Forum Sahabat Silat

Bahasa Indonesia => Silat Diskusi Umum => Topic started by: Unknown on 16/05/2010 12:47

Title: MENJELANG EMPAT TAHUN FP2STI
Post by: Unknown on 16/05/2010 12:47
Sahabats,
kurang dari sebulan lagi, FP2STI akan berulang tahun yang ke-4, tepat nya tanggal 10 Juni 2010,karena berdasarkan catatan yang ada Forum ini dicetuskan pada tanggal 10 Juni 2006.

Evaluasi dan introspeksi yang kami lakukan menyimpulkan bahwa FP2STI sudah tidak ada "greget" nya lagi. Banyak yang sudah merasa puas dengan apa yang telah dilakukan 3 tahun (lebih) ke belakang. Ada yang menyimpulkan bahwa kiprah Forum sudah cukup sampai di sini karena apa yang disuarakan sudah ada efek nya, yaitu dunia silat tradisional sudah bergeliat dan bangun dari tidur panjang nya.

Beberapa teman sudah jenuh dan (mungkin) sudah tidak ada tantangan lagi di Forum.
Satu persatu mengundurkan diri, dengan atau tanpa sepatah kata pun.
Aktivitas dan kegiatan yang menyangkut pencak silat sudah marak di mana-mana berkat ide-ide dari temen2 Forum (ini salah satu keberhasialn forum yang tidak bisa di bantah).

Satu hal yang selama ini menjiwai dan menjadi spirit dari Forum adalah setiap aktivitas dan kegiatan yang dilakukan berawal dari niat yang tulus dan ikhlas hanya untuk pencak silat (tradisional). Barangkali saat ini sudah langka menemukan teman seiring yang mempunyai spirit yang sama. Tinggal beberapa gelintir saja yang masih bertahan, itu sudah sangat repot mengurus ijin keluar dari sang istri...

Silakan berdiskusi
 
Title: Re: MENJELANG EMPAT TAHUN FP2STI
Post by: santri kinasih on 16/05/2010 21:12
Angka empat sering jadi "angka keranat"..seperti nasihat arman maulana kepda ariel peter pan," kalau peterpan bisa terua bertahan setelah album keempat, maka peterpan akan maju..syang ariel gagal peterpan pu pecah...Mngkin Ariel berpikir peterpan adalah kelinci mainan yang bisa jinak2 saja..ternayata peterpan sudah jadi gajah yang perlu kebesaran hati untuk menjaganya, ini kata om sarkam...Ibarat peterpan, fp2sti sudah semakin menggajah..jadi perlu kebesaran hati untuk terus menjaganya..:)
Title: Re: MENJELANG EMPAT TAHUN FP2STI
Post by: Unknown on 16/05/2010 21:17
kang SK lagi belajar ngetik sembari merem yach? [lucu]
jadi dijaga (in) aja, om?
Title: Re: MENJELANG EMPAT TAHUN FP2STI
Post by: Dodol Buluk on 17/05/2010 09:28
salam....

 :'( jadi sedih ane baca postingan abang ane, perasaan gundah senang sedih bingung..baur pleek jadi atu...

sepiceles...manusiawi sekali bilamana personnel bingung membagi waktu antara pekerjaan,keluarga, latihan dan forum..

mari dirapatkan lagi semangatnya..(lho??kok rapat hehhe) bisa jadi dibicarakan lagi mengenai ketentuan keanggotaan, sistem yang berjalan,fleksibilitas yang bertanggung jawab.


d'buls
Title: Re: MENJELANG EMPAT TAHUN FP2STI
Post by: Pangeran Muda on 17/05/2010 11:52
Salam..

Bagi saya pribadi..saya sangat beruntung kenal dengan teman2 di forum..banyak dari forum ini yang bisa saya pelajari..terutama saya menemukan amengan gerak gulung..ya ini juga perantara forum..banyak sekali pandangan saya yang berubah menjadi lebih baik dalam menyikapi silat pada umumnya..dulu saya sangat sport silat minded sekali, bahkan saya sama sekali tidak mengenal silat tradisional (kecuali cikaret) bahkan saya sempat tidak tau bedanya, alangkah bodohnya..semakin ke sini saya bergaul dengan teman2 di forum, semakin berasa nyedulurnya, orangnya asik asik dan unik unik heheheh hanya saja kesemangatan dan silaturohim harus dijaga terus ya..karena terkadang miskomunikasi sering membuat kita jadi adu mulut atau adu yang lainnya..terkadang setan sangat tidak suka kalau kita bisa saling menjaga silaturohim, jadi kerja dia (setan) suka memerciki bensin diantara kita (manusia) yang ingin bersilaturohim..dan juga kita harus bisa banyak husnudzo terhadap alloh ataupun sesama.

