+-

Video Silat


Demo Silat Mustika Kwitang di Martial Arts Journey
anak jalanan
Mulok Pencak Silat dalam kegiatan ke Pramuka-an
Jambore Pencak Silat, al azhar performance 3
GGBD - Salancar #2
Beksi, Peragaan Jurus #02
Performance Silat Beksi H. Hasbullah
Silat Ulin Makao
Silat Tungdor Margaluyu Pusat

Shoutbox

12/07/2014 16:49 one: Pada kemane nih buka puasanya ye?
27/06/2014 17:45 moeljadi moechtar: mohon maaf lahir dan batin menjelang Puasa buat sodare2 silat sekalian...
23/05/2014 19:43 Jenggot Perak: assalamu'alaikum para pesilat dan pendekar..
salam kenal
02/05/2014 13:32 kunderemp: Horeeee... muncul lagi.
20/03/2014 21:24 akoekoko: tes, tes, satu dua...
10/01/2014 22:16 arip: tessss..... happy new year.. ada event apa ini dunia persilatan tahun ini? :D
28/08/2013 13:28 Bang Gagak: Assalamualaikum... bang..
View Shout History

Recent Topics

maenpo Cikalong by aki sija
26/07/2014 06:55

PABUCI (PANCERBUMI CIKALONG/PASAR BARU CIANJUR) by aki sija
26/07/2014 06:36

[GUESTBOOK] by wongbener
23/07/2014 10:03

Pesilat Indonesia Siap Bantu Rakyat Gaza by wongbener
23/07/2014 09:40

My Days with Golok Betawi "Seliwa" by akoekoko
16/07/2014 16:24

RM. Sunardi Suryodiprojo "Den Mas Nardi/Romo Nardi" (03 Apr 1914 - 05 Jun 1985) by halilintar
14/07/2014 00:20

Sejarah perguruan Reti Ati by halilintar
14/07/2014 00:08

Minangkabau Silek Tuo Summer Camp 2014 by luri
07/07/2014 09:13

THS-THM by halilintar
04/07/2014 16:11

PPSB Cingkrig Gerak Cipta by abay gcis
01/07/2014 19:56

Merpati Putih by satrio simammora
16/06/2014 21:40

Asal-usul dan sejarah silat BEKSI betawi by devil
13/06/2014 23:58

SILAT BERDO'A SELAMAT by devil
13/06/2014 23:37

PPS Betako Merpati Putih by mpcrb
23/05/2014 22:15

Selayang Pandang Lu Style Xinyi Liuhe Quan by Jenggot Perak
23/05/2014 20:18

SilatIndonesia.Com

Author Topic: Satrio Metaram  (Read 8455 times)

Jali Jengki

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 828
  • Reputation: 43
  • Love Pencak Silat, Proud to be Indonesian
Satrio Metaram
« on: 04/11/2009 13:23 »
Beberapa waktu lalu sebuah TV station swasta menayangkan acara yang bertajuk Satrio Metaram, sebuah padepokan kanuragan yang menurut nara sumber, keilmuannya diturunkan oleh Sultan Hamengkubuwono VII, dan diyakini merupakan keilmuan yang diciptakan Panembahan Senopati sebagai pendiri kesultanan Mataram.

Uniknya ilmu yang berasal dari keraton ini, saat ini justru tidak ditemukan di dalam tembok keraton itu sendiri melainkan jauh di luar. Padepokan Kanuragan Satrio Metaram berada di desa Klangkepan, Sleman Yogyakarta dengan pemimpinya yang masih tergolong muda dari segi fisik. Dalam tayangan tersebut banyak ditontonkan adegan olah kanuragan yang cukup mengundang decak, penuh dengan ritual dan tradisi kejawen. Sayang sekali saya tidak menjumpai gerak atau olah jurus dari padepokan ini, yang mungkin dapat dijadikan referensi keilmuan gerak silat Kesultanan Mataram dahulu.

Mungkin dari SS yang ada disini (spt Kang Mantrijeron XIV, Ranggalana, DS Basuki...dll...?)pernah belajar atau paling tidak mengetahui segala hal tentang Satrio Metaram ini. Silakan dibabar...

Monggo, dan...

