+-

Video Silat

Shoutbox

23/12/2019 08:32 anaknaga: Tidak bisa masuk thread. dah lama tidak nengok perkembangan forum ini.
salam perguruan dan padepokan silat seluruh nusantara.
02/07/2019 18:01 Putra Petir: Akhirnya masuk jua... wkwkwk
13/12/2016 10:49 Taufan: Yuk ke Festival Kampung Silat Jampang 17-18 Desember 2016!!!
20/09/2016 16:45 Dolly Maylissa: kangen diskusi disini
11/02/2016 15:58 Taufan: Alhamdulillah SS sudah ON lagi ;-)
07/01/2016 10:00 luri: wa 'alaikumussalam
04/01/2016 20:21 May Lee: Assalamu 'alaikum
View Shout History

Recent Topics

Minta Do`a dan bimbingan para suhu dan sesepuh silat :D. SANDEKALA by zvprakozo
10/04/2019 18:34

PPS Betako Merpati Putih by acepilot
18/10/2018 17:03

On our book: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
13/03/2017 14:37

Siaran Radio ttg. Musik Pencak Silat di Stasiun "BR-Klassik / Musik der Welt" by Ilmu Padi
12/01/2017 16:19

Tentang buku kami: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
17/10/2016 20:27

Hoby Miara Jin by anaknaga
19/09/2016 04:50

TALKSHOW SILAT - Silat Untuk Kehidupan by luri
22/06/2016 08:11

Thi Khi I Beng by aki sija
17/08/2015 06:19

[BUKUTAMU] by devil
09/06/2015 21:51

Daftar Aliran dan Perguruan di Indonesia by devil
01/06/2015 14:01

SILAT BERDO'A SELAMAT by devil
01/06/2015 13:59

Persilatan Jurus Lima (Sabandar) by Marsudi Eko
14/05/2015 19:36

Kebugaran Merpati Putih by mpcrb
22/04/2015 16:16

PAWAI JAMBORE PENCAK 2015 by luri
20/04/2015 16:20

ALM. Kong Nur ( BEKSI Kampung Sawah) by initial_d
30/03/2015 14:02

SilatIndonesia.Com

Author Topic: Getaran Ilahi / Kerohanian / Spiritual /Kejiwaan / Kebatinan  (Read 51646 times)

ogebang

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 28
  • Posts: 131
  • Reputation: 48
  • Sahabat Silat
    • Email
  • Perguruan: PPS Betako Merpati Putih
Manstaab..Uda Bayu..babarannya....
saya baru tau filosofinya spt itu...menarik sekali....Budaya Spiritual bangsa kita memang penuh perlambang yg diambil dr khasanah alam jagat raya ini...
Sungguh semakin besar rasa respect saya kpd para leluhur2 yg mata batin nya demikian " tajam" dan kearifannya dalam bersinergi dgn Alam Semesta...
Banyak yg sdh hilang  ....
Karana kemajuan teknologi kah....??
Globalisasi... ??
Nilai Nasionalisme & Patriotisme yg telah terkikis...??
Pencapaian & kecintaan pd Materi yg berlebih shg mata batin tercover...??
Konon sebelum Agama2 Import ( Hindu , Budha , Kristen , & Islam ) masuk...Leluhur2 kita sdh berbudaya sangat tinggi...
Mereka mempunyai Budi Pekerti yg luar biasa....
Menguasai teknologi canggih pd jamannya....
Ramah..Santun...Low Profile...
Kata siapa..Nabi & Rasul itu hanyalah lahir di Timur Tengah...??
Saya yakin..Gusti Alloh pernah mengutus seorang Nabi/Rasul di Tanah Nusantara ini shg Nenek Moyang kita sangatlah santun , Arif & Bijaksana...

Wallahu 'Alam...

ogebang

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 28
  • Posts: 131
  • Reputation: 48
  • Sahabat Silat
    • Email
  • Perguruan: PPS Betako Merpati Putih

AstaghfirLOH..Hal Adziiim....
Ternyata Sang Pejabat tsb sejatinya adalah Manusia berkepala Kera...
NaudzubiLLAH Min dzalik...

dsbasuki

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 11
  • -Receive: 24
  • Posts: 528
  • Reputation: 56
    • Who? Me?
  • Perguruan: Kelatnas Indonesia PERISAI DIRI
Pssssttt... Kangmas Ogebang,
Jika "mata" kita terbuka dan kita diberi karunia Gusti Allah melihat sejatinya manusia lain, sungguh, akan menangis kita. Saya tidak tau harus mengucapkan "selamat" atau malah "turut berduka" dengan "kemampuan baru" Kangmas itu.
Anyway, "welcome to the club". :)
Please, gunakan dengan bijak Kangmas...

