+-

Video Silat


PERGURUAN PENCAK SILAT MUTIARA PANCA RASA
beksi hasbulloh - Performance silat di acara ultah
Silek Kumango
PERGURUAN PENCAK SILAT MUTIARA PANCA RASA
Peragaan Jurus dan Gerak Cingkrik Goning
Liputan Maenpo Pancer Bumi Cikalong di Apa Kabar I
PERGURUAN PENCAK SILAT MUTIARA PANCA RASA
trailer silat performance, acara ultah fp2sti dan
ICE 2009, performance gerak gulung (aplikasi 2)

Shoutbox

13/12/2016 10:49 Taufan: Yuk ke Festival Kampung Silat Jampang 17-18 Desember 2016!!!
20/09/2016 16:45 Dolly Maylissa: kangen diskusi disini
11/02/2016 15:58 Taufan: Alhamdulillah SS sudah ON lagi ;-)
07/01/2016 10:00 luri: wa 'alaikumussalam
04/01/2016 20:21 May Lee: Assalamu 'alaikum
30/03/2015 14:06 initial_d: Sepi amat ya bang, pada kemane nih penghuninya....
20/10/2014 15:28 kunderemp: Ya.. om Taufan.. Tanggal 11 lalu saya masih di tengah hutan di Bakan.
View Shout History

Recent Topics

PPS Betako Merpati Putih by acepilot
18/10/2018 17:03

On our book: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
13/03/2017 14:37

Siaran Radio ttg. Musik Pencak Silat di Stasiun "BR-Klassik / Musik der Welt" by Ilmu Padi
12/01/2017 16:19

Tentang buku kami: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
17/10/2016 20:27

Hoby Miara Jin by anaknaga
19/09/2016 04:50

TALKSHOW SILAT - Silat Untuk Kehidupan by luri
22/06/2016 08:11

Thi Khi I Beng by aki sija
17/08/2015 06:19

[BUKUTAMU] by devil
09/06/2015 21:51

Daftar Aliran dan Perguruan di Indonesia by devil
01/06/2015 14:01

SILAT BERDO'A SELAMAT by devil
01/06/2015 13:59

Persilatan Jurus Lima (Sabandar) by Marsudi Eko
14/05/2015 19:36

Kebugaran Merpati Putih by mpcrb
22/04/2015 16:16

PAWAI JAMBORE PENCAK 2015 by luri
20/04/2015 16:20

ALM. Kong Nur ( BEKSI Kampung Sawah) by initial_d
30/03/2015 14:02

maenpo Cikalong by aki sija
25/02/2015 22:01

SilatIndonesia.Com

Author Topic: Silat Minang di Panggung Dunia  (Read 13002 times)

