan nenek moyang bangsa Indonesia, kita disini saling memberi dan menerima ilmu apapun tapi tidak mengedepankan SARA, jadi walaupun niat dan tujuan kita baik, tapi dengan cara dan tempat yang tidak tepat maka hasilnya akan menjadi tidak baik dan juga tidak tepat
Wallohu'alam bisshowab.
mohon maaf ini hanya sekedar uneg,tidak ada maksud menggurui (CMIIW)
^:)^ ^:)^ ^:)^ ^:)^
wassalam
pesilat newbe

 

Powered by EzPortal