+-

Video Silat


Shoutbox

10/02/2021 10:29 anaknaga: Salam Silat..
Semoga Sadulur sekalian sehat semua di Masa Pandemi Covid-19. semoga olah raga dan rasa dapat meningkatkan daya tahan tubuh kita. hampur 5 tahun tidak ada yang memberikan komen disini.
23/12/2019 08:32 anaknaga: Tidak bisa masuk thread. dah lama tidak nengok perkembangan forum ini.
salam perguruan dan padepokan silat seluruh nusantara.
02/07/2019 18:01 Putra Petir: Akhirnya masuk jua... wkwkwk
13/12/2016 10:49 Taufan: Yuk ke Festival Kampung Silat Jampang 17-18 Desember 2016!!!
20/09/2016 16:45 Dolly Maylissa: kangen diskusi disini
11/02/2016 15:58 Taufan: Alhamdulillah SS sudah ON lagi ;-)
07/01/2016 10:00 luri: wa 'alaikumussalam
View Shout History

Recent Topics

PPS Betako Merpati Putih by acepilot
14/08/2020 10:06

Minta Do`a dan bimbingan para suhu dan sesepuh silat :D. SANDEKALA by zvprakozo
10/04/2019 18:34

On our book: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
13/03/2017 14:37

Siaran Radio ttg. Musik Pencak Silat di Stasiun "BR-Klassik / Musik der Welt" by Ilmu Padi
12/01/2017 16:19

Tentang buku kami: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
17/10/2016 20:27

Hoby Miara Jin by anaknaga
19/09/2016 04:50

TALKSHOW SILAT - Silat Untuk Kehidupan by luri
22/06/2016 08:11

Thi Khi I Beng by aki sija
17/08/2015 06:19

[BUKUTAMU] by devil
09/06/2015 21:51

Daftar Aliran dan Perguruan di Indonesia by devil
01/06/2015 14:01

SILAT BERDO'A SELAMAT by devil
01/06/2015 13:59

Persilatan Jurus Lima (Sabandar) by Marsudi Eko
14/05/2015 19:36

Kebugaran Merpati Putih by mpcrb
22/04/2015 16:16

PAWAI JAMBORE PENCAK 2015 by luri
20/04/2015 16:20

ALM. Kong Nur ( BEKSI Kampung Sawah) by initial_d
30/03/2015 14:02

SilatIndonesia.Com

Author Topic: Spirit Petarung  (Read 13265 times)

kisawung

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 20
  • -Receive: 14
  • Posts: 458
  • Reputation: 73
Spirit Petarung
« on: 04/08/2012 00:39 »
Suatu ketika seorang temanku berkata, lihat itu mereka yang katanya jago teknik bertarung, cuma hebat di gelanggang saja tapi tidak di real life pertarungan yang sebenarnya.. "mengapa demikian" aku bertanya

"ooh.. itu ada kejadian, ketika situasi memanas akibat salah seorang petarung kalah di gelanggang, kemudian lanjut
diluar di arena parkir, kemudian teman-temannya ikutan terjun" ujarnya

"lihatlah betapa beraninya teman temannya itu yang terlihat tanpa teknik, hanya mengandalkan nekat saja
hanya mengandalkan mental saja, tetapi mampu membuat para ahli beladiri ngacir semua..
 itu yang katanya jago sparring kenapa ngacir duluan ketika melihat ada orang yang bawa golok, padahal yang bawa golok hanya menebas tanpa teknik"  demikian temanku menyambung bicaranya

demikianlah pernyataan temanku ini menjadi pikiranku bertahun-tahun , kemudian aku melihat youtube
betapa indahnya teknik teknik beladiri, betapa hebatnya para master yang tak terkalahkan digelanggang UFC
dan sejenisnya acara pertarungan hebat itu
namun disisi lain , aku lihat di youtube, sungguh sangat berbeda, ketika terjadi bacok-bacokan yang sebenarnya
sungguh sangat berbeda, ketika terjadi pertarungan hidup dan mati yang sebenarnya
tak pernah terlihat adanya keindahan teknik, baik bantingan, kuncian atau pukulan yang mematikan