Maaf terkesan menggurui teman2..jadi saya mah berharap agar tidak ada yang mengundurkan diri, karena silaturohim tidak mengenal kata mengundurkan diri
Title: Re: MENJELANG EMPAT TAHUN FP2STI
Post by: one on 17/05/2010 20:52
makin banyak orang ya jelas makin banyak setannya......itu mah biasa. Mundur itu juga hak personal. Karena sifatnya wadah silaturahmi, ya jika gak suka gak haram mundur.... Karena dari awalnya adalah wadah silaturahmi maka ini bukan institusi resmi dan formal (lha sampai hari ini keistimewaan forum adalah gak punya aturan tertulis macem AD/ART sekaligus kelemahannya). Nah, karena itu juga waktu forum mandeg di tahun pertama tepatnya 7 bulan seudah mas Eko "tapa brata" ada penggantian koordinator (tepatnya "ketiban sial") ke uda Alda. Mas Eko mundur, tapi tetap aja dia ya keluarga forum ini....bukan orang lain, ya tetap aja dia pendiri. Mas Yanweka mundur dari banyak kegiatan darat, tapi ya tetap saja dia pendiri dan bagian keluarga forum. Agus Setiawan yang mundur di bulan ke 9 ya tetap aja dia keluarga forum ini. Mas Ian Samsudin yg menghilang di tahun ke-3 ya tetap juga pendiri dan keluarga forum ini. Agus Suprayogi yg membuat lambang pertama, bang Jali yg sudah jarang datang ya tetap aja semua keluarga, mas Amal, mas Isya dll...Karena memang ini wadah silaturahmi bukan wadah formal.


Ketika ketemuan di hidro, joke "kelinci jadi gajah" membuktikan kebingungan langsung dari yg aktif dan kekhawatiran mau dikemanakan forum ini. Malah ide saya yg minta dibubarkan saja forum ini, karena toh di tahun keempat beberapa hal jauh dari cita-cita dan tujuan awal forum dibuat dan banyak menyita waktu, tenaga, materi yang sebenarnya bukan "urusan" kita, toh tetap di tolak sobat-sobat saya yg "gila". Atau saya minta mas Luri non aktifkan saja sahabatsilat.com atau silatindonesia.com dan videosilat.com (pernah 1-2 hari off)....toh tetap hidup terus...meski dia sempat sakit hati dan kesal luar biasa. entah mungkin ini kutukan atau apa....tapi apa yang bisa dikerjakan untuk silat ya akhirnya dikerjakan.

Meski yg sejak awal bangga dengan cair dan "kebebasan" di forum, akhirnya saya terpaksa menyerah dan setelah ini mungkin adalah wajib bagi forum memiliki ketegasan dalam berorganisasi, harus menjadi solid dan tiap individu punya komitmen jelas. Saya sudah mundur dari forum ini sebagai salah satu dari 3 dewan pembina dan penasehat sejak "kejadian" lalu, sekarang saya cuma mengantongi "predikat" pendiri forum.  Nah, tanpa harus dan perlu menasehati forum yang sudah meng"gajah" ini, udahlah....balik ke tujuan awal.....

Saya cuma bisa bilang sama uda Alda, ang Ochid, Ajad, pak Bambang Sarkoro, Yanweka, mas Luri, mas Taufan, Khalik, Jali, Alam dan sahabat silat yang aktif di forum ini....saya salut ama semua, yang aktif dan mengerjakan semua tanpa aturan tertulis yang jelas, tanpa juklak, tanpa konsep kerja, tanpa dukungan dana yang baik dan tanpa malu-malu mau gabung besarkan ini "kelinci gajah" yang sebenernya banyak bikin ruwet dan bingung ......
Title: Re: MENJELANG EMPAT TAHUN FP2STI
Post by: Unknown on 17/05/2010 21:24
gw demen banget dah kalo juragan "satu" ini udah posting,
banyak nuansa yg ditampilkan dan bermacam interpretasi akan bermunculan , hehehe...

Title: Re: MENJELANG EMPAT TAHUN FP2STI
Post by: one on 17/05/2010 21:36
ssttt....biar kayak pelangi....kan bagus... :)
Title: Re: MENJELANG EMPAT TAHUN FP2STI
Post by: santri kinasih on 18/05/2010 07:22
Satu hal yang paling sulit dilakukan oleh fp2sti adalah menjadikan silat tradisional dapat terus berkembang lebih pesat di era pop culture..Silat sebagai budaya luhur bangsa,sebenarnya jauh dari stempel ketinggalan jaman, brutal, dan hitam..Namun, tanpa pesilat2 yang bisa lepas dari kesan misterius dan tidak berwarna pelangi, cap itu akan terus melekat pada silat..
Title: Re: MENJELANG EMPAT TAHUN FP2STI
Post by: Unknown on 18/05/2010 08:43
saya sih pengennya ada masukan dari temen2 yang laen, yang baru kenal forum dari "membaca" saja, yang baru join di sahabatsilat.com, yang selama ini hanya bersilaturahmi lewat jalur maya, atau yang belum kenal forum sama sekali...

kalo juragan "satu" dan uda SK mah dedengkot2 forum,  kite bertiga (dan beberapa temen yg laen) udah tiga taun lebih sama2 jatoh bangun mengangkat silat (khususnya) tradisional ke permukaan, memperkenalkannya ke masyarakat, berusaha keras menjaga keberlangusngannya, dan terus menjalin tali silaturahmi.

