+-

Video Silat


ESI - Gendang Pencak Cianjur, West Java, Indonesia
Tjimande Tarikolot Kebon Djeruk Hilir
ICE 2009, sibunder
Tarung Bebas PZH.wmv
bandrong on action #2
Silat Betawi Langkah Troktok - Sibelatok Kids
Maenpo Cikalong @ Cakrawala ANTV
perform di acara Khaul 3 Guru Besar Beksi
Tongkat Tunggal

Shoutbox

Today at 15:28 kunderemp: Ya.. om Taufan.. Tanggal 11 lalu saya masih di tengah hutan di Bakan.
04/10/2014 09:20 Taufan: Selamat hari raya Idul Adha 1435 H...
04/10/2014 08:12 Taufan: Kopdar Sahabat Silat 11 Oktober 2014... datang ya :-)
02/10/2014 20:30 Taufan: Temu kangen di FB :p
13/08/2014 03:06 Ekka_Xakra: Salam kenal para sahabat silat semua.
12/08/2014 17:56 Dwi_NGJ: Salam kenal para ksatria. Mohon ijin bergabung... :)
12/07/2014 16:49 one: Pada kemane nih buka puasanya ye?
View Shout History

Recent Topics

(Ask) Timbangan di Jakarta by kunderemp
Today at 15:24

Serial Xinyi Liuhe Quan I by ifung
16/10/2014 20:02

Selayang Pandang Lu Style Xinyi Liuhe Quan by ifung
16/10/2014 20:00

One Day Workshop Seni Maen Pukulan Sabeni Tenabang by luri
16/10/2014 09:29

silat timbangan by ifung
14/10/2014 15:51

maenpo Cikalong by aki sija
07/10/2014 05:13

Parkour by Taufan
02/10/2014 21:28

SILAT BERDO'A SELAMAT by Taufan
02/10/2014 21:17

[BUKUTAMU] by Taufan
02/10/2014 21:01

Hoby Miara Jin by gumuruh
03/09/2014 14:01

contack person guru silat suaeb yg di padepokan pencaksilat TMII by rohadi
17/08/2014 05:58

Silat Betawi di Bentera Budaya by luri
12/08/2014 11:01

PABUCI (PANCERBUMI CIKALONG/PASAR BARU CIANJUR) by aki sija
26/07/2014 06:36

[GUESTBOOK] by wongbener
23/07/2014 10:03

Pesilat Indonesia Siap Bantu Rakyat Gaza by wongbener
23/07/2014 09:40

SilatIndonesia.Com

Author Topic: DEBUS BANTEN ( SENI SILAT APA BELADIRI SILAT ?)  (Read 25493 times)

EricB

  • Guest
Re: DEBUS BANTEN ( SENI SILAT APA BELADIRI SILAT ?)
« Reply #15 on: 05/02/2008 01:43 »
topic ini dipndah ke bagian Supranatural, pantes disini :)


silahkan lanjut

trumbu

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 1
  • Posts: 158
  • Reputation: 13
    • Banten culture and torism
  • Perguruan: Bandrong
Re: DEBUS BANTEN ( SENI SILAT APA BELADIRI SILAT ?)
« Reply #16 on: 19/02/2008 15:20 »
Ok deyh kang eric trims...........
silakan kita share lagi all about debus.......... ;D

Jali Jengki

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 828
  • Reputation: 43
  • Love Pencak Silat, Proud to be Indonesian
Re: DEBUS BANTEN ( SENI SILAT APA BELADIRI SILAT ?)
« Reply #17 on: 19/02/2008 17:14 »
Waah baru tanggep nih thread debus...ketinggalan juga deh ane..

ikutan ah...setau ane aje nih dari abang ane nyang di Labuan,...mohon maap kalo salah..."satu elmu,satu guru jangan saling bercumbu..." [lucu]

Asal kata Debus menurut para ahlinye "Tembus" karene kerjaannye nembusin Paku gede (paku Banten) ke badan. Tadiannye ini maenan buat modal para jawara/laskar Banten buat ngadepin penjajah pada masa Sultan Ageng Tirtayasa. Pas jaman udah kemari-an...jadi deh pegangannye Jawara...tapi kagak semua Jawara bisa ngelakuin karena bagi yang kagak mampu justru bakal ngedatang-in bencana atau kecelakaan.

