+-

Video Silat

Shoutbox

23/12/2019 08:32 anaknaga: Tidak bisa masuk thread. dah lama tidak nengok perkembangan forum ini.
salam perguruan dan padepokan silat seluruh nusantara.
02/07/2019 18:01 Putra Petir: Akhirnya masuk jua... wkwkwk
13/12/2016 10:49 Taufan: Yuk ke Festival Kampung Silat Jampang 17-18 Desember 2016!!!
20/09/2016 16:45 Dolly Maylissa: kangen diskusi disini
11/02/2016 15:58 Taufan: Alhamdulillah SS sudah ON lagi ;-)
07/01/2016 10:00 luri: wa 'alaikumussalam
04/01/2016 20:21 May Lee: Assalamu 'alaikum
View Shout History

Recent Topics

Minta Do`a dan bimbingan para suhu dan sesepuh silat :D. SANDEKALA by zvprakozo
10/04/2019 18:34

PPS Betako Merpati Putih by acepilot
18/10/2018 17:03

On our book: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
13/03/2017 14:37

Siaran Radio ttg. Musik Pencak Silat di Stasiun "BR-Klassik / Musik der Welt" by Ilmu Padi
12/01/2017 16:19

Tentang buku kami: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
17/10/2016 20:27

Hoby Miara Jin by anaknaga
19/09/2016 04:50

TALKSHOW SILAT - Silat Untuk Kehidupan by luri
22/06/2016 08:11

Thi Khi I Beng by aki sija
17/08/2015 06:19

[BUKUTAMU] by devil
09/06/2015 21:51

Daftar Aliran dan Perguruan di Indonesia by devil
01/06/2015 14:01

SILAT BERDO'A SELAMAT by devil
01/06/2015 13:59

Persilatan Jurus Lima (Sabandar) by Marsudi Eko
14/05/2015 19:36

Kebugaran Merpati Putih by mpcrb
22/04/2015 16:16

PAWAI JAMBORE PENCAK 2015 by luri
20/04/2015 16:20

ALM. Kong Nur ( BEKSI Kampung Sawah) by initial_d
30/03/2015 14:02

SilatIndonesia.Com

Author Topic: Tewas Setelah Latihan Pencak Silat  (Read 11015 times)

Dolly Maylissa

  • Moderator
  • Calon Pendekar
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 9
  • -Receive: 12
  • Posts: 519
  • Reputation: 49
  • silat itu ya salaman bukan gebuk2an,,,
    • d01ly's blog
    • Email
Re: Tewas Setelah Latihan Pencak Silat
« Reply #15 on: 07/04/2011 19:27 »
innalilahi wa inailahi rojiun,,,, ya elah masih ada yang kaya gitu,,,tuh pelatihnya belajar silat dimana sih,,,ckckck,,, kasian tuh anak,,, :-[
baru belajar nulis

lotus1922

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 4
  • -Receive: 1
  • Posts: 11
  • Reputation: 2
  • Sahabat Silat
  • Perguruan: Persaudaraan Setia Hati Terate
Re: Tewas Setelah Latihan Pencak Silat
« Reply #16 on: 07/04/2011 22:48 »
Ya mas Kunderemp.
Banyak perguruan yang banyak kolat/ranting/cabang asal Jatim jadi bertanya tanya. Mudah2an info diatas cukup.

Kita jadi ingat sinyalemen kang Taufan/TP beberapa bulan lalu. Karena besarnya ekspansi/pertumbuhan sasaran/kelompok latihan/ranting, yang tidak berimbang dengan pertumbuhan jumlah dan persebaran pelatih yang kompeten, terkadang perguruan terpaksa merekrut pelatih yang belum matang, terutama dari sisi "duga prayoga", masih emosional.
Semoga menjadi renungan kita semua.

Salam.
 

suwun mas,.

lotus1922

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 4
  • -Receive: 1
  • Posts: 11
  • Reputation: 2
  • Sahabat Silat
  • Perguruan: Persaudaraan Setia Hati Terate
Re: Tewas Setelah Latihan Pencak Silat
« Reply #17 on: 07/04/2011 22:51 »
Perguruan yang sering tawuran ini memang banyak masalah dan selalu membawa image trouble maker, seharusnya mereka sadar kenapa di banyak tempat Perguruan ini kurang disukai dan meresahkan... sangat memprihatinkan dan membuat Perguruan silat pada umumnya cukup terpukul, semoga hal seperti ini tidak terulang lagi...

