+-

Video Silat


cingkrik kong sakam - Performance silat di acara u
bandrong - Performance silat di acara ultah fp2sti
Silat Si Bunder - Silat dr Betawi
Maenpo peupeuhan.. IMTV
Cingkrik Goning versi Kemayoran
Jambore Pencak Silat, Pakubumi performance 2
GGBD - Aspek Lembut
perisai diri performance, Jambore pencak silat - s
PERGURUAN PENCAK SILAT MUTIARA PANCA RASA

Shoutbox

13/08/2014 03:06 Ekka_Xakra: Salam kenal para sahabat silat semua.
12/08/2014 17:56 Dwi_NGJ: Salam kenal para ksatria. Mohon ijin bergabung... :)
12/07/2014 16:49 one: Pada kemane nih buka puasanya ye?
27/06/2014 17:45 moeljadi moechtar: mohon maaf lahir dan batin menjelang Puasa buat sodare2 silat sekalian...
23/05/2014 19:43 Jenggot Perak: assalamu'alaikum para pesilat dan pendekar..
salam kenal
02/05/2014 13:32 kunderemp: Horeeee... muncul lagi.
20/03/2014 21:24 akoekoko: tes, tes, satu dua...
View Shout History

Recent Topics

[BUKUTAMU] by dr_hadinata
20/08/2014 11:41

contack person guru silat suaeb yg di padepokan pencaksilat TMII by rohadi
17/08/2014 05:58

SILAT BERDO'A SELAMAT by Dwi_NGJ
16/08/2014 08:12

Silat Betawi di Bentera Budaya by luri
12/08/2014 11:01

maenpo Cikalong by aki sija
26/07/2014 06:55

PABUCI (PANCERBUMI CIKALONG/PASAR BARU CIANJUR) by aki sija
26/07/2014 06:36

[GUESTBOOK] by wongbener
23/07/2014 10:03

Pesilat Indonesia Siap Bantu Rakyat Gaza by wongbener
23/07/2014 09:40

My Days with Golok Betawi "Seliwa" by akoekoko
16/07/2014 16:24

RM. Sunardi Suryodiprojo "Den Mas Nardi/Romo Nardi" (03 Apr 1914 - 05 Jun 1985) by halilintar
14/07/2014 00:20

Sejarah perguruan Reti Ati by halilintar
14/07/2014 00:08

Minangkabau Silek Tuo Summer Camp 2014 by luri
07/07/2014 09:13

THS-THM by halilintar
04/07/2014 16:11

PPSB Cingkrig Gerak Cipta by abay gcis
01/07/2014 19:56

Merpati Putih by satrio simammora
16/06/2014 21:40

SilatIndonesia.Com

Author Topic: Benarkah Ilmu Beladiri membentuk Kepribadian yg baik?  (Read 6714 times)

Abraham

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 235
  • Reputation: 6
  • Never know what will happen on tomorrow
    • Email
Dalam keseharian di pergaulan masyarakat sendiri ataupun ditempat lain pastilah kita punya teman atau orang yg hanya sekedar kenal walau tidak terlalu akrab.

Saya sering memperhatikan misalnya salah seorang teman yg sy kenal tp tidak terlalu akrab misalnya si A ternyata menguasai beladiri 'T' kesehariannya obrolannya mengenai beladiri yg dikuasai tsb. memang dia telah memiliki level sbg guru tingkat 1 di ilmu tsb. Akan tetapi kehidupan kesehariannya tidak jauh dr pergaulan bebas. minuman keras, judi kadang2 pakai narkoba.

Ada lagi seorang praktisi beladiri 'S' yg bernama 'B' yg mempunyai perilaku seperti A teman sy tsb. Malahan si B ini dia punya watak yg lebih keras lagi. Dia tidak mau ditegur/dikoreksi selalu merasa benar dan tidak pandang bulu jika ingin berkelahi. Dia tidak banyak ngomong soal ilmu 'S' yg diterapkannya Tingkatan ilmunya jg sudah mencapai taraf guru dan konon dia kebal senjata tajam.

