+-

Video Silat

Shoutbox

10/02/2021 10:29 anaknaga: Salam Silat..
Semoga Sadulur sekalian sehat semua di Masa Pandemi Covid-19. semoga olah raga dan rasa dapat meningkatkan daya tahan tubuh kita. hampur 5 tahun tidak ada yang memberikan komen disini.
23/12/2019 08:32 anaknaga: Tidak bisa masuk thread. dah lama tidak nengok perkembangan forum ini.
salam perguruan dan padepokan silat seluruh nusantara.
02/07/2019 18:01 Putra Petir: Akhirnya masuk jua... wkwkwk
13/12/2016 10:49 Taufan: Yuk ke Festival Kampung Silat Jampang 17-18 Desember 2016!!!
20/09/2016 16:45 Dolly Maylissa: kangen diskusi disini
11/02/2016 15:58 Taufan: Alhamdulillah SS sudah ON lagi ;-)
07/01/2016 10:00 luri: wa 'alaikumussalam
View Shout History

Recent Topics

PPS Betako Merpati Putih by acepilot
14/08/2020 10:06

Minta Do`a dan bimbingan para suhu dan sesepuh silat :D. SANDEKALA by zvprakozo
10/04/2019 18:34

On our book: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
13/03/2017 14:37

Siaran Radio ttg. Musik Pencak Silat di Stasiun "BR-Klassik / Musik der Welt" by Ilmu Padi
12/01/2017 16:19

Tentang buku kami: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
17/10/2016 20:27

Hoby Miara Jin by anaknaga
19/09/2016 04:50

TALKSHOW SILAT - Silat Untuk Kehidupan by luri
22/06/2016 08:11

Thi Khi I Beng by aki sija
17/08/2015 06:19

[BUKUTAMU] by devil
09/06/2015 21:51

Daftar Aliran dan Perguruan di Indonesia by devil
01/06/2015 14:01

SILAT BERDO'A SELAMAT by devil
01/06/2015 13:59

Persilatan Jurus Lima (Sabandar) by Marsudi Eko
14/05/2015 19:36

Kebugaran Merpati Putih by mpcrb
22/04/2015 16:16

PAWAI JAMBORE PENCAK 2015 by luri
20/04/2015 16:20

ALM. Kong Nur ( BEKSI Kampung Sawah) by initial_d
30/03/2015 14:02

SilatIndonesia.Com

Author Topic: MENJELANG EMPAT TAHUN FP2STI  (Read 14799 times)

Bayu Umbara

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 195
  • -Receive: 121
  • Posts: 1.214
  • Reputation: 197
  • Datuk Bagindo Rajo
    • http://silekminangpandekacupak.blogspot.com/
  • Perguruan: Sasaran Silek Harimau Cupak
Re: MENJELANG EMPAT TAHUN FP2STI
« Reply #30 on: 06/01/2011 11:53 »
maaf kalau threadnya OOT,back to FP2STI,semoga selalu jaya dialam nyata dan dialam maya dan dihati para pencinta silat tradisional asli indonesia,terima kasih
salam

Unknown

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 65
  • -Receive: 41
  • Posts: 1.486
  • Reputation: 95
  • I'm no longer a member of this forum
    • FORUM SILAT
Re: MENJELANG EMPAT TAHUN FP2STI
« Reply #31 on: 06/01/2011 11:55 »
hehehe....
kudu nya sekarang bukan MENJELANG EMPAT TAHUN FP2STI tapi MENJELANG LIMA TAHUN FP2STI

@kang sawer,
kalo ketemu AKI SIJA nanti bisa ditanyai lbh banyak soal forum ini, krn aki sija termasuk sesepuh forum dan ikut membidani lahir nya forum.

sedikit bisa saya samapikan bahwa fp2sti adalah sebuah forum silaturahmi, sebuah komunitas yang ingin mengembangkan dan melestarikan pencak silat tradisional. melalui bbrp jalan :