Salam hormat penuh takzim...

MASANT

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 2
  • Posts: 57
  • Reputation: 12
  • pejalan AKAP
    • Email
Quote
Jika "mata" kita terbuka dan kita diberi karunia Gusti Allah melihat sejatinya manusia lain, sungguh, akan menangis kita. Saya tidak tau harus mengucapkan "selamat" atau malah "turut berduka" dengan "kemampuan baru" Kangmas itu.

Teringat pada cerpen kalau tidak salah ditulis oleh Kiai Mustofa Bisri.
Seorang tokoh mempunyai kemampuan melihat hakekat sesamanya. Jadilah dia asyik dengan kemampuannya. Kemudian oleh sang Ayah diminta berkuru ke seorang Kiai.
Betapa terkejutnya sang tokoh ketika pertama kali bertatap muka. Ada tanda "dajjal" di dahinya !!!! Karena sudah tugas, diikutilah sang kiai kemanapun pergi. Dan perilaku sang kiai sangat bertolak belakang dengan tanda di dahinya.
Pada akhir masa belajar barulah sang kiai membuka tabir pertanyaan sang tokoh. "Heran to, kamu dengan tanda didahiku". Rupanya sang kiai lebih hebat dari sang tokoh.

Pertanyaan saya, " apakah "mata" seperti itu bisa tertipu sebagaimana mata lahir ?"

Mohon pencerahannya.

dsbasuki

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 11
  • -Receive: 24
  • Posts: 528
  • Reputation: 56
    • Who? Me?
  • Perguruan: Kelatnas Indonesia PERISAI DIRI
Sugeng Ki Sunu,
Saya juga sudah baca bukunya Gus Mus itu.
Makanya, saya berpesan kepada Kangmas Ogebang:
Please, gunakan dengan bijak Kangmas...
agar Kangmas Ogebang tidak seperti tokoh yang ada di ceritanya Gus Mus dan agar Kangmas Ogebang "ojo gampang gumum, ojo gampang kaget" (jangan mudah terpana, jangan mudah terkejut).

Pemberian karunia itu bisa merupakan "maunah", bisa juga merupakan "istidraj". Sekarang masalahnya, tahukah si penerima itu yang mana?
Penapak jalan kerohanian tidak akan silau dan terkagum-kagum dengan kemampuannya yang baru, karena tujuannya bukan itu. Apakah itu semua bisa menipu diri kita? Ya bisa saja, wong namanya juga masih "indra". Ada "alat" yang tidak bisa dan tidak pernah menipu kita. Silakan dicari sendiri. Teori, tidak ada gunanya di sini, karena ini adalah suatu bentuk pencarian hingga ketemu.
"Siapa yang mengenal dirinya, akan mengenal Tuhannya".
Maaf, pembabaran semacam ini bukan untuk konsumsi publik yang amat sangat heterogen, baik dari latar belakang, tingkat pemahaman, tingkat penerimaan, tingkatan spiritual, dan lain-lain. Jika bersungguh-sungguh mencari dan belajar, akan menemukan. "Sapa sing temen, tinemu", demikian wejangan dari almarhum Pak Dirdjo.

Mohon maaf bila tak berkenan.

Salam...

mpcrb

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 20
  • -Receive: 91
  • Posts: 759
  • Reputation: 266
  • Sahabat Silat
    • My profile on Kompas cetak (you have to be Kompas member)
    • Email
  • Perguruan: Merpati Putih
Punten izin nimbrung.

Barangkali salah satu hikmah dari kisah tersebut adalah agar "jangan gampang menyimpulkan" untuk sesuatu yang (mungkin) bisa kita "tangkap" dengan mata lahir dan atau mata batin.

Apa yang tersurat belum tentu yang tersirat. Mata lahir bisa salah. Mata batin juga belum tentu 100% benar. Meski kadang melihat sesuatu yang "beda" dari apa yang semestinya.

Salam.
Belajar memahami hidup dalam kehidupan...