Bayu Umbara

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 195
  • -Receive: 121
  • Posts: 1.214
  • Reputation: 197
  • Datuk Bagindo Rajo
    • http://silekminangpandekacupak.blogspot.com/
  • Perguruan: Sasaran Silek Harimau Cupak
Silat Minang di Panggung Dunia
« on: 09/12/2010 14:51 »
Selamat siang sahabat silat semuanya :-* ;D :-P
Hanya sekedar uneg - uneg berbagi sedikit cerita tentang silat, salah satunya silat minang, bukan berarti silat -silat yang lainnya tidak lebih maju dan lebih baik dari silat minang, mohon maaf sebelumnya sahabat - sahabat pendekar nusantara lainnya.
saat ini silat minang sudah merambah pesat pasaran internasional, terbukti diberbagai belahan negara-negara maju di dunia sudah banyak bermunculan pendekar-pendekar silat minang  yang berambut pirang dan bermata biru dari berbagai perguruan silat minang di luar negeri, salah satunya yang saya kenal yaitu saudara eric kruck yang waktu itu pernah berkunjung ke tempat saya bekerja dibandung karena kalau ga salah istrinya orang bandung, kebetulan saya bekerja disebuah lembaga sosial yang menyantuni anak - anak yatim dan dhuafa, dan waktu itu Mr.eric ini juga ikut berpartisipasi menyumbangkan donasinya dilembaga sosial tempat saya berkiprah, udah jago dermawan lagi, dan dia menghibur anak - anak asuh kami dengan menampilkan atraksi silat minang di salah satu asrama kami di bandung, Mr.eric ini sudah sangat menjiwai dan menguasai silat harimau baringin sati dari sumatera barat ini,saya sebagai orang minang asli disamping bangga juga agak sedikit iri dengan keahlian silat minang dari Mr.eric ini, beliau yang notabenenya orang asing saja bisa mencintai sedemikian rupa terhadap budaya minang budaya asli indonesia,bagaimana dengan kita kita sebagai generasi muda minang pada khususnya dan indonesia pada umumnya,harusnya kita malu dengan semangat mereka dalam belajar silat, bagaimana dengan kita sebagai putera - putera bangsa yang malah latah hanya menyukai beladiri orang asing dan memandang sebelah mata terhadap budaya asli bangsa kita, yang dianggap kunolah tidak elitlah dan lain sebagainya.
lama - lama silat akan diaku oleh orang lain sebagai budaya asli mereka sebagaimana yang sudah terjadi dengan kekayaan budaya kita yang lainnya yang diaku oleh tetangga kita sebagai milik mereka, kalau sudah seperti itu baru kita seperti kebakaran jenggot dan mendatangkan penyesalan dan kekecewaan yang mendalam kenapa kita lalai dalam menjaga harta kekayaan intelektual bangsa kita yang sudah diwariskan turun temurun dari zaman nenek moyang kita, ayo generasi muda bangsa mari bangkit bersama untuk mencintai produk asli bangsa kita dan kita lestarikan bersama-sama agar tidak hilang ditelan zaman atau diboyong kenegara lain dan diakui sebagai budaya bangsa lain.
sedikit informasi tentang perkembangan silek minang diluar negeri:
Penyebaran silek di luar negeri
* Malaysia : Penyebaran Silek Minangkabau di Negeri Malaysia terjadi terutama akibat migrasi  penduduk Minangkabau ke Malaka pada abad ke 16 dan juga karena adanya koloni Minangkabau di Negeri Sembilan. Silek Pangian, Sitaralak, Silek Luncur juga berkembang di negeri jiran ini. Silat Cekak, salah satu peguruan silat terbesar di Malaysia juga memiliki unsur-unsur aliran silek Minangkabau, seperti silek Luncua, Sitaralak, kuncian Kumango dan Lintau di dalam materi pelajarannya, Posisi Malaysia yang rawan dari serangan berbagai bangsa terutama bangsa Thai membuat mereka perlu merancang sistem beladiri efektif yang merupakan gabungan antara beladiri Aceh dan Minangkabau. Beberapa peguruan silat menggunakan nama Minang atau Minangkabau di dalam nama peguruannya
* Filipina : Penyebaran Islam ke Mindanao, yang dilakukan oleh Raja Baginda, keturunan Minangkabau dari Kepulauan Sulu pada tahun 1390. Penyebaran ini mungkin akan mengakibatkan penyebaran budaya Minangkabau, termasuk silat ke wilayah Mindanao. Bukti-buktinya masih perlu dikaji lebih dalam
* Brunei Darussalam : Penyebaran Silek ke Brunei seiring dengan perjalanan bangsawan dan penduduk Minangkabau ke Negeri Brunei. Kajian hubungan silek Minangkabau dan Brunei masih dibutuhkan, namun yang pasti, para pemuka kerajaan Brunei memiliki pertalian ranji dengan raja-raja di Minangkabau. Ada dugaan bahwa Awang Betatar, pendiri kerajaan Brunei (1363-1402) yang gagah berani berasal dari Minangkabau karena gelar-gelar dari saudara-saudara beliau mirip dengan gelar-gelar dari Minangkabau, namun catatan tertulis diketahui bahwa migrasi masyarakat Minangkabau berawal dari pemerintahan Sultan Nasruddin (Sultan Brunei ke-15) tahun 1690-1710 yang ditandai dengan tokoh yang bernama Dato Godam (Datuk Godam) atau Raja Umar dari keturunan Bandaro Tanjung Sungayang, Pagaruyung.
* Austria : Peguruan sileknya bernama PMG=Sentak, dikembangkan oleh Pandeka Mihar
* Spanyol : Peguruan sileknya bernama Harimau Minangkabau, dikembangkan oleh Guru Hanafi di kota Basque.
* Belanda :
       o Silek Tuo  dikembangkan oleh Doeby Usman,
       o Satria Muda, dikembang oleh Cherry dan Nick Smith pada 1971. Mereka  adalah murid dari dari Guru W. Thomson.
       o Pauh Sembilan, Silat dari Pauh Sembilan Kota Padang,
* Hongkong : Peguruannya bernama Black Triangle Silat dikembangkan Pendekar Scott McQuaid. Pendekar Scott adalah termasuk dalam jalur waris dari guru Hanafi, sama dengan Guru de-Bordes di Ghana.
* Amerika Serikat :
       o Bapak Waleed adalah salah satu tokoh yang mengembangkan silek Minangkabau di USA.
       o Baringin Sakti yang dikembangkan oleh Guru Eric Kruk
* Perancis : Peguruannya bernama Saudara Kaum dikembangkan oleh Haji Syofyan Nadar. Peguruan ini juga memiliki guru mengajarkan silat dari Tanah Sunda seperti Maenpo Cianjur (Sabandar, Cikalong dan Cikaret)  dan Silat Garis Paksi.
* Ghana, Afrika : Peguruannya bernama Harimau Minangkabau dikembangkan oleh Guru de-Bordes yang belajar ke Guru Hanafi  dengan permainan silat harimau.
demikian sedikit uraian tentang silat minang di pentas dunia,mohon koreksinya kalau ada yang kurang tepat infonya dari para sesepuh silat minang,mohon maaf atas segala keterbatasan saya secara pribadi.
wassalam

