+-

Video Silat

Shoutbox

10/02/2021 10:29 anaknaga: Salam Silat..
Semoga Sadulur sekalian sehat semua di Masa Pandemi Covid-19. semoga olah raga dan rasa dapat meningkatkan daya tahan tubuh kita. hampur 5 tahun tidak ada yang memberikan komen disini.
23/12/2019 08:32 anaknaga: Tidak bisa masuk thread. dah lama tidak nengok perkembangan forum ini.
salam perguruan dan padepokan silat seluruh nusantara.
02/07/2019 18:01 Putra Petir: Akhirnya masuk jua... wkwkwk
13/12/2016 10:49 Taufan: Yuk ke Festival Kampung Silat Jampang 17-18 Desember 2016!!!
20/09/2016 16:45 Dolly Maylissa: kangen diskusi disini
11/02/2016 15:58 Taufan: Alhamdulillah SS sudah ON lagi ;-)
07/01/2016 10:00 luri: wa 'alaikumussalam
View Shout History

Recent Topics

PPS Betako Merpati Putih by acepilot
14/08/2020 10:06

Minta Do`a dan bimbingan para suhu dan sesepuh silat :D. SANDEKALA by zvprakozo
10/04/2019 18:34

On our book: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
13/03/2017 14:37

Siaran Radio ttg. Musik Pencak Silat di Stasiun "BR-Klassik / Musik der Welt" by Ilmu Padi
12/01/2017 16:19

Tentang buku kami: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
17/10/2016 20:27

Hoby Miara Jin by anaknaga
19/09/2016 04:50

TALKSHOW SILAT - Silat Untuk Kehidupan by luri
22/06/2016 08:11

Thi Khi I Beng by aki sija
17/08/2015 06:19

[BUKUTAMU] by devil
09/06/2015 21:51

Daftar Aliran dan Perguruan di Indonesia by devil
01/06/2015 14:01

SILAT BERDO'A SELAMAT by devil
01/06/2015 13:59

Persilatan Jurus Lima (Sabandar) by Marsudi Eko
14/05/2015 19:36

Kebugaran Merpati Putih by mpcrb
22/04/2015 16:16

PAWAI JAMBORE PENCAK 2015 by luri
20/04/2015 16:20

ALM. Kong Nur ( BEKSI Kampung Sawah) by initial_d
30/03/2015 14:02

SilatIndonesia.Com

Author Topic: tanya:apa benar kuntao manggunakan ilmu hitam?  (Read 10644 times)

teddy krens

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 0
  • Posts: 20
  • Reputation: 119
  • Sahabat Silat
    • Email
  • Perguruan: . . .
bagi yang mempunyai pengetahuan tentang kuntao...mohon penjelasannya... 8) 8) 8)
apa benar kuntao itu menggunakan ilmu hitam...? :-X :-X
.
sebelum ane belajar ilmu kuntao,,,ane belum mengetahui bahwa kuntao menggunakan ilmu hitam... :'(
ane belajar kuntao sudah cukup lama...dan jurusnya sudah banyak yang saya ketahui...
.
ane tahu bahwa kuntao menggunakan ilmu hitam dari keponakan ane...dia tahu dari nenek ane...
tapi ane bingung kenapa nenek ane tidak memberi tahu ane bahwa kuntao menggunakan ilmu hitam...? :-\
.
dan terakhir ane mau melepaskan semua jurus" yang ane pelajari tersebut...
tapi apakah cara ini benar...?



mungkin itulah yang ane mau tanyakan sama kalian...
mohon penjelasannya bagi yang banyak pengetahuan tentang kuntao...

makasihh...

P. Upil Gewde

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 3
  • -Receive: 4
  • Posts: 88
  • Reputation: 26
  • Sahabat Silat
  • Perguruan: Kadang GG Kadang COMSANSIN
Re: tanya:apa benar kuntao manggunakan ilmu hitam?
« Reply #1 on: 29/02/2012 08:33 »
Kagak ada.....kuntao kagak ilmu itemnye kalo pake baju item mungkin ada
Sekali Upil Di Keluarkan.
Haram untuk Dimasukan Kembali...!!!!!

teddy krens

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 0
  • Posts: 20
  • Reputation: 119
  • Sahabat Silat
    • Email
  • Perguruan: . . .
Re: tanya:apa benar kuntao manggunakan ilmu hitam?
« Reply #2 on: 01/03/2012 21:10 »
mas upil...
mungkin juga menggunakan ilmu hitam...kuntao yang saya pelajari belajarnya di hutan...
truss...sebelum latihan seluruh siswa membaca ucap...
agar,,,seluruh anggota tubuh merefleks dengan cepat apabila ada musuh yang menyerang...
.
.
.
tapi mas...kata mas tadi, kalo pakek baju item,,,
mungkin menggunakan ilmu hitam...?
apa bener mas...?
kalo gak salah,,,SH TERATE,,,pakaiannya serba item...
.
.
.makasih mas...