1. melalui http://sahabatsilat.com ini, sebuah forum diskusi dunia maya
2. dokumentasi tulisan melalui http://silatindonesia.com
3. dokumentasi video melalui http://videosilat.com
4. penelitian dan pengembangan pencak silat tradisional
5. mempromosikan pencak silat tradisional melalui media massa, seminar, diskusi, workshop
6. dll.

silakan menjelajah seluruh isi forum diskusi ini, mudah2an ada yang bermanfaat
wassalam

Bayu Umbara

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 195
  • -Receive: 121
  • Posts: 1.214
  • Reputation: 197
  • Datuk Bagindo Rajo
    • http://silekminangpandekacupak.blogspot.com/
  • Perguruan: Sasaran Silek Harimau Cupak
Re: MENJELANG EMPAT TAHUN FP2STI
« Reply #32 on: 06/01/2011 12:01 »
ya benar bang suporter,berarti harus diganti judul treadnya jadi menjelang lima tahun FP2STI,pasti rame lagi,
Alhamdulillah kemaren aki sija udah cerita banyak tentang perjalanan forum ini,sampai beliau ke australia diajak oleh jendral edi,salut buat beliau,sudah sepuh masih bersemangat dan berjiwa muda,dan itu cukup menginspirasi saya,hatur nuhun
salam

salakman

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 1
  • Posts: 29
  • Reputation: 4
  • Perguruan: Satria Muda Indonesia
Re: MENJELANG EMPAT TAHUN FP2STI
« Reply #33 on: 27/01/2011 13:27 »
Di HP ga keliatan ini postingan taun berapa.

Ada rencana apa gerangan menjelang 5 tahun ini?

Dolly Maylissa

  • Moderator
  • Calon Pendekar
  • **
  • Thank You
  • -Given: 9
  • -Receive: 12
  • Posts: 519
  • Reputation: 49
  • silat itu ya salaman bukan gebuk2an,,,
    • d01ly's blog
    • Email
Re: MENJELANG EMPAT TAHUN FP2STI
« Reply #34 on: 27/01/2011 13:59 »
ini posting 2010,,,,

em belum denger2 kabar terbaru tentang rencana menjelang 5tahun fp2sti nih,,,,gimana om2 mau ada apa nih tahun ini untuk silat?hehehehe
baru belajar nulis

santri kinasih

  • Moderator
  • Calon Pendekar
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 2
  • -Receive: 39
  • Posts: 609
  • Reputation: 119
    • Email
Re: MENJELANG EMPAT TAHUN FP2STI
« Reply #35 on: 24/05/2011 17:00 »
FP2STI sekarang sudah 5 tahun..Secara resmi kalau gak salah  Juni 2006(walaupun sebenarnya mei, tapi salah nyatet bulannya)...Sudah ganti ketua 3 kali..dari Mas eko, uda parewa, gan ochid dan terakhir Ki Taufan.

Tayangan TV mengenai silat yang dibantu fp2sti tidak lagi terhitung, dari tv lokal, nasional, maupun internasional seperti AXN dan juga TV prancis yang kerjasama dengan discovery channel.

Diskusi, sarasehan, seminar, peragaan, ataupun workshop juga sudah dilakukan. Dari lokasi yang cuma di Madrasah sampai Hotel berbintang.

Website, terima kasih kpd mas luri, yang sudah bikin 3 website resmi kelolaan FP2sti.
Walaupun mendapatkan banyak kritikan, website2 ini sering dijadikan acuan data base oleh pencinta silat seluruh dunia, baik yang mau belajar silat, sejarah silat ataupun untuk maksud2 tertentu lain.

Kalau dibilang capek, pastilah capek..5 tahun berjalan secara serabutan dengan pendanaan mandiri. Hampir tidak ada sponsor atau dukungan Pemerintah. Iuran anggota pun tidak ada. Semua berjalan alhamdulillah didanai oleh urunan atau patungan para aktivis FP2STI.