Hambatan dan rintangan udah ga bisa dibilang sedikit, buaaanyaaakkkk....
dari hambatan pribadi (pekerjaan dan keluarga), dana dan waktu, maupun pihak luar, bahkan perbedaan pendapat di kalangan sendiri.

oleh karena itu menjelang 4 tahun fp2sti ini, kami butuh masukan. Berdasarkan konsep "cair" yang selama ini dianut, banyak sekali "anggota" forum, tetapi sedikit sekali yang kerap muncul.

Forum membutuhkan partisipasi dalam bentuk nyata (fisik) bukan sekedar dukungan moril, bantuan doa atau teriakan TETAP SEMANGAT..!
Title: Re: MENJELANG EMPAT TAHUN FP2STI
Post by: Taufan on 18/05/2010 09:27
Assalamu 'alaikum,

Jadi kopi darat berikutnya di PELANGI ya? (ngelirik bang Suporter*)  x-))

Sejak topik ini diangkat minggu lalu, bahasa yang muncul masih "gaya Senayan" yang penuh dengan kata2 bersayap dan multi interpretasi. Ane yang kebetulan "otak tengahnya" kurang berkembang, jadi bingung ada apa dengan FP2STI? Kenapa jadi kurang greget, kenapa pada mundur, kenapa mau dibubarin, kenapa kelinci jadi gajah... kenapa  begini, kenapa begitu?  :-\

Ada yang "berani" jelasin?  :o

Wassalam,
TP

Title: Re: MENJELANG EMPAT TAHUN FP2STI
Post by: Welas Asih on 18/05/2010 13:53
Salam para ketua...

Senang sekali berkiprah disebuah organisasi silat, mungkin orangnya unik2. Setiap ada rapat bukan cuma bersilat lidah saja ya, pasti ada peragaan gerak dan jurus silat...harapan saya bisa lebih maju nih...ngomong2 ada kaum hawa nya gak yah... ::)

Title: Re: MENJELANG EMPAT TAHUN FP2STI
Post by: yossy on 18/05/2010 14:02
Salam ....
Menyimak ..... :)
Title: Re: MENJELANG EMPAT TAHUN FP2STI
Post by: Putra Petir on 18/05/2010 14:23
waduh gak bisa ngomong...

Cuman bisa I Love Para Guru,  I Love Para Sahabat, I Love Forum ,I Love SS, I Love SI... :-*

intinya I Love U All... :-*

ps : thx kawan2 dan para guru yang menjaga dan membimbingku, maaf diriku yang suka menyusahkan kalian hiks hiks... [[sedihamat]]
Title: Re: MENJELANG EMPAT TAHUN FP2STI
Post by: santri kinasih on 18/05/2010 15:39
Sarkam jadi kayak lagu: I love you, goodbye...Cinta kita pada fp2sti memang mirip cinta kepada anak sendiri..Kita merawat, membesarkan untuk kemudian melepaskannya kepada dunia..Tapi Fp2sti masih belum sepenuhnya mandiri..regenerasi belum terjadi, arogansi belum sepenuhnya mencair, dan anehnya tanpa disertai percaya diri..;)
Title: Re: MENJELANG EMPAT TAHUN FP2STI
Post by: one on 18/05/2010 17:43
hahahaha....ya udah...apa yg bisa dikerjain ya kerjain....kayaknya begitu lebih gampang....gak bikin puyeng
Title: Re: MENJELANG EMPAT TAHUN FP2STI
Post by: bangajad on 19/05/2010 13:21
Selalu siap membantu upaya pelestarian silat tradisional......   8) [top]
Title: Re: MENJELANG EMPAT TAHUN FP2STI
Post by: Qsecofr on 02/06/2010 22:19

Saya Insya Allah bantu DOA ya
Title: Re: MENJELANG EMPAT TAHUN FP2STI
Post by: Unknown on 03/06/2010 19:19
hehehe...iye kang, ane juga mau bantu doa aja...
yuuk mari sama2 kita bantu doa buat fp2sti..siapa tau ribuan doa dr temen2 di sini bisa bikin fp2sti tambah maju...masalah siapa yg mau jalan ngidupin fp2sti sih, ya kita doa in juga deh supaya ada yg mau...
Title: Re: MENJELANG EMPAT TAHUN FP2STI
Post by: santri kinasih on 03/06/2010 21:05
Ane siap mendukung kapten suporter. Ane akan jadi wing back yg rajin membantu gelandang penyerang..
Title: Re: MENJELANG EMPAT TAHUN FP2STI
Post by: Pemulung on 06/06/2010 12:26
Tak bisa tidak saya harus membungkukkan kepala (bow my head under shoulder) hormat kepada saudara saudara saya yang saya cintai di forum ini.

Ane juga bisa kenal kawan kawan, saudara saudara dan guru guru lewat Forum ini berawal dari monitor jarak jauh, dan ane wujudkan di waktu ane yang sedikit di jakarta. Terbuka selebar-lebarnya semua bagi ane wawasan, silaturahmi dan beberapa cita cita pribadi di sekitar persilatan. [top]

Rasanya sayang kalau sampai titik ini beberapa merasa stack, introvert, menarik diri dlsb. yang ane tidak terlalu tahu sebab musababnya. Tapi seperti kang One bilang, bola salju telah digelincirkan, efeknya juga terasa membesar. Akankah bola ini akan makin besar untuk memberikan momentum dengan pecah menjadi gundukan besar di ujungnya ? Atau terhenti dan pecah di tengah jalan ?