mpcrb

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 20
  • -Receive: 91
  • Posts: 759
  • Reputation: 266
  • Sahabat Silat
    • My profile on Kompas cetak (you have to be Kompas member)
    • Email
  • Perguruan: Merpati Putih
Re: Silat Minang di Panggung Dunia
« Reply #1 on: 09/12/2010 14:59 »
Mantap sekali penjelasannya kang bayu. :)

Saya sambit dengan vote GRP buat kang bayu.

Salam.
Belajar memahami hidup dalam kehidupan...

Bayu Umbara

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 195
  • -Receive: 121
  • Posts: 1.214
  • Reputation: 197
  • Datuk Bagindo Rajo
    • http://silekminangpandekacupak.blogspot.com/
  • Perguruan: Sasaran Silek Harimau Cupak
Re: Silat Minang di Panggung Dunia
« Reply #2 on: 09/12/2010 15:12 »
@Mas MPCRB : terima kasih banyak mas tanggapan dan GRP nya,
saya mau tanya mas maklum orang baru,gmn caranya itu ngasih GRP mas,hehe saya jadi malu mas,soalnya saya mau ngasih GRP sahabat2 genius kaya mas mpcrb ini,kaga ngarti mas,
matur nuwun mas [top] [top] [top]
salam

mpcrb

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 20
  • -Receive: 91
  • Posts: 759
  • Reputation: 266
  • Sahabat Silat
    • My profile on Kompas cetak (you have to be Kompas member)
    • Email
  • Perguruan: Merpati Putih
Re: Silat Minang di Panggung Dunia
« Reply #3 on: 09/12/2010 15:17 »
@kang bayu, klik icon "VOTE" pada user yang mas ingin sambit dengan GRP.

Salam.
Belajar memahami hidup dalam kehidupan...

Bayu Umbara

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 195
  • -Receive: 121
  • Posts: 1.214
  • Reputation: 197
  • Datuk Bagindo Rajo
    • http://silekminangpandekacupak.blogspot.com/
  • Perguruan: Sasaran Silek Harimau Cupak
Re: Silat Minang di Panggung Dunia
« Reply #4 on: 09/12/2010 15:34 »
maaf sekali lagi mas, jadi tambah malu nih hehe..,ada dimana itu mas ikon "vote" itu posisinya
thanks sekali lagi mas atas bantuannya

mpcrb

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 20
  • -Receive: 91
  • Posts: 759
  • Reputation: 266
  • Sahabat Silat
    • My profile on Kompas cetak (you have to be Kompas member)
    • Email
  • Perguruan: Merpati Putih
Re: Silat Minang di Panggung Dunia
« Reply #5 on: 09/12/2010 15:41 »
Hehehe... :) Begini kang bayu, setelah login maka icon "VOTE" itu akan ditampilkan pada user selain kang bayu. Letaknya ada di bawah profile user tersebut.