Tabe'
Kullu Nafsin Zaaiqatul MAUT

Pemulung

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 10
  • -Receive: 3
  • Posts: 358
  • Reputation: 12
  • Yang Penting Halal
    • Email
Re: Satrio Metaram
« Reply #1 on: 04/11/2009 13:42 »
Saya pernah berinteraksi dengan kawan kawan / pengurus dari satria mataram (Pak sarjono dan anaknya, juga ada nama edy soes) yang mempopulerkan itu Romo Darmo. Konon beliau juga salah satu guru pak harto. Kalau di jakarta masih link Romo Singan (Sinang ?). Arahnya memang ke arah ilmu kanuragan / kebathinan.

Mereka pengamal ayat ayat klasik jawa yang diterjemahkan/ditafsirkan menjadi  macam macam laku dan aplikasi. Kalau ndak salah mbah keentup tawon tahu juga, Sepertinya agak eksklusif memang. Nanti kalau ada info lagi saya tambahin sebagai tambahan wawasan.
Air Setitik Menjadi Lautan, Tanah Sekepal Menjadi Gunung, Sampah Segunung di laut Menjadi Banjir....

Jali Jengki

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 828
  • Reputation: 43
  • Love Pencak Silat, Proud to be Indonesian
Re: Satrio Metaram
« Reply #2 on: 04/11/2009 14:05 »
Thx, info yang menarik Om Pemulung,

Sekalipun arahnyake ilmu kanuragan / kebathinan, bukan berarti ilmu gerak silat nya ndak ada kan ya...? Ini nih yg bikin saya penasaran.. :-P. Mudah2an Om Pemulung bisa kasih masukan lebih lanjut...

Tabe'
Kullu Nafsin Zaaiqatul MAUT

keEntupTawon

  • Moderator
  • Anggota Tetap
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 130
  • Reputation: 4
Re: Satrio Metaram
« Reply #3 on: 04/11/2009 14:42 »
salam,

mbah sardjono sudah mewakilkan untuk kegiatan SM68 kepada mas eka(masih muda), kalau bang jali mau ketemu bisa ane atur...


SM68 --> Satria Mataram adalah ayat ke 68 dari ratusan ayat-ayat satria mataram, ini memang perguruan kanuragan dan tidak ada jurus silatnya...
ada milist satria mataram mas eka dan ane yang bertugas untuk moderatorin tapi sementara emang lagi diademin dulu... 


ABC-nya SM.
   SM adalah singkatan dari Satria Mataram, nama suatu paguyuban olah batin yang ada di Yogyakarta dan beberapa kota lainnya.
SM pertama kali di ajarkan oleh Rama Darmo (kini telah almarhum),  dan sekarang di kembangkan oleh murid-muridnya.
Di Yogya, SM terutama di ajarkan di desa Kradenan-Demakijo, di daerah Godean-Sleman, di daerah Gamping dan beberapa tempat lainnya.
Ayat-ayat SM yang akan di ajarkan di milis ini sejumlah 149 ayat dan beberapa ayat tambahan. Ayat-ayat ini terdiri ayat berbahasa Jawa dan potongan dan atau doa yang di ambilkan dari Al Qur’an. Meskipun demikian, penghayat SM tidak semuanya beragama islam, karena paguyuban SM menerima anggota dari segala lapisan masyarakat. Bahkan di lingkungan saya, ada beberapa anggota SM yang beragama Nasrani, maupun penghayat kejawen.
Bagi penghayat SM yang tidak beragama islam, penggunaan ayat yang di dahului dengan ucapan “Bismillah…..” dapat diganti dengan menggunakan ayat 1 (lihat contoh penggunaan/latihan)
Dari segi isi, ayat-ayat SM meliputi penggunaan ayat-ayat untuk pengobatan, ketenteraman, kanuragan, pelarisan, trawangan dan lain sebagainya.
   Seperti lazimnya suatu ajaran keilmuan lainnya, di SM juga di kenal beberapa “laku” untuk mempertajam daya ayat. Dari sekian banyak laku, umumnya anggota SM (di Yogya) lebih senang melakukan puasa riadho dan atau kungkum, yaitu berendam di sungai ataupun kolam (yang airnya mengalir) pada malam hari untuk jangka waktu tertentu, misalnya 3 hari, 7 hari, atau 40 hari, bahkan ada yang sampai 100 hari. Dan umumnya di lakukan setelah jam 22.00 bahkan ada yang mulai masuk ke air pada jam 24.00. Lama berada di air berfariasi, tergantung daya tahan tubuh masing-masing, ada yang 15 menit, 30 menit atau lebih lama lagi.
Untuk pelajaran lewat milis ini, pelaksanaan “laku”  sepenuhnya di serahkan ke masing-masing pribadi, sebab tanpa lakupun ayat SM sudah bisa “jalan”. Perbedaannya hanya pada energi yang dapat di lepas, mereka yang menjalankan ayat dengan dilambari “laku” akan lebih tajam/berdaya guna lebih besar.
Selain laku yang di sebutkan diatas, masih ada “laku” yang lain, yang spesifik ayat tersebut. Untuk hal ini kelak akan disebutkan pada saat pemaparan ayat yang bersangkutan.
Bagi mereka yang benar-benar tertarik dengan ajaran SM, di mohon untuk memperbanyak latihan penggunaan ayat, obyek bisa berganti-ganti sesuai dengan keadaan setempat.
   Yang perlu diingat adalah, bahwa untuk keberhasilan suatu ilmu, dituntut kerja keras dari penghayatnya. Dalam salah satu bait buku tembang “WEDHATAMA” karya KGPAA Mangkunagoro IV disebutkan (pupuh Pucung):
“Ngelmu iku,
Kalakone kanthi laku,
Lekase klawan kas,
Tegese kas nyantosani,
Setya budya pangekese dur angkara”