Di Banten ade beberape macam debus, yakni debus al-madad, surosowan dan langitan. Dinama-in debus al-madad (artinya meminta bantuan atau pertolongan) karene para pemainnye setiap kali ngelakuin aksinye selalu ngucap-in kata-kata al-madad, yang seolah menggambarkan bahwa tindakan ini didasarkan atas pertolongan dari Allah SWT.

Debus al-madad adalah debus nyang paliiiing berat karena untuk ngelakuin ini maenan khalifahnya (pemimpin group) kudu ngelakuin amalan nyang sangat panjang dan berat. Amalan-amalan khalifah debus ini diambil dari tarekat Rifa’iyah atau Qodariyah. Sehingga seseorang yang ngedapetin ijazah untuk jadi khalifah dari maenan debus ini adalah mereka nyang telah dianggap mampuh atau lulus menempuh suatu perjalanan panjang dalam ngamal-in suatu do’a-do’a tertentu, ngelaksanain puase ame meditasi lama.

Naah...udah gitu Debus surosowan nih... Maenan debus nyang kagak merluin kemampuan yang tinggi. Karena itu, maenan debus ini bisa dilakuin ame remaja-remaji. Nama “surosowan” diambil dari nama istana Kesultanan Banten.Emang maenan debus nyang ni...sengaja diciptain buat ngibur sultan dan kuargenye. Kagak ade sakti-saktian nyang dimilikin,misalnye kudu puase ato meditasi...rata2 tempelan. Beda ame debus al-madad nyang selaen digunain buat atraksi juga buat kesaktian ame pengobatan.

Terus Maenan Debus Langitan deh nyang terakhir...Debus Langitan cenderung buat anak2 ame remaja-remaji buat masyarakat biase...kagak ade unsur kesaktian nyang dimilikin cuman hiburan aje...rata2 juga tempelan...abis itu ilang dah...nyang tadinye kuat ditusuk,kalo dah kelar ya mempan. Beda ame al Madad.

Kalo perihal asal muasal dari Cerbon bisa jadi....,tapi kagak mutlak seratus persen karene sebelon Islam masuk udeh banyak tuh resi2 agama buhun nyang seari2nye maen beginian...mungkin karene pengaruh islam nye aje cerbon masuk ke dalem maenan debus,mulai dari amalannye ame tata caranye...

Baek Kyai2 nyang di Kulon/Banten kuat banget hubungannye ame Cerbon....Konon (ini mah cerita aje)....Sunan Gunung Jati,sewaktu kelar ngilangin penyakit "Pageblug yang besemayam di atap masjid Pakungwati" di Cerbon atas nasehat Sunan Kalijaga...beliau menendang atapnya ke arah Kulon (barat),sembari ngomong.... "nyang dimane ade tanah nyang ketibanan nih atep...die jadi sodarenye Grage/Cerbon" (maaf dialek aslinye bukan begini karene Sunan Gunung jati gak pake bahasa Betawi... ;D)

...ehh pas bener...jatohnye di tempat dimane sekarang Masjid Agung Banten bediri....


tabik,...jali


« Last Edit: 19/02/2008 17:18 by Jalatunda »
Kullu Nafsin Zaaiqatul MAUT

Unknown

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 65
  • -Receive: 41
  • Posts: 1.486
  • Reputation: 94
  • I'm no longer a member of this forum
    • FORUM SILAT
Re: DEBUS BANTEN ( SENI SILAT APA BELADIRI SILAT ?)
« Reply #18 on: 19/02/2008 17:24 »
gileee...maut bener nih elmu nye si engkong jali. apaan aje die tau, dari mulein silat/maen pukulan, supranatural, sejarah, torekot (maksudnye tarekat) ampe ke debus segala [top] [top] [top]..

gimane care belajarnye tuh? jangan2 dari brojol ampe sekarang ngelmu terus nih..
matafff..mantafff

ajarin donk...
tabek...

Jali Jengki

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 828
  • Reputation: 43
  • Love Pencak Silat, Proud to be Indonesian
Re: DEBUS BANTEN ( SENI SILAT APA BELADIRI SILAT ?)
« Reply #19 on: 19/02/2008 17:39 »
Nage2 nye jebakan nih....? ente nyang lebih tau.... ane mah baru katenye doang... belon bise ngejabanin ente...pan ane begini juga diajarin ente2 pade terutama bang Iwan.... [lucu]

Sering2 dah klayapan,manjangin silaturahim ame umur.....! [top]
Kullu Nafsin Zaaiqatul MAUT

one

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 3
  • -Receive: 24
  • Posts: 845
  • Reputation: 66
Re: DEBUS BANTEN ( SENI SILAT APA BELADIRI SILAT ?)
« Reply #20 on: 19/02/2008 22:00 »
wah mulai lulus angkatan II magang...... [lucu], kita mah ngajak jalan-jalan biar 'dikit nularin gila silat eeeeeeeeehhh malah jadi gileeee bener [top].