Misal, kalau saya login sebagai mpcrb, maka proses vote GRP saya untuk kang bayu adalah seperti gambar berikut ini.



Nah, kliknya pada icon "VOTE" seperti yang ditunjuk pada panah merah.  x-))

Salut untuk kang bayu, semangatnya tinggi sekali. Semangat 45! :)

Salam.
Belajar memahami hidup dalam kehidupan...

Bayu Umbara

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 195
  • -Receive: 121
  • Posts: 1.214
  • Reputation: 197
  • Datuk Bagindo Rajo
    • http://silekminangpandekacupak.blogspot.com/
  • Perguruan: Sasaran Silek Harimau Cupak
Re: Silat Minang di Panggung Dunia
« Reply #6 on: 09/12/2010 15:46 »
oh iya mas baru kelihatan,jadi malu banget nih :-P :-P :-P
matur nuwun pisan mas
saya juga salut buat mas,dalam pemahamannya,mudah2an suatu saat kita bisa silaturahmi langsung mas
salam

mpcrb

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 20
  • -Receive: 91
  • Posts: 759
  • Reputation: 266
  • Sahabat Silat
    • My profile on Kompas cetak (you have to be Kompas member)
    • Email
  • Perguruan: Merpati Putih
Re: Silat Minang di Panggung Dunia
« Reply #7 on: 09/12/2010 16:06 »
Btw, kalau saya sih bukan orang jenius, ada banyak para jenius di forum ini yang belum menampakkan diri. Hihihihi... :)

Senang juga rasanya kalau bisa silaturahmi dengan kang bayu, juga dengan sahabat-sahabat silat lainnya yang belum sempat ketemu satu persatu.

Sukses selalu untuk kang bayu!  [top]

Salam.
Belajar memahami hidup dalam kehidupan...

Bayu Umbara

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 195
  • -Receive: 121
  • Posts: 1.214
  • Reputation: 197
  • Datuk Bagindo Rajo
    • http://silekminangpandekacupak.blogspot.com/
  • Perguruan: Sasaran Silek Harimau Cupak
Re: Silat Minang di Panggung Dunia
« Reply #8 on: 09/12/2010 16:10 »
sama2 mas :) :) :)

f4iz

  • Guest
Re: Silat Minang di Panggung Dunia
« Reply #9 on: 10/12/2010 01:12 »
Salam,
Salam kenal Mas Bayu...
Menurut pandangan Mas Bayu, di Minangkabau sendiri apakah masih banyak perguruan-2x Silat tradisional Minang ? Apakah jumlah murid-2x yg berlatih secara aktif masih banyak ?

Wasalam



hummdee6

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 3
  • -Receive: 23
  • Posts: 365
  • Reputation: 33
    • Email
Re: Silat Minang di Panggung Dunia
« Reply #10 on: 10/12/2010 06:58 »
Selamat siang sahabat silat semuanya :-* ;D :-P
Hanya sekedar uneg - uneg berbagi sedikit cerita tentang silat, salah satunya silat minang, bukan berarti silat -silat yang lainnya tidak lebih maju dan lebih baik dari silat minang, mohon maaf sebelumnya sahabat - sahabat pendekar nusantara lainnya.
Gpp Da.. justru silat minang disini gak jrg bgt nongol.
btw, perkembangan silat minang itu sendiri sebenarnya terhambat oleh orang minangnya.
Saya salah satu 'korban' orang minang yang nyaris 'murtad' dari adat minang.
Saya gak bs bhs minang (hny ngerti kl dgr orang bicara) dan gak tau adat istiadat minang. Pdhl ortu orang minang asli.
Yang tersisa hny selera lidah terhadap makanan2 pedas.

sdh sktr >20 thn saya coba cari untuk belajar silat tradisional, terutama silat minang .. agar saya gak murtad2 bgt.
Namun dari pihak keluarga malah gak mau kasih info siapa yg bs silat. walaupun belakangan ini sempat belajar silat kumango (2-3 bln), namun terpaksa berhenti krn masalah internal.
sekarang saya terdampar di silat sunda.
mo ke silat minang lagi, sptnya sdh gak sanggup krn sptnya silat minang membutuhkan fisik yang prima. Sdgkan saya saat ini sdh ngerasa ketuaan (gak kuat kuda2 rendah spt umumnya silat minang atau lompat2an spt sile harimau).. :D