Terjemah bebasnya kurang lebih:
“Ilmu itu
Terlaksana dengan (menggunakan) laku
Mulainya dari kas,
Artinya kas (adalah) menguatkan
Kesetyaan/penggunaan ilmu utama adalah untuk  pembasmi angkara murka”

Dari bait tembang pucung di atas dapat di tarik kesimpulan, bahwa keberhasilan dalam menjalankan suatu ilmu adalah dengan melaksanakannya secara konsekwen (termasuk lakunya).
   Ada beberapa ajaran yang tidak akan di berikan di milis ini (karena tanpa pengawasan langsung, di pandang membahayakan bagi yang melatihnya) misalnya: deteksi khodam pusaka dengan cara memanggil khodam tersebut untuk di tempatkan pada diri seseorang (agar dapat di ajak wawancara secara lahiriah/di dengar banyak orang). Latihan penggunaan ayat beladiri untuk ber sparing partner (sama-sama menggunakan ayat). Ataupun penggunaan ayat pertahanan dengan di serang dengan menggunakan senjata (alat pemukul ataupun senjata tajam).
Kiprah keilmuan warga SM, sebagian sudah dapat anda saksikan di acara “dunia lain” TransTV. Meskipun di acara tersebut belum dapat menggambarkan secara menyeluruh ragam keilmuan SM, namun memang harus di akui bahwa umumnya anggota SM lebih banyak memperdalam bidang-bidang kanuragan dan keilmuan yang berhubungan dengan masalah makhluk halus.
Saya berharap, bagi anda semua yang mempelajari ayat-ayat SM ini, semoga ayat-ayat tersebut dapat memberikan manfaat bagi anda, keluarga anda dan juga pada masyarakat sekitar anda.
   Demikian abc-nya SM secara ringkas, dalam pelajaran per-ayat, bila di jumpai sesuatu yang sukar di cerna,  anda dapat menanyakan hal-hal tersebut, dan insya allah saya akan menjawabnya.

Salam,

Sardjono

Kalau Anda sudah dapat mengatur dan memusatkan pikiran, kemudian mengembangkan KESADARAN yang kuat, itulah yang akan menjadi guru Anda. Sesungguhnya, guru Anda saat ini telah berada dalam diri Anda sendiri.

Pemulung

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 10
  • -Receive: 3
  • Posts: 358
  • Reputation: 12
  • Yang Penting Halal
    • Email
Re: Satrio Metaram
« Reply #4 on: 04/11/2009 14:49 »
horeeee...akhirnya yang ditunggu muncul jugaaaa.... :w

Soal silat Satria Mataram saya ndak gitu jelas, tapi waktu itu saya diajaknya malah ke pakde budi dari Margaluyu 151, yang maaf katanya linknya ke Sultan Agung. Tapi rasanya ndak satu paket antara SM dan Margaluyu 151 ini.