limpato

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 12
  • -Receive: 39
  • Posts: 76
  • Reputation: 47
Re: tanya:apa benar kuntao manggunakan ilmu hitam?
« Reply #3 on: 02/03/2012 09:33 »

wah, sepertinya kita tidak bisa menggatakan ilmu hitam dari pakaian hitam, bro.

pakaian adat kami di minangkabau sana ya hitam. apa mereka itu penganut ilmu hitam? padahal tidak sedikit diantara mereka yang ahli ilmu agama, tarekat dan dekat sama tuhan.

arti pakaian itam itu tahan tapo (tahan terpaan)
tidak ada hubungan sama sekali dengan ilmu2 itam kayak itu.

ilmu itam dan putih tidak lebih dari buat apa ilmu itu dipakai, kalau digunakan untuk kejahatan ya itam lah dia, kalau kebajikan ya putihlah dia...
Tasurek, tasirek, tasuruak (tersurat, tersirat  dan tersembunyi)

teddy krens

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 0
  • Posts: 20
  • Reputation: 119
  • Sahabat Silat
    • Email
  • Perguruan: . . .
Re: tanya:apa benar kuntao manggunakan ilmu hitam?
« Reply #4 on: 03/03/2012 14:38 »
mas limpato...
saya juga kurang tahu...mungkin perguruan yang menggunakan baju item mungkin ada alasannya...salah satunya mungkin agar tidak terlalu terlihat kotor kalau latihannya di tanah... :)
tapi kalau baju item menandakan ilmu item...saya juga kurang tahu...???

santri kinasih

  • Moderator
  • Calon Pendekar
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 2
  • -Receive: 39
  • Posts: 609
  • Reputation: 119
    • Email
Re: tanya:apa benar kuntao manggunakan ilmu hitam?
« Reply #5 on: 06/03/2012 15:11 »

Kalau baju hitam dalam latihan silek atau silat itu sebenarnya mengandung filosofi yang sangat dalam. Orang tarikat yang ahli silek atau silat menganggap manusia berada dalam kegelapan, belajar silek adalah bagian dari suluk atau pencarian kepada jalan yang terang. Dan ketika meninggal, semuanya memakai kain kafan putih, artinya sudah menemukan jalan yang benar dan khusnul khotimah atau baik pada akhir (kehidupannya) dan suci kembali ke hadapan Tuhan.

Kalau ilmu hitam, ini mungkin yang dimaksud adalah menggunakan sumber2 kekuatan lain yang tidak sejalan dengan ajaran agama.
Kalau itu yaaa gak ada yang berani konfirmasi deh disini, karena di forum ini kita gak mau terjebak pengkafiran terhadap ilmu silat atau beladiri yang kita promosikan...Biar tiap individu yang menilai.



ronise

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 5
  • Posts: 15
  • Reputation: 12
  • Sahabat Silat
Re: tanya:apa benar kuntao manggunakan ilmu hitam?
« Reply #6 on: 06/03/2012 17:59 »
ini maksudnya kuntao yang ilmu silat dari tiongkok , cara lain penyebutan kung fu atau kuntao silat, yaitu ilmu beladiri tiongkok yg sudah berasimilasi dgn silat lokal?

hb

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 5
  • Posts: 219
  • Reputation: 22
    • Email
Re: tanya:apa benar kuntao manggunakan ilmu hitam?
« Reply #7 on: 06/03/2012 18:00 »
sebaiknya digali info dari neneknya tadi apa yg dimaksud dengan ilmu hitam kang :)

teddy krens

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 0
  • Posts: 20
  • Reputation: 119
  • Sahabat Silat
    • Email
  • Perguruan: . . .
Re: tanya:apa benar kuntao manggunakan ilmu hitam?
« Reply #8 on: 06/03/2012 20:31 »
santri kinansi : maksudnya apa ya....hhe,,,maaf saya kurang ngerti... :)


ronise : wah kalau itu saya juga kurang paham...tapi,kalau gak salah kuntao ada di berbagai daerah di indonesia,tentunya dengan nama akhir yang berbeda dan jurusnya pun tidak sama...itu kalau di daerah saya(sumsel)...kuntao yang saya pelajari namanya kuntao robiah,kuntao ini tidak ada jurus untuk menyerang...dalam kuntao robiah,,,orang yang menyeranglah yang akan kalah,makanya banyak yang mengatakan kalau kuntao robiah ini "sambut lempar"...orang yang menyerang akan disambut dan lempar...selain kuntao robiah,di sumsel ada juga kuntao macan,kuntao terbang,dll...
mungkin itulah yang saya tahu sedikit tentang kuntao disumsel...apabila ada yang salah mohon di luruskan... ;D

hb : iya ya...makasih atas sarannya....