Biar cuma dengan modal keikhlasan bekerja atas nama cinta (kayak lagu). Sampai saat ini FP2STI masih rutin mengadakan rapat mingguan, di antara bertumbangannya para aktivis2 lama karena berbagai alasan( yang pasti bukan karena tidak cinta lagi sama silat).

Ke depan, beberapa hal program FP2 STI mulai digarap, mulai dari pengiriman tenagan pengajar beladiri praktis ke luar negeri untuk melatih para TKI/TKW sampai lomba mewarnai dengan tema silat dan juga pembentukkan koperasi sahabat silat. Program2 yang lebih membumi dan bermanfaat bagi masyarakat luas. Karena silat harus berkembang bukan hanya sebagai alat kejagoan atau kehebatan berkelahi, tapi sebagai ilmu yang bermanfaat dalam kehidupan.


Dibawah bendera Yayasan Sahabat Silat, insya Allah FP2STI akan terus berkembang, walaupun dengan keterbatasan tenaga dan dana. Insya Allah, FP2STI juga akan tetap jadi perkumpulan yang terbuka bagi siapa pun yang merasa ingin ikut menjadikan silat sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari eksistensi kehidupan bangsa Indonesia.

Selamat Ulang Tahun FP2STI, semoga panjang umur dan tambah bijaksana.

 

 

mpcrb

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 20
  • -Receive: 91
  • Posts: 759
  • Reputation: 266
  • Sahabat Silat
    • My profile on Kompas cetak (you have to be Kompas member)
    • Email
  • Perguruan: Merpati Putih
Re: MENJELANG EMPAT TAHUN FP2STI
« Reply #36 on: 24/05/2011 18:28 »
Semoga Allah SWT memberikan pahala dan kebaikan terhadap keikhlasan melakukan semua itu terutama kepada semua yang terlibat di dalamnya. Insya Allah, suatu hari nanti semua niat, tindakan, tulisan-tulisan, akan dimintai pertanggungjawaban dan bisa menjadi tambahan pahala serta amal ibadah yang siapa tahu bisa memberatkan timbangan amal kebaikan nanti.

Mohon maaf belum bisa bantu banyak selain daripada nulis.  :'(

Sukses selalu untuk FP2STI...

Salam.
Belajar memahami hidup dalam kehidupan...

Taufan

  • Moderator
  • Calon Pendekar
  • **
  • Thank You
  • -Given: 6
  • -Receive: 27
  • Posts: 506
  • Reputation: 76
    • Email
  • Perguruan: Bandarkarima
Re: MENJELANG LIMA TAHUN FP2STI
« Reply #37 on: 25/05/2011 08:14 »
Amin ya Rabbal 'alamin... DIRGAHAYU FP2STI!!!

Secara resmi hari jadi FP2STI adalah 6 Juni 2006... para founding father FP2STI telah memilih tanggal dengan nomer cantik 060606  :)

Wassalam,
TP
« Last Edit: 25/05/2011 08:21 by Taufan »

luri

  • Administrator
  • Pendekar Muda
  • *****
  • Thank You
  • -Given: 138
  • -Receive: 39
  • Posts: 710
  • Reputation: 215
  • Perguruan: -
Re: MENJELANG EMPAT TAHUN FP2STI
« Reply #38 on: 25/05/2011 08:31 »
@omSK
makasih atas supportnya selama ini dan selama nanti
:D

@mpcrb
makasih buat @mpcrb
tulisan2nya sangat memberikan warna tersendiri disini
coraknya semakin meriah

kalau ada tulisan yg dirangkum khusus untuk artikel, bisa tuh dimasukkan ke silatindonesia.com

@omTP
kalo dibaca sambil kepala dipluntir... jadi 909090
di gotak gatik gatuk...
jadinya:

Go Go Go

:D



samber gledek

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 4
  • Posts: 462
  • Reputation: 35
    • Email
Re: MENJELANG EMPAT TAHUN FP2STI
« Reply #39 on: 25/05/2011 08:58 »
Biar kecil tapi cabe rawit dan sumbangsihmu nyata.