Air Setitik Menjadi Lautan, Tanah Sekepal Menjadi Gunung, Sampah Segunung di laut Menjadi Banjir....

keEntupTawon

  • Moderator
  • Anggota Tetap
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 130
  • Reputation: 4
Re: Satrio Metaram
« Reply #5 on: 04/11/2009 14:57 »
salam,

iyalah ngga ada hubungan ML151 dengan SM


kalau SM jelas ada hubungan ke sultan agung karena ada beberapa keilmuan beliau seperti ... ... .... hi hi hi hi hi


kalau ml151 itu hubungannnya ke Margaluyu pusat van cicalengka ...


tawon kencana

warga SM68 dan Margaluyu Pusat van cicalengka

horeeee...akhirnya yang ditunggu muncul jugaaaa.... :w

Soal silat Satria Mataram saya ndak gitu jelas, tapi waktu itu saya diajaknya malah ke pakde budi dari Margaluyu 151, yang maaf katanya linknya ke Sultan Agung. Tapi rasanya ndak satu paket antara SM dan Margaluyu 151 ini.


Kalau Anda sudah dapat mengatur dan memusatkan pikiran, kemudian mengembangkan KESADARAN yang kuat, itulah yang akan menjadi guru Anda. Sesungguhnya, guru Anda saat ini telah berada dalam diri Anda sendiri.

Jali Jengki

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 828
  • Reputation: 43
  • Love Pencak Silat, Proud to be Indonesian
Re: Satrio Metaram
« Reply #6 on: 04/11/2009 15:08 »
Info yang bagus Bang Entup nih...

Tadinye ane gak yakin kalo dibilangin ente ntu Satria Mataram, soale perawakan ente  bukan sosok Satria Mataram tapi Punakawan Mataram atawe Satria Baja Hitam mungkin pas.... [run]  [lucu]...tapi pas ente ngebuka, ane  jadi angkat topi...TOP dah ane ke ente... [top]

Kalo gitu mohon inputnya, setelah dibabarin seperti di atas ntu, pasnye masuk mane nih thread? ke aliran ape supranatural yak...? ane bingung nih jadi momod, maklum dah dadakan masi cupu...

Tabe'
Kullu Nafsin Zaaiqatul MAUT

Unknown

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 65
  • -Receive: 41
  • Posts: 1.486
  • Reputation: 94
  • I'm no longer a member of this forum
    • FORUM SILAT
Re: Satrio Metaram
« Reply #7 on: 04/11/2009 16:29 »
bang jali, menurut ane :
ini lebih tepat di sini http://sahabatsilat.com/forum/index.php/board,1.0.html > SILAT DISKUSI UMUM
soal nya kalo dibaca postingan nya kang tawon, tret eni bisa disejajarkan dengan ini http://sahabatsilat.com/forum/index.php/topic,465.0.html, ini : http://sahabatsilat.com/forum/index.php/topic,468.0.html
ini : http://sahabatsilat.com/forum/index.php/topic,478.0.html
dan topik2 sejenis..

nah kalo emang mau dimasukin ke SUPRANATURAL http://sahabatsilat.com/forum/index.php/board,37.0.html
apakah materi yang didiskusikan berhubungan dengan supranatural? tentu ente yang lebih tau.

silakan ente MOVE ke dapur yang sesuai

Jali Jengki

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 828
  • Reputation: 43
  • Love Pencak Silat, Proud to be Indonesian
Re: Satrio Metaram
« Reply #8 on: 04/11/2009 16:38 »
Silakan pembabaran dilanjutkan disini aje, lebih adem kayaknye..banyak pu'un.. :D

Tabe'
Kullu Nafsin Zaaiqatul MAUT

Unknown

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 65
  • -Receive: 41
  • Posts: 1.486
  • Reputation: 94
  • I'm no longer a member of this forum
    • FORUM SILAT
Re: Satrio Metaram
« Reply #9 on: 04/11/2009 16:40 »
siip... emang kagak sale lagi dah nih moderator baru.... 8)
idup lagi dah  tret ALIRAN SILAT, sebab ahli nye yang jage in ..

Jali Jengki

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 828
  • Reputation: 43
  • Love Pencak Silat, Proud to be Indonesian
Re: Satrio Metaram
« Reply #10 on: 04/11/2009 17:14 »
Bujjugg... :o

Balik lagi ke topic mendingan,

Kalo kita berbicara Satria Mataram, tentunya identik dengan Kesultanan Mataram itu sendiri. Yang jadi pertanyaan siapakah yang dijuluki Satria Mataram...? apakah sebutan untuk laskar atau personal tertentu?, kalau ia siapakah dia sebenarnya? Panembahan Senopati/Sutowijoyo kah, Sultan Agung Haryokrokusumo kah?, Pangeran Sambernyowo dengan pasukan Tijitibehnya kah atau Sri Sultan Hamengkubuwono VII...?