MASANT

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 2
  • Posts: 57
  • Reputation: 12
  • pejalan AKAP
    • Email
Quote
Maaf, pembabaran semacam ini bukan untuk konsumsi publik yang amat sangat heterogen, baik dari latar belakang, tingkat pemahaman, tingkat penerimaan, tingkatan spiritual, dan lain-lain.
Oalah Om DS,
Ternyata hal-hal begini itu menjadi ilmu rahasia to.
Apa takut jadi kayak ilmunya Resi Wisrawa ?
Nuwun

dsbasuki

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 11
  • -Receive: 24
  • Posts: 528
  • Reputation: 56
    • Who? Me?
  • Perguruan: Kelatnas Indonesia PERISAI DIRI
Mboten Ki Sunu.
Bukan seperti itu, dan ilmu itu bukan suatu ilmu yang rahasia. Malah sebaliknya, bila sudah waktunya untuk tahu, ilmu itu adalah ilmu yang terang benderang, cetha welo-welo.

Sebuah mutiara hitam atau berlian 5 karat yang berharga sangat mahal, akan tidak ada artinya bila diberikan kepada anak kecil yang belum tahu nilai dari benda itu.

Contoh mudahnya yang lebih membumi, misalnya saja tentang kawruh (ilmu) tentang low-cycle fatigue yang dijabarkan dalam persamaan Coffin-Manson:
plastic strain amplitude = fatigue ductility coeficient x (numbers reversal to failure)^fatigue ductility exponent
Buat sebagian besar orang (termasuk saya), persamaan Coffin-Manson tentang low-cycle fatigue itu susah dan sulit dimengerti. Padahal, dengan persamaan yang "sederhana" itu, bisa digunakan untuk industri nuklir yang berguna bagi umat manusia.

Perjalanan spiritual itu harus dibimbing oleh guru, yang sudah tentu harus mumpuni dan telah melalui jalan itu. Bukan via online. :) Suatu ilmu akan bermanfaat bila diberikan pada seseorang yang sudah siap untuk menerimanya. Apa pun bentuk, jenis atau nama ilmu itu.
Nyuwun pangapunten Ki Sunu kalo saya terkesan ngeyel, wong saya ini pun cuma bisa sekedar buka mulut (eh, maksudnya, cuma sekedar bisa ngetik)...

@Mas mpcrb:
Saya setuju Mas dengan pendapat Sampeyan. Plus, dalam cerita Gus Mus itu, ada pelajaran lain yang saya tangkap. Dengan ilmu yang lebih tinggi, sang kiai bisa "melihat" bahwa sang tokoh termasuk orang yang "bisa melihat" juga, tapi masih dalam tataran "baru melek". Nah, untuk "memberi pelajaran", sang kiai sengaja membuat tanda-tanda yang bakalan "dilihat" oleh sang tokoh, yang sengaja bertolak belakang. Intinya, ya itu tadi biar si tokoh itu "ojo gampang gumunan, ojo gampang kagetan".

Salam...

MASANT

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 2
  • Posts: 57
  • Reputation: 12
  • pejalan AKAP
    • Email
Quote
Buat sebagian besar orang (termasuk saya), persamaan Coffin-Manson tentang low-cycle fatigue itu susah dan sulit dimengerti. Padahal, dengan persamaan yang "sederhana" itu, bisa digunakan untuk industri nuklir yang berguna bagi umat manusia.

Om DS,
Sebuah analogi yang menarik. Tapi apakah itu pas untuk menganalogikan perjalanan rohani ?

Kalau rohani semua orang khan punya sejak lahir, problemnya adalah mau ndak "naik kelas".

Saya termasuk orang menganggap hal2 yang menyangkut ilmu rohani termasuk barang yang terbuka. Sesuatu yang tidak mungkin melanggar aturan umum di dalam masyarakat.
Seperti halnya berlatih jurus silat. Memang ada perbedaan jurusnya anak yang di sekolah dasar dengan jurus yang dilakukan oleh seorang Mahaguru. Gerakan sama namun apa yang ada di balik gerakan itu yang membedakan.

Nuwun
 

Fanani

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 4
  • Posts: 74
  • Reputation: 26
  • Sahabat Silat
imho, silat juga ilmu yang terbuka, ketika guru memperlihatkan gerakan silat saya mengikuti tapi ada beberapa gerakan yang belum bisa saya ikuti. Kalau saya ingin bisa gerakan tersebut maka harus bisa gerakan dasar sebelumnya secara benar.

menurut saya rohani pun begitu, tidak serta merta seseorang memahami sesuatu tanpa memahami prasyarat sebelumnya, dan untuk memahami prasyarat tersebut perlu pembimbing/guru.

tidak bisa salat dengan benar kalau saya belum tahu bacaan salatnya. sering orang akan merasa bangga mengatakan saya tidak perlu guru, toh buku bacaan tentang salat ada dimana-mana. Orang lupa bahwa dia juga berguru pada orang yang bikin buku tentang tatacara salat yang benar. Kebanyakan orang suka mengingkari karena ego.