ketika kemudian aku melihat discovery channel dan national geography ,
aku terkejut melihat bagaimana cara bertarungnya harimau, kucing, serigala, elang , ular dll

muncullah sesuatu dalam benak fikiranku... Spirit Petarung yang sebenarnya

sesuatu yang misteri  semangat dalam gerakan beladiri atau penyerangan, namun... darimana hewan bisa menjadi expert
darimana para petarung jalanan yang tak pernah mengenal teori bertarung bisa menjadi expert

atau tatkala aku melihat pertarungan zaman dahulu dalam filem perang tradisional
yaitu pada suku-suku terasing yang tak ada perguruan beladirinya , hampir tak pernah latihan perang
darimana mereka bisa dapatkan keberanian dan semangat bertarungnya
sehingga melahirkan gerakan gerakan yang menjadi ciri khas pertarungan mereka

apakah ini.. yang menurut beberapa sesepuh silat tradisional di forum ini , pernah berkata kepadaku
" itu cara rahasia, yang sudah tidak diajarkan lagi, karena sangat tidak berperikemanusiaan..
juga katanya bertentangan dengan  Agama... "   :)

"tetapi cara itulah dahulu yang digunakan, ketika melawan penjajahan, dan atau ketika masih di zaman pertarungan
antar kerajaan "

mistik.. mungkin..  :)






kisawung

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 20
  • -Receive: 14
  • Posts: 458
  • Reputation: 73
Re: Spirit Petarung
« Reply #1 on: 04/08/2012 01:23 »
Pukulan yang sebenarnya ialah pukulan yang sudah tidak bisa atau tidak sempat lagi ditangkis

Tangkisan yang sebenarnya ialah tidak perlu tangkisan  lagi karena lawan sudah roboh duluan

 :)

kisawung

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 20
  • -Receive: 14
  • Posts: 458
  • Reputation: 73
Re: Spirit Petarung
« Reply #2 on: 04/08/2012 01:58 »
teringat dahulu masa-masa dimana aku berlatih silat pacilong, aku menunggu diajarkan gerakannya
tetapi yang ada kemudian malah guruku bergerak cepat sekali pada jurus yang pertama dengan beberapa gerakan
yang membentuk rangkaian  formasi segitiga

"nah sekarang lakukan apa yang bapak lakukan tadi " ujar guruku

astaga.. yang ada spontan aku terdiam tak sanggup bergerak  :o

guruku berkata sambil tertawa " ayo lakukan", aku menjawab: punteun bapak , saya tidak bisa
lalu beliau berkata " lihat ini" , beliau bergerak lagi melakukan jurusnya, setelah selesai
kemudian membentak " ayo lakukan"

terpaksalah aku melakukan gerakan yang tidak karuan juntrungannya diiringi mata melotot guruku itu ..

demikianlah akhirnya aku bisa melalui "ujian" pertama yang sangat membuatku heran dan ketakutan
dan anehnya, begitu jurus pertama berhasil aku lakukan

tatkala kemudian kemudian beliau mencontohkan gerakan jurus kedua dan seterusnya
sungguh aneh sekali, aku bisa mengikutinya bagaikan air mengalir saja  :D
dan.. ada hawa aneh yang mengalir pada diriku.. entahlah..

ketika semua gerakan jurus beserta permainan tongkat sedepa berhasil aku hafalkan
maka guruku berkata.. saatnya kita mengadakan syukuran dan selamatan kecil-kecilan

isteri guruku kemudian membuatkan semacam tumpengan, dan 7 kelepon seukuran bola tenis

pertanyaannya.. apa hubungannya antara selesai menguasai jurus dan harus makan kelepon yang tidak masuk akal
dan mengapa aku belajar dengan tekanan "memperhatikan beliau"
apakah begitu cara beliau mentransfer "spirit"

(cerita tentang silat pacilong bisa dilihat di http://sahabatsilat.com/forum/aliran-pencak-silat/pencak-silat-samring-pacilong-bogor/)

inilah pernyataan beliau terakhir yang belum sempat kutulis pada thread tersebut

bahwa ditengah asyiknya kami berbincang dan setelah beliau memintaku melakukan gerakan pacilong
malah beliau berkata.. "sebenarnya bapak memperhatikanmu supaya bapak ingat lagi gerakan jurusnya"
"loh kenapa memangnya pak.. apakah bapak ada yang lupa jurusnya" , "iya" beliau menjawab  :D