Bener kata kang Taufan, ane juga jadi "gaya senayan" ngomongnya... :-[
Kalau kata kang supporter yang saya cintai bahwa mudah mudahan ada yang mau..tentunya saya yakin banyak yang mau bantu..khan sepertiga mau kali tiga orang sama dengan satu kemauan yang besar. Satu kegiatan kecil kali lima sama dengan satu kegiatan besar efeknya. Kesadaran kolektif sudah terbentuk, jaringan sudah tersusun.

Resultante kebersamaan itu point dan modal awal yang luar biasa sudah ada, selanjutnya tinggal pertanyaan visioner dan misioner.

"trus mau ngapain dan kemana bertindak ?"

Itu ajah, jawabannya yang bisa panjang....
Title: Re: MENJELANG EMPAT TAHUN FP2STI
Post by: hudzaifah on 16/07/2010 00:30
 aye siap jadi serdadu seperti peluru tekan picu melesat tak ragu
*song by iwan fals*  [top]

aye ga'kan lupa perjuangan serta jasa-jasa forum ini dalam "naekin" bunder.  [[peace2]]

berjuta-juta terima kasih kepada seluruh anggota forum.  :'(
Title: Re: MENJELANG EMPAT TAHUN FP2STI
Post by: limpato on 19/07/2010 12:30
Salam.

Saya baru bergabung ke forum ini, dan saya senang sekali forum ini ada yang berguna untuk menjaga warisan silat tradisi negeri kita tercinta.
Namun, mencari informasi yang lengkap tentang tradisi kita masih belum terlalu mudah, karena harus membuka banyak halaman atau situs web. Kita berharap silat itu ditulis oleh pemain/pecinta silat yang berasal dari daerah bersangkutan tanpa harus bersikap fanatik peguruan.
Saya punya usul, bagaimana kalau kita tulis di  Wikipedia tentang keanaragaman silat tradisional yang ada. Meskipun di sini hangat dibicarakan silat Sunda atau Betawi, namun di Wikipedia tidak satupun ada domain untuk silat Betawi atau Sunda. Mungkin tidak ada salahnya dimulai per daerah, seperti silat sunda, yang kemudian dibuat laman khusus untuk cikalong, cimande dsb,, atau misalnya.
SILAT/MAENPO SUNDA (domain utama). Apa sebutan yang mereka suka untuk beladiri? Jika mereka suka disebut maenpo, ya dibuat maenpo )
- Silat Cikalong
- Silat Cimande dll
SILAT BETAWI (domain utama)
- Cingkrik
- Beksi dll
SILAT MINANGKABAU (domain utama, sudah dimulai dikit)
- Silek Tuo
- Silek Sitaralak dll
SILAT JAWA  (apa sebutan untuk beladiri di Jawa yang mereka suka? penca?)
- Silat dari warisan kraton
SILAT BALI
dan seterusnya.
- Sayang juga, jika tidak ada informasi  di Wikipedia Indonesia, padahal silat-silat tradisional itu apakah Sunda atau Betawi yang saya saksikan sepotong2 di youtube menarik sekali untuk dikupas lebih dalam.
- Selanjutnya bagi teman2 yang memiliki kemampuan berbahasa Inggris, dilanjutkan dengan menulis di Wikipedia berbahasa Inggris. Kalau ada yang bisa bahasa asing lain, alangkah lebih baiknya.

Demikian dulu

Salam

 
Title: Re: MENJELANG EMPAT TAHUN FP2STI
Post by: luri on 19/07/2010 12:55
@limpato,
yg model wikipedia & ensiklopedia, pernah ada

tp begitulah....
anget anget..
karena kemudian kena angin, jadi dingin lagi
dan berubah menjadi bentuk lain

ok
no problem

saat ini masih ada SilatIndonesia.Com
jika ada rekan2 yg punya artikel/dokumen/etc, boleh dipublish disana.

tapi..
umurnya juga tinggal beberapa hari lagi
smoga ada yg memberikan napas-buatan