mohon maaf jika salah kata, hanya ikut nimbrung saja  [[peace2]] [[peace2]] [[peace2]].

ogebang

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 28
  • Posts: 131
  • Reputation: 48
  • Sahabat Silat
    • Email
  • Perguruan: PPS Betako Merpati Putih
@dsbasuki

Sebenernya udah lama " bisa melihat " yang begini- ini...Cuma selama ini gak pernah diomongin keluar aja...he...3x...ntar disangka orang gila...
Wong istriku saja kadang2 nganggap aku orang gila koq...he..3x...
anyway..kebetulam belum nemu forum yg pas aja...ngomong beginian sm sesama Pesilat jg liat2 dulu orangnya...lagi2 takut dianggap sok sakti lah...
Awalnya kaget...waktu duduk semedi tahun 1985 an kali...berniat semedi masuk ke alam dunia lain...tau2nya ada hembusan nafas berat & di depan berdiri makhluk tinggi hitam besar 2- 3 meter...hua..ha..ha... Rasanya kayak hidup di 2 dimensi....Kalo jalan2 di Mall...bisa liat ada yg betanduk...berekor...berkepala binatang kayak kera , babi , anjing..dsb..
Kalo ngeliat orang..bisa liat ada "bawaannya" kayak Macan...Jin...berbagai Susuk..dsb
Datang ke Toko/pusat bisnis yg laku keras..koq liat ada Naga Hijaunya...dsb...Kadang2  silaturahmi sama  para Siluman...Danyang..Gendruwo..Naga..dsb..mulai dr yg sekecil semut sampai yg  Raksasa...
Dulu mah seneng punya "kemampuan" begini...sekarang mah kalo bisa gak usah lah...kayaknya koq jd keasikan menekuni yg gini begini...takut lupa ma Gusti Alloh...
Saya sdh tinggalkan  " Dunia Lain" tsb sejak 2007..cuma kadang2 masih suka bisa "ngeliat " seperti kemaren ngeliat sang Pejabat tsb...he..3x...
Saya juga setuju dgn Mas mpcrb...belum tentu yg mata batin kita liat itu benar 100 %...Dunia Lain tsb penuh misteri..sangat dalam...dan mudah tersesat...saya saja masih suka mengangap..jangan2 ini cuma halusinasi saja...makanya gak saya tekuni lagi...

MASANT

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 2
  • Posts: 57
  • Reputation: 12
  • pejalan AKAP
    • Email
Quote
Dulu mah seneng punya "kemampuan" begini...sekarang mah kalo bisa gak usah lah...kayaknya koq jd keasikan menekuni yg gini begini...takut lupa ma Gusti Alloh...
Pengalaman rohani yang menakjubkan. :)
Untung saja saya ndak punya kemampuan macam itu soalnya kalau saya tanya diri saya koq ada daya tarik magnet ke arah kecenderungan ujub yang lebih besar.He..he...
Sekedar sharing aja, ada seorang guru beladiri, semua murid dikasih ilmu baik yang fisik maupun non fisik. Ada yang saking asyiknya dengan ilmu fisik, jadilah dia tukang berkelahi. Ada yang asyik dengan ilmu non fisik, ada yang jadi paranormal. Namun ada yang tidak terlena dengan semua itu, jadilah dia paham hakekat dirinya dengan Sang Maha Pencipta.
Ternyata semua hanyalah cobaan.
Nuwun

srdananjaya

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 16
  • -Receive: 4
  • Posts: 658
  • Reputation: 31
  • http://www.simpleather.com
    • Sedia Peralatan Beladiri
    • Email
  • Perguruan: Perisai Diri
Punten izin nimbrung.

Barangkali salah satu hikmah dari kisah tersebut adalah agar "jangan gampang menyimpulkan" untuk sesuatu yang (mungkin) bisa kita "tangkap" dengan mata lahir dan atau mata batin.

Apa yang tersurat belum tentu yang tersirat. Mata lahir bisa salah. Mata batin juga belum tentu 100% benar. Meski kadang melihat sesuatu yang "beda" dari apa yang semestinya.