Salam

Suprapto

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 26
  • -Receive: 86
  • Posts: 418
  • Reputation: 137
  • Sahabat Silat
    • Email
  • Perguruan: Merpati Putih
Re: MENJELANG EMPAT TAHUN FP2STI
« Reply #40 on: 04/06/2011 23:16 »
Menjelang 5 tahun FP2STI, 060606-060611.

Sekilas kesan berdasar pemahaman pribadi, mohon koreksi bila tidak pas :

1. Forum yang terbentuk nyaris spontan dari para pecinta dan pelestari silat tradisional yang gelisah atas perkembangan budaya bangsa, khususnya pencak silat.  Forum yang menerima siapapun, dengan mengutamakan basis PENDEKATAN PERSONAL. Baik praktisi silat atau latar belakang media/kemampuan lain. Bisa para guru, bisa tokoh pimpinan perguruan, bisa pelatih, bisa pesilat pemula, yang penting merasa terpanggil untuk memajukan silat tradisional, mencari solusi2, terobosan2, mendorong, bersinergi dsb dengan pihak manapun.

2. Adapun IPSI, mengingat cakupan organisasinya,  menjadi forum yang berbasis PENDEKATAN FORMAL PERGURUAN. Anggotanya adalah perguruan sesuai tingkatan organisasi, ditambah pengurus IPSI tingkat dibawahnya.
Dalam forum resmi IPSI akan ada prosedur2, kalau ditingkat cabang, "anda mewakili perguruan apa? apakah anda pemegang mandat?/bawa surat mandat?".
Kalau ditingkat daerah/provinsi: personil dari perguruan tingkat daerah akan mendapat pertanyaan yang sama, personil dari IPSI Cabang juga akan ditanya mandatnya. Demikian juga sampai ketingkat pusat. 
(Sudah barang tentu ide yang bagus masih bisa disampaikan secara pendekatan informal).
Karena keputusan bersama akan menyangkut kepentingan bersama semua perguruan anggota, atau IPSI Cabang2/Daerah, maka FORMALITAS memang diperlukan. Tentu banyak juga urusan yang jadi  tersumbat, khususnya dalam ide spesifik, yang dianggap hanya cocok untuk sebagian kecil anggota, atau pihak lain.
Personil dari perguruan tersandera kepentingan perguruan yang diwakilinya, personil pengurus IPSI terikat oleh kepentingan anggota di wilayahnya.

Untuk memikirkan kepentingan ekstra/pihak lain, menjadi lebih ribet....
Apalagi kalau ada tersandera hal lain, yaitu dana/anggaran program.

Meski jalur pembinaan seni/tradisional sudah disiapkan, kurang mendapat tanggapan/perhatian yang cukup dari perguruan2 anggota yang punya pembobotan lebih ke aspek tsb. Alasannya kurang dukungan potensi dana, lebih2 di daerah2 yang memang tidak memiliki tradisi pencak silat.
Akibatnya, terasa bahwa IPSI hanya mengurusi kepentingan umum/bersama, urusan tetek bengek perguruan ditanggung sendiri, kecuali yang sudah menjadi atlit/pelatih/wasit-juri IPSI. Karena personil adalah representasi perguruan, menjadi terhambat "gengsi" untuk sharing keilmuan.
Logikanya, jadi lebih tidak sempat lagi ngurus perguruan non anggota.

3.  Gawe besar memajukan pencak silat budaya bangsa (yang belum sepenuhnya didukung dengan "political will" oleh pemerintah), tidak akan cukup hanya dilakukan secara "formal" saja.
Secara simultan perlu dilakukan juga dengan model2 lain, baik yang profit oriented (mis. media, production house, penyedia perlengkapan silat, merchandize dsb),  maupun dengan lembaga nonprofit/pendekatan potensi personal, contohnya FP2STI.