Ada pula si C yg kalau ilmu beladiri 'K' biasa-biasa saja walaupun sudah sabuk hitam dan ke mana2 selalu pakai atribut non-formal (bukan seragam maksudnya) beladiri tsb. Atribut2 yg mengesankan 'lo jangan macem2 ama gue' ini kesannya menimbulkan arogansi bagi teman-teman sy yg lain. Tetapi begitu ada keributan kecil langsung panggil teman2. Maksudnya utk membantu dia mengeroyok lawannya.

Mungkin masih banyak lg orang2 lain yg menerapkan ilmu beladiri utk hal2 yg negatif

Itu semua memang tergantung dari bagaimana sikap kepribadian orang-orang  dlm pergaulan sehari-hari. Saya yakin dalam setiap disiplin ilmu beladiri pasti ada Sumpah/Janji beladiri. Akan lebih baik kalau kita menghayati setiap butir dlm Sumpah/Janji yg selalu kita kumandangkan diwaktu sebelum/sesudah latihan. Dan pastinya selalu mendekatkan diri pada Tuhan YME agar dijauhkan dari segala cobaan.

Saya yakin semua Rekan2 Senior SAHABAT SILAT tidak ada yg spt itu.











Onegai Shimasu..Please tech me..Tolong ajari saya

EricB

  • Guest
Re: Benarkah Ilmu Beladiri membentuk Kepribadian yg baik?
« Reply #1 on: 08/11/2008 11:58 »
Hallo Abraham

saya tidak mengerti anda, setiap pesilat yang dapat ajaran tradisional ikut sumpah perguruan, janji setia, atau yang lain.
Setiap saat latihan dibuka dan tutup dengan berdoa

Kebanyakan "senior" belajar pencak silat karena itulah seni, bukan untuk menjadi hebat berkelai

Saya yakin kebanyakan rekan² senior punya sikap kesatria .


BelaPraktis

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 10
  • Reputation: 0
Re: Benarkah Ilmu Beladiri membentuk Kepribadian yg baik?
« Reply #2 on: 08/11/2008 12:50 »
Mohon ijin... mau ikutan...
ilmu beladiri atau ketangkasan beladiri ibarat sebuah pisau. Diasah akan makin tajam, namun jika tak bisa memakainya (menggunakannya) hanya akan melukai diri sendiri.

'duh maaf bukan mau menggurui.. jadi silakan dikoreksi dan maaf jika tidak berkenan.
BelaPraktis - Self Defense Training

EricB

  • Guest
Re: Benarkah Ilmu Beladiri membentuk Kepribadian yg baik?
« Reply #3 on: 08/11/2008 13:16 »
kepada member baru Mr. BelaPraktis

tidah usah minta ijin dalam setiap topic, ikut aja dia mana kamu mau
reaksi seperti yang di atas ini ngak begitu perlu

silahkan ikut diskusi dan berdebat

Antara

  • Moderator
  • Pendekar Madya
  • **
  • Thank You
  • -Given: 28
  • -Receive: 28
  • Posts: 1.163
  • Reputation: 109
  • Malu bertanya tinggal pake GPS...
Re: Benarkah Ilmu Beladiri membentuk Kepribadian yg baik?
« Reply #4 on: 08/11/2008 15:45 »
Kang Eric sedang menikmati harus saptu yang santai, jadi banyak memraktekkan wewenang administratoor-nya... :D

IMHO, berbeda dengan kepercayaan yang populer, saya cenderung berpendapat bahwa beladiri yang sekarang diajarkan pada umumnya tidak berhubungan secara langsung dengan pembentukan kepribadian yang baik.

Begini, ibaratnya proses bikin kue, ada berbagai macam bahan mentah yang masuk ke dalam adonan. Para murid beladiri juga terdiri dari bermacam-macam latar belakang. Ada bocah yang setiap hari selalu dimarahi ibunya, ada anak yang ditinggal bapaknya kawin lagi, ada mahasiswa yang nilainya tidak bergerak dari E dan F, dan macam-macam lagi.

Mengamati istri saya dalam menghadapi para manusia bermasalah, saya percaya bahwa proses terapi psikis itu bukan hal yang mudah. Harus konsisten dan tekun dilakukan dalam waktu lama.