"terus bagaimana bapak jika suatu saat ada masalah di jalanan, dan saya benar-benar lupa semua gerakan ini"
beliau menjawab.. "gebrakkan kaki kananmu tiga kali ke bumi, sebut nama Pacilong, nanti kamu akan bisa bergerak
dan kamu akan selamat dalam pertarungan "

hmmm... jangan-jangan... itulah "spirit petarung" , dalam renunganku setiap kali geleng-geleng kepala di saat-saat tertentu pada kemudian hari ..

 :)


Unknown

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 65
  • -Receive: 41
  • Posts: 1.486
  • Reputation: 95
  • I'm no longer a member of this forum
    • FORUM SILAT
Re: Spirit Petarung
« Reply #3 on: 04/08/2012 13:03 »
Mantaappp, Ki Sawung udah muncul lagi... [top]
tetap dengan topik menarik dan gaya bahasa yang khas,
lanjutkan Ki,
kangen dengan tulisan2 Ki Sawung yang mencerahkan...

kisawung

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 20
  • -Receive: 14
  • Posts: 458
  • Reputation: 73
Re: Spirit Petarung
« Reply #4 on: 04/08/2012 15:08 »
ternyata para pendekar Elite Rahasia  Singha Bharwang Djalalullah Kesultanan Cirebon
sampai saat ini masih tetap exis melakukan perkaderannya
dikatakan bahwa mereka mempunyai cara yang sangat unik dan menjadi tanda tanya

bahwa ketika saatnya tiba, diawali dengan memilih  "anak muda" yang baru masuk akil baligh
kemudian anak muda yang sudah ditandai dan diikat batinnya "dengan cara tertentu"
dilepaskan di dunia kejahatan premanisme, dibiarkan ia disana sampai umurnya menjelang 25
tanpa dibekali kekuatan apapun.. kosong..

"mau dia mati atau hidup, mau dia blangsak atau sukses jadi preman, biar dia "jadi" rasakan itu" ujar seseorang..

setelah itu semua berlalu, para kader tersebut dijemput kembali, disucikan kembali, dan barulah  "diajarkan".

 :)

kisawung

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 20
  • -Receive: 14
  • Posts: 458
  • Reputation: 73
Re: Spirit Petarung
« Reply #5 on: 04/08/2012 15:30 »
begitu mungkin kelihatannya, setiap kali seorang petarung membinasakan lawannya
maka setiap kali itulah "spirit petarung" semakin membentuk "mentalnya"
sepertinya ada "sesuatu" yang pindah dan kita dapatkan dari setiap lawan yang kita kalahkan
dan value tertinggi adalah, dari sebanyak apa lawan yang berhasil dibinasakan

itulah sebab mengapa pada suku-suku terasing tertentu di Indonesia masa dahulu
setiap kali mereka berhasil membunuh lawannya, maka setiap kali itu mereka torehkan tanda
pada pisau atau pedangnya... bisa terlihat sudah berapa banyak senjata itu memakan nyawa

dan itulah mungkin diantaranya ... "Spirit Petarung" yang tertransferkan

kisawung

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 20
  • -Receive: 14
  • Posts: 458
  • Reputation: 73
Re: Spirit Petarung
« Reply #6 on: 04/08/2012 15:33 »
Assalamualaikum Bang Ochid ..
aduh maaf belum permios ama abang nih

mohon dimaafkan dan dimaklum ya...  lagi timbul semangat menulis jadi lupa tata krama aye nih  [[peace2]]

hihihi.. tabek  [top]

kisawung

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 20
  • -Receive: 14
  • Posts: 458
  • Reputation: 73
Re: Spirit Petarung
« Reply #7 on: 04/08/2012 15:38 »
dulu di forum ini pernah ada ceritera tentang suatu tokoh pendekar dari sumatera
zaman penjajahan dahulu yang tak pernah terkalahkan
dia sangat hobby menyambangi para pendekar kemudian mengajak duel sampai mati

selalu begitu kegiatannya sehingga banyak perguruan menjadi tutup
dan banyak pendekar tak mau lagi menunjukkan jati dirinya


jadi begitulah caranya dia ... mempertahankan dan merawat "Spirit Petarungnya"