Title: Re: MENJELANG EMPAT TAHUN FP2STI
Post by: Bayu Umbara on 06/01/2011 09:51
Ass, salam hangat para senior, para pendiri dan para sesepuh forum, saya jadi trenyuh dan tersentuh setelah membaca thread ini, saya adalah orang yang masih sangat baru sekali bergabung di sahabat silat yang sangat bermanfaat dan membangkitkan gairah terhadap kecintaan pada dunia silat di bumi pertiwi ini, walaupun saya belum tau  seperti apa forum ini dioperasikannya diluar sana dan siapa2 saja para pejuang yang telah mengorbankan banyak hal dalam kehidupannya untuk kehidupan silat indonesia, walaupun setelah membaca perjuangan para pendahulu sudah kebayang bagaimana susah senangnya,suka dukanya dalam menjulangkan silat tradisional sampai seperti sekarang ini, saya sangat berterima kasih yang sedalam2nya atas perjuangan dan pengorbanan para sesepuh forum semuanya, hingga bisa menggajah seperti sekarang ini, saya bisa kenal dengan komunitas silat minang dibandung karena forum ini, saya bisa ketemu dengan silat cikalong yang selama ini saya cari2 dan bergabung didalamnya adalah karena forum ini, saya bisa mengetahui dan memahami banyak hal tentang informasi dan keilmuan tentang dunia silat nusantara karena forum ini, kalau saya yang bingung ini bisa bermanfaat buat kemajuan forum dan kemajuan dunia silat dengan segenap keterbatasan dan kekurangan saya sebagai orang biasa yang tidak bisa apa-apa hanya bermodalkan semangat dan kecintaan yang mendalam terhadap dunia silat yang senantiasa menggetarkan jiwa saya, insya allah saya siap untuk membantu dengan apa adanya saya, cuma saya secara pribadi ga tau harus bagaimana, karena ketemu juga belum pernah dengan abang2 dan bapak2 semua, apapun yang terjadi saya berharap forum ini tetap ada dan hidup dengan segala pernak-perniknya karena nilai silaturahmi tidak dapat dibeli dengan nilai2 materi berapapun, walaupun tidak ada ketentuan yang mengikat anggotanya, tapi hal itu juga bisa menjadi sebuah wacana untuk ketentuan aturan keanggotaan forum dimasa yang akan datang, agar tidak datang dan pergi seperti angin yang bertiup, mohon pencerahannya para sesepuh dan pendahulu forum ini,mohon maaf atas keterbatasan kemampuan saya dalam menuangkan perasaan saya,terima kasih
salam
Title: Re: MENJELANG EMPAT TAHUN FP2STI
Post by: Unknown on 06/01/2011 10:30
saya juga terharu sekali baca tulisan uda bayu di atas, ma kasih atas kecintaannya thd forum ini.
saya rasa banyak temen2 anggota forum ini yg berdomisili di Bandung, sesuai tret sebelah yg baru aja uda bayu buat, maka sangat bermanfaat sekali apa bila ada komunitas sahabat silat bandung yg tidak hanya bergaul di dunia maya, tapi juga di darat (off air)

wassalam
Title: Re: MENJELANG EMPAT TAHUN FP2STI
Post by: Bayu Umbara on 06/01/2011 10:43
Ya betul sekali bang supporter,saya juga berharap begitu, saya harap ada yang bisa memfasilitasi sialturahmi ini dari para senior yang urang bandung, entah bagaimana caranya karena keawaman saya ,saya baru ketemu sama wa haji azis alias aki sija, ading d. dimyati, mangkutaraja, deni danus, uda maulana dari lampung yang sengaja datang ke bandung, maenpo badewa, tapi bagaimana dengan yang lain2nya yang saya yakin banyak sekali, ditunggu silaturahmi dengan wujudnya para senior2 bandung,biar kita tidak hanya berhubungan dialam ghoib hehe...hatur nuhun
salam
Title: Re: MENJELANG EMPAT TAHUN FP2STI
Post by: Sawer Wulung on 06/01/2011 11:23
Baca postingan awal, saya malah bingung, karena saya sendiri ga tau arahnya SS dan Forum mau kearah mana, secara gabung baru seumur jagung, keilmuan malah tanggung. Cuma berharap aja media informasi dan silaturahmi ini terus berlangsung. Karena walau bagaimanapun saya yakin regenerasi pasti selalu ada. Meskipun saya ga bisa terjun langsung kaya para sesepuh dan senior forum, mudah mudahan kehadiran seorang sawer wulung bisa sedikit nambahin "anu ngaririweuh".
Maju terus Silat Tradisional !!!

Uda, saya dukung SS chapter bandung !!
Title: Re: MENJELANG EMPAT TAHUN FP2STI
Post by: Bayu Umbara on 06/01/2011 11:30
hatur nuhun kang sawer , urang dukung sararea, demi keberlansungan FP2STI,
iraha atuh kabumi kang, dinten kamari parantos ngawitan latian cikalong pabuci di ujung berung,maaf kang moderator kalau ikut nebeng ngobrol sedikit
mohon maaf,terima kasih
salam
Title: Re: MENJELANG EMPAT TAHUN FP2STI
Post by: Sawer Wulung on 06/01/2011 11:48
Iya uda, punten berhubung kerja sampe sore jadi aga susah ngatur waktunya, insyaAllah rebo payun.
Title: Re: MENJELANG EMPAT TAHUN FP2STI
Post by: Bayu Umbara on 06/01/2011 11:53
maaf kalau threadnya OOT,back to FP2STI,semoga selalu jaya dialam nyata dan dialam maya dan dihati para pencinta silat tradisional asli indonesia,terima kasih
salam
Title: Re: MENJELANG EMPAT TAHUN FP2STI
Post by: Unknown on 06/01/2011 11:55
hehehe....
kudu nya sekarang bukan MENJELANG EMPAT TAHUN FP2STI tapi MENJELANG LIMA TAHUN FP2STI

@kang sawer,
kalo ketemu AKI SIJA nanti bisa ditanyai lbh banyak soal forum ini, krn aki sija termasuk sesepuh forum dan ikut membidani lahir nya forum.