Bela diri?
Tidak. Beladiri belakangan ini adalah kegiatan dua atau tiga kali seminggu masing-masing dua jam. Kalau intensif sekalipun, paling tujuh kali seminggu, tanpa sesi moral yang berarti. Pelajaran utamanya tetap ilmu bak bik buk.

Apa jadinya? Ya begitu... bayangkan seorang anak yang dari kecil hanya menerima pemukulan dari ibu tirinya (cerita klasik). Ia menyimpan dendam kesumat kepada dirinya sendiri, orang lain, dan seluruh dunia. Amarahnya gampang terpicu dan setiap konflik tidak dianggap selesai kalau dia belum menghajar seseorang sampai babak belur. Latihan beladiri tidak akan berguna membentuk pribadi-nya jadi lebih baik... yang dia perlukan adalah terapi psikis. Jadi orang seperti itu sebaiknya konsultasi ke psikolog... atau kalau mau bicara beladiri, dia harus masuk padepokan silat pesantren yang memaksanya tinggal 24 jam sehari dengan pengawasan sang guru dan para ustadz.

Segala sumpah dan do'a yang dilakukan dua kali seminggu tidak akan membawa hasil berarti... dan para guru yang baik juga biasanya selektif dan tidak akan menerima murid macam itu.
Fairy tales don't tell children that dragons are real...
Children always know that dragons are real...
Fairy tales only tell that dragons can be slain...

DasaMan

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 681
  • Reputation: 31
    • Email
Re: Benarkah Ilmu Beladiri membentuk Kepribadian yg baik?
« Reply #5 on: 08/11/2008 17:18 »
Tidak. Beladiri belakangan ini adalah kegiatan dua atau tiga kali seminggu masing-masing dua jam. Kalau intensif sekalipun, paling tujuh kali seminggu, tanpa sesi moral yang berarti. Pelajaran utamanya tetap ilmu bak bik buk.

Amin, amin. *Lirik quote dari milis sebelah: gue lebih milih belajar beladiri bayar mahal langsung dapet bakbibuknya daripada gratis tapi harus pake repot2 suwun ama gurunya...*

BelaPraktis

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 10
  • Reputation: 0
Re: Benarkah Ilmu Beladiri membentuk Kepribadian yg baik?
« Reply #6 on: 08/11/2008 18:42 »
kepada member baru Mr. BelaPraktis

tidah usah minta ijin dalam setiap topic, ikut aja dia mana kamu mau
reaksi seperti yang di atas ini ngak begitu perlu

silahkan ikut diskusi dan berdebat

Terima kasih... Santun sekali lidah ki Sanak..
BelaPraktis - Self Defense Training

srdananjaya

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 16
  • -Receive: 4
  • Posts: 658
  • Reputation: 31
  • http://www.simpleather.com
    • Sedia Peralatan Beladiri
    • Email
  • Perguruan: Perisai Diri
Re: Benarkah Ilmu Beladiri membentuk Kepribadian yg baik?
« Reply #7 on: 08/11/2008 18:47 »
salam

beladiri..
bela.. membela..melindungi.. mempertahankan..
diri.. diri sendiri.. keluarga.. teman.. lingkungan terdekat

beladiri adalah ilmu yang dipelajari untuk melindungi diri sendiri, orang-orang terdekat bahkan lingkungan kita supaya selamat dari segala macem marabahaya yang mungkin menimpa, baik yg sudah muncul didepan mata.. maupun yang belum muncul..

bagaimana mau melindungi diri dan lingkungan kita kalau perilaku kita hancur lebur? bukannya selamat.. malah ancaman dan marabahayalah yang terus menerus menghampiri

ilmu gebuk.. dan teknik membunuh.. hanyalah satu elemen kecil dari ilmu beladiri.. walaupun secara kasat mata.. memang ini yang selalu dilatih..

disinilah peran seorang pelatih/guru/kakak perguruan untuk membina, membimbing anak didiknya agar menguasai ilmu beladiri secara komprehensif, sehingga menjadi ilmu yang bermanfaat bagi mereka..

latihan.. hanyalah sarana/syariat.. selain menguatkan fisik.. juga untuk mempererat hubungan guru/pelatih/kakak perguruan dengan muridnya.. balik lagi.. silaturahmi..