Salam

mari kita sikapi dengan lebih arif bijaksana,

Satria Naga

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 22
  • Posts: 172
  • Reputation: 39
    • Satria Naga
Re: Tewas Setelah Latihan Pencak Silat
« Reply #18 on: 07/04/2011 23:54 »
@Arifin aka Satria Naga: saya sdh dapat info dari anak2 Surabaya per SMS. Tapi ya seperti kata mas Prapto, biarlah perguruan yg bersangkutan yg klarifikasi di sini, supaya tidak menjadi polemik.

Salam
Chandrasa
Ya Mas, terima kasih...
saya prihatin.....akan jadi perbaikan buat kita semua yg sedang belajar dan mengajar silat...dalam pertandinganpun saya sama sekali tak pernah menyerang lawan dengan kekuatan sangat penuh....kita ada asah, asih, asuh....

arifin

corocak3p

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 12
  • Reputation: 0
  • Sahabat Silat
Re: Tewas Setelah Latihan Pencak Silat
« Reply #19 on: 08/04/2011 09:24 »
@Sedyaleksana : Saya tdk bermaksud mempolemikkan perguruan tertentu sih mas, makanya di postingan itu saya tdk menyebut nama perguruan tersebut walaupun tahu karena kejadiannya dekat tmpt saya tinggal. Saya cmn cb untuk memberikan gambaran apa yg dirasakan masyarakat pada umumnya atas kejadian itu plus kejadian2 negatif yg prnh terjadi sebelumnya, termasuk image yang berkembang saat ini di luar masyarakat Silat . Karena kita semua mempunyai tanggung jawab moral sebagai satu keluarga Silat yang tergabung dalam satu wadah yang pada saat ini diwakili oleh IPSI. Semoga pihak2 yang berwenang & berkepentingan dalam hal ini Kepolisian dan IPSI (dan kita sebagai pendorong) mempunyai satu solusi yang bagus sehingga suatu saat tidak ada lagi kata2 "turut berduka cita, sangat disesalkan, ikut prihatin" yang keluar karena kejadian seperti ini terulang lagi. Dan tentu kita semua tahu kejadian2 negatif itu sering terjadi (entah itu tawuran, praktisi yang meninggal karena kelalaian dan dugaan tindak pidana seperti yang baru2 ini terjadi di Gubeng). Maturnuwun & ngapunten ingkang katah sebelumnya

Salam

Aldhie

corocak3p

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 12
  • Reputation: 0
  • Sahabat Silat
Re: Tewas Setelah Latihan Pencak Silat
« Reply #20 on: 08/04/2011 12:55 »
@Mas Lotus : Mohon maaf sebelumnya mas, tp memang begitulah kenyataannya walaupun kita semua jg tau kalau pada dasarnya itu hanyalah ulah dari beberapa "oknum"nya saja, dan point postingan saya dari awal memang bukan untuk membicarakan Perguruannya, tp lebih ke "bagaimana solusi yang harus kita ambil" supaya kejadian2 yang negatif yg seolah mengatasnamakan perguruan tidak terulang lagi... Maturnuwun

Salam


f4iz

  • Guest
Re: Tewas Setelah Latihan Pencak Silat
« Reply #21 on: 08/04/2011 13:15 »
innalilahi wa inailahi rojiun..saya turut berduka cita.
Kalau kejadian spt. ini, apakah organisasi terkena peringatan/sanksi atau apakah hanya oknum-2x yg terlibat saja ?
Wasalam,


kunderemp

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 58
  • -Receive: 12
  • Posts: 213
  • Reputation: 41
  • Sahabat Silat
    • Email
  • Perguruan: beberapa plus youtube-fu
Re: Tewas Setelah Latihan Pencak Silat
« Reply #22 on: 08/04/2011 14:18 »
Sebenarnya, untuk perguruan yang memiliki banyak kolat seperti ini, bila ada kolat yang bermasalah penanganannya bagaimana yah? Adakah semacam pengawasan 'standar-mutu' ?

sibutut

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 3
  • Reputation: 0
  • Sahabat Silat
Salah seorang pesilat muda dari Surabaya meninggal krn dihukum dengan dihajar ama 3 seniornya..setelah ada kejadian ini, pelajaran apa yang bisa dipetik? akankah terus dilakukan hukuman spt ini?

Suprapto

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 26
  • -Receive: 86
  • Posts: 418
  • Reputation: 137
  • Sahabat Silat
    • Email
  • Perguruan: Merpati Putih
Re: Tewas Setelah Latihan Pencak Silat
« Reply #24 on: 08/04/2011 16:26 »
1. Apabila indikasi tindak pidana bagi para pelaku sudah ditangani aparat penegak hukum, forum organisasi seperti IPSI, hanya mengikuti perkembangannya. Tentu ada pendekatan khusus kepada perguruan yang bersangkutan. Meski diawali dengan "ikut prihatin", ada tindakan pembinaan, sekurangnya himbauan, karena bisa berimbas pada citra pencaksilat secara umum.