4. Pada jaman teknologi informasi ini, kelompok SS/FP2STI telah melakukan hal yang sangat strategis, antara lain memanfaatkan internet untuk forum diskusi, mengumpulkan informasi dst. Memperpendek jarak. Secara personal, semua yang bergabung di dunia maya maupun kopdar,  disambut dan dihargai. Semua potensi digalang. Tidak pakai ditanya latar belakangnya, posisinya tingkat keilmuan dsb. Unik, fleksibel. Tentu masing2 akan menjaga perilakunya, meski datang secara informal/pribadi, bukan membawa mandat perguruan.

Dalam posisinya yang unik dan strategis ini, semoga FP2STI makin maju, makin banyak terobosan yang dilakukan, bagi kemajuan pencaksilat budaya bangsa, untuk manfaat yang sebesar besarnya bagi para guru/praktisi, bangsa dan kemanusiaan. Amin.

DIRGAHAYU FP2STI.

Salam.

one

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 3
  • -Receive: 24
  • Posts: 845
  • Reputation: 66
Re: MENJELANG EMPAT TAHUN FP2STI
« Reply #41 on: 05/06/2011 00:02 »
terima kasih... semua adalah karena keterbukaan hati pesilat... seperti halnya sahabat-sahabat silat yg aktif di forum ini baik yang di dunia maya maupun yang sering bertemu langsung... Hatur nuhun ka sadayana...

Satria Naga

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 22
  • Posts: 172
  • Reputation: 39
    • Satria Naga
Re: MENJELANG EMPAT TAHUN FP2STI
« Reply #42 on: 05/06/2011 01:04 »
Saya ikut mengucapkan selamat ULTAH FP2STI yg ke 5

Buat yg sering KOPDAR atawe online, semoga semua berkah dan kecintaannya kepada silat semoga bermanfaat.
Semoga kita masih diberi waktu untuk membaktikan diri kita kapada Alloh, dan menjadikan kecintaan kita pada silat sebagai jalan kecintaan kepada ilmuNya.

Apa yg kita dapatkan dari silat masih terlalu besar dibanding apa yg sudah kita buat untuk silat. semoga ini jadi SALIK dan jalan kita bersama menuju kebajikan dan perbaikan.

Mari terus mencintai silat, mencintai guru silat, mencintai para murid kita mencintai orang orang yang mengembangkan silat dari perguruan manapun..

salam hangat untuk semua


Dolly Maylissa

  • Moderator
  • Calon Pendekar
  • **
  • Thank You
  • -Given: 9
  • -Receive: 12
  • Posts: 519
  • Reputation: 49
  • silat itu ya salaman bukan gebuk2an,,,
    • d01ly's blog
    • Email
Re: MENJELANG EMPAT TAHUN FP2STI
« Reply #43 on: 05/06/2011 20:43 »
Alhamdulillah FP2STI udah 5 tahun besok,,,terima kasih sudah mau menampung saya yang bodoh ini yang kadang khilaf dan tidak tahu dan sering kurang ajar kepada para tetua disini... [[peace2]]

semoga FP2STI makin dimudahkan jalannya dalam mewujudkan visi dan misinya   (*visi dan misinya apa ya ngomong2?heeheheh

Sukses dah pokoknya,,, [top]

sssstttt,,,jangan lupa besok om one tumpengan,,,hehehehe (*becanda  :D
baru belajar nulis

kunderemp

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 58
  • -Receive: 12
  • Posts: 213
  • Reputation: 41
  • Sahabat Silat
    • Email
  • Perguruan: beberapa plus youtube-fu
Re: MENJELANG EMPAT TAHUN FP2STI
« Reply #44 on: 06/06/2011 09:02 »
Selamat ulang tahun, FP2STI.
Video potong tumpengnya dong.. :D

 

Powered by EzPortal