Kalau dicoba ditarik ke atas link Mataram berujung di Panembahan Senopati/Sutowijoyo, yang nota bene adalah putra Ki Ageng Pamanahan sekaligus anak angkat Mas Karebet (Jaka Tingkir). Perilaku nya yang mumpuni disegala bidang termasuk olah Kanuragan menjadi fenomena sendiri. Konon tubuhnya anti racun, karena memiliki tameng wojo (pernah di tes oleh seseorang dari Kademangan Sangkal Putung-Klaten).

Spiritnya menjadi nyala api perjuangan trah Mataram berikutnya yang terkenal bertangan besi, bukan hanya kepada lawan trah2 Mataram ini disegani tapi juga oleh panglima-panglima dan laskar perangnya sendiri. Banyak laskar atau panglima perang Sultan Agung yang gagal menyerbu ke Batavia atau tempat lain enggan balik ke Mataram, ada apa gerangan...? Begitupun dengan Amangkurat I yang tidak segan2 menghukum orang2nya dengan cara diadu dengan harimau...bahkan lebih "heboh" nya lagi pada saat Sultan Agung merelakan pasukannya yang sedang bertempur dengan musuh yg lebih besar hanyut di sebuah bendungan Kali Opak yang atas komandonya meledakkan bendungan tersebut.

Inilah Satrio Mataram...masih penasaran dengan teknik bertempur dan silatnya...

Tabe'

Kullu Nafsin Zaaiqatul MAUT

keEntupTawon

  • Moderator
  • Anggota Tetap
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 130
  • Reputation: 4
Re: Satrio Metaram
« Reply #11 on: 04/11/2009 23:02 »
salam,

mengenai sejarah keilmuan SM nanti saya akan tanyakan ke mbah sardjono... tapi sabar yha beliau saat ini sedang melaksanakan ibadah haji..


bila dari keilmuan di dalamnya bukan hanya keilmujan sultan agung, tetapi didalamnya ada juga keilmuian dari ki ageng sela gurunya  jaka tingkir...

ada juga keilmuan rajah kalachakra ... ini salah satu ilmu yang dipelajari bagi para adipati di Krida Yudha sinalika ... para adipoati ini baju latihannya dipunggung ada rajah kalachakranya... nah memang ada perbedaan bila Di SM hanya rajah dan ayat untuk mengaktifkan sedangkan di KYS ada jurus dan tata nafasnya...


saya pernah menayakan kenafa tidak ada jurus .. jawabnya sederhana penghayat SM dapat menciptakan jurusnya sendiri ... bujug dah ... tapi mungkin juga emang udah ngga perlu ngejurus lagi kalee ... dalam pertarungan tinggal saling tukar menukar senyuman aja...  hi hi hi hi hi ngejoprak deh...


sayangnya di jakarta memang tidaklah sepesat perkembangannya seperti di yogya... yha mungkin kayak sayalah yang rasanya ngga mungkin lagi puasa, atau kumkum di sungai ... jadi yha saya belajar SM sekedar untuk pengetahuannya saja... ilmunya mah meble... hi hi hi hi  hi

salam sayang

...keentuptawon kencana ...

 
Kalau Anda sudah dapat mengatur dan memusatkan pikiran, kemudian mengembangkan KESADARAN yang kuat, itulah yang akan menjadi guru Anda. Sesungguhnya, guru Anda saat ini telah berada dalam diri Anda sendiri.

donpio

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 9
  • Reputation: 0
Re: Satrio Metaram
« Reply #12 on: 22/02/2010 14:17 »
Beberapa waktu lalu sebuah TV station swasta menayangkan acara yang bertajuk Satrio Metaram, sebuah padepokan kanuragan yang menurut nara sumber, keilmuannya diturunkan oleh Sultan Hamengkubuwono VII, dan diyakini merupakan keilmuan yang diciptakan Panembahan Senopati sebagai pendiri kesultanan Mataram.

Uniknya ilmu yang berasal dari keraton ini, saat ini justru tidak ditemukan di dalam tembok keraton itu sendiri melainkan jauh di luar. Padepokan Kanuragan Satrio Metaram berada di desa Klangkepan, Sleman Yogyakarta dengan pemimpinya yang masih tergolong muda dari segi fisik. Dalam tayangan tersebut banyak ditontonkan adegan olah kanuragan yang cukup mengundang decak, penuh dengan ritual dan tradisi kejawen. Sayang sekali saya tidak menjumpai gerak atau olah jurus dari padepokan ini, yang mungkin dapat dijadikan referensi keilmuan gerak silat Kesultanan Mataram dahulu.