2. Pada perguruan2 yang memiliki puluhan/ratusan cabang, atau ratusan/ribuan kolat, unit/sasaran, pada umumnya terorganisasi secara bertingkat berdasar wilayah kerja. Biasanya ada standar kurikulum, SOP, standar pengawasan mutu keilmuan maupun organisasi. Apabila pelanggaran dilakukan oleh "orang kuat" di suatu wilayah kerja, pusat sudah siap dengan tim khusus (dalam kasus MP bernama korps Wira Adi Guna) untuk diturunkan guna menegakkan disiplin.
Sebagai konsekwensi logis, perguruan2 tsb harus rutin berkesinambungan menyelenggarakan penataran pelatih. Mendalami kurikulum/materi latihan ditambah ilmu kepelatihan.

Ketika perguruan mulai merambah keluar negeri, prinsip ke hati2an makin bertambah. Menghindari "sue", tuntutan publik, karena salah di program latihan. Semua program latihan fisik diujicoba (dalam kasus MP, dicek di RS Jantung Harapan Kita).  Jenis hukuman badan harus bersifat pembinaan fisik yg dilakukan sendiri. Hukuman berupa rol depan apalagi rol kebelakang di lantai/tanah keras, dilarang.
Sebaik apapun teori dan persiapan pengamanan tsb, bisa meleset ditangan para asisten pelatih/calon pelatih yg kurang bertanggung jawab.

Salam.

MASANT

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 2
  • Posts: 57
  • Reputation: 12
  • pejalan AKAP
    • Email
Re: Tewas Setelah Latihan Pencak Silat
« Reply #25 on: 08/04/2011 16:33 »
Yang ini namanya kehilangan kontrol kedisiplinan. Semua perguruan punya code yang harus ditaati oleh anggotanya. Dan pastinya code itu adalah hal-hal yang bagus dan selaras dengan tatanan kehidupan masyarakat. Bila ada pelanggaran, sekali lagi bisa dikatakan organisasi telah kehilangan kontrol pada anggotanya. Secara normal, tentunya orang yang dulu membimbing/melatih ketiga oknum itu akan mempunyai rasa bersalah.
Semoga ini kasus ini :
1. Menjadikan organisasi semakin selektif untuk menempatkan orang.
2. Jika item 1 sudah dilakukan, tentunya ada oknum yang tidak terpilih akan sering ngrecoki tempat latihan. Dan sekali lagi peran organisasi untuk melakukan fungsi control.
3. Sudah waktunya organisasi menyusun kurikulum pembinaan fisik yang terukur dan rasional.


 

dicky

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 16
  • -Receive: 12
  • Posts: 160
  • Reputation: 37
  • Perguruan: -
Re: Tewas Setelah Latihan Pencak Silat
« Reply #26 on: 08/04/2011 17:04 »

@sibutut
tulisan anda saya gabungkan di diskusi ini.
judul awal: Setelah salah seorang pesilat meninggal dihajar senior silatnya


btw,
bukutamu ada di :
http://sahabatsilat.com/forum/guestbook-bukutamu/(bukutamu)/

lotus1922

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 4
  • -Receive: 1
  • Posts: 11
  • Reputation: 2
  • Sahabat Silat
  • Perguruan: Persaudaraan Setia Hati Terate
Re: Tewas Setelah Latihan Pencak Silat
« Reply #27 on: 09/04/2011 01:45 »
sebagai pesilat, tentu kita semua merasa terpukul atas kejadian ini,
sebagai pesilat, tentunya sahabatsilat semua tahu siapa yg lebih terpukul?..

1. Apabila indikasi tindak pidana bagi para pelaku sudah ditangani aparat penegak hukum, forum organisasi seperti IPSI, hanya mengikuti perkembangannya. Tentu ada pendekatan khusus kepada perguruan yang bersangkutan. Meski diawali dengan "ikut prihatin", ada tindakan pembinaan, sekurangnya himbauan, karena bisa berimbas pada citra pencaksilat secara umum.