jika ikatan psikologis sudah sedemikian kuat, masukan-masukan yang bermanfaat akan lebih mudah diserap dan dipatuhi oleh anak didik.. tentunya disertai dengan contoh perilaku yang baik.. atau istilah umumnya... uswatun hasanah

kl dibilang belajar beladiri tidak ada manfaatnya dalam mengubah karakter psikologis seseorang kearah yang lebih baik.. gimana ya? rasanya kok kurang pas.. jangankan latihan beladiri.. diskusi di SS saja sudah membuat saya banyak berubah..(terima kasih mas2/mbak2/abang2 sekalian untuk hal ini..)

salam hormat
sunan
martial art equipment:
http://www.wisanggeni-martialgear.com
Jaket Kulit (Leather Jacket):
www.simpleather.com

one

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 3
  • -Receive: 24
  • Posts: 845
  • Reputation: 66
Re: Benarkah Ilmu Beladiri membentuk Kepribadian yg baik?
« Reply #8 on: 08/11/2008 20:16 »
salam,
ada yang mengibaratkan bela diri sebagai pisau, meski yang membuat bertujuan sekedar memotong sayur dan buah namun tak sedikit kejahatan dilakukan menggunakan pisau dapur. Lalu bisakah ilmu bela diri membentuk kepribadian yang baik?

saya berpendapat pembentukan pribadi seseorang adalah apa yang ia dapat dari orang tua, keluarga dan lingkungan. Sehingga prosentase belajar bela diri sebagai pembentukan kepribadian seseorang sangatlah kecil dan hanyalah nomer sekian.

Memang diakui belajar bela diri sedikit banyak memberi kontribusi terhadap rasa percaya diri, nyali, keberanian dan kekuatan seseorang. Namun jika disebutkan bela diri sebagai pembentuk kepribadian seseorang saya rasa masih harus dipertimbangkan, alasannya sebelum belajar bela diri, seseorang memiliki kepribadian yang telah terbentuk dari keluarga ataupun dari lingkungannya. Lalu, keberanian, percaya diri dan lainnya yang membuat seseorang berbeda dari sebelumnya belajar? menurut saya itu adalah buah dari niatan seseorang sebelum ia belajar.

Jika sebelum belajar ia berniat untuk ditakuti atau gagah-gagahan maka itu yang ia dapat. Jika ia berniat belajar bela diri untuk membela diri jika terdesak atau sebagai jalan akhir dari sebuah masalah yang tak dapat diselesaikan dengan baik-baik maka bela dirilah yang ia dapat, jika ingin belajar untuk kesehatan maka itulah yang ia dapat......niat seseorang akan membuahkan hasil seperti yang ia niatkan.

sedemikian peliknya masalah ini hingga sejak dahulu kala, para guru sepuh silat membatasi dan menseleksi sedemikian ketatnya seseorang yang akan diangkat sebagai murid untuk menghidari terjadinya murid berperilaku buruk. Begitu juga dengan janji, sumpah, talek, patalekan yang ada sebelum diterima sebagai murid. Semua menandakan bahwa jika niatan awal seseorang belumlah benar maka haruslah diperbaiki terlebih dahulu sebelum melakukan pembelajaran. Namun pada kenyataannya yang bersumpah sekalipun saja bisa memiliki perilaku buruk. (apalagi tidak???)

ada yang mengatakan tak ada guru yang gagal, yang ada hanyalah orang tua yang gagal mungkin tepat untuk hal ini. Karena boleh jadi guru bela dirinya berhasil mengajarkan segala jurus, teknik dan cara berkelahi...juga menitipkan sejuta pesan bijak kehidupan pada sang murid. Namun karena kegagalan orang tua dalam mendidik kepribadian dan karakter anak sejak awal, maka lahirlah para praktisi bela diri berpribadi buruk dengan segala keilmuannya yang nampak bagaikan monster yang selalu ingin ditakuti orang.

Namun jika pribadi telah terbentuk bagus di keluarga (sekalipun sedikit), niatan sang anak nantinya juga akan positif terhadap apa yang akan dipelajari (apapun termasuk bela diri) maka akan lahir para praktisi bela diri, pesilat ataupun pendekar yang berkepribadian baik dan bagus yang disegani bukan ditakuti.....