Ada bagusnya Uda Bayu ini sering menginfokan silat2 minang ini agar para keturunan minang bs tau mo belajar dimana dan mau yg spt apa silat minang yang ingin dipelajari.

kunderemp

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 58
  • -Receive: 12
  • Posts: 213
  • Reputation: 41
  • Sahabat Silat
    • Email
  • Perguruan: beberapa plus youtube-fu
Re: Silat Minang di Panggung Dunia
« Reply #11 on: 10/12/2010 07:59 »
Sebenarnya bukan rahasia umum Silat Minang populer di dunia. Sebelum Merantau, dulu kalau cari 'silat harimau', langsung dapatnya orang bule dan De Bordes. Tapi penjelasan Kang Bayu benar2 lengkap euy, jadi tahu petanya.

Saya penasaran,
tahun lalu saya baru tahu kawan ayah saya salah satu pewaris silat Harimau. Soalnya selama ini saya hanya tahu beliau pelatih sepak takraw sementara kawan saya sendiri mainannya karate (sudah jadi pelatih) dan akhir-akhir ini dia berlatih aikido. Dia belum pernah diajari satupun jurus silat Harimau oleh ayahnya.

Memangnya, kalau mewarisi silat minang, belum berarti diturunkan ke anaknya, yah?

Bayu Umbara

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 195
  • -Receive: 121
  • Posts: 1.214
  • Reputation: 197
  • Datuk Bagindo Rajo
    • http://silekminangpandekacupak.blogspot.com/
  • Perguruan: Sasaran Silek Harimau Cupak
Re: Silat Minang di Panggung Dunia
« Reply #12 on: 10/12/2010 09:41 »
Salam untuk semuanya :) :) :)
@Salam kenal lagi bang godam, sepengetahuan saya pada hari ini perguruan2 yang bersifat tradisional sudah sangat jarang,kalaupun ada yang berlatih juga sudah mulai langka,
contoh didaerah saya di solok, zaman saya sekolah dulu masih banyak sasaran2 silek tradisional walaupun banyaknya silek2 bungo yang diberikan oleh tuo2 silek, sampai saya tamat SMA sudah mulai bertumbangan satu persatu karena berbagai faktor, baik faktor murid maupun faktor gurunya ditambah semakin banyaknya masuk beladiri2 dari luar yang lebih menjanjikan,
seperti saya waktu sekolah dulu,sambil belajar silat saya juga latihan kempo disaat bersamaan,karena saya mau mempelajari variasi teknik yg lain tapi saya tidak pernah meninggalkan silat.
beberapa tahun setelah saya merantau setiap saya pulang saya mencari2 sasaran2 silek untuk nagari cupak sudah tidak ada, saya coba cek daerah2 lain juga jarang, paling yang sudah bersifat modern atau yang sudah tergabung kedalam IPSI yg masih bertahan dan itu jumlahnya juga tidak terlalu banyak dibandingkan beladiri2 luar.
benar seperti yang disampaikan oleh bang hummdee6, memang dalam hal ini terjadi polemik,disatu sisi para tuo2 silek yang sudah mulai kurang percaya untuk menurunkan ilmunya karena banyak yang disalah gunakan dan juga karena dari penilaian sang guru banyak murid2 yg hanya sekedar tuturut munding kalau dalam istilah sunda atau hanya sekedar ikut2an teman jadi tidak dengan kemauan dan bakat yang kuat sehingga akan berhenti ditengah jalan dan juga karena faktor tuo2 silek tidak semuanya punya kemampuan untuk melatihkan kepada yang lain karena tidak semua orang yg bisa silek atau beladiri bisa mengajarkan atau melatihkan ilmunya kepada org lain dan juga karena ada beberapa tuo2 silek ini ga mau repot dengan alasan sudah tua dan gampang lelah atau cape', dan disisi yang lain mulai berkurangnya minat dan bakat generasi muda sekarang terhadap silat tradisional minang, banyak sekali faktor yg mempengaruhi hal ini, pengaruh lingkungan dan perkembangan zaman sangat besar pengaruhnya, jadi memang dalam hal ini diharapkan kearifan kedua belah fihak,baik kemauan yang muda untuk belajar maupun keinginan yang tua untuk mempercayakan ilmunya diturunkan kepada yang muda,
setahu saya banyak sekali tuo2 silek minang yang membawa mati ilmunya, jangankan keorang lain keanaknya sendiri pun dia tidak menurunkan ilmunya, seperti yg dikatakan  bang kunderemp, sebagaimana yg saya alami,bapak saya jago silat tapi saya belajar silat kemana2 keorang lain.
buat bang hummdee kalau mau belajar silat minang saya siap berbagi sekemampuan saya, tidak dipungut biaya he he,ga usah takut dg fisik nanti akan kita atur latihannya dan ga usah2 loncat2 kaya harimau hehe..sebenarnya umur ga masalah,saya aja masih mau belajar,saya sudah menemukan seorang guru untuk belajar silat minang sama seorang tuo silek dibandung,sekarang lagi menunggu beliau pulang dari padang,dan saya juga udh janjian dengan aki sija kalau sebentar lagi pabuci buka dibandung saya akan ikut bergabung, untuk belajar ilmu tidak dibatasi oleh umur yg penting kita punya kemauan yg kuat, kalau saya maunya semuanya saya pelajari,selagi masih diberi kesempatan oleh Allah,saya punya cita2 akan menggabungkan teknik silat sunda, minang dan betawi,jadi kalau nanti ada silat betawi dibandung seperti golok seliwa,saya juga akan bergabubg insya allah,karena saya begitu mencintai silat,dan akan saya berikan kepada siapapun yang punya bakat,minat dan kemauan yg kuat untuk mempelajari silat,karena ini demi kelestarian dan pelestarian budaya asli indonesia,
sekian abang2 terimakasih atas tanggapannya,mohon maaf kalau ada kesalahan dan kata2 yg tidak berkenan. :) [[peace2]] [top]
wassalam