2. Pada perguruan2 yang memiliki puluhan/ratusan cabang, atau ratusan/ribuan kolat, unit/sasaran, pada umumnya terorganisasi secara bertingkat berdasar wilayah kerja. Biasanya ada standar kurikulum, SOP, standar pengawasan mutu keilmuan maupun organisasi. Apabila pelanggaran dilakukan oleh "orang kuat" di suatu wilayah kerja, pusat sudah siap dengan tim khusus (dalam kasus MP bernama korps Wira Adi Guna) untuk diturunkan guna menegakkan disiplin.
Sebagai konsekwensi logis, perguruan2 tsb harus rutin berkesinambungan menyelenggarakan penataran pelatih. Mendalami kurikulum/materi latihan ditambah ilmu kepelatihan.

Ketika perguruan mulai merambah keluar negeri, prinsip ke hati2an makin bertambah. Menghindari "sue", tuntutan publik, karena salah di program latihan. Semua program latihan fisik diujicoba (dalam kasus MP, dicek di RS Jantung Harapan Kita).  Jenis hukuman badan harus bersifat pembinaan fisik yg dilakukan sendiri. Hukuman berupa rol depan apalagi rol kebelakang di lantai/tanah keras, dilarang.
Sebaik apapun teori dan persiapan pengamanan tsb, bisa meleset ditangan para asisten pelatih/calon pelatih yg kurang bertanggung jawab.

Salam.

masukan yg bagus sekali mas prapto, monggo yg lain menambahkan,...

Bayu Umbara

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 195
  • -Receive: 121
  • Posts: 1.214
  • Reputation: 197
  • Datuk Bagindo Rajo
    • http://silekminangpandekacupak.blogspot.com/
  • Perguruan: Sasaran Silek Harimau Cupak
Re: Tewas Setelah Latihan Pencak Silat
« Reply #28 on: 09/04/2011 10:55 »
saya setuju sekali dengan apa yang disampaikan mas prapto,agar kedepannya citra silat tidak terus menerus terlukai oleh kejadian2 seperti ini berulang dan terus berulang dan itu akan merugikan secara keseluruhan kepada dunia persilatan itu sendiri, mudah2an hal ini jadi perhatian serius bagi pihak2 yang berkepentingan dan berwenang dalam hal ini agar bukan hanya sekedar retorika yang hanya menjadi penghias suasana, tapi benar2 dalam sebuah wujud tindakan nyata yang memberikan efek yang berkesinambungan demi kebaikan kita semua insan dunia persilatan dan membangun nama baik silat itu sendiri,mohon maaf terima kasih
salam

sibutut

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 3
  • Reputation: 0
  • Sahabat Silat
Re: Tewas Setelah Latihan Pencak Silat
« Reply #29 on: 10/04/2011 08:59 »
Saya punya tmn dari perguruan silat (u know lah) itu. Katanya, memang dah jadi semacam tradisi di banyak tempat, terutama di daerah desa, kalo latihannya brutal banget..tp kekerasan oleh senior, itu biasanya dilakukan oleh senior2 yang sok jago, dan sering kali tanpa sepengetahuan pelatih..sesepuh perguruan sebenarnya dah sering kali memberi pembinaan dan penyuluhan kepada para anggotanya supaya gak seperti itu, tapi sulit sekali mengontrol jumlah anggota yang begitu banyaknya..dan para pendekar pun juga banyak, berbeda pendirian pula..Tentang tawuran di perguruan itu, katanya teman saya itu begini, kan itu tawuran dengan perguruan pecahannya. Krn gak enak ngomong nama perguruannya, misalnya antara perguruan B dan C saja(keduanya sebenarnya dari perguruan yang sama, tapi pecah). Ketika murid2nya pada tawuran. Pelatih dan sesepuh perguruan B dan C malah ngopi bareng, ketawa-ketawa, kayak gak ada apa2..kok aneh? Yah itulah, sebenarnya tawuran dan tradisi kekerasan malah di tingkat bawah..yang tingkat atas malah gak pernah seperti itu..Tapi yang kuherankan..kok yang di tingkat atas kayak acuh tak acuh gitu ya?? Hm...tapi apapun alasannya, seharusnya perlu kerja ekstra keras buat para pengurus perguruan silat itu..supaya merubah tradisi semacam itu.  Masalahnya, kalo melihat sejarah silat itu, setelah kucoba baca di beberapa website, dulu awalnya itu dibentuk untuk membentuk PERSAUDARAAN, jd menanamkan nilai2 persaudaraan, dan nilai2 keluhuran, dan dg hati yang bersih..lihat saja di lambangnya, simbol lambangnya itu maknanya kurang lebih seperti itu..jd..klo gitu..kyknya para pesilat (u know lah) itu harus kembali ke falsafah awalnya tadi..ya tho?

 

Powered by EzPortal