Oke deh, lanjut dulu...nyang "sakit" mah mantau aja ;D

salam,

one
BBM

trumbu

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 1
  • Posts: 158
  • Reputation: 13
    • Banten culture and torism
  • Perguruan: Bandrong
Re: DEBUS BANTEN ( SENI SILAT APA BELADIRI SILAT ?)
« Reply #21 on: 22/02/2008 19:28 »
boleh juga tuh pengalaman bang jalatunda........  ::)

one

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 3
  • -Receive: 24
  • Posts: 845
  • Reputation: 66
Re: DEBUS BANTEN ( SENI SILAT APA BELADIRI SILAT ?)
« Reply #22 on: 27/03/2008 17:30 »
wajar kalo debus begitu...sebenarnya dengan keikhlasan yang tinggi sekedar baca basmallah akan berbeda hasilnya dengan yang tidak. Kalo Allah ngizinin jangan kata cuma kebal bacok...mati idup lagi juga bisa

Jali Jengki

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 828
  • Reputation: 43
  • Love Pencak Silat, Proud to be Indonesian
Re: DEBUS BANTEN ( SENI SILAT APA BELADIRI SILAT ?)
« Reply #23 on: 27/03/2008 19:17 »
wajar kalo debus begitu...sebenarnya dengan keikhlasan yang tinggi sekedar baca basmallah akan berbeda hasilnya dengan yang tidak. Kalo Allah ngizinin jangan kata cuma kebal bacok...mati idup lagi juga bisa

He...he...he..Kang Iwan mandangnye dari perspektif keislaman, ane se 7 dah...Tapi nyang paling penting masalah beginian ato khususnye debus adalah masalah keyakinan (agama manapun). Debus dulu sebelon Islam masuk pan makenye agama Sunda Wiwitan, sekarang kalo kite ke Ujung Berung atas (Bandung Luhur) masih banyak nyang agamenye sunda wiwitan, dan masing banyak juga nyang maen debus... :w

Tabik,...Jali
Kullu Nafsin Zaaiqatul MAUT

one

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 3
  • -Receive: 24
  • Posts: 845
  • Reputation: 66
Re: DEBUS BANTEN ( SENI SILAT APA BELADIRI SILAT ?)
« Reply #24 on: 27/03/2008 20:16 »
Eiiit jangan salah ane dulu pernah jadi anak Cilengkrang...kalo Ujung Berung mah tempat tempat jalan waktu mude....ampe dago [lucu]

Sunda Wiwitan, agama sebelum orang Sunda masuk Islam. Tapi debus lebih cenderung ke acara keagamaan Hindu seperti Devayali (kalo gak salah sekarang juga masih ada)

salam,


one

kobelkokok

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 7
  • Reputation: 0
    • Email
Re: DEBUS BANTEN ( SENI SILAT APA BELADIRI SILAT ?)
« Reply #25 on: 28/03/2008 18:57 »
debus?? sama ngga ya dengan ilmu hikmah?
kalau sunda wiwitan pake mantra (jangjawokan)
kalo debus pake apa?


duduk menunggu pelajaran

Jali Jengki

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 828
  • Reputation: 43
  • Love Pencak Silat, Proud to be Indonesian
Re: DEBUS BANTEN ( SENI SILAT APA BELADIRI SILAT ?)
« Reply #26 on: 28/03/2008 19:09 »
Jawab: ;D

Ini dari pendapat ane aje ye...
Sebagian besar di Banten, Cirebon dan Priangan Debus "intinya" merupakan media dakwah dengan menggunakan amalan2 Al Hikmah dari ajaran tarekat di daerah masing2 penyebaran. Tapi ada juga sebagian yang main debus masih menggunakan amalan jangkawokan, seperti yang sudah disebutkan seblumnya di daerah2 seperti Ujung Berung Atas, Cilengkrang, yang masih kuat Sunda Wiwitannya bisa kita temukan.