sedikit bisa saya samapikan bahwa fp2sti adalah sebuah forum silaturahmi, sebuah komunitas yang ingin mengembangkan dan melestarikan pencak silat tradisional. melalui bbrp jalan :

1. melalui http://sahabatsilat.com ini, sebuah forum diskusi dunia maya
2. dokumentasi tulisan melalui http://silatindonesia.com
3. dokumentasi video melalui http://videosilat.com
4. penelitian dan pengembangan pencak silat tradisional
5. mempromosikan pencak silat tradisional melalui media massa, seminar, diskusi, workshop
6. dll.

silakan menjelajah seluruh isi forum diskusi ini, mudah2an ada yang bermanfaat
wassalam
Title: Re: MENJELANG EMPAT TAHUN FP2STI
Post by: Bayu Umbara on 06/01/2011 12:01
ya benar bang suporter,berarti harus diganti judul treadnya jadi menjelang lima tahun FP2STI,pasti rame lagi,
Alhamdulillah kemaren aki sija udah cerita banyak tentang perjalanan forum ini,sampai beliau ke australia diajak oleh jendral edi,salut buat beliau,sudah sepuh masih bersemangat dan berjiwa muda,dan itu cukup menginspirasi saya,hatur nuhun
salam
Title: Re: MENJELANG EMPAT TAHUN FP2STI
Post by: salakman on 27/01/2011 13:27
Di HP ga keliatan ini postingan taun berapa.

Ada rencana apa gerangan menjelang 5 tahun ini?
Title: Re: MENJELANG EMPAT TAHUN FP2STI
Post by: Dolly Maylissa on 27/01/2011 13:59
ini posting 2010,,,,

em belum denger2 kabar terbaru tentang rencana menjelang 5tahun fp2sti nih,,,,gimana om2 mau ada apa nih tahun ini untuk silat?hehehehe
Title: Re: MENJELANG EMPAT TAHUN FP2STI
Post by: santri kinasih on 24/05/2011 17:00
FP2STI sekarang sudah 5 tahun..Secara resmi kalau gak salah  Juni 2006(walaupun sebenarnya mei, tapi salah nyatet bulannya)...Sudah ganti ketua 3 kali..dari Mas eko, uda parewa, gan ochid dan terakhir Ki Taufan.

Tayangan TV mengenai silat yang dibantu fp2sti tidak lagi terhitung, dari tv lokal, nasional, maupun internasional seperti AXN dan juga TV prancis yang kerjasama dengan discovery channel.

Diskusi, sarasehan, seminar, peragaan, ataupun workshop juga sudah dilakukan. Dari lokasi yang cuma di Madrasah sampai Hotel berbintang.

Website, terima kasih kpd mas luri, yang sudah bikin 3 website resmi kelolaan FP2sti.
Walaupun mendapatkan banyak kritikan, website2 ini sering dijadikan acuan data base oleh pencinta silat seluruh dunia, baik yang mau belajar silat, sejarah silat ataupun untuk maksud2 tertentu lain.

Kalau dibilang capek, pastilah capek..5 tahun berjalan secara serabutan dengan pendanaan mandiri. Hampir tidak ada sponsor atau dukungan Pemerintah. Iuran anggota pun tidak ada. Semua berjalan alhamdulillah didanai oleh urunan atau patungan para aktivis FP2STI.

Biar cuma dengan modal keikhlasan bekerja atas nama cinta (kayak lagu). Sampai saat ini FP2STI masih rutin mengadakan rapat mingguan, di antara bertumbangannya para aktivis2 lama karena berbagai alasan( yang pasti bukan karena tidak cinta lagi sama silat).

Ke depan, beberapa hal program FP2 STI mulai digarap, mulai dari pengiriman tenagan pengajar beladiri praktis ke luar negeri untuk melatih para TKI/TKW sampai lomba mewarnai dengan tema silat dan juga pembentukkan koperasi sahabat silat. Program2 yang lebih membumi dan bermanfaat bagi masyarakat luas. Karena silat harus berkembang bukan hanya sebagai alat kejagoan atau kehebatan berkelahi, tapi sebagai ilmu yang bermanfaat dalam kehidupan.


Dibawah bendera Yayasan Sahabat Silat, insya Allah FP2STI akan terus berkembang, walaupun dengan keterbatasan tenaga dan dana. Insya Allah, FP2STI juga akan tetap jadi perkumpulan yang terbuka bagi siapa pun yang merasa ingin ikut menjadikan silat sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari eksistensi kehidupan bangsa Indonesia.

Selamat Ulang Tahun FP2STI, semoga panjang umur dan tambah bijaksana.

 

 
Title: Re: MENJELANG EMPAT TAHUN FP2STI
Post by: mpcrb on 24/05/2011 18:28
Semoga Allah SWT memberikan pahala dan kebaikan terhadap keikhlasan melakukan semua itu terutama kepada semua yang terlibat di dalamnya. Insya Allah, suatu hari nanti semua niat, tindakan, tulisan-tulisan, akan dimintai pertanggungjawaban dan bisa menjadi tambahan pahala serta amal ibadah yang siapa tahu bisa memberatkan timbangan amal kebaikan nanti.