Salam.
@Mas mpcrb:
Saya setuju Mas dengan pendapat Sampeyan. Plus, dalam cerita Gus Mus itu, ada pelajaran lain yang saya tangkap. Dengan ilmu yang lebih tinggi, sang kiai bisa "melihat" bahwa sang tokoh termasuk orang yang "bisa melihat" juga, tapi masih dalam tataran "baru melek". Nah, untuk "memberi pelajaran", sang kiai sengaja membuat tanda-tanda yang bakalan "dilihat" oleh sang tokoh, yang sengaja bertolak belakang. Intinya, ya itu tadi biar si tokoh itu "ojo gampang gumunan, ojo gampang kagetan".

Salam...
baru2 kealamin sendiri kejadian kaya gini..
dapet pelajaran yang luar biasa dari seseorang berilmu tinggi yang sangat low profile.. beliau menunjukkannya dengan cara yang sangat sederhana..

dan bahwa tidak selamanya pelajaran spiritual harus berbau supranatural.. justru harus "didzahirkan" agar menjadi bukti yang nyata

inti pelajaran yg beliau berikan.. "hati-hati dengan prasangka".. teliti.. teliti.. dan teliti lagi.. dan perjalanan hidup ini masih sangaaaat panjang.. ilmu Tuhan tak terbatas dan tak terhingga.. jangan terlalu cepat mengambil kesimpulan dan merasa "cukup"

salam
martial art equipment:
http://www.wisanggeni-martialgear.com
Jaket Kulit (Leather Jacket):
www.simpleather.com

srdananjaya

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 16
  • -Receive: 4
  • Posts: 658
  • Reputation: 31
  • http://www.simpleather.com
    • Sedia Peralatan Beladiri
    • Email
  • Perguruan: Perisai Diri
hiyaaa.. ndak bisa ngedit
kurang quote :D
martial art equipment:
http://www.wisanggeni-martialgear.com
Jaket Kulit (Leather Jacket):
www.simpleather.com

ogebang

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 28
  • Posts: 131
  • Reputation: 48
  • Sahabat Silat
    • Email
  • Perguruan: PPS Betako Merpati Putih
Dear Everyone...
Salam Silat....

Bagi yg mempunyai pengalaman rohani yg mirip2 pengalaman saya..please bisa di sharing....semoga kita bisa memetik manfaatnya...
Kalo evaluasi pribadi...dari awal saya memng berniat ingin mengetahui " Dunia Lain " tsb...makanya Niat Olah Getaran sayapun difokuskan utk membuka tabir tsb...
Setelah latihan berkali2 dlm kurun waktu yg lama...sayapun di kasih liat sedikit dari " Dunia lain " tsb...
Pengalaman Rohani ini terus terang sangat memikat saya...sehingga sayapu asik sekali menekuninya...
Serasa masuk dalam dunia Siluman spt film Harry Potter atau Lord Of The Rings
Positifnya saya berhasil menyakini & merasakan kisah bersujudnya seluruh makhluk kpd Nabi Adam AS kecuali Iblis....
Setiap saya melangkah di belahan bumi manapun..seluruh Makhluq tunduk kpd saya.... layaknya kisah Nabi Adam AS...
Setiap kenalan dgn orang lain...saya dikasih liat perjalanan hidup orang tsb ke depannya...hampir 100% benar....
Setiap menjenguk teman/saudara/keluarga yg dirawat di RS...saya di kasih liat dia akan sembuh atau meninggal...100 % benar adanya...
Setiap melayat orang meninggal..saya dikasih liat sejatinya sang Mayit..( yg ini saya gak berani komentar....)
Setiap saya di terawang Paranormal/Orang2 Sakti..mereka selalu bilang..saya kosong...gak ada ilmunya....( sementara saya dikasih liat sejatinya sang paranormal ).
Terussss.....& terus  & terus...saya mengalami hal2 yg luar biasa ini...Hidung sayapun kembang kempis...perasaan sbg manusia setengah dewapun menyusup di kalbu...shg sampai pd di satu titik saya bertanya....apakah ini sejatinya yg saya cari & inginkan...???
Alhamdulillah....saya ditunjukkan sejatinya siapa diri kita...ternyata saya yg merasa Pendekar Super Sakti ini hanyalah setetess Sperma....
Tersungkurlah saya dalam tangis & sujud mhn pengampunan...
Bagaimana engkau akan mengenal AKU...sementara engkau masih merasa sebagai Orang Sakti...??? Begitulah Bisikan yg saya dapat...
Alhamdulillah..sayapun diajarkan latihan Kerohanian Sejati yg Insya Alloh akan membawa Jiwa yg gundah gulana ini bertransformasi menjadi Jiwa yg tenang shg dapat kembali kpdNYA dgn ikhlas , tenang , tentram , damai & bahagia....amiieennnn...

 

Powered by EzPortal