ribangkemambang

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 0
  • Posts: 6
  • Reputation: 2
    • Email
Re: tanya:apa benar kuntao manggunakan ilmu hitam?
« Reply #9 on: 07/03/2012 04:03 »
salam silat teman2. perkenalkan saya dwi asal lintang sumsel.he he....boleh ikut koment mas teddy.?mnrtku terlepas dari aliran hitam/putih.mas teddy beruntung kenal & mmpelajari bahkan sampai tau jurus kuntau.ilmu yg langka dan hampir punah.aku jd teringat masa2 kecil..ikut2an kakak misan belajar jurus...sayang sekarang didaerah km khususny boleh di kata sdh tak ada lg pewaris .

ribangkemambang

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 0
  • Posts: 6
  • Reputation: 2
    • Email
Re: tanya:apa benar kuntao manggunakan ilmu hitam?
« Reply #10 on: 07/03/2012 04:44 »
ehm...boleh nambahkn satu nama kuntau.kuntau gelam namanya.mnrt cerita uwak saya.murid yg baru dan dianggap mampu memikul ilmu dikumpulkn d lapangan pinggir hutan.dalam sebuah lingkaran.terus si guru silat menghantar si murid dg bacaan2.lalu satu persatu murid dlm keadaan antara sadar dan tidak brlari masuk hutan .entah nyasar kemana....dg niat belajar silat dg harimau.nanti setelah 3hari mereka pulang kembali ke dalam lingkaran tmpat pertama si guru menghantar .si guru nanti menanyakan siapa yg datang menyertai murid.ada yg jawab datuk penunggu lembah dempo.ada datuk kuning dari kerinci jambi.dll...dulu punya family yg amalkn ilmu nh..sayang akhir hidupny meninggal di jakarta.berkelahi dikeroyok puluhan tentara...

teddy krens

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 0
  • Posts: 20
  • Reputation: 119
  • Sahabat Silat
    • Email
  • Perguruan: . . .
Re: tanya:apa benar kuntao manggunakan ilmu hitam?
« Reply #11 on: 08/03/2012 17:31 »
wayy ada ribang kemambang...hehe... ;D ;D
oo...jadi kuntao dari lintang namanya kuntao gelam,,,
mas dwi,,,wahh berarti dapat dikatakan ilmu kuntao gelam ini sangat berbahaya...mungkin wajar bila penerus kuntao gelam hanya sedikit...dan bahkan sudah tidak ada lagi...

Shen Ye Wang

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 9
  • Reputation: 109
  • Sahabat Silat
    • Email
Re: tanya:apa benar kuntao manggunakan ilmu hitam?
« Reply #12 on: 23/04/2012 01:30 »
HEI HEI HEI!!!
Pembelajaran di hutan bukanlah sesat, sepengetahuan saya di hutan adalah untuk ke rileks-an dan ketenangan..
Membaca ucap ? apa maksudnya doa / wirid ? Itu digunakan untuk sebagai kelancaran latihan dan belum tentu sesat
Pakaian Hitam, bukanlah sesat.. Hitam melambangkan Rendah Hati
Jadilah padi, semakin tua semakin merunduk.
semakin berilmu semakin bijaksana
semakin hebat semakin rendah hati
semakin menguasai semakin berdiam diri

faiz

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 5
  • -Receive: 5
  • Posts: 93
  • Reputation: 6
  • Sahabat Silat
  • Perguruan: PABUCI
Re: tanya:apa benar kuntao manggunakan ilmu hitam?
« Reply #13 on: 14/06/2012 15:52 »
Kalo ditilik dari namanya,kuntao robiah..keliatannya kungfu yg dicampur dgn ilmu kebatinan ala islam.
Bagi pemula mungkin baru diajarkan gerak dasar/kasarnya saja.
Seiring dgn berkembangnya kemampuan dan kepantasan yg dinilai sang guru..murid akan diajarkan segala macam ritual yg berhubungan dgn alam lain guna memperkuat ilmu yg dipelajari.
Jika Ts belum diajarkan ritual2 tertentu sebaiknya ga perlu dibuang jurus2nya krn masih murni hasil cipta rasa karsa diri sendiri.
Just my 2 cent..

 

Powered by EzPortal