Tabik, Jali...
Kullu Nafsin Zaaiqatul MAUT

trumbu

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 1
  • Posts: 158
  • Reputation: 13
    • Banten culture and torism
  • Perguruan: Bandrong
Re: DEBUS BANTEN ( SENI SILAT APA BELADIRI SILAT ?)
« Reply #27 on: 08/04/2008 20:20 »
kalo setau saya.... :)

sebagian besar di Banten Debus al madad / yang diamal langsung oleh pemainnya,
menggunakan tarekat rifaiyah....( kalo salah mohon koreksinya )

tapi kalo untuk pertunjukan biasa menggunakan ilmu kebatinan al Hikmah
( ada juga yang pake jawokan namanya rawarontek ) yang bisa memutuskan organ
tubuh dan menyambungkannya kembali setelah diusap2 dan di baca2 mantra oleh
sang pawangnya... ::)

santri kinasih

  • Moderator
  • Calon Pendekar
  • **
  • Thank You
  • -Given: 2
  • -Receive: 39
  • Posts: 609
  • Reputation: 119
    • Email
Re: DEBUS BANTEN ( SENI SILAT APA BELADIRI SILAT ?)
« Reply #28 on: 08/04/2008 21:23 »
kalo setau saya.... :)

sebagian besar di Banten Debus al madad / yang diamal langsung oleh pemainnya,
menggunakan tarekat rifaiyah....( kalo salah mohon koreksinya )

tapi kalo untuk pertunjukan biasa menggunakan ilmu kebatinan al Hikmah
( ada juga yang pake jawokan namanya rawarontek ) yang bisa memutuskan organ
tubuh dan menyambungkannya kembali setelah diusap2 dan di baca2 mantra oleh
sang pawangnya... ::)

Menurut pengatahuan saya, memang debus itu asal muasalnya adalah dari tarikat rifaiah..Yang dibawa ke Nusantara mungkin pertama kali oleh Nurrudin Arraniri  melalui kesultanan Samudra Pasai di abad 16 ata sebelum datangnya Belanda ke Nusantara. Debus itu turun ke Minangkabau pertama kali dan disebut Badabuih.

Dalam Badabuih sebenarnya seseorang yang sedang trance dalam dzikirnya menusukkan berbagai benda tajam dan dia tidak akan merasakan apapun karena dia sedang pada tingkat epiphany atau kegembiraan yang luar biasa karena 'bertatap muka' dengan Sang Khalik. Sebenarnya badabuih hanya berisikan dzikir...Kalau kita ingin melihat badabuih yang asli masih sangat banyak di Irak dan Turki..Saya melihat liputannya di Discovery Channel.

Bagaimana Badabuih bisa menjadi Debus di banten? Ya berarti sama dengan menyebarnya ajaran Islam ke pulau jawa...

Apa pendapat saya mengenai debus saat ini? Sebagai murid mantrijeron14 yang pernah menjadi praktisi debus.., saya merasa ada perbedaan bentuk yang sangat signifikan..

Debus a la tarikat yang ada di iraq benar-benar dilakukan sambil berdzikir dan menggunakan benda tajam dan keras untuk dihantamkan ke tubuh. Debus di Indonesia, lidah di potong putus, dikulum nyambung lagi (rawarontek), nggoreng telur di kepala. Terus terang saya jadi kurang nyambung...:)

Dulu, mantrijeron main debus hanya ilmu kebal senjata, api, air keras dan tahan digoda perempuan cantik...dengan hanya menggunakan kalimat tauhid, bukan mantera khusus.Dia tidak mengajarkan saya nyambung bagian tubuh yang putus.....karena kayaknya dia sendiri gak bisa kali ye..




trumbu

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 1
  • Posts: 158
  • Reputation: 13
    • Banten culture and torism
  • Perguruan: Bandrong
Re: DEBUS BANTEN ( SENI SILAT APA BELADIRI SILAT ?)
« Reply #29 on: 17/04/2008 19:00 »
Bang santri ati - ati aja kalo yang putus bisa nyambung lagi kayanya dah jarang digunain, masalahnya pernah saya liat ada yang jailin bisa2 tu pemain ga bisa nyambung lagi kalau sang guru atau pawangnya ga kuat pagerannya..... ::)

jadi mendingan ga usah belajar ilmu debus kaya gitu
saran saya lebih baik yang dipuasain sendiri aja......( al Madad )
bisa buat jaga diri juga  ;D

 

Powered by EzPortal