Mohon maaf belum bisa bantu banyak selain daripada nulis.  :'(

Sukses selalu untuk FP2STI...

Salam.
Title: Re: MENJELANG LIMA TAHUN FP2STI
Post by: Taufan on 25/05/2011 08:14
Amin ya Rabbal 'alamin... DIRGAHAYU FP2STI!!!

Secara resmi hari jadi FP2STI adalah 6 Juni 2006... para founding father FP2STI telah memilih tanggal dengan nomer cantik 060606  :)

Wassalam,
TP
Title: Re: MENJELANG EMPAT TAHUN FP2STI
Post by: luri on 25/05/2011 08:31
@omSK
makasih atas supportnya selama ini dan selama nanti
:D

@mpcrb
makasih buat @mpcrb
tulisan2nya sangat memberikan warna tersendiri disini
coraknya semakin meriah

kalau ada tulisan yg dirangkum khusus untuk artikel, bisa tuh dimasukkan ke silatindonesia.com

@omTP
kalo dibaca sambil kepala dipluntir... jadi 909090
di gotak gatik gatuk...
jadinya:

Go Go Go

:D


Title: Re: MENJELANG EMPAT TAHUN FP2STI
Post by: samber gledek on 25/05/2011 08:58
Biar kecil tapi cabe rawit dan sumbangsihmu nyata.

Salam
Title: Re: MENJELANG EMPAT TAHUN FP2STI
Post by: Suprapto on 04/06/2011 23:16
Menjelang 5 tahun FP2STI, 060606-060611.

Sekilas kesan berdasar pemahaman pribadi, mohon koreksi bila tidak pas :

1. Forum yang terbentuk nyaris spontan dari para pecinta dan pelestari silat tradisional yang gelisah atas perkembangan budaya bangsa, khususnya pencak silat.  Forum yang menerima siapapun, dengan mengutamakan basis PENDEKATAN PERSONAL. Baik praktisi silat atau latar belakang media/kemampuan lain. Bisa para guru, bisa tokoh pimpinan perguruan, bisa pelatih, bisa pesilat pemula, yang penting merasa terpanggil untuk memajukan silat tradisional, mencari solusi2, terobosan2, mendorong, bersinergi dsb dengan pihak manapun.

2. Adapun IPSI, mengingat cakupan organisasinya,  menjadi forum yang berbasis PENDEKATAN FORMAL PERGURUAN. Anggotanya adalah perguruan sesuai tingkatan organisasi, ditambah pengurus IPSI tingkat dibawahnya.
Dalam forum resmi IPSI akan ada prosedur2, kalau ditingkat cabang, "anda mewakili perguruan apa? apakah anda pemegang mandat?/bawa surat mandat?".
Kalau ditingkat daerah/provinsi: personil dari perguruan tingkat daerah akan mendapat pertanyaan yang sama, personil dari IPSI Cabang juga akan ditanya mandatnya. Demikian juga sampai ketingkat pusat. 
(Sudah barang tentu ide yang bagus masih bisa disampaikan secara pendekatan informal).
Karena keputusan bersama akan menyangkut kepentingan bersama semua perguruan anggota, atau IPSI Cabang2/Daerah, maka FORMALITAS memang diperlukan. Tentu banyak juga urusan yang jadi  tersumbat, khususnya dalam ide spesifik, yang dianggap hanya cocok untuk sebagian kecil anggota, atau pihak lain.
Personil dari perguruan tersandera kepentingan perguruan yang diwakilinya, personil pengurus IPSI terikat oleh kepentingan anggota di wilayahnya.

Untuk memikirkan kepentingan ekstra/pihak lain, menjadi lebih ribet....
Apalagi kalau ada tersandera hal lain, yaitu dana/anggaran program.

Meski jalur pembinaan seni/tradisional sudah disiapkan, kurang mendapat tanggapan/perhatian yang cukup dari perguruan2 anggota yang punya pembobotan lebih ke aspek tsb. Alasannya kurang dukungan potensi dana, lebih2 di daerah2 yang memang tidak memiliki tradisi pencak silat.
Akibatnya, terasa bahwa IPSI hanya mengurusi kepentingan umum/bersama, urusan tetek bengek perguruan ditanggung sendiri, kecuali yang sudah menjadi atlit/pelatih/wasit-juri IPSI. Karena personil adalah representasi perguruan, menjadi terhambat "gengsi" untuk sharing keilmuan.
Logikanya, jadi lebih tidak sempat lagi ngurus perguruan non anggota.

3.  Gawe besar memajukan pencak silat budaya bangsa (yang belum sepenuhnya didukung dengan "political will" oleh pemerintah), tidak akan cukup hanya dilakukan secara "formal" saja.
Secara simultan perlu dilakukan juga dengan model2 lain, baik yang profit oriented (mis. media, production house, penyedia perlengkapan silat, merchandize dsb),  maupun dengan lembaga nonprofit/pendekatan potensi personal, contohnya FP2STI.