 :)

kisawung

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 20
  • -Receive: 14
  • Posts: 458
  • Reputation: 73
Re: Spirit Petarung
« Reply #8 on: 04/08/2012 15:46 »
seorang sahabatku (anak kandung pendekar legendaris) yang tergabung dalam forum ini pernah bercerita

"Paman saya itu aneh , dia itu belajar silatnya ga pernah bener dan jurusnya sangat jelek sekali"ujarnya

"tetapi jangan sampai ia dengar perguruan kami dilecehkan orang, maka tidak perduli apapun dia akan datang
dan  melakukan pertarungan sampai mati melawan orang itu, dan ia tak akan berhenti kalau belum lawannya mati "
demikianlah ia bercerita sambil geleng-geleng kepala

 :)

Unknown

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 65
  • -Receive: 41
  • Posts: 1.486
  • Reputation: 95
  • I'm no longer a member of this forum
    • FORUM SILAT
Re: Spirit Petarung
« Reply #9 on: 04/08/2012 18:16 »
Assalamualaikum Bang Ochid ..
aduh maaf belum permios ama abang nih

mohon dimaafkan dan dimaklum ya...  lagi timbul semangat menulis jadi lupa tata krama aye nih  [[peace2]]

hihihi.. tabek  [top]

jiaahh...
masa pake permios2an segala Ki,
justru aktif nya ki sawung sangat ditunggu
dan diharapkan dapat meramaikan kembali diskusi2 di ini forum
 [rapat]

lanjutkan Ki,
Tabek

hb

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 5
  • Posts: 219
  • Reputation: 22
    • Email
Re: Spirit Petarung
« Reply #10 on: 05/08/2012 12:01 »
serem sekli ki Sawung ceritanya kalau pertarungan sampai mati  :'(  [[run2]]

di era sekarang apa masih ada yg suka begini? kalau masih ada mungkin hanya sekedar mengalahkan tidak perlu membunuh, serem dosanya  :)

kisawung

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 20
  • -Receive: 14
  • Posts: 458
  • Reputation: 73
Re: Spirit Petarung
« Reply #11 on: 07/08/2012 02:15 »
nah itulah sebabnya mengapa pencarian silat tradisional yang langka dan kuno akhirnya agak terhenti
kelihatannya terbentur dengan masalah tidak diperkenankannya untuk diexpose keluar
sebab terlalu sadis dan keras serta rawan masalah jika diketahui umum apalagi aparat

Silat Kuno sejatinya tak akan pernah hilang, namun keberadaannya ialah antara ada dan tiada
sebab para pewarisnya sudah concern untuk tekun beribadah dan tidak mengajarkannya
walau akhirnya akan terbawa mati, dan hilanglah teknik gerakannya
namun "spiritnya" masih tetap ada dan akan hadir secara misterius untuk siap kembali
jika "situasi dan kondisinya" mengharuskan untuk tampil lagi

teringat ketika almarhum guru besar Silek Kumango memperagakan Jurus Pusako nya
sangat keras dan tak mengenal ampun, bahkan pengajarannya juga demikian, bisa mematikan muridnya
dan pada akhirnya tidak diajarkan "lengkap"

teringat kembali bagaimana kisah Mama Ibrahim berkhalwat dalam Gua Kecil di Cikalong Kulon
menurut pendapatku pribadi, telah terjadi pertarungan batin yang luar biasa anata "spirit petarung"
melawan hati nurani yang berakhir dengan kemenangan hati nurani beliau
sehingga lahirlah kata-kata , bahwa maenpo cikalong ialah tidak untuk membinasakan lawannya
kemanakah 17 aliran silat kuno yang ada pada beliau, dan mengapa tidak diajarkannya
bukan tidak mungkin karena terlalu kerasnya "spirit petarung" yang ada pada 17 aliran kuno tersebut

maybe.. just in my humble opinion  [top]


kisawung

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 20
  • -Receive: 14
  • Posts: 458
  • Reputation: 73
Re: Spirit Petarung
« Reply #12 on: 07/08/2012 02:24 »
teringat kembali , ketika aku menghadiri acara khataman pada 17 jurus aliran Sabandar
yang diajarkan para pewaris dan penerus Abah Ujang Kebon Pedes Bogor.