santri kinasih

  • Moderator
  • Calon Pendekar
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 2
  • -Receive: 39
  • Posts: 609
  • Reputation: 119
    • Email
Re: Silat Minang di Panggung Dunia
« Reply #13 on: 10/12/2010 11:12 »
@Bayu, Eric Kruck temen ane..Dia pernah belajar sama edward lebe dan edwel dt. Rajo gampo alam..Eric menaruh respek sangat besar kepada silat tradisional indonesia..Pernah sekali dia minta ane temuin sama bang husin golok seliwa..Dia datang untuk ngasih Kukri buatan cold steel yang disini mahal bgt..Terus sama bang husin dikasih oleh2 sedikit teknik permainan golok seliwa..:)

f4iz

  • Guest
Re: Silat Minang di Panggung Dunia
« Reply #14 on: 10/12/2010 11:25 »
Salam Uda Umbara,
Terima kasih atas penjelasannya.
Mungkin tidak alasan kenapa ayah tidak mengajar anak lakinya secara langsung karena masyarakat Minang Matrilineal ? Jadi lebih cenderung, kakek atau paman dari ibu yang biasanya mengajar ?

Apa yang dijelaskan oleh Udah Umbara, mungkin sifat dari Silat tradisional secara umum ?
Artinya banyak silat tradisional yang diketahui keberadaannya dari mulut kemulut dan tempat latihannya tidak banyak yg tahu.

Kalau diluar negeri sendiri spt. di AS, memang ada yang latihan Silat, ada yg sudah jadi guru, bahkan ada juga yang *ngaku* pendekar :) Oh iya, ada juga yang bikin perguruan sendiri...
Tapi kenyataanya, Silat itu di AS dikenalnya dilingkungan tertentu dan belum umum. Enggak  banyak orang main-stream yang mengenal Silat walaupun orang-2x tsb. praktisi beladiri. Berbeda dgn beladiri spt. Karate, Taekwondo, Judo walo orang yg bukan praktisi beladiri pun pernah mendengarnya.
Dan yang lebih cenderung berkembang di AS yang rada bersifat tradisional bukan yg modern. Dari beberapa orang yg ngejelasin, menurut mereka yg tradisional lebih fokus ke beladiri bukan ke olah raga ato pertandingan.
Terima kasih sekali lagi.
Wasalam,


Wasalam,
Faiz
 

 

Powered by EzPortal