4. Pada jaman teknologi informasi ini, kelompok SS/FP2STI telah melakukan hal yang sangat strategis, antara lain memanfaatkan internet untuk forum diskusi, mengumpulkan informasi dst. Memperpendek jarak. Secara personal, semua yang bergabung di dunia maya maupun kopdar,  disambut dan dihargai. Semua potensi digalang. Tidak pakai ditanya latar belakangnya, posisinya tingkat keilmuan dsb. Unik, fleksibel. Tentu masing2 akan menjaga perilakunya, meski datang secara informal/pribadi, bukan membawa mandat perguruan.

Dalam posisinya yang unik dan strategis ini, semoga FP2STI makin maju, makin banyak terobosan yang dilakukan, bagi kemajuan pencaksilat budaya bangsa, untuk manfaat yang sebesar besarnya bagi para guru/praktisi, bangsa dan kemanusiaan. Amin.

DIRGAHAYU FP2STI.

Salam.
Title: Re: MENJELANG EMPAT TAHUN FP2STI
Post by: one on 05/06/2011 00:02
terima kasih... semua adalah karena keterbukaan hati pesilat... seperti halnya sahabat-sahabat silat yg aktif di forum ini baik yang di dunia maya maupun yang sering bertemu langsung... Hatur nuhun ka sadayana...
Title: Re: MENJELANG EMPAT TAHUN FP2STI
Post by: Satria Naga on 05/06/2011 01:04
Saya ikut mengucapkan selamat ULTAH FP2STI yg ke 5

Buat yg sering KOPDAR atawe online, semoga semua berkah dan kecintaannya kepada silat semoga bermanfaat.
Semoga kita masih diberi waktu untuk membaktikan diri kita kapada Alloh, dan menjadikan kecintaan kita pada silat sebagai jalan kecintaan kepada ilmuNya.

Apa yg kita dapatkan dari silat masih terlalu besar dibanding apa yg sudah kita buat untuk silat. semoga ini jadi SALIK dan jalan kita bersama menuju kebajikan dan perbaikan.

Mari terus mencintai silat, mencintai guru silat, mencintai para murid kita mencintai orang orang yang mengembangkan silat dari perguruan manapun..

salam hangat untuk semua

Title: Re: MENJELANG EMPAT TAHUN FP2STI
Post by: Dolly Maylissa on 05/06/2011 20:43
Alhamdulillah FP2STI udah 5 tahun besok,,,terima kasih sudah mau menampung saya yang bodoh ini yang kadang khilaf dan tidak tahu dan sering kurang ajar kepada para tetua disini... [[peace2]]

semoga FP2STI makin dimudahkan jalannya dalam mewujudkan visi dan misinya   (*visi dan misinya apa ya ngomong2?heeheheh

Sukses dah pokoknya,,, [top]

sssstttt,,,jangan lupa besok om one tumpengan,,,hehehehe (*becanda  :D
Title: Re: MENJELANG EMPAT TAHUN FP2STI
Post by: kunderemp on 06/06/2011 09:02
Selamat ulang tahun, FP2STI.
Video potong tumpengnya dong.. :D
Title: Re: MENJELANG EMPAT TAHUN FP2STI
Post by: santri kinasih on 06/06/2011 09:57
Hari ini tepat 5 tahun usia FP2STI..Dengan semangat mengembangkan silat di nusantara, menjadikannya sebagai bagian yang tak terpisahkan dengan kehidupan bangsa (gaya pejabat nih)..FP2STI bertekad mencanangkan tahun 2012 sebagai Tahun Budaya Silat..Dengan diadakannya festival silat nusantara sebagai pembukanya.(Dengan catatam kalau duitnya dapet)..:)..selamat ulang tahun fp2sti..panjang umur selalu dan semoda bisa jadi amal jariah bagi semua pihak yang membantu..
Title: Re: MENJELANG EMPAT TAHUN FP2STI
Post by: Dolly Maylissa on 06/06/2011 11:03
huahahahaha,,,,harusnya yang dalam kurung itu ditulis dengan huruf besar,,,hehehe
Title: Re: MENJELANG EMPAT TAHUN FP2STI
Post by: Taufan on 06/06/2011 14:26

Assalamu 'alaikum,


Ternyata HUT FP2STI, HUT Bandarkarima, dan HUT Babe Eddie M. Nalapraya jatuh pada tanggal yang sama hari ini 0606...


DIRGAHAYU FP2STI KE 5!!!
DIRGAHAYU BANDARKARIMA KE 44!!!
SELAMAT ULANG TAHUN KE 80 BABEH EDDIE M. NALAPRAYA, PEMBINA FP2STI. SEMOGA SELALU DALAM LINDUNGAN DAN LIMPAHAN RAHMAT ALLAH SWT!!!



Wassalam,
TP
Title: Re: MENJELANG EMPAT TAHUN FP2STI
Post by: one on 06/06/2011 14:40
tak terasa sudah 5 tahun....
Title: Re: MENJELANG EMPAT TAHUN FP2STI
Post by: mountsatria08 on 07/06/2011 00:25
Assalamu'alaikum.. Akang-akang Senior sekalian.. ane memang masih ingusan dalam pencak,, tapi insya Allah siap ngedukung dan selalu mendoakan akang-akang semua dalam mengibarkan Bendera Silat Tradisional..!!  [top]

Dirgahayu FP2STI..!!  8)