Jangan pernah berharap anak kita memiliki kepribadian baik dalam belajar bela diri jika kita tak pernah mengajari dan mendidiknya untuk mengetahui kebenaran dan kebaikan sedikitpun....

salam,


one
keur leutik diajar silat jang gelut
keur budak diajar silat jang juara
basa ngora diajar silat jang ngajaga awak
geus rumah tangga diajar silat jang silaturahmi
geus kolot diajar silat jang ngajarkeun yen gelut lain hiji-hijina cara nyeleseikeun masalah
mun pati, hayang elmu silat anu diajarkeun jadi ibadah jariah dina kubur

Abraham

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 235
  • Reputation: 6
  • Never know what will happen on tomorrow
    • Email
Re: Benarkah Ilmu Beladiri membentuk Kepribadian yg baik?
« Reply #9 on: 08/11/2008 21:37 »
Terimakasih atas jawaban2ny yg sy rasa cukup bijak.

Memang semua itu tergantung pd pribadi dr praktisi beladiri itu sndri.

Banyak latar belakang mereka dan banyak jg motivasi utk ikut ilmu beladiri itu utk apa. membela diri, olahraga atau jadi jagoan?

Kira-kira bisa nggak ya ilmu beladiri ini dijadikan alat/sarana sbg pembentukan mental seseorang terutama yg bertabiat buruk?

Sebab kalo sy perhatikan semua beladiri mengajarkan kebaikan dan mengatasnamakan keadilan/kebenaran.

Onegai Shimasu..Please tech me..Tolong ajari saya

DasaMan

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 681
  • Reputation: 31
    • Email
Re: Benarkah Ilmu Beladiri membentuk Kepribadian yg baik?
« Reply #10 on: 08/11/2008 21:53 »
Kira-kira bisa nggak ya ilmu beladiri ini dijadikan alat/sarana sbg pembentukan mental seseorang terutama yg bertabiat buruk?

Jawabannya mungkin bisa, tapi bukankah dalam hal ini semua beladiri "nyatut" suatu sistem pelatihan mental/spiritual dari suatu ajaran DI LUAR beladiri itu sendiri? Kalau begini, bukannya lebih gampang yang beprrilaku buruk itu diarahkan ke ajaran2 di luar itu saja? Seperti misalnya banyak silat yang mensyaratkan bisa mengaji, beladiri Jepang yang kuat muatan shinto/Zen, bahkan gulat2 tradisional yang penuh muatan kebijaksanaan lokal/tribal dst.

Adakah misalnya suatu beladiri yang berisi pelatihan mental/spiritual yang terlepas dari kebijaksanaan lokal, agama, dst? Suatu sistem beladiri agnostis, universalis, humanis, enviromentalis?

srdananjaya

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 16
  • -Receive: 4
  • Posts: 658
  • Reputation: 31
  • http://www.simpleather.com
    • Sedia Peralatan Beladiri
    • Email
  • Perguruan: Perisai Diri
Re: Benarkah Ilmu Beladiri membentuk Kepribadian yg baik?
« Reply #11 on: 08/11/2008 21:57 »
salam

mohon maaf sedikit nyeleneh..

saya rasa tidak semua guru hanya mau menerima "murid siap pakai".. dalam arti sudah bertabiat baik dan tidak neko-neko untuk di turunkan ilmunya..

banyak juga yang merasa kasihan karena melihat perilaku calon muridnya yang berantakan, dan berniat membantu agar menjadi insan yang lebih baik

atau mungkin jaman dulu, banyak kisah seorang Bapak yang karena melihat perilaku anaknya kurang baik menitipkan anaknya ke guru-guru silat yang biasanya masih kerabat, entah itu paman si anak, atau uwaknya agar menjadi seorang "pesilat"..

tinggal treatment dari siguru nantinya yang mungkin agak berbeda terhadap si calon murid ini..