apakah hubungannya sehingga para murid tersebut "dipaksa" untuk melakukan ritual
yakni memakan makanan yang semuany serba dibakar, yang terdiri dari jeroan ayam dll
juga berakhir dengan diharuskannya menghisap tembakau yang konotasinya mengambil
unsur api pada tata cara tersebut
dapat kulihat ketika itu, sehabis acara semua wajah para murid tampak merah
maybe tensinya pada naik.. sehingga menimbulkan semangat dan keberanian untuk tempur

dan memang terbukti kemudian hari, tatkala diantara mereka ada yang terlibat perkelahian
sungguh sangat jelek tekniknya tak ada yang sinkron seperti yang diajarkan

rupanya 17 jurus memang diniatkan hanya untuk "menghimpun dan mengolah tenaga" saja
selanjutnya ketika terjadi real life pertarungan.. "nyali" menjadi unsur yang nomer satu

apakah gunanya memiliki dan meguasai teknik jurus yang hebat, jika nyali tak ada

bahkan sebilah golok yang tajampun.. akan ikut lari bersama tuannya.. hanya karena
tuannya tak ada "nyali" untuk menggunakan golok hebat tersebut

 :)

aki sija

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 30
  • Posts: 414
  • Reputation: 75
Re: Spirit Petarung
« Reply #13 on: 07/08/2012 06:02 »
-kisawung...emang top banget ..... [top] [top] [top]

maulana

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 2
  • -Receive: 3
  • Posts: 262
  • Reputation: 3
    • Email
Re: Spirit Petarung
« Reply #14 on: 07/08/2012 17:26 »
teringat kembali , ketika aku menghadiri acara khataman pada 17 jurus aliran Sabandar
yang diajarkan para pewaris dan penerus Abah Ujang Kebon Pedes Bogor.

apakah hubungannya sehingga para murid tersebut "dipaksa" untuk melakukan ritual
yakni memakan makanan yang semuany serba dibakar, yang terdiri dari jeroan ayam dll
juga berakhir dengan diharuskannya menghisap tembakau yang konotasinya mengambil
unsur api pada tata cara tersebut
dapat kulihat ketika itu, sehabis acara semua wajah para murid tampak merah
maybe tensinya pada naik.. sehingga menimbulkan semangat dan keberanian untuk tempur

dan memang terbukti kemudian hari, tatkala diantara mereka ada yang terlibat perkelahian
sungguh sangat jelek tekniknya tak ada yang sinkron seperti yang diajarkan

rupanya 17 jurus memang diniatkan hanya untuk "menghimpun dan mengolah tenaga" saja
selanjutnya ketika terjadi real life pertarungan.. "nyali" menjadi unsur yang nomer satu

apakah gunanya memiliki dan meguasai teknik jurus yang hebat, jika nyali tak ada

bahkan sebilah golok yang tajampun.. akan ikut lari bersama tuannya.. hanya karena
tuannya tak ada "nyali" untuk menggunakan golok hebat tersebut

 :)

Salah seorang sahabat saya belajar silat dr kampungnya, ikut teman2nya

suatu ketika terjadi persoalan yang butuh benturan fisik (tarung).  Dasar bukan petarung dan tidak punya nyali untuk bertarung dia ketakutan

dalam takutnya ingin dia berlari menjauh menghindari pertarungan, namun apa daya kaki yang di ajak berlari menjauh malah merangsek maju gak mau mundur apalagi lari menjauh. sungguh galau dia....tarung belum berhenti sampai ada yang selesai ;)

apakah ini spirit petarung yang terkemas dalam silat kampungnya ?
Aku Takut bukan berarti Tunduk,
Aku Takluk bukan karena Takut

 

Powered by EzPortal