Mungkin dari SS yang ada disini (spt Kang Mantrijeron XIV, Ranggalana, DS Basuki...dll...?)pernah belajar atau paling tidak mengetahui segala hal tentang Satrio Metaram ini. Silakan dibabar...

Monggo, dan...

Tabe'

Salam damai Semuanya,

Kalo boleh saya ikut nimbrung, kebetulan saya newbie disini jadi maaf sebelumnya kalo nanti ada kata-kata saya yang mungkin tidak begitu sopan atau terkesan blak-blak an.

Kalo dibilang tidak ditemukan di dalam tembok keraton menurut saya kemungkinan tidak ter publish saja jadi gak ketahuan yang ada di dalam tembok keraton hehehehe
Dan akar keilmuan Satria Mataram dulunya juga namanya bukan Satria Mataram bahkan mungkin tanpa nama (maaf kalo salah) karena budaya penurunan ilmu di kalangan keraton dulunya hanya secara lisan (tidak ada kurikulum pastinya). Seperti kata Mas Rudy (keentuptawon) bahwa nama Satria Mataram (SM68) itu dari salah satu ayat no 68 jadi dulunya pastinya belum ada namanya.

Konon ceritanya (ini yang saya tahu dari sumber yang lain) Mbah Darmo (alm, yang mengajarkan ilmu ini) memiliki beberapa murid salah satunya adalah yang mengembangkan Satria Mataram (SM68) ini dan ada murid yang lain mengembangkan dengan nama yang lain juga dengan nama Sih Jiwo (nama ini juga diambil dari salah satu ayat yang ada), secara pemahaman keilmuan dan ayatnya SM68 dan Sih Jiwo ini sama alurnya, bahkan ayatnya mungkin sama persis mungkin ada yg lebih dan ada yang kurang (bahkan kemungkinan Sih Jiwo lebih dari 149 ayat). Sih Jiwo ini malah kebetulan saya temukan di dalam tembok keraton ada di keraton kecil di daerah pojok beteng kulon Jogjakarta di rumah Guru Besarnya sendiri yang bernama Romo Hadi (almarhum, meninggal kira-kira 2 tahun yang lalu - romo panggilan utk org jawa yg berarti bapak), Romo Hadi ini generasi yang keberapa setelah Mbah Darmo kebetulan saya lupa.

Memang di Sih Jiwo ini tidak se sistematis yang ada di SM68 (ayatnya ber urutan 1 - 149) budaya pemberian pengetahuannya juga lisan (masih gaya jadul  :-P), bahkan pemberian ayatnya bisa menurut kebutuhan murid-muridnya.

Sampai saat ini setahu saya SM68 tidak memiliki jurus-jurus silat tapi lebih ke arah pengolahan spiritual/batin.


Semoga infonya bermanfaat maafkan bila tambah aneh penjelasannya hehehehe... mohon maklum karena itu hanya berdasar pengalaman yang sepenggal saja.


With Love & Peace

donpio
---- Murid Pemula SM68 & Salah Seorang Penghayat Sih Jiwo -------

Ajar Ilmu ing Ponorogo, Sangu Satus Nemoni Panembahan Bodo Melu dalane Lanceng Putih

Pemulung

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 10
  • -Receive: 3
  • Posts: 358
  • Reputation: 12
  • Yang Penting Halal
    • Email
Re: Satrio Metaram
« Reply #13 on: 22/02/2010 14:23 »
Akhirnya muncul juga kang  pio, selamat datang..monggo dishare juga pengetahuannya yang tob abis...di thread lain. [top]

Saya temen seperjalanan sampean di yogyakarta, dan belantara jakarta dulu..hi hi hi hi hi... x-))

Air Setitik Menjadi Lautan, Tanah Sekepal Menjadi Gunung, Sampah Segunung di laut Menjadi Banjir....

donpio

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 9
  • Reputation: 0
Re: Satrio Metaram
« Reply #14 on: 22/02/2010 14:46 »
Matur Nuwun Mas Priatna (Pemulung), pengetahuan saya cuman dasar banget alias dangkal hehehehehehe

Kita memang pasangan saling cinta kok mas halaaahhhhhhhhhhhhhhhh huahahahahahahahahaa
Ajar Ilmu ing Ponorogo, Sangu Satus Nemoni Panembahan Bodo Melu dalane Lanceng Putih

 

Powered by EzPortal