biasanya, seorang anak berperilaku menyimpang karena kurang perhatian dari orang tua, atau kurangnya penghargaan, sehingga mencari2 kegiatan lain yang membuatnya merasa dirinya hebat, diakui, dan dihargai oleh ..minimal komunitasnya sendiri..walaupun itu komunitas negatif, seperti komunitas pecandu, pemabuk, berandalan, dll

justru silat adalah slah satu wadah yang tepat untuk menjadi penyaluran akan kebutuhan itu.. dengan ikut silat/beladiri, sianak akan memiliki kepercayaan diri, pengakuan oleh teman-teman latihannya, persaudaraan, dan perhatian, baik dari teman-teman latihan, kakak perguruan dan gurunya..

dengan mengikuti dan memenangi even-even seperti kejuaraan, ia akan memperoleh rasa penghargaan yang selama ini tidak diperolehnya dilingkungan keluarga..

namun bukan berarti keluarga bebas berlepas tangan setelah anaknya ikut beladiri, namun turut memberikan dukungan dan penghargaan atas pencapaian sianak agar terus termotivasi dan menyalurkan kegiatannya ke hal-hal positif.

Hal-hal seperti ini akan terus berantai dan memicu hal-hal positif dalam aplikasi kehidupannya yang lain, seperti pendidikan, pergaulan, dll.. kalau dia sudah mendapatkan kepercayaan dari rekan-rekan latihan dan gurunya (kepercayaan ini kunci utamanya), akan tumbuh sifat tanggung jawab dalam keseharian, misal..tidak ingin mempermalukan pelatih/guru dan perguruannya karena tindak-tanduknya..atau istilah gaulnya ja'im

begitu pendapat saya
mohon bimbingannya

salam hormat
sunan
martial art equipment:
http://www.wisanggeni-martialgear.com
Jaket Kulit (Leather Jacket):
www.simpleather.com

Tenji_no_Ichi

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 2
  • Posts: 175
  • Reputation: 7
  • For the mistake i've made, must be faced gently.
    • TenChi
Re: Benarkah Ilmu Beladiri membentuk Kepribadian yg baik?
« Reply #12 on: 08/11/2008 22:48 »
Semuanya itu tergantung pada "the man behind the gun". Dan waktu penurunan ilmunya gmana?

Kalo skrg kan lebih byk pada blajar teknik bakbikbuknya drpd nyuruh itu murid ngepel, nyapu2 halaman, ambil air di sumur, baca buku budi pekerti, nemenin gurunya bertani atau berdagang, disamping latihan (kalo udah dirasa siap tentunya)... :D
Beladiri tradisional/klasik itu universal, ngga ada yg superior ataupun inferior. Namun tiap personal mempunyai jodohnya masing². Kebetulan saja saya berjodoh dng Okinawa-Tote Kobujutsu. Jadi, nikmati aja apa yg ada...

DasaMan

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 681
  • Reputation: 31
    • Email
Re: Benarkah Ilmu Beladiri membentuk Kepribadian yg baik?
« Reply #13 on: 09/11/2008 01:41 »
Nah ya itu, kayak di milis sebelah, mending bayar mahal dapet bakbikbuk daripada gratis tapi harus bantuin gurunya ini lah, itu lah, halah zaman gini masih suwun2, cape dech... time is money gitu loch, nih gue kasih duit aja biar langsung selesai!

Tenji_no_Ichi

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 2
  • Posts: 175
  • Reputation: 7
  • For the mistake i've made, must be faced gently.
    • TenChi
Re: Benarkah Ilmu Beladiri membentuk Kepribadian yg baik?
« Reply #14 on: 09/11/2008 01:50 »
Nah itu dia, urusannya duit. Jadi dengan membeli urusan bisa cepat. Namun yg didapat cmn teknik bertarung/berkelahi. :D

Apalagi yg model pemahaman Barat, gw udah membayar dan dapet sertifikat. Brarti abis itu suka2 gw donk mau digimanain. Mo gw jual atau gw buka club baru itu terserah gw. Kan gw udah bayar... :D:D
Beladiri tradisional/klasik itu universal, ngga ada yg superior ataupun inferior. Namun tiap personal mempunyai jodohnya masing². Kebetulan saja saya berjodoh dng Okinawa-Tote Kobujutsu. Jadi, nikmati aja apa yg ada...

 

Powered by EzPortal